Summer Wars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Perang Musim Panas" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain, lihat Perang Musim Panas (disambiguasi).
Summer Wars
Summer-wars-poster.jpg
Produser Nozomu Takahashi Takuya Ito Takashi Watanabe Yuichiro Saito
Penulis Mamoru Hosoda
Pemeran Ryunosuke Kamiki
Musik Akihiko Matsumoto
Distributor Warner Bros. Pictures
Durasi 144 menit

Perang Musim Panas ( サマー ウォーズ SAMA Wōzu?) adalah Film 2009 Jepang anime film fiksi ilmiah disutradarai oleh Mamoru Hosoda, yang dijiwai oleh Madhouse dan didistribusikan oleh Warner Bros Pictures. Pengisi suara film termasuk Ryunosuke Kamiki, Nanami Sakuraba, Mitsuki Tanimura, Sumiko Fuji dan Ayumu Saito. Film ini bercerita tentang Kenji Koiso, 1/11 kelas jenius matematika pemalu yang dibawa ke Ueda oleh siswa kelas dua belas, Natsuki Shinohara untuk merayakan ulang tahun ke-90 nenek buyutnya. Namun, ia dituduh terlibat dalam hacking dari dunia maya oleh kecerdasan buatan. Kenji harus memperbaiki kerusakan yang dilakukan di dunia maya dan dia harus menemukan cara untuk menghentikan kecerdasan buatan yang menyebabkan kerusakan selanjutnya.Film ini dikemas dengan cerita yang bagus namun sederhana,banyak drama keluarga yang terjadi di film ini.Romansa,aksi,dan drama adalah hal yang dikemas sangat baik oleh sutradara.

Setelah memproduksi The Girl Who Leapt Through Time, Madhouse diminta untuk memproduksi film berikutnya. Hosoda dan penulis Satoko Okudera menyusun sebuah cerita tentang jaringan sosial dan koneksi orang asing dengan keluarga. Kota Ueda terpilih sebagai setting untuk Summer Wars, sebagai bagian dari wilayahnya yang pernah dipimpin oleh Klan Sanada dan dekat dengan tempat kelahiran Hosoda di Toyama. Hosoda menggunakan klan sebagai dasar untuk keluarga Jinnouchi setelah mengunjungi rumah tunangan di Ueda.

Produksi Summer Wars dimulai pada tahun 2006. Art director,Youji Takeshige memasukkan desain rumah Jepang sebagai latar belakangnya. Hosoda juga bersikeras bahwa 80 anggota keluarga itu harus dimasukkan sebagai karakter utama. Proyek ini pertama kali diumumkan pada 2008 di 'Tokyo International Anime Fair ' dan trailer pertama film ini dirilis pada bulan April 2009. Antusias penonton terdorong dari mana-mana,terutama dari mulut ke mulut dan Internet.Sebuah manga dari adaptasi film ini ditulis oleh Iqura Sugimoto dan mulai serialisasi pada bulan Juli 2009.

Summer Wars ditayangkan perdana di Jepang pada tanggal 1 Agustus 2009. Ini meraup lebih dari US $ 1 juta pada akhir pekan pembukaannya di 127 bioskop dan peringkat No 7 di box office. Film ini diterima dengan baik oleh kritikus dan penonton umum dan sukses secara finansial, penghasilan $ 18.000.000 di seluruh dunia. Ia memenangkan beberapa penghargaan seperti tahun 2010 di 'Japan Academy Prize for Animation of the Year','Japan Media Arts Festival's Animation Division Grand Prize tahun 2010, 'Anaheim International Film Festival's Audience Award' sebagai Animasi Terbaik dan nominasi 'Golden Leopard Award' di Locarno International Film Festival tahun 2009.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kenji Koiso (Ryunosuke Kamiki) adalah siswa SMA muda,diberkahi kehebata dalam matematika dan pekerja paruh waktu sebagai moderator di simulasi komputer virtual reality besar dunia bernama OZ bersama dengan temannya Takashi Sakuma (Takahiro Yokokawa).

Satu hari,Kenji diajak oleh Natsuki Shinohara (Nanami Sakuraba) untuk ikut dalam ulang tahun ke-90 nenek buyutnya,Sakae Jinnouchi (Sumiko Fuji).Mereka sampai di rumah milik nenek buyut Natsuki .Di sana, Natsuki memperkenalkan Kenji sebagai tunangannya ke nenek buyutnya. Kenji juga bertemu beberapa kerabat Natsuki dan menemukan bahwa keluarga Jinnouchi adalah keturunan dari seorang samurai yang menantang klan Tokugawa pada tahun 1615. Dia juga bertemu Wabisuke Jinnouchi (Ayumu Saito), paman tiri Natsuki dan seorang ahli komputer yang telah tinggal di Amerika Serikat semenjak mencuri kekayaan keluarga 10 tahun yang lalu.

Suatu malam,Kenji menerima e-mail dengan kode matematika dan berhasil memecahkannya.Namun,Love Machine, sebuah kecerdasan buatan di OZ , mencuri akun Kenji dan avatarnya untuk menyerang infrastruktur di OZ, menyebabkan kerusakan yang cukup luas. Kenji, sepupu Natsuki bernama Kazuma Ikezawa (Mitsuki Tanimura) dan Sakuma harus menghadapi Love Machine.Bagaimana mereka mengalahkannya?Film ini membuktikan kekuatan keluarga dalam menghadapi masalah dan keluargalah yang mampu mengalahkan Love Machine.