Shokugeki no Sōma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Shokugeki no Sōma
Shokugeki no Souma Volume 1.jpg
Sampul manga volume pertama, menampilkan karakter utama Sōma Yukihira
食戟のソーマ
(Shokugeki no Soma)
Genre Komedi
Manga
Pengarang Yūto Tsukuda
Ilustrator Shun Saeki
Penerbit Shueisha
Penerbit bahasa Inggris
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shōnen Jump
Majalah bahasa Inggris
Tanggal terbit 26 November 2012 – sekarang
Volume 20
Novel ringan
Shokugeki no Sōma: à la carte
Pengarang Michiko Itō
Ilustrator Shun Saeki
Penerbit Shueisha
Demografi Shōnen
Imprint Jump j-Books
Tanggal terbit 4 Februari 2014 – sekarang
Volume 4
Manga
Shokugeki no Soma - L'étoile
Pengarang Michiko Itō
Ilustrator Shun Saeki
Penerbit Shueisha
Demografi Shōnen
Majalah Shounen Jump +
Tanggal terbit 3 Maret 2015 – sekarang
Volume 1
Seri anime televisi
Sutradara Yoshitomo Yonetani
Penulis Shogo Yasukawa
Penggubah Tatsuya Kato
Studio J.C.Staff
Pelisensi
Sentai Filmworks
Jaringan TBS, MBS, CBC, BS-TBS, Animax
Jaringan bahasa Inggris Crunchyroll
Tayang perdana 3 April 201525 September 2015
Episode 24
Seri anime televisi
Shokugeki no Sōma: Ni no Sara
Sutradara Yoshitomo Yonetani
Penulis Shogo Yasukawa
Penggubah Tatsuya Kato
Studio J.C.Staff
Pelisensi
Sentai Filmworks
Jaringan Tokyo MX, MBS, BS11, Animax
Tayang perdana 2 Juli 2016 – sekarang
Episode 13
Portal Anime dan Manga

Shokugeki no Sōma (食戟のソーマ Shokugeki no Sōma?) adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis oleh Yūto Tsukuda dan diilustrasikan oleh Shun Saeki. Yuki Morisaki juga berperan sebagai kolaborator, menyediakan resep makanan dalam serial ini. Serial ini memulai serialisasi di Mingguan Shōnen Jump sejak 26 November 2012, dengan volume tankōbon dirilis oleh Shueisha. Serial ini dilisensi oleh Viz Media.[1] Sebuah adaptasi anime tayang sejak 3 April 2015.

Plot

Shokugeki no Soma menceritakan seorang pemuda bernama Sōma Yukihira, yang bercita-cita menjadi seorang full-time chef di restoran milik ayahnya dan melampaui keahlian memasak ayahnya. Namun beberapa saat setelah ia lulus dari SMP, ayahnya , Jōichirō Yukihira, mendapatkan pekerjaan baru di Amerika dan menutup restorannya. Walaupun begitu, semangat bertarung Sōma hidup kembali setelah menerima tantangan dari ayahnya yaitu untuk bertahan di sebuah sekolah kuliner elit dimana hanya 10% siswa yang dapat lulus dari sekolah tersebut.

