Maid Sama!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maid Sama!
KaichouwaMaidSama vol01 Cover.jpg
Sampul manga pertama yang menampilkan Misaki Ayuzawa (kanan) dan Takumi Usui (kiri).
会長はメイド様!
(Kaichou wa Maid-sama!)
GenreKomedi romantis[1]
Manga
PengarangHiro Fujiwara
PenerbitHakusensha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahLaLa
DemografiShōjo
TerbitDesember 2005September 2013
Volume18
Seri anime
SutradaraHiroaki Sakurai
ProduserAkio Matsuda
SkenarioMamiko Ikeda
MusikWataru Maeguchi
StudioJ.C.Staff
Pelisensi
Saluran
asli
TBS, BS-TBS, Animax Asia
Saluran bahasa Inggris
Tayang 1 April 2010 23 September 2010
Episode26 + 1 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Maid Sama! atau dikenal di Jepang sebagai Kaichou wa Maid-sama! (会長はメイド様!, Kaichō wa Meido-sama!, artinya "Ketua kelas adalah seorang pelayan!") adalah seri manga shōjo oleh Hiro Fujiwara. Itu diserialisasikan dalam majalah manga shōjo bulanan dari Hakusensha, LaLa. Ada 18 volume yang diterbitkan di bawah komik Hana to Yume Comics di Jepang.[2] Pada panel Anime Expo 2008 mereka, penerbit Amerika Utara Tokyopop mengumumkan berbagai seri yang baru berlisensi dan Kaichou wa Maid-sama! akan diberi judul Maid-sama!.[3] Adaptasi anime 26 episode yang diproduksi oleh J.C.Staff ditayangkan antara April dan September 2010.[4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah sekolah khusus laki-laki, SMA Seika, terkenal karena siswa gadarnya, baru-baru ini menjadi sekolah campuran. Namun, dengan populasi wanita masih tetap minoritas bahkan setelah perubahan selama beberapa tahun terakhir, Misaki Ayuzawa bekerja keras untuk membuat sekolah menjadi tempat yang lebih baik untuk anak perempuan. Dia menempatkan banyak usaha ke dalam akademis dan atletik, dan mendapatkan kepercayaan dari para guru. Akhirnya, dia menjadi ketua OSIS perempuan pertama. Misaki telah mendapatkan reputasi, di antara tubuh siswa laki-laki sebagai diktator setan yang membenci anak laki-laki dan sebagai harapan yang bersinar bagi para guru dan sesama siswa perempuan. Namun, terlepas dari reputasinya, ia diam-diam bekerja paruh waktu di kafe pembantu untuk mendukung ibu dan saudara perempuannya yang sakit dengan mengembalikan hutang besar yang ditinggalkan ayah mereka.

Sayangnya, rahasia Misaki segera ditemukan oleh Takumi Usui, seorang anak laki-laki populer di SMA Seika. Daripada memaparkannya ke sekolah, meskipun, Usui menyimpannya untuk dirinya sendiri dan bahkan menjadi pelanggan tetap di kafe, banyak kekecewaan Misaki. Dikenal sebagai seorang jenius dalam segala hal, mulai dari akademisi hingga atletik dan karena telah menolak banyak pengakuan rekan-rekan perempuannya, Usui menyukai Misaki karena dia menemukan 'intressting' -nya. Setelah melalui berbagai situasi canggung, termasuk dihadapkan pada teman masa kecilnya yang terlupakan, Misaki jatuh cinta pada Usui, yang membalasnya, dan keduanya segera menjadi pasangan.

