Munō na Nana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Munō na Nana
Sampul Munō na Nana volume 1 oleh Square Enix
無能なナナ
(Munō na Nana)
GenreThriller psikologi[1][2]
Manga
PengarangLooseboy
IlustratorIori Furuya
PenerbitSquare Enix
Penerbit bahasa InggrisCrunchyroll (digital)
MajalahMonthly Shōnen Gangan
DemografiShōnen
Terbit12 Mei 2016 – sekarang
Volume12
Seri anime
SutradaraShinji Ishihira
SkenarioFumihiko Shimo
MusikYasuharu Takanashi (Team-MAX)
StudioBridge
PelisensiFunimation (kecuali Asia)
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, SUN TV, TVA
Tayang 4 Oktober 2020 27 Desember 2020
Episode13
 Portal anime dan manga

Munō na Nana (Jepang: 無能なナナ), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Talentless Nana, adalah seri manga Jepang yang ditulis oleh Looseboy dan diilustrasikan oleh Iori Furuya. Manga ini dimuat di majalah manga shōnen milik Square Enix, Monthly Shōnen Gangan mulai edisi Mei 2016. Manga ini diterbitkan secara digital di Amerika Utara oleh Crunchyroll. Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diproduksi oleh Bridge dan ditayangkan mulai tanggal 4 Oktober hingga tanggal 27 Desember 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di masa depan, anak-anak dengan kekuatan supernatural yang disebut "Bakat" mulai bermunculan. Untuk mempersiapkan mereka dalam pertempuran mendatang menghadapi "Musuh Kemanusiaan", mereka dikirim ke sekolah yang terletak di pulau terpencil. Suatu hari, seorang siswa baru bernama Nana Hiiragi tiba di sekolah dan langsung akrab dengan siswa lainnya. Pada kenyataannya, Nana adalah seorang pembunuh milik pemerintah yang tidak memiliki "Bakat" dan telah dikirim untuk membunuh para siswa, yang dianggap pemerintah sebagai "Musuh Kemanusiaan" yang sebenarnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Nana Hiiragi (柊 ナナ, Hiiragi Nana)
Pengisi suara: Rumi Okubo[3]
Seorang siswa baru di pulau itu. Ia mengaku memiliki bakat membaca pikiran dan memiliki kepribadian yang sangat ramah dan ekstrovert yang memungkinkannya berteman dengan mudah. Kenyataannya, ia adalah seorang pembunuh tanpa bakat yang dikirim oleh pemerintah secara diam-diam untuk melenyapkan semua teman sekelasnya. Kepribadiannya yang sebenarnya adalah gadis yang sangat terampil, cerdas dan jeli serta memanfaatkan penalaran deduktif dan teknik rekayasa sosial untuk mempertahankan pandangannya dan menghindari kecurigaan.
Nanao Nakajima (中島 ナナオ, Nakajima Nanao)
Pengisi suara: Hiro Shimono,[3] Mai Nakahara[4] (muda)
Seorang siswa pemalu dari keluarga kaya yang merasa ditekan oleh ayahnya untuk menjadi pemimpin ke mana pun ia pergi. Pada awalnya, ia terlihat sebagai siswa tanpa bakat dan protagonis awal, tetapi ia kemudian mengungkapkan bakatnya adalah kemampuan untuk membatalkan efek dari bakat lain dengan menyentuh mereka.
Kyōya Onodera (小野寺 キョウヤ, Onodera Kyōya)
Pengisi suara: Yūichi Nakamura[3]
Seorang siswa pindahan misterius yang tiba di sekolah pada waktu yang sama dengan Nana, dengan bakat keabadian. Meskipun ia memiliki sikap yang sombong dan lebih suka menyendiri, ia ingin berteman dan sedikit otaku. Seperti Nana, ia sangat jeli dan cepat menyerap, tetapi keterampilan deduktifnya tertinggal satu langkah di belakang Nana. Ia mulai mencurigai keterlibatan Nana dalam kematian beberapa siswa dan menyelidiki kebenaran di balik Musuh Kemanusiaan setelah adik perempuannya tiba di pulau yang sama dan menghilang lima tahun yang lalu.
Michiru Inukai (犬飼 ミチル, Inukai Michiru)
Pengisi suara: Mai Nakahara[5]
Seorang gadis baik yang sering Nana anggap seperti anak anjing. Ia memiliki bakat untuk menyembuhkan orang lain dengan menjilati luka mereka, tetapi ia tidak dapat menyembuhkan penyakit dan kelemahan dari bakatnya adalah memperpendek umurnya dengan cepat. Sifatnya yang naif membuatnya mempercayai Nana sepenuh hati.
