Made in Abyss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Made in Abyss
Made in Abyss vol 1 cover.jpg
Sampul buku volume pertama, menampilkan Reg (atas) and Riko (bawah), di depan Abyss.
メイドインアビス
(Meido in Abisu)
GenreAdventure, dark fantasy, science fiction[1][2]
Manga
PengarangAkihito Tsukushi
PenerbitTakeshobo
Penerbit bahasa Inggris
ImprintBamboo Comics
MajalahWeb Comic Gamma
DemografiSeinen
Terbit20 Oktober 2012 – sekarang
Volume9 (Daftar volume)
Anime
SutradaraMasayuki Kojima
SkenarioHideyuki Kurata
MusikKevin Penkin
StudioKinema Citrus
Pelisensi
Tayang 7 Juli 2017 29 September 2017
Anime
  • Made in Abyss: Journey's Dawn
  • Made in Abyss: Wandering Twilight
SutradaraMasayuki Kojima
SkenarioHideyuki Kurata
MusikKevin Penkin
StudioKinema Citrus
Pelisensi
Sentai Filmworks
Tayang4 Januari 2019 (Part 1)
18 Januari, 2019 (Part 2)
Film anime
Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul
SutradaraMasayuki Kojima
SkenarioHideyuki Kurata
MusikKevin Penkin
StudioKinema Citrus
Pelisensi
BI/NA
Sentai Filmworks
Tayang17 Januari 2020
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Made in Abyss (bahasa Jepang: メイドインアビス, Hepburn: Meido in Abisu) adalah sebuah seri manga oleh Akihito Tsukushi yang menceritakan tentang seorang gadis yang menemukan dan berteman dengan sebuah robot yang menyerupai manusia dan bereksplorasi dengannya ke dalam Abyss untuk mencari ibunya. Manga ini telah diserikan dan didistribusikan online oleh publikasi digital milik Takeshobo, Web Comic Gamma sejak 2012 dan telah dikumpulkan menjadi enam volume tankōbon. Sebuah adaptasi seri anime dari manga ini yang dikerjakan oleh Kinema Citrus telah disiarkan sejak 7 Juli hingga 29 September 2017, dan sekuel dari anime ini tayang perdana di Jepang pada 17 Januari 2020 dan dijadwalkan rilis di U.S pada 11 April 2020.[3]

Kisah ini mengikuti seorang gadis yatim piatu, Riko, yang menemukan dan berteman dengan robot humanoid Reg dan turun dengan itu ke dalam tituler "Abyss", yang mengarah jauh ke Bumi, dengan harapan menemukan ibunya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang gadis yatim piatu bernama Riko tinggal di Panti Asuhana Belchero di kota Orth. Kota ini mengelilingi sebuah lubang raksasa aneh yang masuk jauh ke bumi, yang biasa disebut Abyss. Abyss menyimpan artefak dan sisa-sisa peradaban yang telah lama hilang, dan karenanya menjadi tempat perburuan populer untuk apa yang disebut Cave Raiders, yang melakukan perjalanan yang sulit dan berbahaya ke dalam lubang yang dipenuhi kabut untuk memulihkan relik apa pun yang dapat mereka temukan. Kembali dari Jurang maut bisa berbahaya sebagai "the Curse of the Abyss" penyakit misterius dan berpotensi fatal, bermanifestasi saat naik. Semakin dalam, semakin akut efek kutukan; hanya sedikit yang turun ke daerah yang lebih rendah yang kembali menceritakan pengalaman mereka. Beberapa Cave Raiders yang legendaris mendapat gelar White Whistle, salah satunya adalah ibu Riko, Lyza.

Kerinduan Riko dalam hidup adalah mengikuti jejak ibunya dan menjadi White Whistle. Suatu hari dia menemukan robot yang menyerupai anak laki-laki manusia di Abyss dan menamainya Reg. Riko dan teman-temannya menyelundupkan Reg ke dalam Belchero dan dengan cepat dia disambut ke dalam kelompok erat mereka. Beberapa waktu kemudian, sebuah balon mencapai permukaan dari kedalaman Abyss yang berisi halaman-halaman penemuan yang dibuat oleh Lyza, serta sebuah pesan untuk Riko yang menyatakan bahwa dia sedang menunggu di bagian bawah Abyss. Riko, bertekad untuk menemukan ibunya, mengucapkan selamat tinggal kepada teman-temannya dan berangkat ke Abyss dengan Reg sebagai temannya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Riko (リコ)
Pengisi suara: Miyu Tomita[4] (Jepang); Brittany Lauda[5] (Inggris)
Riko adalah gadis 12 tahun yang energik dan rawan masalah yang ingin mengikuti jejak ibunya, seorang Cave Raider legendaris bernama "Lyza the Annihilator" yang menghilang di Abyss sepuluh tahun yang lalu. Riko saat ini menjadi Cave Raider dalam masa pelatihan di Panti Asuhan Belchero. Terlepas dari kebijakan panti asuhan yang ketat untuk menyerahkan semua temuan untuk membayar biaya operasional, ia diam-diam mengambil salah satu temuannya, Star Compass, yang ia harap dapat digunakan dalam eksplorasi Abyss. Ibunya melahirkannya selama misi di Abyss. Lyza dan Ozen kemudian membawa Riko kembali dari kedalaman jurang dengan menggunakan peninggalan yang dianggap sebagai 'Kapal Penolak Kutukan'. Namun, sebagai akibat dari Kutukan itu, Riko memakai kacamata saat dia mengalami sakit kepala jika dia tidak melihat dunia melalui lensa kristal.[6]
Reg (レグ, Regu)
Pengisi suara: Mariya Ise[4] (Jepang); Luci Christian[5] (Inggris)
Robot amnesik dengan penampilan anak laki-laki manusia. Ia juga bisa mengonsumsi makanan organik meski tubuhnya adalah sebuah mesin. Tidak memiliki ingatan tentang namanya sendiri, ia dinamai “Reg” berdasarkan nama anjing yang dahulu dimiliki Riko. Lengan mekanisnya dapat diperpanjang, dan juga dapat menembakkan sebuah energi mematikan yang mampu melelehkan batu, yang dijuluki Riko sebagai "Insinerator". Helm yang menyertai Reg tampaknya memintas pola yang berubah secara misterius setiap kali diletakkan di kepalanya.
Nanachi (ナナチ)
Pengisi suara: Shiori Izawa[7] (Jepang); Brittney Karbowski[5] (Inggris)
Nanachi adalah Hollow (成れ果て, Narehate) dengan tampilan mirip seperti kelinci. Sebagai anak manusia, Nanachi tinggal di daerah kumuh, mencari makanan dan media tertulis, makan dari tempat sampah dan belajar membaca mesin terbang kuno. Nanachi berteman dengan seorang gadis muda bernama Mitty, dan bersama-sama mereka dikirim ke lapisan keenam dalam salah satu eksperimen Bondrewd. Saat mereka kembali, kemanusiaan Nanachi sebagian hilang, sementara Mitty kehilangan seluruh kemanusiaannya dan menjadi bermacam-macam daging dan anggota tubuh yang aneh dan abadi. Nanachi melarikan diri dengan Mitty dari laboratorium Bondrewd untuk menghindarkannya dari rasa sakit dari eksperimennya yang kejam, merawatnya sampai setelah kematiannya, dan kemudian setuju untuk bergabung dengan Riko dan Reg dalam perjalanan mereka ke lapisan bawah. Nanachi menggunakan kelamin yang netral, dan penulis telah meninggalkan jenis kelamin Nanachi sengaja dibuat ambigu.[a]
Mitty (ミーティ, Mīti)
Pengisi suara: Eri Kitamura[9] (Jepang); Monica Rial[5] (Inggris)
Makhluk aneh dan tak berbentuk yang hidup bersama Nanachi di lapisan ke-4 Abyss. Di masa lalu, Mitty adalah seorang gadis manusia normal (dengan rambut merah dan kulit terang) yang tinggal bersama Nanachi dan sekelompok besar anak-anak yatim di daerah mekanis, seperti gua. Sebagai hasil dari dikirim ke tingkat keenam oleh Bondrewd, penampilannya menyerupai kucing cacat dengan mulut besar, satu mata, dan kepribadian anjing yang ramah. Kutukan itu juga membuatnya "abadi" dan Bondrewd melakukan eksperimen mengerikan padanya untuk menguji kesembuhannya dari cedera yang berpotensi fatal. Mitty juga memiliki kemampuan untuk memberikan obat penawar kepada makhluk beracun Abyss.

