Shokugeki no Sōma (musim 2)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shokugeki no Sōma
Musim 2
Gambar sampul volume pertama versi Blu-ray
Negara asalJepang
Jml. episode13
Rilis
Jaringan asliMBS, Tokyo MX, BS11, Animax
Tanggal disiarkan2 Juli (2016-07-02) –
24 September 2016 (2016-9-24)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 1
Berikutnya →
Musim 3
Daftar episode

Musim kedua dari seri anime Shokugeki no Sōma yang berjudul Ni no Sara (Jepang: 弍ノ皿, The Second Plate), diproduksi oleh J.C.Staff dan disutradarai oleh Yoshitomo Yonetani. Alur ceritanya melanjutkan kisah Soma Yukihira di Akademi Kuliner Totsuki yang prestisius ketika dia dan teman-temannya berkompetisi pada Pemilihan Musim Gugur, diikuti oleh stagiaire (magang tanpa dibayar di berbagai restoran). Musim ini ditayangkan di Jepang pada saluran MBS sejak tanggal 2 Juli hingga 24 September 2016, dengan siaran tambahan di Tokyo MX, BS11, dan Animax.[1]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

CeritaEpisodeJudul [a][b]Tanggal tayang asli [2]Tanggal tayang bahasa Inggris [3]
251"That Which is Placed Within the Box" / "What Fills the Box"
"Sono Hako ni Tsumeru mono" (Jepang: その箱に詰めるもの)
2 Juli 2016 (2016-07-02)18 Januari 2020
Turnamen utama Pemilihan Musim Gugur dimulai dengan pertandingan antara Soma dan Alice, keduanya membuat bento. Dengan menggunakan berbagai teknik ilmiah dan peralatan canggihnya, Alice mempersembahkan bento sushi temari yang menggunakan rasa dari masing-masing bagian untuk mendukung rasa dari bagian berikutnya. Sementara itu, Soma menyajikan nori buatannya sendiri, menggunakan teknik gastronomi molekuler yang ia pelajari dari produk permen murah untuk membuat bola nori yang dipenuhi oleh umami. Merasa kehangatan hidangan Soma lebih cocok dengan tema bento, para juri menyatakan Soma sebagai pemenang.
262"Interplay of Light & Shadow" / "The Interplay of Light and Shadow"
"Kōsakusuru Hikari to Kage" (Jepang: 交錯する光と影)
9 Juli 2016 (2016-07-09)25 Januari 2020
Megumi melawan Ryo di pertandingan kedua, dan mereka harus membuat hidangan ramen menggunakan mi yang telah disiapkan. Karena Megumi dan Ryo membuat ramen menggunakan kaldu berbasis makanan laut, Alice mengingat ketika ia pertama kali bertemu Ryo sepuluh tahun yang lalu. Ketika para juri semakin dekat selama tahap akhir, Ryo mempersembahkan Soupe de Poisson Ramen buatannya terlebih dahulu, membuat para juri terkesan dengan rasa yang beragam dan dibuat menggunakan cangkang lobster yang dihancurkan. Meskipun sorak-sorai kerumunan penonton mulai berubah, Megumi berkonsentrasi untuk menyelesaikan Kozuyu Chicken Soy Sauce Ramen buatannya, yang menarik keluar umami dari kerang dan mendidihkan sayuran kering sambil menggunakan saus pengubah rasa.
273"The Age of Kings" / "The Generation of Prodigies"
"“Gyoku” no Sedai" (Jepang: 『玉』の世代)
16 Juli 2016 (2016-07-16)1 Februari 2020
Meskipun pertandingan ini tergolong ketat, Ryo dinyatakan sebagai pemenang, meskipun Megumi masih dipuji oleh banyak orang atas usahanya. Keesokan harinya, ketika Akira dan Hisako berhadapan dalam duel hamburger, Soma bertemu dengan kontestan kedelapan bernama Subaru Mimasaka, yang bergabung dengan mereka untuk menyaksikan pertandingan. Hisako menyajikan hidangannya—burger penyu bercangkang lunak, tetapi dikalahkan oleh burger kebab buatan Akira, yang memanfaatkan aspek acar burger demi meningkatkan rasanya. Sebelum pertandingan keempat dimulai, Subaru memprovokasi Takumi dengan menghina saudaranya, mengubah pertandingan mereka menjadi Shokugeki.