Namun, hubungan mereka terganggu oleh masa lalu keluarga Usui yang sulit datang untuk menghantuinya. Menjadi seorang anak haram dari keluarga bangsawan Inggris yang kaya, Usui secara teknis tidak dapat membentuk hubungan dengan siapa pun yang tidak dalam status sosialnya, Misaki termasuk. Misaki harus melihat Usui dipaksa pindah ke sekolah saingan bergengsi Miabigaoka, dan kemudian jauh dari Jepang sepenuhnya ketika keluarganya membawanya kembali ke Inggris. Dengan bekerja melalui cara yang rumit dan sulit, bagaimanapun, Misaki berhasil menemukan jalannya kembali ke Usui, yang menyimpulkan bahwa ia akan melanjutkan hubungannya dengan Misaki tidak peduli apa pun. Pada akhir tahun, pada hari kelulusan, semua staf di Maid Latte datang dan Misaki akhirnya mengungkapkan rahasianya juga mengatakan bahwa dia tidak menyesal. Dalam epilog, setelah menyelesaikan perbedaan dengan keluarga Usui, Misaki dan Usui akhirnya mengadakan pernikahan mereka sepuluh tahun kemudian.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Misaki Ayuzawa (鮎沢 美咲, Ayuzawa Misaki)
Pengisi suara: Ayumi Fujimura (Jepang); Monica Rial (Inggris)[5]
Karakter tituler dari cerita tersebut, Misaki Ayuzawa, adalah ketua OSIS perempuan pertama di SMA Seika berusia 16 tahun. Dia dikenal karena sikapnya yang sangat suka memerintah dan ketat terhadap anak laki-laki, dan upaya tanpa henti untuk mereformasi mereka untuk memenuhi apa yang dia anggap sebagai standar perilaku yang dapat diterima. Meskipun banyak siswa laki-laki takut dan membencinya, orang-orang yang mengenalnya datang untuk melihat bahwa dia sebenarnya sangat adil dan bersedia membantu siapa saja yang membutuhkannya.
Dia akhirnya menjadi sangat dihormati karena nilai-nilainya yang bagus, keterampilan atletiknya yang hebat, dan banyak pencapaiannya sebagai ketua. Sikap negatifnya terhadap laki-laki sebagian besar dikaitkan dengan ayahnya yang menimbun utang besar dan kemudian menghilang. Misaki menjadi bertekad untuk memastikan ibunya yang sakit dan tak berdaya, Minako tidak perlu bekerja begitu keras untuk mendukung Misaki dan adik perempuannya, Suzuna. Setelah ayahnya pergi, dia belajar dengan giat dan belajar seni bela diri dan menjadi ketua Seika. Sampai sejauh ini, dia diam-diam, dan pada awalnya enggan, bekerja sebagai pelayan pembantu di Café Maid Latte. Misaki selalu terdorong untuk melakukan yang terbaik tanpa menghiraukan upaya, dan memiliki rasa keadilan yang kuat, meskipun ia juga memiliki kecenderungan untuk menjadi terlalu egois demi kebaikannya sendiri.
Di Café Maid Latte, Misaki disebut "Misa-chan" oleh rekan kerja dan pelanggannya. Misaki ditampilkan menjadi yang paling bersemangat dengan pekerjaannya ketika dia berpakaian seperti laki-laki dan menarik bagi wanita, mengatakan dia akan menyukai pria seperti dirinya.
Meskipun awalnya dia jengkel terhadap Usui dan keyakinannya bahwa minatnya pada dirinya berasal dari satu-satunya yang tahu dia bekerja sebagai pelayan pembantu, dia jatuh cinta padanya. Namun, Misaki selalu menyangkal perasaannya untuknya dan menjadi canggung kapanpun momen intim yang potensial muncul di antara mereka. Dalam bab 57, ia akhirnya mengakui perasaannya untuknya dan mereka menjadi pasangan, meskipun diam-diam pada desakan Misaki untuk mempertahankan reputasinya sebagai ketua OSIS. Ketika Usui mengungkapkan bahwa ia akan pindah ke Miyabigaoka, ia secara terbuka mengungkapkan hubungan mereka dengan para siswa di SMA Seika, meskipun potensi kerusakannya dapat menyebabkan penampilannya. Ketika diberitahu bahwa Usui akan pergi ke Inggris, Misaki terkejut tetapi tetap tenang dan secara terbuka menerima pilihannya. Setelah Usui berhenti mengirim SMS dari Inggris, dia mencari bantuan dari Presiden SMA Miyabigaoka, Tora Igarashi, untuk suatu cara untuk melakukan perjalanan kepadanya. Kesepakatan antara keduanya adalah untuk Misaki bepergian untuk melihat Usui, tetapi sebagai imbalannya dia harus memberitahu Usui untuk tidak memotong semua hubungan antara dirinya dan Keluarga Walker; menguntungkan Igarashi dalam dirinya berhubungan dengan seseorang yang berdarah bangsawan seperti Usui. Usui dan Misaki bersatu kembali di Inggris dan pulang ke Jepang untuk menyelesaikan tahun-tahun sekolah menengah mereka. Dalam bab 81, Misaki dan Usui bertunangan, dan di bab 85, Misaki menjadi diplomat/pengacara sementara Usui menjadi dokter yang dihormati dan mereka menikah.
