Revue Starlight

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revue Starlight
Logo
少女☆歌劇 レヴュー・スタァライト
(Shōjo☆Kageki Revyū Sutāraito)
GenreMusik
Manga
Butai Revue Starlight: Show Must Go On
PenerbitBushiroad
MajalahMonthly Bushiroad
DemografiShōnen
Terbit6 Januari 2018 – sekarang
Manga
Yonkoma Starlight
PenerbitBushiroad
MajalahMonthly Bushiroad
DemografiShōnen
Terbit6 Januari 2018 – sekarang
Manga
Shōjo Kageki Revue Starlight Overture
PengarangKanata Nakamura
IlustratorSora Goto
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki G's Comic
DemografiSeinen
Terbit30 Januari 201830 Oktober 2018
Volume2
Seri anime
SutradaraTomohiro Furukawa
ProduserAkane Taketsugu
Yuuki Katayama
Teppei Nojima
Atsushi Iwazaki
SkenarioTatsuto Higuchi
MusikTatsuya Kato
Yoshiaki Fujisawa
StudioKinema Citrus
Pelisensi
Saluran
asli
TBS, CBC, BS-TBS, MBS, RKB
Saluran bahasa Inggris
Tayang 12 Juli 2018 27 September 2018
Episode12
 Portal anime dan manga

Revue Starlight (少女☆歌劇 レヴュー・スタァライト, Shōjo Kageki Revyū Sutāraito) adalah sebuah waralaba media asal Jepang yang dibuat pada tahun 2017 oleh Bushiroad dan Nelke Planning. Konten utamanya terdiri dari teater musikal yang diadakan pada 22-24 September 2017 di AiiA 2.5 Theater Tokyo[1] dan serial anime televisi sebanyak 12 episode yang diproduksi oleh Kinema Citrus, disiarkan dari Juli sampai dengan September 2018. Tiga manga adaptasi untuk francis ini telah diserialisasikan mulai Januari 2018.[2] Sebuah gim smartphone berjudul Shōjo Kageki Revue Starlight: Re LIVE yang dikembangkan oleh Ateam juga telah diumumkan.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Angkatan ke-99 Akademi Musik Seisho tengah melakukan persiapan untuk pertunjukan tahunan dari drama teatrikal Starlight. Secara tak terduga, pada saat yang bersamaan diselenggarakan audisi panggung bawah tanah yang disebut dengan "Revue Starlight" dan diprakasai oleh sosok jerapah misterius yang dapat berbicara layaknya manusia. Audisi ini mempertandingkan antara satu siswi dengan yang lainnya dalam satu panggung dengan tujuan untuk bersinar menjadi bintang pemuncak, "Top Star". Karen Aijo, datang dengan teman masa kecilnya, Hikari Kagura, melalui segala audisi yang ada demi menjadi "Top Star" bersama dengan Hikari.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karen Aijō (愛城 華恋, Aijō Karen)
Disuarakan oleh: Momoyo Koyama (Jepang); Brittney Karbowski[4] (Inggris)
Tokoh utama dalam serial ini yang berjanji kepada Hikari bahwa mereka berdua akan berdiri di panggung "Revue Starlight" suatu hari nanti. Dia adalah seorang gadis yang sangat tidak menyukai untuk berkegiatan pada pagi hari, tetapi menikmati waktu latihan pada siang hari. Meskipun dia energik dan mulutnya tak bisa diam, dia sangat ramah kepada semua orang. Senjatanya untuk bertarung adalah sabel.
Hikari Kagura (神楽 ひかり, Kagura Hikari)
Disuarakan oleh: Suzuko Mimori (Jepang); Patricia Duran (inggris)
Teman masa kecil Karen yang mengagumi pertunjukan "Revue Starlight". Setelah kehilangan kecemerlangannya karena kalah dalam audisi Revue di Inggris, dia pindah ke Akademi Musik Seisho untuk mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam audisi Revue di Jepang. Dia sangat tenang dan bersikap dewasa untuk gadis seusianya. Senjatanya untuk bertarung adalah belati.
