Naruto (musim 5)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Naruto
Musim 5
5thstagenaruto.jpg
Gambar sampul musim 5
Negara asalJepang
Jumlah episode37
Rilis
Saluran asliTV Tokyo
Tanggal tayang10 Mei 2006 (2006-05-10) –
8 Februari 2007 (2007-2-8)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 4
Selanjutnya →
Naruto: Shippuden Musim 1
Daftar episode Naruto

Musim kelima sekaligus terakhir dari seri anime Naruto, bertajuk "5th Stage" di Jepang, disutradarai oleh Hayato Date, diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo, dan didasarkan dari seri manga karya Masashi Kishimoto.[1] Musim ini menampilkan Naruto Uzumaki beserta teman-temannya menyelesaikan berbagai misi yang ditugaskan. Seri televisi sekuel berjudul Naruto: Shippuden, mulai ditayangkan sejak tanggal 15 Februari 2007.[2]

Musim ini ditayangkan sejak tanggal 10 Mei 2006 hingga 8 Februari 2007 pada saluran TV Tokyo.[3] Sony Pictures Entertainment merilis episode-episode dalam musim ini menjadi sepuluh volume DVD secara total—masing-masing terdiri dari empat episode—antara tanggal 1 Januari hingga 4 Juli 2007.[4] Versi sulih suara bahasa Inggris oleh Viz Media dirilis dalam bentuk sejumlah boks DVD.[5][6] Ini merupakan musim terakhir yang ditayangkan pada blok pemrograman Toonami milik Cartoon Network, sebelum dipindahkan ke bulan Oktober 2008. Sebelas episode terakhir dari musim ini tidak pernah ditayangkan di televisi Amerika Serikat, setelah penayangan seri anime ini dibatalkan. Sebelas episode tersisa versi sulih suara bahasa Inggris ditayangkan di Kanada pada blok pemrograman Bionix milik YTV sejak tanggal 25 Oktober 2009 hingga 6 Desember 2009.

Musim ini menggunakan lima lagu tema untuk versi Jepangnya, yang terdiri dari dua lagu tema pembuka dan tiga lagu tema penutup. Lagu tema pembuka yang pertama adalah "Re:member" yang dibawakan oleh Flow, kemudian digantikan oleh "Yurayura" (ユラユラ, terj. har. Swaying) yang dibawakan oleh Hearts Grow dari episode 203 dan seterusnya. Tiga lagu tema penutup terdiri dari "Yellow Moon" yang dinyanyikan oleh Akeboshi (digunakan sampai episode 191), "Pinocchio" (ピノキオ, Pinokio) oleh Oreskaband (digunakan untuk episode 192 sampai 202), serta "Scenario" (シナリオ, Shinario) yang dibawakan oleh Saboten (digunakan untuk episode yang tersisa). Versi sulih suara bahasa Inggrisnya menggunakan lagu tema pembuka yang sama, dan menggunakan versi instrumental dari lagu "Rise" yang dinyanyikan oleh Jeremy Sweet dan Ian Nickus sebagai lagu tema penutup.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal tayang asli Tanggal tayang bahasa Inggris
184"Kiba's Long Day!"
