Date A Live

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Date A Live
Gambar sampul Date A Live volume 1 yang diterbitkan oleh Fujimi Shobo menampilkan Tohka Yatogami
デート・ア・ライブ
(Dēto A Raibu)
GenreKomedi romantis, fiksi ilmiah[1]
Novel ringan
PengarangKōshi Tachibana
IlustratorTsunako
PenerbitFujimi Shobo
ImprintFujimi Fantasia Bunko
MajalahDragon Magazine
DemografiMale
Terbit19 Maret 2011 (2011-03-19)19 Maret 2020 (2020-3-19)
Volume22 (Daftar volume)
Manga
Date AST Like
IlustratorKakashi Oniyazu
PenerbitFujimi Shobo
MajalahMonthly Dragon Age
DemografiShōnen
Terbit9 Maret 201224 Desember
Volume4
Seri anime
SutradaraKeitaro Motonaga
ProduserChiaki Kurakane
SkenarioHideki Shirane
MusikGo Sakabe
StudioAIC Plus+ (musim 1)
Production IMS (musim 2)
J.C.Staff (musim 3)
Geek Toys (musim 4)
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS, TVA, SUN, BS11, TVQ, JAITS, TwellV, Animax
Tayang 31 Maret 2013 29 Maret 2019
Episode22 + 2 OVA (Daftar episode)
Permainan video
  • Date A Live: Rinne Utopia (2013)
  • Date A Live: Ars Install (2014)
  • Date A Live Twin Edition: Rio Reincarnation (2015)
  • Date A Live: Ren Dystopia (2020) (2020)
Film anime
Date A Live Movie: Mayuri Judgement[2]
SutradaraKeitaro Motonaga
SkenarioHideki Shirane
MusikGo Sakabe
StudioProduction IMS
Tayang22 Agustus 2015[3]
Durasi90 menit
 Portal anime dan manga

Date A Live (Jepang: デート・ア・ライブ, Hepburn: Dēto A Raibu) adalah sebuah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Kōshi Tachibana dan diilustrasikan oleh Tsunako. Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh AIC Plus+ ditayangkan di saluran AT-X sejak bulan April hingga Juni 2013. Setiap episode ditayangkan dengan kualitas rendah di Niconico seminggu sebelum mulai disiarkan di TV. Seri ini melanjutkan penayangannya dengan musim kedua bertajuk Date A Live II dari bulan April hingga Juni 2014, yang diproduksi oleh Production IMS. Sebuah adaptasi film ditayangkan pada tanggal 22 Agustus 2015.[4] Musim ketiga yang diproduksi oleh J.C.Staff ditayangkan sejak bulan Januari hingga Maret 2019. Adaptasi anime untuk novel spin-off berjudul Date A Live Fragment: Date A Bullet telah diumumkan.

Saat ini Date A Live mendapatkan 3 adaptasi anime mulai dari Date A Live, Date A Live II, Date A Live III, dan Date A Live IV yang akan di rilis pada April 2022. Sepanjang penayangan Date A Live selalu masuk ke dalam jajaran anime ecchi terbaik.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Date A Live Karakter dari Cosplayer of Kurumi Tokisaki
Shido Itsuka (五河 士道, Itsuka Shidō)
Pengisi suara: Nobunaga Shimazaki, Saeko Zōgō (Shiori) (Jepang); Josh Grelle, Ryan Elizabeth Reynolds (Shiori) (Inggris)[5][6]
Tokoh protagonis utama dari cerita ini, Shido adalah siswa dari SMA Raizen. Dia diadopsi ke dalam keluarga Itsuka ketika dia "ditinggalkan" oleh ibunya. Dia memiliki kekuatan aneh yang memungkinkannya untuk menyegel kekuatan Spirit di tubuhnya dengan ciuman; namun, meterai hanya akan berfungsi jika Spirit memiliki cukup kepercayaan atau kasih sayang kepadanya untuk mengizinkannya. Meskipun mempertimbangkan kepercayaan dan kasih sayang adalah jalan dua arah, dia mungkin perlu memiliki sejumlah kasih sayang juga, atau setidaknya benar-benar ingin membantu Spirit dari lubuk hatinya yang biasanya dia lakukan bahkan sebelum mencari Spirit.
Karena kekuatan ini yang sudah diketahui oleh Kotori Itsuka ia direkrut — atau lebih tepatnya dipaksa — untuk bergabung dengan "Ratatoskr" untuk membantu dan menyelamatkan para Spirit. Alih-alih membunuh Spirit untuk mencegah spacequake terjadi, ia harus menyegel kekuatan Spirit dengan ciuman agar mereka bisa hidup berdampingan dengan manusia.
Tohka Yatogami (夜刀神 十香, Yatogami Tōka)
Pengisi suara: Marina Inoue (Jepang); Michelle Rojas (Inggris)[5][6]
Tohka Yatogami adalah salah satu karakter wanita utama dari seri Date A Live. Codenamenya adalah Princess, dia adalah Spirit pertama yang diselamatkan oleh Shido dan pindah ke kelasnya di akhir jilid pertama. Shido menamainya untuk tanggal pertemuan pertama mereka, tanggal 10. Reine kemudian menambahkan nama keluarga Yatogami untuknya. Dia tidak mengetahui cara dunia, tetapi tetap memiliki rasa malu yang normal. Dia tampaknya memiliki perasaan yang kuat terhadap Shido, yang dia terbukti tidak dapat mengerti ketika dia merasa cemburu setelah melihat Shido secara tidak sengaja mencium Yoshino.
