86 (seri novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
86
Sampul volume pertama yang diterbitkan oleh ASCII Media Works, menampilkan Shinei Nouzen (kiri) dan Vladilena Milizé (kanan)
86-エイティシックス-
(Eiti Shikkusu)
GenreFiksi ilmiah[1]
Novel ringan
PengarangAsato Asato
IlustratorShirabi
PenerbitASCII Media Works
Penerbit bahasa InggrisYen Press
Penerbit bahasa IndonesiaClover (m&c!)
ImprintDengeki Bunko
DemografiMale
Terbit10 Februari 2017 – sekarang
Volume13 (Daftar volume)
Manga
PengarangAsato Asato
IlustratorMotoki Yoshihara
PenerbitSquare Enix
MajalahYoung Gangan
DemografiSeinen
Terbit10 Oktober 2018June 2021
Volume3 (Daftar volume)
Manga
Gakuen 86
PengarangAsato Asato
IlustratorSuzume Somemiya
PenerbitMedia Factory
MajalahMonthly Comic Alive
DemografiSeinen
Terbit27 Juni 202027 Agustus 2021
Volume2
Seri anime
SutradaraToshimasa Ishii
ProduserNobuhiro Nakayama
SkenarioToshiya Ono
MusikHiroyuki Sawano
Kohta Yamamoto
StudioA-1 Pictures
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, GYT, GTV, ytv, CTV
Tayang 10 April 2021 (2021-04-10) 19 Maret 2022 (2022-3-19)
Episode23 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

86 -EIGHTY SIX- (86-エイティシックス-, Eiti Shikkusu) adalah seri novel ringan Jepang beraliran fiksi ilmiah, ditulis oleh Asato Asato dan diilustrasikan oleh Shirabi. Mulai diterbitkan melalui ASCII Media Works lalu di cetak oleh Dengeki Bunko. Serial ini dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press.

Sebuah manga adaptasi digambar oleh Motoki Yoshihara telah menjadi serial di Square Enix. Sebuah manga seinen di terbitkan pada majalah Young Gangan sejak 2018. Lalu adaptasi manga kedua berjudul Gakuen 86 karya Suzume Somemiya, rencananya akan diserial melalu Media Factory. Sebuah majalah manga bulanan, adaptasi serial anime produksi A-1 Pictures akan dijadwalkan tayang perdana pada April 2021.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Republik San Magnolia telah berperang dengan Kekaisaran Giad selama sembilan tahun.. Meskipun awalnya menderita kerugian yang menghancurkan dari Legion mekanik otonom Kekaisaran, Republik telah mengembangkan unit otonomnya sendiri, yang disebut Juggernaut, yang diarahkan dari jarak jauh oleh seorang Handler. Sementara di permukaan publik percaya perang sedang terjadi di antara mesin, kenyataannya jauh lebih mengerikan. Pada kenyataannya, Juggernaut diujicobakan oleh manusia, sebutan yang diberikan kepada minoritas Colorata San Magnolia yang awalnya memiliki hak yang sama sebagai ras Alba yang dominan tetapi dianiaya dan dikambinghitamkan oleh pemerintah Alba yang dipimpin rasis untuk intinya Colorata dianggap bukan manusia, tidak diizinkan memiliki nama dan dipaksa tinggal di kamp interniran di Bangsal 86 sementara dipaksa bertempur dalam perang Republik dengan Kekaisaran untuk mendapatkan kemajuan.

