Toshio Suzuki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Toshio Suzuki (produser))

Toshio Suzuki
Suzuki di premier Venice dari Howl's Moving Castle tahun 2004
Lahir19 Agustus 1948 (umur 75)
Nagoya, Aichi, Jepang
PekerjaanManajer umum
Pelaksana studio

Toshio Suzuki (鈴木 敏夫, Suzuki Toshio, lahir 19 Agustus 1948) adalah seorang produser film anime dan seorang rekan lama dari Hayao Miyazaki, serta mantan presiden Studio Ghibli. Suzuki terkenal sebagai salah satu produser yang paling sukses di Jepang setelah keberhasilannya dalam box office (di Jepang) dari berbagai film garapan Ghibli.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Suzuki lahir di Nagoya, Prefektur Aichi pada tahun 1948. Pada tahun 1967 ia memulai masa kuliahnya di Universitas Keio dan lulus dengan gelar sastrawan pada tahun 1972.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier profesionalnya dimulai pada Tokuma Shoten, yang bergabung dengan perusahaan tersebut sesaat setelah lulus. Dia ditugaskan ke bagian perencanaan majalah hiburan Asahi Geino, di mana dia bertanggung jawab untuk membuat liputan halaman manga. Di sini ia melakukan pertemuan dengan kartunis Shigeru Sugiura. Pada tahun 1973 ia menjadi editor pelengkap majalah Comic & Comic (コミック&コミック, komiku & komiku), dan ia bekerja sekaligus berteman dengan sutradara film, seperti Sadao Nakajima, Eiichi Kudo dan Teruo Ishii, serta animator dan mangaka, seperti Osamu Tezuka, George Akiyama, Kazuo Kamimura, ja dan Shotaro Ishinomori. Selama hiatus dari editor komik ia dipindahkan ke seni pertunjukan untuk menampilkan bagian dari Asahi Geino, dimana ia mengcover topik beragam seperti Bōsōzoku, geng motor Jepang, dan pengeboman markas Mitsubishi Heavy Industries oleh Angkatan Bersenjata Anti Jepang Asia Timut. Sejak masa ini ia disebut sebagai ja seseorang yang tak terlupakan. Pada tahun 1975 Suzuki ditugaskan ke bagian editorial bulanan di ja. Salah satu serial yang ia kerjakan adalah Wakusei Robo Danguard Ace. Pada tahun 1978 ia menjadi editor dari majalah bulanan Animage, yang sebelumnya dipegang oleh pemimpin redaksi Hideo Ogata.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Produser[sunting | sunting sumber]

Produser penerbitan[sunting | sunting sumber]

Produser kolega[sunting | sunting sumber]

Komite produksi[sunting | sunting sumber]

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suzuki, Toshio (April 11, 2005). 映画道楽. National Diet Library (dalam bahasa Japanese). Tokyo: Pia Corporation. hlm. 60–69, 246–247. ISBN 978-4835615400. Diakses tanggal January 20, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]