Black Butler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Black Butler
Kuroshitsuji Volume 1 cover.jpg
Cover volume pertama manga Kuroshitsuji
黒執事
(Kuroshitsuji)
GenreFiksi sejarah, Black comedy, Dark fantasy, Psychological thriller
Manga
PengarangYana Toboso
PenerbitSquare Enix
Penerbit
Inggris
DemografiShōnen
MajalahMonthly GFantasy
Majalah
Inggris
Yen Plus
Terbit16 September 2006 – sekarang
Volume24
Seri anime
SutradaraToshiya Shinohara
ProduserHiroko Takahashi
SkenarioMari Okada
MusikTaku Iwasaki
StudioA-1 Pictures
Lisensor
Madman Entertainment
Manga Entertainment
Saluran
asli
MBS, CBC, TBS, TBC, SBS, RCC, HBC, RKB, Animax
Saluran
bahasa Inggris
C31, TVS
Animax Asia
Funimation Channel
Tayang 3 Oktober 2008 27 Maret 2009
Episode24 + 1 OVA
Seri anime
Black Butler II
SutradaraHirofumi Ogura
SkenarioMari Okada
MusikTaku Iwasaki
StudioA-1 Pictures
Lisensor
Madman Entertainment
Manga Entertainment
Saluran
asli
MBS, TBS, SBS, TBC, RCC, HBC, RKB, CBC, Animax
Saluran
bahasa Inggris
C31, TVS
Animax Asia
Funimation Channel
Tayang 2 Juli 2010 17 September 2010
Episode12 + 6 OVA
Film laga hidup
Black Butler
SutradaraKentaro Otani
Keiichi Sato
ProduserShinzo Matsuhashi
SkenarioTsutomu Kuroiwa
StudioWarner Bros. Pictures
Rilis18 Januari 2014 (2014-1-18)
Durasi119 menit
Seri anime
Black Butler: Book of Circus
SutradaraNoriyuki Abe
SkenarioHiroyuki Yoshino
MusikYasunori Mitsuda
StudioA-1 Pictures
Lisensor
Saluran
asli
MBS, TBS, CBC, BS-TBS
Tayang 10 Juli 2014 12 September 2014
Episode10
Animasi video orisinal
Black Butler: Book of Murder
SutradaraNoriyuki Abe
SkenarioHiroyuki Yoshino
MusikYasunori Mitsuda
StudioA-1 Pictures
Lisensor
Rilis25 Oktober 2014 (Part 1)
15 November 2014 (Part 2)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Black Butler (bahasa Jepang: 黒執事, Hepburn: Kuroshitsuji) adalah sebuah manga karangan Yana Toboso yang diterbitkan pada tahun 2006. Manga ini telah di adaptasi menjadi anime pada tahun 2008 dengan jumlah 24 episode untuk season pertama.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Saat Era Victoria di London, hidup seorang anak bernama Ciel Phantomhive. Ciel hidup bersama kedua orang tuanya di sebuah manor megah di Inggris. Namun, pada ulang tahunnya yang ke-10, kedua orang tuanya dan anjing peliharaannya mati dibunuh dan manor tempat tinggalnya dibakar. Sementara ia diculik dan dijual pada sebuah kelompok pemuja iblis untuk dijadikan persembahan demi memanggil iblis. Setelah menderita selama sebulan di tempat tersebut, seorang iblis pun muncul, tetapi iblis tersebut justru menawarkan sebuah perjanjian dengannya. Iblis tersebut akan membantunya membalaskan dendam kedua orang tuanya dan menjadi pelayannya untuk melindunginya selama dendam belum terbalaskan, sebagai gantinya jiwa Ciel akan menjadi bayarannya. Ciel pun menerima perjanjian tersebut dan menamai iblis tadi Sebastian Michaelis, sama seperti nama anjingnya yang telah mati.

