The Cat Returns

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Cat Returns
Berkas:Cat Returns.jpg
Poster rilis pada teater Jepang
Sutradara
Produser
Penulis
Penulis skenarioReiko Yoshida
Didasarkan
dari
The Cat Returns
oleh Aoi Hiiragi
PemeranChizuru Ikewaki
Yoshihiko Hakamada
Tetsu Watanabe
Yosuke Saito
Aki Maeda
Tetsurō Tamba
Penata musikYuji Nomi
SinematograferKentaro Takahashi
PenyuntingMegumi Uchida
Perusahaan
produksi
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 20 Juli 2002 (2002-07-20)
Durasi75 menit
Negara
Bahasa
Anggaran$20 juta
Pendapatan
kotor
$54 juta[1][2]

The Cat Returns (猫の恩返し, Neko no Ongaeshi, lit. "Balasan Para Kucing") merupakan sebuah film animasi fantasi Jepang yang dirilis pada tahun 2002 [3] oleh Studio Ghibli dan ditulis Reiko Yoshida berdasarkan manga The Cat Returns karya Aoi Hiiragi. Film ini disutradarai Hiroyuki Morita dan diproduseri Toshio Suzuki dan Nozomu Takahashi. Ini menjadi film Hiroyuki Morita yang pertama dan satu-satunya selama menjadi sutradara dari Studio Ghibli.

Produksi film animasi ini ditujukan kepada berbagai media siar seperti Tokuma Shoten, Nippon Television Network, Hakuhodo, Buena Vista Home Entertainment, Mitsubishi, dan Toho, serta didistribusikan oleh berbagai perusahaan lainnya. Film ini dibintangi oleh Chizuru Ikewaki, Yoshihiko Hakamada, Tetsu Watanabe, Yosuke Saito, Aki Maeda, dan Tetsurō Tamba, dengan iringan musik oleh Yuji Nomi.

Sebagai sekuel dari Whisper of the Heart, film animasi ini dirilis di bioskop Jepang pada 20 Juli 2002 melalui Toho, dan dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2005 melalui Walt Disney Home Entertainment.[4] Film ini berhasil meraih Penghargaan Unggulan pada Festival Seni Media Jepang 2002. Di bawah kontrak lisensi Studio Ghibli, GKIDS kembali merilis ulang film tersebut dalam bentuk Blu-ray dan DVD pada 16 Januari 2018.[5]

Alur[sunting | sunting sumber]

Kisah ini menceritakan tokoh utama bernama Haru Yoshioka, seorang gadis sekolah menengah yang pendiam dan pemalu, serta memiliki kemampuan untuk berbicara dengan kucing. Suatu hari, dia menyelamatkan seekor kucing yang hampir tertabrak truk di jalanan yang sibuk. Ternyata, Kucing yang dia selamatkan adalah Lune, Sang Pangeran Kerajaan Kucing. Sebagai ungkapan rasa terima kasih, para kucing memberi hadiah catnip dan tikus kepada Haru dan dia ditawari untuk dinikahkan dengan Pangeran Kucing itu. Haru menanggapinya dengan ragu. Namun, ungkapan itu malah dianggap sebagai sebuah persetujuan bagi para kucing.

Haru yang tak sepenuhnya setuju dengan hal itu, kemudian mendengar suara kucing betina yang menyuruhnya untuk mencari seekor kucing putih besar bernama Muta, dan meminta petunjuk arah menuju Biro Kucing darinya. Setelah menemuinya, Muta menemani Haru menuju Biro Kucing untuk bertemu Baron Humbert von Gikkingen (Baron yang sama dari Whisper of the Heart), sesosok patung kucing yang diberi kehidupan oleh pembuatnya. Dia juga bertemu Toto, seekor gagak hitam yang hidup layaknya Baron. Setelah mereka bertemu, Haru dan Muta digiring secara paksa oleh segerombolan tentara kucing menuju dunia Kerajaan Kucing. Toto dan Baron yang tertinggal di dunia manusia pun mengikuti gerombolan itu dari udara. Mereka menemukan portal sebagai pintu masuk ke dunia Kerajaan Kucing di Bumi, yakni lima danau yang berbentuk kaki kucing.