"Inuzuka Kiba no naga~i ichinichi" (Jepang: 犬塚キバのなが〜い一日)
10 Mei 20062 Agustus 2008
Naruto ditugaskan untuk mengawasi Akamaru—anjing ninja milik Kiba Inuzuka, yang baru-baru ini bertindak aneh setelah terinfeksi oleh bakteri khusus selama misi. Hal tersebut dikonfirmasi ketika Akamaru mulai menyerang penduduk Konoha. ANBU membawanya ke tahanan, dan bersiap untuk membunuh Akamaru jika mereka tidak dapat menyembuhkannya. Namun, hal tersebut terlalu berlebihan bagi Kiba, yang akhirnya menyelamatkan Akamaru dan berniat menyembuhkannya sendiri. Naruto mengejar Kiba, yang menolak untuk percaya bahwa Naruto berusaha untuk membantunya. Akhirnya, Hana—kakak Kiba—tiba di tempat mereka, dan berusaha untuk mengendalikan Akamaru—yang sekarang berukuran raksasa dan beringas—agar dapat diberikan obat potensial yang dikembangkan oleh tim medis Konoha. Namun, obat tersebut hanya memiliki peluang 50% untuk berhasil. Kiba akhirnya berhasil memberikan obat tersebut, tetapi hampir terbunuh dalam prosesnya. Rupanya Akamaru berusaha sekuat tenaga untuk menghindari titik vital Kiba. Kiba berterima kasih kepada Akamaru atas tindakan tersebut.
185"A Legend from the Hidden Leaf: The Onbaa!"
"Konohagakure no Densetsu, Onbaa wa jitsuzai shita!!" (Jepang: 木ノ葉隠れの伝説 オンバアは実在した!!)
17 Mei 20062 Agustus 2008
Seekor makhluk legendaris, Onbaa, melekat pada punggung Naruto dan menyebabkan kekacauan di mana pun Naruto pergi. Tsunade menyebutkan bahwa Jiraiya pernah bertarung melawan Onbaa, meskipun Tsunade tidak mengindahkannya pada saat itu. Onbaa tersebut terus bertambah besar, dan akhirnya menjadi lebih besar dari Naruto sendiri. Namun, Naruto mulai menghargai hubungan mereka. Kemudian, ibu si Onbaa muncul dan berusaha merebut anaknya. Onbaa tersebut berhasil menenangkan ibunya, sementara Naruto kelelahan dan tertidur. Setelah beberapa saat, Naruto terbangun di depan gerbang Desa Konoha dan melihat Onbaa yang pergi bersama ibunya. Naruto kemudian kembali ke tempat Tsunade, dan tertawa terbahak-bahak saat melihat Onbaa lain yang menempel padanya. Setiap orang di Konoha akhirnya memiliki Onbaa di punggung mereka, sementara Naruto pergi sambil tertawa.
186"Laughing Shino"
"Warau Shino" (Jepang: 笑うシノ)
24 Mei 20069 Agustus 2008
Seorang pria bernama Moshino Kagetsu Fuuta terancam kehilangan semua harta warisannya jika dia tertawa selama pemakaman ayahnya. Mengetahui bahwa semua kerabatnya akan mencoba membuatnya tertawa demi mendapatkan warisan hanya untuk dirinya sendiri, Fuuta mempekerjakan ninja Konoha untuk menghadiri pemakaman menggantikan posisinya. Tsunade memilih untuk mengirim Shino Aburame yang selalu serius, bersama dengan Naruto. Namun, sebelum pemakaman dimulai, Shino diracuni oleh obat yang membuatnya tertawa tak terkendali. Naruto menghadiri pemakaman dan berusaha mati-matian untuk tidak tertawa. Ia akhirnya mengetahui bahwa ayah Fuuta—yang sebenarnya masih hidup—memiliki rencana untuk mengembalikan tawa di tengah keluarganya, alih-alih tergila-gila atas uang. Naruto menyadari bahwa orang yang membuat lelucon di tengah pemakaman—sambil menyamar sebagai ayah Fuuta—adalah Shino, tetapi Shino menuntut agar Naruto merahasiakan hal tersebut.
187"Open for Business! The Leaf Moving Service"
"Kaigyō!! Konoha hikkoshi sentā" (Jepang: 開業!!木ノ葉引越センター)
31 Mei 20069 Agustus 2008
Naruto, Choji, dan Hinata dikirim untuk membantu beberapa pedagang menjauhi Negeri Sayuran. Tanpa sepengetahuan mereka, suatu kelompok berjuluk Tiga Kriminal Bersaudara, telah mengambil kendali atas negeri tersebut dan sedang mencari seseorang di antara kawanan pedagang yang dilindungi Naruto dan teman-temannya.
