Sunday Without God

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sunday Without God
Kami-sama no Inai Nichiyōbi volume 1 cover.jpg
Cover volume 1 Kami-sama no Inai Nichiyōbi
神さまのいない日曜日
(Kami-sama no Inai Nichiyōbi)
GenreFantasi, Misteri, Supernatural[1]
Novel ringan
PengarangKimihito Irie
IlustratorShino
PenerbitFujimi Shobo
DemografiPria
ImprintFujimi Fantasia Bunko
Terbit20 Januari 201020 Mei 2014
Volume9
Manga
PengarangKimihito Irie
IlustratorAbaraheiki
PenerbitFujimi Shobo
DemografiShōnen
MajalahMonthly Dragon Age
Terbit9 Oktober 20109 Juli 2013
Volume4
Seri anime
SutradaraYūji Kumazawa
SkenarioTomoko Konparu
MusikHiromi Mizutani
StudioMadhouse
Saluran
asli
Tokyo MX, Chiba TV, tvk, TVS, SUN, KBS, AT-X, TVA, BS11
Saluran
bahasa Inggris
Crunchyroll
Anime Network
Tayang 6 Juli 2013 21 September 2013
Episode12
Animasi video orisinal
SutradaraYūji Kumazawa
StudioMadhouse
Rilis5 Februari 2014
Durasi24 menit
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Sunday Without God (神さまのいない日曜日, Kami-sama no Inai Nichiyōbi), atau juga biasa disebut Kaminai (神ない) adalah sebuah serial novel ringan yang ditulis oleh Kimihito Irie, dengan ilustrasi oleh Shino. Fujimi Shobo telah menerbitkan 9 volume sejak Januari 2010, dibawah Fujimi Fantasia Bunko mereka. Sebuah adaptasi manga oleh Abaraheiki mulai diserialisasikan pada bulan November 2010, isu dari majalah Monthly Dragon Age milik Fujimi Shobo. Sebuah CD drama dirilis oleh Marine Entertainment pada tanggal 29 Desember 2010.[2] Sebuah adaptasi anime berjumlah 12 episode yang diproduksi oleh Madhouse dan disutradarai oleh Yūji Kumazawa, tayang di antara bulan Juli dan September 2013.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita berlatar di sebuah dunia fiksi, dimana 15 tahun terakhir, manusia berhenti melahirkan dan tidak bisa benar-benar meninggal. Mereka yang telah meninggal akan tetap ada, meskipun telah terluka dan membusuk. Menurut legenda, Tuhan telah meninggalkan ciptaannya, dan memberikan mujizat terakhirnya yaitu "penjaga makam," makhluk yang memiliki kemampuan untuk mengistirahatkan dengan tenang mereka yang telah meninggal. Ai yang berusia 12 tahun adalah salah satu dari penjaga makam tersebut. Hidupnya berubah total ketika seorang makhluk abadi yang pandai menggunakan tembak, bernama Hampnie Hambart membantai seisi desanya. Karena tidak memiliki tempat untuk pergi, Ai pun mau tidak mau harus mengikuti Hampnie, dan mulai mengetahui kebenaran tentang Hampnie dan desanya.

