Cardcaptors

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk informasi anime aslinya, silakan lihat Cardcaptor Sakura.

Cardcaptors adalah judul adaptasi berbahasa Inggris Nelvana dari seri anime Jepang Cardcaptor Sakura. Pertama kali disiarkan pada tahun 2000. Seri ini ditayangkan di Amerika Serikat, Inggris dan Australia.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seorang anak perempuan (Sakura Avalon) secara tidak sengaja mengeluarkan berbagai macam kartu dari sebuah buku tua, hidupnya berubah, mendapat tugas baru untuk mengumpulkan kartu yang tersebar itu semelum menimbulkan malapetaka bagi dunia.

Dengan seseorang yang dianggap sebagai saingan atau teman, Sakura dan rivalnya Li berjuang mengumpulkan Clow Card sebelum mereka menghancurkan dunia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Perhatian: Pranala merujuk kepada keterangan dari karakter asli Jepang.

Yang Menjadi Perbedaan[sunting | sunting sumber]

Cardcaptor Sakura Cardcaptors
Hubungan Karakter
  • Tomoyo menyukai Sakura, walau dia sendiri tak menyadarinya.
  • Yukito dan Toya berhubungan dekat, walau seringkali menimbulkan kesan homoseksual.
  • Syaoran tertarik pada Yukito pada musim pertama.
  • Toya berhubungan dengan guru matematika Sakura, Kaho Mizuki (Layla Mackenzie) pada masa SMP.
  • Nadeshiko dan Sonomi adalah sepupu dan Sakura dan Tomoyo adalah sepupu kedua.
  • Syaoran dan Meiling adalah sepupu yang bertunangan.
  • Rika tertarik dengan Yoshiyuki Terada, dan sepertinya Terada pun meresponsnya.
  • Hubungan antara Chiharu dan Takashi Yamazaki digambarkan dengan jelas
Sebagian besar hubungan homo dan hetero seksual dihapus.
  • Madison tetap teman baik Sakura, dengan sedikit perbedaan. Mereka juga tak lagi sebagai sepupu.
  • Hubungan antara Tori dan Ms. MacKenzie tidak diketahui, namun diketahui mereka berdua pernah bertemu. Disinyalir kekuatan magislah yang membuat mereka berdua bertemu.
  • Li dan Meilin tak lagi bersepupu. Meilin Rae, tetap bertunangan dengan Li.
  • Ketertarikan Rita tak lagi jelas. Situasi saat Rita memandang digambarkan sebagai keingintahuan terhadap Mr. Terada.
  • Hubungan Li dan Sakura tak diubah drastis, namun hanya sebagian kecil. Disamping hanya memperlihatkan dari persaingan menjadi persahabatan, disinyalir hubungan mereka berua masih terasa.
  • Chelsea dan Zachary dijadikan sepupu, untuk memberi alasan mengapa mereka berdua berdekatan.
  • Aslinya, Li tertarik pada Julian. Dalam translasi, ia terobsesi pada kepribadian Julian yang selalu terlihat bahagia, namun kemudian melihatnya hanya sebagai teman belaka. TKelanjutan adegan roman antara Julian diubah menjadi persaingan dengan Sakura, atau hanya sekadar hal yang memalukan.
Episode Ada 70 episode dan 2 film. Pada sesi pertama, segmen "Leave It To Kero" (Serahkan Saja Pada Kero) ditayangkan pada akhir episode, termasuk kilasan episode berikutnya. Cardcaptors dimulai pada Episode 8, menghilangkan episode dengan figur sentral Sakura untuk meyakinkan Li akan menjadi pendamping karakter utama (untuk mengakomodasi pemirsa lelaki). Menurut survei, 60% pemirsa adalah laki-laki. Bermacam-macam Clow Cards ditampilkan, hanya untuk membentuk plot saja. Negara lainnya yang berbahasa Inggris memulai dari Episode 1 dan menampilkan sekitar 68-70 episode.
Lokasi Lokasinya mengambil tempat di kota Tomoeda, Japan. Keluarga Li tinggal di Hong Kong. Sakura juga bermimpi berada di Tokyo Tower. Kaho Mizuki bersekolah di England Bertempat di kota Reedington, walaupun ia tak bereferensi di mana. Sakura menyatakan Tokyo Tower sebagai Radio Tower. Li dan Meilin tetap berada di Hong Kong.
Musik Disusun oleh Takayuki Negishi. Lagu pembuka (pada sesi 1) adalah "Catch You Catch Me." Lagu asli diubah dan disusun oleh by Dave Doré. Lagu pembuka juga diubah sesuai judul, "Cardcaptors." Semua lagi sisipan diubah. Tiada lagu penutup yang dibuat untuk membiarkan iklan di akhir acara. Pada beberapa varian, (seperti di Australia), versi terjemahan dari lagu pembuka dan penutup juga dipakai.
Penamaan Berisi nama berhuruf Jepang/China. Kartu yang telah ditransformasi diberi nama Sakura Card. Semua nama kecuali Sakura dan Meiling diubah menjadi bergaya Barat dan Yoshiyuki Terada dipendekkan menjadi Mr. Terada. Nama Li dibalik dari Syaoran Li menjadi Li Showron, dan nama Meiling Li diubah menjadi Meilin Rae untuk menghilangkan relasi antara mereka berdua. Sakura Card menjadi Star Card.

