Takt Op

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Takt Op
GenreMusik klasik
PenciptaBandai Namco Arts
DeNA
Oji Hiroi
Permainan
Takt Op. Unmei wa Akaki Senritsu no Machi o
PengembangGame Studio
PenerbitBandai Namco Arts
GenrePermainan bermain peran
PlatformAndroid, iOS
Anime
Takt Op. Destiny
SutradaraYūki Itō
SkenarioKiyoko Yoshimura
MusikYoshihiro Ike
Studio
PelisensiCrunchyroll
Tayang October 6, 2021 – sekarang
 Portal anime dan manga

Takt Op (Jepang: タクトオーパス, Hepburn: Takuto Ōpasu, stylized as takt op.)[a] adalah proyek media campuran tentang musik klasik yang diproduksi oleh Bandai Namco Arts dan DeNA. Sebuah game mobile yang dikembangkan oleh Game Studio berjudul Takt Op. Unmei wa Akaki Senritsu no Machi o akan dirilis pada tahun 2021, dan serial televisi anime oleh MAPPA dan Madhouse berjudul Takt Op. Destiny tayang perdana pada Oktober 2021.

Plot[sunting | sunting sumber]

Takt Op berlatar tahun 2047, dunia masa depan di mana musik tidak dapat dimainkan secara bebas karena menarik monster yang disebut "D2." Monster-monster ini dihasilkan oleh meteorit hitam yang mengandung Black Night Siderites yang jatuh dari langit bertahun-tahun yang lalu. Mereka membenci musik yang diproduksi oleh manusia dan tertarik pada sumber musik dan berusaha untuk menghancurkannya. Untuk memerangi monster D2, Organisasi Internasional Symphonica menciptakan "Musicarts," gadis-gadis yang diambil dari lembaran musik klasik dan memperoleh kekuatan mereka dari "Harmonia Ore" yang disutradarai oleh "Konduktor" manusia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Takt Asahina (朝雛タクト, Asahina Takuto)
Pengisi suara: Kōki Uchiyama[1]
Seorang Konduktor yang membuat perjanjian dengan Takdir. Dia memprioritaskan musik di atas segalanya. Dia umumnya tampak malas dan tidak ramah, tetapi dia terobsesi dengan musik dan memiliki keterampilan piano yang luar biasa. Ayahnya adalah Kenji Asahina-san, seorang konduktor terkenal yang dibunuh 10 tahun lalu oleh D2. Lengan kanan Takt memiliki kemampuan untuk menjadi senjata ampuh yang dapat berubah menjadi tongkat konduktor dan mengarahkan Destiny untuk melawan D2.
Destiny (運命, Unmei) / Cosette Schneider (コゼット・シュナイダー, Kozetto Shunaidā)
Pengisi suara: Shion Wakayama (anime),[2] Kaede Hondo (video game)
Seni Musik yang lahir dari Symphony No. 5 (Beethoven). Dia pernah menjadi manusia bernama Cosette Schneider, adik perempuan Anna, yang menjadi Musicart terhubung dengan Takt setelah dia meninggal melindunginya dari D2. Karena prosesnya yang tidak wajar menjadi Musicart, kondisi Destiny dianggap tidak stabil dan dia tidak memiliki ingatan menjadi Cosette. Dia menggunakan sejumlah besar energi untuk memerangi D2 dan harus mengonsumsi kalori untuk mengisi ulang dirinya sendiri dan sangat tertarik pada permen dan kue.
Anna Schneider (アンナ・シュナイダー, Anna Shunaidā)
Pengisi suara: Kaede Hondo (anime)[2]
Teman masa kecil Takt dan kakak perempuan Cosette—sekarang Destiny. Dia membawa mereka berdua dalam perjalanan ke New York dalam upaya untuk memperbaiki kondisi Destiny yang tidak stabil.

Konduktor Simfoni[sunting | sunting sumber]

Lenny (Leonard) (レニー, Renī)
Pengisi suara: Satoshi Hino[2]
Seorang konduktor dengan New York Symphonica, sebuah organisasi yang bertujuan untuk memusnahkan D2. Dia mengendarai sepeda motor dan bepergian dengan Musicart Titan. Dia dan Titan membantu Takt menyesuaikan kehidupan barunya sebagai Konduktor dan menemaninya, Destiny, dan Anna ke New York.
Felix Schindler (シントラー, Shintorā)
Pengisi suara: Daisuke Namikawa[2]
Seorang konduktor yang juga Kepala Komandan New York Symphonica. Dia mengarahkan organisasi sebagai lengan kanan Sagan.
Sagan (ザーガン, Zāgan)
Pengisi suara: Eiji Hanawa[2]
Pejabat tertinggi eksklusif basis strategis New York Symphonica. Ia juga menjabat sebagai GM (Grand Maestro).