Ketika Tohka pertama kali muncul di Bumi, tanpa segel, dia sangat waspada terhadap semua orang sebelum Shido akhirnya mendapat kesempatan untuk berbicara dengannya, karena dia terus-menerus diserang oleh AST. Namun setelah dia dimeteraikan oleh Shido, dia akhirnya bisa mengembangkan, mengekspresikan, dan mengalami kehidupan di Bumi. Karena fakta bahwa Tohka baru dalam segala hal termasuk emosinya, ia memiliki kepribadian yang sangat seperti anak kecil yang dapat membuatnya tampak naif, emosional, energik, dan terkadang mudah tertipu karena kenyataan bahwa ia belum pernah berada di Bumi selama itu. berinteraksi dengan orang lain.
Namun, ketika mengetahui bahwa Yoshino adalah Spirit seperti dirinya, dia memutuskan untuk mendukung Shido dalam tujuannya untuk menyelamatkan Spirit lain seperti Kurumi, bahkan kadang-kadang berpartisipasi aktif dalam pertempuran. Karena menjadi Spirit, ia selalu menjadi sasaran AST dan bertujuan untuk membunuh, karena itu ia membenci manusia karena selalu menjauhkannya dan berpikir bahwa ia tidak diizinkan untuk hidup di dunia ini, tetapi seluruh hidupnya berubah ketika dia bertemu Shido.
Dia sangat senang bahwa dia bisa hidup dengan Shido sekarang tetapi mengetahui bahwa Origami ada di sana juga dia entah bagaimana gelisah dan selalu memiliki pertengkaran kecil dengan Origami (kebanyakan karena Shido dan perasaan mereka). Bahkan dengan kehadiran yang tinggi dan keren itu, Tohka tidak memiliki akal sehat dan sangat menyukai makanan. Meskipun kurangnya pengetahuan atau pengalaman, Tohka memang memiliki rasa malu yang normal, seperti yang ditunjukkan oleh dia bereaksi berlebihan ketika terlihat telanjang, atau terjebak dalam situasi yang memalukan. Kadang-kadang, Tohka bisa sangat mengejutkan wawasan, serta perseptif dan pengertian sehubungan dengan perasaan orang lain, terutama ketika itu menyangkut Shido dan sesama Spirit. Dia juga akrab dengan Kaguya dan Yuzuru, terutama Kaguya karena kepribadian energik mereka yang serupa. Namun, Tohka terkadang memiliki masalah dalam memahami mereka berdua, karena cara mereka berbicara yang aneh.
Tohka adalah petarung yang sangat ofensif yang menggunakan pedang sebagai senjata utamanya. Selain ini, Tohka juga memiliki banyak "mana" dalam tubuh rohnya yang meningkatkan kemampuan ofensif dan defensifnya. Persenjataan utamanya adalah Sandalphon, yang mengambil rupa tahta berlapis emas yang juga berfungsi sebagai sarung pedang. Gaya bertarungnya sebagian besar terdiri dari serangan fisik dengan bungkus "mana" pada pedang dan tubuhnya, atau serangan energi tinggi (seperti sinar laser) yang dikombinasikan dengan pedangnya.
Tahta itu sendiri tampaknya menjadi semacam mesin pendukung, berdasarkan bagaimana dia menggunakannya. Itu dapat diubah menjadi kapal pengangkut dengan meletakkannya secara horizontal, atau untuk membuka kunci bentuk senjatanya, Halvanhelev, dengan memotong singgasana menjadi bagian yang tepat. Kemudian di seri, setelah dia mendapatkan kekuatannya disegel oleh Shido, dia dapat mengambil sedikit kekuatan aslinya jika dia fokus cukup keras atau jika dia menjadi emosional.
Tenka Yatogami (夜刀神 天香, Yatogami Tenka)
Pengisi suara: Marina Inoue (Jepang); Michelle Rojas (Inggris)[5][6]
Kepribadian asli Tohka Yatogami, yang lahir dari kristal Sephira Malchut. Juga dikenal sebagai Inversion atau Dark Current. Bayangan membangunkan dan menangkap tubuh Tohka jika Tohka terkena pengaruh paling kuat dari emosi negatif.
