Isekai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Isekai (bahasa Jepang: 異世界, terj. "dunia berbeda" atau "dunia lain") adalah subaliran dari novel ringan, manga, anime, dan permainan video Jepang. Pada awalnya Isekai termasuk aliran fantasi, tetapi seiring dengan perkembangan dan mulai ramai bermuculan novel ringan dan manga yang bertemakan Isekai dari tahun 2017 sampai sekarang, maka aliran Isekai pun muncul dan sering dijumpai banyak situs web baca daring.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Aliran isekai dapat dibagi menjadi dua jenis, "berpindah ke dunia lain" (異世界転移, isekai ten'i) dan "reinkarnasi ke dunia lain" (異世界転生, isekai tensei).[1]

Asal Usul[sunting | sunting sumber]

Konsep isekai berasal dari literatur Jepang kuno, khususnya cerita nelayan Urashima Tarō, yang dibawa ke kerajaan bawah laut setelah menyelamatkan seekor penyu.[2] Cerita rakyat ini diadaptasi menjadi salah satu film anime paling awal, Urashima Tarō karya Seitaro Kitayama, pada tahun 1918.[3]

Contoh Karya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "「異世界転生」「異世界転移」のキーワード設定に関して". Shōsetsuka ni Narou (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-08-24. 
  2. ^ "Why Are There So Many Parallel World Anime?". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-23. 
  3. ^ "Two Nine-Decade-Old Anime Films Discovered (Updated)". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-24. 
  4. ^ "Anime Isekai, Serunya Pindah Ke Dunia Lain!". Berita Budaya Populer. Diakses tanggal 2022-08-23.