Black Bullet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Black Bullet
Sampul novel ringan volume pertama
ブラック・ブレット
(Burakku Buretto)
GenreLaga, paska-apokaliptik[1]
Novel ringan
PengarangShiden Kanzaki
IlustratorSaki Ukai
PenerbitASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
ImprintDengeki Bunko
DemografiPria
Terbit10 Juli 201110 April 2014
Volume7
Manga
PengarangShiden Kanzaki
IlustratorMorinohon
PenerbitASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
Yen Press
MajalahDengeki Maoh
DemografiSeinen
Terbit27 Agustus 2012[2]27 Juni 2014[3]
Volume4
Seri anime
SutradaraMasayuki Kojima
ProduserAsuka Yamazaki
Fuminori Yamazaki
Mitsutoshi Ogura
Yasutaka Kurosaki
SkenarioTatsuhiko Urahata
MusikShirō Sagisu
StudioKinema Citrus
Orange
Pelisensi
Hanabee
Animatsu Entertainment
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, Sun TV, tvk, KBS Kyoto, TV Aichi, BS11, TSC
Saluran bahasa Inggris
Tayang 8 April 2014 1 Juli 2014
Episode13
 Portal anime dan manga

Black Bullet (Jepang: ブラック・ブレット, Hepburn: Burakku Buretto) adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Shiden Kanzaki dan diilustrasikan oleh Saki Ukai, diterbitkan di bawah cetakan Dengeki Bunko milik ASCII Media Works. Novel ringan ini mulai diterbitkan pada tanggal 10 Juli 2011. Seri manga dari novel ringan ini mulai diserialisasi pada tanggal 27 Agustus 2012 di bawah cetakan Dengeki Maoh milik ASCII Media Works. Sebuah adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diproduksi oleh Kinema Citrus dan Orange dan diumumkan di Festival Musim Gugur Dengeki Bunko tahun 2013 pada tanggal 6 Oktober 2013. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 8 April hingga tanggal 1 Juli 2014, dan disiarkan di luar Jepang oleh Crunchyroll. Waralaba Black Bullet dilisensikan di tiga negara oleh beberapa perusahaan. Seri ini dilisensikan oleh Sentai Filmworks untuk Amerika Utara, Animatsu Entertainment untuk Britania Raya dan Hanabee untuk Australia. Baik manga maupun seri novel ringan diterbitkan di Amerika Utara oleh Yen Press.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021, umat manusia dirusak oleh epidemi Gastrea, virus parasit, dan dipaksa hidup di dalam dinding Monolith, yang terbuat dari Varanium: logam yang mampu melemahkan Gastrea. Segera setelah itu, anak-anak yang lahir dengan virus Gastrea dan memperoleh kemampuan manusia super sebagai hasilnya dijuluki "Anak-anak Terkutuk". Karena adanya virus Gastrea, anak-anak terkutuk hanya bisa dimiliki oleh perempuan. Keamanan Sipil dibentuk untuk mengkhususkan pertempuran melawan Gastrea, beroperasi dengan sepasang Inisiator, yang merupakan anak-anak terkutuk, dan Promotor, yang bertugas untuk memimpin anak-anak terkutuk. Sepuluh tahun setelah epidemi, Rentarō Satomi, seorang siswa SMA yang juga Promotor di Badan Keamanan Sipil Tendō milik teman masa kecilnya, Kisara Tendō, bersama dengan Inisiatornya, Enju Aihara, melakukan misi untuk mencegah kehancuran Area Tokyo dan dunia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Badan Keamanan Sipil Tendō[sunting | sunting sumber]

Rentarō Satomi (里見 蓮太郎, Satomi Rentarō)
Pengisi suara: Yūki Kaji
Siswa SMA Magata tahun kedua dan Promotor di Badan Keamanan Sipil Tendō. Orang tuanya meninggal dalam perang melawan Gastrea sepuluh tahun yang lalu dan diadopsi oleh keluarga Tendō, tetapi ia meninggalkan keluarga bersama dengan Kisara. Ia kehilangan kaki kanan, lengan kanan dan mata kirinya dalam pertarungan dengan Gastrea untuk melindungi Kisara dan diselamatkan oleh organisasi "Rencana Penciptaan Manusia Baru" yang menggantikan anggota tubuhnya yang hilang dengan Varanium. Karena sifatnya yang baik dan tulus, ia adalah salah satu dari sedikit simpatisan Anak-anak Terkutuk itu. Ia berusaha keras untuk membantu mereka. Sifat ini juga menyebabkan banyak Anak Terkutuk tertarik padanya atau menjadi tergila-gila padanya. Ia menggunakan pistol XD dan merupakan pemula dalam seni bela diri Tendō di awal cerita.
Enju Aihara (藍原 延珠, Aihara Enju)
Pengisi suara: Rina Hidaka
Seorang Anak Terkutuk dan Inisiator Model Kelinci Rentarō di Badan Keamanan Sipil Tendō. Ia tinggal bersama Rentarō dan bersekolah di SD hingga statusnya sebagai Anak Terkutuk terungkap saat insiden yang melibatkan Kagetane Hiruko dan dipaksa pindah ke sekolah baru. Ketika pertama kali diperkenalkan ke Rentarō oleh Organisasi Pengawas Inisiator Internasional (IISO), Enju memiliki masalah kepercayaan, tetapi sejak saat itu, ia membaik karena bergaul dengan Rentarō dan ia akhirnya menjadi tergila-gila padanya meskipun usianya masih muda. Ia adalah penggemar anime Tenchuu Girls.
Kisara Tendō (天童 木更, Tendō Kisara)
Pengisi suara: Yui Horie
Ketua Badan Keamanan Sipil Tendō. Berasal dari klan Tendō, ia meninggalkan keluarga setelah konflik tertentu dengan teman masa kecilnya, Rentarō. Ginjal Kisara hampir tidak berfungsi karena trauma menyaksikan orang tuanya dimakan hidup-hidup oleh Gastrea. Percaya bahwa kematian orang tuanya terkait dengan keluarga Tendō, ia bersumpah untuk membalaskan dendam mereka dan telah mencari pembunuhnya. Ia sangat ahli dalam seni bela diri Tendō, tetapi tidak dapat bertarung untuk waktu yang lama karena kondisinya. Kisara memiliki perasaan terhadap Rentarō, yang telah menunjukkan ketertarikan yang saling menguntungkan, tetapi upaya mereka untuk menghubungkan perasaan mereka satu sama lain terganggu oleh Enju. Namun, obsesinya untuk membalas dendam pada klan Tendō adalah sumber kekhawatiran bagi Rentarō, yang khawatir suatu hari nanti akan menyebabkan mereka berpisah.
