Cardcaptor Sakura: Clear Card

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cardcaptor Sakura: Clear Card
Sampul manga volume pertama
カードキャプターさくら クリアカード編
(Kādokyaputā Sakura Kuria Kādo-hen)
GenreGadis penyihir
Manga
PengarangClamp
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahNakayoshi
DemografiShōjo
TerbitJuli 2016Januari 2024
Volume16 (Daftar volume)
Animasi DVD orisinal
SutradaraMorio Asaka
SkenarioNanase Okawa
MusikTakayuki Negishi
StudioMadhouse
Tayang13 September 2017
Durasi27 menit
Seri anime
SutradaraMorio Asaka
SkenarioNanase Ohkawa
MusikTakayuki Negishi
StudioMadhouse
Pelisensi
Saluran
asli
NHK BS Premium
Tayang 7 Januari 2018 (2018-01-07) 10 Juni 2018 (2018-6-10)
Episode22[1] (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Cardcaptor Sakura: Clear Card (カードキャプターさくら クリアカード編, Kādokyaputā Sakura Kuria Kādo-hen) merupakan serial manga shōjo Jepang yang dikarang dan diilustrasikan oleh kelompok seniman manga Clamp. Ini merupakan sekuel dari manga Clamp Cardcaptor Sakura dan berfokus pada Sakura Kinomoto di sekolah menengah pertama. Manga ini memulai diserialkan di majalah Nakayoshi Kodansha pada bulan Juli 2016. Adaptasi serial televisi kemudian dibuat oleh Madhouse, menampilkan pemeran dan staf dari serial aslinya, dan disiarkan secara perdana pada 7 Januari 2018.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Cardcaptor Sakura: Clear Card memulai pada titik di mana Cardcaptor Sakura berakhir, ketika Sakura Kinomoto mulai masuk sekolah menengah pertama bersama dengan teman-temannya, termasuk Syaoran yang baru kembali ke Tomoeda. Setelah bermimpi tentang seseorang misterius yang memakai jubah, semua Kartu Sakura menjadi polos dan kemampuannya menjadi hilang, dan memulai perjalanannya untuk mencari tahu masalah tersebut. Dalam perjalanannya, Sakura dan teman-temannya, bersama dengan Cerberus dan Yue, menemukan dan menangkap kartu-kartu transparan dengan menggunakan kunci dan mantra yang lebih kuat.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Cardcaptor Sakura: Clear Card dikarang dan diilustrasikan oleh kelompok seniman manga Clamp. Manga ini diserialisasikan di majalah Nakayoshi pada edisi Juli 2016 terjual pada 3 Juni.[2][3] Kodansha Comics merilis serial tersebut dalam bahasa Inggris dalam format digital dan cetak.[4]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi serial televisi dari manga ini sebanyak 26 episode mulai disiarkan perdana pada 7 Januari 2018 dengan Morio Asaka, Nanase Ohkawa, dan Madhouse kembali dari serial anime asli untuk menyutradarai, mengarang, dan memproduksi adaptasi ini.[5][6][7] Pemeran utama dari anime asli juga kembali memerankan perannya.[8] Sebuah prekuel animasi video asli berjudul Sakura and the Two Bears yang menjembatani cerita "Sakura Card Arc" dan "Clear Card Arc" disiarkan secara global di Anime Expo pada 1 Juli 2017 dan dikirim di Jepang sebagai bundel DVD dengan edisi khusus volume 3 manga pada 13 September 2017.[9]

Lagu pembuka serial ini adalah "Clear" yang dinyanyikan oleh Maaya Sakamoto,[10] dan lagu penutupnya adalah "Jewelry" yang dinyanyikan oleh Saori Hayami.[11] Funimation akan mengisi suara anime ini pada tahun 2018 secara serentak.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cardcaptor Sakura Clear Card Anime Listed With 22 Episodes (Updated)". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2 Februari 2018. 
  2. ^ 新連載「カードキャプターさくら クリアカード編」スタート!!|なかよし|講談社コミックプラス. nakayosi.kodansha.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-04. Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  3. ^ "New Cardcaptor Sakura Manga Is Sequel Launching in June". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  4. ^ "Cardcaptor Sakura: Clear Card Manga Gets Digital English Release With Print Version Listed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  5. ^ "Cardcaptor Sakura: Clear Card Anime Listed With 26 Episodes". Anime News Network. December 5, 2017. Diakses tanggal December 5, 2017. 
  6. ^ "Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc Manga Gets TV Anime Series in January 2018". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  7. ^ "CLAMP's Nanase Ohkawa Writes, Oversees Scripts For New Cardcaptor Sakura Anime". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  8. ^ "Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc Prologue Anime's Promo Video, Story Intro Revealed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  9. ^ "Anime Expo Holds World Premiere of Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc Prologue Anime". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  10. ^ "Maaya Sakamoto Returns to Perform Opening Theme for Cardcaptor Sakura: Clear Card TV Anime". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  11. ^ "Saori Hayami Performs Ending Theme for Cardcaptor Sakura: Clear Card Anime". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 
  12. ^ "Cardcaptor Sakura: Clear Card to Simulcast on Crunchyroll & Funimation". Anime UK News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Januari 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]