Mahiru Tsuyuzaki (露崎 まひる, Tsuyuzaki Mahiru)
Disuarakan oleh: Haruki Iwata (Jepang); Maggie Flecknoe (Inggris)
Teman sekamar Karen sekaligus teman baiknya yang sangat pemalu meskipun dia sangat berbakat. Dia selalu mengagumi Karen dan memiliki impian untuk dapat berdiri di atas panggung sebagai pasangan Karen. Dia menjadi cemburu terhadap Hikari karena dekatnya hubungan Hikari dan Karen sebagai teman masa kecil. Senjatanya untuk bertarung adalah gada.
Maya Tendō (天堂 真矢, Tendō Maya)
Disuarakan oleh: Maho Tomita (Jepang); Olivia Swasey (Inggris)
Siswi aktris dengan kepribadian pekerja keras dan berbakat. Meskipun dia tampil jelita dan menjadi sripanggung, dia adalah seorang penyendiri yang tidak mempunyai teman. Dia memiliki perseteruan dengan Claudine untuk merebut posisi "Top Star". Senjatanya untuk bertarung adalah rapier.
Claudine Saijō (西條クロディーヌ, Saijō Kurodīnu)
Disuarakan oleh: Aina Aiba (Jepang); Christina Kelly (Inggris)
Gadis berbakat dalam dunia akting sejak kecil yang lahir dari pasangan asal Jepang (ayah) dan Prancis (ibu). Dia memiliki keinginan untuk merebut posisi Maya sebagai "Top Star". Senjatanya untuk bertarung adalah pedang panjang.
Nana Daiba (大場 なな, Daiba Nana)
Disuarakan oleh: Moeka Koizumi (Jepang); Luci Christian (Inggris)
Teman baik Junna yang memiliki sifat keibuan saat memberi perhatian kepada teman sekelasnya. Tidak hanya sekadar berbakat dalam musik dan menari, dia juga piawai dalam menggarapnya. Nana dipanggil dengan sebutan "Banana" oleh teman-temannya karena namanya dan gaya rambut khasnya. Nana sebelumnya telah memenangi audisi Revue dan menggunakan kesempatan sebagai "Top Star" untuk kembali ke masa lalu dan mengulangi panggung Starlight pada festival ke-99 hingga waktu yang tak terhingga. Senjatanya untuk bertarung adalah sepasang katana kembar.
Junna Hoshimi (星見 純那, Hoshimi Junna)
Disuarakan oleh: Hinata Satō (Jepang); Shannon Emerick (Inggris)
Siswi teladan yang juga bertindak sebagai ketua kelas. Terlepas dari kelihaiannya dalam bidang akademis, dia lebih memilih untuk menjadi aktris sekalipun bertentangan dengan kehendak kedua orangtuanya. Kendati dia terkadang terlalu memikirkan sesuatu yang dihadapinya, dia sering mengambil keputusan dengan baik. Senjatanya untuk bertarung adalah busur dan panah.
Kaoruko Hanayagi (花柳 香子, Hanayagi Kaoruko)
Disuarakan oleh: Ayasa Itō (Jepang); Savana Menzel (Inggris)
Teman masa kecil Futaba yang berasal dari Kyoto dan selalu bergantung kepada Futaba. Terlahir sebagai cucu dari guru tari tradisional Jepang, dia adalah gadis yang manja dan sangat penuh perhitungan dalam berbagai hal. Senjatanya untuk bertarung adalah naginata.
Futaba Isurugi (石動 双葉, Isurugi Futaba)
Disuarakan oleh: Teru Ikuta (Jepang); Chelsea McCurdy (Inggris)
Seorang petarung berpostur pendek dan bermulut pedas, tetapi tangguh dan baik hati, Dia merupakan teman masa kecil Kaoruko yang sering membantunya saat hendak pergi ke sekolah. Senjatanya untuk bertarung adalah sabit besar.
Jerapah (キリン, Kirin)
Voiced by: Kenjiro Tsuda (Japanese); Jay Hickman[4] (English)
Sosok jerapah misterius yang mengawasi dan mengatur jalannya audisi "Revue Starlight".

