Accel World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Accel World
Sampul novel ringan volume pertama, menampilkan Kuroyukihime
アクセル・ワールド
(Akuseru Wārudo)
GenreAksi, cyberpunk, Roman
Novel ringan
PengarangReki Kawahara
IlustratorHiMA
PenerbitASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
ImprintDengeki Bunko
MajalahDengeki Bunko Magazine
Terbit10 Februari 2009 – sekarang
Volume27
Manga
PengarangReki Kawahara
IlustratorHiroyuki Aigamo
PenerbitASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
MajalahDengeki Bunko Magazine
DemografiSeinen
TerbitMei 2010 – sekarang
Volume5
Manga
Axel World
PengarangReki Kawahara
IlustratorRyuryū Akari
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki Bunko Magazine
DemografiSeinen
TerbitMei 2010 – sekarang
Volume3
Manga
Accel World / Dural: Magisa Garden
PengarangReki Kawahara
IlustratorAyato Sasakura
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki Daioh
DemografiShōnen
Terbit27 Januari 2012 – sekarang
Volume4
Seri anime
SutradaraMasakazu Obara
SkenarioHiroyuki Yoshino
Musik
StudioSunrise
Pelisensi
Hanabee
MVM Films
Saluran
asli
Tokyo MX, TV Saitama, Chiba TV, tvk, TV Aichi, MBS, AT-X, HBC, RKB, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang April 7, 2012 September 22, 2012
Episode24 (+ 2 OVA episodes) (Daftar episode)
Film
Video games
  • Accel World: Ginyoku no Kakusei (2012)
  • Accel World: Kasoku no Chōten (2013)
 Portal anime dan manga

Accel World (アクセル・ワールド, Akuseru Wārudo) atau yang dalam bahasa Indonesianya Dunia Laju, adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh HiMA. Serial ini mulai diterbitkan sejak Februari 2009. Dua serial manga memulai serialisasi di Dengeki Bunko Magazine sejak Mei 2010. Sebuah adaptasi anime oleh Sunrise tayang di Jepang sejak April hingga September 2012. Dua permainan video dirilis untuk PlayStation Portable dan PlayStation 3 pada 13 September 2012, dan 31 Januari 2013. Sebuah film berjudul Accel World: Infinite Burst dengan cerita asli oleh Reki Kawahara telah diumumkan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Haruyuki "Haru" Arita adalah seorang pemuda bertubuh pendek dan gemuk yang sering diejek oleh berandalan di SMP Umesato. Akibatnya ia menjadi sangat rendah diri. Ia melarikan diri dari siksaan di kehidupan nyata dengan log in ke jaringan lokal sekolah di mana ia selalu memainkan permainan dan menunjukkan keterampilannya. Hal ini menarik perhatian Kuroyukihime (secara harfiah berarti "Putri Salju Hitam"), seorang gadis populer dan menarik yang menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS.

Setelah membantunya melawan beberapa berandalan, Kuroyukihime memperkenalkan Haruyuki dengan Brain Burst, sebuah program rahasia yang mampu mempercepat proses kognitif manusia ke titik di mana waktu tampak berhenti. Haruyuki segera mengetahui bahwa Brain Burst adalah lebih dari sekadar program biasa, melainkan sebuah Augmented Reality Massively Multiplayer Online (ARMMO) di mana orang saling bertarung dalam duel sengit untuk mendapatkan Burst Point yang dapat digunakan untuk melakukan akselerasi di dunia nyata.

Kuroyukihime kemudian meminta bantuan Haruyuki agar dapat mencapai Level 10 dalam Brain Burst dengan cara mengalahkan "Six Kings of Pure Colour" sehingga dapat bertemu pencipta Brain Burst dan mengetahui tujuan sebenarnya dari pembuatan program ini. Dengan setiap tantangan yang mereka hadapi di Accelerated World, Haru dan Kuroyukihime, di bawah alias mereka yaitu "Silver Crow" dan "Black Lotus", mengumpulkan sekutu tepercaya, menghadapi musuh berbahaya, dan ikatan mereka tumbuh kuat saat berusaha untuk mencapai tujuan akhir mereka: untuk mencapai level tertinggi dan bertemu dengan pencipta permainan.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Accel World dimulai sebagai sebuah serial novel ringan yang ditulis oleh Reki Kawahara dengan ilustrasi oleh HiMA. Awalnya, Kawahara memasukkan novel pertama ke Dengeki Novel Prize ke-15 pada tahun 2008 dan memenangkannya.[1] Novel pertama diterbitkan oleh ASCII Media Works pada 10 Februari 2009.[2] di bawah penerbitan Dengeki Bunko. Sampai Maret 2024, 27 volume sudah di terbitkan. Yen Press mengumumkan bahwa mereka memiliki hak untuk penerbitan novel ini dalam bahasa Inggris.[3] dengan volume pertama di rilis pada 22 Juli 2014.

