Lompat ke isi

86 (seri novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
86
Sampul volume pertama yang diterbitkan oleh ASCII Media Works, menampilkan Shinei Nouzen (kiri) dan Vladilena Milizé (kanan)
86-エイティシックス-
(Eiti Shikkusu)
GenreFiksi ilmiah[1]
Novel ringan
PengarangAsato Asato
IlustratorShirabi
PenerbitASCII Media Works
Penerbit bahasa InggrisYen Press
Penerbit bahasa IndonesiaClover (m&c!)
ImprintDengeki Bunko
DemografiLaki-laki
Terbit10 Februari 2017 – sekarang
Volume13 (Daftar volume)
Manga
PengarangAsato Asato
IlustratorMotoki Yoshihara
PenerbitSquare Enix
MajalahYoung Gangan
DemografiSeinen
Terbit10 Oktober 2018June 2021
Volume3 (Daftar volume)
Manga
Gakuen 86
PengarangAsato Asato
IlustratorSuzume Somemiya
PenerbitMedia Factory
MajalahMonthly Comic Alive
DemografiSeinen
Terbit27 Juni 202027 Agustus 2021
Volume2
Seri anime
SutradaraToshimasa Ishii
ProduserNobuhiro Nakayama
SkenarioToshiya Ono
MusikHiroyuki Sawano
Kohta Yamamoto
StudioA-1 Pictures
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, GYT, GTV, ytv, CTV
Tayang 10 April 2021 (2021-04-10) 19 Maret 2022 (2022-3-19)
Episode23 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

86 -EIGHTY SIX- (86-エイティシックス-, Eiti Shikkusu) adalah seri novel ringan Jepang beraliran fiksi ilmiah, ditulis oleh Asato Asato dan diilustrasikan oleh Shirabi. Mulai diterbitkan melalui ASCII Media Works lalu di cetak oleh Dengeki Bunko. Serial ini dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press.

Sebuah manga adaptasi digambar oleh Motoki Yoshihara telah menjadi serial di Square Enix. Sebuah manga seinen di terbitkan pada majalah Young Gangan sejak 2018. Lalu adaptasi manga kedua berjudul Gakuen 86 karya Suzume Somemiya, rencananya akan diserial melalui Media Factory. Adaptasi serial televisi anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures ditayangkan mulai April 2021 hingga Maret 2022.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Republik San Magnolia telah berperang dengan Kekaisaran Giad selama sembilan tahun.. Meskipun awalnya menderita kerugian yang menghancurkan dari Legion mekanik otonom Kekaisaran, Republik telah mengembangkan unit otonomnya sendiri, yang disebut Juggernaut, yang diarahkan dari jarak jauh oleh seorang Handler. Sementara di permukaan publik percaya perang sedang terjadi di antara mesin, kenyataannya jauh lebih mengerikan. Pada kenyataannya, Juggernaut diujicobakan oleh manusia, sebutan yang diberikan kepada minoritas Colorata San Magnolia yang awalnya memiliki hak yang sama sebagai ras Alba yang dominan tetapi dianiaya dan dikambinghitamkan oleh pemerintah Alba yang dipimpin rasis untuk intinya Colorata dianggap bukan manusia, tidak diizinkan memiliki nama dan dipaksa tinggal di kamp interniran di Bangsal 86 sementara dipaksa bertempur dalam perang Republik dengan Kekaisaran untuk mendapatkan kemajuan.