Yōhei Shibusawa (渋沢 ヨウヘイ, Shibusawa Yōhei)
Pengisi suara: Toshiki Masuda[5]
Seorang siswa arogan dan perfeksionis yang sangat peduli dengan kesopanan dan mimpi menggunakan bakatnya untuk mengubah sejarah. Ia dapat melakukan perjalanan hingga 24 jam ke masa lalu dari tempat tertentu, meskipun kekurangannya adalah ia hanya dapat melakukannya jika ia tidak terlihat oleh orang lain di mana ia berteleportasi kembali ke masa sekarang. Selain itu, semakin lama lompatan waktu yang dilakukannya, semakin banyak energi yang digunakannya.
Moguo Iijima (飯島 モグオ, Iijima Moguo)
Pengisi suara: Takuya Nakashima[5]
Seorang perundung kelas dengan bakat pirokinesis. Meskipun ia keras, agresif dan egois, ia mengkhawatirkan anak buahnya dan teman sekelasnya.
Pengikut Moguo A (子分A, Kobun A)
Pengisi suara: Yūki Inoue[5]
Seorang siswa yang merupakan salah satu kaki tangan Moguo.
Pengikut Moguo B (子分B, Kobun B)
Pengisi suara: Takeo Ōtsuka[5]
Seorang siswa yang merupakan salah satu kaki tangan Moguo.
Rentarō Tsurumigawa (鶴見川 レンタロウ, Tsurumigawa Rentarō)
Pengisi suara: Yoshitaka Yamaya[5]
Seorang siswa yang merupakan salah satu kaki tangan Moguo. Ia memiliki bakat untuk memiliki pengalaman di luar tubuh, dengan rohnya yang secara bebas dapat melepaskan diri dari tubuhnya dan berinteraksi dengan benda-benda, meskipun hal ini membuat tubuhnya tidak berdaya.
Seiya Kori (郡 セイヤ, Kori Seiya)
Pengisi suara: Hiromichi Tezuka[5]
Seorang siswa flamboyan dan genit dengan bakat kriokinesis.
Kirara Habu (羽生 キララ, Habu Kirara)
Pengisi suara: Yukina Tsutsumi[5]
Seorang gyaru yang suka menggertak Michiru. Ia adalah sahabat Kaori dan bakatnya memberinya air liur beracun meskipun ia harus mengkonsumsi katak dan ular secara teratur untuk mempertahankannya.
Kaori Takanashi (高梨 カオリ, Takanashi Kaori)
Pengisi suara: Yurie Kozakai[5]
Seorang gyaru yang suka merundung Michiru. Ia adalah sahabat Kirara dan bakatnya memungkinkannya untuk berteleportasi dalam jarak tertentu.
Tsunekichi Hatadaira (葉多平 ツネキチ, Hatadaira Tsunekichi)
Pengisi suara: Atsushi Tamaru[5]
Seorang siswa santai dan mesum yang dapat memproyeksikan visi kenabiannya saat ia tidur melalui kamera normal.
Yūka Sasaki (佐々木 ユウカ, Sasaki Yūka)
Pengisi suara: Miyu Tomita[5]
Seorang gadis ramah dan tomboy yang mengaku memiliki bakat kekuatan super. Ia dan Shinji adalah teman masa kecil yang tak terpisahkan yang tampaknya berkencan.
Shinji Kazama (風間 シンジ, Kazama Shinji)
Pengisi suara: Aiko Ninomiya[5]
Seorang siswa laki-laki pucat dan kasar yang memiliki bakat penujuman. Ia dan Yūka adalah teman masa kecil yang tak terpisahkan yang tampaknya berkencan.
Ryūji Ishii (石井 リュウジ, Ishii Ryūji)
Pengisi suara: Tomohiro Ono[5]
Seorang siswa yang baik hati dan populer yang merupakan kekasih Fūko.
Fūko Sorano (空野 フウコ, Sorano Fūko)
Pengisi suara: Yuna Kamakura[5]
Seorang gadis santun yang merupakan kekasih Ryūji. Ia memiliki bakat untuk memanipulasi arus udara dan mengontrol tekanan udara, termasuk menggunakan angin sebagai pisau setajam silet, tetapi ia hanya bisa melakukannya di area yang berventilasi baik.
Guru wali kelas (担任教師, Tannin Kyōshi)
Pengisi suara: Atsushi Kousaka[5]
Wali kelas para siswa berbakat. Meskipun ia menjadi seorang guru, ia hampir tidak tahu apa-apa tentang tindakan pemerintah.
