Ratu Ilmu Hitam (film 1981)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ratu Ilmu Hitam)
Ratu Ilmu Hitam
SutradaraImam Tantowi
ProduserSabirin Kasdani
Ditulis olehSubagio Samtani
PemeranSuzanna
Alan Nuari
Sofia WD
Teddy Purba
Mien Brodjo
W.D. Mochtar
Doddy Sukma
Dorman Borisman
Siska Widowati
HIM Damsyik
Penata musikGatot Sudarto
SinematograferAsmawi
PenyuntingE. Mukhsin Hamzah
DistributorRapi Films
Tanggal rilis
14 Januari 1982
Durasi95 menit
NegaraIndonesia

Ratu Ilmu Hitam adalah film Indonesia tahun 1982 dengan disutradarai oleh Imam Tantowi dan dibintangi oleh Suzanna dan Alan Nuari.

Film ini mendapatkan nominasi untuk aktris terbaik (Suzanna), pemeran pembantu terbaik (W.D. Mochtar), penyunting terbaik, penata artistik terbaik, dan sinematografi terbaik dalam Festival Film Indonesia 1982.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suasana meriah pernikahan Baedah (Siska Widowati) dan Kohar (Alan Nuary) tiba-tiba kacau. Pengantin putri histeris ketakutan, Reog yang ditanggap mengamuk. Atas inisiatif para tetua, dipanggil dukun untuk mengatasi kekacauan itu. Dukun mengatakan bahwa yang membuat guna-guna ada di barat. Pernyataan ini membuat Kohar berprasangka pada Murni (Suzanna), bekas pacarnya. Bersama penduduk lain rumah Murni dibakar, dan Murni dibuang ke jurang. Murni diselamatkan Dukun Teluh bernama Gendon (W.D Mochtar), yang sebenarnya jadi sumber onar karena ingin balas dendam kepada Pak Kades (Doddy Sukma) dan seluruh penduduk desa akibat sakit hati karena kalah dalam Pemilihan Kepala Desa beberapa tahun sebelumnya. Murni yang pernah dinodai Kohar, dibujuk untuk balas dendam. Keadaan desa makin parah, sampai datang seorang pemuda dari Kota bernama Permana (Teddy Purba), seorang yang taat beragama, yang sudah lama mencari adiknya. Di akhir film akhirnya terkuak, Permana adalah kakak Murni, yang terpisah saat mereka masih kecil.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Ratu Ilmu Hitam[pranala nonaktif permanen], diakses pada 13 Januari 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]