Setelah itu, ia mulai bepetualang, melaksanakan tugasnya sebagai penjaga makam dan berusaha untuk lebih mempelajari tentang tentang kenapa dunia menjadi seperti itu, dan memutuskan untuk menyelamatkan dunia yang telah Tuhan tinggalkan. Ketika sedang dalam petualangan, ia bertemu dengan orang-orang baru: teman masa kecil Hampnie yang bernama Julie, sang penjaga makam Scar, seorang lelaki misterius bernama Alice, dan seorang hantu bernama Dee.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Ai Astin (アイ・アスティン, Ai Asutin)
Pengisi suara: Aki Toyosaki
Ai adalah tokoh utama dalam Sunday Without God. Ia adalah seorang penjaga makam berusia 12 tahun. Ia menjadi penjaga makam meneruskan pekerjaan ibunya setelah ibunya meninggal dunia. Ia cukup naif, tetapi ia sangat peduli terhadap orang lain. Berdasarkan perkataan ibunya, ayahnya bernama Hampnie Hambart, dan ketika ia bertemu dengan lelaki yang bernama Hampnie Hambart, ia langsung saja mengklaim bahwa lelaki itu adalah ayahnya. Namun, lelaki itu berkata bahwa ia tidak pernah memiliki anak. Setelah mengikuti Hampnie akhirnya ia menyadari kenyataan bahwa seluruh penduduk desa di desanya dulu telah meninggal dan Hampnie adalah ayahnya. Sebagai anak dari penjaga makam dan manusia, Ai adalah anak terakhir yang lahir di dunia, karena seluruh dunia telah berhenti melahirkan 3 tahun sebelum ia lahir. Selain itu, karena ia memiliki setengah darah manusia, ia memiliki perasaan seperti manusia pada umumnya yang membuatnya menjadi berbeda dengan para penjaga makam lainnya. Ia memutuskan untuk menyelamatkan dunia yang telah Tuhan tinggalkan, dan meninggalkan desanya untuk berpetualang.
Hampnie Hambart (ハンプニー・ハンバート, Hanpunī Hanbāto) / Kizuna Astin (キヅナ・アスティン, Kizuna Asutin)
Pengisi suara: Daisuke Namikawa
Juga dikenal dengan "Mainan Pemakan Manusia" (人喰い玩具, Hitokui Omocha), ia adalah seorang lelaki aneh yang menderita albino. Ia muncul di desa Ai secara tiba-tiba pada suatu hari dan membantai seisi desa dengan cara menembaknya, kecuali Ai. Tujuan akhir dari petualangan Hampnie adalah untuk menemukan seorang wanita bernama Hana. Ia menjadi manusia abadi 15 tahun yang lalu ketika Tuhan menelantarkan dunia, dan dapat menyembuhkan diri ketika terluka. Meskipun ia memiliki sifat yang dingin, ia bersumpah untuk hanya menggunakan tembak untuk melindungi diri atau untuk menghancurkan tubuh mereka yang telah meninggal, karena menurutnya, orang yang telah meninggal tidak memiliki tempat di antara mereka yang masih hidup. Ia memiliki harapan untuk meninggal dengan tenang dengan keluarganya di sampingnya, dan ia baru mengetahui bahwa Ai adalah anaknya dengan Hana ketika ia disiksa oleh Hiko dan gangnya. Setelah bangkit sebagai manusia yang telah meninggal, Hampnie dikubur oleh Ai di samping Hana atas permintaannya.
Scar (傷持ち(スカー), Kizumochi (Sukā))
Pengisi suara: Mamiko Noto
Seorang penjaga makam yang tidak memiliki emosi dan nama sebenarnya. Ia lewat di desa Ai ketika ia sedang mencari "mereka yang telah meninggal". Ia akhirnya mengikuti Ai untuk berpetualang. Ketika tim Ai berhenti di Ortus, ia menyelamatkan kakak Ulla yang bernama Celica, seorang bayi yang dibekukan oleh waktu, dan mengadopsinya sebagai anak. Scar mulai menunjukkan bahwa ia memiliki perasaan ketika Julie bersumpah bahwa ia akan melindungi Scar. Scar memohon untuk menjadi manusia ketika ia berada di Story Circle, tempat kelahiran para penjaga makam.