Karakter

Karakter Utama

Sōma Yukihira (幸平 創真 Yukihira Sōma?)
Suara oleh: Yoshitsugu Matsuoka
Ia merupakan anak dari Jōichirō Saiba dan bekerja di restoran ayahnya, Restoran Yukihira, sampai akhirnya ditutup. Soma berniat menjadi koki terbaik di dunia. Saat ini ia adalah seorang siswa di Akademi Kuliner Tōtsuki dan penghuni Asrama Polar Star. Soma tidak takut terhadap setiap tantangan yang datang. Dia bahkan menantang ayahnya dalam pertandingan memasak dan selalu kalah darinya. Soma adalah orang yang sangat percaya diri dan tidak takut untuk menantang siapa pun, yang terlihat ketika ia menantang Satoshi Isshiki atau Kojiro Shinomiya untuk melakukan Shokugeki. Meskipun banyak teman-teman sekelasnya yang memiliki perasaan benci kepadanya, Soma memiliki kepribadian yang sangat ramah dan bisa bergaul dengan semua orang di Asrama Polar Star. Dia memiliki kecenderungan untuk menciptakan eksperimen dalam membuat hidangan dan meminta teman-temannya untuk mencobanya walaupun kadang rasanya mengerikan; sesuatu yang ia dapatkan dari ayahnya. Spesialisasi Soma adalah masakan umum, membuat hidangan berseni dari bahan-bahan umum dan murah.
Erina Nakiri (薙切 えりな Nakiri Erina?)
Suara oleh: Risa Taneda
Merupakan tokoh utama wanita dan rival dari Sōma Yukihira. Karena latar belakangnya sebagai anggota salah satu keluarga kelas atas dalam industri makanan Jepang, Tōtsuki Corporation, Erina sering menganggap remeh kepada siapa pun yang dianggap "biasa". Memiliki reputasi menakutkan dengan God Palate yang ia miliki, dapat menggambarkan rasa secara akurat saat mencicipi makanan, Erina mampu mendiskualifikasi siapa saja yang menghidangkan makanan dengan rasa yang "buruk". Namun, dia juga memberikan penghargaan kepada koki yang memiliki keterampilan (selain Soma). Dia mengagumi ayah Soma, Jōichirō, tetapi tidak tahu bahwa Soma adalah anaknya.
Megumi Tadokoro (田所 恵 Tadokoro Megumi?)
Suara oleh: Minami Takahashi
Berasal dari daerah bersalju yang jauh di Jepang, Megumi pergi ke Akademi Kuliner Tōtsuki untuk menjadi chef dan bercita-cita membantu ibunya menjalankan Ryokan milik mereka. Meskipun memiliki keterampilan tinggi dalam memasak, buruknya keterampilan sosial dan demophobia yang ia miliki mengakibatkan dirinya kesulitan pada awal masa sekolah di Totsuki. Hal ini mulai berubah sejak ia bertemu Sōma dan berpasangan dengannya dimana kepercayaan dirinya mulai tumbuh seiring waktu berjalan. Ia juga merupakan penghuni Asrama Polar Star dan berteman baik dengan penghuni wanita lainnya, Ryōko Sakaki dan Yūki Yoshino. "Senjata" rahasia yang ia miliki dalam masakannya adalah "Keramahan", yang memberikan perasaan kasih sayang keluarga dan nostalgia kepada orang yang menyantap makanannya.

Asrama Polar Star

Asrama Polar Star adalah salah satu asrama siswa di lingkungan Akademi Tōtsuki, dimaksudkan untuk siswa yang kurang makmur yang tidak memiliki tempat tingal sendiri serta sarana transportasi ke akademi. Asrama menjadi terkenal ketika dua anggota masa lalu - Gin Dojima dan Jōichirō Saiba (ayah Soma) - menjadi dua kursi pertama dari Elite Sepuluh Tōtsuki dan memenangkan dana yang cukup besar dan wilayah untuk ekspansi bangunan. Saat ini Asrama Polar Star dihuni oleh pemilik kursi ketujuh dari Elite Sepuluh-Satoshi Isshiki-serta sejumlah mahasiswa berbakat, termasuk Soma Yukihira dan Megumi Tadokoro. Menurut Fumio, sang manajer asrama, banyak alumni yang menduduki kursi Elite Sepuluh berasal dari asrama ini selama era keemasannya.

Untuk menjadi penghuni, siswa harus terlebih dahulu menyelesaikan tes dengan memasak makanan yang memuaskan bagi manajer asrama. Selain perumahan, asrama juga menyediakan kebun sayur, lokakarya, dan fasilitas lainnya yang dirawat oleh dan dimanfaatkan oleh penghuninya. Sebagai bukti dari kekuatan mereka, enam dari delapan anggota asrama berkompetisi pada Pemilihan Musim Gugur Tōtsuki, dan semua enam menerima skor yang sangat tinggi (di atas 80) dalam fase eliminasi. Dari enam, soma dan Megumi ditempatkan di 4 atas blok mereka dan maju ke perempat final turnamen utama.

Berikut para penghuni Asrama Polar Star terkini (selain Soma Yukihira dan Megumi Tadokoro):

