Boruto: Naruto Next Generations

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Boruto: Naruto Next Generations
Sampul manga menampilkan tiga karakter utama dari Konohagakure dan beberapa hewan, termasuk seekor kucing
Sampul manga volume pertama menampilkan Sarada Uchiha, Boruto Uzumaki, dan Mitsuki
BORUTO-ボルト- -NARUTO NEXT GENERATIONS-
(Boruto: Naruto Nekusuto Jenerēshonzu)
GenrePetualangan, fantasi[1]
Manga
PengarangUkyō Kodachi
IlustratorMikio Ikemoto
PenerbitShueisha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōnen
ImprintJump Comics
MajalahWeekly Shōnen Jump
Majalah
Inggris
Terbit9 Mei 2016 (2016-5-9) – sekarang
Volume7 (Daftar volume)
Seri anime
Sutradara
  • Noriyuki Abe
  • Hiroyuki Yamashita
    (Episode #1–66)
  • Toshirō Fujii
    (Episode #67–)
Skenario
  • Ukyō Kodachi
  • Makoto Uezu
    (Episode #1–66)
  • Masaya Honda
    (Episode #67–)
Musik
StudioPierrot
Lisensor
Saluran
asli
TV Tokyo
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 5 April 2017 (2017-4-5) – sekarang
Episode107 (Daftar episode)
Film anime
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Boruto: Naruto Next Generations (bahasa Jepang: BORUTO-ボルト- -NARUTO NEXT GENERATIONS-, Hepburn: Boruto: Naruto Nekusuto Jenerēshonzu), juga dikenal sebagai Boruto, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis oleh Ukyō Kodachi dan diilustrasikan oleh Mikio Ikemoto. Dimuat di majalah manga shōnen Weekly Shōnen Jump milik Shueisha, Boruto adalah cerita sempalan dan sekuel dari manga Naruto karya Masashi Kishimoto, yang mengisahkan kehidupan putra Naruto Uzumaki, Boruto Uzumaki, dan kelompok ninjanya. Sebuah adaptasi anime yang disutradarai oleh Noriyuki Abe mulai tayang di TV Tokyo sejak tanggal 5 April 2017. Berbeda dengan versi manga-nya—yang menceritakan ulang peristiwa dalam film Boruto: Naruto the Movie (2015), anime Boruto berperan sebagai prekuel yang berlatar sebelum Boruto dan teman-temannya menjadi ninja pada arc berikutnya. Serangkaian novel ringan untuk manga ini juga telah diterbitkan.

Munculnya Boruto berawal dari proposal Shueisha kepada Kishimoto untuk membuat cerita sekuel Naruto. Namun, Kishimoto menolak tawaran ini dan mengajukan mantan asistennya, Mikio Ikemoto untuk menggambarnya; dan penulis film Boruto—Ukyō Kodachi, sebagai penulis ceritanya. Meski Kodachi dan Ikemoto bekerja sama untuk versi manga, Kodachi juga memantau adaptasi anime Boruto bersama dengan Kishimoto.

Tanggapan kritikus terhadap seri ini pada umumnya termasuk positif; para kritikus kebanyakan menyukai sifat karakter utama—khususnya Boruto, yang mirip dengan ayahnya, Naruto, tetapi dimanjakan sejak kecil dan karenanya menghadapi masalah yang berbeda dari Naruto yang selama masa kanak-kanaknya dikenal sebagai orang buangan dan anak yatim piatu. Plot ceritanya juga dipuji atas pengembangan skenario asli Naruto dengan menampilkan para ninja generasi baru beserta hubungan mereka dengan orangtua dan guru mereka. Versi anime prekuel karya Pierrot juga menerima pujian atas tindakan mereka menggunakan karakter baru dan lama. Shueisha telah mengirimkan satu juta eksemplar dari manga ini per bulan Januari 2017.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Official Website for Boruto: Naruto Next Generations". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2017. Diakses tanggal 24 Oktober 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]