Julie Sakuma Dmitriyevich (ユリー・サクマ・ドミートリエビッチ, Yurī Sakuma Domītoriebitch)[catatan 1]
Pengisi suara: Keiji Fujiwara
Teman masa kecil Hampnie. Julie menyembunyikan istrinya dari penjaga makam setelah ia meninggal agar istrinya tidak dikubur. Hampnie mengetahui hal itu dan menghancurkan tubuh istrinya, dan setelah kematian anaknya, ia mencari Hampnie untuk balas dendam, meskipun Hampnie tahu bahwa Julie mengetahui bahwa ia abadi dan Julie hanya ingin ia dibunuh oleh Hampnie. Setelah Hampnie beristirahat dengan tenang, Julie memutuskan untuk berpetualang bersama Ai dan Scar, dan nantinya memiliki hubungan dengan Scar dan merawat bayi Celica bersama.
Alice Color (アリス・カラー, Arisu Karā)
Pengisi suara: Kōki Uchiyama
Seorang lelaki muda yang Ai temui di akademi Goran, dan ia terlihat tertarik dengan Ai. Meskipun memiliki keinginan yang sama dengan Ai, ia ingin menyelamatkan dunianya dengan menghancurkannya. Ia juga memiliki kemampuan spesial Buzzer Beater yang membuatnya dapat selalu tepat sasaran dalam menembak. Alice dan Dee telah mengamati Ai dari saat Ai berada di Ortus, dan kemudian mereka mengikuti Ai berpetualang. Setelah itu, ia mengundang Ai dan yang lainnya ke sebuah kota terpencil, Ostia, dan mereka masuk ke dunia kelas 3-4. Empat belas tahun yang lalu, ketika sedang mempersiapkan untuk festival budaya sekolah mereka, Dee terjatuh dari jendela dan Alice menolongnya, dan sebagai gantinya Alice lah yang terjatuh dari jendela dan meninggal. Hal itu menyebabkan kelas 3-4 membuat harapan agar hari bahagia mereka menjadi kekal dan sebagai hasilnya terciptalah dunia khayalan yang selalu mengulang setiap tahun pada tanggal 28 Juli, dan Alice ingin menyelamatkan teman-teman sekelasnya yang terperangkap dengan menghancurkan dunia khayalan tersebut. Karena Alice telah meninggal dan tubuhnya telah dikubur oleh penjaga makam, ia tidak terkunci di dunia khayalan tersebut seperti teman-temannya. Ia memiliki wujud fisik di luar dunia tersebut, tidak seperti Dee, yang menjadi hantu ketika keluar dari dunia khayalan itu. Di akhir cerita, ia diselamatkan oleh Ai, yang berharap dapat menyelamatkannya dari kematian. Ia menjadi dekat dengan Ai di sepanjang cerita dan mendukung tujuannya untuk menyelamatkan dunia.
Dee Ensy Stratmitos (ディー・エンジー・ストラトミットス, Dī Enjī Sutoratomittosu)
Pengisi suara: Eri Kitamura
Seorang hantu perempuan yang dikenal sebagai "Penyihir dari Barat" yang menjelajahi dunia untuk membantu atau memberi seseorang petunjuk atau informasi, secara diam-diam berbisik ke yang lainnya dan memaksa mereka. Ia menemani Alice untuk mewujudkan keinginannya untuk menyelamatkan kelas 3-4. Di kota terkunci Ostia, Dee memiliki tubuh fisik, namun saat ia keluar ia tidak memiliki tubuh fisik karena tubuh fisiknya terkunci di kota tersebut. Ketika mencari informasi tentang pengulangan waktu yang terjadi di kelas 3-4, Dee menemukan sebuah koran yang mengatakan bahwa seorang anak dari kelas 3-4 meninggal sementara 16 lainnya menghilang. Di saat itulah ia ingat bahwa Alice meninggal terjatuh dari jendela saat menolongnya, dan oleh karena itu para siswa kelas 3-4 lainnya berharap bahwa insiden itu tidak pernah terjadi dan hari bahagia mereka tidak akan pernah berakhir. Ia mencegah Alice dalam menemukan jalan untuk bebas dari kelas 3-4 sehingga Alice dapat bersama dengannya selamanya. Hal itu membuat Ai percaya bahwa Dee jatuh cinta pada Alice.