Panti Asuhan Belchero[sunting | sunting sumber]

Direktur (院長, Inchō)
Pengisi suara: Yōko Sōmi (Jepang); Julie Oliver-Touchstone[5] (Inggris)
Direktur Panti Asuhan Belchero di kota Orth. Dia cukup keras, dan memiliki beberapa hukuman menarik untuk anak-anak yang melanggar aturan panti asuhan.
Jiruo (ジルオ) / Leader (リーダー, Rīdā)
Pengisi suara: Taishi Murata[7] (Jepang); Daniel Regojo[5] (Inggris)
Seorang asisten instruktur muda ("Moon Whistle") di Panti Asuhan Belchero, yang dulunya merupakan murid dari Lyza, merawat Riko setelah dia dilahirkan. Sementara dia keras, dia juga sangat tanggap dan berpikiran tajam, dan di belakang fasad yang kelihatannya tidak peduli dia adalah jiwa yang penuh kasih dan jujur. Dia biasa dipanggil "Pemimpin" oleh murid-muridnya. Dia saat ini berusia 20-an.
Nat (ナット, Natto)
Pengisi suara: Mutsumi Tamura[7] (Jepang); Shannon Emerick[5] (Inggris)
Nat adalah salah satu teman Riko di Panti Asuhan. Ini mengisyaratkan bahwa dia memiliki perasaan untuknya, karena dia adalah orang yang paling tegas menentang keturunannya ke dalam Abyss.
Shiggy (シギー, Shigī)
Pengisi suara: Manami Numakura[7] (Jepang); Terri Doty[5] (Inggris)
Shiggy adalah salah satu teman Riko di Panti Asuhan. Dia membantu Riko menyembunyikan Reg dari orang dewasa dan seperti Nat, tahu tentang rencana Riko untuk mencari ibunya di Abyss. Shiggy tampaknya mahir menggesek barang-barang terlarang demi keuntungannya dan kelompok.
Kiyui (キユイ)
Pengisi suara: Manami Hanawa[7] (Jepang); Kalin Coates[5] (Inggris)
Yatim piatu termuda di Belchero, dan salah satu teman Riko. Kiyui belum mencapai status red whistle, jadi dia mengenakan lonceng dan mengambil bagian dalam tugas sehari-hari di panti asuhan sementara red whistle sedang berlatih.

Cave Raiders[sunting | sunting sumber]

Habolg (ハボルグ, Haborugu)
Pengisi suara: Tetsu Inada (Jepang); John Swasey (Inggris)
Orang yang ramah, seorang Black Whistle yang mengantarkan Lyza White Whistle menuju permukaan, dan mendukung dua karakter utama tak lama setelah kepergian mereka. Dia sering dikunjungi oleh Riko dan teman-temannya ketika tidak keluar pada ekspedisi, dan disebut oleh Riko sebagai "Paman".
Ozen (オーゼン, Ōzen)
Pengisi suara: Sayaka Ohara[7] (Jepang); Christine Auten[5] (Inggris)
Seorang White Whsitle yang dikenal sebagai "Ozen the Immovable", bertanggung jawab atas kamp pencari di lapisan kedua. Dia adalah mentor Lyza dan membantunya membawa Riko kembali ke permukaan setelah dia meninggal. Terungkap bahwa Ozen sangat memperhatikan Lyza, terlepas dari kepribadiannya yang keras, dan Ozen berjanji pada Lyza untuk mengirim Riko kepadanya jika keadaan itu terjadi dengan sendirinya. Ozen telah menanamkan banyak peninggalan di tubuhnya yang memberikan kekuatan dan kekuatannya yang luar biasa. Juga dikatakan oleh Habolg bahwa Ozen telah menjelajahi gua selama setidaknya 50 tahun.
Marulk (マルルク, Maruruku)
Pengisi suara: Aki Toyosaki[7] (Jepang); Kelley Peters[5] (Inggris)
Seorang Blue Whistle dan asisten Ozen, yang berteman dengan Riko dan Reg selama mereka tinggal di kamp. Marulk terlihat seperti seorang gadis dan mengenakan gaun pelayan biru tetapi menggunakan kata ganti boku yang maskulin. Dapat disimpulkan bahwa Ozen memaksa Marulk untuk berpakaian seperti ini.[10]
Lyza (ライザ, Raiza)
Pengisi suara: Maaya Sakamoto[7] (Jepang); Shelley Calene-Black[5] (Inggris)
Ibu Riko. Dia adalah mantan murid dari Ozen, dan salah satu dari beberapa Cave Raiders yang mendapatkan peringkat White Whistle, dengan julukan "Lyza the Annihilator". Disebutkan bahwa dia tidak hanya menaklukkan banyak bahaya dari Abyss, tetapi juga berperang menyerang pihak-pihak negara asing.
Bondrewd (ボンドルド, Bondorudo)
Pengisi suara: Toshiyuki Morikawa[11] (Jepang); David Harbold[5] (Inggris)
Seorang White Whistle dengan reputasi buruk, "Bondrewd the Novel" bertanggung jawab atas Idofront, pangkalan Operasi Penyerang Cave Raiders di lapisan kelima, menjaga pintu gerbang ke lapisan keenam Abyss. Dia adalah orang yang bertanggung jawab atas beberapa percobaan tidak etis pada anak-anak, termasuk yang mengubah Nanachi dan Mitty menjadi Hollows.

Idofront[sunting | sunting sumber]

Prushka (プルシュカ, Purushuka)
Pengisi suara: Inori Minase[12]
Dia adalah seorang gadis muda yang diselamatkan dan dibesarkan oleh Bondrewd sebagai putri angkatnya dan dia menjadi setia padanya. Prushka berteman dengan Riko dan ingin membantunya dalam petualangannya dengan Reg dan Nanachi, namun Bondrewd dengan tenang mengubahnya menjadi kartrid pelindung kutukan, yang kemudian menjadi Life Reverberating Stone.
Meinya (メイニャ, Meinya)
Meinya adalah hewan peliharaan dan sahabat setia yang diberikan Bondrewd kepada Prushka sebagai hadiah ketika dia jauh lebih muda dan sangat trauma. Meinya berlanjut dengan Riko, Reg, dan Nanachi setelah transformasi Prushka. Mengendus bulu Meinya tampaknya memberikan setidaknya kekebalan sementara terhadap kutukan dengan membiarkan sniffer melihat dan dengan demikian mengikuti jalan Meinya.[13][14][15].

Sages of Ganja[sunting | sunting sumber]

Wazukyan (ワズキャン)
Kapten armada Ganja yang menubuatkan kedatangan Vueloeluko.
Belafu (ベラフ, Berafu)
Ditemani Wazukyan, Vueloeluko dalam perjalanan mereka untuk menemukan Abyss menggunakan Star Compass sebagai panduan mereka.
Vueloeluko (ヴエロエルコ, Vueroeruko)
Menentang penciptaan Desa Ilblu setelah ditemukannya Kota Emas, dan dibuang dan dipenjara di lubang lumpur yang lengket dan gelap di bawah desa. Dia lebih suka dipanggil Vueko (ヴエコ) karena namanya yang panjang.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Akihito Tsukushi memulai serialisasi manga di situs Takeshobo Web Comic Gamma pada 2012.[16] Dari dulu, seri ini telah dikompilasi ke delapan volume tankōbon. Seven Seas Entertainment mengumumkan selama panel mereka di Anime Expo 2017 bahwa mereka telah melisensikan manganya.[17]

Sebuah manga antologi, berjudul Meido in Abisu Kōshiki Ansorojī: Doshigataki Sagu-tachi (メイドインアビス公式アンソロジー 度し難き探窟家たち), telah rilis pada 29 Juli 2017 (ISBN 978-4-8019-6012-1).[18] Pada 13 Desember 2019, Seven Seas mengumumkan mereka telah melisensikan buku dengan rencana untuk dirilis pada September 2020.[19]