Jin Tachibana (橘 ジン, Tachibana Jin)
Pengisi suara: Kōji Yusa[5]
Seorang siswa berbakat yang kuat yang merupakan mantan siswa di pulau itu. Bakatnya memungkinkannya untuk berubah menjadi makhluk hidup apapun dan bahkan menggunakan bakat mereka, asalkan transformasinya tidak terlihat oleh orang lain.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Munō na Nana ditulis oleh Looseboy dan diilustrasikan oleh Iori Furuya. Manga ini dimuat di majalah manga shōnen milik Square Enix, Monthly Shōnen Gangan mulai tanggal 12 Mei 2016.[6] Seri ini diterbitkan secara digital di Amerika Utara oleh Crunchyroll.[7]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 22 Februari 2017[8]ISBN 978-4-7575-5153-4
2 22 Mei 2017[9]ISBN 978-4-7575-5345-3
3 22 Januari 2018[10]ISBN 978-4-7575-5586-0
4 22 Oktober 2018[11]ISBN 978-4-7575-5873-1
5 12 Juli 2019[12]ISBN 978-4-7575-6193-9
6 11 April 2020[13]ISBN 978-4-7575-6588-3
7 12 Oktober 2020[14]ISBN 978-4-7575-6894-5
8 11 Juni 2021[15]ISBN 978-4-7575-7315-4
9 12 Februari 2022[16]ISBN 978-4-7575-7738-1
10 12 Oktober 2022[17]ISBN 978-4-7575-8196-8
11 12 Juli 2023[18]ISBN 978-4-7575-8658-1
12 12 April 2024[19]ISBN 978-4-7575-9148-6

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diumumkan pada tanggal 7 April 2020.[20] Seri ini diproduksi oleh Bridge dan disutradarai oleh Shinji Ishihira, dengan Fumihiko Shimo yang menulis naskah, Satohiko Sano yang mendesain karakter dan Yasuharu Takanashi yang menyusun musik.[3][21] Lagu tema pembuka seri ini berjudul "Broken Sky" yang dinyanyikan oleh Miyu Tomita, sementara lagu tema penutup seri ini berjudul "Bakemono to Yobarete" (バケモノと呼ばれて, "Dikenal sebagai Monster") yang dinyanyikan oleh Chiai Fujikawa.[3] Seri ini ditayangkan mulai tanggal 4 Oktober hingga tanggal 27 Desember 2020 di AT-X, Tokyo MX, SUN TV dan TVA.[3][22] Seri ini berlangsung selama 13 episode.[23] Muse Communication mendapatkan lisensi anime ini untuk kawasan Asia Tenggara.[24] Funimation menayangkan seri anime ini di situs web mereka untuk kawasan Amerika Utara dan Kepulauan Britania.[25]

No.Judul [26][a]Sutradara [26]Penulis skenario [26]Tanggal tayang asli
1"Talentless"
Transkripsi: "Munōryoku" (無能力)
Yūshi SuzukiFumihiko Shimo4 Oktober 2020 (2020-10-04)
Siswa tanpa bakat bernama Nanao Nakajima berurusan dengan pengganggu di kelasnya ketika dua siswa baru tiba: seorang anak laki-laki bernama Kyōya Onodera dan seorang gadis ceria bernama Nana Hiiragi dengan bakat membaca pikiran. Nana mencoba bersahabat dengan Nanao dan bahkan mendorongnya untuk mencalonkan diri sebagai ketua kelas. Nana terus mengikuti Nanao berkeliling sekolah untuk berbagi informasi tentang bakat membaca pikirannya. Keesokan harinya, Moguo Iijima dan Seiya Kori berdebat tentang posisi ketua kelas. Seiya menang, tetapi Moguo melempar bola api raksasa dengan marah. Nanao melompat untuk menyelamatkan Nana dari bola api dan mengungkapkan bakatnya: kekuatan untuk membatalkan bakat lain. Setelah itu, setelah memenangkan ketua kelas sendiri, Nana menawarkan untuk membiarkannya menguji kekuatannya dengan memegang tangannya. Saat ia melakukannya, Nana melemparkannya dari tebing. Saat ia tergantung dengan seutas tali, Nana mengungkapkan kepada Nanao bahwa ia sebenarnya tidak berbakat dan bahwa ia membunuh Nanao sebelum Nanao memimpin anak-anak berbakat lainnya untuk menjadi Musuh Kemanusiaan yang sebenarnya. Saat Nanao kehilangan cengkeramannya dan jatuh, Nana menerima pesan teks yang menyatakan bahwa ia telah menyelamatkan satu juta orang dari kematian dari komandan musuh masa depan.