284"The Pursuer"
"Tsuiseki-sha" (Jepang: 追跡者)
23 Juli 2016 (2016-07-23)8 Februari 2020
Shokugeki antara Takumi dan Subaru dimulai dengan mempertaruhkan pisau mezzaluna milik Takumi. Untuk tema hidangan penutup, kedua belah pihak memutuskan untuk membuat semifreddo. Pendekatan investigasi Subaru untuk Shokugeki ini terungkap, yaitu membuat kejutan tersendiri pada resep lawannya dalam rangka meningkatkan hidangannya sendiri. Pada awalnya, Takumi dengan putus asa mencoba untuk berpikir tentang apa yang bisa ia lakukan dengan sisa waktu memasak yang terbatas, tetapi ia mengingat kembali pelatihannya dan mencoba untuk tenang. Setelah Subaru membuat para juri terkesan dengan hidangan kejutannya, Takumi menyajikan semifreddo buatannya dengan lapisan lemon curd yang dibuat dengan minyak zaitun. Namun, Subaru mengatakan bahwa ia telah memprediksi tindakan Takumi dan menambahkan bahan rahasianya sendiri—lemon yang telah diawetkan, meraih kemenangan sekaligus merebut mezzaluna milik Takumi. Setelah itu, Subaru muncul di asrama Soma untuk menantangnya dalam Shokugeki pada babak semifinal, mempertaruhkan mezzaluna Takumi untuk pisau Soma. Namun, Soma yang tidak menghormati Subaru sebagai koki, menaikkan taruhan mereka dan menempatkan kariernya sebagai koki di ujung tanduk demi semua alat yang telah dimenangkan Subaru dalam 100 pertandingan Shokugeki yang telah dilaluinya.
295"The Secret of the First Bite" / "The Secret in the First Bite"
"Hitokuchime no Himitsu" (Jepang: 一口目の秘密)
30 Juli 2016 (2016-07-30)15 Februari 2020
Soma didekati oleh jurnalis akademi bernama Mitsuru Sotsuda, yang meminta untuk meliputnya saat ia mengerjakan resep daging rebus untuk pertandingan Shokugeki-nya melawan Subaru. Selepas menyetujui untuk mencicipi masakannya setelah Soma mengizinkannya meminjam beberapa manga, Erina mengkritik hidangan Soma dengan keras, dan menyatakan bahwa hidangan tersebut tidak cocok untuk topik utama pertandingan. Setelah memikirkan kata-kata Erina, Soma mendapat inspirasi ketika menerima beberapa daging dari Ikumi. Soma menyadari bahwa hidangannya sudah harus menonjol pada gigitan pertama, dan memutuskan untuk membuat rebusannya menggunakan buntut sapi. Hari pertandingan Shokugeki segera tiba, dan Subaru mengatakan bahwa sebagai hasil dari pengintaiannya, ia telah memperkirakan tindakan Soma dan juga turut menggunakan buntut sapi, dan melakukan sentuhannya sendiri pada hidangan buatannya.
306"Morning Shall Come Again" / "Dawn Will Come Again"
"Asa wa Mata Kuru" (Jepang: 朝はまた来る)
6 Agustus 2016 (2016-08-06)22 Februari 2020
Subaru menggunakan bacon asap sebagai hiasan untuk rebusannya, mengungkapkan bahwa ia mendapatkan informasi ini dengan cara meretas komputer Mitsuru. Bahkan ketika Soma mengungkapkan niatnya untuk menggunakan berbagai potongan daging sapi untuk mengimprovisasi hidangannya dengan cepat, Subaru tampaknya masih meramalkan langkah Soma, dan tetap percaya diri dengan tambahan dagingnya. Meskipun para juri terkesan dengan hiasan bacon Subaru, Soma mengejutkan mereka dengan hidangannya yang menggunakan berbagai potongan daging sebagai hiasan, mengungkapkan bahwa ia telah menciptakan hidangan dari semua yang telah dipelajarinya sejauh ini, dan memenangkan pertandingan dengan suara bulat. Akibatnya, Soma berhasil mengembalikan semua alat masak yang diambil Subaru dari para pemilik aslinya. Namun, Takumi memutuskan untuk meninggalkan pisau mezzaluna-nya pada Soma sampai ia bisa memenangkannya kembali.