Tina Sprout (ティナ・スプラウト, Tina Supurauto)
Pengisi suara: Tomoyo Kurosawa
Produk dari pasukan mekanik Ayn Rand dan Inisiator Model Burung Hantu. Ia diperintahkan untuk membunuh Seitenshi oleh Ayn, tetapi digagalkan oleh campur tangan Enju dan akhirnya dikalahkan oleh Rentarō. Seitenshi memberinya perlakuan khusus dan hanya memerintahkan untuk mengawasinya, dan dipekerjakan oleh Badan Keamanan Sipil Tendō ketika ia dibebaskan. Ia kemudian berpasangan dengan Kisara, tetapi ia tergila-gila dengan Rentarō seperti Enju, di mana ia bersaing demi perhatian Rentarō.

Wilayah Tokyo[sunting | sunting sumber]

Seitenshi (聖天子, Seitenshi)
Pengisi suara: Aki Toyosaki
Penguasa wilayah Tokyo, salah satu dari lima wilayah terbesar di Jepang setelah perang dan nama aslinya tidak diketahui. Ia sangat idealis dan berharap semua orang dapat hidup dalam harmoni. Baru-baru ini ia mendorong melalui undang-undang hak asasi manusia dasar untuk Anak-anak Terkutuk dan telah memicu ketidakpuasan dari Generasi yang Terasingkan. Ia tampaknya memiliki perasaan pada Rentarō meskipun saat ini tidak diketahui apakah perasaan itu nyata atau sesuatu yang lebih.
Kikunojō Tendō (天童 菊之丞, Tendō Kikunojō)
Pengisi suara: Tamio Ōki
Penasihat Seitenshi dan pemegang kekuasaan politik terbesar. Ia adalah kakek Kisara dan juga ayah angkat Rentarō. Karena istrinya dibunuh oleh Gastrea sepuluh tahun yang lalu, ia tidak senang dengan Seitenshi yang menerapkan hak asasi manusia untuk Anak-anak Terkutuk sehingga meminta pasangan Hiruko untuk membuat pergolakan.
Miori Shiba (司馬 未織, Shiba Miori)
Pengisi suara: Ami Koshimizu
Ketua OSIS SMA Magata dan sponsor Rentarō. Ia dan Kisara saling membenci karena mereka berdua menyukai Rentarō. Ia pernah mencoba merayu Rentarō untuk membantu menciptakan dan kemudian bergabung dengan keamanan sipilnya sendiri, meskipun saat Kisara muncul, hal itu menyebabkan perseteruan antara mereka berdua.
Kagetane Hiruko (蛭子 影胤, Hiruko Kagetane)
Pengisi suara: Rikiya Koyama
seorang Promotor di Badan Keamanan Sipil, tetapi izinnya dicabut karena sejumlah pembunuhannya. Ia adalah produk dari "Rencana Penciptaan Manusia Baru" dan diminta untuk menghancurkan wilayah Tokyo. Pasangannya akhirnya dikalahkan oleh Rentarō dan Enju, tetapi ia kemudian muncul kembali untuk membantu mereka dalam Perang Kanto Ketiga.
Kohina Hiruko (蛭子 小比奈, Hiruko Kohina)
Pengisi suara: Aoi Yūki
Putri Kagetane dan Inisiator Model Belalang yang haus darah.
Shōgen Ikuma (伊熊 将監, Ikuma Shōgen)
Pengisi suara: Hiromichi Tezuka
Promotor yang gila pertempuran yang mati dalam pertarungan melawan Kagetane Hiruko. Sekilas ia tidak peduli dengan Inisiatornya, menyebutnya sebagai senjatanya. Di manga saja, di saat-saat terakhirnya ia mengungkapkan bahwa ia memandang mereka, makhluk yang hanya memiliki arti dalam pertempuran dan bersama-sama mereka membuktikan keberadaan satu sama lain.
Kayo Senju (千寿 夏世, Senju Kayo)
Pengisi suara: Megumi Han
Inisiator Model Lumba-lumba Shōgen. Ia memiliki IQ 210 tetapi tidak cocok untuk pertempuran garis depan. Selama misinya untuk melenyapkan pasangan Hiruko, ia dipisahkan dari Shōgen dan bertemu Rentarō. Saat ia melindungi wilayah dari serangan Gastrea yang dipimpin oleh pasangan Hiruko, jumlah virus Gastrea di tubuhnya melebihi nilai kritis sehingga ia meminta Rentarō untuk menembaknya saat ia masih manusia.
Takuto Yasuwaki (保脇 卓人, Yasuwaki Takuto)
Pengisi suara: Subaru Kimura
Penjaga pribadi Seitenshi yang sombong dan tidak senang dengan Rentarō yang dipekerjakan sebagai bagian dari pasukan perlindungan Seitenshi dari upaya pembunuhan Tina.
Kazumitsu Tendō (天童 和光, Tendō Kazumitsu)
Pengisi suara: Kazuyuki Okitsu
Salah satu dari empat saudara Kisara yang bersekongkol melawan orang tua mereka yang menyebabkan kematian orang tua mereka. Ia adalah seorang politisi yang mendapatkan posisinya dengan uang yang digelapkannya saat pembangunan salah satu Monolith dengan mengurangi konsentrasi Varanium untuk mengurangi biaya. Namun, setelah Monolith yang lemah dihancurkan oleh invasi Gastrea, Kisara memperoleh bukti penipuannya dan menggunakannya untuk memaksa perseteruan dengannya, berhasil mendapatkan pengakuan darinya sebelum ia mati di tangannya.