2"Time Traveler"
Transkripsi: "Jikan Sokō" (時間遡行)
Tomoya TakayamaShōji Yonemura11 Oktober 2020 (2020-10-11)
Sebuah komite pemerintah merefleksikan orang-orang berbakat yang menjungkirbalikkan tatanan normal masyarakat manusia. Pemerintah mencoba untuk melawan ancaman ini dengan unit individu berbakat di bawah komando militer mereka, tetapi mereka yang berbakat segera berbalik pada tuan mereka juga. Manusia yang tidak berbakat akhirnya berhasil memulihkan ketertiban, tetapi dengan biaya yang mahal. Saat ini, kelas memperhatikan hilangnya Nanao sedangkan Seiya membekukan seluruh danau. Saat Nana mencoba untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bakat Seiya, ia menemukan teman sekelasnya yang lain, Yōhei Shibusawa, memutuskan perkelahian dengan Moguo menggunakan bakat perjalanan waktu. Saat makan siang, Nana mengetahui lebih banyak tentang bakat Yōhei: bahwa ia hanya dapat melakukan perjalanan mundur dalam waktu hingga batas tertentu. Tiba-tiba, mereka berdua diinterupsi oleh Kyōya yang mencurigakan saat Nana mencoba menghindari keterlibatan dirinya. Kemudian, Nana meminta Yōhei untuk menunjukkan batas bakatnya dan dirinya di masa lalu melihat Yōhei sebelum ia melakukan pembunuhan terhadap Nanao. Larut malam, Nana memikat Yōhei ke tempat di mana ia mengaku melihat Nanao dimakan oleh Musuh Kemanusiaan. Saat ia melakukan perjalanan kembali sekitar 24 jam yang lalu, Yōhei akhirnya terjebak di sungai saat Seiya membeku sebelumnya pagi itu.
3"Talented vs. Talentless"
Transkripsi: "Nōryoku-sha Bāsasu Munōryoku-sha" (能力者VS. 無能力者)
Hiroshi AkiyamaFumihiko Shimo18 Oktober 2020 (2020-10-18)
Kyōya menyelidiki tebing tempat Nanao terakhir terlihat. Sementara itu, di dalam kelas, Nana, Moguo dan Seiya sedang mengobrol saat Kyōya muncul. Saat makan siang, Nana mengikuti Kyōya ke gudang petugas kebersihan di mana Nana mengetahui bahwa Kyōya memberi makan seekor kucing. Setelah itu, mereka bertemu di lorong dan Kyōya mengundang Nana ke kamarnya. Di sana, Kyōya mengungkapkan bahwa ia datang ke pulau itu karena adik perempuannya hilang. Kyōya juga mengungkapkan bahwa ia menemukan arloji Nanao selama penyelidikannya. Kyōya kemudian membawa Nana ke tebing untuk memperingatkannya tentang apa yang sedang terjadi. Malam itu, Nana mengenang hal-hal yang diperhatikannya di kamar Kyōya dan memutuskan untuk membuat jebakan. Keesokan harinya, saat mereka sendirian, Nana menyebut kucing itu. Kemudian, ketika Kyōya mencoba memberi makan kucing, gudang petugas kebersihan meledak. Nana mengungkapkan bahwa ia jenuh dengan gas berdasarkan pengamatannya bahwa Kyōya tidak bisa mencium baunya. Ketika Nana mencoba untuk pergi, Kyōya mengungkapkan bahwa ia selamat berkat keabadiannya.
4"Healing"
Transkripsi: "Hīringu" (ヒーリング)
Shin'ichi FukumotoFumihiko Shimo25 Oktober 2020 (2020-10-25)
Di kelas, Kyōya membahas apa yang terjadi padanya di gudang petugas kebersihan. Sementara itu, Kirara Habu dan Kaori Takanashi mengumumkan kepada kelas bahwa Michiru Inukai telah menerima surat cinta. Michiru kemudian melihat goresan di kaki Nana dan ia menggunakan bakatnya untuk menyembuhkannya. Sepulang sekolah, Michiru sedang menunggu pengagum rahasianya di luar ketika Nana muncul dan mengungkapkan bahwa surat cinta itu adalah lelucon oleh Kirara dan Kaori. Malamnya, Nana mencoba untuk pergi ketika ia menyadari bahwa Kyōya menjaga pintunya. Menyelinap keluar, ia menuju ke kamar Michiru di mana ia menikam dirinya sendiri untuk menghilangkan kecurigaan Kyōya. Keesokan harinya, Nana berhasil mengarang cerita saat ia diserang. Karena itu, ia ditunjuk sebagai ketua kelas. Kemudian, Nana meminta Michiru untuk mengumpulkan informasi tentang bakat setiap orang. Ketika Nana menuju ke asrama, ia didekati oleh Tsunekichi Hatadaira, yang mengungkapkan bahwa ia dapat melihat masa depan. Ia kemudian menunjukkan Nana foto Nana menyerang Tsunekichi. Di kantin, Nana menemukan bahwa Tsunekichi memang memiliki kemampuan untuk melihat masa depan.