Adaptasi bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

Penerjemah dari anime untuk Sentai Filmworks, Jake Jung,[20] juga diaptasi sebuah manga untuk Seven Seas.[21] Mengenai keterlibatannya dalam versi bahasa Inggris untuk kedua media, dia menyatakan "Made in Abyss is penuh sesak dengan terminolgi, jadi aku berharap penggemar dari kedua media tersebut agar sanggup untuk menikmati dengan pengalaman yang mulus".[22] Selain itu, dia telah mengkonfirmasi niatnya untuk menggunakan kelamin yang netral untuk keduanya yaitu Nanachi dan Marulk.[23]

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 31 Januari 2013[24]ISBN 978-4-8124-8380-023 Januari 2018[25]ISBN 978-1-62692-773-5
  1. "Orth: The City of the Great Pit" (大穴の街オース, Ōana no Machi Ōsu)
  2. "The Abode of Trees and Fossils" (樹住まいの化石群, Ki Sumai no Kaseki-gun)
  3. "Riko's Room: Former Torture Chamber" (元仕置き部屋、リコ私室, Moto Shioki-Beya, Riko Shishitsu)
  4. "Belchero Orphanage" (ベルチェロ孤児院, Beruchero Kojiin)
  1. "Resurrection Festival" (復活祭, Fukkatsu-sai)
  2. "Premonition" (予兆, Yochō)
  3. "Eve of Departure" (出発前夜, Shuppatsu Zen'ya)
  4. "Here We Go!" (いってきます!, Itte Kimasu!)
2 30 Juni 2014[26]ISBN 978-4-8124-8716-724 April 2018[27]ISBN 978-1-62692-774-2
  1. "The Depths' First Layer: The Edge of the Abyss" (深界一層 アビスの淵, Shinkai Issō Abisu no Fuchi)
  2. "The Depths' Second Layer: The Forest of Temptation" (深界二層 誘いの森, Shinkai Nisō Sasoi no Mori)
  3. "Incinerator" (火葬砲, Kasō-hō)
  4. "Lowest Area of the Depths' Second Layer: The Inverted Forest" (二層最下部 逆さ森, Nisō Saikabu Sakasa Mori)
  1. "Seeker Camp" (監視基地, Kanshi Kichi)
  2. "The Curse-Repelling Vessel" (呪い除けの籠, Noroi Yoke no Kago)
  3. "The Unmovable Sovereign" (不動卿, Fudō Kyō)
  4. "A Vile Mentoring Method" (ろくでなしの教授法, Rokudenashi no Kyōju-hō)
3 20 Juni 2015[28]ISBN 978-4-8019-5274-431 Juli 2018[29]ISBN 978-1-62692-827-5
  1. "Survival Training" (生存訓練, Seizon Kunren)
  2. "The Depths' Third Layer: The Great Fault" (深界三層 大断層, Shinkai Sanzō Dai Dansō)
  3. "Poison and the Curse" (毒と呪い, Doku to Noroi)
  4. "Nanachi" (ナナチ, Nanachi)
  1. "Reg's Memories" (レグの記憶, Regu no Kioku)
  2. "The True Nature of the Curse" (呪いの正体, Noroi no Shōtai)
  3. "A Dreadful Experiment" (恐るべき実験, Osorubeki Jikken)
  4. "Liberation of the Soul" (魂の解放, Tamashī no Kaihō)
4 30 April 2016[30]ISBN 978-4-8019-5516-523 Oktober 2018[31]ISBN 978-1-62692-919-7
  1. "A Return From Darkness" (闇からの生還, Yami Kara no Seikan)
  2. "A Fresh Start" (新たなるスタート, Aratanaru Sutāto)
  3. "The Forbidden Field of Flowers" (禁域の花畑, Kin-iki no Hanabatake)
  4. "The Entrance to the Sixth Layer" (六層への入り口, Roku-sō e no Iriguchi)
  1. "A Fateful Reunion" (運命の再会, Unmei no Saikai)
  2. "Unforeseen Peril" (思いがけぬ危機, Omoigakenu Kiki)
  3. "Despair and Hope" (絶望と希望, Zetsubō to Kibō)
  4. "The End of a Fierce Fight" (激闘の果て, Gekitō no Hate)
5 26 Desember 2016[32]ISBN 978-4-8019-5720-626 Februari 2019[33]ISBN 978-1-62692-992-0
  1. "The True Nature of the Mask" (仮面の正体, Kamen no Shōtai)
  2. "Counterattack" (逆襲, Gyakushū)
  3. "Clouded Memory" (記憶の混濁, Kioku no Kondaku)
  1. "Miniature Garden of Dawn" (黎明の箱庭, Reimei no Hakoniwa)
  2. "Flower of Dawn" (夜明けの花, Yoake no Hana)
  3. "The Challengers" (挑む者たち, Idomu Monotachi)
6 29 Juli 2017[34]ISBN 978-4-8019-6011-44 Juni 2019[35]ISBN 978-1-64275-094-2
  1. "Reg" (レグ, Regu)
  1. "Capital of the Unreturned" (還らずの都, Kaerazu no Miyako)
  2. "Hollow Husk of Life" (成れ果てし命, Narehateshi Inochi)
  3. "The Balancing of Values" (価値の精算, Kachi no Seisan)
  1. "Princess of the Hollows" (成れ果て姫, Narehate Hime)
  1. "Mio" (ミオ, Mio)
  2. "Jiruo" (ジルオ, Jiruo)
7 27 Juli 2018[36]ISBN 978-4-8019-6339-917 September 2019[37]ISBN 978-1-64275-698-2
  1. "Approaching Crisis" (迫り来る危機, Semari Kuru Kiki)
  2. "Hollows' Restaurant" (成れ果て食堂, Narehate Shokudō)
  3. "Captive" (囚われし者, Torawareshi Mono)
  1. "The Luring" (呼び込み, Yobikomi)
  2. "The Secret of the Village" (村の秘密, Mura no Himitsu)
8 30 Mei 2019[38]ISBN 978-4-8019-6627-731 Maret 2020[39]ISBN 978-1-64505-217-3
  1. Subete no Hajimari (全ての始まり)
  2. Ōgonkyō (黄金郷)
  1. Yokubō no Yōran (欲望の揺籃)
  2. Negai no Katachi (願いの形)
9 27 Juli 2020[40]ISBN 978-4-8019-7029-831 Maret 2020[41]ISBN 978-1-64505-738-3
  1. Faputa no Yakusoku (ファプタの約束)
  2. Hōkai no Jokyoku (崩壊の序曲)
  1. Hirou mono Subete (拾うものすべて)
  2. Faputa to Regu (ファプタとレグ)

Bab berlum tersedia pada format tankōbon

Bab-bab berikut telah dipublikasikan di situs Web Comic Gamma, tetapi belum dikumpulkan ke dalam volume tankōbon:[42]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial TV anime-nya diadaptasi dan diumumkan pada Desember 2016.[43] 13 episode seri tersebut tayang dari 7 Juli sampai 29 September 2019 di AT-X, Tokyo-MX, TV Aichi, Sun TV, KBS Kyoto, TVQ, Saga TV dan BS11.[44][45][46], dan konten sampul dari volume 1 hingga volume 3. Episode akhir spesial 1 jam.[46] Seri ini disutradarai oleh Masayuki Kojima dan ditulis oleh Hideyuki Kurata, dengan animasi oleh Kinema Citrus dan desain karakter oleh Kazuchika Kise.[43] Seniman asal australia, Kevin Penkin menyusun soundtrack untuk anime ini.[47][46] Miyu Tomita dan Mariya Ise (masing-masing aktris untuk Riko dan Reg) keduanya tampil di lagu pembuka "Deep in Abyss" dan lagu penutup "Tabi no Hidarite, Saihate no Migite", yang terakhir berkolaborasi dengan Shiori Izawa (Nanachi).

