Animax Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Animax
Animaxlogo-20160701.png
Diluncurkan2004
Ditutup2013 (hanya Vietnam)
JaringanAnimax
PemilikSony Pictures Entertainment
Format gambar1080i HDTV
(diturunkan menjadi 16:9 480i/576i untuk SDTV)
NegaraSingapura
Indonesia
Malaysia
Filipina
Taiwan
BahasaJepang
Inggris
Mandarin
Wilayah siarAsia Tenggara:
Brunei
Kamboja
Indonesia
Laos
Malaysia
Myanmar
Papua Nugini
Filipina
Singapura
Thailand
Timor-Leste
Asia Timur:
Hong Kong
Makau
Taiwan
Asia Selatan:
Maladewa
Sri Lanka
India (via Sony LIV)
Kantor pusatSingapura (Asia Tenggara & Hong Kong)
Taiwan
Saluran seindukAXN Asia
One
Gem
Situs webanimax-asia.com
Ketersediaan
Terestrial
Nexmedia
(Indonesia)
Saluran 305
Satelit
Astro
(Malaysia)
Saluran 715 (SD)
MNC Vision
(Indonesia)
Saluran 157 (SD)
Transvision
(Indonesia)
Saluran 360 (SD)
Cignal
(Filipina)
Saluran 73 (SD)
G Sat
(Filipina)
Saluran 26
SKY NET
(Myanmar)
Saluran 20
CANAL+
(Myanmar)
Saluran 105
Skynindo
(Indonesia)
Saluran 38
Saluran 20
OrangeTV (Indonesia)Saluran 215
Kabel
First Media (Indonesia)Saluran 52 (SD)
Saluran 342 (HD)
StarHub TV (Singapura)Saluran 532 (HD)
SkyCable/Destiny Cable
(Filipina)
Saluran 46 (Digital)
Cable TV Hong Kong (Hong Kong)Saluran 321
Cablelink
(Filipina)
Saluran TBA
MediaNet (Maladewa)Saluran 204
Macau Cable TV (Makau)Saluran 66
Dialog TV (Sri Lanka)Saluran 134
South Luzon CATV
(Filipina)
Saluran 105 (Digital)
IPTV
Now TV (Hong Kong)Saluran 150
Singtel TV (Singapura)Saluran 342 (HD)
PTCL Smart TV (Pakistan)Saluran 57
myTV Super (Hong Kong)Saluran 504 (HD)
Unifi TV (Malaysia)Saluran 472 (HD)
Televisi Internet
Sony LIV(hanya India)

Animax Asia adalah saluran televisi berbayar Asia Tenggara yang dioperasikan oleh Sony Pictures Television yang menyiarkan program anime berbahasa Jepang dan materi bahasa Inggris di Asia Tenggara, Asia Selatan, Hong Kong, dan Makau.

Animax adalah saluran televisi pertama di Asia yang sepenuhnya berdedikasi untuk penyiaran anime 24 jam sehari. Animax pertama kali diluncurkan di Taiwan, Hong Kong, dan Asia Tenggara pada Januari 2004, dan di beberapa negara lain segera setelah itu. Perusahaan ini telah mencapai lebih dari 66 juta pemirsa dengan menjangkau 15 pasar di seluruh Asia. Di Vietnam jaringan ini sudah tidak ada sejak tahun 2013 karena pembatasan konten dari pemerintah.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hong Kong dan Taiwan[sunting | sunting sumber]

Animax diluncurkan pertama kali di Taiwan pada 1 Januari 2004, kemudian di Hong Kong sebelas hari kemudian.[2] Saluran televisi ini menyiarkan berbagai program anime, dari serial televisi lama hingga modern. Animax juga menyiarkan serial anime yang tayang perdana di Taiwan dan Hong Kong sebelum dirilis di jaringan Asia Tenggara, di antaranya adalah Death Note, Blood+, Trinity Blood, dan Mushishi. Setelah pemutaran perdana Gurren Lagann di televisi, peringkat Animax mencatat peningkatan besar dan berhasil mengambil angka pemeringkatan televisi (Television Rating Point, disingkat TRP) 80% lebih besar daripada saingan terdekatnya, Cartoon Network Hong Kong.[3][4]

Asia Tenggara[sunting | sunting sumber]

Seminggu setelah diluncurkan di Taiwan dan Hong Kong, Animax diluncurkan di Asia Tenggara pada 19 Januari 2004, yang awalnya menampilkan program animenya secara eksklusif dengan audio bahasa Jepang orisinal dan takarir bahasa Inggris, yang menjadi jaringan berbahasa Inggris pertama perusahaan itu.[2] Kemudian, dimasukkan juga sulih suara berbahasa Inggris. Pada tanggal 31 Agustus 2006, Animax diluncurkan di Malaysia, dalam bahasa Inggris Asia Tenggara dan bahasa Jepang dengan takarir bahasa lokal. Sebelumnya, acara-acara Animax terpilih ditayangkan di astro@15 (sebelumnya saluran 15, sekarang saluran 715), sebuah saluran interaktif, sejak tanggal 15 Desember 2004, dari pukul 7 pagi hingga 11 siang, kemudian diperpendek menjadi dua jam (hingga pukul 9 pagi). Film-film anime seperti Chobits, Cardcaptor Sakura, Great Teacher Onizuka, Ultra Maniac, Haibane Renmei, The Vision of Escaflowne, Midori no Hibi, Captain Tsubasa, Wolf's Rain, Mobile Suit Gundam, Cowboy Bebop, Ghost in the Shell: S.A.C. adalah beberapa acara jaringan ini yang ditayangkan awal di Asia Tenggara. Animax juga mengudarakan beberapa serial, termasuk Fate/stay night, Blood+, Honey and Clover, Maria-sama ga Miteru, Gankutsuou: The Count of Monte Cristo, Otogizōshi, Jigoku Shōjo, Witch Hunter Robin, Samurai 7, Gunslinger Girl, Urusei Yatsura, Ranma 1/2, dan Detective Conan.