Fumio Daimidō (大御堂 ふみ緒 Daimidō Fumio?)
Suara oleh: Mari Yokoo
Fumio adalah seorang wanita tua dengan rambut berduri yang disisir ke belakang. Ia adalah manajer serta penanggung jawab Asrama Polar Star, dan pengelola tes memasak bagi semua calon penghuni dan memastikan lulus atau tidak lulusnya mereka sebelum diterima tinggal di asrama. Awalnya ia adalah sosok yang tegas dan suka mengintimidasi siswa calon penghuni asrama, namun menjadi figur ibu yang peduli kepada siswa penghuni Asrama Polar Star. Ia senang ketika enam siswa Polar Star dipilih untuk Pemilihan Musim Gugur, menyebutnya kebangkitan Era Emas Asrama.
Satoshi Isshiki (一色 慧 Isshiki Satoshi?)
Suara oleh: Takahiro Sakurai
Satoshi adalah pemilik kursi ketujuh dari dewan Elite Sepuluh Tōtsuki saat ini dan merupakan siswa tahun kedua Akademi Tōtsuki yang tinggal di Asrama Polar Star, menjadikannya senior bagi para siswa penghuni lainnya. Satoshi adalah pria berwajah tampan dan peduli pada juniornya, yang lebih sering terlihat nyaman berpenampilan hanya menggunakan sebuah celemek dan celana dalam saja, sekalipun bekerja di luar. Ia senang membantu dan mendukung juniornya, dan menjadi siswa penghuni pertama yang mengakui kemampuan memasak Soma pertama kali pada hari pertama Soma di Asrama. Dua hari sebelum Pemilihan Musim Gugur, di saat yang sama ketika Joichirō kembali ke mantan asramanya sementara untuk mengunjungi anaknya, Satoshi dipercayakan oleh Joichirō untuk mengawasi Asrama Polar Star baginya, yang tentu saja ia terima.
Yūki Yoshino (吉野 悠姫 Yoshino Yūki?)
Suara oleh: Maaya Uchida
Yuki adalah wanita kecil dan enerjik dengan rambut yang dikepang dua yang juga merupakan siswi tahun pertama yang tinggal di Asrama Polar Star. Ia adalah penghuni yang hiperaktif dari semua penghuni asrama, sering bertindak kekanak-kanakan, menjahili penghuni lain, dan bereaksi berlebihan terhadap segala situasi. Dia memiliki dada yang datar, dan sebagai figur yang lucu, ia sering iri kepada siswa yang lebih baik kemampuannya seperti Ryoko, meskipun Ryoko dan Megumi menjadi teman terdekatnya di asrama. Yuki sering ditampilkan bereaksi kesal dengan kejenakaan Soma. Spesialisasi Yuki dalam memasak adalah "Perburuan Liar", di mana Yuki memelihara dan membesarkan sejumlah hewan ternak di lingkungan Asrama yang pada saatnya dapat diburu untuk dijadikan bahan segar untuk dimasak dengan cara melepas mereka dan memburunya ke manapun hingga tertangkap.
Ryōko Sakaki (榊 涼子 Sakaki Ryōko?)
Suara oleh: Ai Kayano
Ryoko adalah wanita berpostur tinggi yang terlihat dewasa dengan rambut panjang terurai berwarna ungu, mata berwarna orange, dan dada yang berisi. Ia ramah dan baik, dan menanggapi keeksentrikan semua penghuni Asrama Polar Star dengan tenang dan berkepala dingin, serta sering menghibur mereka ketika menghadapi suatu masalah. Spesialisasi Ryoko dalam memasak adalah "Fermentasi" karena kerabatnya memiliki sebuah toko bahan fermentasi yang terkenal, dan dia membuat proyek fermentasi pribadinya di dekat asrama untuk menghasilkan bahan sendiri. Ia juga menyimpan beberapa botol "minuman beras fermentasi" yang kadang-kadang ia bawa untuk berpesta dengan para penghuni asrama, meskipun menurut Soma itu adalah sake yang ilegal untuk dihidangkan.
Shun Ibusaki (伊武崎 峻 Ibusaki Shun?)
Suara oleh: Taishi Murata
Shun, lebih sering dipanggil dengan Ibusaki yang jadi nama belakangnya, adalah siswa tahun pertama yang juga penghuni Asrama Polar Star. Ia memilik rambut yang berantakan yang menutupi matanya dan merupakan orang yang pendiam. Ibusaki terbukti menjadi sangat tenang dan tanggap; Ia adalah orang pertama yang mengetahui duel memasak informal antara Satoshi dan Soma dan tetap tenang dari para siswa yang lainnya selama duel bertema sarapan itu berlangsung dengan tekanan yang semakin meningkat. Spesialisasi Ibusaki dalam memasak adalah "Asap", di mana semua hasil masakannya adalah makanan hasil dari pengasapan. Seperti penghuni Asrama lainnya, ia sering menggunakan halaman asrama untuk mengasapi masakan, dan memotong kayu untuk bahan pengasapannya. Karena itu, Marui menjulukinya dengan "Pangeran Asap".
Zenji Marui (丸井 善二 Marui Zenji?)
Suara oleh: Yūsuke Kobayashi
Zenji, lebih sering dipanggil dengan Marui yang jadi nama belakangnya, adalah siswa tahun pertama yang juga penghuni Asrama Polar Star. Siswa yang kutu buku, dengan rambut bob hitam dan memakai kacamata yang besar, serta terlihat memiliki stamina di bawah rata-rata. Di antara siswa Polar Star lainnya, Ia adalah siswa yang paling kelelahan dengan kurikulum Training Camp Musim Panas, dengan gaya yang lucu bahwa ia hampir selalu akan tewas di beberapa kesempatan. Meskipun demikian, ia adalah siswa yang sangat kompetitif terutama dalam memasak. Marui tidak memiliki spesialisasi khusus dalam memasak, dia meneliti gaya memasak dari seluruh dunia dan menyerap semua ilmunya untuk membuat suatu hidangan dengan gaya baru yang ia buat, gaya bebas. Kamar Marui di Asrama Polar Star merupakan kamar yang paling besar sehingga sering digunakan para penghuni lainnya untuk berkumpul bersama hingga berpesta, termasuk Soma. Meskipun Marui beberapa kali protes karena kamarnya yang selalu dipakai, ia tetap tidak bisa menolak pada akhirnya.
Daigo Aoki (青木 大吾 Aoki Daigo?) dan Shōji Satō (佐藤 昭二 Satō Shōji?)
Suara oleh: Junichi Yanagita (Daigo)
Suara oleh: Kengo Kawanishi (Shōji)
Dua siswa tahun pertama lainnya yang tinggal di Asrama Polar Star. Keduanya hampir selalu berkelahi, namun mereka akur dan bersatu demi mempertahankan kehormatan dan nama baik Asrama Polar Star. Keduanya menjadi sering berkelahi sejak sekolah menengah pertama ketika suatu kali Daigo mencuri mainan favorit Shoji. Shoji berpikir bahwa akan lucu untuk membalas dendam dengan merusak salah satu hidangan Daigo dengan menambahkan garam pada masakannya ketika sedang dalam proses. Sejak saat itu mereka terus berkelahi atas segala sesuatu.