Mayor Vladilena "Lena" Milizé adalah seorang bangsawan Alba dan perwira militer di Militer Republik yang ditugaskan sebagai Penangan skuadron Spearhead dari front timur, sebuah unit elit yang seluruhnya terdiri dari 86 veteran yang telah mendapatkan nama. Dipimpin oleh pemimpin regu mereka, Shinei "The Undertaker" Nōzen, skuadron Spearhead terkenal karena banyak Handler yang telah memerintahkan regu menjadi gila dan beberapa bahkan bunuh diri. Saat Lena mengenal Shinei dan anggota skuadron Spearhead lainnya, dia menjadi simpatik terhadap pelarian rakyatnya dan mencoba membantu mereka dengan cara apa pun, pada saat yang sama Lena dan Shinei mengetahui rahasia gelap tentang Republik dan perang dengan Kekaisaran tidak apa yang terlihat.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Shinei Nōzen (シンエイ・ノウゼン, Shin'ei Nouzen)
Pengisi suara: Shōya Chiba[2] (Jepang); Billy Kametz[3]; Aleks Le[4] (eps. 22–23) (Inggris)
Dia adalah kapten "Spearhead", skuadron pertahanan pertama di medan perang pertama Front Timur Republik San Magnolia. Tingginya sekitar 175 cm, lahir pada 19 Mei, dan berusia 16 tahun pada volume pertama novel. Dia berasal dari Liberte Eto Egarite, ibu kota Republik. Dia tidak ingat hari ulang tahunnya karena dia dikirim ke kamp konsentrasi di masa kecilnya. Nama pribadinya adalah Undertaker. Dia adalah nama identifikasi sisi legion "Burleygu". Awalnya dia memiliki kemampuan untuk mendengar suara hatinya, tetapi setelah dicekik oleh saudara kandungnya dan mengembara hidup dan mati, dia berubah menjadi kemampuan untuk mendengar suara orang mati. Kemampuan ini memungkinkan Shin mengetahui posisi Legion kapan saja. Selain itu, dia tampaknya tidak terbiasa dengan penilaian ketinggian di ruang tiga dimensi. Penangan Pra-Lena tidak tahan dengan suara hantu dan bahkan bunuh diri (beberapa bahkan meledakkan kepala mereka dengan senapan). Semua skuadron yang dimiliki Shin mati kecuali Shin, dan karena kemampuan yang disebutkan di atas, dia disebut "penuai" oleh orang-orang di sekitarnya, dan dia sendiri juga berbeda dari orang-orang di sekitarnya.
Dia adalah komandan skuadron dari Grup Serangan Seluler Independen ke-86, yang kemudian didirikan, dan komandan skuadron markas Spearhead. Dia adalah seorang kapten.
Dia memiliki kebiasaan membungkam langkah kakinya, yang umum dilakukan oleh keluarga Nōzen, seni bela diri Kerajaan Giade. Dia tidak pandai memasak, mungkin karena dia ceroboh dalam kehidupan sehari-harinya, dan dia dikeluarkan dari tugas memasak di skuadron. Dia adalah pembaca yang berlebihan yang membaca dari buku-buku sastra seperti Takasebune hingga buku-buku filosofis. Dia sering membuat gerakan yang cukup canggung dalam pertempuran, yang menyebabkan dia menghancurkan bagian bawah Juggernaut setiap saat, memegang kepala tim pemeliharaan dari era Republik.
Dia bersama Yaichi Kuzuryū dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.
Vladilena Milizé (ヴラディレーナ・ミリーゼ, Varadirēna Mirīze)
Pengisi suara: Ikumi Hasegawa[2] (Jepang); Suzie Yeung[3] (Inggris)
Seorang elit yang merupakan seorang tentara Republik dan menjadi mayor pada usia 16 tahun. Tingginya sekitar 160 cm dan lahir pada tanggal 12 Juli. Dia berasal dari distrik pertama Republik dan merupakan spesies perak putih murni. Setelah dia mengirimkan Shin, dia mengambil komando seolah-olah dia telah menggunakan 86-an, dan namanya adalah Bloody Reina dan The Bloodstained Queen. Dia tidak mendiskriminasi 86 karena pengaruh ayahnya, dan dia ingin melakukan apa yang dia bisa.
Dia kemudian menjabat sebagai Komandan Umum Departemen Operasi Grup Serangan Seluler Independen ke-86, di mana pangkatnya adalah Kolonel. Dia bersatu kembali dengan Shin dan yang lainnya setelah operasi kekalahan jenis senjata akselerasi elektromagnetik, dan tampaknya dia menyadari Shin sebagai lawan jenis.
Dia menyukai sabuk garter, tetapi alasannya adalah karena penulisnya menyukai sabuk garter. Dia adalah bagian dari motif Jenderal Garnisun dalam film Black Hawk Down.
Dia bersama Ginko Sora dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.
Krena Kukumila (クレナ・ククミラ, Kurena Kukumira)
Pengisi suara: Sayumi Suzushiro[5] (Jepang); Erica Mendez[3] (Inggris)
Dia begitu pandai menembak sehingga dia berhasil menembak di dasar pistol tank. Tingginya sekitar 160 cm, lahir pada tanggal 6 Mei, 15 tahun pada saat volume pertama novel. Saya dari kota satelit Charite, bagian utara Republik. Dia jatuh cinta dengan Shin, tapi dia mengakui Shin sebagai saudara perempuan yang sulit. Nama pribadinya adalah Gunslinger.
Dia bersama Ai Hinatsuru dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.
Frederica Rosenfort (フレデリカ・ローゼンフォルト, Furederika Rōzenforuto) / Augusta Frederica Adele Adler (アウグスタ・フレデリカ・アデルアドラー, Augusuta Furederika Aderuadorā)
Pengisi suara: Misaki Kuno[6] (Jepang); Kimberly Anne Campbell[7] (Inggris)
Seorang gadis yang Shin dan teman-temannya tiba di Federasi Giade dan bertemu di tempat yang dilindungi. Tingginya sekitar 130 cm dan dia lahir pada tanggal 7 Februari. Dia berumur 9 tahun pada saat novel Volume 2 (dia berumur 10 tahun tidak lama setelah itu). Dia adalah permaisuri terakhir dari Kekaisaran Giade dan dia dilindungi oleh Ernst. Dia juga mewarisi dari generasi ke generasi kemampuan yang dia lihat ke masa kini dan masa lalu orang-orang yang dia kenal. Dia tidak terlihat seperti gadis muda dan dia berbicara dengan cara kuno.
Dia adalah maskot dari bekas skuadron Nortricht, kemudian menjadi Independent Mobile Strike Group ke-86, dan berfungsi sebagai asisten pengatur lalu lintas udara.
Dia bersama Ai Yashajin dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.
Leiden Suga (ライデン・シュガ, Raiden Shuga)
Pengisi suara: Seiichirō Yamashita[5] (Jepang); Jonah Scott[3] (Inggris)
Wakil kapten dari unit tempur Spearhead. Tingginya sekitar 185 cm, lahir pada 25 Agustus, berusia 16 tahun sejak volume pertama novel. Berasal dari bangsal ke-23 Republik, dia disembunyikan dari teman-temannya oleh seorang wanita kulit putih tua yang menjalankan sekolah swasta dengan sistem asrama selama sekitar lima tahun. Dia adalah satu-satunya orang di skuadron Spearhead yang mengingat hari ulang tahunnya. Itu juga karakter favorit penulis. Nama pribadinya adalah Weawolf.
Bertemu kembali dengan seorang wanita tua sebelum operasi untuk merebut pangkalan pencakar langit, dia akan ditempatkan di pangkalan Rustcomer sebagai asisten guru untuk belajar mandiri oleh 86 dan lainnya.
Ange Emma (アンジュ・エマ, Anju Ema)
Pengisi suara: Saori Hayami[5] (Jepang); Maureen Price[3] (Inggris)
Itu anggun tetapi juga menunjukkan sisi radikal dalam pertempuran. Tingginya sekitar 170 cm, lahir 2 Oktober berusia 16 tahun sebagai volume pertama novel. Saya dari kota kecil di bagian timur Republik. Dia telah dianiaya di kamp penahanan dan memiliki banyak bekas luka di punggungnya. Nama pribadinya adalah Snow Witch. Dia berspesialisasi dalam kontrol permukaan menggunakan rudal.
Theoto Ricca (セオト・リッカ, Seoto Rikka)
Pengisi suara: Natsumi Fujiwara[5] (Jepang); Casey Mongillo[3] (Inggris)
Seorang sarkastik yang keren dan agak sarkastik. Tingginya sekitar 165 cm, lahir pada tanggal 20 April, 16 tahun sejak volume pertama novel. Lahir di dekat perbatasan lama di sisi selatan Republik. Dia pandai menggambar dan bekerja menciptakan tanda pribadi untuk unit tersebut. Nama pribadinya adalah Roughing Fox. Tanda pribadinya dimodelkan setelah yang digunakan oleh seorang pria dari spesies bunga salju yang merupakan kapten dari skuadron yang dimiliki sebelum Spearhead. Dia terluka parah dengan memotong lengan kirinya selama operasi untuk merebut dasar gedung pencakar langit.
Siden Ida (シデン・イーダ, Shiden īda)
Pengisi suara: Asuna Tomari[6] (Jepang); Rebeka Thomas[8] (Inggris)
Bawahan Lena sejak Shin dan teman-temannya pergi. Menurut penulis, payudara terbesar dalam pengerjaan. Tahun yang sama dengan Lena. Nama pribadinya adalah Cyclops. Pangkatnya letnan. Seorang wanita dengan kulit hitam, mata aneh nila gelap dan seputih salju dan rambut merah. Lena disebut "Yang Mulia Ratu".
Dia memiliki hubungan yang sangat buruk dengan Shin, dan dia berkata, "Itu tidak cocok pada tingkat genetik."
Henrietta Penrose (アンリエッタ・ペンローズ, Anrietta Penrōzu)
Pengisi suara: Riho Sugiyama[5] (Jepang); Morgan Garrett[9] (Inggris)
Sahabat dan letnan teknis Lena yang merupakan kepala peneliti Para-RAID. Nama identifikasi sisi legion "Minerva". Shin adalah teman masa kecil di rumah yang bersebelahan. Itu disebut "Rita" oleh Shin ketika dia masih muda. Dia merasa bersalah karena tidak bisa menyelamatkan Shin, yang terkait dengan aplikasi-nya untuk Independent Mobile Strike Group ke-86. Di Grup Serangan Seluler Independen ke-86, dia adalah kepala grup sinkronisasi perseptual, dan peringkatnya adalah yang utama.
Dia suka membuat manisan, tapi ketika dia masih kecil, ayahnya yang mencicipinya mencoba memberi makan Shin apa yang dia pingsan (seharusnya hanya cokelat leleh, tapi entah kenapa berubah ungu).
