Code Geass

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Code Geass: Lelouch Of The Rebellion adalah anime hasil kerja sama studio Sunrise dengan CLAMP. Anime ini diputar pada tanggal 5 Oktober 2006 sampai dengan 28 Juli 2007. Musim kedua dari Code Geass, Code Geass Lelouch Of The Rebellion R2, telah diputar pada tanggal 6 April 2008 sampai dengan 8 September 2008.

Code Geass juga telah diterbitkan menjadi anime manga yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu: Code Geass Lelouch Of The Rebellion, Suzaku Of The Counter Attack, dan Nightmare Of Nunally.

Code Geass: Lelouch of the Rebellion (Hepburn: Kōdo Giasu: Hangyaku no Rurūshu), alias Code Geass, adalah serial televisi anime Jepang yang diproduksi oleh Sunrise. Itu disutradarai oleh Gorō Taniguchi dan ditulis oleh Ichirō kouchi, dengan desain karakter asli oleh Clamp. Ditetapkan dalam garis waktu alternatif, itu mengikuti pangeran yang diasingkan Lelouch vi Britannia, yang memperoleh "kekuatan kepatuhan mutlak" dari seorang wanita misterius bernama C.C. Menggunakan kekuatan gaib ini, yang dikenal sebagai Geass, ia memimpin pemberontakan melawan kekuasaan Kerajaan Inggris Raya, memimpin serangkaian pertempuran mecha.

Code Geass disiarkan di Jepang di MBS dari Oktober 2006 hingga Juli 2007. Seri sekuelnya, Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2, ditayangkan sebagai siaran simulcast di MBS dan TBS dari April hingga September 2008. Serial ini juga telah diadaptasi ke dalam berbagai manga dan novel ringan, dengan yang pertama menunjukkan skenario alternatif dari serial TV.

Initiation, Transgression, and Glorification, trilogi film kompilasi remake yang merangkum peristiwa musim kedua serial anime—sambil juga mengubah alur cerita untuk berbagai karakter dan membangun alam semesta alternatif yang dirilis antara 2017 dan 2018. Film orisinal baru berjudul Code Geass Lelouch of the Re;surrection, berlangsung setelah Zero Requiem dari film alam semesta alternatif trilogi, dirilis di bioskop pada Februari 2019. Code Geass: Z of the Recapture, serial anime yang berlatar alam semesta alternatif yang sama, diumumkan pada Desember 2020 sebagai bagian dari rencana 10 tahun.

Bandai Entertainment melisensikan sebagian besar waralaba untuk rilis bahasa Inggris pada bulan Desember 2007, menayangkan kedua serial TV di Adult Swim di Amerika Serikat. Sebagian besar manga dan novel ringan juga telah diterbitkan di Amerika Utara oleh Bandai.

Code Geass telah diterima dengan baik di Jepang, menjual lebih dari satu juta DVD dan Blu-ray Disc. Kedua musim telah memenangkan beberapa penghargaan di Tokyo International Anime Fair, Animage Anime Grand Prix, dan acara Animation Kobe. Itu menerima pujian kritis untuk ceritanya, akting suara, daya tarik penonton yang besar, konflik di antara karakter utamanya, dan pertanyaan moral yang disajikannya.

Sinopsis Cerita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2017, tujuh tahun setelah perang, Jepang dikuasai oleh Britania. Britania telah menginvasi hampir seluruh dunia dengan menggunakan teknologi yang bernama Knightmare Frame. Akibatnya, para warga Jepang kehilangan hak, harga diri, kebebasan, bahkan nama mereka.

Semua warga Jepang tidak boleh memakai nama Jepang. Oleh Britannia, orang Jepang disebut Eleven, dan Jepang dinamakan Area 11.

Lelouch Lamperouge adalah pangeran Britannia yang dibuang oleh sang ayah, Charles zi Britannia setelah kematian ibunya, Marianne vi Britannia. Lelouch akhirnya hidup berdua bersama sang adik, Nunnally yang menjadi buta dan lumpuh setelah menyaksikan kematian sang ibu.