Dua film kompilasi, berjudul Made in Abyss: Tabidachi no Yoake (メイドインアビス 旅立ちの夜明け, "Journey's Dawn") (meliputi episode 1–8 dengan adegan berita untuk pengantar) dan Made in Abyss: Hōrō Suru Tasogare (メイドインアビス 放浪する黄昏, "Wandering Twilight") (meliputi episode 9-13), masing-masing telah rilis pada 4 Januari 2019 dan 18 Januari 2019.[48] Sekuel-nya telah diumumkan pada acara di November 2017.[49]

Setelah rilis film kompilasi pertama, sekuel telah terungkap sebagai film berjudul Gekijōban Made in Abyss: Fukaki Tamashii no Reimei (劇場版メイドインアビス 深き魂の黎明, Made in Abyss the Movie: Dawn of the Deep Soul).[50] Film tersebut tayang perdana di Jepang pada 17 Januari 2020.[51][52] Film tersebut telah diatur tayang perdana di Amerika Serikat di Anime Boston pada 11 April 2020 sebelum pembatalan konvensi tersebut,[53] Karena pandemi COVID-19. Teater biasa tampil di Amerika Serikat telah direncakan untuk 13 April (dub bahasa Inggris) dan 15 (terjemahan bahasa Inggris). [54] Akhir kredit dari film Dawn of the Deep Soul menyatakan "Bersambung".[55]

Setelah rilis Dawn of the Deep Soul, sekuel baru telah diumumkan. Pengumuman awal tidak mengungkapkan apakah sekuelnya akan menjadi serial anime TV atau film baru.[56][57]