188"Mystery of the Targeted Merchants"
"Fukakai, nerawareta gyōshōnin" (Jepang: 不可解 狙われた行商人)
7 Juni 200616 Agustus 2008
Ruiga dari Tiga Kriminal Bersaudara membunuh Kikunojo. Kelompok Naruto menyadari bahwa penyerang mereka sedang mencari orang tertentu, dan bahwa mereka belum diberitahu kebenaran tentang kawanan pedagang tersebut. Mereka baru mengetahui bahwa kawanan tersebut digunakan sebagai perlindungan untuk putri dari Negeri Sayuran, Haruna, untuk melarikan diri dari Tiga Kriminal Bersaudara. Rupanya Haruna tidak mempercayai orang lain dan bersedia mengorbankan orang lain untuk melindungi dirinya. Ia percaya bahwa tidak masalah siapa pun yang mati selama dirinya—satu-satunya orang yang bisa membangun kembali negerinya—selamat.
189"A Limitless Supply of Ninja Tools"
"Chikasui Mujinzou no ningu" (Jepang: 地下水 無尽蔵の忍具)
14 Juni 200616 Agustus 2008
Naruto dan Yurinojo bertarung melawan Ruiga, dan akhirnya—dengan bantuan Choji—mampu mengalahkannya dengan menghancurkan tonfa "dowsing" miliknya. Tonfa tersebut memungkinkannya untuk mencari tempat yang memiliki banyak sumber air. Mereka bertiga memancing Ruiga ke daerah kering untuk membuatnya dirugikan. Ruiga selamat dari pertarungan tersebut, tetapi kakaknya yang bernama Jiga, membunuhnya demi mendapatkan bagian yang lebih besar dari kekayaan Negeri Sayuran. Kemudian, Haruna menjelaskan alasan mengapa dirinya tidak mudah percaya kepada orang lain merupakan hasil dari perbuatan ayahnya—yang menjadikannya sebagai sandera saat masih kecil. Haruna berhasil membuat Hinata tidak sadar, dan melarikan diri sendirian. Naruto mengejar sang putri, tetapi dia bertemu Jiga, yang dapat memanipulasi magnet.
190"The Byakugan Sees the Blind Spot"
"Byakugan wa mita! Jiki tsukai no shikaku" (Jepang: 白眼は見た!磁気使いの死角)
21 Juni 200623 Agustus 2008
Ketika Naruto kewalahan saat bertarung dengan Jiga, Hinata tiba di tempat pertarungan mereka. Meskipun Hinata awalnya tidak dapat melukai Jiga, dia menyadari bahwa kemampuan magnetisme milik Jiga merupakan kelemahan potensialnya. Ia menggunakan Byakugan untuk mengganggu aliran chakra milik Jiga, membuat Jiga tidak dapat mengendalikan magnetismenya dan mengubur dirinya hidup-hidup di pusaran pasir besi. Naruto menyelamatkan Hinata dari pusaran tersebut, kemudian pergi sendirian untuk mencari Haruna. Hinata, Choji dan Yurinojo diculik oleh Renga bersama beberapa ninja. Renga dari Tiga Kriminal Bersaudara, yang mampu memanipulasi uap air di udara hingga dapat mengendalikan sinar matahari, berpapasan dengan Naruto dan Haruna.