Mayor Vladilena "Lena" Milizé adalah seorang bangsawan Alba dan perwira militer di Militer Republik yang ditugaskan sebagai penangan Skuadron Spearhead dari front timur, sebuah unit elit yang seluruhnya terdiri dari 86 veteran yang telah mendapatkan nama. Dipimpin oleh pemimpin regu mereka, Shinei "The Undertaker" Nōzen, skuadron Spearhead terkenal karena banyak Handler yang telah memerintahkan regu menjadi gila dan beberapa bahkan bunuh diri. Saat Lena mengenal Shinei dan anggota skuadron Spearhead lainnya, dia menjadi simpatik terhadap pelarian rakyatnya dan mencoba membantu mereka dengan cara apa pun, pada saat yang sama Lena dan Shinei mengetahui rahasia gelap tentang Republik dan perang dengan Kekaisaran tidak apa yang terlihat.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Shinei Nōzen (シンエイ・ノウゼン, Shin'ei Nouzen) / Undertaker (アンダーテイカー, Andāteikā)
Pengisi suara: Shōya Chiba[2] (Jepang); Billy Kametz[3]; Aleks Le[4] (eps. 22–23) (Inggris)
Dia adalah kapten "Spearhead", skuadron pertahanan pertama di medan perang pertama Front Timur Republik San Magnolia. Tingginya sekitar 175 cm, lahir pada 19 Mei, dan berusia 16 tahun pada volume pertama novel. Dia berasal dari Liberte Eto Egarite, ibu kota Republik. Nama panggilannya adalah Undertaker, di sisi legion yaitu "Burleygu". Awalnya dia memiliki kemampuan untuk mendengar suara hatinya, tetapi setelah dicekik oleh saudara kandungnya dan mengembara hidup dan mati, akhirnya berubah menjadi kemampuan untuk mendengar suara orang mati. Kemampuan ini memungkinkan Shin mengetahui posisi Legion kapan saja. Semua anggota skuadron yang diketuai Shin mati, dan karena kemampuan yang disebutkan, dia disebut "penuai" oleh orang-orang di sekitarnya. Dia adalah komandan skuadron dari Grup Serangan Bergerak Independen ke-86, dan komandan skuadron markas Spearhead. Dia memiliki kebiasaan membungkam langkah kakinya, yang umum dilakukan oleh keluarga Nōzen, seni bela diri Kerajaan Giade. Dia tidak pandai memasak, mungkin karena dia ceroboh dalam kehidupan sehari-harinya, dan dia dikeluarkan dari tugas memasak di skuadron. Dia sering membuat gerakan yang cukup canggung dalam pertempuran, yang menyebabkan dia menghancurkan bagian bawah Juggernaut setiap saat, memegang kepala tim pemeliharaan dari era Republik. Dia bersama Yaichi Kuzuryū dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.
Vladilena Milizé (ヴラディレーナ・ミリーゼ, Varadirēna Mirīze)
Pengisi suara: Ikumi Hasegawa[2] (Jepang); Suzie Yeung[3] (Inggris)
Seorang perwira yang merupakan seorang mayor di tentara Republik dan menjadi mayor pada usia 16 tahun berkat campuran keterampilan dan koneksi keluarganya. Tingginya sekitar 160 cm dan lahir pada tanggal 12 Juli. Dia berasal dari distrik pertama Republik dan merupakan ras perak putih murni. Setelah dia mengirimkan Shin, dia mengambil komando seolah-olah dia telah menggunakan 86-an, dan namanya adalah Bloody Reina dan The Bloodstained Queen. Dia tidak mendiskriminasi 86 karena pengaruh ayahnya, dan dia ingin melakukan apa yang dia bisa. Dia kemudian menjabat sebagai Komandan Umum Departemen Operasi Grup Serangan Bergerak Independen ke-86, di mana pangkatnya adalah Kolonel. Dia bersatu kembali dengan Shin dan yang lainnya setelah operasi kekalahan jenis senjata akselerasi elektromagnetik, dan tampaknya dia menyadari Shin sebagai lawan jenis. Dia adalah bagian dari motif Jenderal Garnisun dalam film Black Hawk Down. Dia bersama Ginko Sora dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.
Frederica Rosenfort (フレデリカ・ローゼンフォルト, Furederika Rōzenforuto) / Augusta Frederica Adele Adler (アウグスタ・フレデリカ・アデルアドラー, Augusuta Furederika Aderuadorā)
Pengisi suara: Misaki Kuno[5] (Jepang); Kimberly Anne Campbell[6] (Inggris)
Seorang gadis yang Shin dan teman-temannya bertemu di Federasi Giade dan merupakan anak perempuan yang diadopsi dari Ernst. Tingginya sekitar 130 cm, dan lahir pada tanggal 7 Februari. Dia berumur 9 tahun pada Volume 2 (berumur 10 tahun tidak lama setelah itu) novel. Dia adalah permaisuri terakhir dari Kekaisaran Giade dan dia dilindungi oleh Ernst. Dia juga mewarisi dari generasi ke generasi kemampuan yang dia lihat ke masa kini dan masa lalu orang-orang yang dia kenal. Dia tidak terlihat seperti gadis muda dan dia berbicara dengan cara kuno. Dia merupakan maskot dari bekas skuadron Nortricht, dan memutuskan untuk bergabung dengan Shin dan krunya di sekolah Pelatihan Perwira untuk mengakhiri penderitaan ksatrianya, Kiriya, yang berubah menjadi Gembala Legion. Dia bersama Ai Yashajin dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.

Skuadron Spearhead[sunting | sunting sumber]

Raiden Shuga (ライデン・シュガ, Raiden Shuga) / Wehrwolf (ヴェアヴォルフ, Veavorufu)
Pengisi suara: Seiichiro Yamashita[7] (Jepang); Jonah Scott[3] (Inggris)
Wakil kapten dari unit tempur Spearhead. Tingginya sekitar 185 cm, lahir pada 25 Agustus, berusia 16 tahun sejak volume pertama novel. Berasal dari bangsal ke-23 Republik, dia disembunyikan dari teman-temannya oleh seorang wanita kulit putih tua yang menjalankan sekolah swasta dengan sistem asrama selama sekitar lima tahun. Dia adalah satu-satunya orang di skuadron Spearhead yang mengingat hari ulang tahunnya. Nama panggilannya adalah Weawolf, dikarenakan Bertemu kembali dengan seorang wanita tua sebelum operasi untuk merebut pangkalan pencakar langit, dia akan ditempatkan di pangkalan Rustcomer sebagai asisten guru untuk belajar mandiri oleh 86 dan lainnya.
Anju Emma (アンジュ・エマ, Anju Ema) / Snow Witch (スノウウィッチ, Sunō Witchi)
Pengisi suara: Saori Hayami[7] (Jepang); Maureen Price[3] (Inggris)
Dia anggun tetapi juga menunjukkan sisi radikal dalam pertempuran. Tingginya sekitar 170 cm, lahir 2 Oktober berusia 16 tahun sebagai volume pertama novel. Lahir dari kota kecil di bagian timur Republik. Dia telah dianiaya di kamp penahanan dan memiliki banyak bekas luka di punggungnya. Dia berspesialisasi dalam kontrol permukaan menggunakan rudal.
Theoto Rikka (セオト・リッカ, Seoto Rikka) / Laughing Fox (ラフィングフォックス, Rafingu Fokkusu)
Pengisi suara: Natsumi Fujiwara[7] (Jepang); Casey Mongillo[3] (Inggris)
Seorang sarkastik yang keren dan agak sarkastik. Tingginya sekitar 165 cm, lahir pada tanggal 20 April, 16 tahun sejak volume pertama novel. Lahir di dekat perbatasan lama di sisi selatan Republik. Dia pandai menggambar dan bekerja menciptakan tanda pribadi untuk unit tersebut. Tanda pribadinya dimodelkan setelah yang digunakan oleh seorang pria dari spesies bunga salju yang merupakan kapten dari skuadron yang dimiliki sebelum Spearhead. Dia terluka parah dengan memotong lengan kirinya selama operasi untuk merebut dasar gedung pencakar langit.
Dustin Jaeger (ダスティン・イェーガー, Dasutin Iēgā) / Sagittarius (サギタリウス, Sagitarius)
Seorang Alba dan anggota baru dari skuadron setelah bosan dengan kemunafikan terang-terangan rakyatnya, mengutip bagaimana dia dan keluarganya, imigran dari Kekaisaran, tidak pernah dicap sebagai pengkhianat karena menjadi Alba, sedangkan seluruh kelasnya, yang terdiri dari banyak ras, dicap sebagai pengkhianat dan seorang 86, tewas dalam perang legion yang berlangsung selama satu dekade. Dia memiliki perasaan terhadap Anju yang dia akui; meskipun dia menganggapnya penting baginya, dia belum menjawabnya sepenuhnya, karena perasaannya yang masih ada terhadap almarhum Daiya.
Kurena Kukumila (クレナ・ククミラ, Kurena Kukumira) / Gunslinger (ガンスリンガー, Gansuringā)
Pengisi suara: Sayumi Suzushiro[7] (Jepang); Erica Mendez[3] (Inggris)
Seorang gadis yang aktif dan penuh perhatian, orang tuanya dibunuh oleh tentara Alba di masa lalu dan saudara perempuannya dimasukkan ke dalam unit 86 lainnya, tidak pernah terlihat lagi. Akibatnya, dia membawa kebencian yang kuat terhadap semua Alba. Dia begitu pandai menembak sehingga dia berhasil menembak di dasar pistol tank. Tingginya sekitar 160 cm, lahir pada tanggal 6 Mei, 15 tahun pada saat volume pertama novel. Dia dari kota satelit Charite, bagian utara Republik. Dia jatuh cinta dengan Shin, tapi dia mengakui Shin sebagai saudara perempuan yang sulit. Dia bersama Ai Hinatsuru dari Ryūō no Oshigoto! dalam twit di akun Twitter Shirabi karena illustrator yang sama.