Menurut Shin, dia adalah anak kecil yang mirip monster ketika dia masih kecil.
Jérôme Karlstahl (ジェローム・カールシュタール, Jerōmu Kārushutāru)
Pengisi suara: Satoshi Mikami[5] (Jepang); Imari Williams (Inggris)
Teman ayah Lena. Pangkatnya adalah Brigjen. Spesies perak berusia 50-an. Mengungkapkan gambaran sebenarnya dari Republik kepada Lena, yang telah datang untuk mengajukan petisi untuk menarik Misi Pengintaian Khusus (eksekusi bernama).
Ernst Zimmermann (エルンスト・ツィマーマン, Erunsuto Tsimāman)
Pengisi suara: Yūya Uchida[6] (Jepang); Keith Silverstein[7] (Inggris)
Presiden Sementara Federasi Giade. Juga menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat Federal. Seorang pahlawan revolusi 10 tahun yang lalu, ia telah mendapatkan dukungan dari publik. Dia selalu memakai jas produksi massal, dan dari penggambaran ini sepertinya dia juga pejabat federal yang muncul di akhir Volume 1. Kemunculan pertama nama tersebut berasal dari Volume 2. Menjadi penjaga Shin dan teman-temannya yang tiba di Federasi Giade. Seorang pria paruh baya yang biasanya lembut dan menyenangkan, tetapi esensinya adalah seorang revolusioner dan idealis yang digambarkan sebagai "naga api." Dia sangat percaya pada realisasi cita-cita luhur dan percaya bahwa negara yang tidak dapat mencapai keadilan dan kesetaraan universal harus dihancurkan. Karena alasan ini, dia tidak menyukai kebijakan penganiayaan Republik. Dia berusia 50-an pada volume ketiga novel.
Lev Aldrecht (レフ・アルドレヒト, Refu Arudorehito)
Pengisi suara: Taiten Kusunoki[5] (Jepang); Imari Williams[10] (Inggris)
Pemimpin tim pemeliharaan "Spearhead" Skuadron Pertahanan Pertama Front Timur. Dia adalah seorang letnan di kelas. Dia telah mengecat rambutnya tetapi sebenarnya adalah spesies berkulit putih, dan secara sukarela merekrut untuk mendapatkan kembali kewarganegaraan istri dan putrinya, tetapi istri dan putrinya telah meninggal, dan dia juga menyerang. Saat itu, seluruh awak kapal tewas.
Kaye Tanya (カイエ・タニヤ, Kaie Taniya)
Pengisi suara: Haruka Shiraishi[5] (Jepang); Jenny Yokobori[11] (Inggris)
Seorang gadis ramah yang berbicara dengan nada kekanak-kanakan. Tombak Komandan Skuadron Keempat. Lahir 7 April, 18 tahun pada saat volume novel pertama. Dia adalah anggota keempat skuadron yang mati. Pada akhirnya, dia membantu Shin sebagai prajurit jarak dekat dalam operasi tersebut. Nama pribadinya adalah Kirschblüte.
Dia Irma (ダイヤ・イルマ, Daiya Iruma)
Pengisi suara: Haruki Ishiya[5] (Jepang); Alejandro Saab[3] (Inggris)
Komandan Skuadron ke-5 Skuadron Tombak. Seorang pria muda jangkung dengan mata biru. 17 tahun pada saat volume pertama novel. Orang yang mengambil kucing korps yang nantinya akan dipelihara Lena. Nama pribadinya adalah Black Dog. Untuk beberapa alasan, itu sering memakan kerutan situasi.
Alice Alaish (アリス・アライシュ, Arisu Araishu)
Komandan skuadron wanita dari unit utama. Pangkatnya adalah Kapten. Ketika Shin pertama kali memasuki medan perang, dia termasuk dalam unitnya. Melihat Shin mengumpulkan sisa-sisa korban perang, dia mulai mengukir nama-nama 86 orang yang tewas di atas sepotong logam, dan syal biru langit yang masih dipakai Shin adalah dia, bukan perban yang menyembunyikan lukanya. Adalah hadiah. Meskipun itu adalah akar Shin, Shin, yang tewas dalam pertempuran dengan Legion dan satu-satunya yang selamat di skuadron, hanya membawa kembali setengah kepalanya dan ditinggalkan di reruntuhan katedral jauh dari pangkalan oleh Glenn, pemimpin tim pemeliharaan unit. Dia dimakamkan di hamparan bunga mawar.
Hart Keets (ハルト・キーツ, Haruto Kītsu)
Pengisi suara: Daiki Yamashita[5] (Jepang); Kiba Walker (Inggris)
Seorang anak laki-laki yang dalam kondisi baik dan merupakan pembuat mood unit. Orang mati terakhir dari skuadron Spearhead. Nama pribadinya adalah Falke.
Cujo Nico (クジョー・ニコ, Kujō Niko)
Pengisi suara: Taishi Murata[5] (Jepang); Mark Allen, Jr.[12] (Inggris)
Anggota Peleton Keempat. Dia mengusulkan "melihat bulan" untuk menghidupkan pasukan yang tertekan oleh kematian Mina, tetapi dia tewas oleh ranjau darat yang bergerak sendiri dalam serangan matahari terbit yang dibatalkan karena badai. Gaiden "Triage Black Tag's Common Everyday Life", yang menggambarkan anekdot masa ini, diceritakan dari sudut pandangnya. Nama pribadinya Sirius.
Eugene Rantz (ユージン・ランツ, Yūjin Rantsu)
Pengisi suara: Atsushi Tamaru (Jepang); Howard Wang[13] (Inggris)
Seorang pria lembut dengan kacamata di wajahnya. Ini adalah spesies putih-perak berdarah murni dari bangsawan yang jatuh. Relawan untuk tentara untuk mendapatkan uang sekolah adiknya. Ia bertemu dengan Shin, yang hadir di perpustakaan St. Yeder, dan sekaligus menjadi teman akademi militer khusus (special military academy). Setelah lulus, ia ditugaskan ke Skuadron ke-18 dari Resimen ke-141 Divisi Lapis Baja ke-177. Dia adalah pilot Komandan Perusahaan Vanagandr dan merupakan letnan dua. Ketika dia berpartisipasi dalam pertempuran, dia terluka parah oleh serangan Legion dan kehilangan tubuh bagian bawahnya, dan dibingungkan oleh Shin. Dia mencintai saudara perempuannya Nina dan diperlakukan sebagai saudara perempuan kompleks oleh Shin.
Nina Rantz (ニーナ・ランツ, Nīna Rantsu)
Pengisi suara: Madoka Asahina (Jepang); Abby Espiritu[14] (Inggris)
Adik perempuan Eugene yang berusia 10 tahun. Sebuah surat pengaduan dikirim ke Shin, yang bingung dengan Eugene, dari pengumuman Marcel. Namun, dia berterima kasih kepada Shin karena telah mengunjungi makam Eugene setelah berhasil mengalahkan railgun, dan tampaknya telah menerima kematian Eugene sampai batas tertentu.
Louis Kino (ルイ・キノ, Rui Kino)
Pengisi suara: Shinei Ueki[5] (Jepang); Kevin Thelwell (Inggris)
Anggota Peleton Keempat. Nama pribadinya adalah Fafnir. Dia tewas dalam aksi setelah dipukul langsung oleh meriam yang dipercepat secara elektromagnetik.
Chise Authen (チセ・オーセン, Chise Ōsen)
Pengisi suara: Masamu Ono[5] (Jepang); Kevin Thelwell[12] (Inggris)
Anggota peleton kedua. Nama pribadinya Griffin. Hobinya adalah membuat model. Setelah pemboman jenis meriam yang dipercepat secara elektromagnetik, dia memakan puing-puing dan tewas dalam aksi.
Tohma Sobi (トーマ・ソービ, Tōma Sōbi)
Pengisi suara: Katsumi Fukuhara[5]
Anggota peleton pertama. Nama pribadinya adalah Heliantus. Dia tewas saat beraksi dengan Kuroto dalam pertempuran yang membingungkan dengan artileri jenis meriam yang dipercepat secara elektromagnetik.
Tozan Sasha (トウザン・サシャ, Touzan Sasha)
Pengisi suara: Taito Ban[5]
Anggota Peleton Keempat. Nama pribadinya adalah Gunmetal Scombe.
Lecca Rin (レッカ・リン, Rekka Rin)
Pengisi suara: Shizuka Ishigami[5] (Jepang); Kristen McGuire[15] (Inggris)
Anggota peleton ke-6. Nama pribadinya adalah Burnt Tayl.
Mikuri Kairou (ミクリ・カイロゥ, Mikuri Kairou)
Pengisi suara: Yuka Nukui[5] (Jepang); Tiana Camacho (Inggris)
Anggota Peleton Keempat. Nama pribadinya adalah Leukosia.
Mina Yatomika (マイナ・ヤトミカ, Maina Yatomika)
Pengisi suara: Mayuko Kazama[5] (Jepang); Emi Lo[16] (Inggris)
Anggota peleton ketiga. Nama pribadinya adalah March Hare.
Shōrei Nōzen (ショーレイ・ノウゼン, Shourei Nouzen)
Pengisi suara: Makoto Furukawa (Jepang); Robbie Daymond (Inggris)
Kakak Shin. Tingginya sekitar 180 cm. Penampilannya sangat berlawanan dengan Shin, seorang pria muda yang hangat dengan rambut merah, mata hitam, dan kacamata. Dia meninggal di Front Timur lima tahun lalu (2143) di musim dingin, tetapi telah membantu Lena yang selamat dari penembakan karena alasan di atas. Otak ditemukan untuk menerobos batas gambar struktural dari perangkat pengolah pusat Legion dan dimasukkan ke dalam tipe tank berat sebagai seorang Shepherd. Nama pribadinya adalah Dullahan. Tanda pribadi yang ia gunakan adalah seorang ksatria kerangka tanpa leher, meniru karakter utama dalam buku bergambar favorit Shin di masa kecilnya, dan Shin mengambil alih dengan mengubah pedangnya menjadi sekop.
Kiriya Nōzen (キリヤ・ノウゼン, Kiriya Nouzen)
Pengisi suara: Yūto Uemura (Jepang); Zeno Robinson (Inggris)
Seorang pemuda yang merupakan seorang ksatria penjaga Frederica. Nama panggilannya adalah Kiri. Ini adalah kerabat jauh Shin. Setelah pertempuran panjang, ia kehilangan akal sehatnya dan dibawa ke dalam tipe railgun sebagai "shepherd" dengan kebencian terhadap sistem federal yang telah memojokkan Frederica. Sebagai kerabat dekat, ia memiliki keterikatan pada Shin yang dekat dengan keengganannya pada keluarganya. Tanda panggilannya sebagai legion adalah Pale Rider.
Wenceslaus Mirizé (ヴァーツラフ・ミリーゼ, Vu~ātsurafu Mirīze)
Pengisi suara: Masaki Terasoma
Ayah Lena. Pangkatnya adalah Kapten Angkatan Darat. Salah satu dari sedikit tentara reguler Republik yang selamat, dia menentang penahanan spesies berwarna. Ketika dia menerbangkan pesawat pengintai keluar dari bangsal ke-85 untuk menunjukkan Lena, yang saat itu berusia 10 tahun, dia ditembak jatuh oleh jenis senjata anti-pesawat dan meninggal.
Margareta Mirizé (マルガレータ・ミリーゼ, Marugarēta Mirīze)
Ibu Lena. Biji perak. Seperti warga negara Republik, dia memukul mundur 86 dan juga mati selama serangan besar tanpa menerima kelalaiannya sampai akhir.