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga adaptasi musikal panggungnya digambar oleh Tsubaki Ayasaki dan berjudul Butai Revue Starlight: Show Must Go On (舞台 レヴュースタァライト SHOW MUST GO ON) (舞台 レヴュースタァライト SHOW MUST GO ON), dan manga 4-panel untuk serial ini digambar oleh Makimaki Mawaru, berjudul Yonkoma Starlight (よんこま すたぁらいと) (よんこま すたぁらいと). Kedua manga ini diserialisasikan di majalah Monthly Bushiroad mulai 6 Januari 2018.[5] Sementara itu, manga ketiga ditulis oleh Kanata Nakamura dan digambar oleh Sora Goto, berjudul Shōjo Kageki Revue Starlight Overture (少女☆歌劇 レヴュースタァライト オーバーチュア) (少女☆歌劇 レヴュースタァライト オーバーチュア) dan memulai serialisasinya di majalah Dengeki G's Comic (ASCII Media Works) mulai 30 Januari 2018.[6]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial anime televisi Shoujo☆Kageki Revue Starlight diproduksi oleh studio animasi Kinema Citrus dan telah ditayangkan di Jepang pada 12 Juli sampai dengan 27 September 2018. Anime ini memiliki 12 episode. Serial ini disutradai oleh Tomohiro Furukawa dengan komposisi serialnya disusun oleh Tatsuto Higuchi serta perancangan karakternya dibuat oleh Hiroyuki Saita.[7] Serial ini juga dirilis dalam tiga volume Blu-ray Disc/DVD yang masing-masing akan memuat konten tambahan berupa animasi video orisinal (OVA) pendek yang direncanakan akan tayang pada 24 Oktober 2018 hingga 27 Februari 2019 mendatang.[8][9] Lagu tema pembuka untuk serial anime ini adalah "Hoshi no Dialogue" (星のダイアローグ, Dialog Bintang) dan lagu tema penutupnya adalah "Fly Me to the Star" yang selalu berganti versi setiap episodenya. Kedua lagu tema ini dibawakan oleh Starlight Kukugumi yang terdiri dari para seiyuu pemeran sembilan karakter utama dalam serial ini. Sentai Filmworks telah melisensi anime ini. Serial ini juga tayang di luar Jepang dan disiarkan melalui HIDIVE disertai dengan sulih teks bahasa Inggris, Portugal, dan Spanyol, serta terdapat pula dalam versi sulih suara berbahasa Inggris.[10]

No. Judul
[a]
Tanggal tayang perdana
1"Gadis Panggung"
"Butai Shōjo" (舞台少女)
12 Juli 2018
Cerita dimulai di Akademi Musik Seisho saat Karen Aijo terkejut dengan kedatangan teman masa kecilnya, Hikari Kagura, yang menjadi siswi pindahan di kelasnya. Pada suatu malam, Karen mengikuti Hikari hingga pada akhirnya dia berada di sebuah teater bawah tanah dan di sana disambut oleh sosok jerapah yang dapat berbicara dan mengadakan audisi "Revue Starlight" antara Hikari dengan teman sekelas Karen dan Hikari, Junna Hoshimi. Saat Karen tahu Hikari sedang kesusahan dalam memberikan perlawanan, Karen menyelinap ke dalam audisi itu dan ikut bertarung bersama Hikari untuk mengalahkan Junna.
2"Panggung Takdir"
"Unmei no Butai" (運命の舞台)
19 Juli 2018
Ketika Karen mencoba untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya pada malam sebelumnya dari Hikari, Junna tampak kesal dengan Karen yang begitu saja menyelinap ke dalam audisi. Tak lama berselang, Karen sekali lagi berhadapan dengan Junna dalam audisi "Revue Starlight" berikutnya. Pada waktu yang sama, anggota kelas yang lain juga mengikuti audisi "Revue Starlight" menghadapi lawannya masing-masing. Meskipun Junna sekali lagi kalah oleh Karen, dia menjadi terenyuh oleh kata-kata yang diucapkan Karen dan mereka berdua akhirnya menjadi teman.