5"Talented vs. Talentless Part 2"
Transkripsi: "Nōryoku-sha Bāsasu Munōryoku-sha Pāto Tsū" (能力者VS. 無能力者 PART2)
Naoto HashimotoFumihiko Shimo1 November 2020 (2020-11-01)
Tsunekichi memutuskan untuk memeras Nana menggunakan foto yang diambilnya. Ketika ia tertidur, Nana mengetahui bahwa Tsunekichi mendapatkan penglihatan kenabiannya melalui kamera biasa. Keesokan paginya, Tsunekichi menyita salah satu foto miliknya yang dimiliki Nana. Saat Tsunekichi pergi, Nana merusak jam tangannya. Malamnya saat jam pelajaran olahraga di gudang, Nana digagalkan ketika ia mencoba untuk membunuh Tsunekichi. Tepat saat Tsunekichi akan menyerang Nana, Nana mengungkapkan bahwa ia meracuni Tsunekichi dan foto yang disita oleh Tsunekichi sebelumnya sebenarnya diambil oleh Nana. Setelah Tsunekichi menyerah pada racun, penglihatan kenabian yang sebenarnya terjadi ketika Kyōya dan Michiru tiba di tempat kejadian. Kyōya menjelaskan bahwa mereka datang ke gudang setelah mereka memeriksa kamar Tsunekichi. Ketika Kyōya menunjukkan foto palsunya, Nana memanfaatkannya dengan mengaku bahwa Tsunekichi mengambil foto telanjang dirinya. Ia kemudian pergi untuk mengambil sisa foto sedangkan Michiru tetap di belakang dengan tubuh Tsunekichi. Setelah berkonfrontasi dengan Kyōya, Nana menyadari bahwa salah satu fotonya hilang. Di gudang, Michiru menemukan foto itu tepat saat Nana muncul kembali.
6"Necromancer"
Transkripsi: "Nekuromansā" (ネクロマンサー)
Yūshi SuzukiShōji Yonemura8 November 2020 (2020-11-08)
Ketika Michiru menyerahkan foto itu kepada Nana, Nana meyakinkan Michiru bahwa Tsunekichi tidak secerewet yang diakuinya. Setelah itu, Michiru mengungkapkan bahwa ia mencoba membangkitkan Tsunekichi. Pada pemakaman Tsunekichi, Kyōya meminta agar dilakukan otopsi. Namun, Nana membawanya keluar di mana mereka berbicara. Ketika mereka kembali ke pemakaman, Shinji Kazama menggunakan ilmu sihirnya untuk mengendalikan Tsunekichi. Keesokan harinya, Nana mendekati Yūka Sasaki tentang Shinji. Kemudian, Yūka menjelaskan kepada Nana dan Kyōya bahwa ia menyelamatkan Shinji lima tahun sebelum menggunakan kekuatan supernya. Di rumah sakit, Nana berpura-pura lelah agar bisa menyelinap keluar dan membunuh Shinji. Setelah Nana meracuni Shinji, Nana bergegas kembali ketika ia melihat kucing itu terjebak di saluran pembuangan. Ia kemudian meminta Kyōya, Michiru dan Yūka untuk membantunya, tetapi Yūka mengaku bahwa ia alergi. Malam itu, Nana mencoba membunuh Yūka ketika ia dihentikan oleh Shinji. Nana kemudian menyadari bahwa Yūka sebenarnya adalah ahli nujum. Setelah Yūka mengungkapkan bagaimana Shinji meninggal, Nana mengakui bahwa meskipun ia adalah seorang pembunuh, ia membiarkan orang mati beristirahat dengan tenang.
