Boruto: Naruto Next Generations

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zka: Naruto Next Generations
Sampul manga menampilkan tiga karakter utama dari Konohagakure dan beberapa hewan, termasuk seekor kucing
Gambar sampul manga volume pertama menampilkan Sarada Uchiha, Boruto Uzumaki, dan Mitsuki
BORUTO-ボルト- -NARUTO NEXT GENERATIONS-
(Boruto: Naruto Nekusuto Jenerēshonzu)
GenrePetualangan, fantasi,Komedi[1]
Manga
PengarangZka A
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
ImprintJump Comics
MajalahWeekly Shōnen Jump (9 Mei 2016 – sekarang)
V Jump
(20 Juli 2019 – sekarang)
Majalah bahasa Inggris
DemografiShōnen
Terbit9 Mei 2016 – sekarang
Volume21 (Daftar volume)
Seri anime
Sutradara
  • Noriyuki Abe (#1–104)
    (Sutradara Utama)
  • Hiroyuki Yamashita (#1–66)
  • Toshirō Fujii (#67–104)
  • Masayuki Kōda (#105–)
Skenario
  • Ukyō Kodachi
    (Pengawas Cerita)
  • Makoto Uezu (#1–66)
  • Masaya Honda (#67–)
Musik
StudioPierrot
Pelisensi
Saluran
asli
JepangTV Tokyo
Indonesia GTV
Saluran bahasa Inggris
Tayang 5 April 2017 26 Maret 2023
Episode293 (Daftar episode)
Film anime
 Portal anime dan manga

Boruto: Naruto Next Generations[a] adalah sebuah seri manga asal Jepang yang ditulis oleh Ukyo Kodachi dan Masashi Kishimoto dan diilustrasikan oleh Mikio Ikemoto. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Jump terbitan Shueisha pada Mei 2016, sebelum dipindahkan ke majalah lain milik Shueisha bertajuk V Jump pada Juli 2019. Pada November 2020 Kodachi mengundurkan diri, dan digantikan oleh Kishimoto. Boruto juga merupakan cerita spin-off dan sekuel dari manga Naruto karya Masashi Kishimoto, yang mengisahkan kehidupan putra Naruto Uzumaki, Boruto Uzumaki, dan teman-temannya.

Munculnya Boruto berawal dari proposal Shueisha kepada Kishimoto untuk membuat cerita sekuel Naruto. Namun, Kishimoto menolak tawaran ini dan mengajukan mantan asistennya, Mikio Ikemoto untuk menggambarnya; dan penulis film Boruto—Ukyō Kodachi, sebagai penulis ceritanya. Meski Ukyō Kodachi dan Ikemoto bekerja sama untuk versi manga, Ukyō Kodachi juga mengawasi adaptasi anime Boruto bersama dengan Masashi Kishimoto. Sebuah adaptasi anime yang disutradarai oleh Noriyuki Abe mulai tayang di TV Tokyo sejak tanggal 5 April 2017. Berbeda dengan manga-nya—yang menceritakan ulang peristiwa dalam film Boruto, adaptasi anime Boruto berperan sebagai cerita prekuel yang berlatar sebelum Boruto dan teman-temannya menjadi ninja pada arc berikutnya. Serangkaian novel ringan untuk manga ini juga telah ditulis.

Adaptasi anime prekuel karya Pierrot juga menerima pujian atas tindakan mereka dalam menggunakan karakter baru dan lama. Per bulan Januari 2017, Shueisha telah menjual sekitar 102 juta kopi dari manga ini.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Boruto: Naruto Next Generations ditulis oleh Ukyō Kodachi dan diilustrasikan oleh Mikio Ikemoto. Manga ini mulai dimuat dalam edisi ke-23 dari majalah Weekly Shōnen Jump yang diterbitkan oleh Shueisha pada tanggal 9 Mei 2016. Manga ini dimuat dalam majalah tersebut hingga edisi ke-28 yang diterbitkan pada tanggal 10 Juni 2019, dan dipindahkan ke majalah V Jump edisi bulan September yang diterbitkan pada tanggal 20 Juli.[2][3] Pencipta seri aslinya, Masashi Kishimoto, sekarang mengawasi pengerjaan manga ini, yang diilustrasikan oleh mantan asisten kepalanya dan ditulis oleh penulis skenario film Boruto: Naruto the Movie.[4] Demi mempertahankan agar keseluruhan cerita Naruto selesai di bawah seratus volume, Ikemoto berharap untuk menyelesaikan manga ini kurang dari 30 volume.[5] Sebuah manga spin-off berjudul Boruto: Saikyo Dash Generations (BORUTO-ボルト- SAIKYO DASH GENERATIONS) yang ditulis oleh Kenji Taira telah dimuat berseri dalam majalah Saikyō Jump sejak edisi bulan Maret 2017.[6]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: BORUTOボルト -NARUTO NEXT GENERATIONS-?

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Official Website for Boruto: Naruto Next Generations". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2017. Diakses tanggal 24 Oktober 2017. 
  2. ^ Hodgkins, Crystalyn (9 Juni 2019). "Boruto Manga Transfers to V Jump Magazine". Anime News Network. Diakses tanggal 9 Juni 2019. 
  3. ^ Valentine, Evan (7 Juni 2019). "What Is Naruto's Big Announcement About Boruto?". ComicBook. Diakses tanggal 8 Juni 2019. 
  4. ^ "Naruto Spinoff Manga Boruto Launches on May 9". Anime News Network. 14 Maret 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Desember 2016. Diakses tanggal 26 Desember 2016. 
  5. ^ Special Interview with Artist Mikio Ikemoto
  6. ^ "Boruto: Naruto Next Generations Anime Reveals More Cast, Staff". Anime News Network. 23 Februari 2017. Diakses tanggal 30 April 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]