One-Punch Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
One-Punch Man
Cover dari volume pertama pria botak pelontos manga yang adaptasi oleh Yusuke Murata
GenreAksi, Komedi, Superhero, Fiksi
Manga
PengarangOne
PenerbitJepang Shueisha
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
MajalahYoung Jump Web Comics
DemografiSeinen
Terbit2009 – sekarang
Volume30
Seri anime
SutradaraShingo Natsume (season 1)
Chikara Sakurai (season 2)
ProduserChinatsu Matsui
Nobuyuki Hosoya
Keita Kodama
Ayuri Taguchi
SkenarioTomohiro Suzuki
MusikMakoto Miyazaki
StudioMadhouse (season 1)
J.C. Staff (season 2)
Saluran
asli
Jepang TX, TVO, TVQ, KBS, BS Japan, AT-X
Tayang 5 Oktober 2015 – sekarang
Episode12 + 6 OVA
 Portal anime dan manga

One Punch Man ( ワンパンマン Pria Satu Pukulan) adalah sebuah serial manga Jepang yang menceritakan seorang superhero yang bernama Saitama. One-Punch Man dibuat oleh seorang penulis yang asal jepang dengan nama samaran ONE[1] yang mulai diterbitkan pada awal tahun 2009.[2] Serial ini menjadi viral sehingga mampu melampaui 7,9 juta penggemar pada bulan Juni 2012.[3] One-Punch Man merupakan kontraksi wanpanchi ("One-Punch") yang artinya satu pukulan.[4]

Sebuah remake manga digital dari seri ini, yang diilustrasikan oleh Yusuke Murata, mulai dipublikasikan di situs Web Komedi Langsung Jumpa Shueisha pada tahun 2012.[2] Bab-bab tersebut dikumpulkan secara berkala dan dicetak ke dalam volume tankōbon, dengan tiga puluh dirilis pada tanggal 4 Maret 2024. Viz Media memiliki lisensi remake untuk serialisasi bahasa Inggris di majalah digital Weekly Shonen Jump.[2]

Adaptasi televisi anime oleh Madhouse ditayangkan di Jepang antara bulan Oktober dan Desember 2015.[5][6][7] Itu dijuluki dalam bahasa Inggris selama musim panas 2016, dan kemudian pada tahun itu sebuah musim kedua yang direncanakan diumumkan. Pada tanggal 25 September 2017, diumumkan bahwa mereka akan mengubah baik perusahaan produksi maupun direkturnya.[8]

Plot[sunting | sunting sumber]

Di planet super benua yang tidak disebutkan namanya, monster aneh dan supervillains secara misterius muncul dan menyebabkan bencana. Untuk memerangi mereka, pahlawan dunia telah bangkit untuk melawan mereka. Saitama adalah salah satu pahlawan yang mampu mengatasi mereka. Ia berasal dari kota metropolitan Z dan dengan mudah mengalahkan monster dan penjahat dengan satu pukulan. Namun, ia bosan dengan kekuatan supernya karena musuhnya yang terlalu lemah baginya dan hanya menjadi sangat bersemangat saat melawan musuh kuat yang dapat menantangnya. Selama serial berlangsung, Saitama bertemu berbagai pahlawan super, supervillains, dan monster. Dia memiliki murid dalam bentuk siborg bernama Genos dan pada akhirnya mereka bergabung dengan Hero Association untuk mendapatkan pengakuan resmi. Selain itu, Saitama juga menghancurkan meteor yang masuk, mengalahkan penjahat bos seperti Deep Sea King. Ketika alien Dark Matter Thieves menyerang dan menghancurkan Kota A, Saitama mengalahkan pemimpin mereka Lord Boros dengan menggunakan pukulan serius.