Pengembala Legion[sunting | sunting sumber]

Shōrei Nōzen (ショーレイ・ノウゼン, Shourei Nouzen)
Pengisi suara: Makoto Furukawa (Jepang); Robbie Daymond (Inggris)
Kakak laki-laki Shin yang menyelamatkan Lena dari unit Legion. Tingginya sekitar 180 cm. Penampilannya sangat berlawanan dengan Shin, seorang pria muda yang hangat dengan rambut merah, mata hitam, dan kacamata. Dia meninggal di Front Timur lima tahun lalu (2143) di musim dingin, dan merasa tidak berdaya karena tidak dapat melindungi teman-teman 86 termasuk kedua orang tuanya. Karena marah, dia mencekik Shin dan menyalahkan saudaranya. Otaknya ditemukan untuk menerobos batas gambar struktural dari perangkat pengolah pusat Legion dan dimasukkan ke dalam tipe tank berat sebagai Pengembala saat di tahun pertama Shin menjadi Prosessor. Nama panggilannya Dullahan, dengan tanda yang ia gunakan adalah seorang ksatria kerangka tanpa leher, meniru karakter utama dalam buku bergambar favorit Shin di masa kecilnya, dan Shin mengambil alih dengan mengubah pedangnya menjadi sekop. Selama misi Pengintaian Khusus Spearhead, Shourei memimpin batalion Legion untuk melenyapkan Juggernaut yang tersisa. Shourei mati di tangan Shin, akhirnya berdamai dengan saudaranya.
Kiriya Nōzen (キリヤ・ノウゼン, Kiriya Nouzen)
Pengisi suara: Yūto Uemura (Jepang); Zeno Robinson (Inggris)
Kiriya adalah keturunan keluarga Nouzen, dan merupakan seorang Ksatria Kekaisaran Frederica. Nama panggilannya adalah Kiri, dia adalah kerabat jauh Shin. Setelah pertempuran panjang, ia kehilangan akal sehatnya dan dibawa ke dalam tipe senjata rel sebagai "pengembala" . Selama perang, dia membunuh banyak orang demi Frederica dan Kekaisaran Giad. Pergantian perilaku ini membuat Frederica takut, jadi dia memalsukan kematiannya untuk melarikan diri ke Federasi Giad. Sebagai kerabat dekat, ia memiliki keterikatan pada Shin yang dekat dengan keengganannya pada keluarganya. Tanda panggilannya sebagai legion adalah Pale Rider.

San Magnolia[sunting | sunting sumber]