Takumi Usui (碓氷 拓海, Usui Takumi)
Pengisi suara: Nobuhiko Okamoto (Jepang); David Matranga (Inggris)
Murid laki-laki paling populer di SMA Seika, Takumi Usui adalah seorang anak laki-laki berusia 17 tahun yang tampaknya tidak tertarik pada apa pun dan lebih suka mengamati hal-hal sebagaimana mereka terungkap. Dia memiliki rambut pirang, yang diwarisi dari ibunya, dan sangat tampan, sehingga bahkan beberapa anak laki-laki di SMA Seika tergila-gila padanya semata-mata karena itu. Dia juga secara misterius menggunakan kacamata hanya di rumah. Usui terbukti luar biasa berbakat di sejumlah bidang yang berbeda, termasuk memasak, biola, catur, seni bela diri dan etiket meja. Ia juga mendapat nilai yang sangat baik dan merupakan atlet yang luar biasa. Namun, ia mengungkapkan sangat sedikit detail tentang masa lalunya dengan sukarela. Dia telah tertarik pada Misaki karena dia berdiri dari orang lain dan kerja kerasnya membuatnya unik. Dia mengungkapkan perasaannya terutama dengan menggodanya dan menyampaikan komentar mesum untuk melihat ekspresi lucu, dan dia menjuluki dia "alien luar angkasa yang menyimpang" sebagai lelucon dalam seri ini adalah Misaki bertanya-tanya apakah Usui bahkan manusia ketika dia keluar relatif tanpa cedera dari kejatuhan yang secara fatal akan melukai seseorang di tempat. Usui juga siswa Seika pertama yang menemukan rahasia pembantu Misaki dan meskipun dia khawatir tentang kebiasaan kerjanya yang berisiko, dia menolaknya karena dia ingin memerasnya. Karena ia telah jatuh cinta dengan Misaki sejak pertama kali mereka bertemu, ia tidak menyukainya dan menjadi cemburu, meskipun ia kesulitan mengungkapkannya, setiap kali anak-anak lain mendapatkan perhatiannya, termasuk Shintani dan Tora.
Atas desakan Misaki, Usui mengungkapkan bahwa dia adalah anak haram. Ibunya, seorang wanita Jepang-Inggris dari keluarga Walker yang kaya, berselingkuh dengan seorang pria Jepang yang tidak dikenal (kemudian diturunkan menjadi kepala pelayan keluarga Walker); ibunya meninggal saat melahirkan. Untuk menyembunyikan asal-usulnya, kakek keibuan Inggrisnya mengirim Usui untuk tinggal bersama keluarga nenek Jepang ibunya, yang mengakibatkan sedikit kontak dengan saudara tirinya yang lebih tua. Diadopsi oleh sepupu ibunya, pendidikan Usui terutama melalui tutor, yang sebagian menjelaskan keunggulan akademisnya (seperti yang ditunjukkan ketika dia memeriksakan wakil presiden klub catur SMA Miyabigaoka dengan sangat sedikit gerakan). Namun, ia menjadi bosan dengan isolasi dan secara acak memilih sekolah menengah standar untuk hadir; setelah mendaftar di Seika High, dia pindah ke sebuah kondominium bertingkat tinggi di mana dia tinggal sendirian. Selama tahun pertamanya di Seika, ia dengan cepat menjadi populer di kalangan gadis-gadis, tetapi tidak tertarik pada mereka, ia secara sistematis menolak mereka setiap kali mereka mengakuinya, sehingga membuat Misaki marah padanya. Di dalam kelasnya, bahkan teman-teman sekelasnya menghormatinya dan dia disebut "Usui-san"; "-san" menjadi bahasa Jepang.