Dipenuhi niat balas dendam pada sang ayah, Lelouch bersumpah di depan sahabatnya, Suzaku Kururugi bahwa ia akan menghancurkan Britania dengan tangannya sendiri. Suatu ketika, Lelouch bertemu dengan gadis misterius bernama C.C. (Tsi-tsu) yang memberikan kekuatan misterius bernama "Geass, Power of the King".

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dalam linimasa alternatif, dunia dibagi menjadi tiga negara adidaya (mirip dengan dunia Nineteen Eighty-Four oleh George Orwell): Kekaisaran Britannia Suci (Amerika; juga disebut Britannia), Federasi Cina (Asia), dan Eropa Bersatu (Eropa dan Afrika). Cerita terjadi setelah penaklukan Kekaisaran Britannia Suci di Jepang pada 10 Agustus 2010 a.t.b., dengan menggunakan senjata terbaru Britannia, "Ksatria Lapis Baja Otonom", atau "Bingkai Ksatria". Pada gilirannya, Britannia secara efektif melucuti Jepang dan warganya dari semua hak dan kebebasan dan mengganti nama negara Area 11 dengan warganya disebut sebagai Elevens.

Titik perbedaan untuk garis waktu ini tampaknya adalah bahwa Raja Henry VIII dari Inggris memiliki pewaris laki-laki yang menjadi Raja Henry IX. Kemudian, Inggris, yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth III, dikalahkan oleh Napoleon pada Pertempuran Trafalgar. Ratu melarikan diri ke koloni Amerika Inggris di mana Kekaisaran Britannia didirikan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Lelouch vi Britannia adalah seorang pangeran Britannia yang diasingkan, putra Kaisar Charles zi Britannia dan permaisurinya Marianne vi Britannia. Lelouch memiliki saudara perempuan, Nunnally vi Britannia. Marianne dibunuh secara brutal di istana dan Nunnally, yang menyaksikan pembunuhan ibu mereka, sangat trauma sehingga dia kehilangan penglihatan dan kemampuannya untuk berjalan. Lelouch sangat marah dengan ayahnya, percaya ayahnya mengecewakan ibu dan saudara perempuannya dengan menutup mata atas kematian ibu mereka dan gagal mengejar pembunuh ibu mereka.

Lelouch dan Nunnally dikirim sebagai pion politik ke Jepang untuk membuai pemerintah Jepang ke dalam rasa aman yang palsu. Setelah saudara kandung dikirim ke Jepang, Jepang diserang dan dikalahkan oleh Britannia. Dengan reruntuhan Jepang sebagai latar belakang, Lelouch bersumpah kepada teman Jepangnya Suzaku Kururugi bahwa suatu hari dia akan melenyapkan Britannia sebagai tindakan balas dendam terhadap ayahnya.