Henrietta "Annette" Penrose (アンリエッタ・ペンローズ, Anrietta Penrōzu)
Pengisi suara: Riho Sugiyama[7] (Jepang); Morgan Lauré[8] (Inggris)
Sahabat dan letnan teknis Lena yang merupakan kepala peneliti Para-RAID. Nama identifikasi sisi legion "Minerva". Shin adalah teman masa kecil di rumah yang bersebelahan. Itu disebut "Rita" oleh Shin ketika dia masih muda. Dia merasa bersalah karena tidak bisa menyelamatkan Shin, yang terkait dengan aplikasi-nya untuk Grup Serangan Bergerak Independen ke-86. Di Grup Serangan Bergerak Independen ke-86, dia adalah kepala grup sinkronisasi perseptual. Dia suka membuat manisan, tapi ketika dia masih kecil, ayahnya yang mencicipinya mencoba memberi makan Shin apa yang dia pingsan. Menurut Shin, dia adalah anak kecil yang mirip monster ketika dia masih kecil.
Shiden Iida (シデン・イーダ, Shiden Īda) / Cyclops (サイクロプス, Saikuropusu)
Pengisi suara: Asuna Tomari[5] (Jepang); Rebeka Thomas[9] (Inggris)
Pemimpin Skuadron Brísingamen yang dikomandani Lena setelah Skuadron Spearhead berakhir. Nama panggilannya berasal dari matanya yang heterokromatik yang menyebabkan dia dianiaya bahkan oleh 86 orang lainnya di kamp interniran mereka. Dia memiliki hubungan yang tegang dengan Shin, mereka tidak akur secara pribadi sama sekali tetapi menghormati kemampuan satu sama lain dan percaya satu sama lain dalam pertempuran.
Jérôme Karlstahl (ジェローム・カールシュタール, Jerōmu Kārushutāru)
Pengisi suara: Satoshi Mikami[7] (Jepang); Imari Williams (Inggris)
Meskipun dia merawat Lena seperti keponakannya, dia pada dasarnya adalah seorang pesimis dan telah lama dilanda keputusasaan terhadap situasi Republik. Dia percaya bahwa Republik pantas untuk dihancurkan atas kejahatan kemanusiaan terhadap 86, termasuk dirinya sendiri karena mendukung dan mengizinkannya sebagai anggota militer, oleh karena itu dia terus melakukan apa yang diminta darinya sampai akhir hidupnya tiba. Meskipun berselisih dengan Lena karena perbedaan pola pikir mereka, dia terus mengawasinya dari pinggir lapangan dan kemudian mendorongnya untuk mewujudkan mimpinya saat dia melindunginya dengan pergi menghadapi legion. Di saat-saat terakhirnya dia mengungkapkan bahwa dia percaya sepenuhnya pada Lena saat dia mengakhiri hidupnya sendiri saat menghadapi seorang teman lama di antara Legion.
Lev Aldrecht (レフ・アルドレヒト, Refu Arudorehito)
Pengisi suara: Taiten Kusunoki[7] (Jepang); Imari Williams[10] (Inggris)
Seorang teknisi untuk skuadron Spearhead. Terungkap bahwa dia adalah seorang Alba; istri dan putrinya berusia 86 tahun, jadi dia mengecat rambutnya dan terdaftar sebagai sukarelawan untuk mendapatkan kembali hak-hak mereka (bukan berarti Republik akan melakukannya). Meskipun tampak seperti orang yang pemarah, dia peduli terhadap anggota pasukan yang tersisa dan orang-orang yang datang setelah mereka. Dia terus-menerus menegur Shin karena pertarungannya yang ceroboh yang terus-menerus merusak mesinnya. Dia meninggal selama serangan skala besar yang melindungi prosesor muda. Dia bertanya pada Shin apakah istri dan putrinya termasuk di antara legion, dan Shin mengatakan kepadanya bahwa mereka tidak termasuk. Namun di saat-saat terakhirnya Lex ingin membalas dendam pada keluarganya dan rekan-rekannya di 86, hal ini membuatnya rela bergabung dengan Legion untuk membalas dendam pada Republik.
Alice Alaish (アリス・アライシュ, Arisu Araishu)
Komandan skuadron wanita dari unit utama, dan pangkatnya adalah Kapten. Ketika Shin pertama kali memasuki medan perang, dia termasuk dalam unitnya. Melihat Shin mengumpulkan sisa-sisa korban perang, dia mulai mengukir nama-nama 86 orang yang tewas di atas sepotong logam, dan syal biru langit yang masih dipakai Shin adalah dia, bukan perban yang menyembunyikan lukanya. Adalah hadiah. Meskipun itu adalah akar Shin, Shin yang tewas dalam pertempuran dengan Legion dan satu-satunya yang selamat di skuadron, hanya membawa kembali setengah kepalanya dan ditinggalkan di reruntuhan katedral jauh dari pangkalan oleh Glenn, pemimpin tim pemeliharaan unit. Dia dimakamkan di hamparan bunga mawar.

Republik Federasi Giad[sunting | sunting sumber]

Ernst Zimmermann (エルンスト・ツィマーマン, Erunsuto Tsimāman)
Pengisi suara: Yūya Uchida[5] (Jepang); Keith Silverstein[6] (Inggris)
Presiden Sementara Federasi Giade. Juga menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat Federal. Seorang pahlawan revolusi 10 tahun yang lalu, ia telah mendapatkan dukungan dari publik. Dia selalu memakai jas produksi massal, dan dari penggambaran ini sepertinya dia juga pejabat federal yang muncul di akhir Volume 1. Kemunculan pertama nama tersebut berasal dari Volume 2. Dia menjadi pengasuh Shin dan teman-temannya yang tiba di Federasi Giade. Seorang pria paruh baya yang biasanya lembut dan menyenangkan, tetapi esensinya adalah seorang revolusioner dan idealis yang digambarkan sebagai "naga api." Dia sangat percaya pada realisasi cita-cita luhur dan percaya bahwa negara yang tidak dapat mencapai keadilan dan kesetaraan universal harus dihancurkan. Karena alasan ini, dia tidak menyukai kebijakan penganiayaan Republik. Dia berusia 50-an pada volume ketiga novel.
Eugene Rantz (ユージン・ランツ, Yūjin Rantsu)
Pengisi suara: Atsushi Tamaru (Jepang); Howard Wang[11] (Inggris)
Seorang pria lembut dengan kacamata di wajahnya. Ini adalah spesies putih-perak berdarah murni dari bangsawan yang jatuh. Relawan untuk tentara untuk mendapatkan uang sekolah adiknya. Ia bertemu dengan Shin, yang hadir di perpustakaan St. Yeder, dan sekaligus menjadi teman akademi militer khusus. Setelah lulus, ia ditugaskan ke Skuadron ke-18 dari Resimen ke-141 Divisi Lapis Baja ke-177. Dia adalah pilot Komandan Perusahaan Vanagandr dan merupakan letnan dua. Ketika dia berpartisipasi dalam pertempuran, dia terluka parah oleh serangan Legion dan kehilangan tubuh bagian bawahnya, dan di bunuh secara belas kasihan oleh Shin. Dia mencintai saudara perempuannya Nina dan diperlakukan sebagai saudara perempuan kompleks oleh Shin.
Nina Rantz (ニーナ・ランツ, Nīna Rantsu)
Pengisi suara: Madoka Asahina (Jepang); Abby Espiritu[12] (Inggris)
Adik perempuan Eugene yang berusia 10 tahun.