Kotori Itsuka (五河 琴里, Itsuka Kotori)
Pengisi suara: Ayana Taketatsu (Jepang); Bryn Apprill (Inggris)[5][6]
Kotori Itsuka adalah salah satu tokoh utama dalam seri Date A Live. Dia adalah saudara perempuan Shido dan siswi SMA. Kotori adalah komandan kepala Ratatoskr yang mengajarkan Shido tentang Spirit dan gempa bumi yang terjadi. Dia mengatakan kepada Shidou bagaimana cara menyimpan Spirit dengan cara damai sehingga mencegah spacequake yang terjadi. Codename nya adalah Efreet, malaikatnya Camael, tombak dengan ujung api yang mampu berubah bentuk menjadi meriam yang memanjang ke siku kanannya. Meriam membutuhkan waktu untuk mengisi dan menyerap api Kotori dan memiliki serangan yang menghancurkan yang membuat lubang menembus Zaphkiel dan hampir membunuh Kurumi. Kotori dengan kekuatannya memiliki kemampuan untuk pulih dari cedera parah, yang dapat digunakan Shido secara tidak sadar saat kekuatannya disegel di dalam dirinya. Itu diwakili oleh api penyembuhan yang keluar dari luka. Baju Astralnya, Elohim Gibor (artinya "Tuhan Yang Mahakuasa" dalam bahasa Ibrani), adalah kimono yang sebagian besar terdiri dari warna pink dan krem. Dalam bentuk Jiwa dia juga memiliki tanduk yang tumbuh di kepalanya, dengan pita hitam terikat di atasnya. Irisnya juga sedikit lebih cerah dari warna merah jambu di negara bagian ini.
Origami Tobiichi (鳶一 折紙, Tobiichi Origami)
Pengisi suara: Misuzu Togashi (Jepang); Michelle Lee (Inggris)[5][6]
Origami Tobiichi adalah salah satu tokoh utama dalam seri Date A Live. Dia juga protagonis dari Date AST Like, manga spin-off yang berfokus pada hubungannya dengan Mikie di AST, serta karakter utama Date A Origami, komik strip 4-koma yang berfokus pada komedi romantis aspek seri utama.
Origami adalah siswi top di sekolahnya baik dari segi akademis dan olahraga. Tentu saja, tidak ada anggota organisasi siswa dan fasilitas tahu bahwa dia adalah anggota AST dengan beberapa pengecualian yang tidak diketahui olehnya. Origami adalah penyihir yang sangat terampil tetapi bisa kehilangan dirinya dalam emosinya ketika berhadapan dengan Spirit dalam pertempuran. Origami jatuh cinta dengan Shido, cintanya pada Shido sangat tinggi sehingga dia menguntitnya.
Malaikatnya adalah Metatron yang merupakan mahkota besar yang mengapung di sekitar kepalanya, yang dapat memanggil potongan pilar emas yang lebih besar yang tampak menyerupai mahkota yang lebih besar yang mengelilinginya. Kekuatannya terutama untuk mengontrol energi cahaya. Dalam bentuk kebalikannya, Astral Dress-nya, Ehyeh, berubah menjadi gelap dan menjadi lebih terbuka. Kotori menyebut Origami yang terbalik sebagai 'Spirit Berbahaya' yang sebanding dengan Kurumi. Codenamenya adalah Angel.
Moegami Tobiichi (鳶一 萌紙, Tobiichi Moegami)
Pengisi suara: Misuzu Togashi (Jepang); Michelle Lee (Inggris)
Inverse Spirit dari Origami. Sama seperti Tohka, Astral Dress-nya menjadi lebih gelap dan lebih terbuka, dan dia menutupi kepalanya dengan kerudung. Agaknya, Origami memiliki kekuatan yang sama dengan yang disebutkan di atas, tetapi dengan warna gelap. Gaun Astralnya berubah menjadi gaun berkabung biru tua yang terbuka. Dia mengenakan kerudung besar di atas kepalanya dan memiliki tanda bergerigi di tubuh dan pahanya yang terbuka. Codenamenya adalah Devil.
Kurumi Tokisaki (時崎 狂三, Tokisaki Kurumi)
Pengisi suara: Asami Sanada (Jepang); Alexis Tipton (Inggris)[5][6]
Dia adalah Spirit ketiga yang harus ditemui dalam seri dan merupakan Spirit paling berbahaya dan mematikan. Dia sangat terobsesi dengan Shido dan memiliki kemampuan untuk memanipulasi waktu. Codename nya adalah Nightmare. Dia memiliki kepribadian ganda: seorang gadis SMA yang lembut dan misterius dengan pola bicara yang lambat, dan seorang pembunuh psikopat. Kurumi sangat agresif dalam tindakannya yang membuat Shido lebih sulit untuk menangkapnya.
Kurumi dapat digambarkan sebagai seseorang yang kepribadiannya sulit dibaca, memiliki rasa tidak suka yang dipoles dengan baik terhadap manusia yang berbatasan dengan ketidakpercayaan, sesuatu yang ia bagi dengan banyak Spirit dalam debut mereka. Dia adalah seorang aktris yang terampil, mampu mengenakan topeng seorang gadis muda yang tidak bersalah, ingin tahu ketika dia perlu, ditunjukkan ketika dia mendaftar sebagai siswa di SMA Raizen, bahkan berbicara dengan cara yang sangat sopan; Namun, di bawah topeng itu terdapat seorang wanita psikotik, cenderung tertawa gila yang tidak memedulikan kehidupan manusia, menganggap mereka sebagai sumber makanan untuk memulihkan waktunya sendiri, dan dengan demikian, komoditas sekali pakai. Namun, ada keadilan yang melilit di balik metodenya, karena orang-orang yang dia bunuh secara brutal adalah para pemerkosa dan penyiksa binatang.