Mesin tempur[sunting | sunting sumber]

Republik San Magnolia[sunting | sunting sumber]

M1A4 Juggernaut[sunting | sunting sumber]

Sebuah mesin tempur otonom tak berawak (drone) yang dibuat oleh Republic Factory. Namun, pada kenyataannya, ia gagal mengembangkan AI tempur tingkat praktis, dan itu adalah "kendaraan tak berawak yang menaiki pesawat tanpa awak" di mana 86, yang tidak dianggap sebagai manusia, berada di dalamnya. Meskipun setara dengan "Felless" di Federasi Giade, itu tidak dilengkapi dengan airbag atau perangkat pelarian karena merupakan "kendaraan udara tak berawak" secara eksternal. Dilengkapi dengan gun mount arm sebagai senjata tetap di bagian belakang, dan dilengkapi dengan smoothbore gun 57 mm sebagai perlengkapan standar. Pemotretan otomatis sepenuhnya dimungkinkan karena ini adalah tipe magasin, tetapi terlalu berat untuk pesawat ringan dan tidak seimbang. Di versi animenya juga ada spesifikasi smoothbore gun 25mm untuk pertarungan jarak jauh. Dilengkapi dengan dua jangkar kawat sebagai senjata sekunder, dua bilah frekuensi tinggi atau dua senapan mesin berat 12,7 mm di sub-lengan tempur. Panjang keseluruhan 10,7 meter, tinggi total 2,1 meter (tidak termasuk senjata lengan mount senjata). Pesawatnya sendiri memiliki motif Sheridan M551. Ini adalah senjata terburu-buru yang dibuat selama perang, dan itu adalah mesin yang rusak tanpa nilai yang diejek sebagai "peti mati aluminium" setiap kali selama bekerja. Kelemahan yang jelas adalah "baju besi tipis yang dapat ditembus oleh peluru mesin berat (peluru 7,62 mm menjijikkan)", "kaki empat yang halus dan bertekanan tinggi karena program kontrol berjalan yang belum matang", "senjata yang buruk", dan "trek". dinilai oleh Legion sebagai tipe infanteri lapis baja, seperti "mobilitas lebih dari tank tipe" dan "kokpit clamshell yang meledakkan seluruh kepala prosesor". Tampaknya perbaikan hanya dilakukan sejauh pembaruan OS sejak pengembangan, tetapi pada akhir periode, pesawat dengan peralatan komunikasi yang ditingkatkan untuk pertempuran malam dikerahkan secara uji coba. Satu peleton dari empat peleton adalah unit minimum, dan satu peleton dibentuk dengan 24 peleton yang terdiri dari enam. Tentu saja, pasukan direorganisasi dan dikonsolidasikan setiap hari karena mereka menderita kerusakan besar di setiap pertempuran, dan tidak jarang pasukan dibongkar karena pemusnahan. Garis depan nyaris tidak dipertahankan karena sejumlah besar rekrutan menebus setiap kerusakan. Jumlah total Juggernaut yang ditempatkan di setiap bagian depan adalah 100.000, yang sebanding dengan jumlah 86 orang yang terdaftar setiap tahun, yang menunjukkan tingkat keausan yang tinggi.