191"Forecast: Death! Cloudy with Chance of Sun"
"Shi no Senkoku "Kumori Tokidoki Hare"" (Jepang: 死の宣告“くもり時々晴れ”)
28 Juni 200623 Agustus 2008
Naruto mengetahui bahwa teman-temannya telah diculik oleh bawahan Renga dan mereka hanya akan dibebaskan jika dia menyerahkan Haruna. Dalam konfrontasi tersebut, terungkap bahwa ayah sang putri—tak lama sebelum kematiannya, mengakui penyesalannya karena menyerahkan sang putri demi negerinya dan berharap untuk kebaikan rakyatnya terlepas dari apa yang terjadi padanya. Haruna, yang telah dipengaruhi oleh Naruto dan fakta tersebut, menawarkan untuk mengorbankan dirinya demi melindungi Naruto. Naruto mengalahkan Renga dengan memantulkan sinar matahari dari pelindung dahinya, dan mengetahui bahwa Shizune, Shikamaru dan beberapa ninja Konoha telah menyelamatkan Hinata, Choji dan Yurinojo. Haruna kemudian menggantikan ayahnya sebagai Daimyō Negeri Sayuran, sementara Naruto dan teman-temannya kembali ke Desa Konoha.
192"Ino Screams! Chubby Paradise!"
"Ino zekkyō! Pocchari ♥ Paradaisu" (Jepang: いの絶叫! ポッチャリ♥パラダイス)
5 Juli 200630 Agustus 2008
Putri Fuku akan bertemu tunangannya, Pangeran Chikara, untuk pertama kalinya. Sang putri ragu-ragu untuk bertemu dengannya, karena dia terlihat tidak menarik serta kelebihan berat badan akibat memakan camilan untuk menghilangkan stres. Ia mempekerjakan Ino Yamanaka—yang terlihat mirip dengan sang putri kecuali berat badannya—untuk menggantikannya dan memenangkan hati Chikara (yang sangat mirip dengan Elvis Presley). Ino mencoba berperilaku seperti seorang putri yang layak dikagumi, tetapi dia menilai kasih sayang flamboyan dari sang pangeran terlalu berlebihan. Naruto, yang frustrasi dengan progres misi mereka yang lambat, mencoba menyelesaikan masalah sendirian dengan mengubah dirinya menjadi sang putri. Tindakan tersebut mengganggu Ino dan putri yang asli, dan secara tidak sengaja mengungkapkan putri yang asli di hadapan Chikara. Terungkap bahwa sang pangeran menyukai wanita yang gemuk, dan Ino tidak dapat menerima alasan tersebut.
193"Viva Dojo Challenge! Youth Is All About Passion!"
"Biba dōjōyaburi! Seishun wa bakuhatsu da" (Jepang: ビバ道場破り! 青春はバクハツだ)
12 Juli 200630 Agustus 2008
Rock Lee sangat ingin melakukan latih tanding, tetapi tidak memiliki orang yang ingin bertarung melawannya. Ia membangun dojo miliknya sendiri dengan harapan dapat menarik perhatian para penantang. Sangat terinspirasi oleh motivasi Lee, Might Guy menyamar agar bisa menjadi penantang yang dicari Lee. Namun, sebelum dia sempat menantang Lee, Guy ditugaskan dalam sebuah misi. Seorang penyusup kemudian muncul untuk memata-matai desa dengan meniru sosok Guy, tetapi dia tidak sengaja terjebak dalam latih tanding melawan Lee yang terlalu bersemangat. Naruto kemudian menggantikan penyusup tersebut, dan bertarung seimbang menghadapi Lee. Penyusup tadi mencoba kabur dengan menyamar menjadi Lee, tetapi dia tak sengaja berpapasan dengan Guy yang asli—yang datang untuk menantang Lee. Guy dengan mudahnya mengalahkan Lee palsu tersebut. Guy bersama Naruto dan Lee menyadari identitas penyusup tersebut, dan membawanya di kantor Tsunade.
194"The Mysterious Curse of the Haunted Castle"
"Kaiki, norowareta yureishiro" (Jepang: 怪奇 呪われた幽霊城)
19 Juli 20066 September 2008
Naruto, Kiba dan Hinata memasuki sebuah kastil untuk mencari istri daimyo. Mereka kemudian menyadari bahwa di dalam kastil tersebut ada monster yang dipanggil oleh penghuni asli kastil, dan mengetahui bahwa monster itu mencoba untuk bebas dari dunia ini. Naruto menghancurkan kontrak yang memanggil monster itu dan monster kembali ke alamnya. Mereka kemudian melepaskan semua tawanannya (termasuk istri sang daimyō).