Kalau dipikir-pikir, Kurumi memiliki tingkat kepolosan yang belum sepenuhnya dihancurkan oleh perilaku psikotiknya; dia memiliki titik lemah untuk binatang kecil dan makhluk lain. Dia pernah membunuh empat manusia bukan karena dia perlu mengisi waktunya, tetapi karena mereka berusaha membunuh anak kucing, ini adalah yang paling dekat dengan emosi manusiawi yang dia miliki.
Mana melaporkan bahwa Kurumi adalah Spirit paling berbahaya yang dikenal, yang secara pribadi telah membunuh lebih dari 10.000 orang yang tidak termasuk korban spacequake dalam statistik itu. Kurumi menggunakan metode yang tidak disebutkan dan tidak dijelaskan untuk secara pribadi dipindahkan ke SMA Shido Itsuka sehingga dia bisa lebih dekat dengannya. Maksud dan alasannya dalam transfer ini sederhana; Konsumsi Shido Itsuka, dengan berbuat demikian, dapatkan ingatan, tujuan, ketakutan, dan obsesi mereka. Dalam beberapa cerita non-kanon, klon yang digoda Shido menunjukkan sikap "independen", hampir memberontak, dan secara terbuka bertindak mesra dengan Shido, yang menyebabkan masalah pada Kurumi "utama" dan bahkan menyebabkan konfrontasi dengannya.
Kaguya Yamai (八舞 耶倶矢, Yamai Kaguya)
Pengisi suara: Maaya Uchida (Jepang); Brittney Karbowski (Inggris)[6]
Kepribadiannya ramah dan sangat berbicara tentang dirinya sendiri sampai-sampai dia tidak selalu memikirkan pernyataan. Efek yang dihasilkan dari keterusterangannya dapat membuatnya tampak kekanak-kanakan atau tidak dewasa. Dia memiliki rambut panjang berwarna oranye yang dikepang. Senjata utamanya adalah El Re'em, tombak. Codename nya adalah Berserk.
Yuzuru Yamai (八舞 夕弦, Yamai Yuzuru)
Pengisi suara: Sarah Emi Bridcutt (Jepang); Megan Shipman (Inggris)[6]
Dari segi kepribadian, dia berbicara dengan cara yang khas dalam struktur yang hampir seperti robot dengan maksud pernyataannya yang dinyatakan sebelumnya dalam satu kata kalimat. Dia dicadangkan namun dia tidak akan ragu untuk menunjukkan kekurangan dalam argumen Kaguya. Dia terlihat identik dengan Kaguya, meskipun sedikit lebih diberkahi dari saudara kembarnya. Perbedaan lain termasuk rambutnya dikepang menjadi tiga bagian dan ekspresinya tampak lesu. Senjata utamanya adalah El Nahash, sebuah rantai. Codename nya adalah Berserk.
Miku Izayoi (誘宵 美九, Izayoi Miku)
Pengisi suara: Minori Chihara (Jepang); Jad Saxton (Inggris)[6]
Miku Izayoi adalah Spirit, idola dan salah satu pahlawan utama dalam serial Date A Live. Dia diperkenalkan sebagai mahasiswi Akademi Radisōji Girls yang pertama kali dimanifestasikan di dunia ini pada bulan Maret, dan dipindahkan ke Rindōji pada bulan April. Dia juga bekerja sebagai penyanyi idola yang sangat terkenal dan populer. Dia membenci pria sampai ke Shido bahkan harus bersulang untuk berinteraksi dengannya. Codename nya adalah Diva.
Malaikatnya, Gabriel memiliki kemampuan untuk memanipulasi dan mencuci otak orang. Dia tertarik pada Itsuka Shidou yang menyamar menjadi Itsuka Shiori karena dia tidak terpengaruh oleh kekuatan hipnosisnya dan menantangnya ke sebuah kontes di mana jika dia kehilangan, dia harus pindah ke Rindojii. Tantangannya adalah untuk siapa yang akan mendapatkan gelar menjadi sekolah terbaik. Ada kontes bernyanyi yang kemudian dimenangkan oleh Miku, tapi judul sekolah terbaik dimenangkan oleh SMA Raizen, yang mendorong Miku untuk memanggil malaikatnya dan menyerang Shido.
Miku memiliki rambut dan mata biru muda. Gaun astralnya terutama berwarna kuning, dengan warna biru dan putih menutupi beberapa bagian gaunnya. Dia menggunakan klip rambut kuning bulan dengan kelopak bunga yang terhubung ke ujung kurva bulan, bunga putih dan kelopak bisa dilihat di samping klip rambut bulan. Saat mengenakan seragam biru yang dalam, dia menggunakan klip rambut kuning yang sederhana.
Sama seperti Kotori, Miku adalah manusia normal sebelum dia menjadi Spirit. Malaikatnya adalah Gabriel, dan dia memiliki kekuatan untuk memanipulasi dan mencuci otak orang.
Natsumi Kyouno (鏡野 七罪, Kyouno Natsumi)
Pengisi suara: Ayumi Mano[7] (Jepang); Katelyn Barr[8] (Inggris)
Natsumi adalah Spirit ketujuh yang muncul dalam seri. Natsumi memiliki kemampuan mengubah bentuk untuk dapat mengubah apa pun menjadi hal lain dalam jarak 1 kilometer, termasuk dirinya sendiri. Codename nya adalah Witch.
