MVM Entertainment

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
MVM Entertainment
Perusahaan terbatas swasta
IndustriHiburan
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Britania Raya, Irlandia
ProdukAnime
Karyawan
2 [butuh rujukan]
Situs webMVM Films

MVM Entertainment, juga dikenal sebagai MVM dan MVM Films, adalah pemberi lisensi dan distributor Inggris untuk Animasi Jepang. Perusahaan juga mensublisensikan judul anime dari perusahaan anime AS seperti Media Blasters, Geneon, Nozomi Entertainment, Urban Vision, AnimEigo dan US Manga Corps, yang tidak memiliki kehadiran di Inggris, dan merilisnya di Wilayah 2 DVD. Ini adalah bagian dari Grup MVM, yang juga memiliki lengan grosir dan eceran, dan berspesialisasi dalam anime, manga dan barang dagangan terkait. Berkantor pusat di Chepstow, Monmouthshire, Wales.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

MVM Entertainment muncul pada tahun 1990 sebagai mail order dan toko ritel yang mengkhususkan diri pada item ceruk pasar. Itu tumbuh seperti halnya permintaan untuk produk anime dan manga ke tahun sembilan puluhan, memungkinkan perusahaan untuk mulai melisensikan serial anime untuk pasar Inggris pada tahun 1998.[1]

MVM saat ini memiliki lebih dari 250 judul yang terdaftar di situs resmi mereka. Perusahaan terus melisensikan serial TV dan film dari produksi besar Jepang seperti Monogatari (seri), franchise Fate dan Girls und Panzer, serta judul populer yang mencakup Berserk (1997 TV series), Samurai Champloo, Tenchi Muyo, No Game No Life, Land of the Lustrous, Flip Flappers, Toradora!, Garden of Sinners dan Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai.[2]

Banyak dari rilisan mereka telah dikuasai bersama dengan distributor Australia, termasuk Madman Entertainment dan Hanabee untuk menghemat biaya. Perusahaan juga memenangkan penghargaan Distributor Anime Terbaik dalam Penghargaan Neo Magazine 2006. MVM Entertainment juga berhasil memenangkan penghargaan "Distributor Anime Terbaik" 2009 di majalah "Neo" di tengah tentangan keras dari Beez dan Manga Entertainment UK.

Pada tanggal 5 Juli 2018, pemilik Tony Allen memberikan wawancara kepada The Anime Independent di mana ia mengumumkan bahwa MVM akan mulai menghapus DVD dari akuisisi baru mereka sesuai dengan mitra mereka di Sentai Filmworks dan Madman Entertainment. Dia menyatakan:

"Kita semua mengalami masalah yang sama dengan pencetakan minimum pada dua format di mana penjualan kemudian dibagi ke dalam format tersebut dan sering kali meninggalkan stok dalam jumlah besar. Kenaikan baru-baru ini dalam biaya pergudangan yang tidak terjual dan stok yang bergerak lambat telah membuat semakin penting untuk mempertimbangkan ekonomi keras dari melayani dua format. Ini hanya pengulangan dari posisi VHS / DVD lama."[3]

Peluncuran DVD secara resmi dimulai pada 2018.[3]

Funimation[sunting | sunting sumber]

Hingga November 2006, Funimation mendistribusikan judul mereka di Inggris melalui MVM. Namun, dalam pengumuman yang mengejutkan, Funimation mengalihkan distributor Inggris mereka ke Revelation Films,[4] mulai awal tahun 2007. Langkah ini telah dikreditkan ke pengambilalihan Funimation oleh Navarre Corporation, yang telah mendistribusikan judul melalui Revelation di Inggris. MVM mempertahankan lisensi mereka untuk beberapa serial animasi oleh studio GONZO dan dilisensikan oleh Funimation di Amerika Utara, seperti Samurai 7 dan Burst Angel, karena mereka dilisensikan langsung dari GONZO. Namun demikian, pangsa pasar MVM rusak, dan penerbit kehilangan beberapa judul paling populer mereka, termasuk Fruits Basket (meskipun dilisensikan ulang oleh MVM pada akhir 2011) dan Fullmetal Alchemist. Mereka kemudian kehilangan akses ke Chobits ketika hak AS berpindah dari Geneon USA ke Funimation;[5] namun, mereka berhasil melisensikan ulang pada akhir 2010,[6] diikuti oleh Fruits Basket dan Kiddy Grade di akhir tahun 2011.[7] Rilis terbaru MVM dari judul berlisensi Funimation (yang telah memiliki perjanjian distribusi eksklusif dengan Manga Entertainment sejak Oktober 2008[8] adalah Aquarion, .hack//Quantum, Shakugan no Shana, Ga-Rei: Zero, Sankarea, Is This a Zombie? dan [C] – Control. Pada 2 Januari 2014, MVM telah mengakuisisi Accel World, We Without Wings, anime Chrome Shelled Regios dengan Accel World yang dirilis pada Juni 2014.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MVM's history". Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 February 2007. 
  2. ^ "MVM's Online Catalogue". MVM Films Website. 
  3. ^ a b "The Death of Anime on DVD". The Anime Independent. 5 July 2018. 
  4. ^ "Revelation Films release". Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 November 2006. 
  5. ^ "Amecon State of the Industry panel news". UK Anime Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 25 June 2012. 
  6. ^ "Tower of Druaga's UK DVD release confirmed for April 4th". UK Anime Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-06. Diakses tanggal 2021-07-09. 
  7. ^ "MCM London Expo - October 2011 industry panel round-up". UK Anime Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 21 July 2012. 
  8. ^ Beveridge, Chris. "Manga UK Nabs FUNimation Titles". Mania.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2014. 
  9. ^ "MVM Acquires Accel World, We Without Wings, Chrome Shelled Regios". Anime News Network. 2 January 2014. Diakses tanggal 2 January 2020.