Anggota Skuadron Spearhead yang gugur[sunting | sunting sumber]

Kaye Tanya (カイエ・タニヤ, Kaie Taniya)
Pengisi suara: Haruka Shiraishi[7] (Jepang); Jenny Yokobori[13] (Inggris)
Seorang gadis ramah yang berbicara dengan nada kekanak-kanakan. Tombak Komandan Skuadron Keempat. Lahir 7 April, 18 tahun pada saat volume novel pertama. Dia adalah anggota keempat skuadron yang mati. Pada akhirnya, dia membantu Shin sebagai prajurit jarak dekat dalam operasi tersebut. Nama pribadinya adalah Kirschblüte.
Hart Keets (ハルト・キーツ, Haruto Kītsu)
Pengisi suara: Daiki Yamashita[7] (Jepang); Kiba Walker (Inggris)
Seorang anak laki-laki yang dalam kondisi baik dan merupakan pembuat mood unit. Orang mati terakhir dari skuadron Spearhead. Nama pribadinya adalah Falke.
Cujo Nico (クジョー・ニコ, Kujō Niko)
Pengisi suara: Taishi Murata[7] (Jepang); Mark Allen, Jr.[14] (Inggris)
Anggota Peleton Keempat. Dia mengusulkan "melihat bulan" untuk menghidupkan pasukan yang tertekan oleh kematian Mina, tetapi dia tewas oleh ranjau darat yang bergerak sendiri dalam serangan matahari terbit yang dibatalkan karena badai. Gaiden "Triage Black Tag's Common Everyday Life", yang menggambarkan anekdot masa ini, diceritakan dari sudut pandangnya. Nama pribadinya Sirius.
Louis Kino (ルイ・キノ, Rui Kino)
Pengisi suara: Shinei Ueki[7] (Jepang); Kevin Thelwell (Inggris)
Anggota Peleton Keempat. Nama pribadinya adalah Fafnir. Dia tewas dalam aksi setelah dipukul langsung oleh meriam yang dipercepat secara elektromagnetik.
Chise Authen (チセ・オーセン, Chise Ōsen)
Pengisi suara: Masamu Ono[7] (Jepang); Kevin Thelwell[14] (Inggris)
Anggota peleton kedua. Nama pribadinya Griffin. Hobinya adalah membuat model. Setelah pemboman jenis meriam yang dipercepat secara elektromagnetik, dia memakan puing-puing dan tewas dalam aksi.
Dia Irma (ダイヤ・イルマ, Daiya Iruma)
Pengisi suara: Haruki Ishiya[7] (Jepang); Alejandro Saab[3] (Inggris)
Komandan Skuadron ke-5 Skuadron Tombak. Seorang pria muda jangkung dengan mata biru. 17 tahun pada saat volume pertama novel. Orang yang mengambil kucing korps yang nantinya akan dipelihara Lena. Nama pribadinya adalah Black Dog.
Tohma Sobi (トーマ・ソービ, Tōma Sōbi)
Pengisi suara: Katsumi Fukuhara[7]
Anggota peleton pertama. Nama pribadinya adalah Heliantus. Dia tewas saat beraksi dengan Kuroto dalam pertempuran yang membingungkan dengan artileri jenis meriam yang dipercepat secara elektromagnetik.
Tozan Sasha (トウザン・サシャ, Touzan Sasha)
Pengisi suara: Taito Ban[7]
Anggota Peleton Keempat. Nama pribadinya adalah Gunmetal Scombe.
Lecca Rin (レッカ・リン, Rekka Rin)
Pengisi suara: Shizuka Ishigami[7] (Jepang); Kristen McGuire[15] (Inggris)
Anggota peleton ke-6. Nama pribadinya adalah Burnt Tayl.
Mikuri Kairou (ミクリ・カイロゥ, Mikuri Kairou)
Pengisi suara: Yuka Nukui[7] (Jepang); Tiana Camacho (Inggris)
Anggota Peleton Keempat. Nama pribadinya adalah Leukosia.
Mina Yatomika (マイナ・ヤトミカ, Maina Yatomika)
Pengisi suara: Mayuko Kazama[7] (Jepang); Emi Lo[16] (Inggris)
Anggota peleton ketiga. Nama pribadinya adalah March Hare.
Wenceslaus Mirizé (ヴァーツラフ・ミリーゼ, Vu~ātsurafu Mirīze)
Pengisi suara: Masaki Terasoma
Ayah Lena. Pangkatnya adalah Kapten Angkatan Darat. Salah satu dari sedikit tentara reguler Republik yang selamat, dia menentang penahanan spesies berwarna. Ketika dia menerbangkan pesawat pengintai keluar dari bangsal ke-85 untuk menunjukkan Lena, yang saat itu berusia 10 tahun, dia ditembak jatuh oleh jenis senjata anti-pesawat dan meninggal.
Margareta Mirizé (マルガレータ・ミリーゼ, Marugarēta Mirīze)
Ibu Lena. Seperti warga negara Republik, dia memukul mundur 86 dan juga mati selama serangan besar tanpa menerima kelalaiannya sampai akhir.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini ditulis oleh Asato Asato dan diilustrasikan oleh Shirabi, dengan desain mekanis oleh I-IV. ASCII Media Works telah menerbitkan tiga belas volume sejak Februari 2017 di bawah jejak Dengeki Bunko mereka. Novel ringan dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press, yang telah menerbitkan lima jilid dari seri tersebut.[1] Terjemahan bahasa Inggris ditulis oleh Roman Lempert.[17]

