BanG Dream!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
BanG Dream!
Bandori2355.jpg
Ilustrasi yang menunjukkan vokalis dari Poppin'Party, Roselia, Pastel*Palettes, Afterglow dan Hello Happy World.
バンドリ
(Bandori)
GenreMusik, Slice of life
Manga
BanG Dream!: Star Beat
PengarangAya Ishida
PenerbitBushiroad
DemografiShōnen
MajalahMonthly Bushiroad
TerbitJanuari 2015Desember 2015
Manga
PengarangMami Kashiwabara
PenerbitBushiroad
Penerbit
Inggris
DemografiShōnen
MajalahMonthly Bushiroad
TerbitApril 2016Februari 2019
Manga
RAiSe! The story of my music
PengarangKo Nakamura (original story)
Ryū Shihara (art)
PenerbitBushiroad
DemografiShōnen
MajalahMonthly Bushiroad
TerbitFebruari 2019 – sekarang
Manga
PengarangHakuto Shiroi
PenerbitASCII Media Works
DemografiSeinen
MajalahDengeki G's Comic
Terbit2016 – sekarang
Seri anime
SutradaraAtsushi Ōtsuki (season 1)
Kōdai Kakimoto (season 2)
ProduserAkane Taketsgu
Atsushi Iwazaki
Atsushi Ōta
Naohiko Furuichi
Yashiyuki Shiotani
Yasuhiro Nakajima
Yuichi Kawakami
SkenarioYuniko Ayana
MusikJunpei Fujita
Noriyasu Agematsu
StudioIssen (season 1)
Xebec (season 1)
Sanzigen (season 2 dan 3)
Lisensor
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, KBS, AT-X, Sun TV, tvk, NST, RAB, TV Asahi, TV Aichi, TVS, BS Fuji, MMT
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 21 Januari 2017 – sekarang
Episode26 + OVA (Daftar episode)
Permainan
BanG Dream! Girls Band Party!
PengembangCraft Egg
PenerbitBushiroad
GenreAdventure rhythm
PlatformiOS, Android
Rilis16 Maret 2017 (Bahasa Jepang), 9 April 2018 (Bahasa Inggris)
Seri anime
Pastel Life
StudioStudio A-Cat
Saluran
asli
Tokyo MX
Tayang 16 Mei 2018 21 Juni 2018
Episode6
Seri anime
BanG Dream! Girls Band Party! ☆ Pico
StudioSanzigen
DMM.futureworks
Saluran
asli
Tokyo MX, Sun TV
Tayang 5 Juli 2018 27 Desember 2018
Episode26
Film anime
BanG Dream! FILM LIVE
StudioSanzigen
RilisSeptember 2019
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

BanG Dream! atau dikenal juga sebagai Bandori adalah waralaba media Jepang yang dibuat pada Januari 2015 oleh Bushiroad, dengan cerita asli oleh Ko Nakamura dan desain karakter asli oleh Hitowa. Waralaba ini terdiri atas grup musik Poppin'Party, yang dibentuk pada Februari 2015, CD musik, live konser, permainan kartu, beberapa seri manga, sebuah adaptasi serial anime, dan rhythm game untuk iOS dan Android.

Setelah pembentukan awal Poppin'Party pada tahun 2015, beberapa band baru ditambahkan kedalam waralaba pada tahun 2017 bersamaan dengan peluncuran game mobile yaitu Afterglow, Pastel*Palettes, Roselia dan Hello Happy World. Di antara band tersebut, hanya Roselia yang seperti Poppin'Party juga memiliki grup musik dengan pengisi suara dari karakternya berada dalam satu unit yang sama sebagai band musik sesungguhnya, serta menggunakan instrumen musik yang sama dengan karakter fiksional yang diperankan. Pada akhir tahun 2018, sebuah band pendukung bernama The Third berganti nama menjadi Raise a Suilen, dengan anggotanya menjadi pengisi suara dari karakter yang dibuat untuk waralaba ini pada season kedua anime.