Scavenger[sunting | sunting sumber]

Sebuah pesawat pendukung yang dirancang untuk menemani Juggernaut dalam pertempuran dan mengisi kembali amunisi dan paket energi. Ini dilengkapi dengan dua lengan derek berkinerja tinggi dan satu dudukan kontainer besar, dan memiliki kapasitas pemuatan lebih dari 10 ton. Nama resminya adalah "M101 Barrett", tetapi semua orang di prosesor menyebutnya pemulung karena menghilangkan kekurangan dari Juggernaut dan pemulung selama pertempuran dan merangkak di sekitar medan perang untuk mencari puing-puing yang dapat digunakan bahkan selama non-pertempuran. Pemulung yang mengikuti Shin disebut "Fido" dan dicintai oleh semua orang di unit. Fido telah memperoleh kemampuan yang melampaui mesin kerja belaka, seperti belajar dari pertempuran sengit, memahami kata-kata dan tindakan Shin, dan mengumpulkan sisa-sisa perang yang mati. Kecerdasan buatan yang disebut Prototipe No. 008, yang merupakan asal mula Fido, dibuat oleh ayah Shin, dan pada awalnya merupakan wadah yang terbuat dari bahan lembut yang meniru seekor anjing besar. Namun, untuk mencari dan melindungi keluarga yang didorong ke medan perang pada awal perang, ia mentransfer semua data konfigurasi ke pemulung dan pergi ke medan perang. Panjang totalnya adalah 3,1 meter dan tinggi totalnya adalah 2,5 meter.

Federasi Giade[sunting | sunting sumber]

XM2 Reginleif[sunting | sunting sumber]

Pabrikan WHM, Feldres generasi ke-3 (senjata lapis baja berkaki banyak) yang dikembangkan dengan mengacu pada M1A4 Juggernaut Republik. Ini adalah tipe yang sangat mobile yang dirancang dan dikembangkan oleh Letnan Kolonel Grete Wenzel, dan dikembangkan berdasarkan konsep desain untuk menghindari serangan musuh (pertahanan bergerak) daripada mempertahankannya. Di sisi lain, beban penumpang tinggi, dan rasio pembunuhan pada awal operasi yang dilakukan oleh unit uji ke-1028 (skuadron Nortricht) tidak jauh berbeda dengan Vánagandr. Operasi saat ini dilakukan oleh 86 dan bekas wilayah pertempuran (Vargus), dan rasio pembunuhan juga meningkat. Dilengkapi dengan gun mount arm sebagai senjata tetap di bagian belakang, dan dilengkapi dengan smoothbore gun 88 mm sebagai perlengkapan standar. Sebagai senjata sekunder, dua bilah frekuensi tinggi atau dua senapan mesin berat 12,7 mm dilengkapi di sub-lengan tempur. Ada juga dua persenjataan tetap, dua jangkar kawat dan empat kaki dan tiang pancang anti-armor. Variasi pada lengan mount senjata termasuk senapan sniper 88mm, senapan 88mm, peluncur rudal, dan meriam 40mm. Julukan meriam 88mm umumnya adalah tentara Jerman "Ahat Achat", tetapi karena nama penulisnya, meriam 76mm tentara Soviet yang biasa dikenal sebagai "Ratche Bam" digunakan dalam pekerjaan tersebut. Panjang keseluruhan 6,3 meter, tinggi total 2,7 meter (tidak termasuk peralatan untuk sub-senjata tempur). Menurut Shin dan lainnya, "Peti aluminium, yang sedikit lebih baik daripada Juggernaut Republik," "Passenger crusher," dll. Karena Shin dan lainnya 86 juga menyebut pesawat ini sebagai Juggernaut, nama ini digunakan dalam banyak adegan dari Volume 2 dan seterusnya. Dari pengalaman bertarung dengan tipe mobilitas tinggi, mode pemotretan yang menembakkan senjata utama dengan suara eksternal terdaftar sebagai pemicu telah ditambahkan. Dalam Volume 5 dan 6 dari pekerjaan, mesin spesifikasi wilayah dingin dengan mekanisme putar turret Omit dan crampon ditambahkan untuk mengatasi bidang salju Roa-Garcia muncul.

M4A3 Vánagandr[sunting | sunting sumber]

Pabrikannya adalah Fels Insel Army Arsenal, Feldres generasi ke-3 utama dari Angkatan Darat Federal. Persenjataan utama adalah meriam smoothbore 120 mm, persenjataan sekunder adalah dua senapan mesin berat 12,7 mm, dan tipe kursi ganda dengan pilot, penembak dan komandan di dalamnya. Armor depan sekokoh pelat baja canai 600 mm, dan kecepatan jelajah dengan delapan kaki mendekati 100 km/jam meskipun berat tempurnya 50 ton. Kecuali untuk keterbatasan mobilitas karena berawak, ia menawarkan kinerja yang sebanding dengan jenis tank, dan dievaluasi sebagai model senjata lapis baja tertinggi di sisi manusia. Ini bisa menjadi luar biasa jika itu adalah tipe yang menjijikkan atau tipe pemburu jarak dekat, dan ia mempertahankan garis depan dengan kerja sama yang terkendali dan taktik gelombang manusia untuk jenis tangki dengan spesifikasi yang lebih rendah. Tampaknya modernisasi dan renovasi sedang dilakukan sebagaimana mestinya, dan sebelum Shin dan rekan-rekannya bergabung dengan tentara, tipe renovasi ketiga adalah model terbaru. Panjang totalnya adalah 6,5 meter dan tinggi totalnya adalah 2,9 meter.

XC-1 Nachzehrer[sunting | sunting sumber]

Pabrikannya adalah WHM, sebuah pesawat yang sangat istimewa yang disebut ground effect wing aircraft (Landcraft) yang terbang hanya beberapa meter di atas tanah. Sangat sulit untuk ditangkap oleh radar. Dikembangkan oleh mantan Angkatan Udara Kekaisaran, itu di ambang produksi massal, tetapi ditinggalkan bersama dengan fasilitas uji karena perang melawan Legion. Ini dapat membawa hingga 300 ton dan dapat membawa empat peleton Vanargand atau 16 kompi Reginleif. Sebagai hasil dari menanggapi tuntutan militer, itu menjadi terlalu berat dan membutuhkan ketapel elektromagnetik untuk lepas landas. Motifnya adalah Monster Laut Kaspia, An225 dan B2.

