Zombie Land Saga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zombie Land Saga
Zombie Land Saga Visual 2.jpg
Poster promosional
ゾンビランドサガ
(Zonbi Rando Saga)
GenreKomedi, horor[1]
Seri anime
SutradaraMunehisa Sakai
SkenarioShigeru Murakoshi
MusikYasuharu Takanashi
StudioMAPPA
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, Sun TV, BS11, Saga TV, TVQ
Tayang 4 Oktober 2018 20 Desember 2018
Episode12
Manga
PengarangMegumu Soramichi
PenerbitCygames
MajalahCycomi
Terbit8 Oktober 2018 – sekarang
Volume1
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Zombie Land Saga (bahasa Jepang: ゾンビランドサガ, Hepburn: Zonbi Rando Saga) adalah sebuah serial televisi anime yang diproduksi oleh Cygames bekerja sama dengan Avex Pictures, dan animasi oleh studio MAPPA.[2] Serial ini mulai ditayangkan di Jepang pada 4 Oktober 2018.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada April 2008, seorang gadis bernama Sakura Minamoto akan mengirimkan permintaan melalui pos ke audisi grup idola yang akan diadakan di Tokyo. Sayangnya, sebuah truk menabrak dirinya di depan pintu rumahnya.

Pada tahun 2018, Sakura tiba-tiba terbangun tanpa ingatan di sebuah bangunan bergaya barat yang tidak dikenal dan diserang oleh sekelompok zombi. Dia melarikan diri dari tempat tersebut, tetapi menyadari bahwa dirinya juga merupakan seorang zombi. Kōtaro Tatsumi muncul di depan dirinya, memperkenalkan diri sebagai produser dari "Projek Zombieland Saga", yang berusaha menyelamatkan Prefektur Saga dengan membentuk sebuah grup idola.

Bersama dengan enam gadis "legendaris" lainnya dari berbagai periode sejarah Jepang, Sakura akan memulai kegiatan untuk meningkatkan popularitas Prefektur Saga, di bawah grup idola beranggotakan gadis-gadis zombi yang disebut "Franchouhou".

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kotaro Tatsumi (巽 幸太郎, Tatsumi Kōtarō)
Pengisi suara: Mamoru Miyano[3][4]
Seorang produser manik yang membangkitkan Sakura dan gadis-gadis lainnya sebagai zombi untuk revitalisasi Prefektur Saga dengan membentuk grup idola Franchouchou, yang sebelumnya bernama Death Musume dan Green Face. Dia adalah seorang yang terampil dalam tata rias wajah, mampu membuat para zombi terlihat seperti manusia normal selama penampilan mereka di muka umum. Dia juga selalu membawa persediaan cumi-cumi kering untuk menenangkan para zombi.
Sakura Minamoto (源 さくら, Minamoto Sakura) / Zombie 1 (ゾンビィ1号, Zonbii Ichi-gō)
Pengisi suara: Kaede Hondo[3][4]
Seorang gadis SMA dan calon idola yang meninggal pada tahun 2008 setelah ditabrak truk. Dia adalah zombi pertama yang pulih kesadarannya setelah kebangkitan, tetapi tidak memiliki ingatan semasa dia masih hidup.
Saki Nikaido (二階堂 サキ, Nikaidō Saki) / Zombie 2 (ゾンビィ2号, Zonbii Ni-gō)
Pengisi suara: Asami Tano[3][4]
Seorang gadis nakal dan mantan pemimpin geng sepeda motor yang menaklukkan seluruh Kyushu, Dorami, selama tahun 1990-an. Dia adalah pemimpin dari Franchouchou.
Ai Mizuno (水野 愛, Mizuno Ai) / Zombie 3 (ゾンビィ3号, Zonbii San-gō)
Pengisi suara: Risa Taneda[3][4]
Mantan penyanyi utama dari Iron Frill, sebuah geup idola pada tahun 2008 yang Sakura idolakan semasa hidup. Dia tewas setelah tersambar petir saat konser.
Junko Konno (紺野 純子, Konno Junko) / Zombie 4 (ゾンビィ4号, Zonbii Yon-gō)
Pengisi suara: Maki Kawase[3][4]
Seorang idola bersuara lembut dari periode Shōwa yang populer pada tahun 1980-an sebelum meninggal dalam kecelakaan pesawat.
Yugiri (ゆうぎり, Yūgiri) / Zombie 5 (ゾンビィ5号, Zonbii Go-gō)
Pengisi suara: Rika Kinugawa[3][4]
Seorang oiran yang hidup di antara era Bakumatsu dan Restorasi Meiji pada abad ke-19.
Lily Hoshikawa (星川 リリィ, Hoshikawa Ririi) / Zombie 6 (ゾンビィ6号, Zonbii Roku-gō)
Pengisi suara: Minami Tanaka[3][4]
Aktris cilik berbakat yang periang, dan anggota termuda dari grup idola ini.
Tae Yamada (山田 たえ, Yamada Tae) / Zombie 0 (ゾンビィ0号, Zonbii Zero-gō)
Pengisi suara: Kotono Mitsuishi[5][4]
Satu-satunya gadis "legendaris" yang tidak memiliki gelar tambahan, dan satu-satunya zombi yang belum pulih kesadarannya. Dia adalah orang yang secara resmi menamai grup Franchouchou, yang berasal dari suara bersin.