Empat Orang Bijak[sunting | sunting sumber]

Sumire Muroto (室戸 菫, Muroto Sumire)
Pengisi suara: Yūko Kaida
Salah satu dari Empat Orang Bijak dan orang yang bertanggung jawab atas "Rencana Penciptaan Manusia Baru". Ia adalah seorang peneliti di sekolah kedokteran dekat SMA Magata dan merupakan mentor Rentarō. Sepuluh tahun yang lalu, ia adalah orang yang memberi Rentarō pilihan untuk hidup dan diubah menjadi Prajurit Mekanik. Ia agak peduli terhadap Rentarō dan suka bermain-main. Ia menikmati kunjungan kecil Rentarō ke laboratoriumnya.
Ayn Rand (エイン・ランド, Ein Rando)
Pengisi suara: Kōsuke Toriumi
Salah satu dari Empat Orang Bijak dan memimpin Divisi Amerika Serikat dari Perencanaan Prajurit Mekanis, "NEXT". Ia melanggar perjanjian kelompok Empat Orang Bijak dan mengeksploitasi Anak-anak Terkutuk yang sehat dengan menciptakan Inisiator mekanis yang disebut "HYBRID". Ia adalah Promotor Tina Sprout, tetapi karena ia tidak memiliki kemampuan tempur, ia bertindak sebagai menara komando.
Arthur Zanuck (アーサー・ザナック, Āsā Zanakku)
Salah satu dari Empat Orang Bijak dan memimpin Divisi Australia dari Perencanaan Prajurit Mekanis, "Obelisk".
Albrecht Grünewald (アルブレヒト・グリューネワルト, Aruburehito Guryūnewaruto)
Pemimpin Empat Orang Bijak yang mengumpulkan anggota kelompoknya dan memimpin Divisi Jerman dari Perencanaan Prajurit Mekanis.

Pasukan Perang Kanto Ketiga[sunting | sunting sumber]

Tamaki Katagiri (片桐 玉樹, Katagiri Tamaki)
Pengisi suara: Yoshimasa Hosoya
Ketua Keamanan Sipil yang menerima permintaan Rentarō untuk bergabung dengan kelompok pendukungnya untuk Perang Kanto Ketiga.
Yuzuki Katagiri (片桐 弓月, Katagiri Yuzuki)
Pengisi suara: Rumi Ōkubo
Adik Tamaki dan Inisiator Model Laba-laba.
Shōma Nagisawa (薙沢 彰磨, Nagisawa Shōma)
Pengisi suara: Shinichiro Miki
Sahabat lama dan senior Rentarō dalam seni bela diri Tendō. Ia bergabung dengan kelompok pendukung Rentarō selama perang. Ia mengorbankan dirinya untuk mengaktifkan bom yang menghancurkan pemimpin Pasukan Gastrea, Aldebaran.
Midori Fuse (布施 翠, Fuse Midori)
Pengisi suara: Yui Ogura
Inisiator Model Kucing Shōma. Ia diserang oleh Gastrea yang menyuntiknya dengan virus hingga memperpendek rentang hidupnya menjadi sebulan. Ia kemudian bunuh diri dengan luka tembak di kepala di bawah pohon.
Nagamasa Gadō (我堂 長政, Gadō Nagamasa)
Pengisi suara: Tesshō Genda
Pemimpin pasukan keamanan swasta selama perang. Ia membubarkan kelompok pendukung Rentarō ketika tim yang terakhir tidak mematuhi perintah dan mengirimnya pada misi bunuh diri untuk membunuh Gastrea Pleiades sebagai pengganti hukuman mati. Ia kemudian mati dalam pertempuran.
Asaka Mibu (壬生 朝霞, Mibu Asaka)
Pengisi suara: Inori Minase
Inisiator Nagamasa. Membentuk pasangan dadakan dengan Shōma karena mereka berdua kehilangan pasangan mereka.
Hidehiko Gadō (我堂 英彦, Gadō Hidehiko)
Pengisi suara: Shinji Kawada
Putra Nagamasa dan pemimpin divisi Rentarō selama perang. Ia dimangsa oleh Gastrea.
Kokone (心音, Kokone)
Inisiator Hidehiko. Ia mati saat pertempuran.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Matsuzaki (松崎, Matsuzaki)
Pengisi suara: Tomomichi Nishimura
Seorang pria tua yang merawat Anak-anak Terkutuk di luar wilayah Tokyo.
Sōgen Saitake (斉武 宗玄, Saitake Sōgen)
Pengisi suara: Unshō Ishizuka
Penguasa wilayah Osaka dan seorang pria ambisius yang bermimpi suatu hari akan menguasai dunia.
Kihachi Suibara (水原 鬼八, Suibara Kihachi)
Sahabat lama Rentarō.
Hotaru Kōro (紅露 火垂, Kōro Hotaru)
Inisiator Model Planarian Kihachi.
Yūga Mitsugi (巳継 悠河, Mitsugi Yūga)
Seorang prajurit dari Rencana Penciptaan Dunia Baru dengan nama sandi "Darkstalker".
Rika Kurume (久留米 リカ, Kurume Rika)
Seorang prajurit dari Rencana Penciptaan Dunia Baru dengan nama sandi "Hummingbird".
Jūgo Katake (鹿嶽 十五, Katake Jūgo)
Seorang prajurit dari Rencana Penciptaan Dunia Baru dengan nama sandi "Swordtail".