Ortus[sunting | sunting sumber]

Kiriko Zubreska (キリコ・ズブレスカ, Kiriko Zuburesuka)
Pengisi suara: Tetsuya Kakihara
Seorang pendatang di pemerintahan Ortus, sebuah kota untuk mereka yang telah meninggal. Ia pertama kali bertemu dengan Ai ketika ia ditemukan sedang tidur di mobil van milik Julie ketika Ai, Julie, dan Scar sedang melakukan petualangan. Ia juga dekat dengan putri Ulla. Ia menjadi teman 1 sekolah dan guru untuknya. Ia sebenarnya dibuat dari bagian-bagian tubuh 5 orang, lahir dari keinginan mereka untuk memiliki anak yang dikabulkan oleh penyihir. Ia juga tumbuh lebih lambat dibanding manusia normal dan memiliki pengetahuan yang diketahui oleh 5 orang yang membentuknya. Ia mengabdi pada Ulla dan memiliki perasaan yang dalam padanya.
Ulla Eulesse Hecmatika (ウッラ・エウレウス・ヘクマティカ, Urra Eureusu Hekumatika)
Pengisi suara: Mikako Komatsu
Putri dari Ortus, juga dikenal sebagai idola pembunuh. Matanya ditutup dan seluruh tubuhnya dibalut, karena sebelum ia lahir, ia menerima permintaan ibunya untuk membunuh seluruh manusia sebelum akhirnya ibunya meninggal, sehingga setiap orang yang ia lihat, ajak bicara atau ia sentuh akan langsung meninggal, membuatnya tidak bisa berinteraksi secara normal dengan orang lain. Ia biasanya akan menulis yang ingin ia katakan atau menggunakan Kirito sebagai alat komunikasi. Bahkan ketika Ai memberitahunya tentang kebenaran Ortus, ia tetap bahagia berada di Ortus, dan ia sangat peduli terhadap Kirito.
Wreck (強攻, Rekkusu)
Pengisi suara: Kenji Hamada
Duta urusan dunia luar khusus Ortus. Salah satu dari 5 orang yang membentuk Kirito.
Pox (悪疫, Pokkusu)
Pengisi suara: Nanako Mori
Wakil kapten pelindung penguasa Ortus. Salah satu dari 5 orang yang membentuk Kirito.
Diva (紅雪, Diiva)
Pengisi suara: Ryōka Yuzuki
Dokter kerajaan Ortus. Salah satu dari 5 orang yang membentuk Kirito.

Goran[sunting | sunting sumber]

Tanya Swedgewood (ターニャ・スウェッジウッド, Tānya Suwejjiuddo)
Pengisi suara: Asami Imai
Salah seorang murid di akademi Goran, sekolah untuk anak-anak yang memiliki kekuatan spesial, yang tidak memperbolehkan muridnya untuk keluar. Tanya terlahir buta namun karena permintaannya, Tanya memiliki kemampuan khusus yaitu Spirit Vision," yang membuatnya dapat mendengar suara dari suatu tempat dan benda-benda, dan bahkan membuatnya dapat mengetahui warna suatu benda. Setelah kabur dari akademi Goran, ia memperbolehkan para murid lainnya untuk tinggal di rumahnya hingga mereka memutuskan hal yang akan mereka lakukan selanjutnya.
Volrath Fahren (ヴォルラス・ファーレン, Vorurasu Fāren)
Pengisi suara: Sayuri Hara
Salah seorang murid di akademi Goran. Volrath memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menghancurkan suatu benda.
Hardy (ハーディ, Hādi)
Pengisi suara: Kengo Kawanishi
Salah seorang murid di akademi Goran yang juga merupakan kekasih Volrath. Ia memiliki kemampuan untuk memakan benda nonorganik sebagai makanannya.
Gigi Totogi (ギーギー・トートギー, Gīgī Tōtōgi)
Pengisi suara: Kotori Koiwai
Salah seorang murid di akademi Goran. Umurnya sebenarnya adalah 22, namun ia tertidur selama 10 tahun, sehingga ia tampak seperti anak berumur 12 tahun.
Mimieta Gedenburg & Memepo Gedenburg (ミミータ・ゲーデンバーグ、メメポ・ゲーデンバーグ, Mimīta Gēdenbāgu, Memepo Gēdenbāgu)
Pengisi suara: Ai Kakuma
Dua orang saudara kembar yang bersekolah di akademi Goran. Mimi adalah anak pertama dan Meme adalah anak kedua. Mengaku bukan benar-benar saudara kembar namun memiliki kepribadian yang sama karena saudara kembar ketiga mereka, Momo, yang meninggal dan dikubur oleh penjaga makam, hidup dalam diri mereka. Mereka terlahir di keluarga bangsawan.
Rune Sagittarius (ルン・サジタリウス, Run Sajitariusu)
Pengisi suara: Minami Takahashi
Salah seorang murid di akademi Goran. Ia dapat bernafas di air. Ia ingin pergi ke kota dalam air yang bernama Espia.
Mageta Hausend (マギータ, Magīta)
Pengisi suara: Yuka Keichō
Guru di akademi Goran. Ia menakuti-nakuti dan mendisiplinkan murid menggunakan pistolnya.