Musicart[sunting | sunting sumber]

Titan (巨人 (タイタン), Taitan)
Pengisi suara: Miku Itō[2]
Sebuah Musicart lahir dari Simfoni No 1 (Mahler) yang bepergian dengan Lenny. Dia riang dan kadang-kadang menjelaskan hal-hal dengan onomatopoeia, tetapi menunjukkan sikap serius pada beberapa kesempatan.
Jigoku (Hell) (地獄, Jigoku)
Pengisi suara: Reina Ueda[2]
Musicart dengan New York Symphonica dan yang telah membuat perjanjian dengan Schindler dan bertindak sebagai pelindungnya. Senjata utamanya adalah kakinya yang berubah menjadi cakram berputar dengan kekuatan penghancur.
Valkyrie (Walküre) (ワルキューレ, Warukyūre)
Pengisi suara: Sumire Uesaka
Musicart tanpa Konduktor yang lahir dari Die Walküre. Senjata utamanya adalah pedang dan perisai yang bisa dia lempar seperti cakram yang berputar.
Tengoku (Heaven) (天国, Tengoku)
Pengisi suara: Inori Minase[2]
Sebuah Musicart milik New York Symphonica.

Media[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Pada 26 Maret, 2021, Bandai Namco Arts dan DeNA mengumumkan proyek Takt Op., yang terdiri dari permainan piranti bergerak dan serial anime. Permainan video, berjudul Takt Op. Unmei wa Akaki Senritsu no Machi o (takt op. 運命は真紅き旋律の街を, "Takt Op. Destiny in the City of Crimson Melody"), dikembangkan oleh Game Studio.[3] Pada awalnya perilisan dijadwalkan pada tahun 2021, namun diundur tanpa batas waktu yang dijadwalkan.[4]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah serial anime diumumkan sebagai bagian dari proyek. Selanjutnya, anime ini diketahui merupakan serial televisi yang diproduksi oleh MAPPA dan Madhouse berjudul Takt Op. Destiny (ditulis dengan gaya takt op.Destiny). Serial ini disutradarai oleh Yūki Itō, dengan Kiyoko Yoshimura yang menangani skrip, dan Yoshihiro Ike yang menggubah musik. LAM memberikan desain karakter orisinil, dan Reiko Nagasawa mengadaptasi desain untuk serial anime. Serial ini tayang perdana pada 6 Oktober, 2021 di TV Tokyo dan afiliasinya.[1] Crunchyroll melisensi serial ini diluar Asia.[5] Medialink melisensi serial ini di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Oceania kecuali Australia dan Selandia Baru.[6] Perusahaan ini juga memberi lisensi anime pada Aniplus Asia untuk penyiaran TV.[7] Lagu tema pembuka berjudul "takt" oleh Ryo dari Supercell menampilkan vokal dari Mafumafu dan gaku, sementara lagu tema penutup "Symphonia" oleh Mika Nakashima.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Op." adalah singkatan untuk nomor Opus, "nomor karya" yang ditetapkan pada komposisi musikal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (June 27, 2021). "takt:op Anime Reveals Promo Video, Cast, Staff, October 5 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal June 28, 2021. 
  2. ^ a b c d e f g h i Loo, Egan (September 5, 2021). "takt:op Anime Reveals More Cast & Staff, Theme Song Info". Anime News Network. Diakses tanggal September 5, 2021. 
  3. ^ Mateo, Alex (March 26, 2021). "Bandai Namco Arts, DeNA Announce Anime, Game for takt op. Classical Music Battle Project in 2021". Anime News Network. Diakses tanggal June 28, 2021. 
  4. ^ Hodgkins, Crystalyn (November 17, 2021). "takt op. Smartphone Game Delayed Beyond 2021". Anime News Network. Diakses tanggal November 17, 2021. 
  5. ^ Mateo, Alex (September 21, 2021). "Crunchyroll to Stream takt op.Destiny, The Fruit of Evolution, The World's Finest Assassin Anime". Anime News Network. Diakses tanggal September 21, 2021. 
  6. ^ "📌 Medialink October Line-Up Simulcast on Ani-One In the world where music has already gone, monsters are born from the darkness. The musicians have to works with the Conductors together, with the powers endowed from the classical master pieces🎶, to defect the devil. 🎹Classical music x action fantasy anime《takt op. Destiny》will be streaming on Ani-One this October! Let's enjoy the stunning and exciting music~". Facebook. September 27, 2021. Diakses tanggal September 27, 2021. 
  7. ^ ANIPLUS Asia [@ANIPLUSAsia] (October 3, 2021). "♪SIMULCAST ANNOUNCEMENT♪ In a world robbed of music, witness the "Conductor" and their "Musicart" battle against the unknown in【#takt op. Destiny】, premiering TOMORROW night on ANIPLUS🎶 Premieres 5 Oct, TUEs 24:00 [GMT+8]" (Tweet). Diakses tanggal October 4, 2021 – via Twitter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]