Saitama mengenal pahlawan super lainnya dalam kelompok tersebut, berteman dengan seniman bela diri dan seorang superhero bernama King yang sebenarnya adalah seorang otaku yang tidak mengenal kekerasan. Ketika eksekutif Hero Association mencoba merekrut penjahat untuk menjadi pahlawan super, seorang penjahat bernama Garo muncul dan mulai memukul banyak pahlawan lainnya, mendorong asosiasi tersebut untuk melakukan sedikit usaha untuk menghentikannya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang seni bela diri, Saitama memasuki sebuah turnamen. Monster yang lebih ganas mulai muncul di berbagai kota, mengenakan banyak pahlawan. Sekelompok dari mereka menculik seorang anak sponsor Asosiasi. Asosiasi Pahlawan belajar bahwa monster telah mengorganisir menjadi Asosiasi Monster, dan mereka juga merekrut anggota dengan memiliki pejuang dan yang lainnya menelan sel-sel rakasa yang mengubahnya menjadi monster yang memiliki kekuatan jauh lebih banyak.

Selama perjalanan Garo dan Asosiasi Pahlawan yang saling terkait, ditemukan bahwa monster telah membuat markas mereka di daerah yang ditinggalkan di Z-City, yang kebetulan hanya didiami oleh Saitama saja. Garo menemukan semua S-Class, atau pahlawan terkuat peringkatnya, dan melanjutkan untuk melanjutkan proses 'monstrifikasi' selama pertempuran. Akhirnya dia bertemu dengan Saitama (yang telah terganggu dengan kebisingan dari pertarungan), yang sikap dan kekuatannya menyebalkan dan akhirnya menghancurkan kehendak Garo, kemudian mengungkapkan visinya untuk masa depan. Saitama, yang keluar dari karakter, mengerti rasa sakitnya, dan di bawah ancaman pahlawan yang kalah untuk membunuh Garo, Garo pergi sebelum ada yang bisa menangkapnya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

ONE menerbitkan One-Punch Man sebagai webcomic pada tahun 2009.[2] Sampai Juli 2017, webcomic telah merilis 126 bab. Ketika serial ini menjadi populer, menerima 7,9 juta klik pada bulan Juni 2012, Yusuke Murata menghubungi One dengan sebuah proposal untuk menggambar ulang komik untuk publikasi digital di situs manga Weekly Young Jump Web Comics (と な り の ヤ ン グ ジ ャ ン プTonari no Yangu Janpu), yang diterbitkan oleh Shueisha. Bab pertama diterbitkan pada tanggal 14 Juni 2012. Bab-bab ini dikumpulkan secara berkala dan dicetak ke dalam volume tankōbon, dengan tiga puluh jilid yang dirilis pada tanggal 4 Maret 2024. CD drama dibundel dengan volume kesembilan, yang dirilis pada bulan Agustus 2015.

Serial ini mulai terbit di Viz Media's Weekly Shonen Jump (Shonen Jump Alpha saat itu) di Amerika Utara pada tanggal 21 Januari 2013. Volume digital pertama dirilis pada bulan Februari 2014. One-Punch Man adalah salah satu dari sejumlah seri yang Viz tersedia pada ComiXology pada bulan Juni 2014. Manga ini dirilis dalam bentuk cetak di Amerika Serikat mulai bulan September 2015.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime diumumkan dalam terbitan ke-15 Weekly Young Jump pada tanggal 10 Maret 2015.[5] Musim pertama seri ini disutradarai oleh Shingo Natsume di Madhouse dan ditulis oleh Tomohiro Suzuki. Serial ini juga menampilkan desain karakter oleh Chikashi Kubota, yang juga berperan sebagai direktur animasi utama, musik oleh Makoto Miyazaki dan disain oleh Shigemi Ikeda dan Yukiko Maruyama. Ken Hashimoto berperan sebagai artis kunci warna seri, Akane Fushihara adalah sutradara fotografi dan Kashiko Kimura berperan sebagai editor serial, dan Shoji Hata melakukan desain suara. Lagu pembuka adalah "The Hero !! ~ Ikareru Ken ni Honō o Tsukero ~" (HERO !! ~ 怒 れ る る 拳 火 を つ け ろ ~, "Hero !! Set Fire to the Furious Fist") oleh JAM Project, dan tema penutupnya adalah "Hoshi Yori Saki ni Mitsukete Ageru" (星 よ り て あ げ る), ("Saya akan Menemukannya, Sebelum Bintang untukmu") oleh Hiroko Moriguchi.