Shigetoku Tadashima (多田島 茂徳, Tadashima Shigetoku)
Pengisi suara: Takashi Matsuyama
Atsurō Hitsuma (櫃間 篤朗, Hitsuma Atsurō)

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

No.JudulRilis versi bahasa Jepang Rilis versi bahasa Inggris
1Those Who Would Be Gods
Kami o Mezashita Mono Tachi (神を目指した者たち)
10 Juli 2011[5]
ISBN 978-4-04-870596-7
18 Agustus 2015[6]
ISBN 978-0-31-630499-3
2Against a Perfect Sniper
VS Shinsan Kibō no Sogekihei (VS神算鬼謀の狙撃兵)
8 Oktober 2011[7]
ISBN 978-4-04-870820-3
15 Desember 2015[8]
ISBN 978-0-31-634489-0
3The Destruction of the World by Fire
Honō ni yoru Sekai no Hametsu (炎による世界の破滅)
10 Mei 2012[9]
ISBN 978-4-04-886477-0
19 April 2016[10]
ISBN 978-0-31-634490-6
4Vengeance is Mine
Fukushū Suru wa Ware ni Ari (復讐するは我にあり)
10 Agustus 2012[11]
ISBN 978-4-04-886797-9
30 Agustus 2016[12]
ISBN 978-0-31-634491-3
5Rentaro Satomi, Fugitive
Tōbōhan, Satomi Rentarō (逃亡犯、里見蓮太郎)
10 Juli 2013[13]
ISBN 978-4-04-891761-2
20 Desember 2016[14]
ISBN 978-0-31-634492-0
6Purgatory Strider
Rengoku no Hōkōsha (煉獄の彷徨者)
10 Oktober 2013[15]
ISBN 978-4-04-866008-2
18 April 2017[16]
ISBN 978-0-31-634494-4
7The Bullet That Changed the World
Sekai Henkaku no Jūdan (世界変革の銃弾)
10 April 2014[17]
ISBN 978-4-04-866472-1
19 September 2017[18]
ISBN 978-0-31-651064-6

Manga[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 27 Mei 2013[19]ISBN 978-4-04-891196-222 September 2015[20]ISBN 978-0-31-634503-3
2 11 Juli 2013[21]ISBN 978-4-04-891805-315 Desember 2015[22]ISBN 978-0-31-634513-2
3 11 Oktober 2013[23]ISBN 978-4-04-891970-822 Maret 2016[24]ISBN 978-0-31-634532-3
4 27 Juni 2014[25]ISBN 978-4-04-866665-728 Juni 2016[26]ISBN 978-0-31-627236-0

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi seri televisi anime yang diproduksi oleh Kinema Citrus dan Orange diumumkan di Festival Musim Gugur Dengeki Bunko 2013 pada tanggal 6 Oktober 2013[27][28] dan ditayangkan mulai tanggal 8 April hingga tanggal 1 Juli 2014.[29] Lisensi seri ini didapatkan oleh Crunchyroll untuk streaming secara daring di Amerika Utara dan wilayah tertentu.[30] Lisensi seri ini didapatkan oleh Sentai Filmworks untuk rilisan digital di Amerika Utara.[31] Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini untuk wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Lagu tema pembukanya adalah "black bullet" oleh fripSide[32] dan lagu tema penutupnya adalah "Tokohana" (トコハナ) oleh Nagi Yanagi.[33]

No.JudulTanggal tayang asli
1"The Last Hope"
Transkripsi: "Saigo no Kibō" (最後の希望)
8 April 2014 (2014-04-08)[34]
Sejak tahun 2021, umat manusia telah berjuang melawan agen biologi parasit yang dikenal sebagai virus Gastrea karena merusak planet ini. Pada tahun 2031, Rentarō Satomi dari Badan Keamanan Sipil Tendō menyelidiki infeksi Gastrea di wilayah Tokyo dan menemukan seorang pria bertopeng yang menyatakan tujuannya untuk menghancurkan dunia. Enju Aihara bertemu dengan korban terinfeksi yang melarikan diri saat ia berubah menjadi laba-laba Gastrea raksasa. Rentarō dan Inspektur Shigetoku Tadashima dari Kepolisian Tokyo segera tiba di tempat kejadian, tetapi Enju membuat makhluk itu bekerja dengan cepat setelah Rentarō melemahkannya dengan peluru Varanium hitamnya. Rentarō menyampaikan laporan misinya kepada atasan dan sahabatnya, Kisara Tendō, dan menerima teguran keras karena lupa mengumpulkan pembayaran perusahaan untuk membantu Kepolisian Tokyo. Dengan sumber infeksi Gastrea baru-baru ini yang masih sulit dipahami, Rentarō mengunjungi gurunya, Sumire Muroto, dan mengetahui bahwa virus itu mungkin menggunakan kemampuan kamuflase untuk menghindari deteksi. Keesokan harinya setelah mengantar Enju ke sekolah, Rentarō merenungkan perang umat manusia melawan virus dan harapan terakhir mereka untuk bertahan hidup: Anak-anak Terkutuk.
2"The Mask of Madness"
Transkripsi: "Kyōki no Kamen" (狂気の仮面)
15 April 2014 (2014-04-15)[35]
Agen Keamanan Sipil teratas wilayah Tokyo dipanggil ke Kementerian Pertahanan atas permintaan penguasa wilayah Tokyo, Seitenshi, yang memerintahkan Badan Keamanan Sipil Tendō untuk memusnahkan makhluk Gastrea tertentu dan mengambil tas kerja yang ada di dalamnya. Seorang pria bertopeng, Kagetane Hiruko, tiba-tiba muncul di dalam ruangan dan menyatakan niatnya untuk menggunakan isi koper — "Warisan Tujuh Bintang" — untuk memusnahkan wilayah Tokyo sebelum membunuh sebagian besar penghuni ruangan. Hari berikutnya, Rentarō dan Enju menyaksikan seorang Anak Terkutuk dari wilayah luar Tokyo ditangkap dan ditembak oleh polisi, menyebabkan Enju menyesali perlakuan mereka. Rentarō mengambil anak, yang masih hidup, dan membawanya ke rumah sakit. Kagetane mendekati Rentarō dan meminta Rentarō bergabung dengannya. Rentarō menolak dan Kagetane mengancam Rentarō untuk mengunjungi sekolah Enju. Hari berikutnya, Rentarō bergegas ke sekolah Enju setelah desas-desus bahwa Enju adalah Anak Terkutuk menyebar, memaksa Enju melarikan diri karena takut. Saat mencari di wilayah luar Tokyo, Rentarō menemukan seorang pria bernama Matsuzaki yang merawat Anak-anak Terkutuk dan menjelaskan betapa berartinya Enju baginya. Namun Enju sangat sedih dan bersembunyi dari Rentarō.