Legion[sunting | sunting sumber]

Tipe Take Point (Armize)[sunting | sunting sumber]

Motif dari namanya adalah "semut". Salah satu Legion yang paling umum. Dilengkapi dengan sensor presisi tinggi, tidak hanya menginstruksikan tipe tank dan tipe artileri jarak jauh untuk menembak target, tetapi juga memusnahkan pasukan infanteri musuh. Dengan 6 kaki, bobotnya seringan 10 ton. Persenjataan utama adalah dua senjata anti-personil 7,62 mm, dan sebuah pesawat dengan persenjataan 14 mm yang diperkuat sebagai tindakan balasan terhadap infanteri lapis baja federal juga akan muncul.

Tipe pemburu jarak dekat (Grauwolf)[sunting | sunting sumber]

Motif namanya adalah "serigala". Potongan melalui baju besi lawan dengan pisau frekuensi tinggi untuk kedekatan yang melekat pada dua depan dari enam kaki. Armornya tidak begitu tebal dengan penekanan pada mobilitas. Bagian belakang dilengkapi dengan peluncur roket ganda 76mm 6 unit, yang dapat dibersihkan setelah pemotretan.

Tipe tank (Löwe)[sunting | sunting sumber]

Motif namanya "singa". Menghancurkan semuanya dengan smoothbore 120mm yang kuat. Persenjataan sekundernya adalah senapan mesin 12,7 mm. Ini sangat besar dengan lapis baja komposit yang setara dengan pelat baja canai 650 mm dan berat 60 ton, tetapi delapan kakinya yang tangguh menciptakan kemampuan manuver yang eksplosif. Sensitivitas sensor lebih rendah daripada tipe Take Point, dan sering rusak karena ditembus celah.

Tipe tank berat (Dinosauria)[sunting | sunting sumber]

Tank besar dengan berat total 100 ton dilengkapi dengan senjata utama meriam smoothbore 155 mm dan senjata utama koaksial 75 mm senjata sekunder, dan persenjataan sekunder dilengkapi dengan dua senapan mesin 12,7 mm, yang lebih kuat daripada jenis tank. Ini adalah mesin terkuat di Legion yang biasanya digunakan, dan Shepherd pada dasarnya menggunakan pesawat ini. Kinerja sensor serendah jenis tangki, dan didasarkan pada kerja sama dengan jenis penolak. Tipe tank berat yang dihadapi skuadron Spearhead selama misi pengintaian khusus memiliki kemampuan untuk mengerahkan lengan mesin mikro cairan khusus.

Tambang Self-Propelled[sunting | sunting sumber]

Legion Tipe Antipersonel Sekali Pakai yang digunakan sebagai unit bom bunuh diri. Senjata yang sangat berbeda dari semua jenis Legion lainnya, Tambang Self-Propelled biasanya disalahartikan sebagai prajurit yang terluka dan akan berusaha untuk menempel pada manusia dan Feldreß kemudian menghancurkan diri sendiri. Hulu ledak yang terletak di rongga perut mereka mampu sepenuhnya menguapkan manusia atau menjatuhkan Feldreß bersama dengan prosesornya.

Tipe meriam percepatan elektromagnetik (Morpho)[sunting | sunting sumber]

Motif dari namanya adalah "Morpho kupu-kupu".

Sebuah Legion prototipe dilengkapi dengan senapan percepatan elektromagnetik 800mm (railgun) yang mampu menembak jarak sangat jauh dengan jangkauan 400 km. Meskipun merupakan pesawat yang cukup besar dengan panjang total 40,2 meter dan berat 1.400 ton, ia memiliki fungsi pergerakan kecepatan tinggi menggunakan rel dan dapat mengubah posisi dengan kecepatan maksimum 200 km/jam. Selain tipe genset eksklusif, juga dikawal dengan gaya langsung termasuk tipe tangki berat. Selain itu, dilengkapi dengan 6 40 mm anti-pesawat dan senjata Gatling elektromagnetik darat untuk mengatasi serangan saturasi rudal, dan juga memiliki kabel konduktif untuk pertempuran jarak dekat yang menggunakan kabel pembuangan panas sebagai mekanisme pertahanan terakhir. Armor reaktif digunakan untuk armor. Versi perbaikan yang muncul di Volume 8 telah meningkatkan jumlah meriam menjadi 3 menjadi 24. Selain memperoleh sudut tembak yang lebar dengan memasang turret meriam di lengan, jumlah peluru dari senjata akselerasi elektromagnetik juga bertambah dari 100 tembakan sebelumnya.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini ditulis oleh Asato Asato dan diilustrasikan oleh Shirabi, dengan desain mekanis oleh I-IV. ASCII Media Works telah menerbitkan tiga belas volume sejak Februari 2017 di bawah jejak Dengeki Bunko mereka. Novel ringan dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press, yang telah menerbitkan lima jilid dari seri tersebut.[1] Terjemahan bahasa Inggris ditulis oleh Roman Lempert.[17]

No.JudulRilis versi Jepang Rilis versi bahasa Inggris
1Eighty-Six
Eiti Shikkusu (エイティシックス)
10 Februari 2017[18]
ISBN 978-4-04-892666-9
26 Maret 2019[19]
ISBN 978-1-9753-0312-9
2Run Through the Battlefront (Start)
Ran Surū Za Batorufuronto〈Ue〉 (ラン・スルー・ザ・バトルフロント 〈上〉)
7 Juli 2017[20]
ISBN 978-4-04-893232-5
23 Juli 2019[21]
ISBN 978-1-9753-0314-3
3Run Through the Battlefront (Finish)
Ran Surū Za Batorufuronto〈Shita〉 (ラン・スルー・ザ・バトルフロント 〈下〉)
9 Desember 2017[22]
ISBN 978-4-04-893397-1
19 November 2019[23]
ISBN 978-1-9753-0311-2
4Under Pressure
Andā Puresshā (アンダー・プレッシャー)
10 Mei 2018[24]
ISBN 978-4-04-893830-3
31 Maret 2020[25]
ISBN 978-1-9753-0316-7
5Death Be Not Proud
Shiyo, Ogoru nakare (死よ、驕るなかれ)
10 Oktober 2018[26]
ISBN 978-4-04-912092-9
18 Agustus 2020[27]
ISBN 978-1-9753-9925-2
6Darkest Before the Death
Akeneba Koso Yoru wa Nagaku (明けねばこそ夜は永く)
10 April 2019[28]
ISBN 978-4-04-912461-3
17 November 2020[29]
ISBN 978-1-9753-1451-4
7Mist
Misuto (ミスト)
10 September 2019[30]
ISBN 978-4-04-912798-0
30 Maret 2021[31]
ISBN 978-1-9753-2074-4
8Gun Smoke On the Water
Gansumōku On Za Wōtā (ガンスモーク・オン・ザ・ウォーター)
9 Mei 2020[32]
ISBN 978-4-04-913185-7
20 Juli 2021[33]
ISBN 978-1-9753-2076-8
9Valkyrie Has Landed
Vuarukiryi Hazu Randeddo (ヴァルキリィ・ハズ・ランデッド)
10 Februari 2021[34]
ISBN 978-4-04-913309-7
18 Januari 2022[35]
ISBN 978-1-9753-4000-1
10Fragmental Neoteny
Furagumentaru Neotenī (フラグメンタル・ネオテニー)
10 Juni 2021[36]
ISBN 978-4-04-913880-1
17 Mei 2022[37]
ISBN 978-1-9753-4334-7
11Dies Passionis
Diesu Pashionisū (ディエス・パシオニス―)
10 Februari 2022[38]
ISBN 978-4-04-914149-8
22 November 2022[39]
ISBN 978-1-9753-4996-7
12Vladilena Milizé Bloody Regina
Vuradirēna Mirīze Buraddi Rejīna (ヴラディレーナ・ミリーゼ ブラッディレジーナ)
10 Februari 2023[40]
ISBN 978-4-04-914398-0
21 November 2023[41]
ISBN 978-1-9753-7347-4
13Deer Hunter
Dia Hantā (ディア・ハンター)
10 Januari 2024[42]
ISBN 978-4-04-915071-1