Di kastil Kerajaan Kucing, Haru disuguhi jamuan pesta. Perlahan tubuhnya mulai berubah menjadi sosok kucing kecokelatan, lengkap dengan cakar, telinga, hidung, ekor, dan kumis. Dia juga secara sekilas tampak bertaring, meskipun sebagian besar dirinya masih berwujud manusia. Raja Kucing mengharapkan dirinya akan menjadi pengantin yang cocok untuk Pangeran Kucing. Baron datang dengan menyamar di pesta itu dan menari dengan Haru sebagai bagian dari hiburan. Baron mengingatkannya bahwa semakin dia kehilangan dirinya di kerajaan itu, dia akan berubah menjadi seekor kucing sepenuhnya, sehingga dia harus segera menemukan kembali jati dirinya yang sebenarnya. Ketika Baron diciduk dan dipaksa untuk melawan para penjaga, dia dan Haru dibantu oleh Yuki, seekor kucing betina putih pelayan istana yang sebelumnya telah memperingatkan Haru untuk meninggalkan Kerajaan Kucing. Setelah Yuki menunjukkan terowongan untuk ke luar, Haru, Baron, dan Muta, menembus labirin ke menara yang berisikan portal untuk kembali ke dunia Haru. Raja Kucing tetap berencana untuk menjadikan Haru sebagai menantunya, sehingga dia berusaha dengan berbagai cara untuk menahan mereka di Kerajaan Kucing selama mungkin, agar Haru tetap terperangkap dalam wujudnya sebagai kucing.

Pangeran Lune, yang baru saja kembali ke Kerajaan Kucing bersama pengawalnya, mengungkapkan bahwa Raja Kucing sebagai ayahnya tidak berhak mengambil keputusan atas nama dirinya. Dia sama sekali tidak memiliki keinginan untuk menikahi Haru, malah berencana melamar Yuki. Sosok Muta kemudian diungkap sebagai Renaldo Moon, seorang penjahat terkenal di kerajaan itu yang melahap seluruh ikan di danau dalam satu suap. Haru akhirnya mengetahui bahwa Yuki merupakan kucing betina yang sebelumnya menasihatinya untuk pergi ke Biro Kucing. Di masa kecilnya, Haru ternyata pernah menyelamatkan Yuki dari kelaparan dengan memberinya kerupuk ikan yang dia makan saat itu. Dengan demikian, Yuki sekarang telah membalas kebaikannya. Setelah Haru menolak permintaan Raja Kucing secara langsung, Muta berkata bahwa dirinya sangat menghormati seorang wanita yang membela dirinya sendiri. Muta kemudian lanjut membantunya melarikan diri dari tentara Raja Kucing.

Baron, Haru, dan Muta, melarikan diri dari dunia kucing dengan bantuan Pangeran Lune dan Toto. Haru menemukan jati dirinya yang sebenarnya, serta memberi tahu Baron betapa dirinya menyukainya. Baron memberitahunya bahwa pintu Biro Kucing akan terbuka lagi untuknya jika diperlukan. Haru kembali ke dunia manusia dengan lebih percaya diri. Terlebih setelah dirinya belajar dari temannya, Hiromi, bahwa saat orang yang ia kagumi telah putus dengan pacarnya, dia hanya menjawab "itu tidak penting lagi."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tokoh Pengisi suara Jepang Aktor sulih suara bahasa Inggris
Haru Yoshioka Chizuru Ikewaki Anne Hathaway
Baron Humbert von Gikkingen Yoshihiko Hakamada Cary Elwes
Muta / Renaldo Moon Tetsu Watanabe Peter Boyle
Toto Yōsuke Saitō Elliott Gould
Raja Kucing Tetsurō Tanba Tim Kari
Pangeran Lune Takayuki Yamada Andrew Bevis
Yuki Aki Maeda Judy Greer
Natori Kenta Satoi René Auberjonois
Natoru Mari Hamada Andy Richter
Naoko Yoshioka Kumiko Oke Kristine Sutherland
Hiromi Hitomi Satō Kristen Bell

Yōko Honna sebagai pemeran suara Shizuku dalam film Whisper of the Heart menjadi pemeran suara minor dalam film ini sebagai Chika, salah satu teman sekelas Haru.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Judul DVD Jepang dari film The Cat Returns .