317"Beasts That Devour Each Other"/ "Beasts Devouring Each Other"
"Kuraiau Kemono" (Jepang: 喰らい合う獣)
13 Agustus 2016 (2016-08-13)29 Februari 2020
Ryo dan Akira berhadapan satu sama lain di pertandingan semifinal kedua, yang membuat mereka harus membuat hidangan gaya Barat. Akira menyajikan hidangannya, Canard Apicius, menggunakan kombinasi rempah-rempahnya dengan bebek untuk membuat kagum para juri. Sementara itu, Ryo menyajikan Belut Matelote, menambahkan buah prem untuk memberikan rasa yang menggetarkan. Di saat para juri terbagi dua pihak ketika memilih hidangan yang mana, mereka menyatakan bahwa babak final akan menjadi pertandingan tiga pihak antara Soma, Akira, dan Ryo, dengan tema hidangan adalah ikan sauri pasifik.
328"The Battle That Follows the Seasons" / "Battle of Seasonality"
"Shun o Meguru Tatakai" (Jepang: 旬を巡る戦い)
20 Agustus 2016 (2016-08-20)7 Maret 2020
Dalam persiapan untuk babak final, Soma pergi bersama Megumi ke pasar ikan, dan mereka berpapasan dengan Ryo dan Alice. Di sana, mereka belajar berbagai faktor tentang bagaimana cara memilih ikan sauri pasifik terbaik, yang tampaknya menjadi keahlian Ryo. Mendengar bahwa Akira juga memiliki bakat untuk memilih ikan terbaik, Soma menjadi khawatir dalam bersaing dengan mereka berdua. Soma akhirnya memutuskan untuk mengawetkan saurinya, dan kemudian meminta bantuan dari Ryoko, Ibusaki, dan Ikumi karena pengalaman mereka dalam metode pengawetan. Setelah mencoba masing-masing dari tiga metode; menggunakan beras malt, mengasapi, dan kelembaban tinggi, Soma berhasil memikirkan cara untuk melampaui kedua peserta lain setelah bertemu Fumio. Hari babak final tiba, dan Soma mengeluarkan sepotong ikan sauri yang sama sekali tidak dapat dikenali.
339"The Sword That Announces Fall" / "A Sword that Signals Autumn"
"Aki o Tsugeru Katana" (Jepang: 秋を告げる刀)
27 Agustus 2016 (2016-08-27)14 Maret 2020
Di bawah langit yang diterangi sinar bulan, putaran final dimulai, dan Alice mengenang banyak pertarungan memasak yang dilakukannya dengan Ryo. Dengan sisa waktu memasak yang tinggal setengahnya, Ryo menyajikan hidangannya; sebuah cartoccio yang dimasak dalam mentega ramuan di dalam tas plastik. Berikutnya, Akira menyajikan carpaccio yang menggunakan api untuk mengeluarkan aroma kuatnya—yang berasal dari bumbu tunggal. Akhirnya, Soma menyajikan hidangannya; Salted Rice Bran Pacific Saury Rice, yang dipikirkannya setelah melihat acar milik Fumio. Ketika hidangannya dinilai gagal mengesankan para juri, Soma menunjukkan sisi sebenarnya dari hidangannya.
3410"A New Jewel" / "A New Genius"
"Aratanaru "Gyoku"" (Jepang: 新たなる玉)
3 September 2016 (2016-09-03)21 Maret 2020
Soma menyajikan unsur hidangannya yang hilang, sup putih yang terbuat dari susu kedelai yang mengubah hidangan nasi menjadi bubur kental, untuk meningkatkan rasa yang sudah ada. Sementara itu, Satoshi, yang menyimpulkan bahwa Eizan adalah orang yang mendorong Subaru untuk memprovokasi Soma, mengatakan kepadanya bahwa tidak pernah menyerah adalah dorongan Soma untuk yang membuatnya bisa sampai sejauh ini. Ketika para juri membuat keputusan, Akira mengenang saat Jun membawanya keluar dari daerah kumuh dan membantunya menjadi koki seperti sekarang ini. Dengan mempertimbangkan orisinalitas sebagai faktor penentu di antara ketiga hidangan, Akira dinyatakan sebagai pemenang Pemilihan Musim Gugur atas hidangan spesialisnya. Setelah itu, Soma menelepon Joichiro dan menyatakan tekadnya untuk terus menemukan cara memasaknya sendiri. Beberapa hari kemudian, Soma bersantai dengan Akira dan Ryo, sementara Jun menjelaskan program pelatihan Stagiaire untuk siswa kelas satu kepada mereka bertiga.