Changes[sunting | sunting sumber]

Meskipun Nelvana mendub 70 episode Cardcaptor Sakura, hanya sebagiannya saja yang disiarkan di Amerika Serikat. Lebih parahnya lagi, sebagian besar episode dipotong sedemikian rupa dengan alasan "konten yang tak dapat diterima" ataupun masalah waktu.

Cardcaptors mulai siar di Amerika Serikat pada Juni 2000, di Kids' WB pada blok penyiaran Sabtu pagi selama 39 episode sebelum dihentikan. Cartoon Network juga menyiarkannya dalam blok siang hari Toonami mulai 4 Juni 2001, namun hanya menayangkan sesi 1 saja sebalum akhirnya dihentikan. Versi ini di AS dimulai di episode 8, agar tetap memiliki karakter pendamping utama dalam penyiarannya (See below).

Di negara lainnya (seperti Kanada, Australia, Selandia Baru, Irlandia dan United Kingdom), Cardcaptors ditayangkan sebanyak 70 episodes sesuai urutan semula, meski tetap dengan sedikit sensor akibat perbedaan politik dan budaya, dalam beberapa kasus menerjemahkan lagu pembuka dan penutup ke dalam Bahasa Inggris (bagaimanapun, Australia dan India menayangkannya dengan judul aslinya, dengan versi yang disulihsuarakan pada 4 dari 6 lagu pembuka/penutup). Rilis DVD Cardcaptors dihentikan setelah sembilan keping (permulaan sesi kedua), namun Pioneer merilis versi tak tersensor dalam DVD berisi semua 70 episode dalam 18 keping. (Meski demikian, Pioneer merilisnya dengan titel Cardcaptor Sakura, dengan seluruh bagian asli terkecuali titel kredit pada bagian pembuka dan penutup yang menggunakan huruf latin, dan pembuka sesi 1 yang diambil dari Cardcaptor Sakura sebelum episode 8, dimana pada lagu pembuka rilis Pioneer tidak menyertakan gambar Li Syaoran)

Kedua film juga diterjemahkan ke bahasa Inggris, dan kedua judul Cardcaptor Sakura dan Cardcaptors pada film pertama dapat ditemukan pada DVD yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada dialognya saja. Rilis film kedua lebih mendekati aslinya, karena Bang Zoom Entertainment yang dipercayakan untuk mendubnya melakukannya seperti aslinya dan tidak melakukan sensor apapun (Hal ini mungkin karena rilis film kedua ini tidaklah diperuntukkan untuk pemutaran di televisi[butuh rujukan]). Semua dialog dan karakter asli dipertahankan, dan Cardcaptors dub yang dibuat Ocean Group dibuang seluruhnya.

