Barakamon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Barakamon
Barakamonv1.jpg
Kover dari volume pertama dari manga Barakamon yang menunjukkam karakter utama Seishū Handa (atas) dan Naru Kotoishi (bawah)
ばらかもん
Genre Komedi, Slice of Life
Manga
Pengarang Satsuki Yoshino
Penerbit Square Enix
Penerbit bahasa Inggris
Demografi Shōnen
Majalah Gangan Online
Tanggal terbit Februari 2009 – sekarang
Volume 15
Manga
Handa-kun
Pengarang Satsuki Yoshino
Penerbit Square Enix
Demografi Shōnen
Majalah Monthly Shonen Gangan
Tanggal terbit Oktober 2013 – sekarang
Volume 7
Anime
Sutradara Masaki Tachibana
Penulis Pierre Sugiura
Penggubah Kenji Kawai
Studio Kinema Citrus
Pelisensi
Rilis July 6, 2014 September 27, 2014
Portal Anime dan Manga

Barakamon (ばらかもん) adalah serial manga Jepang yang dikarang dan diilustrasikan Satsuki Yoshino. Serialisasinya dimulai oleh Square Enix Gangan Online keluaran Februari 2009. Manga ini bercerita pasal Seishū Handa, yakni seorang kaligrafer yang pindah ke Pulau Gotō yang letaknya di sebelah barat pesisir Kyūshū, dan bermacam interaksinya dengan para penduduk asli pulau tersebut.

Manga yang dibuat disamping Barakamon, yakni Handa-kun, mulai dibuat serialnya oleh Square Enix Majalah Monthly Shonen Gangan pada keluaran November 2013.[1] Dalam membuat manga pendamping tersebut dari Barakamon, ini butuh waktu 6 tahun untuk memfokuskan ke kehidupan Seishū sebagai siswa sekolah menengah. Adaptasinya sebagai anime, telah diumumkan.[2] Funimation telah melisensi serial ini untuk penyiaran dan rilis home videonya.[3] Pada Februari 2014, Yen Press mengumumkan pula bahwa mereka melisensi Barakamon dalam keluaran versi Inggris di Amerika Utara.[4]

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Seishū Handa adalah seorang kaligrafer profesional yang masih berusia muda. Saat seorang kurator yang berusia lebih tua daripada dia mengkritik kaligrafinya pada suatu perlombaan, dan menyebut kaligrafinya sangat tidak orisinil ("seperti copybook [/buku contoh]"), maka marahlah Handa, dan iapun memukul kurator tersebut. Supaya dia bisa bangkit dari segala kesalahannya, ayahnya mengirim dia ke Pulau Gotō untuk menenangkan hati dan pirikannya. Di situ, dia bertemu dengan para penduduk desa yang berbudi baik, rendah hati, dengan kegotong-royongan yang tinggi. Hanya saja, penduduk sekitar sedikit usil, dan keusilan ini yang membuat hidupnya berwarna. Handapun berinteraksi dengan mereka, dan mendapat banyak sekali pelajaran hidup.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Seishuu Handa (半田 清舟, Handa Seishū)
Suara oleh: Daisuke Ono
Umurnya 23 tahun, dia seorang yang pandai kaligrafi. Dipanggil dengan nama Sei (), dan oleh masyarakat sekitar dia digelari dengan nama gelaran "Sensei" (先生). Dikenal dengan seorang yang berkepribadian mudah marah, dan seorang yang kalau berbicara agak menyakitkan.
Naru Kotoishi (琴石 なる, Kotoishi Naru)
Suara oleh: Suzuko Hara
7 tahun (di episode-episode awal, umurnya 6 tahun). Dia adalah murid kelas 1 dari SD setempat, dan suka menangkap serangga.
Miwa Yamamura (山村 美和, Yamamura Miwa)
Suara oleh: Nozomi Furuki
Murid sekolah menengah berusia 14 tahun. Dia sedikit tomboy dan dialah temannya Tamako dan Naru. Uniknya, Miwa memegang salah-satu dari 5 kunci rumah Sei. Satu di antara kuncinya hilang di gunung dekat belakang rumah, dan diketemukan oleh Seishū.
Tamako Arai (新井 珠子, Arai Tamako)
Suara oleh: Rumi Ōkubo
Sama seperti Miwa, dia berusia 14 tahun, dan juga murid sekolah menengah. Dia berkeinginan menjadi seorang manga-ka/seniman manga. Dia dikenai pengaruh Yaoi.
Hiroshi Kido (木戸 浩志, Kido Hiroshi)
Suara oleh: Kōki Uchiyama
Anak dari kepala desa. Seorang anak SMA yang mendapat nilai tinggi. Dipanggil juga oleh kawan-kawannya Hiro-nii.
Hina Kubota (久保田 陽菜, Kubota Hina)
Suara oleh: Rina Endō
Seorang anak kecil yang juga merupakan penduduk asli pulau tersebut dan sahabat karibnya Naru. Dia ini pemalu dan agak cengeng, lebih-lebih kalau baru bertemu orang asing.
Kentarō Ōhama (大浜 謙太郎, Ōhama Kentarō)
Suara oleh: Seiya Kimura
Seorang bocah botak yang berkelakuan seperti Naru, dia ini enerjik dan seorang yang penuh semangat; saat pertama kali bertemu Seishū, maka diapun memukul bokongnya hingga kesakitan.
Akihiko Arai (新井 明彦, Arai Akihiko)
Suara oleh: Megumi Han
Dia saudara Tamako dan suka bermain game. Seorang yang berpemikiran dewasa, dan agak cerdas.
Yūjirō Kido (Kepala Desa) (木戸 裕次郎 (郷長), Kido Yūjirō (Gōchō))
Suara oleh: Tanuki Sugino