7"Necromancer Part 2"
Transkripsi: "Nekuromansā Pāto Tsū" (ネクロマンサー PART2)
Tomoya TakayamaFumihiko Shimo15 November 2020 (2020-11-15)
Nana mengejek Yūka tentang hubungannya dengan Shinji. Ia kemudian memberikan saran bahwa ia akan memberitahu Yūka apa yang dipikirkan Shinji. Nana mengaku bahwa Shinji ingin Nana mati sebelum Nana kabur. Saat ia sendirian, Nana membawa hal-hal yang diamatinya di kamar Yūka. Menuju lebih jauh ke pegunungan, Nana bertemu dengan beberapa zombie. Ketika ia mencapai sebuah pondok yang ditinggalkan, terungkap bahwa Yūka tidak dapat menggunakan bakatnya di siang hari. Karena itu, Yūka memutuskan untuk mengunci Nana di dalam. Malamnya, Yūka kembali ke pondok hanya untuk mengetahui bahwa ia tidak dapat menemukan Nana. Keesokan paginya, Yūka menuju ke asrama bersama Shinji ketika ia berhadapan dengan Nana. Ketika mereka tiba di tebing, Nana mengungkapkan bagaimana ia menipu Yūka. Ia kemudian bertanya pada Yūka tentang hubungannya dengan Shinji. Setelah mendengarnya, Nana menunjukkan ketidakkonsistenan. Hal ini menyebabkan Yūka mengungkapkan bahwa Nana menyebabkan Shinji tewas karena ia cemburu bahwa ia berkencan dengan gadis lain. Nana kemudian membunuhnya.
8"Talented vs. Talentless Part 3"
Transkripsi: "Nōryoku-sha Bāsasu Munōryoku-sha Pāto Surī" (能力者VS. 無能力者 PART3)
Naoto HashimotoShōji Yonemura22 November 2020 (2020-11-22)
Setelah membuang tubuh Yūka, Nana menemukan Kirara, yang menjelaskan bahwa ia bertengkar dengan Kaori. Nana kemudian meracuni Kirara dan memaksanya untuk memberikan kata sandi ponselnya. Setelah itu, ia menuju ke kamar Kaori untuk mengutak-atik kotak kontaknya. Di lorong, Nana memberitahu Kyōya bahwa Yūka sudah mati. Ketika Nana, Kyōya, Michiru, Seiya dan Moguo tiba di tebing, lalu Nana mengaku Yūka bunuh diri setelah ia berhasil melewatinya. Setelah ia meyakinkan Moguo untuk membakar mayat, termasuk mayat Shinji dan Kirara, Kyōya curiga pada Nana hingga mereka menemukan tubuh Kaori. Kyōya kemudian mengetahui bahwa Kaori telah diracuni melalui kontaknya. Malamnya, saat Nana, Kyōya dan Michiru kembali ke kamar Kaori, Nana menyadari bahwa ia melakukan kesalahan. Ketika Michiru memeriksa telepon Kaori, Kyōya yakin bahwa Nana adalah pembunuhnya. Ia menunggu hingga beberapa teman sekelas mereka tiba untuk menjelaskan bagaimana Nana membunuh Kaori. Ia kemudian memeriksa Nana untuk melihat apakah ia masih memiliki telepon Kirara.
9"Survival of the Fittest"
Transkripsi: "Tekisha Seizon" (適者生存)
Kazunobu ShimizuFumihiko Shimo29 November 2020 (2020-11-29)
Selama pencariannya, Kyōya menemukan bahwa Nana tidak memiliki telepon Kirara di mana ia mengungkapkan bagaimana ia bisa membuangnya sambil memberi dirinya alibi pada saat yang sama. Nana kemudian mengaku bisa mendengar arwah Kirara. Michiru kemudian menangkap Nana lengah, tetapi Nana mampu menaklukkannya. Keesokan harinya, Michiru mengganggu Nana hingga ia menerima hadiahnya. Saat melakukannya, Nana berhasil meyakinkan kelas bahwa ia membaca pikiran mereka ketika ia sungguh-sungguh menunjukkan catatan yang ditempel di punggung Michiru. Di tebing, seorang mantan siswa bernama Jin Tachibana berseteru dengan Nana dan mengakui bahwa ia menggunakan bakatnya untuk berubah menjadi Michiru. Membawanya ke sebuah gua, ia mengungkapkan bahwa mereka sebelumnya bertemu satu sama lain ketika ia adalah kucing yang diberi makan oleh Kyōya. Ia juga mengungkapkan bahwa perang saudara pecah di pulau itu lima tahun yang lalu. Setelah itu, Nana tampaknya telah membunuh Jin ketika ia meracuni minumannya. Tepat saat ia akan menghubungi panitia sekolah, Nana menyadari bahwa Jin dapat meniru penampilan dan bakat apapun.
