King Records (Jepang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
King Records
King Records Co., Ltd
キングレコード株式会社
Nama asli
キングレコード
Nama latin
Kinngu Rekodo
Kabushiki kaisha
IndustriIndustri musik
Industri hiburan
Label Rekaman
GenrePop, J-Pop, Rock, enka, kayokyoku, Anison
DidirikanNovember 1951; 70 tahun lalu (1951-11) (Sebagai Perusahaan Label Rekaman)
Januari 1931; 91 tahun lalu (1931-01) (Sebagai Divisi Penerbit dari Kodansha)
Kantor
pusat
,
Tokoh
kunci
Murakami Kiyoshi (村上潔) (Presiden dan CEO)
Mishima Akio (三嶋章夫) (Produser dari King Records dan Ketua King Amusement Creative)
Moriyama Atsushi (森山 敦) (Produser dan Ketua dari King Amusement Creative)
PemilikKodansha
Karyawan
295 Orang (Maret 2019-Sekarang)
Anak
usaha
Bellwood Records
Polygon Pictures
Situs webKing Records Official Website
King Records Official Channel Youtube
AsalJepang
Informasi YouTube
Kanal
Tahun aktif15 Juni 2006-Sekarang
GenreMusik
Pelanggan666 Ribu Orang[1]
(24 Maret 2022)
Total tayang594.566.782 x ditonton[1]
(24 Maret 2022)
YouTube Silver Play Button 2.svg 100.000 pelanggan
King Amusement Creative Official Channel Youtube
AsalJepang
Informasi YouTube
Kanal
Tahun aktif13 Oktober 2017-Sekarang
GenreMusik
Pelanggan328 Ribu Orang[2]
(24 Maret 2022)
Total tayang179.040.464 x ditonton[2]
(24 Maret 2022)
JaringanKing Records
YouTube Silver Play Button 2.svg 100.000 pelanggan
Kantor pusat King Records

King Records Company, Ltd. (キングレコード株式会社, Kingu Rekōdo Kabushiki gaisha) adalah perusahaan rekaman Jepang yang didirikan tahun 1931 sebagai divisi penerbit Jepang Kodansha. Divisi tersebut dijadikan perusahaan pada tahun 1950-an, meskipun masih merupakan bagian dari penerbit Otowa Group. Perusahaan ini sekarang telah menjadi salah satu perusahaan rekaman terbesar di Jepang yang tidak dimiliki oleh multinasional. Kantor pusatnya di Bunkyo, Tokyo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada tahun 1931 sebagai anggota Dainippon Yuho Kodansha. Nama perusahaan dinamai majalah populer "Raja" yang diterbitkan oleh perusahaan. Sebelum perang, nama label utamanya adalah "King" dan "King Records", dan perusahaan besar seperti Nippon Columbia, Japan Victor (saat ini JVC Kenwood Victor Entertainment), Japan Polydor (saat ini Universal Music Japan), dan Teichiku (saat ini Teichiku Entertainment) Bersama dengan labelnya, ia memproduseri dan mengumumkan lagu-lagu populer dan lagu-lagu militer (lagu-lagu masa perang). Hit seperti "Aima Advance Song" dan "Song to Send Expeditionary Soldiers". Selama perang, nama label diubah menjadi "Fuji Onban" sebagai tanggapan atas fakta bahwa "Raja" diubah namanya menjadi "Fuji" karena mengesampingkan kata-kata permusuhan, tetapi dikembalikan ke "Raja" asli setelah perang Oleh karena itu, nama label juga diubah kembali menjadi "King Records". Independen (didirikan) sebagai King Records Co., Ltd. pada tahun 1951.

Seperti Nippon Columbia, Teichiku Entertainment, dan Nippon Crown, ia juga dikenal sebagai perusahaan rekaman yang kuat dalam enka, dan ketika restrukturisasi penyanyi enka di paruh kedua tahun 1990-an menjadi masalah, ia menerima beberapa penyanyi enka yang direstrukturisasi. . .

Itu juga terkenal sebagai label untuk penyanyi non-profesional, dan penyanyi non-profesional yang memulai debutnya dari sini juga biasa disebut "Penyanyi Raja"

Dalam resesi CD industri musik saat ini, telah beroperasi dalam kegelapan dan telah berada dalam kegelapan selama 18 tahun berturut-turut[3].

Pada tahun 2005, Tokyo Broadcasting System (Sekarang bernama TBS Holdings) memulai membantu modal dan aliansi bisnis kepada King Records, hingga pada 24 Juni 2019 bisnis aliansi antara TBS Holdings dengan King Records telah selesai.

Pada 1 Febuari 2016, King Records melakukan restrukturisasi ulang pada label Starchild yang dikhususkan dalam anime dan musik dan mengubahnya menjadi label baru yaitu King Amusement Creative

Sublabel[sunting | sunting sumber]

  • King Amusement Creative adalah sublabel resmi dikhususkan untuk anime dan musik. sebelumnya Label ini bernama Starchild hingga pada 1 Febuari 2016, King Records melakukan restrukturisasi ulang pada label Starchild dan mengubah nama labelnya menjadi King Amusement Creative. Label Rekaman ini dikelola oleh produser animasi Toshimichi Otsuki, mengkhususkan pada musik dan film anime. King Records juga bertindak sebagai distributor Piccolo Town dan Rice Music yang dimiliki dan dikelola Up-Front Works, serta merilis permainan video untuk PC-88, Famicom, dan komputer MSX2.
  • You! Be Cool adalah sublabel resmi untuk AKB48.
  • Venus-B adalah sublabel resmi untuk musik urban kontemporer.
  • EVIL LINE RECORDS

Artis terkemuka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "About KING RECORDS". YouTube. 
  2. ^ a b "About 「KING AMUSEMENT CREATIVE」公式チャンネル". YouTube. 
  3. ^ "キング、売上高23%減収/17期連続黒字維持". 文化通信.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-03-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]