Sentai Filmworks telah melisensikan seri ini, dan tempat stream di Amazon, Anime Strike melayani untuk Amerika Serikat dan di Hidive untuk luar Amerika Serikat.[58][59] Sentai telah rilis sejak pada video rumahan dengan dub bahasa Inggris.[60] MVM Films memperoleh seri ini untuk didistribusikan di Britania Raya dan Irlandia.[61] dan Madman Entertainment telah memperoleh seri ini untuk didistribusikan di Australia dan Selandia Baru.[62] Sentai Filmworks telah melisensikan dua film kompilasi,[63] dan disaring film pertama pada Regal Cinemas di Los Angeles pada 15 Maret 2019,[64] dengan rilis teater terjemahan pada 20 Maret 2019, dan teater berdub Inggris rilis pada 25 Maret 2019, kolaborasi dengan Fathom Events..[65] Selama panelnya di Anime Expo pada 5 Juli 2019, Sentai Filmworks mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh lisensi untuk Dawn of the Deep Soul.[66]Sentai Filmworks berencana untuk memutar film tersebut di Amerika Utara, Inggris, dan Irlandia dengan terjemahan bahasa Inggris pada 13 April 2020 dengan terjemahan, dan dengan dub bahasa Inggris pada 15 April 2020. [67][68]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul[b] Sutradara Penulis Tanggal rilis Ref.
1"The City of the Great Pit"
"Ōana no Machi" (大穴の街)
Hitoshi HagaHideyuki Kurata7 Juli 2017 (2017-7-7)[69]
Sambil menggali lapisan atas Abyss untuk mencari relik, Riko dan pasangannya Nat menjadi terpisah. Riko kemudian melihat Nat akan dimakan oleh splitjaw merah dan menarik perhatian binatang itu untuk menyelamatkannya. Namun, Riko akan terpojok oleh splitjaw dan akan dilahap ketika tiba-tiba dikejar oleh ledakan energi yang kuat. Riko melacak sumber ledakan kembali ke anak robot yang telah jatuh pingsan, dan dia dan Nat membawanya pulang ke rumah mereka di Panti Asuhan Belchero. Dengan bantuan teman-temannya, Riko mampu menghidupkan kembali robot boy, yang dia beri nama Reg. Dia kemudian membawanya keluar untuk menunjukkan kepadanya kota Orth, yang terletak di atas Abyss.
2"Resurrection Festival"
"Fukkatsu-sai" (復活祭)
Satoshi MoriHideyuki Kurata14 Juli 2017 (2017-7-14)[70]
Riko dan teman-temannya berusaha untuk mencari tahu apa itu Reg, tetapi tidak dapat menemukan apa pun yang menyebutkan robot dalam daftar relik yang direkam yang ditemukan dari Abyss. Menyadari bahwa Reg akan dibawa pergi dan dibedah jika dia ketahuan, Riko menyamarkannya sebagai anak yatim biasa dan mengatur pendaftarannya di panti asuhan. Sebagai anggota panti asuhan, Reg akan dilatih untuk menjadi penggali Abyss seperti Riko. Kemudian, Paman Habo kembali dari ekspedisi ke Abyss, membawa peluit putih Lyza, ibu Riko, serta dokumen yang disegel. Saat kota merayakan kembalinya peluit Lyza, Jiruo memberi tahu Riko tentang bagaimana ia dilahirkan di Abyss, dan Lyza menggunakan peninggalan langka untuk mengembalikannya dengan selamat ke permukaan sebelum menghilang dalam ekspedisi lain. Riko kemudian diberi peluit Lyza dan diizinkan untuk mengamati dokumen yang disegel. Di dalamnya, Riko menemukan gambar Reg serta catatan dari Lyza yang mengatakan bahwa dia sedang menunggu di bagian bawah Abyss, mengisyaratkan bahwa Lyza mungkin hidup.
3"Departure"
"Shuppatsu" (出発)
Sun Hi SonHideyuki Kurata21 Juli 2017 (2017-7-21)[71]
Setelah membaca catatan itu, Riko memutuskan untuk turun ke Abyss untuk menemukan Lyza. Reg juga memutuskan untuk menemaninya karena dia percaya bahwa dia akan menemukan jawaban untuk identitasnya sendiri dan ingatannya yang hilang di Abyss. Namun, Nat secara terbuka menentang rencana mereka, karena dia tahu bahwa jika Riko pergi ke dasar Abyss, Kutukan Abyss akan membuatnya tidak dapat kembali ke permukaan lagi. Dia kemudian menunjukkan Lyza kemungkinan besar mati karena tidak mungkin bahkan White Whistle untuk bertahan hidup di Abyss selama sepuluh tahun, yang membuat marah Riko. Malam berikutnya, Riko menyelinap keluar dari panti asuhan untuk memulai perjalanannya. Reg tetap di belakang sementara untuk meyakinkan Nat untuk datang mengucapkan selamat tinggal, tetapi menemukan dia hilang. Setelah kelihatannya menggertak Jiruo yang mencurigakan, Reg bersatu kembali dengan Riko dan mereka bertemu dengan Nat, yang menyesali hal-hal menyakitkan yang dia katakan kepada Riko dan setuju untuk membimbing mereka ke titik masuk rahasia ke Abyss. Setelah mengucapkan selamat tinggal, Riko dan Reg turun ke Abyss.
4"The Edge of the Abyss"
"Abisu no Fuchi" (アビスの淵)
Shinya IinoKeigo Koyanagi28 Juli 2017 (2017-7-28)[72]
Riko dan Reg berhasil turun jauh ke lapisan pertama Abyss. Reg kemudian ingat bahwa Jiruo menyelipkan surat ke ranselnya dan membacanya. Surat itu berisi salinan informasi penting tentang Abyss, serta catatan dari Jiruo yang memperingatkan keduanya bahwa ia akan mengejar mereka saat fajar. Riko menyimpulkan bahwa Jiruo sedang menguji mereka, dan jika mereka bisa mencapai lapisan kedua tanpa tertangkap, dia akan berhenti mengejar mereka. Keduanya melanjutkan ke lapisan kedua ketika mereka dicegat oleh Habo. Dia mengatakan kepada mereka bahwa Nat dan Shiggy meminta agar dia mengantar mereka berdua ke Kamp Pencari di lapisan kedua. Sambil bersyukur, Riko menolak bantuan Habo karena dia dan Reg ingin mencapai lapisan kedua sendiri. Habo memberi tahu mereka bahwa penjaga Kamp Pencari adalah Ozen the Immovable, White Whistle yang membantu Lyza membawa bayi Riko ke permukaan. Dia juga memperingatkan keduanya untuk mewaspadai Ozen sebelum mengucapkan selamat tinggal. Riko dan Reg kemudian mencapai lapisan kedua, Hutan Pencobaan.
5"Incinerator"
"Kasō Hō" (火葬砲)
Toshiharu KudōKeigo Koyanagi4 Agustus 2017 (2017-8-4)[73]
Ketika Riko dan Reg melanjutkan melalui lapisan kedua, mereka bertemu seorang corpse weeper seekor burung karnivora besar yang dapat meniru teriakan bantuan dari mangsanya. Riko ditangkap oleh corpse weeper yang menangis dan diterbangkan ke sarangnya untuk diumpankan ke anak-anaknya. Dalam keputusasaan, Reg mengaktifkan meriam energi di tangannya yang menghancurkan corpse weeper dan serpihan besar lanskap sekitarnya. Riko diselamatkan, dan dia sangat terkesan dengan meriam energi Reg, yang dia juluki "Insinerator", tetapi Reg kemudian pingsan karena tekanan menggunakan senjata. Setelah Reg bangun, dia dan Riko melanjutkan ke Hutan Terbalik di bagian bawah lapisan kedua, di mana Kamp Pencari berada, dikejar oleh makhluk seperti monyet. Saat mereka mendekati Kamp Pencari, lengan Reg yang dapat diulur dirampas oleh pengawalnya, Ozen the Immovable.
6"Seeker Camp"
"Shīkā Kyanpu" (監視基地 (シーカーキャンプ))
Hitoshi HagaKeigo Koyanagi11 Agustus 2017 (2017-8-11)[74]
Riko dan Reg diizinkan masuk ke dalam Kamp Pencari, di mana mereka akhirnya bertemu Ozen dan muridnya, Marulk. Riko berterima kasih kepada Ozen karena membantunya membawa keluar dari Abyss sebagai seorang anak, meskipun Ozen dengan sedih mencatat dengan geli bahwa dia telah mempertimbangkan berkali-kali hanya meninggalkan Riko. Ozen memungkinkan Riko dan Reg untuk bermalam di Kamp Pencari, dan mereka dengan cepat berteman dengan Marulk, yang berharap mereka tinggal sebentar lebih lama sehingga mereka bisa gua raid bersama. Namun, Riko dengan enggan menolak, karena dia ingin melanjutkan perjalanannya untuk menemukan Lyza. Malam itu, Riko meninggalkan kamarnya untuk mencari kamar mandi dan bertemu makhluk aneh. Ketakutan, Riko melarikan diri kembali ke kamarnya. Pagi berikutnya, Ozen memberi tahu Riko dan Reg bahwa dia tahu tentang makhluk itu, dan membawanya ke kamarnya untuk menjelaskannya. Sepanjang jalan, dia memberi tahu Riko bahwa Lyza sudah mati, ketika dia menemukan surat itu dari kuburan di lapisan keempat. Selain itu, catatan yang diterima Riko untuk pergi ke dasar Abyss tidak ditulis oleh Lyza. Mereka kemudian tiba di kamar Ozen, di mana Riko melihat Curse Warding Box, Relic yang melindunginya saat masih bayi.
7"The Unmovable Sovereign"
"Fudō Kyō" (不動卿)
Shinya IinoHideyuki Kurata18 Agustus 2017 (2017-8-18)[75]
Ozen mengungkapkan bahwa Curse Warding Box memiliki kekuatan untuk sementara membangkitkan orang mati dan monster yang Riko lihat adalah segumpal daging yang dia tempatkan di sana, kembali hidup sebelum mati lagi beberapa jam kemudian. Dia juga mengungkapkan bahwa Riko sudah mati ketika Lyza mengirimnya dan dia dihidupkan kembali oleh kekuatan kotak juga, meskipun dia tidak tahu berapa lama sampai efeknya hilang dan dia akan mati lagi. Ozen kemudian mulai menyerang Reg, yang berusaha mengalahkannya, tetapi jatuh pingsan setelah mencoba, dan gagal menggunakan Incinerator untuk melawannya. Setelah dia bangun, Ozen mengungkapkan bahwa dia sedang menguji mereka untuk memeriksa apakah mereka dapat bertahan hidup sendiri di Abyss dan memutuskan untuk melatih mereka, seperti yang pernah dia lakukan dengan Lyza. Dia juga mengungkapkan bahwa kuburan yang dia temukan ternyata kosong, menyiratkan bahwa Lyza mungkin masih hidup. Setelah Reg pulih, Ozen menugaskannya dan Riko untuk bertahan hidup di hutan terdekat selama 10 hari tanpa kembali sebagai bagian dari pelatihan mereka. Dia memperingatkan mereka bahwa Insinerator Reg hanya boleh digunakan sebagai upaya terakhir karena setelah Reg menembakkan-nya, dia akan runtuh dalam beberapa menit dan tetap tidak sadar selama sekitar 2 jam, membuat mereka tidak berdaya. Ozen kemudian meninggalkan Reg dan Riko untuk berjuang sendiri.
8"Survival Training"
"Seizon Kunren" (生存訓練)
Shinya IinoHideyuki Kurata25 Agustus 2017 (2017-8-25)[76]
Meskipun ada beberapa kemunduran, Riko dan Reg berhasil menyelesaikan pelatihan bertahan hidup mereka dan kembali ke kamp, di mana Ozen mengungkapkan kepada mereka bahwa catatan yang ditulis oleh Lyza dilakukan dalam beberapa jenis kain yang terlalu kuat sehingga bahkan tidak bisa dia pisahkan, pertanda lain bahwa dia pasti memang hidup. Sebelum mengirim mereka pergi, Ozen memberikan Riko "Everlasting Pickaxe", senjata Lyza yang ia selamatkan dari lapisan keempat, memperingatkan mereka bahwa itu dapat digunakan sebagai alternatif untuk Incinerator, tetapi mungkin hanya memiliki beberapa kegunaan sebelum pecah, dan berbagi dengan mereka rahasia Abyss hanya dapat diakses oleh White Whistles, sementara menginstruksikan mereka untuk menghindari White Whistles lainnya yang saat ini menjelajahi Layer Kelima, karena mereka bisa menjadi ancaman bagi mereka. Ozen kemudian mengenang tentang janji yang dia buat kepada Lyza untuk membantu Riko menemukannya jika mereka pernah bertemu. Riko kemudian mengucapkan selamat tinggal pada Marulk dan penghuni kamp lainnya sebelum menetapkan lapisan ketiga Abyss "Kesalahan Besar".
9"The Great Fault"
"Dai Dansō" (大断層)
Hitoshi HagaHideyuki Kurata1 September 2017 (2017-9-1)[77]
Riko dan Reg mulai memanjat Great Fault, menggunakan jaringan gua untuk menghindari predator terbang yang menghuni lapisan itu. Namun, mereka secara tidak sengaja tersandung ke sarang madokajack dan Reg dipaksa menggunakan Insineratornya untuk membunuh madokajack. Namun, ini menarik perhatian dari splitjaw merah yang sebelumnya telah terluka oleh Incinerator, dan setelah melarikan diri, Reg jatuh pingsan, meninggalkan Riko untuk mengurus dirinya sendiri. Ketika Riko menyeret Reg, dia terpikat dan ditelan oleh amakagame dan dipaksa untuk memotong jalan keluar dari perutnya. Riko kemudian dipaksa untuk melarikan diri dari segerombolan orang neritantans dan menemukan dirinya di sebuah gua dengan kemiringan ke atas. Tanpa pilihan lain, Riko mengepalai lereng, menderita efek Kutukan dan mengalami berbagai halusinasi. Setelah mencapai puncak gua, Riko menyadari betapa pentingnya Reg baginya sebagai teman sekaligus pelindung. Reg terbangun tepat ketika splitjaw merah kembali dan dia mampu melawannya dan mengejarnya. Setelah membuat kemah, Reg menyadari bahwa ia sekarang dapat melihat Lapisan Keempat, "Goblet of Giants".
10"Poison and the Curse"
"Doku to Noroi" (毒と呪い)
Sun Hi SonKeigo Koyanagi8 September 2017 (2017-9-8)[78]
Riko dan Reg memulai perjalanan mereka lebih jauh ke bawah Goblet of Giants, tetapi ketika mereka terus maju, mereka merasakan kehadiran bergerak bersama mereka saat mereka berbicara. Mereka terus turun sampai mereka dihadang oleh penusuk orbed, dan Reg bersiap untuk menghadapinya sampai Riko mengungkapkan tulang punggungnya mampu menusuk baja dan meracuni korban mereka, membuat hidup Reg dalam bahaya juga. Mereka berusaha untuk melarikan diri, tetapi monster itu mampu membaca gerakan mereka dan menghentikan mereka, mengetuk beliung Lyza dari genggaman mereka dan menghilangkan segala cara untuk mempertahankan diri. Reg mencoba untuk menghentikan serangan berikut dengan payung bersisik, tetapi duri menembus tidak hanya payung, tetapi tangan Riko juga, menyuntikkan racun mematikan ke dalam sistemnya, memaksa Reg untuk melarikan diri bersamanya dengan naik. Sayangnya ini mengakibatkan Riko menderita Kutukan Lapisan Keempat: pendarahan dari setiap lubang. Ditambah dengan racun, Riko berhalusinasi juga, dan dia mendesak Reg untuk memutuskan lengannya untuk mencegah racun dari melangkah lebih jauh. Meskipun ragu-ragu, dia menurut. Pertengahan jalan melalui proses, Riko berhenti bernapas, dan takut yang terburuk, Reg jatuh dalam keputusasaan sampai makhluk misterius mengatakan kepadanya untuk tetap tenang dan membimbingnya untuk melakukan CPR, membuat Riko bernapas sekali lagi. Mereka mundur ke tempat persembunyian makhluk, yang dinyatakan sebagai Nanachi.
11"Nanachi"
"Nanachi" (ナナチ)
Toshiharu KudōKeigo Koyanagi15 September 2017 (2017-9-15)[79]
Nanachi mengawal Reg dan Riko yang terluka parah ke tempat persembunyian dan mulai bekerja untuk memperbaiki Riko. Reg diperkenalkan pada Mitty, makhluk yang hidup dengan Nanachi yang mengungkapkan bahwa mereka adalah Hollows: calon cave raiders muda yang kehilangan kemanusiaannya sebagai akibat dari Kutukan saat mereka naik dari Lapisan Keenam, meskipun Nanachi menunjukkan bukti bertahan dan mempertahankan kemiripan kemanusiaan. Nanachi mengirim Reg untuk mengambil bahan untuk menyembuhkan Riko serta membuat makan malam Nanachi. Saat dia keluar, Nanachi tampaknya mengenali peluit putih Lyza. Setelah mengambil bahan-bahan, Reg dikirim untuk membersihkan darah dan pakaian bernoda urin Riko di tepi sungai di belakang tempat persembunyian Nanachi, dan ada memori muncul kembali berdiri di atas batu nisan dengan Lyza Blaze Reap di tanah. Sementara Riko dibiarkan sendirian, Mitty mulai mengawasinya.
12"The True Nature of the Curse"
"Noroi no Shōtai" (呪いの正体)
Masayuki KojimaKeigo Koyanagi22 September 2017 (2017-9-22)[80]
Kembali di Orth, Kiyui jatuh sakit pada hari ulang tahunnya, mengikuti tren misterius yang disebut "Penyakit Kematian Ulang Tahun" yang telah mulai menjangkiti kota. Jiruo membawanya ke armada karavan lepas pantai untuk perawatan medis. Ketika gejala Kiyui tiba-tiba menghilang, seorang dokter merenung bahwa itu mungkin ada hubungannya dengan Kutukan Jurang maut. Kembali di Abyss, Mitty tampaknya menyukai Riko, tetapi Nanachi meyakinkan Reg bahwa Mitty tidak akan menyakitinya. Nanachi kemudian mengungkapkan Kutukan ada di sekitar mereka di udara, dan bergerak bersama mereka. Banyak monster Abyss seperti penusuk bola dapat melihat Kutukan dan memprediksi tindakan mangsa mereka berdasarkan itu. Nanachi mengirim Reg keluar untuk berlatih, dan dia menemukan cave raiders diserang oleh penusuk bola. Berkat instruksi Nanachi, Reg dapat mengejar penusuk bola dengan Incineratornya. Reg kemudian meminta cave raiders untuk memberitahu Jiruo bahwa dia dan Riko baik-baik saja. Ketika Reg kembali, Nanachi secara mengejutkan meminta Reg membunuh Mitty.
13"The Challengers"
"Idomu Monotachi" (挑む者たち)
Satoshi MoriHideyuki Kurata29 September 2017 (2017-9-29)[c][81]
Ketika Reg pulih dari menggunakan Incineratornya, Nanachi menceritakan kepadanya kisah ketika beberapa anak, termasuk Mitty, ditipu oleh White Whistle Bondrewd. Dia membawa mereka ke pangkalannya di lapisan kelima Abyss, the Sea of Corpses, dan menggunakannya untuk eksperimen yang tidak manusiawi ke dalam Kutukan. Nanachi dan Mitty dikirim bersama ke lapisan keenam dan terkena Kutukan saat mereka kembali, yang mengarah ke penampilan mereka saat ini dan membuat Mitty abadi. Setelah Bondrewd mencoba membunuh Mitty beberapa kali, Nanachi melarikan diri dengan Mitty untuk meringankan penderitaannya dan mengembalikan martabatnya, tetapi tidak berhasil. Reg akhirnya menyetujui permintaan Nanachi untuk membunuh Mitty, dan setelah perpisahan menangis dari Nanachi, Reg menghancurkan Mitty dengan Incinerator-nya. Beberapa waktu kemudian, Riko terbangun, dan setelah mereka bertiga menghabiskan waktu bersama, Nanachi setuju untuk bergabung dalam pencarian mereka untuk bertemu Lyza. Setelah mengirim pesan dengan balon ke permukaan, Riko, Reg dan Nanachi membuat persiapan mereka untuk meninggalkan lapisan keempat sementara Riko mendapatkan kembali penggunaan tangan kirinya. Sementara itu, pesan mereka akhirnya diterima oleh Shiggy dan Nat. Ketika Bondrewd menemukan bahwa tanda tangan kehidupan Mitty telah menghilang, ia menyadari bahwa Nanachi entah bagaimana berhasil membunuhnya, dan mengungkapkan keinginan untuk bertemu Nanachi lagi.