3"The Children of Fate"
Transkripsi: "Unmei no Kodomotachi" (運命の子供たち)
22 April 2014 (2014-04-22)[36]
Mencoba untuk kembali ke sekolah, Enju dihina oleh mantan teman-temannya, lalu Rentarō menyarankan agar Enju pindah sekolah. Pada saat yang sama, Kisara menemukan sumber infeksi Gastrea baru-baru ini dan segera mengirimkan Rentarō dan Enju ke lokasinya. Setelah Enju membunuh makhluk itu dan mengungkap kasus di dalamnya, ia menangis karena status quo, tetapi Rentarō berjanji bahwa ia akan selalu mendukungnya. Rentarō mencoba mengambil kembali kasus itu, tetapi mereka disergap oleh Kagetane dan Kohina Hiruko. Rentarō melawan Kagetane tetapi mendapati dirinya dikuasai oleh kekuatan Varanium yang terakhir dan terluka parah oleh Kohina. Beberapa waktu kemudian, Rentarō terbangun di rumah sakit dan Seitenshi memintanya berpartisipasi dengan petugas sipil lainnya untuk menghentikan Kagetane menggunakan katalis dalam kasus tersebut untuk memanggil Gastrea Tahap Lima yang mematikan dengan potensi untuk menghancurkan penghalang Monolith. Saat misi berlangsung, Rentarō dan Enju menemukan Inisiator Shogen Ikuma, Kayo Senju, lalu Rentarō memohon belas kasihannya karena caranya mengikuti perintah Shogen untuk membunuh tanpa penyesalan. Mereka bertiga kemudian mengikuti intel Shogen ke area teluk di mana petugas sipil lainnya berniat menyerang Kagetane.
4"Black Bullet"
Transkripsi: "Kuro no Jūdan" (黒の銃弾)
29 April 2014 (2014-04-29)[37]
Rentarō dan Enju menuju ke area teluk, sedangkan Kayo tetap di belakang untuk mempertahankan area dari Gastrea yang menjulang. Mengetahui bahwa semua petugas sipil lainnya telah dibantai secara mengerikan, Kagetane dan Kohina berdiri di depan mereka berdua. Rentarō menyerang Kagetane dan menerobos penghalang Varanium yang terakhir dengan kaki palsu Varanium miliknya. Kagetane kemudian mendesak Rentarō untuk bergabung dengannya dalam memulai Perang Gastrea lainnya, tetapi Rentarō menolak dan Kagetane menembaknya di perut. Di ambang kematian, Rentarō menggunakan obat AGV eksperimental Sumire untuk berhasil meregenerasi tubuhnya dan kemudian menggunakan seni bela diri yang ditingkatkan Varanium untuk mengalahkan Kagetane yang kejam. Setelah itu, Gastrea Tahap Lima muncul di luar wilayah Tokyo dan Kisara meminta Rentarō mengaktifkan railgun pemusnah massal. Sayangnya, berbagai kesalahan memaksa Rentarō memutuskan lengan Varanium-nya untuk digunakan sebagai proyektil dan menembakkan senjata secara manual hingga berhasil menghancurkan Gastrea. Sebagai akibatnya, Rentarō menemukan Kayo sekarat setelah mempertahankan daerah itu demi Rentarō dan mengakhiri hidupnya melalui kudeta. Belakangan, Rentarō menuduh Kikunojō Tendō sebagai dalang di balik tindakan Kagetane. Dalam epilog, Rentarō mempertanyakan Seitenshi tentang asal-usul Gastrea, tetapi ia menolak mengungkapkan informasi apapun. Setelah itu, Rentarō memberikan Enju hasil pemeriksaan korosi Gastrea yang tampak normal. Tanpa sepengetahuan Enju, tingkat korosinya jauh melebihi apa yang dikatakan Rentarō padanya.
5"The Crimson Black Assassin"
Transkripsi: "Beni Kuro no Ansatsusha" (紅黒の暗殺者)
6 Mei 2014 (2014-05-06)[38]
Saat Rentarō berusaha menemukan sekolah baru untuk Enju, Kisara memberitahunya tentang tawaran pekerjaan pengawal oleh Seitenshi. Rentarō kemudian mengunjungi Seitenshi di mana Seitenshi ingin Rentarō menjadi pengawalnya dalam pertemuan mendatang dengan penguasa wilayah Osaka, Sōgen Saitake. Namun, kepala pengawal pribadi Seitenshi, Takuto Yasuwaki, iri dengan posisi Rentarō yang dekat dengan Seitenshi dan mencoba mengintimidasi Rentarō agar menolak pekerjaan itu; membuat Rentarō semakin menerimanya. Rentarō menabrak seorang gadis acak-acakan bernama Tina Sprout yang berkeliaran di sekitar kota. Tanpa sepengetahuan Rentarō, Tina ternyata adalah seorang pembunuh bayaran yang disewa oleh Anak Terkutuk. Rentarō menghadiri pertemuan antara Seitenshi dan Sōgen dan mereka berdua mempelajari rencana tiraninya untuk mengubah Jepang menjadi negara adikuasa dunia baru setelah kekalahan Gastrea. Setelah pertemuan itu, Seitenshi menjelaskan kepada Rentarō tentang cita-citanya untuk reunifikasi Jepang dan memintanya bekerja penuh waktu untuknya. Tiba-tiba, kendaraan mereka diserang oleh penembak jitu, tetapi Rentarō dan pengawalnya berhasil menyelamatkan Seitenshi. Tina menyampaikan kegagalan misinya membunuh Seitenshi kepada atasannya dan bertanya-tanya tentang orang yang menggagalkan usahanya.
6"Tragic Irony"
Transkripsi: "Torajikku Aironī" (トラジック・アイロニー)
13 Mei 2014 (2014-05-13)[39]
Di suatu pagi, Tina meminta untuk bertemu dengan Rentarō. Setelah itu, atasan Tina memberitahunya tentang pertemuan Seitenshi berikutnya dan menyebut Kisara sebagai target berikutnya untuk menghapus Badan Keamanan Sipil Tendō. Rentarō kemudian bertemu dengan sponsornya, Miori Shiba, yang memperingatkannya tentang tingkat keterampilan tinggi penembak jitu, setelah itu ia meneliti Sōgen sebagai tersangka utama dalam upaya pembunuhan. Sumire kemudian memanggil Rentarō dan Enju dan mengungkapkan lebih banyak informasi tentang Rencana Penciptaan Dunia Baru termasuk kemungkinan bahwa Rentarō mungkin menemukan dirinya dihadapkan dengan pasukan mekanik berperingkat tinggi jika ia mulai mengejar asal-usulnya. Di tempat lain, Tina muncul sebelum Kisara di markas Tendō dan mencoba untuk membunuhnya. Namun, Rentarō datang dan menghentikan upaya Tina, mereka berdua terkejut melihat satu sama lain sebelum Tina lolos. Setelah itu, Rentarō mengantar Seitenshi ke pertemuan lain dan nyaris tidak berhasil melindunginya saat Tina melakukan upaya pembunuhan lagi. Saat Enju secara sukarela mengejar Tina sendiri, Seitenshi segera memberitahu Rentaro tentang kerugian parah Enju karena mekanisasi Tina dan peringkat ke-97 yang tinggi. Akhirnya ketika Rentarō mencoba menelepon Enju, Tina menjawab teleponnya.