Ciel pun kembali ke kediaman Phantomhive bersama dengan seorang pelayan yang berpakaian serba hitam. Bagi semua orang Sebastian mungkin hanya terlihat seperti seorang pelayan yang sempurna dan serba bisa, tetapi di balik itu semua Sebastian adalah seorang iblis yang sedang menyamar untuk mendapatkan jiwa yang telah tenggelam dalam kebencian. Ciel mewarisi gelar 'anjing penjaga Ratu' yang merupakan turun-temurun dari keluarga Phantomhive dan menjadi pimpinan tertinggi di dunia bawah tanah Inggris. Ciel bersama Sebastian pun mulai memecahkan kasus-kasus yang melibatkan dunia bawah tanah demi menghapus kegundahan hati ratu, sementara menunggu pembunuh yang membunuh kedua orang tuanya datang kepadanya dan membalaskan dendamnya.

Season 2 (hanya anime)[sunting | sunting sumber]

Ciel dan Sebastian kembali. Namun, ingatan Ciel terhapus sebagian sehingga ia lupa bahwa dendamnya sudah terbalaskan. Demi kembali menenggelamkan jiwa Ciel dalam kegelapan, Sebastian membuat target balas dendam baru bagi Ciel, Alois Trancy, seorang bangsawan yang juga mengadakan perjanjian dengan seorang iblis yang sempat mencuri jiwa Ciel dari Sebastian, Claude Faustus. Sebaliknya, Claude juga membuat Sebastian menjadi target balas dendam bagi Alois yang seisi desanya dibunuh oleh seorang iblis yang mengadakan perjanjian dengan adiknya.

Season 3: Book of Circus[sunting | sunting sumber]

Kuroshitsuji season 3: Book Of Circus adalah kisah prequel dari season 1 animenya. Di adaptasi dari salah satu arc di manganya, di sini Ciel dan Sebastian mendapat perintah dari ratu untuk menangkap pelaku penculikan anak-anak yang menghilang secara misterius. Untuk menyelidiki itu, Ciel dan Sebastian terpaksa harus masuk ke Noah's Ark Circus dengan nama panggung Smile untuk Ciel dan Black Untuk Sebastian.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Garis besar dari manga Kuroshitsuji tidak jauh berbeda dengan anime Kuroshitsuji. Hanya saja, manga Kuroshitsuji lebih fokus pada kehidupan sehari-hari Ciel sebagai anjing penjaga ratu. Sampai sekarang, sudah ada 9 arc yang ada dalam manga Kuroshitsuji.

Anime[sunting | sunting sumber]

OVA[sunting | sunting sumber]

1. The Hamlet

The Hamlet adalah OVA untuk Kuroshitsuji season 1. The Hamlet berkisah tentang acara amal yang diadakan untuk anak-anak Yatim Piatu dengan tujuan membuat perusahaan Phantomhive lebih sukses dan terkenal. Disitu Ciel tampil menjadi sang tokoh utama dan berhasil membuat semua anak-anak yang berada disana takjub.

2. Ciel In Wonderland 1

Ciel In Wonderland 1 merupakan OVA ke-1 Kuroshitsuji season 2. Ciel In Wonderland 1 sama dengan kisah Alice In Wonderland. Hanya saja, di situ Alice adalah Ciel dan sang kelinci putih adalah Sebastian.

3. Welcome To The Phantomhives

Welcome To The Phantomhives merupakan OVA kedua Kuroshitsuji Season 2. Welcome To The Phantomhives berkisah tentang Elizabeth yang mengajak seorang temannya untuk menghadiri pesta di rumah Ciel. Namun, ternyata teman Elizabeth itu adalah seorang pembunuh bayaran yang disewa untuk membunuh Ciel.

4. Making Of Kuroshitsuji II

Making Of Kuroshitsuji II merupakan OVA ketiga Kuroshitsuji season 2. Making Of Kuroshitsuji II atau biasa disebut juga Behind The Scenes Kuroshitsuji II menceritakan tentang keadaan di belakang panggung saat pembuatan Kuroshitsuji II.