Film[sunting | sunting sumber]

Films[sunting | sunting sumber]

Film Judul Sutradara Penulis Tanggal rilis
1"Made in Abyss: Journey's Dawn"
"Made in Abyss: Tabidachi no Yoake" (メイドインアビス 旅立ちの夜明け)
Masayuki KojimaHideyuki Kurata4 Januari 2019 (2019-1-4)
Film tersebut adalah kompilasi dari episode 1-8 dari seri TV 2017 dengan adegan baru yang ditambahkan sebagai pengantar. Ini mencakup periode dari Riko turun ke Abyss dengan didampingi rombotnya, Reg, mencapai lapisan kedua dimana mereka bertemu dengan White Whistle Ozen yang dia mengungkapkan informasi tentang ibunya Riko.
2"Made in Abyss: Wandering Twilight"
"Made in Abyss: Hōrō Suru Tasogare" (メイドインアビス 放浪する黄昏)
Masayuki KojimaHideyuki Kurata18 Januari 2019 (2019-1-18)
Film tersebut adalah kompilasi dari episode 9-13 dari seri TV 2017. Riko dan Reg turun ke lapisan ketiga dimana Riko mendapat pengalaman pertamanya tentang kutukan. Mereka turun ke lapisan ketiga dimana lengan Riko terluka oleh Orbed Piercer dan Reg mencoba untuk menolongnya. Nanachi datang untuk membantu mereka dan menolong lengan Riko yang keracunan. Selanjutnya Nanachi bertanya kepada Reg untuk membunuh temannya yang abadi, Mitty. Nanachi selanjutnya bergabung dengan Riko dan Reg dalam pencarian mereka untuk mencapai dasar Abyss.
3"Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul"
"Made in Abyss: Fukaki Tamashii no Reimei" (メイドインアビス 深き魂の黎明)
Masayuki KojimaHideyuki Kurata17 Januari 2020 (2020-1-17)

Riko, Reg dan Nanachi mencapai taman yang berisi bunga Fortitude di lapisan kelima. Mereka menemukan Umbra Hand, seorang bawahan dari Bondrewd, saat ia membakar kebun untuk menghancurkan serangga parasit yang menyamar sebagai daun. Ketiganya kemudian melanjutkan melalui Laut Corpses di mana Nanachi dan Mitty diubah menjadi Hollows oleh Bondrewd. Mereka mencapai Idofront di Forward Operating Base yang merupakan satu-satunya pintu masuk ke tingkat keenam. Mereka disambut oleh Prushka muda yang cerewet dan mengaku sebagai putri Bondrewd, dan mereka diundang untuk menginap. Pada malam hari, Nanachi pergi menjelajahi dan bertemu Bondrewd yang mengungkapkan bahwa Reg adalah peninggalan Abyss yang berharga. Riko terbangun dan menemukan yang lain hilang dan pergi mencari mereka. Dia naik ke tangga terlarang yang konon mengarah ke kutukan. Dia dihantam oleh kekuatan yang tak terlihat dan kehilangan kesadaran. Dia ditemukan dan dibalut oleh Prushka, tetapi ketika mereka tidak dapat menemukan yang lain, mereka naik tangga bersama-sama, dipimpin oleh hewan peliharaan Prushka, Meinya.

