Parasyte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Parasyte
Kiseijuu.svg
寄生獣 セイの格率
(Kiseijuu Sei no Kakuritsu)
GenreHoror, Drama
Manga
PengarangHitoshi Iwaaki
Penerbit
Tokyopop (dulunya)
Kodansha Comics (sekarang)
DemografiSeinen
ImprintKodansha
MajalahMorning Open Zōkan (1988-1989)
Afternoon (1990-1995)
Terbit19881995
Volume10
Seri anime
Parasyte -the maxim-
SutradaraKenichi Shimizu
ProduserVAP, Nippon Television Network Corporation, Forecast Communications
SkenarioShōji Yonemura
MusikKen Arai
StudioMadhouse
PelisensiSentai Filmworks
Saluran
asli
NTV dan NNS
Tayang 9 Oktober 2014 26 Maret 2015
Episode24 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Parasyte (寄生獣 セイの格率, Kiseijuu Sei no Kakuritsu) adalah sebuah manga yang dibuat oleh Hitoshi Iwaaki dan telah dipublikasikan pada tanggal 17 Oktober 2007. Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah anime yang telah tayang di saluran televisi Jepang sejak 9 Oktober 2014. Anime ini mendapat ulasan yang cukup baik dan telah berhasil meraih nilai 8,59 pada website MyAnimeList.[1].

Plot[sunting | sunting sumber]

Bekisah tentang alien berbentuk cacing bernama Parasyte yang menyerang bumi dan mengambil alih otak manusia dengan masuk melalui telinga. Suatu malam, ketika remaja Shinichi Izumi yang tinggal bersama orang tuanya di lingkungan Tokyo, alien tersebut menyerang remaja itu yang sedang tidur, tetapi Shinichi sedang memakai headphone di telinganya alien tersebut tidak bisa masuk di telinga remaja itu, akan tetapi dia berhasil memasuki bagian tangan kanan remaja itu. Makhluk tersebut dinamai Migi yang berarti kanan. Mereka berdua saling berbagi kepribadian, yaitu melawan Parasyte yang lain untuk mencegah teror di lingkungan masyarakat.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Shinichi Izumi (泉 新一 Izumi Shinichi)

Seorang pelajar berusia 17 tahun, orang yang bijaksana dan baik yang tinggal bersama orang tuanya di lingkungan Tokyo. Tapi ia berubah setelah melihat kejadian ibunya tewas dan diambil alih oleh Parasit. Parasit yang ada di tangan kanannya itu, Ia harus saling berbagi kepribadian agar Parasit yang mengambil alih tangannya itu bisa mendamaikan keinginannya untuk melindungi umat manusia dari Parasit lainnya. Karena itu, ia mampu mencegah Parasit itu mengambil penuh alih otaknya. Mereka mampu mempertahankan kepribadian mereka yang menyerang penuh ke dalam otak. Keduanya, menemukan banyak Parasit di kota, mereka akhirnya membentuk ikatan yang kuat karena mereka bekerja sama untuk bertahan hidup.

Migi (ミギー Migi)

Berprofesi sebagai Parasit yang hidup di tangan kanan Shinchi. Tujuan utamannya adalah untuk menjaga tuannya yaitu Shinichi untuk tetap hidup. Ia tidak seperti Parasit lainnya yang memiliki keinginan untuk membunuh manusia, karena ia selalu terlibat pertempuran terhadap Parasit lainnya untuk menyelamatkan orang lain. Terkadang ia telihat seperti manusia, yang menunjukkan rasa hormatnnya itu terhadap orang lain, ia juga tertarik pada bagaimana manusia melakukan bereproduksi. Ia menganggap Shinichi sebagai temannya, karena ia telah menyatakan bahwa ia senang telah gagal mengambil alih otaknya. Ketika ia memasuki mimpi Shinichi, dia mengucapkan terima kasih karena Shinchi sudah membuat pengalaman bersama-sama dan ia beruntung, Shinichi sudah menganggap dia itu adalah teman.

Karakter Figuran[sunting | sunting sumber]

Takeshi Hirokawa (広川 剛志 Hirokawa Takeshi)

Seorang komplotan dari manusia yang bersimpati dengan Parasit. Ia adalah orang yang berkepala dingin, sikap yang selalu tenang dan tanpa ekspresi ini membuat orang-orang mengira dia itu adalah parasit. Dia sangat tidak menyetujui bagaimana umat manusia memperlakukan planet dan semua spesies di sekitar mereka. Karena ia bersimpati dengan parasit, ia benar-benar percaya bahwa mereka adalah jawaban untuk memusnahkan planet manusia dan di asumsikan mereka sebagai sampah.