Tujuh tahun kemudian, Lelouch (sekarang bernama Lelouch Lamperouge), sekarang menjadi siswa yang populer namun menarik diri di Ashford Academy. Lelouch terlibat dalam serangan teroris dan menemukan seorang gadis misterius bernama C.C. (C2), yang menyelamatkan hidup Lelouch dari Pengawal Kerajaan Inggris, dengan membuat kontrak dengannya dan memberikan Lelouch kekuatan yang dikenal sebagai Geass (ギアス, Giasu). Kekuatan ini, juga dikenal sebagai "Kekuatan Raja" (王の力, Ō no Chikara), memungkinkan dia untuk memerintahkan siapa pun untuk melakukan apa pun yang dia inginkan, termasuk membengkokkan keinginan mereka untuk hidup, bertarung, atau mati atas namanya. Kekuatan ini dapat mempengaruhi individu hanya sekali dan hanya melalui kontak mata langsung. Lelouch memutuskan untuk menggunakan Geass-nya untuk menemukan pembunuh ibunya, menghancurkan Kerajaan Britannia, dan menciptakan dunia yang lebih baik di mana Nunnally bisa hidup bahagia. Dalam prosesnya, Lelouch menjadi Zero, seorang main hakim sendiri bertopeng dan pemimpin gerakan perlawanan yang dikenal sebagai The Black Knights, mendapatkan popularitas dan dukungan di antara orang Jepang dalam perjalanannya menuju pemberontakan Britannia. Namun, ini tidak datang tanpa biaya. Terperangkap dalam konflik di mana dia tidak tahu sepenuhnya kekuatannya, Lelouch harus melawan Suzaku, seorang anggota perlawanan bernama Kallen Stadtfeld, tentara terkuat di dunia, saudara tirinya sendiri, dan banyak lainnya dalam pertempuran. yang selamanya akan mengubah dunia.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Code Geass dimulai sebagai konsep yang dikembangkan di Sunrise oleh Ichirō kouchi dan Gorō Taniguchi, yang mengusulkannya kepada produser Yoshitaka Kawaguchi. Kawaguchi sebelumnya telah mendekati Okouchi dan Taniguchi selama produksi Planet. Ide dasar plot terdiri dari "pahlawan" yang memimpin sebuah organisasi rahasia, yang kemudian berkembang menjadi konflik antara dua karakter dengan nilai yang berbeda dan yang berasal dari unit militer yang sama, yang akhirnya menjadi Lelouch Lamperouge dan Suzaku Kururugi.

Selama tahap perencanaan awal ini, Kawaguchi juga menghubungi grup seniman manga terkenal Clamp. Ini adalah pertama kalinya Clamp diminta untuk mendesain karakter dari serial anime. Clamp menandatangani proyek lebih awal selama tahap pengembangan ini dan memberikan banyak ide, yang membantu mengembangkan pengaturan dan karakter seri.

Saat mengembangkan desain karakter untuk Lelouch, protagonis dari seri tersebut, Clamp awalnya membayangkan warna rambutnya sebagai putih. Ageha Ohkawa, kepala penulis di Clamp, mengatakan bahwa dia telah memvisualisasikannya sebagai karakter yang "setiap orang" dapat menganggapnya sebagai "keren", secara harfiah, "kecantikan". Selama tahap perencanaan ini, staf Clamp and the Sunrise telah mendiskusikan sejumlah kemungkinan inspirasi untuk karakter tersebut, termasuk KinKi Kids dan Tackey & Tsubasa. Mereka ingin membuat "pertunjukan hit," seri yang akan menarik "semua orang." Alter ego Lelouch, Zero, adalah salah satu karakter yang paling awal dikembangkan, dengan kouchi menginginkan topeng untuk dimasukkan sebagai bagian. seri, merasa perlu untuk itu menjadi pertunjukan Sunrise, dan Clamp menginginkan desain unik yang belum pernah terlihat di seri Sunrise mana pun (topeng tersebut dijuluki "tulip" karena desainnya yang khas).

Konsep untuk Geass mungkin telah terinspirasi oleh legenda Irlandia dan Welsh tentang "Geas" atau "Geis". Geas adalah paksaan yang diberikan kepada seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Sementara geas itu sendiri tidak terletak pada spektrum apa pun, manfaat atau tindakannya mungkin sangat baik atau jahat. Konsep ini cocok dengan dunia fiksi yang lebih luas dan pengetahuannya tentang inspirasi Inggris.

Pengertian Code Geass[sunting | sunting sumber]

Geass (ギアス, Giasu) adalah kemampuan misterius yang didapat setelah mengikat kontrak dengan penyihir abadi (kata itu sendiri berpotensi sebagai sebuah korupsi yang disengaja atau geas geis, jenis magis kontrak di mitologi Irlandia).

Menurut bahasa Inggris edisi Newtype, kekuatan Geass memiliki sesuatu untuk dilakukan dengan keberadaan manusia dan dapat digunakan untuk merusak atau mengubah hampir segala hal. Geass disimbolkan dengan bentuk burung berwarna merah ketika aktif.