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga berjudul Accel World dengan ilustrasi oleh Hiroyuki Aigamo memulai serialisasi pada edisi Mei 2010 Dengeki Bunko Magazine. Serial ini dikumpulkan dalam lima tankōbon, yang dirilis sejak 27 Juli 2011.[4] dan 27 Februari 2014. Sebuah komik empat panel berjudul Axel World. (あくちぇる・わーるど。, Akucheru Wārudo) dengan ilustrasi oleh Ryuryū Akari juga memulai serialisasi pada edisi Mei 2010 Dengeki Bunko Magazine.[5] Tiga tankōbon sudah dirlis antara 27 Juli 2011 dan 26 Oktober 2013. Pada Februari 2014, Yen Press mengumumkan bahwa mereka telah memiliki lisensi penerbitan Accel World dalam bahasa Inggris.[6] Tiga volume pertama nya masing - masing di jadwalkan di rilis pada 23 September 2014, 16 Desember 2014, dan 24 Maret 2015.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime tayang di Jepang sejak 6 April 2012 hingga 21 September 2012.[7] Lagu tema pembuka yang digunakan hingga episode 13 adalah "Chase the world" oleh May'n sementara lagu tema penutupnya adalah "→unfinished→" oleh Kotoko. Sejak episode 14 hingga episode terakhir, lagu tema pembuka yang digunakan adalah "Burst the Gravity" oleh Altima sementara lagu tema penutupnya adalah "unite." oleh Sachika Misawa.[8] Sebuah anime Film baru berjudul Accel World: Infinite Burst dengan cerita asli oleh Kawahara telah diumumkan dan di konfirmasi tayang pada 23 Juli 2016.[9]

Deskripsi: "Pada tahun 2046, semua orang bisa melakukan kegiatan sehari-harinya di dalam jaringan virtual dengan menggunakan perangkat terminal seluler yang disebut Neuro Linker. Namun, mau semaju apa pun suatu peradaban, perundungan akan selalu ada. Haruyuki adalah salah satu orang yang menempati kasta paling bawah di sekolahnya dan sering dirundung oleh teman seangkatannya. Dia selalu menghabiskan hari-hari yang suram di sudut jaringan lokal sekolahnya dan hanya mengabdikan diri untuk memainkan gim squash, tapi suatu hari dia mendadak dipanggil oleh seseorang yang paling terkenal di sekolah, yaitu Kuroyukihime. 'Apa kamu ingin berakselerasi lebih cepat lagi, Nak?'. Setelah mendapatkan program misterius bernama Brain Burst dan mengetahui rahasia Dunia Akselerasi, Haruyuki memutuskan untuk bertarung sebagai kesatria Kuroyukihime."

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Dua permainan video yang didasarkan pada serial ini dikembangkan oleh Banpresto dan dipublikasikan oleh Namco Bandai Games untuk PlayStation 3 dan PlayStation Portable.[10] Permainan pertama, Accel World: Awakening of the Silver Wings (アクセル・ワールド ─銀翼の覚醒─ Akuseru Wārudo -Gin'yoku no Kakusei-?), dirilis di Jepang pada 13 September 2012. Sedangkan permainan kedua, Accel World: The Peak of Acceleration (アクセル・ワールド ─加速の頂点─ Akuseru Wārudo -Kasoku no Chōten-?), dirilis di Jepang pada 31 Januari 2013.[11] Edisi terbatas dari game tersebut juga termasuk sebuah Animasi video asli untuk seri animenya (Blu-ray Disc untuk versi PS3, DVD untuk versi PSP). Di Z.H.P. Unlosing Ranger VS Darkdeath Evilman untuk PSP, Silver Crow di jadikan sebuah kostum terkunci, dan di Sword Art Online: Lost Song Black Lotus adalah karakter yang bisa kalian dapatkan dan salau satu musuh yang bisa kalian kalahkan.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Anime News Network memberikan ulasan pada serial ini dan memberikan nilai A + untuk aspek cerita, memiliki dasar yang sama dengan Sword Art Online namun terdapat peningkatan dalam segi karakter.[12] Nifrigel menyatakan anime ini bagus dalam hal soundtrack, karakter, dan cerita, tetapi mengkritik keras kurangnya pengetahuan Reki Kawahara mengenai Virtual reality.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 第15回 電撃大賞 入賞作品 (dalam bahasa Japanese). ASCII Media Works. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-05. Diakses tanggal October 1, 2011. 
  2. ^ アクセル・ワールド1 (dalam bahasa Japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal October 1, 2011. 
  3. ^ "Yen Press Adds Sword Art Online, Accel World Light Novels, More Madoka Magica Manga". Anime News Network. August 23, 2013. Diakses tanggal August 23, 2013. 
  4. ^ アクセル・ワールド01 (dalam bahasa Japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal October 1, 2011. 
  5. ^ あくちぇる・わーるど。(1) (dalam bahasa Japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal October 1, 2011. 
  6. ^ "Yen Press Adds Accel World, Übel Blatt, Barakamon Manga". Anime News Network. February 14, 2014. Diakses tanggal February 15, 2014. 
  7. ^ "Accel World, Natsuiro Kiseki, Zetman, Dusk maiden of Amnesia Premieres Listed". Anime News Network. 2012-02-29. Diakses tanggal 2012-03-10. 
  8. ^ "Accel World Future Teen Light Novels Get Anime". Anime News Network. October 1, 2011. Diakses tanggal October 1, 2011. 
  9. ^ "Accel World Novels Inspire New Accel World: Infinite Burst Anime". Anime News Network. October 4, 2015. Diakses tanggal October 4, 2015. 
  10. ^ "Accel World, Sword Art Online Light Novels Get Games". Anime News Network. October 2, 2011. Diakses tanggal October 2, 2011. 
  11. ^ "Accel World: Ginyoku no Kakusei Game's 2nd TV Ad Posted". Anime News Network. July 6, 2012. Diakses tanggal April 8, 2013. 
  12. ^ "Accel World Blu-Ray - Review - Anime News Network". Animenewsnetwork.com. Diakses tanggal November 14, 2015. 
  13. ^ "Nifrigel's Otaku Review: Accel World Review". Plantowatch.blogspot.com. Diakses tanggal November 20, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]