Malaikat Natsumi, <Haniel>, selain bisa terbang dan mengubah objek atau subjek, juga memiliki kemampuan unik untuk mengirim sesuatu ke dimensi yang berbeda melalui cermin yang mirip dengan dimensi bayangan Kurumi. Saat berada di dimensi pribadi Natsumi, objek atau subjek diletakkan di bidang stasis.
Yoshino Himekawa (氷芽川 四糸乃, Himekawa Yoshino)
Pengisi suara: Iori Nomizu (Jepang); Tia Ballard (Inggris)[5][6]
Yoshino adalah semangat dan karakter penting dalam serial Date A Live. Dia adalah Spirit kedua yang diselamatkan oleh Shido. Yoshino adalah seorang gadis pemalu yang dikatakan sebagai semangat terbawa sampai saat ini. Codename-nya adalah Hermit.
Nia Honjou (本条 二亜, Honjō Nia)
Pengisi suara: Hitomi Nabatame[9] (Jepang); Mallorie Rodak[10] (Inggris)
"Spirit Kedua", dan Nia juga merupakan Spirit kesembilan yang pertama kali disebutkan di volume 7. Dia memiliki penampilan seorang gadis remaja akhir dengan rambut abu-abu dan mata biru, dia dipastikan berusia setidaknya 45 tahun karena telah menjadi salah satu dari manusia pertama yang diubah menjadi Spirit setelah peristiwa 30 tahun yang lalu. Sebelum ditangkap oleh DEM, dia adalah seorang seniman manga yang sangat sukses, dengan nama samaran Sōji Honjō, penulis salah satu manga favorit Shido, "Silver Bullet" (yang telah ditulis sejak lama membuatnya menganggap Sōji adalah ayahnya sebelumnya. dia mengoreksinya). Karena kemampuan malaikatnya, dia tidak mempercayai orang, dan hanya menyukai "2-D" karena karakternya selalu seperti yang mereka rasakan tanpa menyembunyikan apa pun tentang orang atau sejarah mereka, yang membuatnya menjadi otaku obsesif sebagai hasil. Dia menyebut Shido sebagai "Laki-laki" dengan cara menggoda seperti sosok kakak perempuan, serta julukan lain untuk Spirit lainnya juga.
Setelah secara tidak sengaja dibebaskan oleh Inverse Shido di Volume 12, Nia kembali ke gaya hidupnya yang biasa, tetapi ditemukan pingsan di luar apartemennya oleh Shido saat dia berjalan pulang membawa bahan makanan, pingsan karena kelaparan. Setelah memberi makan dan membantunya berbelanja manga, Shido berusaha menyegelnya dengan bercosplay sebagai karakter dari salah satu seri favoritnya, hanya untuk tergelincir dengan tindakan dan kepribadian karakter saat mencoba menyegelnya, yang menyebabkan dia membencinya. Upaya Ratatoskr untuk membuatnya jatuh cinta pada karakter game yang identik dengan Shido menjadi bumerang ketika Nia mengetahui bahwa perusahaan yang membuat game tersebut terkait dengan Ratatoskr, kemudian dia ditantang oleh Kotori dan Spirit lainnya dalam sebuah kompetisi untuk melihat siapa yang bisa menjualnya. sebagian besar manga di sebuah konvensi, yang dia terima. Terlepas dari upaya para Spirit, bahkan membuat beberapa panggilan ke teman, dan bahkan penggemar Miku untuk mencoba dan menjual, manga Nia memenangkan kompetisi, hanya untuk dia setuju untuk membacanya terlepas dari itu. Ketika Nia menemukan bahwa manga itu sendiri adalah menceritakan kembali upaya Shido untuk menyelamatkan Spirit seperti yang diceritakan dari sudut pandang mereka (setelah memastikan bahwa ini semua terjadi dan bahwa mereka senang dia melakukannya), dia mengalah. Namun, sebelum dia bisa disegel, DEM membuka blokir ingatannya tentang semua siksaan yang dia alami selama lima tahun terakhir, yang menyebabkan jiwanya runtuh dan mulai berbalik. Setelah Artemisia melepaskan Kristal Qlipha darinya dan diserap oleh Westcott, Shido mencium Nia untuk menyegel sisa kekuatannya sebelum proses pelepasan yang dilakukan padanya bisa membunuhnya. Setelah kondisinya stabil, dia mengungkapkan bahwa tidak ada Spirit "murni", dan bahwa semua Spirit yang hadir dulunya adalah manusia seperti dia.
Malaikatnya, Ratziel, mengambil bentuk buku tebal (lebih khusus Alkitab) dan memiliki kemampuan untuk mengungkap fakta, baik pengetahuan umum dan juga sejarah kehidupan orang-orang tertentu. Kekuatan tambahan dari Ratziel adalah kemampuan untuk menulis sisipan kecil ke masa depan untuk menyebabkan suatu peristiwa terjadi, bahkan apa yang Nia tulis di buku akan menjadi kenyataan. Seperti yang dia lakukan dengan menggambar sketsa Shido yang jatuh di atas Tohka selama kunjungan mereka ke kuil pada Hari Tahun Baru di Volume 14. Setelah kehilangan kristal Qlipha-nya dan kemudian <Beelzebub> oleh Westcott, Nia dapat mencari informasi, tapi itu mengatakan informasi tidak lagi dapat dipahami, dan penggunaan kemampuan keduanya juga terbatas. Codenamenya adalah Sister.