Musim pertama One-Punch Man ditayangkan di Jepang antara 5 Oktober 2015 dan 21 Desember 2015 di TV Tokyo, ditayangkan di acara TVO, TVQ, KBS, BS Japan, dan AT-X yang kemudian berlangsung selama 12 episode. Musim streaming di Niconico dan simulcast pada Hulu, Daisuki, dan Viz Media Neon Alley layanan. Pemutaran pratinjau diadakan di Pusat Kebudayaan Kota Saitama pada tanggal 6 September 2015. Serial ini dilisensikan oleh Viz Media di Amerika Utara, oleh Kaze UK di Inggris Raya, dan oleh Madman Entertainment di Australia dan Selandia Baru. Animasi video asli dirilis dengan volume manga kesepuluh pada tanggal 4 Desember 2015. Episode OVA tambahan disertakan dengan volume Blu-ray Disc & DVD pada musim ini, yang pertama diluncurkan pada tanggal 24 Desember 2015. Murata mengumumkan di minggu-minggu terakhir dari jadwal tayang musim pertama yang dia kerjakan untuk membuat musim kedua menjadi kenyataan, namun belum memastikannya dalam pembangunan per Desember 2015.

Musim kedua kemudian dikonfirmasi pada bulan September 2016 dan saat ini dalam produksi. Musim kedua akan disutradarai oleh J.C. Staff dengan Chikara Sakurai menggantikan Shingo Natsume sebagai sutradara dan Yoshikazu Iwanami menggantikan Shoji Hata sebagai direktur suara. Tomohiro Suzuki, Chikashi Kubota dan Makoto Miyazaki akan menampilkan kembali peran mereka sebagai komposer seri, perancang karakter dan komposer musik.

Viz Media mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan One-Punch Man kedalam bahasa Inggris di Anime Boston 2016. Pada tanggal 1 Juli pada tahun yang sama, One-Punch Man diumumkan pada panel Anime Expo Toonami bahwa serial ini akan mulai ditayangkan pada tanggal 16 Juli 2016 .

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

One-Punch Man mencetak 2,2 juta kopi pada bulan November 2013, 3,2 juta kopi pada bulan April 2014, dan 4,5 juta kopi pada bulan November 2014. Pada bulan November 2016, jumlah ini meningkat menjadi 11,1 juta kopi yang dicetak. Serial ini merupakan satu dari sepuluh nominasi untuk Manga Taishō Awards ketujuh pada tahun 2014. Pada bulan Juli 2017, manga tersebut memiliki 13 juta kopi yang dicetak.

Setelah dirilis di Amerika Serikat, volume pertama dan kedua memulai debutnya di daftar Penjual Terbaik Manga New York Times, di tempat pertama dan kedua, masing-masing, dan tinggal di sana selama dua minggu. Volume satu turun ke posisi kedua untuk minggu ketiga, sementara volume dua jatuh dari daftar sama sekali. Volume satu masih masuk dalam daftar untuk minggu keempat. Serial ini dinominasikan untuk Penghargaan Eisner pada tahun 2015.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Two Creators of the Original Manga One-Punch Man". Oppai Hoodie Blog (dalam bahasa English). Diakses tanggal May 20, 2017. 
  2. ^ a b c d Chapman, Paul (March 7, 2015). ""One-Punch Man" Anime Greenlit". Crunchyroll. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  3. ^ "Young Jump Launches Free Site with Eyeshield 21's Murata (Updated)". Anime News Network. June 13, 2012. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  4. ^ "weblio実用日本語表現辞典" [Weblio Practical Japanese Expression Dictionary] (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal May 14, 2016. 
  5. ^ a b "One-Punch Man Manga Gets TV Anime". Anime News Network. March 7, 2015. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  6. ^ "One-Punch Man TV Anime Listed for October Premiere". Anime News Network. March 17, 2015. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  7. ^ "One-Punch Man Anime's October Premiere Confirmed". Anime News Network. July 22, 2015. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  8. ^ "'One Punch Man' Announces Controversial Changes To Season 2". Anime. Diakses tanggal 2017-09-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]