195"The Third Super-Beast!"
"Daisan no chōjū, Saidai no raibaru" (Jepang: 第三の超獣 最大のライバル)
26 Juli 20066 September 2008
Tsunade yang khawatir kalau Rock Lee akan memaksakan diri dan sekali lagi mengakhiri kareirnya sebagai seorang ninja, memperingatkannya untuk tidak menerima misi atau berlatih terlalu keras. Pada saat yang sama, seorang siswa bernama Yagura tiba di desa dan mampu mengalahkan Lee dalam pertarungan taijutsu. Yagura mampu menghindari semua gerakannya dan menggunakan teknik yang hampir mematahkan pergelangan kaki Lee. Yagura pergi bersama Might Guy dalam sebuah misi—sementara Lee masih dalam proses pemulihan diri, menyebabkan Lee percaya bahwa Guy telah mengabaikannya. Kemudian terungkap bahwa Yagura adalah seorang penipu, yang berhasil memancing Guy ke dalam perangkap. Naruto, Neji, dan Tenten tiba untuk menyelamatkan Guy.
196"Hot-Blooded Confrontation: Student vs. Sensei"
"Namida no Gekitotsu! Nekketsu shitei taiketsu" (Jepang: 涙の激突! 熱血師弟対決)
9 Agustus 200613 September 2008
Guy terperangkap di dalam pagoda yang terbuat dari boneka pelatihan kung fu. Naruto, Neji, Tenten, dan Lee—yang baru tiba—bertarung melawan ratusan boneka di luar. Terungkap bahwa sang penipu dan dua saudara lelakinya ingin membalas dendam karena Guy mengalahkan ayah mereka dan melukainya, menyebabkan dia tidak dapat melatih atau mengambil misi dan akhirnya mati. Lee masuk ke dalam pagoda, dan terjebak dalam teknik yang menyebabkan dia dan Guy saling bertarung—dalam bentuk boneka pelatihan. Keduanya menyadari hal tersebut, dan secara bersamaan menggunakan teknik Urarenge untuk menghancurkan boneka tanpa melukai satu sama lain. Pagoda tersebut kemudian hancur. Guy kemudian memberi tahu tiga bersaudara tersebut bahwa ayah mereka menghormatinya dan ingin mereka bertarung dengan Guy, bukan untuk balas dendam, tetapi untuk belajar darinya. Guy ingin mereka melawannya dengan adil, memungkinkan mereka untuk memahami keinginan ayah mereka yang sekarat.
197"Crisis! The Hidden Leaf 11 Gather!"
"Daipinchi! Konoha no jūichi nin zen'in shūgō" (Jepang: 大ピンチ! 木の葉の11人全員集合)
16 Agustus 200613 September 2008
Naruto makan siang dengan seorang lelaki tua bernama Gennou, yang datang ke Konoha sebagai tukang kayu untuk membantu membangun kembali desa. Namun, pada malam hari, Gennou melarikan diri setelah mencuri beberapa dokumen cetak biru, dan meledakkan dirinya dalam pemboman bunuh diri. Ia memperingatkan bahwa Konoha akan segera dihancurkan. 10 Genin Konoha beserta Shikamaru diminta untuk mencari tahu lebih banyak tentang kegiatan pria itu, tetapi ANBU membawa Naruto untuk diinvestigasi, sambil mengatakan bahwa Gennou adalah orang yang mencuri dokumen cetak biru dan melarikan diri.