10"The Invisible Blade"
Transkripsi: "Miezaru Yaiba" (見えざる刃)
Naoki MurataShōji Yonemura6 Desember 2020 (2020-12-06)
Nana bertanya-tanya mengapa Jin tidak menggunakan bakatnya untuk menemukan identitas panitia sekolah sendiri. Ia kemudian mencoba melarikan diri, tetapi ia terluka ketika Jin berubah menjadi Moguo. Sebelum pingsan, Nana menjelaskan situasi keluarganya. Setelah itu, Nana terbangun di kamar Michiru di mana ia menjelaskan kepada Michiru bahwa ia merasa bertanggung jawab atas kematian orang tuanya. Pada pemakaman Shinji, Yūka dan Kaori, Nana menyadari efek buruk bakat Michiru terhadap dirinya. Kemudian, saat Nana di kamarnya, Jin muncul. Tak lama kemudian, Michiru muncul juga dan Jin berubah menjadi kucing. Ketika Michiru bertanya tentang masa kecil Nana, Nana mengungkapkan bahwa ia adalah tipikal gadis yang menyukai permainan dan manga hingga pada malam orang tuanya dibunuh oleh pencuri ketika ia lupa mengunci jendelanya setelah ia menyelinap keluar. Hal ini menyebabkan Michiru menghiburnya. Keesokan paginya, Kyōya memberitahu Nana untuk mengikutinya di mana ia menunjukkan mayatnya yang lain. Nana segera menyadari bahwa pembunuh lain sedang berkeliaran.
11"The Invisible Blade Part 2"
Transkripsi: "Miezaru Yaiba Pāto Tsū" (見えざる刃 PART2)
Hiroshi AkiyamaFumihiko Shimo13 Desember 2020 (2020-12-13)
Kyōya mengungkapkan bahwa korbannya adalah Ryūji Ishii. Ketika ditanya di mana ia berada, Moguo menyatakan bahwa ia memberi semangat kepada anak buahnya. Para antek kemudian mengungkapkan bakat mereka. Kemudian, kekasih Ryūji, Fūko Sorano, menunjukkan bakatnya pada Kyōya di luar. Tak lama kemudian, wali kelas datang untuk mengumumkan bahwa petinggi ada di telepon berkat Kyōya. Nana dan Michiru sedang menyelidiki tempat kejadian perkara saat Nana menyadari ada yang tidak beres dengan Michiru. Ketika mereka nongkrong di kafetaria, Nana menjadi emosional setelah Michiru memintanya untuk tinggal bersamanya dan orang tuanya setelah lulus. Saat berada di kamarnya, Nana menerima seragam baru. Ia kemudian menyadari bahwa botol racun itu hilang. Ketika Kyōya muncul, guru mereka mengungkapkan bahwa seseorang dari markas akan datang. Setelah Kyōya mempertanyakan keberadaannya, Fūko sambil menangis meminta Nana untuk membantunya membalas kematian Ryūji. Nana kemudian menuju ke kamar Michiru di mana ia menemukan buku harian Michiru. Setelah percakapan dengan Jin, Nana masuk ke kamar mandi di mana ia menemukan Michiru tidak sadarkan diri di bak mandi.
12"The Invisible Blade Part 3"
Transkripsi: "Miezaru Yaiba Pāto Surī" (見えざる刃 PART3)
Tomoya TakayamaShōji Yonemura20 Desember 2020 (2020-12-20)
Setelah memikirkannya, Nana memutuskan untuk menyelamatkan Michiru. Ketika Nana mendekati gurunya, ia menyarankan agar ia meminta bantuan Kyōya, yang dilakukannya. Kemudian, Kyōya muncul saat Nana merawat Michiru. Malam itu, Nana masih merawat Michiru ketika Fūko tiba, bertanya-tanya apakah ada perkembangan lebih lanjut dalam kasus ini. Ketika Michiru akhirnya bangun, Nana dan Michiru berkumpul bersama. Keesokan harinya, Jin berbicara dengan pembunuh Ryūji. Ia kemudian bertanya-tanya siapa yang bertanggung jawab untuk memanipulasi Nana. Sementara itu, Tsuruoka, mentor Nana, memberitahu panitia sekolah bahwa ia sedang menuju ke pulau itu. Saat Kyōya terus menyelidiki, Nana dan Michiru sedang bermain shogi. Selama permainan, Michiru mengungkapkan bahwa ia diganggu karena bakatnya hingga ia suatu hari menyembuhkan seekor anjing. Karena itu, ia berteman dengan Hitomi Hosokawa, pemilik anjing itu. Namun, saat ia membantu di rumah sakit, Michiru pingsan. Ia kemudian mengetahui bahwa Hitomi menderita kanker. Tak lama kemudian, Hitomi meninggal dunia. Nana menjadi emosional begitu ia sendirian.