3"Top Star"
"Toppu Sutā" (トップ スタア)
26 Juli 2018
Hikari mencoba untuk membuat Karen tidak lagi mengikuti audisi "Revue Starlight" dengan menguncinya di gudang. Akan tetapi, Karen dapat melarikan diri dan berakhir dengan menghadapi salah satu siswi unggulan yang mengikuti audisi, Maya Tendou. Hasil akhir jelas bukan menjadi milik Karen.
4"Menara Janji"
"Yakusoku Tawā" (約束タワー)
2 Agustus 2018
Hikari tanpa diduga-duga menghilang begitu saja hingga membuat Karen menjadi resah dan memaksanya untuk mencari keberadaan Hikari sampai ke seluruh kota. Sepanjang dalam pencariannya, Karen mengetahui bahwa Hikari sedang kesal karena kekalahan yang dia alami dari Maya. Dalam pencarian panjang yang berakhir dengan ditemukannya Hikari, Karen mengikat janji dengan Hikari untuk menjadi "Top Star" bersama dengan dirinya.
5"Apakah Kilau Itu Nyata Adanya?"
"Kirameki no Ari ka" (キラめきのありか)
9 Agustus 2018
Mahiru Tsuyuzaki, teman sekamar Karen, menjadi sangat frustrasi dengan Karen yang terus-menerus memberikan perhatian kepada Hikari ketimbang dirinya. Saat audisi berikutnya berlangsung, Mahiru dihadapkan dengan Karen dan membuat dia melampiaskan segala kekecewaan yang dipendamnya kepada Karen dan merasakan bahwa dia hanya menjadi sia-sia tanpa kehadiran Karen di sisinya. Namun, Karen meyakinkan Mahiru bahwa banyak sekali kelebihan yang selama ini dimiliki oleh seorang Mahiru. Audisi pun dimenangi oleh Karen.
6"Panggung Hanamichi Kita Berdua"
"Futari no Hanamichi" (ふたりの花道)
16 Agustus 2018
Sudahlah kesal karena tidak terpilih sebagai pemeran utama dalam audisi teater Starlight yang akan dibawakan oleh kelasnya, Kaoruko Hanayagi makin dibuat jengkel lantaran teman terdekatnya, Futaba Isurugi, secara mengejutkan berlatih dansa bersama dengan Claudine Saijo. Pertengkaran antara Kaoruko dengan Futaba tak dapat terelakkan. Kaoruko memikirkan untuk kembali ke kampung halamannya, Kyoto, tetapi Futaba berhasil mengejar Kaoruko sebelum dia sempat pergi dari Tokyo. Mereka berdua akhirnya memutuskan apa langkah yang akan diambil selanjutnya dengan hasil yang mereka berdua raih dari audisi "Revue Starlight". Saat Kaoruko menyadari Futaba telah mengerahkan segala upaya yang dia gunakan dalam menghadapi dirinya, dia berusaha untuk menjadi lebih keras lagi dalam memberikan perlawanan dan membuahkan keberhasilan bagi Kaoruko dengan memenangi audisi ini.
7"Nana Daiba"
"Daiba Nana" (大場なな)
23 Agustus 2018
Nana Daiba yang menginjak tahun keduanya di Akademi Musik Seisho tengah mengenang panggung Starlight yang dibawakannya bersama dengan teman sekelasnya pada tahun sebelumnya dan meratapi hal itu karena dia tidak akan bisa lagi mendapatkan panggung yang sama seperti waktu itu. Dia kemudian didatangi oleh sosok jerapah misterius yang meyakinkan dia untuk ikut serta dalam audisi Revue dengan memberikan penawaran bahwa bila dia mampu menaklukkan segala audisi yang ada, dia dapat untuk berdiri di panggung mana saja yang dia inginkan. Setelah berhasil merebut kemenangan dari audisi yang dijalaninya, Nana terkirim kembali ke satu tahun sebelumnya untuk kembali menjalani panggung Starlight yang sama dengan apa yang dia dambakan selama ini dan terus-menerus mengulangi panggung itu. Setelah mengalami pengulangan yang tak terhingga jumlahnya, Nana terkejut saat suatu hari Hikari datang menjadi siswi pindahan di kelasnya, padahal di lini masa yang dia lalui sebelumnya Hikari tidak pernah ada.