Kana Kimishima (君嶋 加奈 Kimishima Kana)

Seorang gadis remaja yang memiliki rambut hitam, dan sering mengenakan sepasang sarung telinga merah muda ketika dia berjalan di kota. Dia tampak cemburu kepada Satomi karena ia mempunyai perasaan kepada Shinichi. Ia merupakan orang yang tenang dan peduli terhadap sesama lain. Ia sering menjadi malu ketika ia bertemu dengan Shinichi, dia tertarik kepada Shinchi karena mempunyai kepribadian sensitif dan ia bisa merasakan sesuatu yang berbeda terhadap Shinichi. Ia sangat tergila-gila dengan Shinichi, ketika dia ditakdirkan untuk Shinichi, ia meninggal dalam pelukan Shinichi dan ia pun berusaha untuk menceritakan bagaimana mimpinya itu untuk Shinichi.

Reiko Tamura (田村 玲子 Tamura Reiko)

Berprofesi sebagai seorang guru di Sekolah Menengah Atas Shinchi. Ia memiliki rambut ungu dan mata cokelat yang tajam, kebanyakan murid laki-laki mengomentari penampilan baiknya. Ia adalah parasit yang sangat cerdas, ia sering mempelajari jiwa manusia. Awalnya, parasit itu kejam tetapi ketika ia melahirkan dan membesarkan anak, dia mulai mengembangkan dan menunjukkan emosi manusia, seperti tertawa dan berbagi kebahagiaan terhadap anaknya. Ia memutuskan untuk mengorbankan tubuhnya sendiri untuk menjaga anaknya terhindar dari bahaya, karena polisi menembak rentetan peluru ke arah tubuhnya itu. Sebelum kematian menghampirinya, dia benar-benar percaya bahwa manusia harus berteman dengan parasit karena ia telah menikmati waktu bersamanya. Dan, kematiannya itu pun menyebabkan Shinichi menangis, karena ia tidak percaya bahwa guru nya itu telah tiada.

Satomi Murano (村野 里美 Murano Satomi)

Teman sekelas Shinichi yang memiliki rambut merah pendek dengan rambut diikat di depan. Ia merupakan seorang gadis yang ceria, dan dia memiliki perasaan kepada Shinichi ketika dia pertama bertemu. Ia juga peduli terhadap teman-temannya itu, ia sering pergi ke rumah Shinichi untuk memeriksa dia, ia penasaran kenapa akhir-akhir ini Shinichi mulai melamun di sekolah.

Mitsuo (ミツオ Mitsuo)

Seorang pemuda yang memiliki sifat antagonis kecil di dalam seri ini, ia juga merupakan mantan pacar dari Kana. Ia orang yang mudah berkelahi kepada siapapun terutama Shinichi yang katanya ia merebut Kana dari dia. Karena dia, Kana mengatakan ia tidak peduli lagi dengan dia dan memutuskan untuk meninggalkan dia sendirian. Mitsuo kemudian mulai berpikir bahwa dia ingin bertemu lagi dengan Shinichi, Shinichi mengatakan kepadanya bahwa ia lebih kuat dari sebelumnya. Akhirnya, Mitsuo mulai menyadari bahwa Kana memiliki perasaan terhadap Shinichi, dan Kana mengatakan bahwa dia tidak pernah ingin melihat Natsuo lagi.

Live Action[sunting | sunting sumber]

Manga karangan Hitoshi Iwaaki ini telah diadaptasi menjadi film live-action. film ini dibuat menjadi dua part film, proses pengambilan film pertama kali di lakukan pada tanggal 29 November 2014 yang sudah tayang di bioskop, dan sedangkan film keduanya di lakukan pada tanggal 25 April 2015.

Sang karakter utama, Shinichi Izumi yang dimainkan peran oleh Shota Sometani sedangkan sang heroine Satomi Murano akan diperankan oleh Ai Hashimoto, [2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MyAnimeList, dikutip pada tanggal 11 November 2016.
  2. ^ Asian Wiki, dikutip pada tanggal 30 November 2016.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]