7"The Still, Moonlit Night, the Sky at Dawn"
Transkripsi: "Seijaku no Tsukiyo, Yoake no Sora" (静寂の月夜、夜明けの空)
20 Mei 2014 (2014-05-20)[40]
Pertemuan Enju dengan Tina membuatnya terluka parah dan mengurangi kepercayaan diri Rentarō untuk mengalahkannya. Rentarō memaksa Takuto yang sombong untuk membuat rincian perlindungan palsu bagi Seitenshi untuk memancing Tina keluar. Rentarō mulai mempersiapkan pertemuan berikutnya sementara atasan Tina, Ayn Rand, memberinya rincian palsu tentang pertemuan Seitenshi berikutnya. Tina muncul di jebakan yang dipasang oleh Rentarō dan tidak membuang waktu menggunakan kombinasi senapan anti materiel yang dikendalikan dari jarak jauh dan menargetkan drone untuk menyerang Rentarō. Namun dengan bantuan Miori, Rentarō menarik Tina ke dalam pertarungan jarak dekat tetapi tertangkap basah oleh drone keempat. Di ambang kekalahan, granat setrum Rentarō yang salah sasaran tiba-tiba meledak dan membuat Tina bingung cukup lama hingga Rentarō bisa mengalahkannya. Setelah itu, Rentarō memutuskan untuk bertanggung jawab atas Tina sampai Takuto yang cemburu menyergap mereka berdua. Ia akan membunuh Tina ketika Seitenshi muncul dan mempromosikan Rentarō ke peringkat 300 dengan akses keamanan level lima. Sekarang atasan Takuto, Rentarō, menarik pelatuk dan menembak Takuto. Beberapa saat kemudian, Rentarō kembali ke markas Badan Keamanan Sipil Tendō dan yang mengejutkannya, ia menemukan Enju yang pulih serta Tina yang telah dibebaskan, lalu Tina disewa oleh Kisara untuk bekerja di kantor mereka.
8"The Monument on the Border"
Transkripsi: "Kyōkai sen no Sekihi" (境界線の石碑)
27 Mei 2014 (2014-05-27)[41]
Rentarō dan Kisara memutuskan untuk mengajar Anak-anak Terkutuk di luar wilayah Tokyo sendiri karena ketegangan yang diciptakan oleh Hukum Gastrea Baru. Namun Seitenshi memberitahu mereka tentang serangan Gastrea Tahap Empat baru-baru ini pada salah satu Varanium Monolith di wilayah Tokyo dan bahwa dalam enam hari agen korosif makhluk itu akan melarutkan penghalang dan membuat wilayah Tokyo rentan terhadap Gastrea. Seitenshi kemudian meminta Rentarō mengumpulkan pasukan pendukung pejabat sipil untuk misi mencegat invasi Gastrea. Keesokan harinya, ketika ketegangan dari Hukum Gastrea Baru semakin meningkat, Rentarō mengajak Tina untuk menemaninya merekrut pejabat sipil untuk misi tersebut. Mereka juga bertemu dengan Anak Terkutuk tunanetra yang memohon untuk memenuhi kebutuhan dan Rentarō memperingatkannya untuk menjauh dari publik demi keselamatannya sendiri. Menjadi bahan kecemburuan dari pejabat sipil lainnya, Rentarō mengalami kesulitan dalam merekrut dan mengunjungi Badan Keamanan Sipil Kitagari dalam upaya untuk merekrut dua saudara kandung, Promotor Tamaki Katagiri dan Inisiator Yuzuki Katagiri. Setelah beberapa perselisihan tawar-menawar, tim memutuskan untuk berdebat, dengan Rentarō dan Tina muncul sebagai pemenang dan mendapatkan bantuan Katagiri. Akhirnya, misi untuk mengusir invasi Gastrea yang akan datang dimulai malam itu.
9"The Guardians of the Barrier"
Transkripsi: "Kekkai no Moribito" (結界の守人)
3 Juni 2014 (2014-06-03)[42]
Saat berkunjung ke laboratorium Sumire, Tina menyarankan untuk meninggalkan Badan Keamanan Sipil Tendō karena pengejaran Rand terhadap Tina dapat membahayakan orang lain, namun Rentarō menghentikannya. Setelah itu, menggunakan peningkatan hak keamanan Rentarō, Sumire menunjukkan kepadanya informasi rahasia yang ditemukannya tentang Perang Gastrea yang dianggap telah dihancurkan. Namun data suatu peristiwa di Desa Nanahoshi dan Wabah Perang Gastrea tetap terkunci hingga mereka mendapatkan izin keamanan yang lebih tinggi. Pada saat yang sama, degradasi Monolith akhirnya terkuak ke publik dan Seitenshi mengadakan konferensi pers untuk meredakan keresahan publik. Rentarō dan Enju kemudian mencoba mencari lebih banyak anggota regu di perkemahan ajudan dan menemukan Promotor yang dibunuh secara mencurigakan. Rentarō kemudian bertemu kembali dengan sahabat lamanya, Promotor Shoma Nagisawa dan Inisiatornya, Midori Fuse, serta merekrut mereka berdua. Kisara kemudian muncul dan bersama dengan Tina, juga bergabung dengan pasukan Rentarō untuk memprotes Tina. Setelah itu Komandan Nagamasa Gado mengumpulkan orang-orang dan menjelaskan strategi mereka untuk mendukung Angkatan Udara Bela Diri Jepang. Namun Rentarō membuat Nagamasa kesal saat mempertanyakan rencana dan kepercayaan Angkatan Udara Bela Diri Jepang. Akhirnya, Rentarō dan pasukannya yang baru terbentuk mempersiapkan diri untuk pertempuran mendatang demi mempertahankan wilayah Tokyo.
