86 (seri novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
86
86 light novel volume 1 cover.jpg
Sampul volume pertama yang diterbitkan oleh ASCII Media Works, menampilkan Shinei Nōzen (kiri) dan Vladilena Mirizé (kanan)
86-エイティシックス-
(Eiti Shikkusu)
GenreFiksi ilmiah[1]
Manga
PengarangAsato Asato
IlustratorShirabi
PenerbitASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
ImprintDengeki Bunko
DemografiMale
Terbit10 Februari 2017 – sekarang
Volume7 (Daftar volume)
Manga
PengarangAsato Asato
IlustratorMotoki Yoshihara
PenerbitSquare Enix
MajalahYoung Gangan
DemografiSeinen
Terbit10 Oktober 2018 – sekarang
Volume2 (Daftar volume)
Manga
Gakuen 86
PengarangAsato Asato
IlustratorSuzume Somemiya
PenerbitMedia Factory
MajalahMonthly Comic Alive
DemografiSeinen
Anime
SutradaraToshimasa Ishii
SkenarioToshiya Ono
StudioA-1 Pictures
Tayang 20 Januari 2021 (2021-1-20) scheduled
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

86 (86-エイティシックス-, Eiti Shikkusu) adalah seri novel ringan Jepang beraliran fiksi ilmiah, ditulis oleh Asato Asato dan diilustrasikan oleh Shirabi. Mulai diterbitkan melalui ASCII Media Works lalu di cetak oleh Dengeki Bunko. Serial ini dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press.

Sebuah manga adaptasi digambar oleh Motoki Yoshihara telah menjadi serial di Square Enix. Sebuah manga seinen di terbitkan pada majalah Young Gangan sejak 2018. Lalu adaptasi manga kedua berjudul Gakuen 86 karya Suzume Somemiya, rencananya akan diserial melalu Media Factory. Sebuah majalah manga bulanan, adaptasi serial anime produksi A-1 Pictures dijadwalkan tayang perdana pada tahun 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Republik San Magnolia telah berperang dengan Kekaisaran Giad selama sembilan tahun.. Meskipun awalnya menderita kerugian yang menghancurkan dari Legiun mekanik otonom Kekaisaran, Republik telah mengembangkan unit otonomnya sendiri, yang disebut Juggernauts, yang diarahkan dari jarak jauh oleh seorang Handler. Sementara di permukaan publik percaya perang sedang terjadi di antara mesin, kenyataannya jauh lebih mengerikan. Pada kenyataannya, Juggernauts diujicobakan oleh manusia dan semuanya berusia 86-an, sebutan yang diberikan kepada minoritas Colorata San Magnolia yang awalnya memiliki hak yang sama sebagai ras Alba yang dominan tetapi dianiaya dan dikambinghitamkan oleh pemerintah Alba yang dipimpin rasis untuk intinya Colorata dianggap bukan manusia, tidak diizinkan memiliki nama dan dipaksa tinggal di kamp interniran di Bangsal 86 sementara dipaksa bertempur dalam perang Republik dengan Kekaisaran untuk mendapatkan kemajuan.

Mayor Vladilena "Lena" Mirizé adalah seorang bangsawan Alba dan perwira militer di Militer Republik yang ditugaskan sebagai Penangan skuadron Spearhead dari front timur, sebuah unit elit yang seluruhnya terdiri dari 86 veteran yang telah mendapatkan nama. Dipimpin oleh pemimpin regu mereka, Shinei "The Undertaker" Nōzen, skuadron Spearhead terkenal karena banyak Handler yang telah memerintahkan regu menjadi gila dan beberapa bahkan bunuh diri. Saat Lena mengenal Shinei dan anggota skuadron Spearhead lainnya, dia menjadi simpatik terhadap pelarian rakyatnya dan mencoba membantu mereka dengan cara apa pun, pada saat yang sama Lena dan Shinei mengetahui rahasia gelap tentang Republik dan perang dengan Kekaisaran tidak apa yang terlihat.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Shinei Nōzen (シンエイ・ノウゼン, Shin'ei Nouzen)
Pengisi suara: Shōya Chiba[2]
Vladilena Mirizé (ヴラディレーナ・ミリーゼ, Varadirēna Mirīze)
Pengisi suara: Ikumi Hasegawa[2]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini memenangkan Grand Prize pada penghargaan Dengeki Novel Prize ke-24 pada 2016.[2] Novel ringan ini juga menempati peringkat kedua pada 2018 dalam buku panduan cahaya tahunan oleh Takarajimasha,serta Kono Light Novel ga Sugoi! dalam kategori bunkobon.[3] Ini peringkat kelima pada 2019.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loo, Egan (March 15, 2020). "'86' Sci-Fi Battle Light Novel Series Get TV Anime". Anime News Network. Diakses tanggal March 15, 2020. 
  2. ^ a b c Hodgkins, Crystalyn (March 22, 2020). "'86' Sci-Fi Battle Anime Reveals Cast, Staff, 2020 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal March 22, 2020. 
  3. ^ Pineda, Rafael Antonio (November 24, 2017). "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2018 Series Ranking". Anime News Network. Diakses tanggal March 15, 2020. 
  4. ^ Pineda, Rafael Antonio (November 23, 2018). "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2019 Series Ranking". Anime News Network. Diakses tanggal March 15, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]