8"Menuju Cahaya"
"Hikari, Sasukata e" (ひかり, さす方へ)
30 Agustus 2018
Hikari Kagura yang sedang mengenyam pendidikan di sebuah sekolah teater yang terletak di London, Inggris, terus menjalin komunikasi dengan teman masa kecilnya, Karen, meski hanya melalui surat-menyurat. Dia lalu dipanggil oleh jerapah misterius yang dapat berbicara dan membuatnya menjadi ikut serta dalam audisi Revue untuk wilayah London. Sayangnya, Hikari gagal menjadi "Top Star". Saat Hikari mengetahui bahwa dia terus berjuang sekalipun ada sesuatu yang hilang darinya, dia menyimpulkan bahwa siapa saja yang kalah dalam audisi tersebut, maka akan kehilangan kecemerlangannya di atas panggung. Hikari mendapatkan kesempatan untuk mengikuti audisi yang diadakan di wilayah Jepang dan membuatnya pindah ke Akademi Musik Seisho, menuju ke masa sekarang ketika dia bertarung melawan Nana. Hikari bertekad kuat untuk memenuhi janji yang telah dibuatnya dengan Karen. Dalam pertarungan ini, senjata milik Hikari yang sebelumnya telah menyusut karena dia kehilangan kecemerlangannya muncul kembali dalam wujud baru yang membuatnya mampu untuk mengalahkan Nana. Pada akhirnya, Nana mengingatkan Hikari bahwa Starlight adalah sebuah kisah yang ditulis sebagai tragedi, dan mau tak mau Hikari suatu saat nanti pasti akan berhadapan dengan Karen.
9"Saat Malam Festival Bintang"
"Hoshi Matsuri no Yoru ni" (星祭りの夜に)
6 September 2018
Karen dan Hikari membaca kisah asli dari Starlight bersama. Sementara itu, Junna mengetahui dari Nana bagaimana beratnya perjalanan waktu yang harus dialami Nana untuk terus mengulangi panggung Starlight dalam festival ke-99 ditambah dengan Nana yang tak mampu menerima kenyataan yang ada bahwa waktu terus berganti. Nana menyadari bahwa Karen merupakan penyebab mengapa "panggung abadi" yang dia dambakan kini menghilang saat berhadapan dengan Hikari. Nana pun bertarung dengan Karen pada hari audisi dan dia kalah oleh keyakinan Karen pada kekuatan janji yang dikumandangkannya. Nana tak akan mampu lagi mengulangi panggung impiannya untuk selamanya. Junna menghibur Nana yang sedang bersedih hati dan hari audisi final segera dimulai.
10"Bagaimanapun, Panggung Harus Terus Berlanjut"
"Saredo Butai wa Tsuzuku" (されど舞台はつずく)
13 Septmber 2018
Semuanya sedang mempersiapkan diri untuk hari audisi final. Karen dan Hikari menghabiskan hari bersama di Tokyo; Maya dan Claudine mengingat kembali bagaimana persahabatan dan permusuhan yang mereka alami bermula. Empat gadis panggung yang tersisa pun menjalani audisi final dalam format pertarungan dua lawan dua: Karen dan Hikari berhadapan dengan Maya dan Claudine. Pada mulanya, panggung didominasi oleh kekuatan kerja sama tim yang baik dari Maya dan Claudine, tetapi Karen dan Hikari berhasil membalikkan keadaan dan kemenangan menjadi milik mereka. Akan tetapi, jerapah pengatur Revue tiba-tiba memutuskan bahwa final belum usai dan mereka yang tersisa harus berhadapan satu sama lain. Hikari dan Karen saling bertarung.
11"Kami Adalah..."