Filipina[sunting | sunting sumber]

Animax memulai operasinya di Filipina sejak Januari 2004. Animax di Filipina merupakan usaha patungan antara Sony Pictures Entertainment, Asian Cable Communications Inc. (ACCION), dan BDO Equitable Tower, Kota Makati. Siarannya berbeda dengan Asia Tenggara. Tayangannya memiliki jadwal yang sama dengan Asia Tenggara, tapi menampilkan iklan-iklan lokal.

Pada November 2014, jadwalnya direvisi untuk menayangkan Valvrave the Liberator setiap hari Senin-Rabu pukul 11 malam, sedangkan pada saat yang sama jaringan Asia Tenggara menayangkan Golden Time. Animax Filipina menggunakan materi program yang sama dengan Animax Asia, selain juga menampung blok program unik selama dua hingga empat jam. Animax Filipina kadang-kadang menayangkan program lokal, seperti Mad Mad Fun dan In The Qube. Siaran simultannya terdiri atas Tears to Tiara, Alchemisy Brotherhood, InuYasha: The Final Act, dan Maid Sama!, sebelumnya menyertakan program-program Korea dalam daftar, dan mengambil acara-acara baru, seperti Accel World. Animax Filipina berhenti siaran pada pertengahan 2015 dan diganti dengan materi Asia Tenggara.

Pada 25 Juli 2016, Animax memperbarui citranya dengan tampilan baru, logo baru, grafik baru, dan daftar program anime baru untuk memenuhi permintaan atas acara-acara populer sebelum episode terakhir In Search of the Lost Future dan pemutaran perdana Aria the Scarlet Amunisi AA.

Pada Agustus 2017, Animax Filipina diluncurkan kembali, tetapi jadwalnya sama dengan Animax Asia Tenggara.

India[sunting | sunting sumber]

Animax India diluncurkan di India dan negara-negara tetangganya pada 5 Juli 2004, dengan Irfan Pathan sebagai duta mereknya.[5] Animax India memulai operasinya dengan saluran berbahasa Hindi selama 12 jam dengan target pemirsa anak-anak dan remaja berusia 7–14 tahun dan berencana untuk meluncurkan trek-trek audio berbahasa Hindi dan Inggris,[6] tapi sejak 15 Agustus 2006, Animax menghentikan seluruh trek audionya yang berbahasa Hindi dengan tetap mempertahankan yang berbahasa Inggris dan mengubah target pemirsanya menjadi yang berusia 15–40 tahun.[7]

Pada 1 Januari 2008, Animax India bergabung dengan materi program Animax Asia, termasuk semua tayangan perdana eksklusifnya. Animax India mengubah logonya pada 4 Mei 2010 dan mulai menayangkan serial aksi-langsung Amerika dan tayangan-tayangan ulang dari AXN. Pada tahun 2012, saluran ini berhenti menayangkan program-program tersebut dan mengembalikan logo lamanya, dengan berfokus hanya pada anime.

Animax menghentikan operasi di India pada tahun 2017 dan diganti dengan Sony Yay pada tanggal 18 April. Sony Pictures Networks memutuskan untuk membawa semua konten anime dari Animax ke platform digitalnya. Pada 7 Juli, Animax diluncurkan pada Sony LIV sebagai satu saluran internet langsung.

Di Maladewa, Animax Asia tersedia melalui MediaNet dan Dihraggi TV.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Thông báo ngừng phát sóng kênh Animax trên hệ thống số của VTVcab" [Pemberitahuan penghentian penyiaran saluran Animax pada sistem digital VTVcab] (dalam bahasa Vietnam). 04-07-2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25-01-2019. Diakses tanggal 17-11-2019. 
  2. ^ a b "About | Animax Asia" (dalam bahasa Inggris). Sony Pictures Television International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 06-10-2014. Diakses tanggal 07-10-2014. 
  3. ^ "Animax tops ratings among local youths" (dalam bahasa Inggris). Marketing Interactive. Diakses tanggal 30-04-2015. 
  4. ^ "Animax – Youth Channel of Choice in Hong Kong and Taiwan" (dalam bahasa Inggris). Sony Pictures Television International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30-09-2009. Diakses tanggal 27-05-2009. 
  5. ^ Pinto, Viveat Susan (06-07-2004). "Irfan to bowl for Sony's Animax". Afaqs news bureau (dalam bahasa Inggris). afaqs. Diakses tanggal 24-12-2015. 
  6. ^ "Animax plans to go Hindi soon". The Hindu BusinessLine (dalam bahasa Inggris). New Delhi. 27-11-2004. Diakses tanggal 20-04-2009. 
  7. ^ "Animax goes all English from 15 August". Indian Television Dot Com (dalam bahasa Inggris). 14-08-2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 04-11-2018. Diakses tanggal 17-11-2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]