13"Revival"
Transkripsi: "Ribaibaru" (リバイバル)
Yūshi SuzukiFumihiko Shimo27 Desember 2020 (2020-12-27)
Nana dan Michiru berdiskusi tentang pembunuhan orang tua Nana di mana Michiru menyatakan bahwa Nana tidak bertanggung jawab dengan cara apapun. Mereka berpelukan dengan Nana merayakan pertemanan mereka. Keesokan harinya, mereka saling membeli hadiah. Malamnya, Kyōya akhirnya menentukan identitas si pembunuh. Sementara itu, Jin mengunjungi Nana dan memberitahunya bahwa Michiru akan menjadi korban berikutnya. Saat Nana keluar, ia menerima telepon dari Tsuruoka. Kemudian, tepat saat si pembunuh akan menyerang, Nana datang dan ditikam dari belakang. Ia kemudian mengungkapkan bahwa pembunuhnya adalah Rentarō Tsurumigawa, antek dengan bakat proyeksi astral. Saat Rentarō melanjutkan serangannya, Nana mengatakan kepadanya bahwa ia telah memasang jebakan. Ia kemudian mulai menghina Michiru untuk memastikan bahwa ia melarikan diri ke tempat yang aman. Ketika Rentarō bertanya-tanya apa jebakan itu, Kyōya menemukan tubuh aslinya dan menghentikannya. Saat Nana terbaring di tanah sekarat, Michiru kembali dan menggunakan bakatnya untuk menyelamatkan Nana. Setelah itu, Nana yang putus asa memegang tubuh Michiru, menangis kesakitan karena ia telah kehilangan satu-satunya teman sejatinya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Funimation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komatsu, Mikikazu (7 April 2020). "Looseboy and Iori Furuya's Suspense Manga Talentless Nana Gets TV Anime Adaptation". Crunchyroll. Diakses tanggal 4 Oktober 2020. 
  2. ^ Chapman, Paul (7 September 2020). "Super Students Test Their Powers in Talentless Nana TV Anime Trailer". Crunchyroll. Diakses tanggal 6 Oktober 2020. 
  3. ^ a b c d e f Loo, Egan (7 Juli 2020). "Talentless Nana TV Anime's 1st Video Unveils Cast, Song Artists, More Staff, October Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Juli 2020. 
  4. ^ "あなたの心、無視します――TVアニメ『無能なナナ』柊ナナ役・大久保瑠美さん&中島ナナオ役・下野紘さんインタビュー". Animate Times (dalam bahasa Jepang). 4 Oktober 2020. Diakses tanggal 4 Januari 2021. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p Loo, Egan (7 Agustus 2020). "Talentless Nana Anime Announces 16 More Cast Members". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Agustus 2020. 
  6. ^ "るーすぼーい原作の新連載は"人類の敵"VS能力者、「たなけだ」付録も". Natalie (dalam bahasa Jepang). 12 Mei 2016. Diakses tanggal 4 Oktober 2020. 
  7. ^ Ressler, Karen (9 September 2018). "Crunchyroll Adds 3 Square Enix Manga in September". Anime News Network. Diakses tanggal 24 April 2020. 
  8. ^ 無能なナナ 1 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  9. ^ 無能なナナ 2 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  10. ^ 無能なナナ 3 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  11. ^ 無能なナナ 4 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  12. ^ 無能なナナ 5 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  13. ^ 無能なナナ 6 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  14. ^ 無能なナナ 7 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  15. ^ 無能なナナ 8 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  16. ^ 無能なナナ 9 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 4 Februari 2022. 
  17. ^ 無能なナナ 10 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 7 Desember 2023. 
  18. ^ 無能なナナ 11 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 7 Desember 2023. 
  19. ^ 無能なナナ 12 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 5 April 2024. 
  20. ^ Pineda, Rafael Antonio (7 April 2020). "Talentless Nana Manga About Girl Fighting Humanity's Enemies Gets TV Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  21. ^ Pineda, Rafael Antonio (7 Mei 2020). "Talentless Nana TV Anime Reveals Main Staff". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Mei 2020. 
  22. ^ Hazra, Adriana (7 September 2020). "Talentless Nana Anime Reveals 2nd Promo Video, October 4 Premiere, Key Visual". Anime News Network. Diakses tanggal 7 September 2020. 
  23. ^ Shubham (6 Oktober 2020). "Talentless Nana Release Schedule, Munou No Nana Episode 1-12 Release Date". Anime News And Facts. Diakses tanggal 8 Oktober 2020. 
  24. ^ Pineda, Rafael Antonio (15 September 2020). "Muse Asia Licenses Talentless Nana, Is the order a rabbit? BLOOM Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  25. ^ Friedman, Nicholas (29 September 2020). "Are You Among the Talented? Talentless Nana Comes to Funimation This Fall". Funimation. Diakses tanggal 29 September 2020. 
  26. ^ a b c "Story". munounanana.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Desember 2020. Diakses tanggal 24 Desember 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]