Sakura Kinomoto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sakura Kinomoto
Karakter Cardcaptor Sakura
Sakura Kinomoto.jpg
Sakura Kinomoto
Penampilan pertama

Chapter 1
Pembuat

Clamp
Pengisi suara

Sakura Tange (Bahasa Jepang)
Carly McKillip (Bahasa Inggris - Cardcaptors, Movie 1)
Kari Wahlgren (Bahasa Inggris - Movie 2)
Profil
Keluarga Toya Kinomoto (Kakak)
Fujitaka Kinomoto (Ayah)
Nadeshiko Kinomoto (Ibu, almarhumah)

Sakura Kinomoto adalah karakter fiksi, pemeran utama dari serial anime dan manga buatan Clamp, Cardcaptor Sakura. Pengisi suara Sakura dalam versi bahasa jepang adalah Sakura Tange. Dalam versi bahasa inggris cardcaptors, nama belakangnya diubah jadi Sakura Avalon.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Sakura memiliki rambut pendek, rambut cokelat madu, kulit cerah, dan mata hijau zamrud. Dalam sketsa manga tertentu dan karya seni resmi, ini terkadang berubah. Selain rambut dan mata anime-nya, rambutnya kadang-kadang berwarna merah, matanya kadang-kadang berwarna abu-abu atau biru, dan kulitnya kadang-kadang kulit zaitun. Sebagai seorang anak, ia memiliki tinggi badan yang pendek, tetapi perlahan-lahan tumbuh seiring tahun-tahun berlalu.

Pakaian Sakura sering berubah sepanjang seri. Pakaian sehari-hari yang paling sering dikenakannya adalah seragam sekolahnya, serta pertarungan seragam perangnya, yang berubah tergantung pada musim. Seragam sekolah musim dinginnya adalah kemeja lengan panjang hitam dengan sleevecuffs merah dan putih, neckerchief putih dengan garis merah, dan rok mini lipit putih dengan rok putih selutut berenda. Pada hari-hari yang sangat dingin, dia mengenakan jas hitam tebal dengan lambang sekolahnya di belakang. Seragam musim panasnya adalah kemeja putih setengah lengan dengan syal merah dan rok mini lipit hitam. Sepanjang tahun, sepatu Mary Jane hitam dipakai bersama dengan kaus kaki putih dan topi pelaut putih dengan lis hitam.

Konsep dan desain karakter[sunting | sunting sumber]

Desain karakter Sakura untuk manga pada mulanya dikembangkan oleh Mokona, salah satu anggota Clamp. Ia mempunyai model rambut bob pendek dan sering dikuncir dua.

Sakura mempunyai banyak kostum yang dalam anime didesain oleh Tomoyo. Kostum itu tidak hanya membuat sakura lebih elegan, namun juga terkadang mempunyai fungsi khusus sehingga membantunya dalam menangkap kartu Clow. Semuanya dirancang oleh Clamp.[1]

Deskripsi karakter[sunting | sunting sumber]

Sakura adalah seorang gadis berumur 10 tahun yang tinggal di kota fiksi Tomoeda, yang terletak di Jepang. Ia adalah siswi kelas 4 SD Tomoeda. Pada suatu hari, ia menemukan sebuah buku Clow di dalam perpustakaan milik ayahnya. Kemudian ia membuka buku tersebut yang didalamnya berisi kartu Clow, lalu kartu-kartu tersebut beterbangan kemana-mana. Pada saat itu muncullah makhluk kuning bersayap penjaga buku clow bernama keroberos. Ia meminta sakura untuk mengumpulkan kartu-kartu tersebut dan menyegelnya dengan sebuah tongkat magic dengan ujung berbentuk paruh bersayap. Sejak saat itulah ia menjadi seorang Cardcaptor.[2]

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Sakura adalah seorang gadis yang periang dan enerjik. Ia sangat atletis dan menjadi anggota klub cheerleader di sekolahnya.[3] Kalimat pantang menyerahnya "aku pasti akan baik-baik saja", membuatnya yakin dalam melewati segala rintangan dan cobaan selama mengumpulkan kartu Clow.

Sakura adalah orang yang mudah bersahabat dan mempunyai rasa kepedulian yang besar terhadap sesama. Dalam menangkap kartu, ia sebisa mungkin berusaha untuk tidak menciderai orang-orang disekitarnya.[4] Ia sangat disayang oleh keluarganya, terlebih oleh kakaknya touya yang selalu berada didekatnya dimanapun ia berada. Pada awalnya Sakura jatuh cinta pada Yukito, teman sekelas kakaknya, touya. Walaupun begitu ia adalah seorang gadis yang polos. Ia pun tak pernah tahu bahwa Syaoran menyukainya.

Magic[sunting | sunting sumber]

Sakura adalah seorang gadis yang mempunyai kekuatan magis yang dapat merasakan aura magis di sekitarnya, begitu pula dengan kakaknya yang dalam manga mereka sebenarnya adalah keturunan Clow, seorang penyihir terhebat pada masanya.[5] Kekuatan magis sakura bertambah kuat seiring dengan jumlah kartu Clow yang telah ia kumpulkan. Ia menggunakan tongkat pink dengan ujung bersayap untuk dapat menggunakan magicnya. Pada season pertama dan kedua, ia hanya memanfaatkan kekuatan clow untuk dapat menggunakan kartu. Akan tetapi pada season ketiga, kartu-kartu tersebut beralih kepemilikannya menjadi Sakura Card sehingga ia harus menggunakan kekuatan magicnya sendiri untuk dapat menggunakan kartu-kartu tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Solomon, Charles (November 28, 2006). "Four Mothers of Manga Gain American Fans With Expertise in a Variety of Visual Styles". The New York Times. 
  2. ^ Cardcaptor Sakura Volume 1, chapter 1, hlm 9
  3. ^ Cardcaptor Sakura Volume 2, chapter 1
  4. ^ Cardcaptor Sakura Volume 2, chapter 4
  5. ^ Cardcaptor Sakura Volume 11, Chapter 3.