Season pertama dari anime ini diproduksi oleh Issen (OLM dengan Bushiroad) dan Xebec, ditayangkan dari 21 Januari 2017 hingga 22 April 2017.[3][4]

Serial ini kemudian dilanjutkan dengan season kedua yang ditayangkan dari 3 Januari 2019 hingga 28 Maret 2019, serta season ketiga yang akan ditayangkan pada Januari 2020.[5] Pada tahun 2018, serial ini dikonfirmasikan akan diambil alih produksinya oleh Sanzigen dan Xebec untuk season kedua dan ketiga.[6] Dikonfirmasikan juga pada tahun 2018, Sanzigen bersama dengan DMM.futureworks akan meluncurkan seri spin-off BanG Dream! Girls Band Party! ☆ Pico, serta seri Pastel Life yang akan dikerjakan oleh Studio A-Cat. Serial ini juga akan mendapatkan sebuah film baru berjudul BanG Dream! FILM LIVE, yang akan ditayangkan secara perdana pada September 2019.

Plot[sunting | sunting sumber]

Serial ini berpusat di sekitar Kasumi Toyama, seorang siswi sekolah menengah atas dengan kepribadiannya yang girang dan penuh semangat. Pada awalnya, dia merasa senang bahwa dia telah berhasil diterima pada salah satu sekolah menengah atas yang bergengsi. Namun pada kenyataannya, dia sebenarnya sedang mencari apa yang disebut dengan "Star Beat", sebuah suara yang terasa berkilau gemerlap dan menarik baginya yang pernah ia dengar saat sedang menatap langit malam pada masa kecilnya. Semenjak saat itu, dia terus berusaha mencari sesuatu yang akan membangkitkan semangatnya.

Pada suatu hari, ketika dia sedang pulang sekolah, dia melewati sebuah pegadaian yang dimiliki oleh salah satu teman sekelasnya. Pada ruang penyimpanannya, dia menemukan gitar aneh berbentuk bintang dengan stiker-stiker yang berkilauan di atasnya. Tanpa dia sadari, Kasumi dengan segera memutuskan untuk membentuk sebuah band setelah menyaksikan pertunjukan oleh sebuah band bernama "Glitter☆Green" pada sebuah rumah konser. Dia kemudian merekrut empat orang teman sekelasnya: Sāya Yamabuki, Tae Hanazono, Rimi Ushigome, dan Arisa Ichigaya. Meski mereka pada awalnya merasa ragu, dengan sedikit berat hati mereka setuju untuk bersama-sama membentuk sebuah band bernama "Poppin'Party". Dengan melalu berbagai rintangan dan menyelesaikan beberapa masalah pribadi mereka, Kasumi pada akhirnya menemukan kegembiraan yang selama ini dia cari.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Poppin'Party[sunting | sunting sumber]