10"The Battle for Tokyo Area"
Transkripsi: "Tōkyō Eria Bōei Sen" (東京エリア防衛戦)
10 Juni 2014 (2014-06-10)[43]
Dengan tiga hari tersisa sebelum keruntuhan Monolith 32, Rentarō dan Kisara melanjutkan mengajar Anak-anak Terkutuk, Matsuzaki, dan membawa mereka mengunjungi situs peringatan Flames of Revolution di mana mereka menunjukkan kasih sayang mereka pada Rentarō. Malamnya, Rentarō dan Kisara menyelidiki Monolith 32 yang runtuh dan merenungkan mengapa senjata itu secara khusus ditargetkan oleh pasukan Aldebaran Gastrea, dengan Kisara memutuskan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentangnya. Keesokan harinya penduduk wilayah Tokyo mulai mengungsi ke tempat perlindungan bawah tanah melalui lotere dan ketegangan publik yang tersisa terhadap Anak-anak Terkutuk semakin meningkat, memaksa Rentarō untuk menyelamatkan Anak Terkutuk tunanetra dari massa yang marah. Kembali ke kamp, Kisara dan Rentarō terkejut setelah mengetahui bahwa Monolith 32 ditugaskan secara pribadi oleh Kazumitsu Tendō. Keesokan harinya, Rentarō dan Enju dengan ngeri menemukan bahwa beberapa Anak Terkutuk lainnya telah terbunuh ketika sebuah bom sengaja dijatuhkan di sekolah. Hal ini menyebabkan Rentarō depresi dan ia melampiaskan frustrasinya pada Kisara dengan berdebat melawan strata masyarakat yang korup. Tiba-tiba, angin menjatuhkan Monolith 32 ke tanah sehari lebih awal, membuat semua orang tidak punya waktu untuk berduka karena invasi Gastrea yang akan segera terjadi.
11"The Heart of Taurus, the Lance of Light"
Transkripsi: "Taurusu no Shinzō, Hikari no Yari" (タウルスの心臓、光の槍)
17 Juni 2014 (2014-06-17)[44]
Setelah keruntuhan Monolith, para petugas sipil terlihat ketakutan saat Angkatan Udara Bela Diri Jepang kewalahan oleh kawanan Gastrea yang menuju ke arah mereka. Pada saat yang sama, ajudan Rentarō mematahkan peringkat mereka untuk menetralkan detasemen Gastrea di hutan. Setelah kembali ke medan perang, Hidehiko Gadō dengan gila memberitahu mereka tentang "Lance of Light" misterius yang menghancurkan petugas sipil yang tersisa. Setelah kejadian itu, Kisara memberitahu Rentarō tentang keracunan raksa yang ditunjukkan oleh orang-orang yang terluka bersama intel Tina tentang Gastrea Tahap Empat untuk bertanggung jawab. Setelah itu, Nagamasa memanggil Rentarō dan mengisinya dengan kemampuan regeneratif Aldebaran serta Pleiades Gastrea yang bertanggung jawab atas "Lance of Light". Nagamasa kemudian menganggap Pleiades sama-sama mengancam dan memaksa Rentarō melakukan misi bunuh diri untuk menghancurkannya sebagai hukuman karena melanggar barisan dalam pertempuran sebelumnya. Menuju misi malam itu, Rentarō tiba-tiba disergap oleh sekelompok Gastrea. Mengejutkan, Rentarō menemukan dirinya diselamatkan oleh Kagetane dan Kohina Hiruko. Setelah itu, Kagetane sekali lagi mencoba dan gagal merekrut Rentarō. Meskipun demikian, Kagetane mengarahkan Rentarō ke arah Pleiades keesokan harinya dan mereka bertiga berangkat.
12"Crisis Point"
Transkripsi: "Kuraishisu Pointo" (クライシス・ポイント)
24 Juni 2014 (2014-06-24)[45]
Setelah melihat Pleiades Gastrea, Rentarō dan Kagetane menyerang dan menghancurkannya. Kematian Pleiades mengirim Aldebaran ke dalam serangan hiruk pikuk di perkemahan petugas sipil yang merenggut nyawa Nagamasa. Kejadian ini langsung mempromosikan Rentaro ke status komando karena menjadi perwira tinggi berikutnya. Kagetane dan Kohina kemudian berani melangkah ke perkemahan dan mendapati diri mereka dituduh melakukan pembunuhan Promotor sebelumnya, dengan Rentarō membela mereka. Rentarō kemudian mengunjungi Midori setelah pertemuan Gastrea yang fatal, mendorong Midori untuk lari dan bunuh diri agar tidak membebani ajudan lainnya. Dalam kesakitan atas kematian Midori, Shōma meminta Rentarō bersumpah untuk mengalahkan Aldebaran dan yang terakhir menggunakan otoritas barunya untuk menegaskan perintah otoriter atas petugas sipil yang tersisa ketika Shōma berpasangan dengan Inisiator Nagamasa, Asaka Mibu. Pada saat itu, Miori datang atas permintaan Rentarō dan mengusulkan sebuah bom yang mampu menghancurkan Aldebaran dari dalam. Akhirnya, menjelang malam, para petugas sipil yang dibantu oleh pasukan Senjata Berat Shiba bersiap menghadapi Aldebaran di Flames of Revolution. Tanpa sepengetahuan mereka, Takuto mencoba untuk menyabot operasi dengan membuang baterai untuk lampu sorot yang diperlukan untuk menemukan Gastrea.