Mukuro Hoshimiya (星宮 六喰, Hoshimiya Mukuro)
Pengisi suara: Akari Kageyama[9] (Jepang); Kristen McGuire (Inggris)
Spirit kesepuluh yang muncul dan merupakan Spirit ke-9 yang diselamatkan oleh Shido, yang pertama kali muncul di Volume 14. Dia memiliki rambut berwarna emas dan mata kuning, dan memiliki cara berbicara yang kuno, bahkan menyebut dirinya sebagai orang ketiga sebagai "Muku" (むく). Karena kesendirian yang dia rasakan di luar angkasa, dia menyegel "hati"nya sendiri untuk mengatasi kekosongan yang luas, yang membuatnya hanya berpikir secara logis, tetapi dengan sikap dingin seperti robot. Setelah emosinya terungkap dengan salinan Malaikatnya melalui Haniel, Mukuro mendapatkan kembali kepribadian aslinya, yang berbeda dengan kepribadiannya yang tersegel, sangat emosional. Mukuro mendekati <Beelzebub> Fraxinus dan Westcott karena menyerang wilayahnya dalam kekosongan kosmos. Dia menganggap hal-hal seperti cinta dengan sangat serius, melarang Shido untuk bersama dengan Spirit lain dan bahkan pergi sejauh untuk menyegel ingatan mereka tentang dia. Meskipun menyegel ingatan semua sekutu Shido, tindakan tersebut secara tidak sengaja membangunkan Tenka Yatogami (Inverse Tohka) dan Moegami Tobiichi (Inverse Origami) sebelumnya, yang keduanya bersaing pada kencan santai dengan Shido.
Mukuro adalah anak kesepian yang tumbuh tanpa keluarga. Suatu hari, pasangan mengadopsi dia bersama dengan seorang kakak perempuan, dan akan hidup dalam kehangatan yang dia inginkan. Kakak perempuannya melengkapi rambutnya saat menatanya, dan mereka sering pergi melihat bintang bersama. Namun, Mukuro terluka saat kakaknya berubah dari selalu memuji rambut emasnya dan menyuruhnya untuk memotongnya sekarang sementara teman kakaknya berkomentar. Merasa bahwa keluarganya tidak akan memujanya seperti dulu, dia mendapatkan kekuatan baru yang diberikan dari Phantom, Mukuro mengunci ingatan setiap kenalan keluarganya sehingga mereka hanya akan mencintainya, tetapi menjadi bumerang, karena keluarganya dengan marah menegurnya. kembali, ketakutan pada bagaimana dia tiba-tiba memperoleh kekuatan yang tak terduga. Tidak dapat menanggung penolakan dari keluarga yang dulu bahagia, dia kemudian menyegel ingatan dan hatinya sendiri sebelum berangkat ke luar angkasa. Dia juga sangat mencintai rambut panjangnya dan menjadi marah ketika Tenka memotongnya. Perkelahian muncul di dek observasi Menara Tengu. Tertekan cinta murni murni Mukuro, Shido menggunakan Haniel untuk memalsukan duplikat Michael untuk membuka emosinya jika tidak berbicara dengannya tidak berguna. Shido mengetahui masa lalunya dan berempati dengan pengabaian masa kecil mereka. Setelah itu, Mukuro melepaskan ingatan yang terkunci sambil menyebut Shido sebagai keluarganya, dan mengizinkan dia menjadi satu-satunya yang dia izinkan untuk memotong rambutnya.
Malaikatnya adalah Michael, yang berbentuk kunci besar, yang memiliki kemampuan untuk mengunci atau membuka kemampuan atau prosedur pada sejumlah besar yang berbeda, seperti mematikan kontrol pesawat ruang angkasa, membuka dan menutup lubang cacing, memaksa tarikan gravitasi pada meteor. dan bahkan menyegel emosinya sendiri. Ia memiliki kemampuan ketiga yang disebut pelepasan, yang melepaskan dia dan kekuatan spiritual penuh Roh lainnya. Codenamenya adalah Zodiac.
Reine Murasame (村雨 令音, Murasame Reine)
Pengisi suara: Aya Endō (Jepang); Barrett Nash (Inggris)[5]
Reine adalah analis di Fraxinus, dia adalah petugas medis tidak bersertifikat yang dapat melakukan tugas pertolongan pertama yang sederhana. Pada hari kedua semester, dia pindah ke sekolah Shido sebagai asisten wali kelasnya. Dia berbicara lembut, sering berbicara dengan sikap acuh tak acuh yang tampaknya memiliki perawakan yang lemah secara fisik dan selalu tampak lelah. Dia bahkan mengatakan bahwa dia belum tidur selama 30 tahun.