Karakter minor[sunting | sunting sumber]

Hana (ハナ) / Alfa (アルファ, Arufa)
Pengisi suara: Rina Satō, Yūko Gotō (drama CD)
Wanita yang dicari oleh Hampnie Hambart. Hampnie mendeskripsikannya sebagai seorang wanita yang sensitif, suka makan, dan memiliki rambut cokelat terang. Ia sebenarnya adalah orang yang sama dengan Alfa, ibu Ai dan penjaga makam pertama. Mimpi Hana adalah untuk menjadikan dunia menjadi sebuah tempat seperti surga, dan kemudian menurunkannya pada Ai. Ia meninggal ketika Ai masih 7 tahun.
Yōki (ヨーキ, Yooki) & Anna (アンナ, Anna)
Yōki: Pengisi suara: Hirofumi Nojima
Anna: Pengisi suara: Akeno Watanabe
Pasangan yang telah menikah di desa Ai dan mengadopsi Ai sebagai anak mereka.
Yuuto (ユート)
Pengisi suara: Eiji Maruyama
Tukang besi di desa Ai.
Hikotsu (ヒコーツ)
Pengisi suara: Hiroyuki Yoshino
Seseorang yang telah meninggal yang terobsesi terhadap Hampnie.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Kami-sama no Inai Nichiyōbi mulai sebagai serial novel ringan yang ditulis oleh Kimihito Irie, dengan ilustrasi oleh Shino. Novel pertama Irie yang berbentuk serial berjudul Nichiyō no Hitotachi (日曜の人達, Sunday People) di 21st Fantasia Prize Fujimi Shobo pada tahun 2009 dan novel tersebut berhasil memenangkan Grand Prize.[3] Novel pertama tersebut diterbitkan oleh Fujimi Shobo pada tanggal 20 Januari 2010 dibawah Fujimi Fantasia Bunko mereka,[4] sedangkan volume kesembilan yang juga merupakan volume terakhir dirilis pada tanggal 20 Mei 2014.[5]

Daftar novel[sunting | sunting sumber]

No.JudulTanggal rilis JepangISBN Jepang
1Kami-sama no Inai Nichiyōbi (神さまのいない日曜日)20 Januari 2010[4]ISBN 978-4-8291-3477-1
2Kami-sama no Inai Nichiyōbi II (神さまのいない日曜日II)20 Mei 2010[6]ISBN 978-4-8291-3521-1
3Kami-sama no Inai Nichiyōbi III (神さまのいない日曜日III)20 Oktober 2010[7]ISBN 978-4-8291-3579-2
4Kami-sama no Inai Nichiyōbi IV (神さまのいない日曜日IV)19 Februari 2011[8]ISBN 978-4-8291-3612-6
5Kami-sama no Inai Nichiyōbi V (神さまのいない日曜日V)18 Juni 2011[9]ISBN 978-4-8291-3649-2
6Kami-sama no Inai Nichiyōbi VI (神さまのいない日曜日VI)19 November 2011[10]ISBN 978-4-8291-3699-7
7Kami-sama no Inai Nichiyōbi VII (神さまのいない日曜日VII)20 April 2012[11]ISBN 978-4-8291-3738-3
8Kami-sama no Inai Nichiyōbi VIII (神さまのいない日曜日VIII)20 Juli 2013[12]ISBN 978-4-8291-3912-7
9Kami-sama no Inai Nichiyōbi IX (神さまのいない日曜日IX)20 Mei 2014[5]ISBN 978-4-04-070110-3