Karakter Pendukung

Takumi Aldini (タクミ・アルディーニ Takumi Aldini?)
Suara oleh: Natsuki Hanae
Takumi kemenakan tertua dari pemiliki "Trattoria Aldini", sebuah trattoria yang terletak di Firenze, Italia. Ia merupakan keturunan Jepang-Italia, namun tidak seperti adiknya, penampilannya lebih mirip seperti orang Eropa, dengan rambut pirangnya. Takumi adalah chef yang berbakat. Spesialisasinya adalah masakan Italia. Ia menampilkan bahwa dirinya tidak terbatas hanya pada spesialisasinya; seperti Soma, ia mampu menggkombinasikan masakan Italia dengan bahan dan metode dari gaya kuliner lain. Ia lebih berbakat dari adiknya. Meskipun begitu, ia sangat baik dan selalu mendukung adiknya. Takumi memiliki rivalitas yang tinggi terhadap Soma. seperti Soma, ia juga memiliki pengalaman kerja di restoran kecil. Di luar rivalitas mereka, ia dan Soma saling menghargai satu sama lain dan menjalin hubungan pertemanan di luar arena.
Isami Aldini (イサミ・アルディーニ Isami Aldini?)
Suara oleh: Yūki Ono
Isami adalah adik Takumi, dan kemenakan dari pemilik "Trattoria Aldini". Tidak seperti kakaknya, penampilannya lebih mirip dengan orang Jepang, memiliki rambut hitam dan mata sipit. Sama seperti Takumi, spesialisasinya juga masakan Italia.
Ikumi Mito (水戸 郁魅 Mito Ikumi?)
Suara oleh: Shizuka Ishigami
Ikumi adalah seorang siswi tahun pertama yang memiliki spesialisasi dalam masakan berbahan daging. Ia sering dipanggil "Nikumi", walaupun sebenarnya ia sangat tidak suka dipanggil dengan nama tersebut. Awalnya ia merupakan sorang antagonis, namun kemudian ia berteman dengan Soma dan penghuni Asrama Polar Star lainnya.
Hisako Arato (新戸 緋沙子 Arato Hisako?)
Suara oleh: Saori Ōnishi
Merupakan sekretaris dan teman dekat Erina. Hisako memiliki spesialisasi pada masakan berbahan obat-obatan tradisional. Ia berpikir bahwa Erina merupakan yang terbaik dan dirinya hanya dapat menjadi yang nomor dua. Setelah kalah dari Hayama, ia merasa tidak pantas berada di sisi Erina. Namun setelah menerima nasihat dari Soma saat mereka berdua berpasangan dalam Periode Stagiaire, ia kembali menjadi sekretaris Erina dan menunjukkan sikap lebih ramah kepada Soma.
Alice Nakiri (薙切 アリス Nakiri Arisu?)
Suara oleh: Chinatsu Akasaki
Alice merupakan sepupu Erina dan seorang siswi tahun pertama di Akademi Kuliner Tōtsuki. Ia merupakan keturunan Denmark-Jepang. Ia memiliki kulit yang pucat dan rambut putih perak. pada masa kecilnya, ia selalu berada di bawah bayang-bayang Erina. Pada usia 5 tahun ia pindah ke Eropa untuk meningkatkan keterampilan kulinernya, berusaha mengalahkan sepupunya. Alice memiliki sikap yang angkuh dan sering menganggap remeh lawannya. Namun tidak seperti Erina, Alice bersikap lebih ramah terhadap orang-orang yang ia anggap sebagai rival. Alice merupakan chef yang sangat berbakat. Spesialisasinya adalah gastronomi molekuler.
Ryō Kurokiba (黒木場 リョウ Kurokiba Ryō?)
Suara oleh: Nobuhiko Okamoto
Ryō merupakan ajudan Alice Nakiri. Awalnya, ia merupakan pemilik sebuah pub lokal di sebuah kota pelabuhan di Denmark, yang juga bertindak sebagai chef kepala. Ia bertemu Alice saat ia berkunjung ke Denmark dan kemudian menjadi ajudannya. Ryō biasanya tampak sebagi seseorang yang pemalas dengan ekspresi yang pasif. Namun, sikapnya berubah setelah ia mengenakan ikat kepala - ekspresinya menjadi lebih agresif, dengan mata yang tajam dan senyum yang liar. Spesialisasinya adalah masakan seafood. Ia menganggap dapur merupakan medan pertempuran antara koki dengan dengan pelanggannya.
Akira Hayama (葉山 アキラ Hayama Akira?)
Suara oleh: Junichi Suwabe
Merupakan asisten Profesor Jun Shiomi. Akira memiliki spesialisasi pada masakan kari, dengan pengetahuan yang luas terhadap berbagai macam bumbu dan aroma. Ia memiliki tubuh yang tinggi, kulit gelap dan rambut berwarna perak. Penciumannya sangat tajam ketika berhadapan dengan bumbu. Akira berasal dari luar negeri dan hidup ditelantarkan oleh orang tuanya. Terlahir memiliki indera penciuman yang tajam. Ia bertemu Jun yang sedang dalam penelitian mengenai bumbu. Motivasinya dalam memasak adalah untuk membalas budi kepada Jun karena telah memberikan kesempatan kedua untuk menjalani hidup.