Hal ini terungkap dalam Volume 16 bahwa dia adalah entitas misterius yang dikenal sebagai doppelganger Phantom dan Mio. Entitas misterius adalah yang memberi manusia kekuatan Spirit mereka. Sangat tersirat bahwa Reine membantu Mio untuk menawarkan Kristal Sephira kepada wanita. Ini dilakukan dengan menawari mereka sebuah permata yang larut ke dalam tangan mereka dan menanamkan kekuatan Spirit kepada mereka. Setiap kali bertemu seseorang, Reine selalu menyembunyikan identitasnya dengan mengubah penampilan dan suaranya menjadi 'kebisingan' sehingga ketika orang tahu dia ada di sana dan dapat 'mendengar' suaranya dalam pikiran mereka, tidak ada yang bisa membedakan atau mengingat seperti apa rupa atau suara Phantom (bahkan di kamera) sehingga seluruh identitasnya, termasuk jenis kelamin, disembunyikan. Reine juga orang yang memberi tahu Kurumi tentang di mana "Spirit Kedua" untuk ditampilkan di Bumi dapat ditahan bersama dengan informasi bahwa Shido memiliki kekuatan yang setara dengan tiga Spirit di dalam dirinya. Dia menyatakan Origami adalah gadis terbaik yang berubah menjadi Spirit dan terkejut bahwa dia memberontak melawannya.
Mana Takamiya (崇宮 真那, Takamiya Mana)
Pengisi suara: Misato (Jepang); Felecia Angelle (Inggris)[5]
Letnan Dua sementara AST, Mana bekerja untuk Industri DEM yang berbasis di Inggris sebagai Penyihir. Terungkap sebagai saudara kandung Shido, ia tidak dapat mengingat waktunya bersama Shido tetapi hanya memiliki gambar yang merupakan satu-satunya bukti bahwa ia memiliki saudara lelaki. Seperti halnya Shido, ia memiliki rambut biru dan mata cokelat, dengan rambut birunya diikat ekor kuda. Dia bersatu kembali dengan saudara lelakinya yang terkejut bertemu dengannya sementara dia membentuk persaingan dengan Kotori. Karena prosedur yang dia lakukan untuk memperkuat kekuatan bertarungnya, dia memiliki kurang dari 10 tahun untuk hidup, tetapi tidak mengetahui kebenaran tentang tubuhnya. Setelah dikalahkan oleh Kurumi, Mana dirawat di rumah sakit tetapi dibawa pergi oleh Ratatoskr di volume 5 dimana dia mengetahui kebenaran ini dan cacat ke organisasi di volume 6.
Kebenaran adalah Mana dan saudaranya Shido Itsuka, bernama Shinji Takamiya, dan hidup sekitar 30 tahun yang lalu. Mana hanyalah seorang siswa sekolah menengah biasa yang tinggal bersama Shinji, sampai suatu hari, dia membawa seorang gadis setengah telanjang, yang dia beri nama Mio, segera mengejutkannya. Segera Mio mulai tinggal bersama mereka sebagai kerabat keluarga, dan Mana mengajarinya bagaimana mengintegrasikan dirinya dengan masyarakat. Namun, pada titik tertentu, DEM menculik Mana. Dalam penahanan DEM, berteori bahwa mereka menggunakan eksperimen lengkap di Mana, memberikan keterampilan berbakat sebagai <Wizard> dengan biaya menghentikan penuaan fisiknya. Ingatannya disembunyikan untuknya dimasukkan ke dalam organisasi mereka.
Sir Isaac Ray Pelham Westcott (サー・アイザック・レイ・ペラム・ウェストコット, Aizakku Rei Peramu Wesutokotto)
Pengisi suara: Ryōtarō Okiayu (Jepang); Alex Organ (Inggris)
Direktur pelaksana Deus Ex Machina Industries. Dia berusia sekitar 30 tahun dan seorang pria jangkung dengan rambut pirang abu gelap dan mata yang tajam. Dia tampaknya tahu lebih banyak daripada yang dia izinkan, seperti pengetahuan tentang keadaan Tohka yang telah berubah, serta masa lalu Shido. Semua penyihir elit DEM mengacu pada Westcott dengan -sama, setia fanatik, dan bersedia melakukan tindakan mengerikan atas perintahnya. Westcott sendiri telah menunjukkan sedikit perhatian, apalagi kemanusiaan, dalam pemikirannya selama tujuannya tercapai. Apakah itu membahas cara untuk mematahkan semangat Tohka melalui penyiksaan dengan cara dan kepedulian yang sama seseorang akan membahas cuaca, atau kehilangan nyawa dan harta DEM ketika Tohka membentak, ia tidak memiliki tanda atau pemikiran penyesalan, keputusasaan, kesedihan, atau kesedihan., tetapi senang bahwa dia terbalik seolah-olah tidak ada yang penting.
Westcott tumbuh di kota penyihir yang bisa menggunakan sihir bersama dengan Woodman dan Ellen. Namun, warga sipil yang takut akan kekuatan penyihir membakar desa mereka. Peristiwa ini menyebabkan perubahan di Westcott. Ini menjadi langkah pertama untuk pembuatan DEM. Ketiganya menghabiskan masa muda mereka untuk mempelajari segala hal tentang sihir, yang mengarah ke fondasi dalam menciptakan Roh, makhluk dengan kekuatan luar biasa yang lahir dari mana dari dunia yang dapat mereka gunakan untuk mencapai tujuan mereka. Sekitar waktu yang sama, Westcott diadopsi oleh pasangan kaya, tetapi, akhirnya meninggal dalam kecelakaan, meninggalkan seluruh kekayaan mereka ke Westcott. Setelah itu, ia mendapatkan keinginan untuk menciptakan utopia, yang hanya memiliki penyihir yang hidup di dalamnya.