5. Ciel In Wonderland 2

Ciel In Wonderland 2 merupakan OVA keempat dari Kuroshitsuji 2. Ciel In Wonderland 2 merupakan kisah kelanjutan dari Ciel In Wonderland 1.

6. Spider's Intention

Spider's Intention merupakan OVA kelima Kuroshitsuji 2. Spider's Intention menceritakan tentang Alois Trancy beserta pelayan-pelayannya (terutama Claude).

7. The Tale Of Will The Shinigami

The Tale Of Will The Shinigami merupakan OVA keenam Kuroshitsuji 2. The Tale Of Will The Shinigami menceritakan tentang William T. Spears saat dia masih dalam test masuk dalam divisi Shinigami.

8. Book Of Murder

Kuroshitsuji OVA season 3: Book of Murder adalah kisah yang diangkat dari Phantomhive Murderer arc dalam manga. Dimana Ciel mendapatkan perintah dari Ratu Victoria untuk menyambut Georg Von Siemens seorang tamu dari Jerman dalam sebuah pesta di kediaman Phantomhive. Namun, kejadian yang tidak mengenakan terjadi. Tuan Siemens ditemukan meninggal dalam kamarnya, pembunuhan ruang tertutup. Dalam badai yang menggila, akhinya Ciel dan para tamunya beusaha memecahkan masalah ini tanpa bantuan pihak kepolisian. Dibantu dengan Dr, Arthur Doyle sang penulis novel misteri dan Jeremy, Sebastian yang menyamar sebagai pendeta. Mereka mencoba memecahkan kasus pembunuhan beruntun ini.

Film anime[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, diumumkan bahwa salah satu arc manga Kuroshitsuji yaitu Luxury Liner arc atau arc Kapal Mewah akan di adaptasi menjadi sebuah film anime[1][2] dan direncanakan akan tayang di Jepang pada tanggal 21 Januari 2017. Film anime ini berpusat pada penghidupan mayat yang terjadi di sebuah kapal pesiar mewah.[3]

Film live action[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Hiro Mizushima Sebastian Michaelis
Ayame Gouriki Shiori Genpo
Yuka Hanae Wakatsuki (bibi Shiori)
Mizuki Yamamoto Lynn
Louis Kurihara Jay The Undertaker
Takuro Ohno Takaaki Matsumiya
Ken Kaito Arihito Genpo
Tomomi Maruyama Akashi
Yū Shirota Charles Bennett Sato
Ken Yasuda Ichizo Tokisawa
Satoshi Hashimoto Munemitsu Aoki
Masato Ibu Shinpei Kuzo
Goro Kishitani Saneatsu Nekoma
Taro Shigaki Tanaka
Ichirota Miyagawa Youzo Shinozaki
Chiaki Horan Erika Genpo

Kisah dari live action Kuroshitsuji jauh berbeda dengan anime dan manganya. Disana Ciel adalah seorang gadis cantik bernama Shiori Genpo. Ia ditugaskan oleh ratu untuk memecahkan kasus kutukan iblis bersama dengan pelayannya Sebastian Michaelis. Shiori meminta bantuan dari bibinya untuk masuk dalam sebuah klub rahasia. Di akhir cerita, Shiori harus menerima kenyataan bahwa bibinya lah dalang dari semua kasus yang ia selidiki. Tanpa belas kasihan sedikit pun bibi Shiori berusaha membunuh Shiori, karena ternyata bibi Shiori adalah istri pertama ayah Shiori. Namun, tentu saja Sebastian tidak diam saja. Sebastian berhasil membunuh bibi Shiori dengan menggunakan pil kutukan iblis.

Drama Musikal[sunting | sunting sumber]

Kuroshitsuji drama musikal atau biasa disingkat Kuromyu adalah drama musikal dari anime Kuroshitsuji.