Produksi dan rilis[sunting | sunting sumber]

Cygames mengumumkan serial, bekerja sama dengan Avex Pictures, pada 5 Juli 2018. Serial ini disutradarai oleh Munehisa Sakai dan penulisan naskah oleh Shigeru Murakoshi, dengan animasi oleh studio MAPPA. Desain karakter dibuat oleh Kasumi Fukagawa, Kazuo Ogura berperan sebagai direktur seni, Takashi Yanagida menjabat sebagai direktur fotografi, Azusa Sasaki adalah perancang warna, dan Masahiro Goto berada di bagian penyuntingan. Yasuharu Takanashi sebagai penyusun musik dalam serial in. Lagu tema pembuka serial ini adalah "Adabana Necromancy" (徒花ネクロマンシー, Adabana Nekuromanshī) dan lagu tema penutupnya adalah "Hikari e" (光へ, terj. har. "Menuju Cahaya"), yang dinyanyikan oleh Franchouchou (Kaede Hondo, Asami Tano, Risa Taneda, Maki Kawase, Rika Kinugawa, dan Minami Tanaka). Serial ini akan mendapatkan12 episode yang mulai ditayangkan pada tanggal 4 Oktober 2018, dan disiarkan di AT-X, Tokyo MX, Sun TV, BS11, Saga TV, dan TVQ. Serial ini disiarkan melaluilayanan daring oleh Crunchyroll dan Funimation.[6]

Media lain[sunting | sunting sumber]

Megumu Soramichi meluncurkan sebuah manga adaptasi situs web Cycomi milik Cygames pada 8 Oktober 2018.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Crunchyroll - ZOMBIE LAND SAGA - Watch on Crunchyroll". Crunchyroll. Diakses tanggal October 11, 2018. 
  2. ^ Ressler, Karen (July 5, 2018). "Cygames Unveils Zombieland Saga Anime for Fall 2018". Anime News Network. Diakses tanggal July 5, 2018. 
  3. ^ a b c d e f g Hodgkins, Crystalyn (August 31, 2018). "Mamoru Miyano Reveals Zombieland Saga Original Anime's Main Cast in Video". Anime News Network. Diakses tanggal August 31, 2018. 
  4. ^ a b c d e f g h "This Season's Sleeper Hit Gets A Great English Cast – ZOMBIE LAND SAGA". Funimation. October 25, 2018. Diakses tanggal October 26, 2018. 
  5. ^ Ressler, Karen (October 18, 2018). "Zombie Land Saga Reveals Kotono Mitsuishi as Voice of Tae Yamada". Anime News Network. Diakses tanggal October 18, 2018. 
  6. ^ Ressler, Karen (September 26, 2018). "Crunchyroll, Funimation Add Zombieland Saga Anime for Fall Season". Anime News Network. Diakses tanggal September 26, 2018. 
  7. ^ Pineda, Rafael Antonio (October 8, 2018). "Zombieland Saga Anime Gets Manga Adaptation". Anime News Network. Diakses tanggal October 8, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]