Cardcaptor Sakura Movie 2: The Sealed Card

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cardcaptor Sakura Movie 2: The Sealed Card
CCSMovie2-1-.jpg
Sampul DVD Cardcaptor Sakura Movie 2: The Sealed Card di Jepang
Sutradara Morio Asaka
Produser Kazuhiko Ikeguchi
Kouichi Tsurunari
Shinji Komori
Tatsuya Ono
Tsuyoshi Yoshida
Penulis Nanase Ōkawa
Pemeran Sakura Tange
Aya Hisakawa
Masaya Onosaka
Motoko Kumai
Junko Iwao
Tomokazu Seki
Megumi Ogata
Yukana Nogami
Nozomu Sasaki
Maaya Sakamoto
Musik Takayuki Negishi
Penyunting Harutoshi Ogata
Distributor Bandai Visual
Shochiku
Tanggal rilis
15 Juli 2000
Durasi
79 menit
Negara Jepang
Bahasa Jepang

Cardcaptor Sakura Movie 2: The Sealed Card (劇場版カードキャプターさくら 封印されたカード Gekijōban Kādokyaputā Sakura Fūin Sareta Kādo?) adalah film kedua anime berdasarkan serial televisi anime Cardcaptor Sakura yang dibuat oleh Clamp. Film animasi ini diproduksi oleh Madhouse, yang disutradarai oleh Morio Asaka dan ditulis oleh Nanase Ōkawa (pemimpin penulis Clamp).

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Rumah Eriol Hiiragizawa dibongkar untuk memperluas taman hiburan baru di Tomoeda, dan mengaktifkan Kartu Clow, The Nothing, yang tersembunyi di bawah rumah tersebut. Setelah taman dibangun, kartu tersebut bersembunyi di menara jam dan mulai diam-diam mencuri kartu lain dari Sakura Kinomoto. Sakura dan teman baiknya Tomoyo Daidoji mengunjungi taman hiburan tersebut, dan merasakan aura magis. Ketika berada di taman, dia menabrak Syaoran dan Meiling Li yang kembali berkunjung, tempat Tomoyo dan Meiling merencanakan sesuatu agar Sakura mengakui perasaannya kepada Syaoran.

Tomoyo dan Meiling cepat-cepat pergi dari tempat tersebut, meninggalkan Sakura sendiri bersama Syaoran untuk makan malam. Dia mencoba untuk mengakui, tetapi berulang kali diganggu oleh Kartu Clow yang menjaga Kero, dan kemudian kedatangan kakaknya Toya dan temannya Yukito Tsukishiro. Mereka memperhatikan bahwa benda-benda di Tomoeda lenyap, termasuk jembatan di taman. Sakura, Syaoran, Tomoyo dan Meiling menghabiskan satu hari di taman hiburan, di mana Sakura dan Syaoran melihat salah satu Kartu Clow menghilang dan mengejar auranya hingga ke aula cermin tempat mereka menemukan The Nothing yang mencuri beberapa kartu lagi.

Sakura dan Kero dihubungi oleh Eriol dari Inggris, yang menjelaskan bahwa The Nothing diciptakan untuk menyeimbangkan sihir positif dari Kartu Clow dengan sihir negatifnya sendiri. Kartu ini muncul karena Sakura mengganti kekuatan kartu dari Clow Reed menjadi miliknya, dan setiap kali kartu itu mencuri kartu, kekuatannya menghapus benda-benda dari Tomoeda. Eriol memperingatkan Sakura bahwa ketika dia menyegel kartu ini, perasaan terhebatnya pada saat itu, yaitu cintanya pada Syaoran, akan terhapus sebagai pembayaran. Sakura memberitahu Syaoran, tetapi dia sadar bahwa itu adalah satu-satunya pilihan mereka. Sakura menangis, tetapi dihibur oleh Yue.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Film ini berisi 32 lagu-lagu tema instrumental dan trek vokal yang digunakan di dalam film Cardcaptor Sakura Movie 2: Soundtrack Original Sealed Card dan dirilis di Jepang pada tanggal 2 Agustus 2000 oleh Victor Entertainment.

Penerimaan publik[sunting | sunting sumber]

Ridwan Khan mencatat bahwa film tersebut membutuhkan pengetahuan tentang cerita di Cardcaptor Sakura musim kedua.[1] Chris Beveridge menyebutkan bahwa film ini meskipun memuji penutupannya, namun ia mengatakan bahwa terkadang alur ceritanya itu berulang-ulang. Beveridge juga menikmati acara khusus Kero-Chan Theatrical Event adalah tambahan terbaik.[2][3] Allen Divers dari Anime News Network mencatat bahwa suara bahasa Inggris lebih dekat ke bahasa Jepang daripada suara bahasa Inggris sebelumnya, bahkan dengan ekspresi Sakura, "Hoe!", dan pengisi suara melakukan pekerjaan yang hebat dalam mencocokkan emosi orang asli Jepang. Dia merasa bahwa film itu merupakan karya yang memuaskan untuk serial ini.[4] THEM Anime merasa bahwa alur cerita film lebih penting daripada alur cerita film pertama, dan ia menikmati dua alur cerita Sakura dan kartu terakhir.[5] Film Cardcaptor Sakura kedua juga memenangkan Feature Film Award pada Animation Kobe 2000.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Khan, Ridwan (January 2004). "Cardcaptor Sakura Movie 2: The Sealed Card". Animefringe. Diakses tanggal September 26, 2010. 
  2. ^ Beveridge, Chris (November 10, 2003). "Cardcaptor Sakura The Movie 2: The Sealed Card". Mania. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 7, 2009. Diakses tanggal December 14, 2015. 
  3. ^ Beveridge, Chris (November 14, 2003). "Cardcaptor Sakura The Movie 2: The Sealed Card Special Edition". Mania. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 9, 2012. Diakses tanggal December 14, 2015. 
  4. ^ Divers, Allen (December 10, 2003). "Cardcaptor Sakura Movie 2: The Sealed Card Special Edition DVD". Anime News Network. Diakses tanggal September 26, 2010. 
  5. ^ "Card Captor Sakura the Movie 2: The Sealed Card". THEM Anime. Diakses tanggal September 26, 2010. 
  6. ^ "特別賞". www.anime-kobe.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2007. Diakses tanggal July 14, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]