Dalam bab 32, Usui mengaku kepada Misaki selama festival kembang api sekolah dan mereka berbagi ciuman, meskipun hubungan itu tidak menjadi formal sampai Misaki sendiri mengaku cintanya kepadanya di bab 57. Dia terpaksa pindah ke Miyabigaoka High School untuk ketiga tahun sekolah menengah., meskipun ia masih berusaha keluar dari jalan untuk menemui Misaki setiap hari. Ketika di Inggris, Usui teks Misaki setiap hari dan terus menggodanya, seperti dengan meminta warna pakaian dalamnya, sampai saudaranya mengambil ponselnya. Peristiwa itu memicu kesepakatan Misaki dengan Tora Igarashi sehingga dia bisa pergi ke Inggris dan bertemu dengan Usui, sementara Usui sendiri berjuang dalam kurungan oleh saudara laki-lakinya dan kakek dari pihak ibu, yang terakhir masih menolaknya karena menjadi anak haram. Dia akhirnya reuni dengan Misaki dan mengungkapkan hubungan mereka di depan bangsawan. Usui diperbolehkan untuk kembali ke Jepang hanya jika dia setuju untuk menjaga hubungannya dengan keluarga Walker. Meskipun tidak pernah mendapatkan persetujuan kakeknya, Usui menikah dengan Misaki di bab 85 dan menjadi dokter bagi keluarganya.

Rumah Ayuzawa[sunting | sunting sumber]

Suzuna Ayuzawa (鮎沢 紗奈, Ayuzawa Suzuna)
Pengisi suara: Kaori Ishihara (Jepang); Jad Saxton (Inggris)
Adik perempuan Misaki. Dia sangat apatis dan menunjukkan sedikit atau tanpa emosi, meskipun sebenarnya agak perseptif dan dikenal karena humornya deadpan. Dia tidak bekerja di pekerjaan paruh waktu dan tampaknya berada di SMP. Suzuna memiliki hubungan persahabatan dengan Shintani, yang dia ingat ketika dia dan Misaki adalah teman masa kecil. Di anime, dia sering mengikuti kontes majalah dan sepertinya selalu memenangkan hadiah makanan. Penampilan pertamanya terjadi di bab 35 di manga, sementara dia adalah karakter yang sering muncul di anime. Dari bab 65 dan seterusnya, Suzuna menghadiri Seika High sebagai siswa baru. Sementara dia langsung populer dengan populasi laki-laki, sebagian besar anak laki-laki khawatir dia menjadi saudara perempuan Misaki dan mereka takut bahwa kepribadiannya yang santai adalah tipu muslihat. Juga ditunjukkan dalam bab-bab selanjutnya (terutama selama beberapa hari pertamanya di SMA Seika) bahwa Suzuna memiliki kasih sayang yang mendalam terhadap Hinata. Selama acara bab terakhir, dia menikahi Shintani Hinata.

Maid Latte[sunting | sunting sumber]

Satsuki Hyoudou (兵藤 さつき, Hyōdō Satsuki)
Pengisi suara: Rie Tanaka (drama CD), Aki Toyosaki (anime)[5] (Jepang); Julia Krohn (Inggris)
Manajer Café Latte dan bos Misaki; seorang wanita berusia 30 tahun yang memiliki kecenderungan untuk menyuarakan fantasinya. Dia adalah wanita yang ceria yang menikmati pekerjaannya karena memungkinkannya membuat orang lain bahagia. Dia sangat memahami keadaan Misaki, mengetahui bahwa Misaki tidak terlalu menikmati bekerja di kafe pembantu, dan memahami perasaan orang lain. Satsuki juga akhirnya mempekerjakan Usui sebagai koki paruh waktu, banyak yang membuat Misaki kecewa.