1. Kuromyu 1: That Butler Friendship

Kuromyu 1 diperankan oleh Yuya Matsushita sebagai Sebastian Michaelis, Shougo Sakamato sebagai Ciel Phantomhive, dan Takuya Uehara sebagai Grell Sutcliff.

Kuromyu 1 berkisah tentang kedatangan 3 orang tamu yang berasal dari Jepang. 2 orang diantaranya adalah adik-kakak sedangkan yang 1 adalah pelayan mereka. Sang adik mencurigai pelayan tersebut adalah pembunuh orang tua mereka. Namun, di akhir cerita ternyata sang pelayan adalah orang yang baik. Ia rela mengorbankan nyawanya demi melindungi nyawa sang adik dari serangan sang kakak yang ternyata jahat.

2. Kuromyu 2: The Most Beautiful Death In The World (A Thousand Soul And The Fallen Grim Reapers)

Kuromyu 2 diperankan oleh Yuya Matsushita sebagai Sebastian Michaelis, Nishii Yukito sebagai Ciel Phantomhive, dan Takuya Uehara sebagai Grell Sutcliff.

Kuromyu 2 berkisah tentang Ciel yang mendapat perintah dari ratu untuk menyelidiki sebuah kasus pembunuhan yang misterius. Sang korban pembunuhan meninggal dengan tersenyum tanpa bekas luka seakan-akan pembunuhan tersebut dilakukan dengan sangat cepat. Ternyata dalang dibalik itu semua adalah seorang Shinigami bernama Eric Slingby.

Akhir dari Kuromyu 2 sangat mengharukan. Ternyata Eric melakukan itu untuk mengumpulkan 1000 jiwa agar dapat menyelamatkan sahabat baiknya, Alan Humphries. Namun jiwa ke-1000 justru jiwa milik Alan sendiri karena Alan melindungi Ciel ketika Eric akan membunuh Ciel.

3. Kuromyu 3: The Most Beautiful Death In The World Re-run (A Thousand Soul And The Fallen Grim Reapers Re-run)

Kuromyu 3 diperankan oleh Yuya Matsushita sebagai Sebastian Michaelis, Tanaka Taketo sebagai Ciel Phantomhive, dan Takuya Uehara sebagai Grell Sutcliff.

Kisah dari Kuromyu 3 tidak jauh berbeda dari Kuromyu 2. Hanya beberapa dance dan lagunya saja yang berubah.

4. Kuromyu 4: Lycoris that Blazes the Earth

Kuromyu 4 diperankan oleh Yuya Matsushita sebagai Sebastian Michaelis, Nayuta Fukuzaki sebagai Ciel Phantomhive, dan Takuya Uehara sebagai Grell Sutcliff.

Kuromyu 4 berkisah tentang Ciel dan Sebastian yang diperintahkan oleh Ratu Victoria untuk menyelidiki kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Jack the Ripper.

5. Kuromyu 5: Lycoris that Blazes the Earth Re-run

Kuromyu 5 diperankan oleh Yuta Furukawa sebagai Sebastian Michaelis, Nayuta Fukuzaki sebagai Ciel Phantomhive, dan Takuya Uehara sebagai Grell Sutcliff.

Kuromyu 5 merupakan versi re-run dari Kuromyu 4 sehingga kisahnya tidak jauh berbeda.

6. Kuromyu 6: Noah's Ark Circus

Kuromyu 6 diperankan oleh Furukawa Yuta sebagai Sebastian Michaelis, Uchikawa Reo sebagai Ciel Phantomhive, Teruma sebagai William T Spears, Miura Ryosuke sebagai Joker, Tamaki Yuki sebagai Snake Tano asami sebagai Beast Mitsuya Ryo sebagai Dagger.

