Film kultus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Film kultus (bahasa Inggris: cult film) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut film yang memiliki sekelompok penggemar yang sangat berdedikasi untuk menonton film tersebut berulang kali, membedah dan membicarakan filmnya, dan memiliki keterikatan emosi yang kuat dengan film tersebut. Film kultus bisa jadi tidak laku di layar lebar, tetapi memiliki sejumlah penggemar setia. Tema cerita film kultus bisa jadi berbeda dengan film arus utama, bahkan menyimpang, eksentrik, atau ganjil.[1] Ada banyak pendapat perbeda mengenai kriteria suatu film kultus, tetapi umumnya disepakati bahwa film kultus memiliki keterlibatan aktif penonton. Seperti halnya suatu sekte (cult), penonton menikmati film bukan hanya dengan menontonnya, tetapi juga keterlibatan dalam ritual, semisal dalam bentuk festival film atau kopi darat antara penggemar.[2]

Kritikus film Ekky Imanjaya menyebutkan bahwa film kultus di Indonesia paling banyak diproduksi di masa Orde Baru.[3] Genre film kultus di masa tersebut banyak berkisar di film horor, film eksploitasi, dan film laga. Beberapa judul film kultus yang populer di antaranya adalah Ratu Ilmu Hitam (1981), Perawan Rimba (1982), dan Bercinta dengan Maut (1992).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ganjil dan Terasa Menyimpang, Itulah Film Cult". Tirto.ID. Diakses tanggal 2019-11-28. 
  2. ^ "What makes a cult film?". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-28. 
  3. ^ "The Other Side of Indonesia: New Order's Indonesian Exploitation Cinema as Cult Films". Cinema Poetica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-28.