No.JudulRilis versi Jepang Rilis versi bahasa Inggris
1Eighty-Six
Eiti Shikkusu (エイティシックス)
10 Februari 2017[18]
ISBN 978-4-04-892666-9
26 Maret 2019[19]
ISBN 978-1-9753-0312-9
2Run Through the Battlefront (Start)
Ran Surū Za Batorufuronto〈Ue〉 (ラン・スルー・ザ・バトルフロント 〈上〉)
7 Juli 2017[20]
ISBN 978-4-04-893232-5
23 Juli 2019[21]
ISBN 978-1-9753-0314-3
3Run Through the Battlefront (Finish)
Ran Surū Za Batorufuronto〈Shita〉 (ラン・スルー・ザ・バトルフロント 〈下〉)
9 Desember 2017[22]
ISBN 978-4-04-893397-1
19 November 2019[23]
ISBN 978-1-9753-0311-2
4Under Pressure
Andā Puresshā (アンダー・プレッシャー)
10 Mei 2018[24]
ISBN 978-4-04-893830-3
31 Maret 2020[25]
ISBN 978-1-9753-0316-7
5Death Be Not Proud
Shiyo, Ogoru nakare (死よ、驕るなかれ)
10 Oktober 2018[26]
ISBN 978-4-04-912092-9
18 Agustus 2020[27]
ISBN 978-1-9753-9925-2
6Darkest Before the Death
Akeneba Koso Yoru wa Nagaku (明けねばこそ夜は永く)
10 April 2019[28]
ISBN 978-4-04-912461-3
17 November 2020[29]
ISBN 978-1-9753-1451-4
7Mist
Misuto (ミスト)
10 September 2019[30]
ISBN 978-4-04-912798-0
30 Maret 2021[31]
ISBN 978-1-9753-2074-4
8Gun Smoke On the Water
Gansumōku On Za Wōtā (ガンスモーク・オン・ザ・ウォーター)
9 Mei 2020[32]
ISBN 978-4-04-913185-7
20 Juli 2021[33]
ISBN 978-1-9753-2076-8
9Valkyrie Has Landed
Vuarukiryi Hazu Randeddo (ヴァルキリィ・ハズ・ランデッド)
10 Februari 2021[34]
ISBN 978-4-04-913309-7
18 Januari 2022[35]
ISBN 978-1-9753-4000-1
10Fragmental Neoteny
Furagumentaru Neotenī (フラグメンタル・ネオテニー)
10 Juni 2021[36]
ISBN 978-4-04-913880-1
17 Mei 2022[37]
ISBN 978-1-9753-4334-7
11Dies Passionis
Diesu Pashionisū (ディエス・パシオニス―)
10 Februari 2022[38]
ISBN 978-4-04-914149-8
22 November 2022[39]
ISBN 978-1-9753-4996-7
12Holy Blue Bullet
Hōryi Burū Buretto (ホーリィ・ブルー・ブレットー)
10 Februari 2023[40]
ISBN 978-4-04-914398-0
21 November 2023[41]
ISBN 978-1-9753-7347-4
13Deer Hunter
Dia Hantā (ディア・ハンター)
10 Januari 2024[42]
ISBN 978-4-04-915071-1
10 Desember 2024[43]
ISBN 979-8-8554-0829-4

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga oleh Motoki Yoshihara telah diserialkan di majalah seinen manga Square Enix, Young Gangan sejak 2018. Telah dikumpulkan dalam tiga volume tankōbon. Adaptasi manga juga dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press.[44] Sebuah adaptasi manga kedua berjudul Gakuen 86 oleh Suzume Somemiya mulai serialisasi di majalah manga seinen Media Factory, Monthly Comic Alive pada 27 Juni 2020.[1][45]

No.Tanggal rilis JepangISBN JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 10 Oktober 2018[46]ISBN 978-4-7575-5870-015 Desember 2020[47]ISBN 978-1-9753-1917-5
2 10 September 2019[48]ISBN 978-4-7575-6278-323 Maret 2021[49]ISBN 978-1-9753-1925-0
3 10 Juni 2021[50]ISBN 978-4-7575-7307-920 September 2022[51]ISBN 978-1-9753-4956-1

Adaptasi manga kedua berjudul Gakuen 86 oleh Suzume Somemiya mulai serialisasi di majalah manga seinen Media Factory, Monthly Comic Alive pada 27 Juni 2020.[1][45]

No.Tanggal rilis JepangISBN Jepang
1 21 Januari 2021[52]ISBN 978-4-04-680006-0
2 22 September 2021[53]ISBN 978-4-04-680538-6

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi serial televisi anime diumumkan dalam siaran langsung untuk memperingati ulang tahun pertama situs web novel ringan Kadokawa Corporation "Kimirano" pada tanggal 15 Maret 2020.[1] Ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Toshimasa Ishii, dengan Toshiya Ono menulis skrip, Tetsuya Kawakami merancang karakter, dan Hiroyuki Sawano dan Kohta Yamamoto menggubah musik. CG akan dikembangkan oleh Shirogumi. Serial ini awalnya dijadwalkan tayang pada tahun 2020, tetapi ditunda.[2] Anime ini tayang perdana di Tokyo MX dan stasiun lainnya pada tanggal 10 April 2021.[54][55][a] Pada tanggal 28 Maret 2021, Tokyo MX menyiarkan program khusus untuk memperingati dimulainya seri yang dibintangi oleh pemeran utama Shōya Chiba dan Ikumi Hasegawa, produser Nobuhiro Nakayama dan komposer musik Hiroyuki Sawano.[56] Crunchyroll melisensikan serial ini di luar Asia.[57] Muse Communication melisensikan serial ini di Asia Tenggara dan akan streaming di iQIYI dan Bilibili.[58] Hitorie akan membawakan lagu pembuka pertama "3 minutes 29 seconds" (3分29秒, 3-bun 29-byō), sementara SawanoHiroyuki[nZk]:mizuki akan menampilkan lagu penutup pertama "Avid".[7] Lagu pembuka kedua adalah "Boundary Lines" (境界線, Kyōkaisen) oleh Amazarashi, sementara lagu penutup ketiga adalah "Alchemila" oleh Regal Lily,[5] dan lagu penutup keempat adalah "LilaS" oleh SawanoHiroyuki[nZk]:Takahashi Honoka.[59][60]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini memenangkan Grand Prize pada penghargaan Dengeki Novel Prize ke-24 pada 2016.[2] Novel ringan ini juga menempati peringkat kedua pada 2018 dalam buku panduan cahaya tahunan oleh Takarajimasha, serta Kono Light Novel ga Sugoi! dalam kategori bunkobon.[61] Ini peringkat kelima pada 2019.[62]

