Hakusensha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hakusensha, Inc.
株式会社白泉社
Perusahaan indukHitotsubashi Group
Didirikan1 Desember 1973; 50 tahun lalu (1973-12-01)
PendiriShueisha
Negara asalJepang
Kantor pusatChiyoda, Tokyo
Kanda-Awajichō, Tokyo
Tokoh kunciKazuhiko Torishima (Direktur Perwakilan dan Ketua Umum)
Jenis terbitanMajalah, manga, buku bergambar, novel ringan
Jumlah pegawai91 (Januari 2010)[1]
Situs resmiwww.hakusensha.co.jp

Hakusensha, Inc. (株式会社白泉社, Kabushiki-gaisha Hakusensha) merupakan perusahaan penerbitan di Jepang. Lokasi kantor pusatnya adalah di Chiyoda, Tokyo.[1] Perusahaan tersebut menerbitkan majalah manga dan memproduksi sejumlah seri permainan video, animasi video asli, musik, dan seri animasi televisi. Ia merupakan anak perusahaan dari Shueisha, dan sebagian sahamnya dimiliki oleh Shogakukan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat Hakusensha

Hakusensha didirikan pada 1 Desember 1973 oleh Shueisha. Perusahaan ini kemudian berpisah, walaupun ia menjadi bagian dari Hitotsubashi Group dengan Shueisha dan Shogakukan sebagai anggota utama dari keiretsu.

Setelah membangun perusahaan selama lima bulan, mereka menerbitkan majalah pertama yang bertema manga shojo berjudul Hana to Yume (花とゆめ). Pada 1975, perusahaan ini mengubah frekuensi penerbitan majalah dari bulanan menjadi dwimingguan. Pada bulan Juli 1976, mereka menerbitkan majalah manga kedua dengan tema yang sama bernama Hana to Yume LaLa (花とゆめ LaLa). Pada bulan April 1977, mereka membuat departemen penerbitan, dan menerbitkan majalah tahunan yang bernama Bessatsu Hana to Yume (別冊花とゆめ).

Terbitan[sunting | sunting sumber]

Majalah manga[sunting | sunting sumber]

Hingga 2019, Hakusensha telah menerbitkan sejumlah majalah manga, yaitu:[2][3]

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Hakusensha juga menerbitkan terbitan lain, yang terpisah dari terbitan utama mereka, yaitu:[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "白泉社 会社案 – Profile" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Maret 2009. Diakses tanggal 5 Mei 2009. 
  2. ^ a b "白泉社 会社案内 – History" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Juni 2009. Diakses tanggal 4 Mei 2009. 
  3. ^ a b "白泉社 会社案内 –Magazines" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Maret 2009. Diakses tanggal 4 Mei 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]