Kemampuan unik ini berbeda-beda jenisnya pada setiap orang. Geass biasa ditaruh pada salah satu mata.Semakin sering digunakan maka akan semakin kuat, lalu menjadi tak terkendali dan menyebar ke kedua mata.

Ketika Geass mencapai puncak kekuatannya, orang yang menerimanya akan mendapat 'Kode' penyihir abadi yang memberikan mereka kekuatan. Penyihir baru ini menerima tanda serta imunitas Geass lalu memberikan kontrak baru kepada orang lain, sementara penyihir abadi sebelumnya bisa mati (memasuki perputaran yang kekal). Proses ini tidak harus tetap, seperti yang terjadi pada C.C. dan V.V. jika dikehendaki.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Lelouch Lamperouge[sunting | sunting sumber]

Nama asli: Lelouch vi Britannia dikenal juga sebagai Zero, Demon King

Pemuda yang bersekolah di Ashford Academy ini dikenal oleh teman-temannya sebagai orang yang sangat santai. Lelouch sering membolos dan malah bermain catur (juga berjudi) bersama temannya Rivalz Cardemonde.

Namun sebenarnya, murid yang brilian ini hanya menyembunyikan jati dirinya yang sebenarnya. Ia sesungguhnya adalah pemimpin The Order of The Black Knights/Kuro no Kishidan yang dikenal sebagai Zero. Kharisma dan wibawa

