Ryūō no Oshigoto!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ryūō no Oshigoto!
りゅうおうのおしごと!
(Ryūō no Oshigoto!)
GenreKomedi
Novel ringan
PengarangShirow Shiratori
IlustratorShirabi
PenerbitSB Creative
Penerbit
Inggris
BookWalker
DemografiLaki-laki
ImprintGA Bunko
Terbit2015 – sekarang
Volume8
Manga
PengarangShirow Shiratori
IlustratorKogetaokoge
PenerbitSquare Enix
DemografiSeinen
MajalahYoung Gangan
Terbit2015 – sekarang
Volume4
Seri anime
SutradaraShinsuke Yanagi
SkenarioFumihiko Shimo
MusikKenji Kawai
StudioProject No.9
LisensorCrunchyroll
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS, Sun TV, BS Fuji, Mie TV
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 8 Januari 2018 26 Maret 2018
Episode12 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Ryūō no Oshigoto! (bahasa Jepang: りゅうおうのおしごと!) merupakan seri novel ringan Jepang yang dikarang oleh Shirow Shiratori dan diilustrasikan oleh Shirabi. SB Creative telah merilisnya dalam 8 volume sejak tahun 2015 di bawah label GA Bunko mereka. Sebuah adaptasi manga dengan sentuhan seni Kogetaokoge diserikan dalam majalah manga seinen Square Enix bernama Young Gangan sejak tahun 2015, dan telah disatukan ke dalam 4 volume tankōbon. Adaptasi seri anime sebanyak 12 episode yang dibuat oleh Project No.9 telah disiarkan pada antara 8 Januari hingga 26 Maret 2018.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Yaichi Kuzuryū merupakan pemain shogi terkenal yang memenangkan gelar Ryūō pada usia 16. Setelah memegang gelar tersebut, hidupnya tidak berubah hingga ia didekati oleh Ai Hinatsuru, seorang anak perempuan berusia 9 tahun yang memohon Yaichi agar menjadikannya murid. Terkesan dengan kemampuan Ai, Yaichi setuju menjadi gurunya, dan keduanya berusaha bermain shogi dengan teman dan musuhnya, namun dengan syarat yang diberikan oleh ibu Ai bahwa Yaichi harus menikah dengan Ai apabila ia tidak berhasil menjadi pemain shogi terkenal sebelum ia lulus SMP.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Yaichi Kuzuryū (九頭竜 八一, Kuzuryū Yaichi)
Pengisi suara: Yuuma Uchida[1]
Yaichi merupakan tokoh utama dari seri ini. Yaichi berusia enam belas tahun yang memenangkan pertandingan gelar Ryūō di usia muda. Dia adalah Ryūō termuda saat ini. Awalnya dia kewalahan dengan gelarnya dan karena tekanan yang diperolehnya akibat menghindari bermain shogi dengan cara yang "memalukan". Dia memiliki kepribadian yang tenang dan sering tidak mengambil sesuatu dengan serius kecuali hal yang berhubungan dengan shogi. Dia terkejut oleh bakat dan tekad Ai, dan cara dia terus berjuang dan mencari jalan menuju kemenangannya. Yaichi sering salah dituduh sebagai lolicon karena kasih sayang yang ia peroleh dari gadis-gadis muda seperti Ai dan teman-temannya Mio, Ayano, dan Charlotte dalam kelompok pelatihan shogi-nya. Meskipun mereka menyayanginya, dia tidak menyadari perasaan mereka yang sebenarnya untuknya. Yaichi berusaha menjadi guru yang baik bagi murid-muridnya dan melakukan yang terbaik untuk mengajarkan langkah-langkah termudah agar murid-muridnya dapat menangkapnya dengan cepat. Dia tampaknya memiliki perasaan untuk Keika seperti yang terlihat di beberapa episode anime.