198"The ANBU Gives Up? Naruto's Recollection"
"ANBU mō teage, Naruto no kioku" (Jepang: 暗部もお手上げ ナルトの記憶)
23 Agustus 200620 September 2008
Agen-agen ANBU menggunakan hipnosis terbalik pada Naruto, tetapi menyadari bahwa dia tidak mengingat hal yang penting. Teman-teman Naruto meneliti Gennou, tetapi hanya sedikit menemukan bukti—kecuali fakta bahwa dia adalah seorang tukang kayu yang biasa-biasa saja. Namun, terungkap bahwa surat pengantar miliknya telah dipalsukan, dan penyelidikan tentang tempat pemboman bunuh diri dan mayat di rumah sakit menunjukkan bahwa Gennou memalsukan kematiannya.
199"The Missed Target"
"Matohazure, Mietekita hyōteki" (Jepang: 的外れ 見えてきた標的)
30 Agustus 200620 September 2008
Seekor burung menjatuhkan hampir semua dokumen cetak biru curian di seluruh desa. Tindakan tersebut berfungsi sebagai pengalih perhatian dari rencana Gennou yang sebenarnya. Naruto dan teman-temannya menyadari bahwa kayu target kunai di dojo akademi sebenarnya merupakan perangkat pemicu untuk alat peledak di akademi, dan bahwa alat peledak sejenis itu telah ditanamkan di seluruh desa.
200"The Powerful Helper"
"Gen'eki baribari, Saikyō no suketto" (Jepang: 現役バリバリ 最強の助っ人)
13 September 20064 Oktober 2008
Naruto dan yang lain berangkat untuk melucuti alat peledak tanpa diketahui oleh Gennou. Penyelidikan kemudian menyimpulkan bahwa Gennou memasang perangkap tersebut 30 tahun yang lalu, sebagai bagian dari misi untuk Desa Kagerō, yang dihancurkan oleh Desa Tani tak lama setelah dia menyelesaikan misinya. Kejadian tersebut mengakibatkan kematian putranya. Naruto menerima kenyataan bahwa lelaki tua yang berteman dengannya mencoba untuk menghancurkan desa, dan menemukan petunjuk bahwa Gennou berada di pegunungan di belakang desa.
201"Multiple Traps! Countdown to Destruction"
"Tajū torappu, Hōkai no kauntodaun" (Jepang: 多重トラップ 崩壊のカウントダウン)
20 September 200618 Oktober 2008
Naruto mengejar Gennou ke pegunungan di belakang desa, dan mendengar bahwa dia berencana untuk meledakkan bom peledak di sana, mengubur Konoha dalam longsoran batu besar. Sebelum dia bisa melakukannya, teman-teman Naruto tiba. Hinata memberi tahu mereka ke mana Naruto pergi. Mereka bekerja sama untuk mencegah Gennou mengaktifkan alat peledaknya, dan berhasil menyelamatkan desa. Gennou meninggal setelah mengatakan bahwa dia ingin putranya menikmati perburuan harta karun. Shikamaru menyadari bahwa Gennou awalnya bermaksud untuk menghancurkan Konoha, tetapi karena Naruto mengingatkannya pada putranya, dia membuat perangkapnya menjadi perburuan harta karun. Dengan demikian, Konoha sebenarnya tidak benar-benar dalam keadaan bahaya.
202"The Top 5 Ninja Battles"
"Honjitsu Happyō! "Ninjatachi no ase to namida no Meishōbu Besuto 5! Otanoshimi no bangai hen moaruttebayo" Supesharu" (Jepang: 本日発表!「忍者たちの汗と涙の名勝負ベスト5! お楽しみの番外編もあるってばよ」スペシャル)
27 September 20061 November 2008
Naruto dan Sakura Haruno menjadi pembawa acara untuk episode khusus rekap ini. Episode ini menampilkan lima pertarungan utama dari arc Perebutan Kembali Sasuke: pertarungan antara Naruto dan Sasuke Uchiha di atap rumah sakit, pertarungan antara Choji dan Jirobo, pertarungan antara Kiba dan Sakon, pertarungan antara Neji dan Kidomaru, dan pertarungan terakhir antara Naruto dan Sasuke. Ada juga wawancara dengan Choji, Kiba dan Neji, yang semuanya memukuli Naruto karena dia mengolok-olok mereka dan mengatakan hal-hal seperti "pertarungan Choji membuatnya berkeringat". Pada segmen terakhir acara, Jiraiya mengundang tamu kejutan—Orochimaru—yang memberi Sakura dan Naruto kesempatan untuk melihat Sasuke secara sekilas.