Sementara itu, Bondrewd telah menangkap Reg yang menjalani serangkaian eksperimen menyakitkan, termasuk tangan kanannya terputus. Nanachi, Riko, dan Prushka semuanya tiba di laboratorium, dan Prushka terkejut melihat apa yang dilakukan Bondrewd. Reg dan Riko melarikan diri dengan bantuan Prushka, tetapi Bondrewd dan Cave Raiders menemukan mereka. Riko membuat perangkap yang dibuat oleh Nanachi, dan Bondrewd dan anak buahnya diserang oleh serangga ganas raksasa yang disebut Kasshou-Gashira. Bondrewd menggunakan Sparagmos, Cahaya yang Membimbing Asal untuk meledakkan jalannya bebas. Ketiganya berhasil mengalahkan Bondrewd dan dia berubah menjadi binatang buas oleh kutukan. Namun, Umbra Hand lainnya mengambil White Whistle dan helm Bondrewd dan menjadi Bondrewd. Dia kemudian mengoyak Prushka bersama dengan anak-anak tak berdosa lainnya untuk memicu kebangkitannya dalam apa yang dia sebut Berkat. Riko menyadari bahwa tubuh Bondrewd hanyalah salah satu dari banyak wadah, yang kesadarannya memiliki kendali atas menggunakan peninggalan yang dikenal sebagai Zoaholic.

Ketiganya merumuskan rencana untuk mengisi ulang Reg menggunakan listrik menyalakan Idofront dan kemudian Reg melakukan serangan ganas pada Bondrewd. Dengan bantuan Nanachi dan Riko, Reg akhirnya menghancurkannya dan tubuhnya yang baru diberkati. Nanachi dan Bondrewd memiliki satu percakapan terakhir, di mana Bondrewd memuji Nanachi dan mengungkapkan bahwa aspirasi barunya adalah untuk Nanachi untuk mendorong lebih jauh. Riko bingung atas nasib Prushka yang bagian-bagian tubuhnya yang penting terkandung dalam kartrid yang berdarah banyak. Namun, Riko menemukan bahwa kesadarannya telah diubah menjadi Life Reverberating Stone, bahan dari White Whistles yang dipotong. Dia membawa White Whistle barunya saat dia, Nanachi, Reg dan Meinya mulai turun ke tingkat keenam.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Manga-nya masuk nominasi untuk penghargaan Manga Taishō ke-11 dan mendapat total 40 poin, menempati urutan delapan.[82] Made in Abyss has been met with positive reviews and widely considered to be one of the best anime series of 2017. Nick Creamer dari Anime News Network memuji untuk fokus ke petualangan, serta efisiensinya dalam membangun premisnya. Creamer juga memuji karya seni dan musiknya yang menyoroti keindahan dan teror Abyss.[83] Julian Malerman dari THEM Anime Reviews memuji pertunjukan karena telah menjadi drama emosional yang dieksekusi dengan baik dengan mengatakan "Cara di mana pertunjukan mendekati kesimpulan ini sering brutal dan mengasingkan, tetapi jawaban akhirnya sederhana dan murni. Itu bernyanyi."[84]