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga oleh Motoki Yoshihara telah diserialkan di majalah seinen manga Square Enix, Young Gangan sejak 2018. Telah dikumpulkan dalam tiga volume tankōbon. Adaptasi manga juga dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press.[43] Sebuah adaptasi manga kedua berjudul Gakuen 86 oleh Suzume Somemiya mulai serialisasi di majalah manga seinen Media Factory, Monthly Comic Alive pada 27 Juni 2020.[1][44]

No.Tanggal rilis JepangISBN JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 10 Oktober 2018[45]ISBN 978-4-7575-5870-015 Desember 2020[46]ISBN 978-1-9753-1917-5
2 10 September 2019[47]ISBN 978-4-7575-6278-323 Maret 2021[48]ISBN 978-1-9753-1925-0
3 10 Juni 2021[49]ISBN 978-4-7575-7307-920 September 2022[50]ISBN 978-1-9753-4956-1

Adaptasi manga kedua berjudul Gakuen 86 oleh Suzume Somemiya mulai serialisasi di majalah manga seinen Media Factory, Monthly Comic Alive pada 27 Juni 2020.[1][44]

No.Tanggal rilis JepangISBN Jepang
1 21 Januari 2021[51]ISBN 978-4-04-680006-0
2 22 September 2021[52]ISBN 978-4-04-680538-6