203"Kurenai's Decision, Squad 8 Left Behind"
"Kurenai no ketsudan, Torinokosareta Daihappan" (Jepang: 紅の決断 とり残された第8班)
5 Oktober 200615 November 2008
Naruto bertemu seorang gadis bernama Yakumo. Yakumo menggambar petir pada lukisan Konoha, menyebabkan kilat menyerang gedung Hokage. Tak lama kemudian, Kurenai Yuhi mengundurkan diri sebagai pemimpin Tim 8, dan Naruto bertekad untuk mencari tahu apa sebabnya. Malam harinya, Naruto menyelinap ke rumah Yakumo dengan cara menyamar sebagai Kurenai, dan menemukan sebuah ruangan yang penuh dengan lukisan Yakumo. Naruto lolos setelah salah satu lukisan tersebut hampir membunuhnya. Ia ditemukan oleh ANBU dan dokter yang ditugaskan untuk menjaga Yakumo. Mereka kemudian memberikan suntikan bius kepada Naruto.
204"Yakumo's Sealed Ability"
"Nerawareta Yakumo, Fūinsareta nōryoku" (Jepang: 狙われた八雲 封印された能力)
5 Oktober 200622 November 2008
Setelah sadar, Naruto bermimpi melihat Kurenai yang mengancam untuk menyegel kemampuan genjutsu milik Yakumo. Naruto kemudian menyadari bahwa itu adalah alasan mengapa dia meninggalkan Tim 8, tetapi Kurenai menolak untuk memberitahukan tentang kebenarannya. Saat Kurenai pergi menemui Yakumo, beberapa anggota Klan Kurama menyerang.
205"Kurenai's Top-Secret Mission: The Promise With the Third Hokage"
"Kurenai no gokuhi ninmu ~Sandaime to no yakusoku~" (Jepang: 紅の極秘任務〜三代目との約束〜)
5 Oktober 200627 Desember 2008
Ketika Kurenai mencoba melarikan diri dengan Yakumo; Naruto, Sakura, Tim 8, dan Might Guy datang membantu dan mengalahkan musuh. Kurenai dan Yakumo mengungkapkan bahwa Yakumo dipercayakan kepada Kurenai sebagai muridnya. Meskipun Yakumo tidak bisa bertarung, dia adalah pengguna genjutsu yang berbakat. Namun, Kurenai menyegel kemampuannya, dan Yakumo mengungkapkan bahwa Kurenai melakukannya atas perintah Hokage Ketiga.
206"Genjutsu or Reality?"
"Genjutsu ka genjitsu ka, Gokan o seisuru mono" (Jepang: 幻術か現実か 五感を制するもの)
19 Oktober 20063 Januari 2009
Naruto, Kurenai, Yakumo, dan Tim 8 kembali ke Konoha, yang seolah-olah telah hancur selama kepergian mereka. Mereka mengetahui dari kepala klan Kurama bahwa mereka terjebak dalam genjutsu Yakumo yang telah menyelimuti seluruh desa. Meski demikian, Naruto dan Tim 8 berhasil melarikan diri. Mereka kemudian kembali menuju ke vila demi menemukan Kurenai dan Yakumo.