Ai Hinatsuru (雛鶴 あい, Hinatsuru Ai)
Pengisi suara: Rina Hidaka[1]
Ai adalah murid pertama Yaichi, seorang anak kelas tiga berusia sembilan tahun. Dia adalah gadis ceria dengan bakat ekstrem pada shogi, serta putri dari pemilik penginapan besar dan populer yang telah menjadi tempat pertandingan utama shogi. Dia sangat mengagumi Yaichi karena tekadnya dan menolak menyerah setelah menyaksikan pertandingan Ryūō-nya. Dia pertama kali bertemu Yaichi yang kelelahan selama pertandingan dalam memperoleh gelar Ryūō sebelumnya, saat memberikan Yaichi segelas air, Yaichi berjanji untuk mengabulkan keinginan Ai jika dia menang. Tiga bulan setelah pertandingan gelar, dia kabur dari rumah untuk menjadi murid Yaichi. Awalnya diterima sebagai murid sementara selama liburan musim semi, kemudian orang tuanya berusaha membawa pulang rumahnya dengan mengklaim kekhawatiran tentang stabilitas kehidupan sebagai seorang wanita profesional dalam shogi. Dia gagal saat membuktikan kemampuannya di depan ibunya, tetapi Yaichi cukup terkesan dengan tekad dan penampilannya di bawah tekanan besar. Setelah itu, dia secara pribadi meminta untuk membawanya, bahkan menerima syarat bahwa, jika dia gagal mengklaim gelar sebelum lulus SMP, dia akan menikahinya dan mewarisi penginapan. Dia sangat posesif terhadap Yaichi dan kadang-kadang menunjukkan sifat yandere. Dalam shogi, gayanya menempatkan penekanan pada akhir permainan dan terutama "ofensif", berfokus pada menemukan cara untuk menekan serangan itu.
Ai Yashajin (夜叉神 天衣, Yashajin Ai)
Pengisi suara: Ayane Sakura[1]
Murid kedua Yaichi, dan berusia sembilan tahun dan duduk di kelas tiga SD. Dia tinggal bersama kakeknya yang kaya sejak kematian orang tuanya. Ayahnya adalah seorang pemain shogi amatir yang terampil, yang bertemu dengan Yaichi yang lebih muda beberapa tahun lalu saat mengadakan pertandingan melawan Meijin. Setelah Yaichi menemukan cara untuk menjadikannya skakmat, ayah Ai menyarankan agar Yaichi suatu hari nanti membawa putrinya sebagai murid, yang kemudian dia setujui. Dia sangat bangga dan cenderung untuk menampilkan sifat tsundere. Gaya shoginya saat berlawanan dengan Ai menunjukkan pemahaman mendalam tentang permainan awal dan wawasan yang kuat tentang permainan "bertahan", berdasarkan pada jebakan dan serangan balik. Tingkahnya saat menghadap Ai Hinatsuru adalah bagian dari alasan bahwa Yaichi merasa dia akan membuat saingan yang hebat untuknya.
Ginko Sora (空 銀子, Sora Ginko)
Pengisi suara: Hisako Kanemoto[1]
Teman masa kecil Yaichi. Ginko memiliki lidah tajam, terkesan kasar, dan tidak menunjukkan belas kasihan kepada lawan-lawannya dalam bermain shogi. Dia berusia empat belas tahun dan dianggap sebagai gadis paling berbakat di dunia shogi. Ginko saat ini memegang rekor tak terkalahkan dan mengesankan dalam 47 kemenangan melawan pemain perempuan profesional dan memperoleh julukan "The Snow White of Naniwa". Dia menjadi murid sebelum Yaichi, meskipun dua tahun lebih muda darinya. Meskipun bukan pemain profesional wanita, dia masih memegang gelar Ratu. Meskipun sikap agresifnya terhadap Yaichi, Ginko sangat peduli dan memiliki perasaan padanya, meskipun dia ragu untuk menunjukkannya.
Keika Kiyotaki (清滝 桂香, Kiyotaki Keika)
Pengisi suara: Ai Kayano[1]
Murid dan anak kandung guru Yaichi dan Sora. Dia memasuki asosiasi pelatihan untuk mencoba menjadi pemain profesional wanita pada usia sepuluh tahun. Dia dikenal sangat terampil ketika dia sedang tenang. Dia memiliki perasaan suka terhadap Yaichi.
Mio Mizukoshi (水越 澪, Mizukoshi Mio)
Pengisi suara: Yurika Kubo[1]
Teman Ai Hinatsuru dari kelompok pelatihan.
Ayano Sadatō (貞任 綾乃, Sadatō Ayano)
Pengisi suara: Chinami Hashimoto[1]
Teman Ai Hinatsuru dari kelompok pelatihan.