Code Geass:
Lelouch of the Rebellion
Cover DVD Code Geass: Lelouch of the Rebellion Part 3 yang dirilis di Amerika Utara oleh Bandai Entertainment
コードギアス 反逆のルルーシュ
(Kōdo Giasu: Hangyaku no Rurūshu)
GenreMecha
Seri anime
Code Geass: Lelouch of the Rebellion
SutradaraGorō Taniguchi
Produser
  • Hiroshi Morotomi
  • Yoshitaka Kawaguchi
  • Takuo Minegishi
  • Atsushi Yukawa
SkenarioIchirō Ōkouchi
Hiroyuki Yoshino (Asisten)
Musik
  • Kōtarō Nakagawa
  • Hitomi Kuroishi
StudioSunrise
Pelisensi
Madman Entertainment
Kazé
Odex
Saluran
asli
JNN (MBS), Animax
Saluran bahasa Inggris
ABC2
TV5, Hero
Adult Swim
Tayang 5 Oktober 2006 28 Juli 2007
Episode25
Seri anime
Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2
SutradaraGorō Taniguchi
Produser
  • Hiroshi Morotomi
  • Yoshitaka Kawaguchi
  • Takuo Minegishi
  • Atsushi Yukawa
SkenarioIchirō Ōkouchi
Hiroyuki Yoshino (asisten)
Musik
  • Kōtarō Nakagawa
  • Hitomi Kuroishi
StudioSunrise
Pelisensi
Madman Entertainment
Kazé
Odex
Saluran
asli
JNN, Animax
Saluran bahasa Inggris
TV5, Hero
Adult Swim
Tayang 6 April 2008 28 September 2008
Episode25
Video animasi orisinal
Code Geass: Lelouch of the Rebellion
Edisi Spesial "Black Rebellion"
SutradaraGorō Taniguchi
SkenarioIchirō Ōkouchi
MusikKōtarō Nakagawa
Hitomi Kuroishi
StudioSunrise
Tayang22 Februari 2008
Durasi117 menit
Video animasi orisinal
Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2
Edisi Spesial "Zero Requiem"
SutradaraGorō Taniguchi
SkenarioIchirō Ōkouchi
MusikKōtarō Nakagawa
Hitomi Kuroishi
StudioSunrise
Tayang24 Juli 2009
Durasi117 menit
Novel ringan
Code Geass: Lelouch of the Rebellion
PengarangMamoru Iwasa
(Cerita Original oleh Gorō Taniguchi & Ichirō Ōkouchi)
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
Bandai Visual
MajalahThe Sneaker
DemografiShōnen
Terbit28 April 20071 Maret 2008
Volume5
Permainan
Code Geass: Lelouch of the Rebellion Lost Colors
GenreVisual novel
PlatformPlayStation 2
PlayStation Portable
Rilis
Novel ringan
Code Geass: Lelouch of the Rebellion Red Tracks
PengarangMamoru Iwasa
(Cerita Original oleh Gorō Taniguchi & Ichirō Ōkouchi)
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahThe Sneaker
DemografiShōnen
Terbit1 April 2008
Volume1
Novel ringan
Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2
PengarangMamoru Iwasa
(Cerita Original oleh Gorō Taniguchi & Ichirō Ōkouchi)
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahThe Sneaker
DemografiShōnen
Terbit1 Juni 20081 Maret 2009
Volume4
Manga
Code Geass: Lelouch of the Rebellion
PengarangMajiko!
(Cerita Original oleh Gorō Taniguchi & Ichirō Ōkouchi)
IlustratorMajiko!
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
Bandai Entertainment (kedaluwarsa)
MajalahMonthly Asuka
DemografiShōjo
Terbit20062010
Volume8
Manga
Code Geass: Suzaku of the Counterattack
PengarangAtsuro Yomino
(Cerita Original oleh Gorō Taniguchi & Ichirō Ōkouchi)
IlustratorAtsuro Yomino
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
Bandai Entertainment (kedaluwarsa)
MajalahBeans Ace
DemografiSeinen
Terbit20072008
Volume2
Manga
Code Geass: Nightmare of Nunnally
PengarangTakuma Tomomasa
(Cerita Original oleh Gorō Taniguchi & Ichirō Ōkouchi)
IlustratorTakuma Tomomasa
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
Bandai Entertainment (kedaluwarsa)
MajalahComp Ace
DemografiSeinen
Terbit20072009
Volume5
Manga
Code Geass: Tales of an Alternate Shogunate
PengarangGanjii
(Cerita Original oleg Gorō Taniguchi & Ichirō Ōkouchi)
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahKerokero Ace
DemografiShōnen
Terbit2010
Volume1
Manga
Code Geass: Renya of Darkness
PengarangTakuma Tomomasa
(Cerita Original oleh Gorō Taniguchi)
IlustratorTakuma Tomomasa
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahShōnen Ace
DemografiShōnen
Terbit26 Mei 201026 Agustus 2013
Volume7
Manga
Code Geass: Oz the Reflection
PengarangToujou Chika
Shigeru Morita
IlustratorToujou Chika
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahNewtype Ace
Comp Ace
DemografiShōnen
Terbit10 April 201226 Juli 2014
Volume5
Video animasi orisinal
Code Geass: Nunnally in Wonderland
SutradaraMakoto Baba
SkenarioYuuichi Nomura
MusikKotaro Nakagawa
StudioSunrise
Tayang27 Juli 2012
Durasi28 menit
Seri film anime
Code Geass: Akito the Exiled
SutradaraKazuki Akane
SkenarioHiroshi Ōnogi
Shigeru Morita
MusikIchiko Hashimoto
StudioSunrise
Pelisensi
Madman Entertainment
Dynit (Italy)
Tayang 4 Agustus 2012 6 Februari 2016
Film5
Manga
Code Geass: Oz the Reflection O2
PengarangToujou Chika
Shigeru Morita
IlustratorToujou Chika
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahComp Ace
DemografiShōnen
Terbit26 Agustus 2014 – sekarang
Volume2
 Portal anime dan manga

Lelouch membawanya maju ke depan dengan para Black Knights yang bersedia mati untuknya. Untuk mencapai tujuannya, Lelouch tidak segan-segan untuk membunuh orang, seperti ketika ia membunuh Pangeran Clovis yang merupakan saudara tirinya. Namun, dia menyesal telah membunuh Euphemia karena Lelouch menganggap salahnyalah Euphemia menjadi gila di bawah kendali Geass. Lelouch mengemudikan Knightmare Frame bernama Gawain bersama C.C. Gawain sebenarnya adalah Knightmare Frame milik Britannia yang dicuri oleh Zero dan Karen.