Merchandising[sunting | sunting sumber]

Tambahan terhadap penilaian negatif konsumen, Cardcaptors merchandise tidak diterima dengan baik oleh pasar, karena wujud Kartu Clow yang menyerupai kartu tarot, seri ini dianggap mempromosikan penggunaan sihir. Hal ini benar-benar terjadi, saat mainan Cardcaptors dirilis di Taco Bell dalam sebuah promosi pada tahun 2002, dua dari empat (Clow Book milik Sakura yang "menyerupai buku tarot", dan Papan Lasin Li) mainan ditarik dari pasaran karena sebuah artikel yang dikeluarkan komunitas Kristiani.[butuh rujukan]

Episode[sunting | sunting sumber]

Episode terakhir Cardcaptors di saluran Kids' WB adalah "Trouble at the Park" pada 28 Desember 2001. Seri ini tidak pernah dibatalkan secara resmi, walaupun tidak ada keterangan akan dilanjutkan kembali.

Penayangan yang lebih lengkap disiarkan oleh televisi Kanada Teletoon. Penayangan terakhir pada musim panas 2003, pada episode "Revelations, Part 2", episode terakhir pada sesi kedua.

Sesi 1[sunting | sunting sumber]

# Episode Title # Episode Title
1 One Fateful Day 24 No Problem Too Small
2 Partners In Crime 25 Double Take
3 Allies 26 No Way Out
4 An Unexpected Find 27 Return To The Future
5 Trouble At Twin Bells 28 Buyer Beware
6 Seeing Is Believing 29 How Sweet It Is
7 The Mysterious Painting 30 The Race
8 Sakura's Rival 31 Dragon Slayer
9 Double Edged Sword 32 The Switch
10 An Unexpected Reunion 33 Ice Breaker
11 The Special Box 34 By the Light of the Full Moon
12 Time And Again 35 The Third Element
13 Power's Ploy 36 Stormy Weather
14 Play Misty For Tori 37 The Show Must Go On
15 Kero and Sakura's Big Fight 38 A Berry Strange Day
16 The Summer House 39 Under the Weather
17 The Cave 40 Dream a Little Dream
18 A Fair To Remember 41 The Sands of Time
19 Nothing To Report 42 A Strange Intermission
20 The New Rival 43 Meilin's Story
21 The Long Marathon 44 The Last Card Part 1
22 No Time For Sleep 45 The Last Card Part 2
23 Practice Makes Perfect 46 The Final Judgment
  • Sesi kedua yang dirilis setelah film 1, digabung ke dalam bagian dari sesi 1 pada rilis di Amerika Utara. Sesi ketiga dinamakan menjadi sesi kedua.

Sesi 2[sunting | sunting sumber]

# Episode Title # Episode Title
47 The Past, The Present, and The Future 59 Out of Bounds
48 A Strange New Beginning 60 Just Like Old Times
49 The Dangerous Piano 61 A Present for the Cards
50 The Threads That Bind 62 Sakura's Strange Fortune
51 A New Set of Wings 63 A Wave of Danger
52 Trouble at the Park 64 A Slippery Slope
53 Running Out of Time 65 The Vanishing Act
54 Calendar of Memories 66 When Stars Fall
55 Sakura in Wonderland 67 The Calm Before the Storm
56 Spinning Out of Control 68 Sakura's Return to the Past
57 Li's Calling 69 Revelations Part 1
58 Double Trouble 70 Revelations Part 2

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Poitras, Gilles (2001). Anime Essentials: Every Thing a Fan Needs to Know. Stone Bridge Press. p. 27. ISBN 1-880656-53-1. 

Situs resmi[sunting | sunting sumber]


Informasi
Cardcaptors
Daftar Media
Daftar Episode
Pengisi Suara
Album
Karakter
Keluarga Kinomoto: Sakura | Toya | Fujitaka | Nadeshiko
Keluarga Li: Syaoran | Meiling
Keluarga Daidouji: Tomoyo | Sonomi
Berkemampun Magis: Cerberus | Yue | Spinel Sun | Ruby Moon
Relasi dengan Clow: Clow Reed | Eriol Hiiragizawa | Kaho Mizuki | Yukito Tsukishiro
Teman Sekelas: Chiharu Mihara | Rika Sasaki | Takashi Yamazaki | Naoko Yanagisawa
Karakter lainnya: Yoshiyuki Terada | Maki Matsumoto
Kartu Clow
A-F -- G-R -- S-Z
Episode Guide: Clow Card Arc: 1-18, 19-35, 36-46 | Sakura Card Arc: 47-59, 60-70