Media

Manga

Manga ini memulai serialisasi pada November 2012. Volume tankōbon pertama dari manga ini diterbitkan pada 4 April 2013. Viz Media telah memiliki lisensi penerbitan manga untuk di Amerika Utara.[2]

Anime

Sebuah adaptasi anime diumumkan pada Oktober 2014 oleh Shueisha.[3] Produksi anime ini didireksi Yoshitomo Yonetani di J.C.Staff dengan Shogo Yasukawa sebagai penulis naskah.[4] Lagu tema pembukanya adalah "Kibō no Uta" (希望の唄?) oleh Ultra Tower,[5] dan lagu tema penutupnya adalah "Spice" (スパイス?) oleh Tokyo Karankoron.[6] Untuk episode 15 dan selanjutnya, lagu tema pembukanya adalah "Rising Rainbow" (ライジングレインボウ?) oleh Misokkasu, sementara lagu tema penutupnya adalah "Satchan's Sexy Curry" (さっちゃんのセクシーカレー?) oleh Seiko Oomori.

Referensi

  1. ^ "Food Wars!, Volume 1". Viz Media. Diakses tanggal May 28, 2014. 
  2. ^ "Viz Media Adds Shokugeki no Sōma Cooking Comedy Manga". Anime News Network. 4 November 2013. Diakses tanggal 6 Mei 2014. 
  3. ^ "Shueisha Confirms Food Wars: Shokugeki no Soma TV Anime for 2015". Anime News Network. 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 4 April 2015. 
  4. ^ "J.C. Staff Food Wars: Shokugeki no Soma Anime Cast Yoshitsugu Matsuoka". Anime News Network. 9 November 2014. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  5. ^ ""Shokugeki no Soma" TV Anime OP Song PV by Ultra Tower". Crunchyroll. 13 April 2015. Diakses tanggal 19 April 2015. 
  6. ^ スパイス(アニメ「食戟のソーマ」エンディングサイズ) (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 19 April 2015. 

Pranala luar