Tujuan Lelouch sebenarnya adalah menciptakan dunia yang damai untuk adiknya Nunnally. Karena itu, Lelouch akan menghancurkan dunia yang sekarang dan menciptakan dunia yang baru.

Di R2, ingatan Lelouch dihapus oleh Kaisar Britannia yang juga memiliki Geass dan ia pun menjalani hidup baru dengan "adik" barunya, Rolo.

Suzaku Kururugi[sunting | sunting sumber]

Dikenal juga sebagai Shiroi Shinigami (The White Reaper), The Traitorous Knight

Kururugi Suzaku adalah sahabat Lelouch sejak kecil, dan juga anak dari mantan Perdana Menteri Jepang yang sebelumnya, Kururugi Genbu. Meski demikian, Suzaku memilih untuk bergabung dengan pasukan Britannia. Ia memiliki Knightmare Frame buatan Llyod yang bernama Lancelot.

Sempat memiliki perasaan khusus pada Euphemia, Suzaku marah besar kepada Zero yang telah membunuh Euphemia. Belakangan diketahui bahwa Suzaku ternyata membunuh ayahnya sendiri karena sang ayah tidak mau berhenti melawan Britannia meski tidak ada kesempatan menang. Suzaku sangat syok ketika mengetahui bahwa Lelouch adalah Zero yang sangat dibencinya. Suzaku yang syok berat kemudian mengangkat pistolnya untuk menembak Lelouch.

Di Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2, diketahui bahwa Suzaku berhasil menangkap Lelouch dan membawanya ke depan kaisar Britannia. Suzaku kemudian meminta Sang Kaisar untuk mengangkatnya sebagai anggota Knight of Rounds karena telah berhasil membawa Zero. Perubahan sifat Suzaku amat kentara di R2, dimana dia menjadi jarang tersenyum. Posisi yang diterimanya di Knight of Rounds adalah Knight of Seven. Tetapi, setelah Lelouch menjadi kaisar Britannia, dia mendapat posisi baru yaitu sebagai Knight of Zero yang memiliki kedudukan tertinggi di antara semua Knight dengan Knightmare Frame barunya yang bernama Lancelot Albion.

C.C.[sunting | sunting sumber]

Dikenal sebagai Gray Witch

Gadis misterius berambut hijau yang memberikan kekuatan Geass pada Lelouch. C.C. tampak seperti gadis berusia 16 tahun, tetapi dia telah hidup sejak lama sekali. Nama aslinya hanya diketahui Lelouch. C.C. juga memiliki kemampuan penyembuhan yang luar biasa, bahkan bisa dibilang bahwa gadis ini immortal/abadi. C.C. tidak ingin Lelouch mengetahui masa lalunya karena takut akan ditinggalkan Lelouch seperti orang-orang sebelumnya.

Pada akhirnya, C.C. memberitahu Lelouch bahwa dia selalu sendiri karena hidup terlalu lama dan telah melupakan orang-orang yang mencintai ataupun membencinya karena dia adalah seorang penyihir. Lelouch berkata bahwa C.C. tidak sendirian, dan apabila C.C. adalah penyihir, maka dia adalah Raja Penyihir. C.C. yang tersentuh dengan perkataan Lelouch akhirnya menyuruh Lelouch pergi demi menyelamatkan Nunnally yang diculik oleh V.V. Sebelum Lelouch pergi, C.C. menciumnya dan pergi melawan Jeremiah sendirian menggunakan Gawain yang sudah rusak lumayan parah. Pada akhirnya, C.C. dan Jeremiah tenggelam ke laut dan tidak diketahui nasibnya. Di R2, C.C. muncul kembali bersama Kallen beserta sisa-sisa anggota Black Knights lainnya untuk mencari Lelouch.