Aoi Hyoudou (兵藤 葵, Hyōdō Aoi)
Pengisi suara: Yuki Kaida (drama CD), Hiromi Igarashi (anime)[5] (Jepang); Luci Christian (Inggris)
Keponakan Satsuki, putra kakak laki-laki Satsuki, dan siswa SMP Seisen yang menikmati crossdressing. Dia suka "hal-hal lucu" dan menjadi pusat perhatian, tidak seperti seorang gadis muda. Fitur androgini-nya memungkinkan dia untuk lulus sebagai seorang gadis dan kepribadian wanitanya dikenal sebagai idola Internet yang lucu. Aoi senang bermain-main dengan perasaan laki-laki (mencoba melakukan itu pada Usui tetapi gagal karena Usui rupanya tahu bahwa dia laki-laki sejak awal), tetapi akhirnya diekspos sebagai bocah oleh Misaki. Dia umumnya pemarah, memiliki sedikit kesabaran dan sering mood swing, biasanya setelah melakukan sesuatu yang baik atau menunjukkan kasih sayang kepada seseorang dan tiba-tiba menjadi marah sesudahnya.
Misaki berada di bawah kesan bahwa dia membencinya; dia sering memarahinya karena selera mode yang buruk dan kekuatan yang tidak biasa. Dia kemudian berteriak pada Misaki karena tidak lebih menentukan tentang hubungannya dengan Usui dan untuk memimpin Shintani, bahkan jika dia melakukannya secara tidak sengaja. Memarahi inilah yang akhirnya mendorongnya mengakui kepada Shintani bahwa dia memang memiliki perasaan untuk Usui. Meski begitu, Aoi naksir Misaki, meskipun dia tidak mengaku karena dia bisa melihat dia mencintai Usui. Dia menikmati membuat gaun Misaki, dan berusaha lebih banyak dalam pakaiannya daripada yang lain. Dalam bab terakhir dari seri ini, Aoi kemudian menjadi desainer pakaian UxMishi dan bekerja di Eropa. Dia juga berkencan dengan Honoka.
Honoka (ほのか)
Pengisi suara: Kana Asumi[5] (Jepang); Jennifer Gilbert (Inggris)
Seorang karyawan berusia 20 tahun di Café Latte. Dia bisa menjadi agak gila tentang mendapatkan karakter untuk pekerjaannya dan mengkritik Misaki karena penolakan awalnya untuk bertindak bagian di luar rentang kenyamanannya, serta karena malu bekerja di Maid Latte dan menyembunyikannya dari teman-temannya. Juga ketika Honoka diminta untuk menggambarkan apa yang dia rasakan dan pikirkan tentang Misaki, dia mengatakan "benci, karena pekerjaan baiknya membuat dia terlihat buruk." Dia juga memiliki kebiasaan mengubah kejahatan, yang oleh anggota Maid Latte sebut Black Honoka (黒ほのか, Kuro Honoka). Kemudian dia menjadi manajer bar koktail pembantu. Dia juga berkencan dengan Aoi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Official Website for Maid-sama!". Viz Media. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  2. ^ "s-book.net Library Service - 会長はメイド様!" (dalam bahasa Jepang). s-book.net/Hakusensha. Diakses tanggal 21 Oktober 2009. 
  3. ^ "Tokyopop Announces New Manga Titles (Update 2)". Anime News Network. 5 Juli 2008. Diakses tanggal 27 Agustus 2009. 
  4. ^ "Kaichou wa Maid-sama! Shōjo Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 21 Agustus 2009. Diakses tanggal 22 Agustus 2009. 
  5. ^ a b c d "TBSアニメーション・「会長はメイド様!」公式ホームページ / スタッフ&キャスト" (dalam bahasa Jepang). TBS. Diakses tanggal 22 Maret 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]