Studio Ghibli merilis film berjudul Whisper of the Heart di tahun 1995, berdasarkan manga karya Aoi Hiiragi, yang menceritakan kisah seorang gadis yang menulis novel fantasi. Meskipun gadis itu tidak memiliki unsur keajaiban dalam hidupnya, film ini tetap menampilkan beberapa adegan fantasi secara kilas, di mana gadis itu menulis Baron sebagai karakter novelnya. Tokoh Baron menjadi sangat populer sehingga sekuel tentang tokoh ini pun dibuat, dengan menampilkan tokoh Baron dan gadis sekolah menengah lainnya yang bernama Haru. Tokoh Muta juga kembali pada sekuel ini.

The Cat Returns menjadi "Proyek Kucing" yang dimulai pada tahun 1999, atas permintaan salah satu taman hiburan Jepang kepada Studio Ghibli untuk membuat film pendek berdurasi 20 menit dengan tokoh kucing sebagai bintang utamanya. Adapun tiga unsur utama yang diinginkan Hayao Miyazaki dalam film pendek ini, yakni karakter Baron, karakter Muta (yang berperan sebagai Moon pada film sebelumnya), dan latar tempat berupa toko barang antik yang misterius. Hiiragi kemudian ditugaskan untuk membuat manga versi pendek yang setara dengan gagasan film tersebut, dengan judul Baron: The Cat Returns (バロン 猫の男爵, Baron: Neko no Danshaku, lit. Baron: Si Baron Kucing). Manga tersebut diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Viz Media.

Pada akhirnya, gagasan proyek tersebut dibatalkan oleh pihak taman hiburan sebelumnya, sehingga Miyazaki mengambil alih "Proyek Kucing" itu dan melanjutkannya sebagai bentuk pengujian bagi para direktur Ghibli di masa depan. Berbagai perubahan pun dilakukan, termasuk pada perubahan durasi film pendek tersebut yang menjadi 45 menit. Tanggung jawab mengenai bidang animasi diserahkan kepada Hiroyuki Morita, yang baru saja berpengalaman untuk terjun sebagai animator untuk film My Neighbors the Yamadas di tahun 1999. Dalam kurun waktu sembilan bulan, dia menerjemahkan cerita Baron karya Hiiragi ke dalam 525 halaman papan cerita sebagai gambaran awal rancangan The Cat Returns. Miyazaki dan Toshio Suzuki akhirnya memutuskan untuk memproduksi film fitur secara utuh berdasarkan keseluruhan papan cerita Morita. Hal ini dikarenakan Haru sebagai karakter utama memiliki "rasa yang dapat dipercaya". Film ini sekaligus menjadi fitur kedua karya Studio Ghibli (ketiga secara keseluruhan) yang tayang di teater dengan sutradara selain Miyazaki atau Isao Takahata. Beberapa perusahaan lain seperti Telecom Animation Film, Production IG, dan DR Movie, juga ikut berpartisipasi dalam menganimasikan film tersebut.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Film yang dirilis pada 19 Juli 2002 ini meraih nominasi sebagai film domestik terlaris di Jepang pada tahun 2002 [6] dan film terlaris urutan ke-7 pada tahun tersebut.[7] Film ini juga meraih posisi ke-86 sebagai film paling laris di Jepang per tanggal 5 Januari 2015, dengan keuntungan mencapai 6,46 miliar yen.[8]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Situs agregator ulasan Rotten Tomatoes menyatakan sebanyak 91% dari 23 ulasan positif untuk The Cat Returns, dengan peringkat rata-ratanya adalah 7.0/10. Kritikus pada situs tersebut menyatakan, "The Cat Returns dianimasikan dengan indah dan sangat menawan, dengan menawarkan petualangan anime yang cocok untuk mereka yang berusia muda dan berjiwa muda." [9] Sedangkan, Metacritic menyatakan film tersebut menerima "ulasan baik secara umum" dengan skor 70 dari 100 berdasarkan 11 kritik.[10]