Nunnally[sunting | sunting sumber]

Nama asli: Nunnally vi Britannia

Adik dari Lelouch sejak kematian ibunya. Ia mengalami trauma mental dan fisik yang cukup berat sampai-sampai ia menjadi buta. Sangat menghargai orang lain dan menyukai budaya Jepang. Meskipun polos dan lucu, karakter ini adalah salah satu karakter yang kontroversial. Bahkan CLAMP membuat salah satu seri dari Code Geass, yaitu Code Geass: Nightmare of Nunnally yang menceritakan kegilaan Nunnally yang sangat membenci Britania sampai-sampai rela membunuh setiap orang Britania yang ditemuinya. Dalam seri ini ia juga mengendarai Knightmare Frame. Pada R2 tidak dinyatakan dengan jelas apa yang terjadi pada Nunally.

Kallen Stadtfeld/Kouzuki Karen[sunting | sunting sumber]

Kallen berdarah setengah Britannia dan setengah Jepang, namun bersikeras bahwa dirinya adalah orang Jepang dikarenakan kebenciannya terhadap Britannia. Kallen juga merupakan anggota dari Order of the Black Knights serta tangan kanan Zero. Ia tidak mengetahui bahwa Lelouch yang merupakan teman sekelasnya adalah Zero yang sangat dihormatinya. Ibu tiri dan ibu kandungnya hidup di rumah yang sama. Ironisnya, ibu kandungnya bekerja di rumah Karen sebagai pembantu. Kallen adalah pilot Knightmare Frame yang sangat handal. Ia mengemudikan Guren Nishiki dan seri ketika melawan Suzaku dengan Lancelot-nya.

Kallen adalah salah satu dari sedikit orang yang mengetahui bahwa Suzaku lah yang telah membunuh ayahnya sendiri.

Rolo Lamperouge/Rolo Halliburton[sunting | sunting sumber]

Rolo adalah "adik" dari Lelouch di Code Geass R2. Sebenarnya, dia adalah seorang pembunuh yang ditugaskan untuk mengawasi dan membunuh Lelouch kalau-kalau Lelouch mendapatkan ingatannya kembali dan menjadi Zero untuk yang kedua kalinya. Akan tetapi, karena Rolo merasakan kasih sayang bak keluarga dari Lelouch, dia lalu memihak Lelouch. Meski akhirnya Rolo mati karena terlalu banyak menggunakan Geass-nya demi melindungi Lelouch, Rolo tidak menyesal. Dia senang karena dapat melakukan tindakan terakhirnya sebagai seorang manusia, bukan sebagai pembunuh.

Kesetiaan dan cintanya Rolo pada Lelouch tidak tanggung-tanggung. Dia akan membunuh semua musuh yang dianggapnya berbahaya, bahkan anak kecil sekalipun, meski dengan konsekuensi: Rolo yang semula memang menggantikan Nunnally cemas jika seandainya Lelouch tak lagi menganggapnya adik. Ia lalu membunuh semua orang yang mencintai Lelouch, seperti Shirley (dia bahkan juga mencoba membunuh Nunnally).

The Black Knights (Kuro no Kishidan)[sunting | sunting sumber]

Black Knights adalah organisasi bentukan Zero alias Lelouch yang bertujuan untuk mengusir Britannia dari Jepang. Ini merupakan organisasi militer semiteroris yang ia bentuk dari sisa-sisa grup teroris pimpinan Kaname Ougi. Dengan mengatasnamakan keadilan, organisasi ini berhasil mendapatkan dukungan dari hampir seluruh masyarakat Jepang. Mereka sangat dikagumi oleh Elevens, namun ditakuti oleh para Britannian. Dengan bertambahnya anggota seperti Toudou dari Shisei-ken beserta anak buahnya, serta bantuan dari Kyoto yang menyumbangkan banyak uang beserta Knightmare Frame, Black Knights pun semakin bertambah kuat.

Zero berkata bahwa Black Knights akan membantu orang-orang lemah yang disiksa oleh orang yang lebih kuat.