Joe Ballard dari Comic Book Resources mencatat pujian kritis dari novel ringan ini dan menyebutnya sebagai "penggambaran perang, drama, hal-hal supernatural, dan pandangan diskriminatif yang mengejutkan dari masyarakat umum suatu negara, 86-Eighty-Six sama sekali bukan seri novel ringan standarmu."[63] UK Anime News memuji volume pertama dari novel ringan ini, menyebutnya menggugah pikiran, emosional, dan sangat sulit untuk dihentikan."[64] The Fandom Post menganggap volume pertama "tidak terlalu inovatif", tetapi terkesan dengan subversi dari tema "perang tak berdarah" dan menganggap perkembangan plot dan karakter "cukup solid."[65]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Serial ini tayang perdana pada 10 April 2021 pukul 24:00 (efektif, 11 April pukul 12:00).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Loo, Egan (15 Maret 2020). "'86' Sci-Fi Battle Light Novel Series Get TV Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2020. 
  2. ^ a b c d Hodgkins, Crystalyn (22 Maret 2020). "'86' Sci-Fi Battle Anime Reveals Cast, Staff, 2020 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Maret 2020. 
  3. ^ a b c d e f g Luster, Joseph (26 Mei 2021). "Crunchyroll Reveals Spring 2021 Anime Dub Cast Lists, Launch Dates". Crunchyroll. Diakses tanggal 26 Mei 2021. 
  4. ^ Mateo, Alex (5 Mei 2022). "Crunchyroll Streams Final 2 English-dubbed Episodes for '86' Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 5 Mei 2022. 
  5. ^ a b c d Hodgkins, Crystalyn (4 September 2021). "'86' Sci-Fi War Anime's New Video Reveals More Cast, Theme Song Artists". Anime News Network. Diakses tanggal 4 September 2021. 
  6. ^ a b Mateo, Alex (28 Oktober 2021). "Crunchyroll Announces Dubs, Casts for Platinum End, ODDTAXI, Don't Toy With Me, Miss Nagatoro, Sakugan, More Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Oktober 2021. 
  7. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s Hodgkins, Crystalyn (6 Maret 2021). "'86' Sci-Fi Anime Reveals April 10 Debut, Promo Video, 18 More Cast Members, New Visual, Theme Song Artists". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Maret 2021. 
  8. ^ Garrett, Morgan [@morganlaure] (July 16, 2021). "A little late, but The 86 is out on Crunchyroll! You can catch me as (surprise) wry best friend to @SuzieYeung, Annette (short for Henrietta von Penrose🤣)! Thank you @BangZoom @Crunchyroll @mummynyan for the chance to play and @Warmupguy for being my new bestie. Yeah I said it" (Tweet). Diakses tanggal July 18, 2021 – via Twitter. 
  9. ^ Thomas, Rebeka [@rebekastuff] (22 Desember 2021). "Delighted to say I play SHIDEN on Keycap digit eightKeycap digit six #EightySix streaming on Crunchyroll. :D So great to work with @Warmupguy and appreciate the folks at @BangZoom for havin me" (Tweet). Diakses tanggal 22 Desember 2021 – via Twitter. 
  10. ^ Williams, Imari [@ImariSpeaks] (5 Juli 2021). "I'm late announcing this, but I'm pumped to announce my involvement with #EightySix streaming on Crunchy Role, 🥰❤️🙏🏾. This stud in the video I voice is Lev, a repairman for the 86 Sector. He's salty and takes no sh**, just the way I like it. Thank you to @BangZoom for the chance" (Tweet). Diakses tanggal 11 Juli 2021 – via Twitter. 
  11. ^ Wang, Howard [@TheHowardWang] (19 Desember 2021). "Eyyy, if you're watching the English dub of 86, you can hear me as the voice of Eugene Rantz!" (Tweet). Diakses tanggal 29 Desember 2021 – via Twitter. 
  12. ^ Espiritu, Abby [@missabbyespirit] (21 Desember 2021). "✨Honored to announce I've joined the dub cast of "86 Eighty-Six" as the English voice of NINA!✨ My debut is in Ep 13! HUGE thank you to @BangZoom, @Crunchyroll, @mummynyan, and @Warmupguy for the *dream* opportunity to be part of this beautiful anime and talented cast🙏" (Tweet). Diakses tanggal 29 Desember 2021 – via Twitter. 
  13. ^ Yokobori, Jenny [@JennyYokobori] (19 Juni 2021). "Honored to be a part of the dub cast of "86 - Eighty Six". I'm the English voice of Kaie Teniya! Thank you so much to @BangZoom, @mummynyan, @Crunchyroll, and @Warmupguy for letting me be a part of this wonderful show Two hearts you can watch the first dubbed episode on Crunchyroll, now!" (Tweet). Diakses tanggal 19 Juni 2021 – via Twitter. 
  14. ^ a b Allen, Jr., Mark [@MarkAllenJr] (19 Juni 2021). "Excited to say that you can hear me in 86 EIGHTY-SIX as Kujo Nico, as well as several other faces around the world! Big thanks to @Warmupguy for his direction, & to @mummynyan for bringing me on! Check out the show's dub on @Crunchyroll now!" (Tweet). Diakses tanggal 19 Juni 2021 – via Twitter. 
  15. ^ McGuire, Kristen [@KrisComics] (19 Juni 2021). "I'm thrilled to playing Lecca in the English dub of 86! Thank you so much @mummynyan, @BangZoom and @Warmupguy for having me! You can watch the first dubbed episode on @Crunchyroll ! #エイティシックスー #86anime" (Tweet). Diakses tanggal 19 Juni 2021 – via Twitter. 
  16. ^ Lo, Emi [@KitsuneSqueak] (3 Juli 2021). "You can hear me as Myna Yatomika in 86 EIGHTY-SIX on @Crunchyroll! Thanks a bunch to @mummynyan and @BangZoom for having me, at last well as wonderful director @Warmupguy !!" (Tweet). Diakses tanggal 12 Juli 2021 – via Twitter. 
  17. ^ "86--eighty-six". Library of Congress. Diakses tanggal 27 Juni 2020. 