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Abaraheiki diserialisasikan antara bulan November 2010 dan Agustus 2013, isu oleh Monthly Dragon Age Fujimi Shobo, dijual antara tanggal 9 Oktober 2010 dan 9 Juli 2013, dengan terdiri dari 28 chapter. Empat volume tankōbon dirilis di antara tanggal 9 Juni 2011 dan 9 Agustus 2013.[13][14]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime dengan 12 episode, diproduksi oleh Madhouse dan disutradarai oleh Yūji Kumazawa ditayangkan di antara 6 Juli dan 21 September 2013.[15] Crunchyroll menayangkan serial anime ini di Amerika dengan subtitle Inggris.[16] Sebuah episode OVA yang termasuk dalam Blu-ray kelima dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 22 Januari 2014, tetapi ditunda hingga 5 Februari 2014.[17] Lagu pembukanya berjudul "Birth", dinyanyikan oleh Eri Kitamura dan lagu penutupnya berjudul "Owaranai Melody o Utaidashimashita." (終わらないメロディーを歌いだしました。, "Begun to Sing an Endless Melody.") oleh Mikako Komatsu.[18] Anime ini diberi lisensi oleh Sentai Filmworks di Amerika Selatan.[1][19] Serial anime ini juga ditayangkan di Anime Network.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Musik background untuk anime ini dikomposisi oleh Hiromi Mizutani, dan original soundtracknya, berjudul Requiem dirilis oleh King Records pada tanggal 25 September 2013.[20] Cetakan pertama dari original soundtrack tersebut juga termasuk sebuah gambar lagu berjudul "Hohoemi no Ame" untuk Ai Astin, yang dinyanyikan oleh pengisi suaranya, Aki Toyosaki.[21]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Crunchyroll dan Hulu menulis namanya sebagai "Julie", sedangkan Sentai Filmworks dub Inggris menuliskan namanya sebagai "Yuri". Sebagai tambahan, di ketujuh novel pertama dan di serial anime, nama resminya ditulis sebagai ドミートリエビッチ dalam katakana, ketika di novel kedelapan dan di ketiga novel pertama edisi Kadokawa Bunko namanya ditulis sebagai ドミトリエヴィヒ.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Sunday Without God - Sentai Filmworks". Sentai Filmworks. Diakses tanggal 26 September 2014. 
  2. ^ "ドラマCD「神さまのいない日曜日」" (dalam bahasa Jepang). Marine Entertainment. Diakses tanggal 19 Oktober 2012. 
  3. ^ "神さまのいない日曜日" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 19 Oktober 2012. 
  4. ^ a b "神さまのいない日曜日" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 19 Oktober 2012. 
  5. ^ a b "神さまのいない日曜日IX" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 20 April 2014. 
  6. ^ "神さまのいない日曜日II" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  7. ^ "神さまのいない日曜日III" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  8. ^ "神さまのいない日曜日IV" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  9. ^ "神さまのいない日曜日V" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  10. ^ "神さまのいない日曜日VI" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  11. ^ "神さまのいない日曜日VII" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  12. ^ "神さまのいない日曜日VIII" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  13. ^ "神さまのいない日曜日 1" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 19 Oktober 2012. 
  14. ^ "神さまのいない日曜日 4" (dalam bahasa Jepang). Fujimi Shobo. Diakses tanggal 8 September 2013. 
  15. ^ "Kamisama no Inai Nichiyōbi Fantasy Anime's 2nd Promo Streamed". Anime News Network. 17 Juni 2013. Diakses tanggal 17 Juni 2013. 
  16. ^ "Crunchyroll Adds "SILVER SPOON", "The World God Only Knows: Goddesses" and "WATAMOTE" Anime to Streaming Lineup". Crunchyroll. 6 Juli 2013. Diakses tanggal 6 Juli 2013. 
  17. ^ "TVアニメ『神さまのいない日曜日』公式サイト|最新情報" (dalam bahasa Jepang). King Records. 10 Januari 2014. Diakses tanggal 10 Januari 2014. 
  18. ^ "Madhouse Reveals Fantasy Anime Kamisama no Inai Nichiyōbi's Promo". Anime News Network. 31 Maret 2013. Diakses tanggal 31 Maret 2013. 
  19. ^ "Sentai Filmworks Adds Sunday Without God/Kamisama no Inai Nichiyōbi Anime". Anime News Network. 7 Juli 2013. Diakses tanggal 7 July 2013. 
  20. ^ "神さまのいない日曜日 オリジナルサウンドトラック (Soundtrack)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 3 Desember 2013. 
  21. ^ "TVアニメ『神さまのいない日曜日』公式サイト|最新情報" (dalam bahasa Jepang). 20 September 2013. Diakses tanggal 3 Desember 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]