13"They Who Would Be Gods"
Transkripsi: "Kami o Mezashita Mono Tachi" (神を目指した者たち)
1 Juli 2014 (2014-07-01)[46]
Meskipun baterai tidak ada, Rentarō memulai serangan terhadap kawanan Gastrea yang masuk dengan menggunakan cahaya dari ribuan lampion kertas yang dilepaskan oleh Seitenshi saat Festival Genan. Dengan bantuan dari rekan-rekan mereka, Rentarō dan Enju berhasil menemukan dan menanam bom di dalam Aldebaran. Namun bom gagal meledak dan Rentarō memilih untuk mengorbankan dirinya untuk meledakkannya. Namun Shōma malah masuk dan menyerang Aldebaran menggunakan gaya Tendō terbalik sehingga meledakkan bom dengan mengorbankan nyawanya. Keesokan harinya, setelah Perang Kanto Ketiga, Enju menyampaikan kemenangan mereka kepada Rentarō saat rekonstruksi Monolith 32 dimulai. Beberapa waktu kemudian, Kisara memanggil Kasumitsu dan menyerahkan bukti yang diperolehnya yang menghubungkannya dengan korupsi di balik Monolith 32, dengan imbalan perang tanding sampai mati. Kisara tanpa ampun menggunakan gaya Tendō khusus untuk memotong kaki Kasumitsu, memaksanya untuk mengakui rencana untuk membunuh orang tua mereka sepuluh tahun yang lalu, setelah itu, ia menyerah pada luka-lukanya. Tetapi serangan pertama itu akhirnya membunuh Kasumitsu dan membelahnya menjadi dua. Metode balas dendam Kisara membuat marah Rentarō, tetapi awalnya mencaci makinya karena tidak memiliki keinginan untuk melihat keadilan, tidak peduli seberapa "jahat" kelihatannya — meninggalkan Rentarō untuk merenungkan bahwa ia mungkin menjadi musuhnya suatu hari nanti. Di episode akhir, Seitenshi menerima persetujuan dari publik untuk menerapkan Hukum Gastrea Baru yang diharapkan akan menyelamatkan Anak-anak Terkutuk. Sementara itu, Enju mulai memikirkan tentang kematian rekan-rekan mereka, membuat Rentarō menangis karena takut menjadi tidak peka oleh kematian dan memikirkan kehilangannya. Dengan kedamaian kembali ke wilayah Tokyo, Enju dengan air mata memeluk Rentarō dan berjanji untuk tetap di sisinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Black Bullet - The Spring 2014 Anime Preview Guide". Anime News Network. 8 April 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Desember 2020. Diakses tanggal 22 Juli 2015. 
  2. ^ 電撃マオウ 2012年10月号 (dalam bahasa Jepang). Mangaoh. Diakses tanggal 6 Agustus 2014. 
  3. ^ 電撃マオウ 2014年8月号 (dalam bahasa Jepang). E-hon.ne.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Oktober 2014. Diakses tanggal 6 Agustus 2014. 
  4. ^ Pineda, Rafael Antonio (24 Desember 2015). "Animax Asia to Air Black Bullet, Cross Ange, Rage of Bahamut, More in 2016". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Juli 2016. Diakses tanggal 18 April 2016. 
  5. ^ ブラック・ブレット 神を目指した者たち 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  6. ^ "Black Bullet, Vol. 1 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  7. ^ "ブラック・ブレット2 VS神算鬼謀の狙撃兵 電撃文庫公式サイト" (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  8. ^ "Black Bullet, Vol. 2 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  9. ^ ブラック・ブレット3 炎による世界の破滅 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  10. ^ "Black Bullet, Vol. 3 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  11. ^ ブラック・ブレット4 復讐するは我にあり 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  12. ^ "Black Bullet, Vol. 4". Hachette Book Group. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  13. ^ ブラック・ブレット5 逃亡犯、里見蓮太郎 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  14. ^ "Black Bullet, Vol. 5 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  15. ^ ブラック・ブレット6 煉獄の彷徨者 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  16. ^ "Black Bullet, Vol. 6 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  17. ^ ブラック・ブレット7 世界変革の銃弾 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  18. ^ "Black Bullet, Vol. 7 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  19. ^ ブラック・ブレット 01 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  20. ^ "Black Bullet, Vol. 1 (manga)". Hachette Book Group USA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  21. ^ ブラック・ブレット02 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  22. ^ "Black Bullet, Vol. 2 (manga)". Hachette Book Group USA. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  23. ^ ブラック・ブレット(3) 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  24. ^ "Black Bullet, Vol. 3 (manga)". Hachette Book Group USA. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  25. ^ ブラック・ブレット 04 電撃文庫公式サイト (dalam bahasa Jepang). Dengeki Bunko. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Desember 2018. Diakses tanggal 18 Desember 2018. 
  26. ^ "Black Bullet, Vol. 4 (manga)". Hachette Book Group USA. Diakses tanggal 18 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]
  27. ^ "『ブラック・ブレット』がTVアニメに! 出演声優は梶裕貴さん、日高里菜さん、小山力也さん" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. 
  28. ^ Nelkin, Sarah (6 Oktober 2013). "Black Bullet Light Novels Get Anime by Kinema Citrus". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Oktober 2020. Diakses tanggal 6 Oktober 2013. 
  29. ^ "TVアニメ『ブラック・ブレット』2014年4月放送開始!追加キャスト:堀江由衣、黒沢ともよ、悠木碧、甲斐田裕子、豊崎愛生". Yaraon. 8 Desember 2013. Diakses tanggal 11 Februari 2014. 
  30. ^ Macias, Patrick (7 April 2014). "Crunchyroll to Stream "Black Bullet" Anime!". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2020. Diakses tanggal 7 April 2014. 
  31. ^ Ressler, Karen (25 April 2014). "Sentai Filmworks Adds Black Bullet". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Oktober 2020. Diakses tanggal 25 April 2014. 
  32. ^ Loveridge, Lynzee (25 Januari 2014). "fripSide to Perform Black Bullet's Opening Theme". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Oktober 2020. Diakses tanggal 25 Januari 2014. 
  33. ^ Nelkin, Sarah (15 Maret 2014). "Black Bullet TV Anime's 2nd Promo Previews fripside Song". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 November 2020. Diakses tanggal 16 Maret 2014. 
  34. ^ "週間番組表(2014/04/07~2014/04/13) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  35. ^ "週間番組表(2014/04/14~2014/04/20) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  36. ^ "週間番組表(2014/04/21~2014/04/27) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  37. ^ "週間番組表(2014/04/28~2014/04/30) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  38. ^ "週間番組表(2014/05/05~2014/05/11) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  39. ^ "週間番組表(2014/05/12~2014/05/18) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  40. ^ "週間番組表(2014/05/19~2014/05/25) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  41. ^ "週間番組表(2014/05/26~2014/05/31) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  42. ^ "週間番組表(2014/06/02~2014/06/08) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  43. ^ "週間番組表(2014/06/09~2014/06/15) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  44. ^ "週間番組表(2014/06/16~2014/06/22) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  45. ^ "週間番組表(2014/06/23~2014/06/29) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  46. ^ "週間番組表(2014/07/01~2014/07/06) AT-X" (dalam bahasa Jepang). AT-X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2015. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]