Charlotte Izoard (シャルロット・イゾアール, Sharurotto Izoāru)
Pengisi suara: Yui Ogura[1]
Teman Ai Hinatsuru dari kelompok pelatihan.
Takashi Hinatsuru (雛鶴 隆, Hinatsuru Takashi)
Pengisi suara: Ichiro Mizuki[2]
Ayah Ai dan suami Akina. Setelah menikah dengan keluarga istrinya, dia tidak dapat menentang pendapat dan permintaan istrinya sendiri.
Akina Hinatsuru (雛鶴 亜希奈, Hinatsuru Akina)
Pengisi suara: Mitsuko Horie[2]
Ibu Ai dan istri Takashi, dan pemilik penginapan bergengsi. Dia mencoba mencegah Ai untuk mengejar karier shogi yang mengklaim keprihatinan atas stabilitas kehidupan semacam itu. Ketika putrinya gagal memenuhi persyaratannya, dia berusaha membawanya kembali ke rumah, tetapi mengalah dan menerima permintaan pribadi Yaichi untuk menjadikannya sebagai murid di bawah kondisi bahwa jika dia gagal mencapai setidaknya satu gelar sebelum lulus SMP, Yaichi akan menikah dengan keluarga mereka dan mewarisi penginapan.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Seri novel ringan ini ditulis oleh Shirow Shiratori dan diilustrasikan oleh Shirabi. SB Creative telah merilisnya dalam 8 volume sejak tahun 2015 di bawah label GA Bunko mereka. Rilis digital dalam bahasa Inggris diupayakan oleh Bookwalker, bagian dari Kadokawa Corporation.[3] Enam volume telah dirilis pula sejak tahun 2017.[4]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga dengan sentuhan seni Kogetaokoge telah diserikan dalam majalah manga seinen milik Square Enix bernama Young Ganggan sejak tahun 2015, dan telah disatukan dalam empat volume tankōbon.

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime dalam seri televisi yang dibuat oleh Project No.9 diumumkan pada bulan Juli 2017.[1] Seri itu disutradarai oleh Shinsuge Yanagi dengan bantuan naskah Fumihiko Shiko dan desain karakter oleh Akane Yano. Kenji Kawai membuat musiknya di Nippon Columbia, dan Dreamshift memproduksi seri tersebut. Seri itu ditayangkan sejak 8 Januari[2] hingga 26 Maret 2018 sebanyak 12 episode.[5] Machico menyanyikan lagu pembuka "Kore Kara" (コレカラ, Mulai Sekarang), sedangkan Miku Itō menyanyikan lagu penutup yang berjudul "Mamoritai-mono no Tame ni" (守りたいもののために, Untuk Apa yang Ingin Kulindungi).[6]

Berikut adalah daftar episode anime tersebut:

No. Judul[a] Tanggal tayang asli
1"A Disciple Storms In"
"Oshikake Deshi" (押しかけ弟子)
8 Januari 2018 (2018-1-8)
Yaichi Kuzuryū is a prodigy shogi player who is visited by Ai Hinatsuru, a little girl who ran away from home with the desire to be his disciple.
2"Days with a Disciple"
"Deshi no Iru Nichijō" (弟子のいる日常)
15 Januari 2018 (2018-1-15)
Yaichi accepts Ai as his disciple and starts coaching her and her new friends, until Ai's parents appear determined to take her back home.
3"Training Group Entrance Exam"
"Kenshū-kai Shiken" (研修会試験)
22 Januari 2018 (2018-1-22)
To convince her parents that she has what it takes to become a professional shogi player, Ai takes part in a qualification exam, promising to win all three matches against different players. Despite her failure, they agree to allow her to become Yaichi's disciple after he asks them for it, but under an unexpected condition.
4"The other Ai"
"Mōhitori no Ai" (もう一人のあい)
29 Januari 2018 (2018-1-29)
Yaichi is called to fulfill a request to have Ai Yashajin, a girl around Ai's age as his disciple. Realizing her potential Yaichi agrees to help with her training without Ai knowing, until his secret is exposed by a coincidental meeting.