Kuromyu 6 berkisah tentang hilangnya beberapa anak kecil secara misterius dan diduga pelakunya berasal dari parade sirkus keliling yang bernama "Noah's Ark Circus"

7 Kuromyu 7: Tango on the Campania

Kuromyu 7 diperankan oleh Furukawa Yuta sebagai Sebastian Michaelis, Uchikawa Reo sebagai Ciel Phantomhive, Uehara Takuya sebagai Grell Sutcliff, Okazaki Momoko sebagai Elizabeth Midford, Izumi Shuhei sebagai Undertaker.

Kuromyu 7 berkisah tentang penyelidikan Ciel dan Sebastian terhadap asosiasi Aurora yang sedang mengembangkan pengobatan terbaru yaitu menghidupkan orang yang telah mati di sebuah kapal pesiar "The Majestic Star Line Campania"

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Manga Kuroshitsuji telah terjual lebih dari 22 juta copy di seluruh dunia, dengan total 6 juta yang berasal dari luar Jepang.[4] Di Jepang sendiri, manga Kuroshitsuji berhasil menempati tempat-tempat yang cukup tinggi di peringkat penjualan manga mingguan.[5][6][7][8] Volume ketiga dan kelima manga ini berhasil mendapat peringkat ke-33 dan 39 di peringkat manga dengan penjualan terbaik di Jepang pada tahun 2008, dengan penjualan total 529.210 copy dan 468.550 copy.[9] Volume keenamnya berhasil mendapat peringkat ke-13 dalam peringkat manga dengan penjualan terbaik di Jepang pada tahun 2009 dengan penjualan mencapai 619.501 copy.[10] Serialnya sendiri menempati peringkat ke-10 dalam peringkat serial manga dengan penjualan terbaik di Jepang pada tahun 2009, dengan penjualan sekitar 1.603.197 copy. Serial manga ini tergolong terkenal di negaranya.[11]

Distributor musik Jepang, Recochoku, melakukan survei tahunan tentang karakter yang ingin dinikahi dan Sebastian Michaelis berhasil mendapat tempat ke-9 dalam kategori "Karakter yang Ingin Kujadikan Pengantin Priaku."[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Black Butler Manga Gets New Anime Film in Early 2017" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 17 Februari 2016. Diakses tanggal 4 Januari 2017. 
  2. ^ nugrahadi (18 Februari 2016). "'Kuroshitsuji' Arc Gouka Kyakusen Diadaptasi Menjadi Anime Layar Lebar". jurnalotaku.com. Diakses tanggal 4 Januari 2017. 
  3. ^ "Black Butler: Book of the Atlantic Film's 2nd Promo, Additional Cast Unveiled" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 18 Oktober 2016. Diakses tanggal 4 Januari 2017. 
  4. ^ "Businesses". Square Enix. 21 Juli 2016. Diakses tanggal 7 Mei 2017. 
  5. ^ "Japanese Comic Ranking, December 18–24". Anime News Network. 27 Desember 2007. Diakses tanggal 2 Juli 2009. 
  6. ^ "Japanese Comic Ranking, June 3–9". Anime News Network. 12 Juni 2008. Diakses tanggal 2 Juli 2009. 
  7. ^ "Japanese Comic Ranking, September 16–22". Anime News Network. 24 September 2008. Diakses tanggal 2 Juli 2009. 
  8. ^ "Japanese Comic Ranking, September 23–29". Anime News Network. 1 Oktober 2008. Diakses tanggal 2 Juli 2009. 
  9. ^ "2008's Top-Selling Manga in Japan, #26–50". Anime News Network. 21 Desember 2008. Diakses tanggal 2 Juli 2009. 
  10. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Volume: 1st Half of 2009 (Updated)". Anime News Network. 15 Juni 2009. Diakses tanggal 2 Juli 2009. 
  11. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Series: 1st Half of 2009 (Updated)". Anime News Network. 15 Juni 2009. Diakses tanggal 2 Juli 2009. 
  12. ^ "Survey: K-ON's Mio, Reborn's Hibari are #1 Bride, Groom". Anime News Network. 12 Juni 2009. Diakses tanggal 17 Juli 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]