Dibentuk oleh Kasumi Toyama dalam perjalanannya menemukan kembali perasaan meluap-luap yang pernah ia rasakan. Walaupun kemampuan dasar mereka bukanlah yang terbaik, mereka mengatasi hal tersebut dengan semangat mereka serta hubungan yang akrab satu sama lain. Nama mereka merujuk dari tema "popping" yang digunakan oleh band dan musik mereka.
Kasumi Toyama (戸山 香澄, Toyama Kasumi)
Pengisi suara: Aimi[7]
Seorang siswi kelas satu di SMA Wanita Hanasakigawa dan penyanyi utama serta gitaris pertama Poppin'Party yang memainkan sebuah gitar ESP Random Star berwarna merah. Orang yang Aktif dan optimis, dia akan selalu mencari suara yang menarik dan membuatnya berdebar-debar. Ia memutuskan untuk membuat sebuah band wanita semenjak melihat sebuah gitar berbentuk bintang merahnya di pegadaian milik keluarga Arisa. Dia memiliki seorang adik perempuan yang berusia setahun lebih muda darinya, tetapi terkadang sulit untuk memastikan siapa yang lebih tua diantara mereka.
Tae Hanazono (花園 たえ, Hanazono Tae)
Pengisi suara: Sae Ōtsuka[7]
Biasa dipanggil "O-tae", dia adalah gitaris kedua yang bergabung dengan Poppin'Party dan siswi kelas satu di SMA Wanita Hanasakigawa. Seorang gitaris handal yang telah memainkan alat musik tersebut sejak kecil, dia sangat menyukai musik dan bekerja sambilan di rumah konser, dimana ia membeli gitar birunya itu menggunakan uang hasil dari pekerjaan sambilan tersebut. Dia melakukan sesuatu tergantung dengan suasana hatinya, dan terkadang perbuatannya tersebut akan terasa aneh dan mengejutkan. Ia tinggal bersama kedua orangtuanya serta 20 kelinci yang Ia perlakukan seperti anaknya sendiri. Ia menjadi akrab dengan Kasumi saat sedang menghadiri kelas Keterampilan Rumah Tangga dan mengajarinya beberapa kunci untuk memainkan gitar.
Rimi Ushigome (牛込 りみ, Ushigome Rimi)
Pengisi suara: Rimi Nishimoto[7]
Bassis dari Poppin'Party, siswi kelas satu di SMA Wanita Hanasakigawa, serta adik perempuan Yuri Ushigome dari Band Glitter☆Green. Pada saat upacara penerimaan siswi baru di SMA mereka, perkenalan diri Kasumi yang ceria dan penuh semangat membuat Rimi ingin lebih mengenalnya lebih jauh lagi. Dia sedang berusaha untuk menjadi tidak terlalu pemalu dan mudah gelisah, tetapi sejauh ini belum memberikan banyak hasil. Gitar bass merah mudanya adalah warisan dari kakak perempuannya. Dia sangat menyukai roti cornet cokelat dari Yamabuki Bakery, cokelat (kecuali cokelat mint), serta berbagai jenis permen. Kasumi biasa memanggilnya "Rimi-rin".
Sāya Yamabuki (山吹 沙綾, Yamabuki Sāya)
Pengisi suara: Ayaka Ōhashi[7]
Drummer dari Poppin'Party dan siswi tahun pertama di SMA Wanita Hanasakigawa. Sāya menjadi berteman dengan Kasumi saat upacara penerimaan siswi baru di SMA mereka dan sejak saat itu mereka berdua makan selalu siang bersama setiap hari. Seorang gadis yang baik hati, dia selalu berusaha menjadi teman yang baik untuk Kasumi. Selain belajar di SMA dan menekuni latihan band, dia juga turut membantu bisnis keluarganya yang cukup populer - Yamabuki Bakery. Dia memiliki seorang adik laki-laki bernama Jun, dan seorang adik perempuan bernama Sana, yang umur keduanya jauh lebih muda darinya. Sāya sebelumnya pernah bermain di band wanita sewaktu SMP hingga pada suatu hari ibunya jatuh sakit.
Arisa Ichigaya (市ヶ谷 有咲, Ichigaya Arisa)
Pengisi suara: Ayasa Itō[7]
Keyboardis dari Poppin'Party dan siswi kelas satu di SMA Wanita Hanasakigawa. Nenek Arisa adalah pengelola toko pegadaian Ryūseido. Dia adalah gadis rumahan yang suka merawat koleksi pohon bonsai-nya dan melihat-lihat berbagai barang secara online. Dia jarang sekali keluar rumah, tetapi dia sangat cerdas dan nilai-nilainya sangat baik di sekolah. Mulutnya yang tajam membuatnya seringkali terlihat memarahi berbagai perbuatan yang dilakukan oleh Kasumi, walaupun ketika berada di sekitar orang lain (termasuk selain anggota bandnya) dia mencoba menjaga kesan gadis kaya dan terpandang.

Referensi[sunting | sunting sumber]