Kepala desa setempat. Ayah dari Hiroshi. Dia dikenal orang yang payah berhitung kalau barisnya dijejer ke bawah -tengok episode pertama. Orangnya agak usil, dan sebab itulah, dia dilempar Seishuu keluar rumah, bersama Naru.

Ikkō Sakamoto (Kepala Sekolah) (坂本 一行 (教頭), Sakamoto Ikkō (Kyōtō))
Suara oleh: Fumihiko Tachiki
Kepala sekolah dasar setempat yang di situ, Naru bersekolah. Dia hobi merokok dan suka memancing di kolam desa setempat.
Takao Kawafuji (川藤 鷹生, Kawafuji Takao)
Suara oleh: Junichi Suwabe
Kawan Seishū yang membantu keperluan-keperluan kaligrafi, dan yang lainnya. Mereka berteman sudah dari SMP.
Kōsuke Kanzaki (神崎 康介, Kanzaki Kōsuke)
Suara oleh: Yūki Kaji
Kaligrafer, dia SMA. Dia mengidolakan Seishū Handa dan memulai kaligrafinya secara profesional semenjak melihat pertunjukan kaligrafi Seishū.
Kōsaku Kotoishi (Kakek Naru) (琴石 耕作 (なるのじいちゃん), Kotoishi Kōsaku (Naru no Jīchan))
Suara oleh: Hiroshi Ito

Kakek dari Naru ini, ada pada episode pertama. Dia menolong Seishū yang sampai ke pulau tersebut dengan berjalan kaki. Maka, si kakek membantunya setengah jalan, seraya berkata kalau tidak dibantu dia, pasti dia akan sampai ke tujuan selama setengah hari lebih.

Iwao Yamamura (山村 巌, Yamamura Iwao)
Suara oleh: Atsushi Ono
Ayah Miwa. Seorang eksentrik dan menakutkan, Seishū pernah menyebut orang ini dengan sebutan Yakuza.
Seimei Handa (半田 清明, Handa Seimei)
Suara oleh: Kōsuke Meguro
Ayah Seishū.
Emi Handa (半田 清明, Handa Emi)
Suara oleh: Yoshino Takamori
Ibu Seishū.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Barakamon memulai serialisasi di majalah Gangan Online milik Square Enix pada Edisi Februari 2009. Volume tankōbon pertama dirilis pada 22 Juli 2009, dan sepuluh volume telah dirilis sejak 22 September 2014.

Terdapat pula sebuah manga spin-off berjudul Handa-Kun yang ditulis dan diilustrasikan oleh Satsuki Yoshino, yang memulai serialisasi di majalah Monthly Shonen Gangan milik Square Enix pada Edisi November 2013. Manga ini berfokus pada kehidupan Seishū sebagai siswa SMA, dan mengambil latar 6 tahun sebelum manga utama nya. Volume tankōbon pertama dirilis pada 21 Juni 2014.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime oleh  Kinema Citrus memulai penayangan pada 5 Juli 2014. Funimation telah melisensikan serinya untuk penayangan dan perilisan home video. Lagu tema pembuka nya adalah "Rashisa" (らしさ?)yang di nyanyikan oleh Super Beaver dan Lagu tema penutup nya adalah "Innocence" oleh NoisyCell.

Manga Spin-off nya Handa-Kun juga sudah di konfirmasi mendapat adaptasi anime, oleh website Gangan Online miliki Square Enix pada 1 Februari 2016

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ばらかもん". Square Enix. Diakses tanggal September 19, 2013. 
  2. ^ "Barakamon Countryside Comedy Manga Gets Anime". Anime News Network. Diakses tanggal September 19, 2013. 
  3. ^ "Funimation Adds Barakamon, Sengoku Basara Judge End, Black Butler: Book of Circus". Anime News Network. July 5, 2014. Diakses tanggal August 19, 2014. 
  4. ^ "Yen Press Adds Accel World, Übel Blatt, Barakamon Manga". Anime News Network. February 14, 2014. Diakses tanggal February 15, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]