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi serial televisi anime diumumkan dalam siaran langsung untuk memperingati ulang tahun pertama situs web novel ringan Kadokawa Corporation "Kimirano" pada tanggal 15 Maret 2020.[1] Ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Toshimasa Ishii, dengan Toshiya Ono menulis skrip, Tetsuya Kawakami merancang karakter, dan Hiroyuki Sawano dan Kohta Yamamoto menggubah musik. CG akan dikembangkan oleh Shirogumi. Serial ini awalnya dijadwalkan tayang pada tahun 2020, tetapi ditunda.[2] Anime ini akan tayang perdana di Tokyo MX dan stasiun lainnya pada tanggal 10 April 2021.[53][54][a] Pada tanggal 28 Maret 2021, Tokyo MX menyiarkan program khusus untuk memperingati dimulainya seri yang dibintangi oleh pemeran utama Shōya Chiba dan Ikumi Hasegawa, produser Nobuhiro Nakayama dan komposer musik Hiroyuki Sawano.[55] Crunchyroll melisensikan serial ini di luar Asia.[56] Muse Communication melisensikan serial ini di Asia Tenggara dan akan streaming di iQIYI dan Bilibili.[57] Hitorie akan membawakan lagu pembuka pertama "3 minutes 29 seconds" (3分29秒, 3-bun 29-byō), sementara SawanoHiroyuki[nZk]:mizuki akan menampilkan lagu penutup pertama "Avid".[5] Lagu pembuka kedua adalah "Boundary Lines" (境界線, Kyōkaisen) oleh Amazarashi, sementara lagu penutup kedua adalah "Alchemila" oleh Regal Lily.[6]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini memenangkan Grand Prize pada penghargaan Dengeki Novel Prize ke-24 pada 2016.[2] Novel ringan ini juga menempati peringkat kedua pada 2018 dalam buku panduan cahaya tahunan oleh Takarajimasha,serta Kono Light Novel ga Sugoi! dalam kategori bunkobon.[58] Ini peringkat kelima pada 2019.[59]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Serial ini akan tayang perdana pada 10 April 2021 pukul 24:00 (efektif, 11 April pukul 12:00).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Loo, Egan (15 Maret 2020). "'86' Sci-Fi Battle Light Novel Series Get TV Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2020. 
  2. ^ a b c d Hodgkins, Crystalyn (22 Maret 2020). "'86' Sci-Fi Battle Anime Reveals Cast, Staff, 2020 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Maret 2020. 
  3. ^ a b c d e f g Luster, Joseph (26 Mei 2021). "Crunchyroll Reveals Spring 2021 Anime Dub Cast Lists, Launch Dates". Crunchyroll. Diakses tanggal 26 Mei 2021. 
  4. ^ Mateo, Alex (5 Mei 2022). "Crunchyroll Streams Final 2 English-dubbed Episodes for '86' Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 5 Mei 2022. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s Hodgkins, Crystalyn (6 Maret 2021). "'86' Sci-Fi Anime Reveals April 10 Debut, Promo Video, 18 More Cast Members, New Visual, Theme Song Artists". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Maret 2021. 
  6. ^ a b c d Hodgkins, Crystalyn (4 September 2021). "'86' Sci-Fi War Anime's New Video Reveals More Cast, Theme Song Artists". Anime News Network. Diakses tanggal 4 September 2021. 
  7. ^ a b Mateo, Alex (28 Oktober 2021). "Crunchyroll Announces Dubs, Casts for Platinum End, ODDTAXI, Don't Toy With Me, Miss Nagatoro, Sakugan, More Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Oktober 2021. 
  8. ^ Thomas, Rebeka [@rebekastuff] (22 Desember 2021). "Delighted to say I play SHIDEN on Keycap digit eightKeycap digit six #EightySix streaming on Crunchyroll. :D So great to work with @Warmupguy and appreciate the folks at @BangZoom for havin me" (Tweet). Diakses tanggal 22 Desember 2021 – via Twitter. 
  9. ^ Garrett, Morgan [@morganlaure] (16 Juli 2021). "A little late, but The 86 is out on Crunchyroll! You can catch me as (surprise) wry best friend to @SuzieYeung, Annette (short for Henrietta von Penrose🤣)! Thank you @BangZoom @Crunchyroll @mummynyan for the chance to play and @Warmupguy for being my new bestie. Yeah I said it" (Tweet). Diakses tanggal 18 Juli 2021 – via Twitter. 
  10. ^ Williams, Imari [@ImariSpeaks] (5 Juli 2021). "I'm late announcing this, but I'm pumped to announce my involvement with #EightySix streaming on Crunchy Role, 🥰❤️🙏🏾. This stud in the video I voice is Lev, a repairman for the 86 Sector. He's salty and takes no sh**, just the way I like it. Thank you to @BangZoom for the chance" (Tweet). Diakses tanggal 11 Juli 2021 – via Twitter. 
  11. ^ Yokobori, Jenny [@JennyYokobori] (19 Juni 2021). "Honored to be a part of the dub cast of "86 - Eighty Six". I'm the English voice of Kaie Teniya! Thank you so much to @BangZoom, @mummynyan, @Crunchyroll, and @Warmupguy for letting me be a part of this wonderful show Two hearts you can watch the first dubbed episode on Crunchyroll, now!" (Tweet). Diakses tanggal 19 Juni 2021 – via Twitter. 
  12. ^ a b Allen, Jr., Mark [@MarkAllenJr] (19 Juni 2021). "Excited to say that you can hear me in 86 EIGHTY-SIX as Kujo Nico, as well as several other faces around the world! Big thanks to @Warmupguy for his direction, & to @mummynyan for bringing me on! Check out the show's dub on @Crunchyroll now!" (Tweet). Diakses tanggal 19 Juni 2021 – via Twitter. 
  13. ^ Wang, Howard [@TheHowardWang] (19 Desember 2021). "Eyyy, if you're watching the English dub of 86, you can hear me as the voice of Eugene Rantz!" (Tweet). Diakses tanggal 29 Desember 2021 – via Twitter. 
  14. ^ Espiritu, Abby [@missabbyespirit] (21 Desember 2021). "✨Honored to announce I've joined the dub cast of "86 Eighty-Six" as the English voice of NINA!✨ My debut is in Ep 13! HUGE thank you to @BangZoom, @Crunchyroll, @mummynyan, and @Warmupguy for the *dream* opportunity to be part of this beautiful anime and talented cast🙏" (Tweet). Diakses tanggal 29 Desember 2021 – via Twitter. 
  15. ^ McGuire, Kristen [@KrisComics] (19 Juni 2021). "I'm thrilled to playing Lecca in the English dub of 86! Thank you so much @mummynyan, @BangZoom and @Warmupguy for having me! You can watch the first dubbed episode on @Crunchyroll ! #エイティシックスー #86anime" (Tweet). Diakses tanggal 19 Juni 2021 – via Twitter. 
  16. ^ Lo, Emi [@KitsuneSqueak] (3 Juli 2021). "You can hear me as Myna Yatomika in 86 EIGHTY-SIX on @Crunchyroll! Thanks a bunch to @mummynyan and @BangZoom for having me, at last well as wonderful director @Warmupguy !!" (Tweet). Diakses tanggal 12 Juli 2021 – via Twitter. 
  17. ^ "86--eighty-six". Library of Congress. Diakses tanggal 27 Juni 2020. 
  18. ^ "86―エイティシックス" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  19. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 1 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  20. ^ "86―エイティシックス―Ep.2 ―ラン・スルー・ザ・バトルフロント―〈上〉" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  21. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 2 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  22. ^ "86―エイティシックス―Ep.3 ―ラン・スルー・ザ・バトルフロント―〈下〉" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  23. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 3 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  24. ^ "86―エイティシックス―Ep.4 ―アンダー・プレッシャー―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  25. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 4 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  26. ^ "86―エイティシックス―Ep.5 ―死よ、驕るなかれ―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  27. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 5 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  28. ^ "86―エイティシックス―Ep.6 ―明けねばこそ夜は永く―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  29. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 6 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  30. ^ "86―エイティシックス―Ep.7 ―ミスト―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal March 24, 2020. 
  31. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 7 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  32. ^ "86―エイティシックス―Ep.8 ―ガンスモーク・オン・ザ・ウォーター―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  33. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 8 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 28 Januari 2021. 
  34. ^ "86―エイティシックス―Ep.9 ―ヴァルキリィ・ハズ・ランデッド―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 14 Januari 2021. 
  35. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 9 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 27 Juli 2021. 
  36. ^ "86―エイティシックス―Ep.10 ―フラグメンタル・ネオテニー―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 10 Mei 2021. 
  37. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 10 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 5 Desember 2021. 
  38. ^ "86―エイティシックス―Ep.11 ―ディエス・パシオニス―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 25 Desember 2021. 
  39. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 11 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 5 Februari 2023. 
  40. ^ "86―エイティシックス―Ep.12 ―ヴラディレーナ・ミリーゼ ブラッディレジーナ―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 10 November 2022. 
  41. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 12 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 21 Agustus 2023. 
  42. ^ "86―エイティシックス―Ep.13 ─ディア・ハンター─" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 21 Agustus 2023. 
  43. ^ Mateo, Alex (13 Juli 2020). "Yen Press Licenses '86—Eighty-Six' Manga for December Release". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Juli 2020. 
  44. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (27 Mei 2020). "Gakuen 86 Academy Spinoff Manga of '86' Sci-Fi Novels Launches in June". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Mei 2020. 
  45. ^ "86ーエイティシックスー 1" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  46. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 1 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 22 Juli 2020. 
  47. ^ "86ーエイティシックスー 2" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  48. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 2 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 2 November 2020. 
  49. ^ "86―エイティシックス― 3" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  50. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 3 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 28 April 2022. 
  51. ^ "86―エイティシックス― オペレーション・ハイスクール 1" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal January 1, 2021. 
  52. ^ "86―エイティシックス― オペレーション・ハイスクール 2" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal June 21, 2022. 
  53. ^ Loo, Egan (22 Desember 2020). "'86' Sci-Fi Battle Anime's 1st Promo Video Reveals More Staff, April Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Desember 2020. 
  54. ^ Loo, Egan (27 Maret 2021). "'86' Sci-Fi Anime Reveals 3rd Extended Trailer, Broadcast in 2 Split Halves". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Maret 2021. 
  55. ^ "Chijōha Tokuban Hōsō Kettei! - Nyūsu | Terebi Anime "86-Eiti Shikkusu-」Kōshiki Saito" 地上波特番放送決定! - NEWS | TVアニメ「86-エイティシックス-」公式サイト [Terrestrial Special Broadcast Decided! - News | TV Anime "86-Eighty Six-" Official Website]. anime-86.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Maret 2021. Diakses tanggal 6 Maret 2021. 
  56. ^ "FINAL UPDATE: Crunchyroll Announces Spring 2021 Anime Lineup! (4/6)". Crunchyroll. 6 April 2021. Diakses tanggal 6 April 2021. 
  57. ^ "Thông báo nhận làm đại lí anime mới Muse xin thông báo, bọn mình sẽ nhận làm đại lí của anime 《86 -エイティシックス- (EIGHTY SIX)》". Facebook (dalam bahasa Vietnam). 2 April 2021. Diakses tanggal 2 April 2021. 
  58. ^ Pineda, Rafael Antonio (24 November 2017). "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2018 Series Ranking". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2020. 
  59. ^ Pineda, Rafael Antonio (23 November 2018). "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2019 Series Ranking". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]