  18. ^ "86―エイティシックス" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  19. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 1 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  20. ^ "86―エイティシックス―Ep.2 ―ラン・スルー・ザ・バトルフロント―〈上〉" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  21. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 2 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  22. ^ "86―エイティシックス―Ep.3 ―ラン・スルー・ザ・バトルフロント―〈下〉" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  23. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 3 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  24. ^ "86―エイティシックス―Ep.4 ―アンダー・プレッシャー―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  25. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 4 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  26. ^ "86―エイティシックス―Ep.5 ―死よ、驕るなかれ―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  27. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 5 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  28. ^ "86―エイティシックス―Ep.6 ―明けねばこそ夜は永く―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  29. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 6 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  30. ^ "86―エイティシックス―Ep.7 ―ミスト―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal March 24, 2020. 
  31. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 7 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  32. ^ "86―エイティシックス―Ep.8 ―ガンスモーク・オン・ザ・ウォーター―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  33. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 8 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 28 Januari 2021. 
  34. ^ "86―エイティシックス―Ep.9 ―ヴァルキリィ・ハズ・ランデッド―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 14 Januari 2021. 
  35. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 9 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 27 Juli 2021. 
  36. ^ "86―エイティシックス―Ep.10 ―フラグメンタル・ネオテニー―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 10 Mei 2021. 
  37. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 10 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 5 Desember 2021. 
  38. ^ "86―エイティシックス―Ep.11 ―ディエス・パシオニス―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 25 Desember 2021. 
  39. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 11 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 5 Februari 2023. 
  40. ^ "86―エイティシックス―Ep.12 ―ヴラディレーナ・ミリーゼ ブラッディレジーナ―" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 10 November 2022. 
  41. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 12 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 21 Agustus 2023. 
  42. ^ "86―エイティシックス―Ep.13 ─ディア・ハンター─" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 21 Agustus 2023. 
  43. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 13 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal July 10, 2024. 
  44. ^ Mateo, Alex (13 Juli 2020). "Yen Press Licenses '86—Eighty-Six' Manga for December Release". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Juli 2020. 
  45. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (27 Mei 2020). "Gakuen 86 Academy Spinoff Manga of '86' Sci-Fi Novels Launches in June". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Mei 2020. 
  46. ^ "86ーエイティシックスー 1" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  47. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 1 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 22 Juli 2020. 
  48. ^ "86ーエイティシックスー 2" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  49. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 2 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 2 November 2020. 
  50. ^ "86―エイティシックス― 3" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  51. ^ "86--EIGHTY-SIX, Vol. 3 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 28 April 2022. 
  52. ^ "86―エイティシックス― オペレーション・ハイスクール 1" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal January 1, 2021. 
  53. ^ "86―エイティシックス― オペレーション・ハイスクール 2" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal June 21, 2022. 
  54. ^ Loo, Egan (22 Desember 2020). "'86' Sci-Fi Battle Anime's 1st Promo Video Reveals More Staff, April Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Desember 2020. 
  55. ^ Loo, Egan (27 Maret 2021). "'86' Sci-Fi Anime Reveals 3rd Extended Trailer, Broadcast in 2 Split Halves". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Maret 2021. 
  56. ^ "Chijōha Tokuban Hōsō Kettei! - Nyūsu | Terebi Anime "86-Eiti Shikkusu-」Kōshiki Saito" 地上波特番放送決定! - NEWS | TVアニメ「86-エイティシックス-」公式サイト [Terrestrial Special Broadcast Decided! - News | TV Anime "86-Eighty Six-" Official Website]. anime-86.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Maret 2021. Diakses tanggal 6 Maret 2021. 
  57. ^ "FINAL UPDATE: Crunchyroll Announces Spring 2021 Anime Lineup! (4/6)". Crunchyroll. 6 April 2021. Diakses tanggal 6 April 2021. 
  58. ^ "Thông báo nhận làm đại lí anime mới Muse xin thông báo, bọn mình sẽ nhận làm đại lí của anime 《86 -エイティシックス- (EIGHTY SIX)》". Facebook (dalam bahasa Vietnam). 2 April 2021. Diakses tanggal 2 April 2021. 
  59. ^ Hodgkins, Crystalyn (September 4, 2021). "'86' Sci-Fi War Anime's New Video Reveals More Cast, Theme Song Artists". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2021. Diakses tanggal September 4, 2021. 
  60. ^ @sawano_nZk, 澤野弘之 [nZk] (March 19, 2022). "TVアニメ「86—エイティシックス—」第2クール最終話EDテーマとなる、SawanoHiroyuki[nZk]新曲『LilaS』の配信スタート!". Diarsipkan dari versi asli tanggal March 20, 2022. Diakses tanggal March 19, 2022. 
  61. ^ Pineda, Rafael Antonio (24 November 2017). "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2018 Series Ranking". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2020. 
  62. ^ Pineda, Rafael Antonio (23 November 2018). "Kono Light Novel ga Sugoi! Reveals 2019 Series Ranking". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2020. 
  63. ^ Ballard, Joe (June 28, 2020). "86-Eighty-Six Is a Military Drama Anime Worth the Hype". CBR. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2021. Diakses tanggal December 11, 2021. 
  64. ^ Demelza (April 15, 2019). "86: Eighty-Six Volume 1 Review". Anime UK News. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2021. Diakses tanggal December 11, 2021. 
  65. ^ Smith, Greg (August 15, 2019). "86-EIGHTY SIX Vol. #01 Light Novel Review". The Fandom Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 28, 2023. Diakses tanggal December 11, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]