5"Artlessly Flawless"
"Ten'imuhō" (天衣無縫)
5 Februari 2018 (2018-2-5)
Ai has a fallout with Yaichi upon discovering that he is teaching Yashajin behind her back. Sometime later, Yashajin takes her qualification exam, having a fierce match with Ai in the occasion.
6"All-Rounder"
"Ōruraundā" (オールラウンダー)
12 Februari 2018 (2018-2-12)
To improve his playstyle, Yaichi seeks guidance from a veteran player who agrees in exchange for having him and Ai working at his place.
7"Dear 10-Year-Old Me"
"Jussai no Watashi e" (十才のわたしへ)
19 Februari 2018 (2018-2-19)
Keika has few time left to win a promotion to the professional league before she is forced to retire. To test her determination, she bets everything in the next matches, but her opponents are none other than the two Ai's.
8"First Tournament"
"Hajimete no Taikai" (はじめての大会)
26 Februari 2018 (2018-2-26)
The two Ai's take part in their first tournament, which is also the opportunity for Keika to finally be promoted to the professional league.
9"August First"
"Hachigatsu Tsuitachi" (八月一日)
5 Maret 2018 (2018-3-5)
Ai's next opponent in the tournament is Ika Sainokami, a dangerous and selfish player obsessed with Yaichi, but she is determined to win for a special reason.
10"Spinning Dragon"
"Supiningu Doragon" (スピニングドラゴン)
12 Maret 2018 (2018-3-12)
Yaichi's 7-round match against the Meijin to defend his Ryuo title begins. After being defeated three times, Yaichi is thrown into despair and fearing for his and Ai's careers, he comes with a bold decision.
11"Best Wishes"
"Kotobuki" (寿)
19 Maret 2018 (2018-3-19)
In preparation for his next match, Yaichi holes himself up at home, shunning everybody around him, until he takes a break to watch Keika's decisive match in order to enter the professional league, and is surprised with how it unfolds.
12"The Final Judgment"
"Saigo no Shinpan" (最後の審判)
26 Maret 2018 (2018-3-26)
Yaichi's next match against the Meijin ends with a double foul and a rematch starts soon after. As he plays against the strongest player ever, Yaichi takes into heart all his experiences with his friends to make a breakthrough and keep his title.

Penerimaan publik[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini menduduki peringkat pertama pada tahun 2017 dalam buku pedoman novel ringan tahunan Takarajimasha Kono Light Novel ga Sugoi!, dalam kategori bunkobon.[7] Ia juga menduduki peringkat pertama lagi pada tahun 2018,[8] dan peringkat kedua pada tahun 2019.[9]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul episode bahasa Inggris adalah dari Crunchyroll.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • No-Rin, seri novel ringan lainnya dari penulis yang sama

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i "Ryūō no Oshigoto! Shogi Light Novels Get TV Anime". Anime News Network. 11 Juli 2017. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  2. ^ a b c "The Ryuo's Work is Never Done! Anime Casts Ichiro Mizuki, Mitsuko Horie". Anime News Network. 6 Desember 2017. Diakses tanggal 6 Desember 2017. 
  3. ^ "Book☆Walker Exclusive Light Novel The Ryuo's Work is Never Done! Available Now". Anime News Network. 25 Oktober 2017. Diakses tanggal 8 April 2018. 
  4. ^ GA文庫|「りゅうおうのおしごと!」特設ページ (dalam bahasa Jepang). SB Creative Corp. Diakses tanggal 28 Agustus 2018. 
  5. ^ "The Ryuo's Work is Never Done! Anime Listed With 12 Episodes". Anime News Network. 18 Januari 2018. Diakses tanggal 19 Januari 2018. 
  6. ^ "The Ryuo's Work is Never Done! TV Anime Reveals Theme Song Artists, More of Staff, January Debut". Anime News Network. 14 Oktober 2017. Diakses tanggal 14 Oktober 2017. 
  7. ^ "Kono Light Novel ga Sugoi! 2017's Series Ranking". Anime News Network. 23 November 2016. Diakses tanggal 4 September 2017. 
  8. ^ "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2018 Series Ranking". Anime News Network. 24 November 2017. Diakses tanggal 15 Februari 2018. 
  9. ^ "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2019 Series Ranking". Anime News Network. 23 November 2018. Diakses tanggal 26 November 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]