"Watashi-tachi wa" (わたしたちは)
20 September 2018
Audisi final pun berakhir dengan ketidakmauan Hikari untuk menggunakan kecemerlangan dari setiap gadis panggung yang dikalahkannya sebagai "bahan bakar" untuk "panggung takdir" yang dikehendaki oleh jerapah pengatur Revue. Hari demi hari, bulan demi bulan, telah berlalu tanpa kehadiran Hikari yang dikabarkan mengundurkan diri dari akademi dan tak ada seorang pun yang mengetahui keberadaannya. Karen menyadari bahwa Hikari semestinya membayar harga yang pantas dari kehilangan orang lain yang direbutnya, kehilangan segala-galanya. Karen menerjemahkan buku kisah Starlight dalam bahasa Inggris yang sebelumnya dibawa oleh Hikari dari Inggris. Dalam usahanya itu, Karen menemui betapa kisah yang ada di dalam buku itu jauh melewati Starlight yang pernah dimainkannya sehingga mendesaknya untuk pergi kembali ke teater bawah tanah, dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi adalah terkurungnya Hikari selama ini di sana.
12"Revue Starlight"
"Revyū Sutāraito" (レヴュー・スタァライト)
27 September 2018
Karen tiba di sebuah padang berpasir dan menemui Hikari dalam keputusasaan yang luar biasa di sana. Hikari terus mencoba untuk menggapai puncak menara yang didiami oleh bintang yang diinginkan oleh Hikari, tetapi dia tak mampu dan selalu tak mampu menggapainya. Karen bertekad untuk membawa Hikari kembali dan keluar dari panggung tandus yang diinginkan oleh Hikari. Karen sekali lagi berhadapan dengan Hikari dalam revue final kali ini. Meskipun kalah, Keinginan keras Karen untuk membawa Hikari pulang membawanya dalam situasi untuk kembali bertarung dalam panggung encore dan berakhir dengan kekalahan Hikari, menyadarkan Hikari dari kewarasannya yang hilang selama ini. Kini semuanya telah berkumpul dan angkatan ke-99 Akademi Musik Seisho berhasil menampilkan kembali Starlight pada festival ke-100. Sebuah perjalanan yang berakhir dengan indah.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Judul episode dalam bahasa Indonesia merupakan judul alternatif, bukan merupakan judul resmi dari setiap episode.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bushiroad Reveals Revue Starlight Franchise With Stage Musical, TV Anime Projects". Anime News Network. April 30, 2017. Diakses tanggal May 29, 2017. 
  2. ^ "Shōjo☆ Kageki Revue Starlight Franchise Gets 3rd Manga Adaptation". Anime News Network. January 7, 2018. Diakses tanggal August 5, 2018. 
  3. ^ "Shojo Kageki Revue Starlight Franchise Gets Smartphone Game". Anime News Network. June 24, 2018. Diakses tanggal August 5, 2018. 
  4. ^ a b "Revue Starlight official dubcast edition cast list". HIDIVE. August 4, 2018. Retrieved August 4, 2018.
  5. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2017-12-07/bushiroad-revue-starlight-franchise-gets-2-manga/.124974
  6. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2018-01-07/shojo-kageki-revue-starlight-franchise-gets-3rd-manga-adaptation/.126113
  7. ^ "Revue Starlight TV Anime Reveals Teaser Video, Visual, Summer Premiere". Anime News Network. January 8, 2018. Diakses tanggal January 9, 2018. 
  8. ^ Loo, Egan (April 30, 2018). "Revue Starlight TV Anime Reveals Additional Staff, July 12 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal April 30, 2018. 
  9. ^ Pineda, Rafael Antonio (July 13, 2018). "Revue Starlight Anime's BD Releases Include Unaired Shorts". Anime News Network. Diakses tanggal July 13, 2018. 
  10. ^ Ressler, Karen (July 5, 2018). "Sentai Filmworks Licenses Revue Starlight Anime, Plans HIDIVE Stream With Subtitles, English Dub". Anime News Network. Diakses tanggal July 5, 2018.