Kaname Ougi[sunting | sunting sumber]

Deputi Komandan Black Knights. Dia adalah teman dari kakak Kallen, Naoto. Dia pernah menemukan serta menyelamatkan Villetta Nu yang pingsan setelah ditembak oleh Shirley. Setelah Festival Ashford berakhir, sepertinya mereka telah menjadi sepasang kekasih. Namun, Villetta mendapatkan kembali ingatannya dan menembak Ougi ketika mereka sedang berbicara. Ougi yang terluka karena ditembak Villetta kemudian menyuruh Kallen untuk membuntuti Lancelot yang tengah mengejar Zero.

Kyoushiro Toudou[sunting | sunting sumber]

Mantan Jenderal Jepang. Ia juga dikenal sebagai "Kiseki no Toudou" atau "Toudou the Miracle" karena dialah satu-satunya orang Jepang yang berhasil menang melawan pasukan Britannia berkat strateginya. Ia diselamatkan Zero ketika akan dihukum mati oleh Pasukan Britannia. Akhirnya, Toudou dan Shisei-ken bergabung dengan Black Knights. Dulunya, dia adalah guru dari Suzaku. Knightmare miliknya bernama Zangetsu.

Li Xingke[sunting | sunting sumber]

Tangan kanan Lelouch dalam memimpin Order of Black Knights. Ia pertama muncul saat Britannia mencoba mengikat perjanjian dengan China sebagai pengawal dari High Eunuch. Ia memiliki kemampuan taktis yang sempat membuat Lelouch kewalahan dan juga seorang Devicer yang handal. Lelouch pernah berkomentar bahwa Li Xingke memiliki kecerdasan seperti dirinya dan keberanian seperti Suzaku.

Li Xingke adalah pengawal setia dari ratu China, Tianzi. Mereka pertama bertemu saat Tianzi menyelamatkan Xingke yang hampir dieksekusi karena memberi makanan dan obat-obatan kepada tahanan kerajaan. Xingke pernah mengucap janji pada sang ratu bahwa ia akan membuatnya bisa melihat dunia dibalik tembok Forbidden City dimana Tianzi selalu tinggal.

Nagisa Chiba[sunting | sunting sumber]

Anggota perempuan di Black Knights. Dia pengagum Toudou.

Kosetsu Urabe[sunting | sunting sumber]

Laki-laki berambut biru yang merupakan anggota Shisei-ken.

Ryouga Senba[sunting | sunting sumber]

Pemimpin skuadron kedua Black Knights. Juga merupakan anggota tertua Shisei-ken.

Shogo Asahina[sunting | sunting sumber]

Pemimpin skuadron pertama Black Knights. Memakai kacamata. Dia adalah salah satu orang pertama yang mencurigai tujuan sebenarnya dari Lelouch membentuk Black Knights.

Lakshata Chawla[sunting | sunting sumber]

Wanita asal India yang membantu Order of Black Knights dengan menciptakan dan mengembangkan Knightmare. Knightmare yang paling ia sayangi adalah Guren Series yang diberikan Zero kepada Kallen. Ia adalah salah seorang ilmuan Knightmare yang terbaik, bahkan bisa menciptakan Guren MK-II yang diakui oleh Lloyd sendiri sebagai Knightmare yang lebih unggul dibandingkan Lancelot Albion.

Dulunya, Lakshata adalah teman sekerja Lloyd dan Cecile dalam menciptakan Knightmare bagi Britannia, namun sebuah insiden terjadi antara dia dan Lloyd yang membuatnya dendam dan keluar. Dia juga menyatakan bahwa ia membantu Order of Black Knights hanya karena ia bisa bersaing membuat Knightmare dengan Lloyd. Dendamnya masih membara hingga akhir anime dimana ia menyebut Lloyd sebagai 'Purin Hakushaku' (lit. Pangeran Puding) yang merujuk pada awal permasalahan mereka. Cecile sendiri berkomentar bahwa sebenarnya 'insiden' antara mereka berdua sebenarnya hanyalah sebuah hal kecil dan menjadi titik perubahan bagi Lakshata dan Lloyd.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]