Tokyo Babylon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tokyo Babylon
東京BABYLON
Genre
Manga
PengarangClamp
PenerbitShinshokan
Penerbit bahasa Inggris
Majalah
DemografiShōjo
Terbit19901993
Volume7
Video animasi orisinal
SutradaraKoichi Chigira
SkenarioTatsuhiko Urahata
MusikToshiyuki Honda
StudioMadhouse
Pelisensi
Tayang 21 Oktober, 1992 21 Maret, 1994
Episode2
Film laga hidup
Tokyo Babylon/1999 - The Movie
SutradaraGeorge Iida
MusikKuniaki Haishima
StudioPDS
Tayang21 Agustus 1993
Durasi100 minutes
Seri anime
Tokyo Babylon 2021
Sutradara
  • Shingo Suzuki
  • Susumu Kudo
SkenarioJun Kumagai
MusikNoriyuki Asakura
StudioGoHands
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Tokyo Babylon (bahasa Jepang: 東京BABYLON), juga dikenal sebagai Tokyo Babylon: A Save Tokyo City Story, adalah serial Manga shōjo Jepang yang dibuat oleh Clamp, dengan cerita di karang oleh Nanase Ohkawa serta ilustrasinya oleh Mokona. Serial ini mengikuti Subaru Sumeragi, kepala klan Sumeragi, dan saudara perempuannya Hokuto saat mereka bekerja untuk melindungi Tokyo dari segudang bahaya supernatural saat tinggal dengan seorang pria bernama Seishirō Sakurazuka. Itu diserialkan oleh Shinshokan di majalah South dan Wings dari tahun 1990 hingga 1993 dan dikumpulkan dalam tujuh volume tankōbon . Manga versi bahasa Inggris pertama kali didistribusikan oleh Tokyopop dan sekarang dimiliki oleh Dark Horse Comics.

Serial ini didasarkan pada dōjinshi Clamp menulis tetapi memutuskan untuk menambahkan tema sosial gelap dalam serialisasi sebagai hasil dari panjangnya bab-bab tersebut. Clamp mengungkapkan kesulitan dalam menulis manga karena serialisasi itu di samping karya pertama mereka, RG Veda. Antara tahun 1992 dan 1994 Tokyo Babylon diadaptasi menjadi serial dua bagian animasi video asli oleh studio Madhouse yang berfokus pada alur cerita asli. PDS juga memproduksi sekuel film fitur aksi langsung, Tokyo Babylon 1999, yang dirilis pada 21 Agustus 1993 setelah peristiwa manga. Sebuah serial televisi anime yang diadaptasi oleh GoHands berjudul Tokyo Babylon 2021 telah diumumkan.

Serial ini telah diterima dengan baik karena fokusnya pada okultisme dan tema sosial. Ia juga terkenal di wilayah wilayah Barat karena menyediakan salah satu hubungan homoseksual pertama yang dieksplorasi melalui Subaru dan Seishiro. Fokus utama pada pengembangan karakter Subaru menonjol di antara penulis bersama seni yang diproduksi oleh Clamp. Namun, itu juga dikritik karena gaya dan eksposisinya yang lucu sebelumnya. Manga ini juga terkenal karena akhir yang terbuka dan tragis yang diikuti dalam karya Clamp selanjutnya, X.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Salzmann, Irene (May 11, 2004). "Comic-Besprechung - Tokyo Babylon 1". Splash Comics (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 24, 2020. Diakses tanggal December 9, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]