Ellen Mira Mathers (エレン・ミラ・メイザース, Eren Mira Meizāsu)
Pengisi suara: Shizuka Itō (Jepang); Trina Nishimura (Inggris)
Dikenal sebagai Penyihir terkuat di dunia yang bekerja di bawah Westcott sebagai sekretarisnya. Dia sebelumnya bekerja untuk AST atas permintaannya. Dia telah bersumpah untuk tidak pernah kalah dari lawan mana pun, bahkan setuju bahwa dia mungkin bertindak sejauh untuk melakukan kekejaman menghancurkan dunia dalam proses tersebut. Dia juga kakak perempuan Karen Nora Mathers. Apakah pengabdian Ellen yang fanatik terhadap Westcott tulus atau dicantumkan pada dirinya tidak diketahui, tetapi bersedia untuk memotong tangan anggota dewan DEM yang telah memilih menentangnya. Juga ingin membunuh Woodman atas apa yang dia anggap pengkhianatannya. Seperti Westcott, dia tidak peduli tentang kehidupan orang lain (kecuali untuk Westcott sendiri) kecuali bagaimana mereka dapat menunjukkan beberapa manfaat dalam melanjutkan tujuannya. Ini ditunjukkan ketika dia berharap Paddington dan Arbatel benar-benar hancur ketika dia kehilangan kontak dengan mereka daripada mempertimbangkan apakah dia harus pergi membantu.
Artemisia Bell Ashcroft (アルテミシア・ベル・アシュクロフト, Arutemishia Beru Ashukurofuto)
Pengisi suara: Eriko Matsui (Jepang); Lindsay Seidel (Inggris)
Artemisia adalah salah satu dari lima Penyihir teratas di seluruh dunia. Dia pertama kali disebutkan dalam Date A Live volume ke-5, di mana diskusi tentang kemampuan luar biasa Origami dapat dibandingkan atau lebih besar dari Mana Takamiya atau Artemisia jika Origami menjalani operasi peningkatan. Sampai saat ini, dia dalam keadaan koma setelah DEM mengekstrak ingatannya untuk digunakan sebagai program inti untuk seri baru setelan kabel CR yang dinamai menurut namanya: seri Ashcroft. Di akhir volume terakhir, Artemisia bisa pulih ketika ingatan dari seri <Ashcroft> ditransfer kembali ke dirinya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Volume pertama dari serial anime musim pertama menempati posisi kedelapan di antara kategori penjualan Blu-ray di Jepang selama minggu pertamanya di tangga penjualan Oricon.[11] Permainan PS3 berjudul Date A Live: Rinne Utopia terjual sebanyak 23.340 kopi dalam bentuk fisik pada minggu pertama perilisannya di Jepang.[12] Hingga bulan Oktober 2015, seri ini secara keseluruhan telah terjual sebanyak lebih dari empat juta kopi.[13]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • King's Proposal, seri novel ringan lainnya yang ditulis oleh Kōshi Tachibana dan diilustrasikan oleh Tsunako
  • Engage Kiss, seri anime original yang diilustrasikan oleh Tsunako

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Iori Nomizu Sings Date A Live Anime's Ending Theme". Anime News Network. 1 Februari 2013. Diakses tanggal 28 Agustus 2018. 
  2. ^ "Date a Live The MOVIE: Mayuri Judgement ENGLISH Sub [HD](劇場版 デート ア ライブ 万由里ジャッジメント)". 30 Maret 2016. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  3. ^ "Date A Live: Mayuri Judgment Film Slated for August 22". Anime News Network. 18 Maret 2015. Diakses tanggal 14 Desember 2018. 
  4. ^ "Date A Live Gets Theatrical Film". Anime News Network. 13 Juni 2014. Diakses tanggal 31 Oktober 2018. 
  5. ^ a b c d e f g h i "Funimation Unveils Date A Live's English Dub Cast, Trailer". 2 April 2014. 
  6. ^ a b c d e f g h i j "Funimation Reveals English Dub Cast for Date A Live II Anime". 29 November 2015. 
  7. ^ Hodgkins, Crystalyn. "Date A Live Anime's 3rd Season Reveals New Cast Member, Staff, January 2019 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 21 Oktober 2018. 
  8. ^ "Date A Live III Anime's Returning English Dub Cast Announced". Anime News Network. 25 Januari 2019. Diakses tanggal 25 Januari 2019. 
  9. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (17 Januari 2022). "Date A Live IV Anime's Promo Video Reveals More Cast, Theme Song Artists, April Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 17 Januari 2022. 
  10. ^ Mateo, Alex. "Crunchyroll Reveals Date A Live IV Anime's English Dub Cast, April 22 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 21 April 2022. 
  11. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, June 24-30". Anime News Network. 2 Juli 2013. Diakses tanggal 8 Januari 2019. 
  12. ^ "Media Create Sales: 6/24/13 – 6/30/13". Gematsu. 3 Juli 2013. Diakses tanggal 8 Januari 2019. 
  13. ^ "Tachibana Koushi on Twitter". 19 Oktober 2015. Diakses tanggal 8 Januari 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]