Lisa Nesselson dari Variety mendeskripsikan film tersebut sebagai "hiburan yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa" dan menyoroti pada adegan akhir yang "sangat imajinatif".[11] Michael Booth dari The Denver Post menuliskan bahwa sutradara Morita "memiliki pemahaman yang sedikit lebih sederhana dan lebih realistis tentang kegilaan dunia daripada Miyazaki, dan The Cat Returns terlihat bergerak pada jalur yang berbeda, bagaikan memberi hormat kepada master animasi Jepang saat ini." [12] Neil Smith dari BBC mencatat bahwa walaupun film ini "masih kalah tanding dengan film pemenang Oscar 2003 Spirited Away ... The Cat Returns tetap merupakan dongeng berfantasi magis yang memesona dengan permainan surealismenya." [13]

Media lainnya[sunting | sunting sumber]

Film ini disulihsuarakan dalam bahasa Inggris oleh Walt Disney Pictures dengan suara Anne Hathaway, Cary Elwes, Peter Boyle, Elliott Gould, Tim Curry, Judy Greer, dan Kristen Bell. Bersamaan dengan Nausicaä of the Valley of the Wind dan Porco Rosso, versi sulih suara ini dibuat untuk perilisan DVD pada 22 Februari 2005. Walt Disney Studios Home Entertainment merilis versi Blu-ray di Amerika Serikat pada 16 Juni 2015, dan GKIDS merilis ulang film tersebut dalam bentuk DVD dan Blu-ray pada 16 Januari 2018.

Manga[sunting | sunting sumber]

Baron: The Cat Returns
GenreFantasi
Manga
PengarangAoi Hiiragi
PenerbitTokuma Shoten
Penerbit bahasa InggrisViz Media
MajalahAnimage
TerbitMay 2002
Volume1
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

 

Baron: The Cat Returns (バロン 猫の男爵, Baron: Neko no Danshaku) merupakan terbitan manga tahun 2002 yang ditulis oleh Aoi Hiiragi dan diterbitkan oleh Tokuma Shoten.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Neko no ongaeshi (The Cat Returns) (2002)". boxofficemojo.com. 
  2. ^ "Neko no ongaeshi (The Cat Returns)". boxofficemojo.com. 
  3. ^ "The Cat Returns Art Books & More". Viz Media. Diakses tanggal December 18, 2019. 
  4. ^ "Neko No Ongaeshi". www.bcdb.com, May 13, 2012
  5. ^ Carolyn Giardina (July 17, 2017). "Gkids, Studio Ghibli Ink Home Entertainment Deal". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 3, 2017. 
  6. ^ 2002年(平成14年)興収10億円以上番組 (PDF). www.eiren.org (dalam bahasa Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan, Inc. Diakses tanggal January 9, 2015. 
  7. ^ "2002 Japan Yearly Box Office Results". www.boxofficemojo.com. 
  8. ^ 歴代興収ベスト100. www.kogyotsushin.com (dalam bahasa Jepang). Kogyo Tsushinsha. January 5, 2015. Diakses tanggal January 9, 2015. 
  9. ^ "The Cat Returns (2002)". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal May 14, 2021. 
  10. ^ "The Cat Returns (2002)". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal January 14, 2021. 
  11. ^ Nesselson, Lisa (August 29, 2003). "The Cat Returns Review". Variety. Diakses tanggal January 14, 2021. 
  12. ^ Booth, Michael (June 18, 2007). "Cat Returns is gentle anime". The Denver Post. 
  13. ^ Smith, Neil (May 19, 2005). "The Cat Returns (Neko No Ongaeshi) (2005)". BBC. Diakses tanggal January 14, 2021. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Anime

Manga

Pranala luar[sunting | sunting sumber]