3511"The Stagiaire"
"Sutajiēru" (Jepang: スタジエール)
10 September 2016 (2016-09-10)28 Maret 2020
Program Stagiaire mengharuskan para siswa untuk menetap di berbagai restoran di luar sekolah dan meninggalkan jasa mereka di restoran yang ditugaskan kepada mereka. Soma akhirnya dipasangkan dengan Hisako—yang merasa rendah diri sejak kalah dalam Pemilihan Musim Gugur, dan mereka ditugaskan di Restoran Barat Mitamura. Dengan segera, mereka menyadari bahwa restoran tersebut sedang berjuang untuk mengikuti rentetan pesanan dari pelanggan yang pulang pergi, tetapi Soma berhasil menggunakan pengalamannya untuk mengambil kendali dan membuat semua orang terorganisir. Sementara itu, Erina dan Megumi ditempatkan di restoran Prancis—tempat Erina langsung mengambil alih dapur, sementara Megumi menemukan caranya sendiri untuk melakukan perbaikan. Ketika Hisako menjadi lebih terbiasa dengan perannya, Soma percaya bahwa restoran tersebut perlu berubah, sehingga mereka tidak kesulitan lagi setelah Stagiaire selesai. Dengan kebimbangan para staf yang tidak mau mengurangi sebagian besar menu mereka, Soma menyarankan agar mereka mencoba beralih ke sistem restoran yang hanya menerima reservasi, sehingga mereka lebih mudah dalam melayani pelanggan mereka. Setelah melewati tahap pertama Stagiare, Soma mendorong Hisako untuk berhenti merasa malu atas kekalahannya dan kembali kepada Erina, dan memberitahunya bahwa ia harus bertekad untuk berdiri di samping Erina, alih-alih di belakangnya.
3612"The Magician Returns" / "The Magician Once More"
"Majutsu-shi Futatabi" (Jepang: 魔術師再び)
17 September 2016 (2016-09-17)4 April 2020
Tahap selanjutnya dari Stagiaire mempertemukan kembali Soma dengan Shinomiya, yang membuka cabang restoran Prancis-nya di Tokyo, Shino's. Ketika restoran tersebut memulai hari prapembukaan pertamanya, Soma menyaksikan sendiri intensitas pekerjaan di dapur Shinomiya dan berjuang untuk bersaing dengan staf lainnya. Setelah merenungkan kegagalannya, Soma menghabiskan sisa harinya untuk melakukan persiapan lebih awal sehingga ia dapat meminta saran kepada staf lainnya tentang bagaimana cara menjadi lebih efisien di dapur dan mempelajari teknik-teknik baru. Pada hari terakhir, Soma memutuskan untuk mengikuti kompetisi membuat hidangan untuk menu Shino's yang dapat ia sebut keahliannya.
3713"Pomp & Circumstance" / "Pomp and Circumstance"
"Ifudōdō" (Jepang: 威風堂々)
24 September 2016 (2016-09-24)18 April 2020
Pada hari terakhir prapembukaan, Shinomiya memanggil dan menyajikan makanan untuk sesama alumni dan ibunya, sambil mengenang peristiwa yang menginspirasinya untuk mengejar keahlian dalam masakan Prancis. Ketika kompetisi akhirnya dimulai, Soma menggunakan semua yang ia pelajari untuk membuat mangkuk nasi ayam dan telur ala Prancis menggunakan puyuh yang diisi dengan risotto. Meskipun pada akhirnya hidangan tersebut dinilai tidak cukup baik, Shinomiya membantu Soma memperbaiki resepnya agar hidangan tersebut dapat menjadi item di menunya—dan ini membuat Soma lulus dari Stagiaire. Dengan berakhirnya Stagiaire, Soma kembali ke Totsuki, siap untuk menghadapi siapa saja yang menantangnya dalam Shokugeki.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Judul bahasa Inggris diambil dari Sentai Filmworks.
  2. ^ Judul terjemahan bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "On Air". Food Wars! Shokugeki no Soma Official Website (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Juli 2016. Diakses tanggal 17 Oktober 2018. 
  2. ^ 食戟のソーマ 弐ノ皿 [Food Wars! Shokugeki no Soma: The Second Plate]. Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Oktober 2017. Diakses tanggal 24 September 2016. 
  3. ^ "On-Air Schedule". Adult Swim. Diakses tanggal 17 Januari 2020.