Makoto Shinkai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Makoto Shinkai
Makoto Shinkhai in Moscow.JPG
Makoto Shinkai di Moskwa pada tahun 2013
Lahir Makoto Niitsu
9 Februari 1973 (umur 45)
Koumi, Nagano, Jepang
Pekerjaan Sutradara film, produser, penulis, animator, pengisi suara, seniman manga
Dikenal atas Voices of a Distant Star
The Place Promised in Our Early Days
5 Centimeters per Second
Children Who Chase Lost Voices
The Garden of Words
Your Name

Makoto Shinkai (新海 誠, Shinkai Makoto), lahir sebagai Makoto Niitsu (新津 誠, Niitsu Makoto, lahir di Koumi, Jepang, 9 Februari 1973; umur 45 tahun) merupakan seorang sutradara anime dan mantan perancang grafis yang berasal dari Jepang. Shinkai berasal dari Prefektur Nagano. Shinkai mempelajari sastra Jepang di Universitas Chuo dimana dia menjadi anggota dari klub sastra remaja. Dia mewujudkan keinginannya semasa sekolah untuk membuat manga, anime, dan novel. Anime favoritnya adalah Castle in the Sky oleh Hayao Miyazaki. Shinkai sering mendapat sebutan sebagai "Miyazaki Baru", tetapi ia sendiri menyebut perbandingan ini merupakan sesuatu yang berlebihan.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari Universitas Chuo pada tahun 1994, ia mendapat pekerjaan di Falcom, perusahaan permainan video tempat ia bekerja selama 5 tahun dengan membuat video klip untuk permainan dan desain grafis termasuk konten web. Dalam periode ini, ia bertemu dengan musisi Tenmon yang kemudian akan berkolaborasi dalam beberapa film yang dibuatnya.

Pada tahun 1999, Shinkai merilis She and Her Cat, animasi pendek berdurasi lima menit yang dibuat dalam monokrom. Animasi ini memenangkan beberapa penghargaan, termasuk grand prize pada kontes DoGA CG Animation tahun 2000. Animasi ini bercerita tentang kehidupan seekor kucing, seluruhnya dari sudut pandang kucing, dalam melewati waktu bersama pemiliknya, seorang wanita muda.

Setelah memenangkan grand prize, Shinkai melanjutkan pekerjaannya di Falcom. Beberapa bulan kemudian pada bulan Juni 2000, Shinkai terinspirasi untuk memulai Voices of a Distant Star dengan menggambar sebuah seorang gadis di kokpit menggenggam ponsel. Beberapa waktu kemudian, ia dihubungi oleh Mangazoo, yang menawarkan untuk "bekerja sama," menawarinya kesempatan untuk mengubah idenya menjadi sebuah anime yang dapat mereka jual. Pada Mei 2001, ia berhenti dari pekerjaannya di Falcom dan mulai bekerja pada Voices. Dalam sebuah wawancara, Shinkai mencatat bahwa produksi membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan.

Voices of a Distant Star diikuti dengan produksi film anime berdurasi 90 menit berjudul The Place Promised in Our Early Days, yang dirilis secara nasional di Jepang pada tanggal 20 November 2004. Film ini memenangkan banyak penghargaan. Proyek Shinkai berikutnya berjudul 5 Centimeters per Second dan tayang perdana pada 3 Maret 2007. Film ini terdiri dari tiga film pendek yang berjudul Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters Per Second. Total durasi film ini adalah 63 menit. Pada bulan September 2007, surat kabar terkemuka di Nagano, Shinano Mainichi Shinbun, merilis sebuah iklan TV animasi oleh Makoto Shinkai. Selain dari proyek-proyek sendiri, Shinkai juga membantu dalam animasi film pembuka novel visual untuk Minori, sebuah perusahaan yang memproduksi novel visual.

Shinkai menghabiskan tahun 2008 di London, beristirahat sejak selesainya 5 Centimeters per Second. Ia kembali ke Jepang pada tahun 2009 untuk mulai mengerjakan proyek berikutnya. Ia merilis dua gambar konsep untuk film ini pada bulan Desember 2009. Shinkai menyatakan bahwa film ini akan menjadi yang terpanjang dari film-film animasi yang ia produksi dan menggambarkan cerita yang "hidup" dengan petualangan, aksi, dan asmara berpusat pada seorang gadis yang ceria dan bersemangat dalam sebuah perjalanan untuk mengucapkan "selamat tinggal".[2] Pada November 2010, dia mengungkapkan bahwa pekerjaan berikutnya akan berjudul Children Who Chase Lost Voices from Deep Below. Film ini dirilis pada tanggal 7 Mei 2011.[3][4] Film berikutnya, Kotonoha no Niwa dirilis pada 31 Mei 2013. Pada tanggal 26 Agustus 2016, Kimi no Na wa. dirilis sebagai film animasi terbaru yang dirpoduksi oleh Shinkai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]