Serial ini dianugerahi Anime of the Year dan Skor Terbaik di Anime Awards 2017 Crunchyroll.[85]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Made in Abyss" Descends into Darkness in Sequel Series". Crunchyroll. Diakses tanggal July 19, 2018. 
  2. ^ "MADE IN ABYSS". Sentai Filmworks. Diakses tanggal July 19, 2018. 
  3. ^ "Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul Anime Film Premieres in U.S. on April 11 (Update)". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-03. 
  4. ^ a b "Made in Abyss Anime's 1st Promo Reveals Main Cast, Additional Staff". Anime News Network. March 25, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 25, 2017. Diakses tanggal May 29, 2017. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m Ressler, Karen (July 6, 2018). "Full Dub Casts Announced for Made in Abyss, Scum's Wish Anime". Anime News Network. Diakses tanggal July 6, 2018. 
  6. ^ Made In Abyss Manga: Chapter 5
  7. ^ a b c d e f g h "Made in Abyss Anime Reveals 2nd Promo Video, Theme Song Artists, More Cast". Anime News Network. June 9, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 10, 2017. Diakses tanggal June 9, 2017. 
  8. ^ Tsukushi, Akihito (September 16, 2017). "Tweet by Akihito Tsukushi". Twitter. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 21, 2018. Diakses tanggal December 20, 2017. 
  9. ^ "冒険は終わらない". Kinema Citrus (dalam bahasa Japanese). September 28, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2018. Diakses tanggal April 27, 2018. 
  10. ^ Made In Abyss Manga: Chapter 13
  11. ^ "アニメ『メイドインアビス』続編制作決定! ボンドルド(CV:森川智之)の新規収録ボイスが聞ける続編制作決定PVが公開". Animate Times (dalam bahasa Japanese). Animate. November 26, 2017. Diakses tanggal February 5, 2018. 
  12. ^ Loo, Egan (January 22, 2018). "2nd Made in Abyss Film Casts Inori Minase as Prushka in New Scene". Anime News Network. Diakses tanggal January 22, 2018. 
  13. ^ Made In Abyss Manga: Chapter 30
  14. ^ Made In Abyss Manga: Chapter 33
  15. ^ Made In Abyss Manga: Chapter 37
  16. ^ "Akihito Tsukushi's Made in Abyss Manga Gets TV Anime". Anime News Network. December 21, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2016. Diakses tanggal May 29, 2017. 
  17. ^ "Seven Seas Licenses Made in Abyss, Nameless Asterism, Soul Liquid Chambers, Getter Robo Devolution Manga (Update)". Anime News Network. July 3, 2017. Diakses tanggal July 3, 2017. 
  18. ^ "メイドインアビス公式アンソロジー 度し難き探窟家たち". Takeshobo (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal April 27, 2018. 
  19. ^ Sherman, Jennifer (December 13, 2019). "Seven Seas Entertainment Licenses Made in Abyss Anthology Book". Anime News Network. Diakses tanggal December 14, 2019. 
  20. ^ "Macabre 'Made in Abyss' Anime Returning for New Project". OTAQUEST (dalam bahasa Inggris). 2017-11-27. Diakses tanggal 2018-04-06. 
  21. ^ "Made in Abyss Vol. 1". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  22. ^ Jung, Jake (January 23, 2018). "I read the manga in preparation to translate the anime adaptation, and I liked it so much I decided to reach out to Seven Seas. Made in Abyss is chock-full of terminology, so I hope fans of both mediums are able to enjoy a seamless experience". Twitter. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  23. ^ Jung, Jake (September 8, 2017). "Thanks! I told my colleagues at Sentai I wouldn't be using gendered pronouns for those characters, but maybe the marketing team didn't hear". Twitter. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  24. ^ "メイドインアビス(1)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 8, 2017. Diakses tanggal July 24, 2017. 
  25. ^ "Made in Abyss Vol. 1". Seven Seas Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 25, 2018. Diakses tanggal January 24, 2018. 
  26. ^ "メイドインアビス(2)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2017. Diakses tanggal July 24, 2017. 
  27. ^ "Made in Abyss Vol. 2". Seven Seas Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 25, 2018. Diakses tanggal January 24, 2018. 
  28. ^ "メイドインアビス(3)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2017. Diakses tanggal July 24, 2017. 
  29. ^ "Made in Abyss Vol. 3". Seven Seas Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 25, 2018. Diakses tanggal January 24, 2018. 
  30. ^ "メイドインアビス(4)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2017. Diakses tanggal July 24, 2017. 
  31. ^ "Made in Abyss Vol. 4". Seven Seas Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 25, 2018. Diakses tanggal January 24, 2018. 
  32. ^ "メイドインアビス(5)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 8, 2017. Diakses tanggal July 24, 2017. 
  33. ^ "Made in Abyss Vol. 5". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal August 24, 2018. 
  34. ^ "メイドインアビス(6)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 7, 2017. Diakses tanggal September 23, 2017. 
  35. ^ "Made in Abyss Vol. 6". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal August 24, 2018. 
  36. ^ "メイドインアビス(7)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diakses tanggal July 27, 2018. 
  37. ^ "Made in Abyss Vol. 7". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal May 14, 2019. 
  38. ^ "メイドインアビス(8)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diakses tanggal July 23, 2019. 
  39. ^ "Made in Abyss Vol. 8". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal August 19, 2019. 
  40. ^ "メイドインアビス(9)" (dalam bahasa Japanese). Takeshobo. Diakses tanggal September 3, 2020. 
  41. ^ "Made in Abyss Vol. 9". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal September 3, 2020. 
  42. ^ メイドインアビス [Made in Abyss]. Web Comic Gamma. Takeshobo. 
  43. ^ a b "Akihito Tsukushi's Made in Abyss Manga Gets TV Anime". Anime News Network. December 21, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2016. Diakses tanggal May 29, 2017. 
  44. ^ "Made in Abyss TV Anime Premieres in July". Anime News Network. March 22, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2017. Diakses tanggal June 9, 2017. 
  45. ^ "Made in Abyss Anime Premieres on July 7". Anime News Network. May 26, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 26, 2017. Diakses tanggal June 9, 2017. 
  46. ^ a b c "Made in Abyss Anime's Final Episode Airs as 1-Hour Special". Anime News Network. September 2, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 17, 2017. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  47. ^ May, Callum (October 4, 2017). "Interview: Made in Abyss Composer Kevin Penkin". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 10, 2017. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  48. ^ Sherman, Jennifer (July 26, 2018). "Made in Abyss Compilation Films Reveal Visual, January Premieres". Anime News Network. Diakses tanggal July 26, 2018. 
  49. ^ "Made in Abyss Anime Gets Sequel". Anime News Network. November 26, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2017. Diakses tanggal November 26, 2017. 
  50. ^ Hodgkins, Crystalyn (January 4, 2018). "New Made in Abyss: Fukaki Tamashii no Reimei Anime Film Revealed with Teaser Visual". Anime News Network. Diakses tanggal January 4, 2018. 
  51. ^ Pineda, Rafael Antonio (March 22, 2019). "Made in Abyss: Fukaki Tamashii no Reimei Anime Film Opens in January 2020". Anime News Network. Diakses tanggal March 22, 2019. 
  52. ^ Sherman, Jennifer (July 5, 2019). "Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul Anime Film's Teaser Streamed". Anime News Network. Diakses tanggal March 22, 2019. 
  53. ^ "Anime Boston 2020 Cancellation Announcement". www.animeboston.com. Diakses tanggal 14 March 2020. 
  54. ^ Frye, Patrick (March 2, 2020). "Made In Abyss: Dawn of the Deep Soul release date in U.S. movie theaters set for April 2020". Monsters and Critics. Diakses tanggal March 2, 2020. 
  55. ^ Frye, Patrick (January 17, 2020). "Made In Abyss Season 2 anime sequel teased during ending credits of the Dawn of the Deep Soul movie". Monsters and Critics. Diakses tanggal January 17, 2020. 
  56. ^ Hodgkins, Crystalyn (January 17, 2020). "Made in Abyss Gets Sequel Anime Series". Anime News Network. Diakses tanggal January 17, 2020. 
  57. ^ Frye, Patrick (January 18, 2020). "Made In Abyss Season 2 release date: Sequel confirmed in 2020 by Bondrewd Dawn of the Deep Soul movie end credits". Monsters and Critics. Diakses tanggal January 18, 2020. 
  58. ^ "Sentai Filmworks Licenses Made in Abyss Anime for Summer Simulcast". Anime News Network. June 26, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 7, 2017. Diakses tanggal June 26, 2017. 
  59. ^ "HIDIVE Reveals Streaming Territories, Debut Dates For Battle Girl High School, Made in Abyss Anime". Anime News Network. June 30, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 3, 2017. 
  60. ^ Ressler, Karen (March 30, 2018). "Made in Abyss, Armed Girl's Machiavellism English Dubs, Legend of the Galactic Heroes Box Set Announced". Anime News Network. Diakses tanggal March 30, 2018. 
  61. ^ "Latest batch of announcements. Coming next year we've got Land of the Lustrous, Love & Lies, Made in Abyss and Princess Principal". Twitter.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 21, 2018. Diakses tanggal October 28, 2017. 
  62. ^ "Made in Abyss Complete Season 1 (Blu-Ray) (Limited Edition)". Madman Entertainment. Diakses tanggal September 30, 2018. 
  63. ^ Ressler, Karen (November 16, 2018). "Sentai Filmworks Licenses Made in Abyss, DanMachi Films". Anime News Network. Diakses tanggal November 16, 2018. 
  64. ^ "First Film in Two-Part MADE IN ABYSS Series to Debut Spring 2019 for Special Engagement". Sentai Filmworks. January 22, 2019. Diakses tanggal January 23, 2019. 
  65. ^ "For the First Time, 'MADE IN ABYSS' Comes to Movie Theaters Across the U.S. March 20 and 25 Only". Sentai Filmworks. January 29, 2019. Diakses tanggal January 31, 2019. 
  66. ^ Sherman, Jennifer; Pineda, Rafael Antonio (July 5, 2019). "Sentai Filmworks Licenses Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul Anime Film, Food Wars! Season 3 TV Anime (Update)". Anime News Network. Diakses tanggal July 5, 2019. 
  67. ^ Sherman, Jennifer (March 2, 2020). "Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul Anime Film Premieres in U.S. on April 11 (Update)". Anime News Network. Diakses tanggal March 3, 2020. 
  68. ^ Stevens, Josh (March 2, 2020). "Made In Abyss: Dawn of the Deep Soul In Cinemas This April". Anime UK News. Diakses tanggal March 3, 2020. 
  69. ^ "第1話「大穴の街」" [Ep. 1: "The City of the Great Pit"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  70. ^ "第2話「復活祭」" [Ep. 2: "Resurrection Festival"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  71. ^ "第3話「出発」" [Ep. 3: "Departure"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  72. ^ "第4話「アビスの淵」" [Ep. 4: "The Edge of the Abyss"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  73. ^ "第5話「火葬砲」" [Ep. 5: "Incinerator"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  74. ^ "第6話「監視基地 (シーカーキャンプ)」" [Ep. 6: "Seeker Camp"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  75. ^ "第7話「不動卿」" [Ep. 7: "The Unmovable Sovereign"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  76. ^ "第8話「生存訓練」" [Ep. 8: "Survival Training"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 September, 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  77. ^ "第9話「大断層」" [Ep. 9: "The Great Fault"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  78. ^ "第10話「毒と呪い」" [Ep. 10: "Poison and the Curse"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  79. ^ "第11話「ナナチ」" [Ep. 11: "Nanachi"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  80. ^ "第12話「呪いの正体」" [Ep. 12: "The True Nature of the Curse"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  81. ^ "第13話「挑む者たち」" [Ep. 13: "The Challengers"]. Made in Abyss (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  82. ^ Loo, Egan; Hodgkins, Crystalyn (March 22, 2018). "Paru Itagaki's BEASTARS Wins 11th Manga Taisho Awards". Anime News Network. Diakses tanggal April 25, 2018. 
  83. ^ Creamer, Nick (October 25, 2017). "Made in Abyss Episodes 1-13 Streaming - Review". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2017. Diakses tanggal December 26, 2017. 
  84. ^ Malerman, Julian. "Made in Abyss". THEM Anime Reviews. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2017. Diakses tanggal December 26, 2017. 
  85. ^ Loveridge, Lynzee (February 25, 2018). "Made in Abyss, My Hero Academia Win Big at Crunchyroll's Anime Awards". Anime News Network. Diakses tanggal February 25, 2018. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Di sebuah Tweet, Tsukushi menulis: "Thank you! The gender of Nanachi is unknown. When Nanachi was a human being, there was a gender, but it has not been revealed. Imagine it :)".[8]
  2. ^ Semua judul berbahasa Inggris diambil dari Anime Strike.
  3. ^ Satu jam akhir musim spesial.