207"The Supposed Sealed Ability"
"Fūjiraretahazu no nōryoku" (Jepang: 封じられたはずの能力)
26 Oktober 200610 Januari 2009
Naruto dan Tim 8 menuju ke vila Yakumo. Naruto berhasil masuk ke ruangan mereka dan menemukan Yakumo bersama Kurenai. Yakumo mengancam akan membunuh mantan gurunya itu. Terungkap bahwa sosok jahat yang dikenal sebagai Idou tinggal di alam bawah sadar Yakumo, dan merupakan alasan mengapa kemampuannya disegel. Yakumo akhirnya mengalahkan Idou dan menyadari bahwa Kurenai peduli padanya. Kurenai akhirnya kembali ke Tim 8, yang sangat gembira dengan keputusan tersebut.
208"The Weight of the Prized Artifact!"
"Meiki, Kachōfūgetsu no omosa" (Jepang: 名器 花鳥風月の重さ)
2 November 200624 Januari 2009
Naruto dan Kiba diperintahkan untuk mengawal seorang pria bernama Shinemon yang membawa artefak langka dan berharga. Shinemon membuat mereka berdua jengkel sepanjang misi dengan sikap sombong, kelakuan, dan kesediaannya untuk menempatkan Naruto dan Kiba dalam bahaya hanya untuk melindungi kepentingannya sendiri. Para bandit kemudian mencuri artefak tersebut. Ketika Shinemon mempertaruhkan nyawanya untuk mencoba menyelamatkan Kacho Fugetsu yang terjatuh, Naruto menyelamatkannya. Tindakan Naruto mengajarkan kepadanya bahwa nyawa lebih berharga daripada harta. Kemudian, terungkap bahwa Shinemon adalah pencipta Kacho Fugetsu, dan dapat dengan mudah membuat Kacho Fugetsu yang baru.
209"The Enemy: Ninja Dropouts"
"Teki wa "Shinobazu"" (Jepang: 敵は「不忍」)
9 November 200631 Januari 2009
Naruto, Sakura dan Lee disewa untuk mengawal kapal yang mengangkut anggota "Shinobazu"—seorang ninja kriminal bernama Gantetsu—ke penjara, dan menjaganya dari kawan-kawannya yang mungkin berusaha membebaskannya. Mereka mengetahui bahwa Todoroki, kapten pasukan penjaga di kapal tersebut, memiliki dendam pribadi terhadap Gantetsu atas apa yang terjadi pada orang tua dan adik lelakinya. Kapal kemudian diserang oleh Shura—pemimpin Shinobazu, dan membuat Naruto, Todoroki, dan Gantetsu terpisah dari Sakura, Lee, dan para pasukan penjaga lain.
210"The Bewildering Forest"
"Mayoi no mori" (Jepang: 迷いの森)
16 November 200625 Oktober 2009
Kapal yang ditumpangi kelompok Naruto terjatuh dari atas air terjun, memungkinkan Naruto, Gantetsu, dan Todoroki untuk melarikan diri ke hutan. Gantetsu memberi tahu mereka bahwa hutan adalah tempat persembunyian Shinobazu, dan bahwa hanya anggota Shinobazu seperti dirinya yang bisa menemukan jalan keluar. Naruto mengalahkan salah satu anggota Shinobazu bernama Toki, yang menyerang menggunakan mesin besar seperti cakar. Sakura dan Lee bertemu dengan beberapa anak yatim yang berlindung di hutan. Kemudian terungkap bahwa Todoroki berniat untuk membunuh Gantetsu demi membalas dendam keluarganya. Ia bahkan berniat membunuh Naruto demi menghilangkan saksi atas kejahatannya.
211"Memory of Flames"
"Honō no kioku" (Jepang: 炎の記憶)
30 November 200625 Oktober 2009
Monja, anggota Shinobazu yang lain menyerang Naruto dan Todoroki, serta berhasil menangkap Gantetsu. Terungkap bahwa anggota Shinobazu yang lain ingin menangkap Gantetsu demi bisa menemukan uang yang dicurinya bersama mereka. Lee dan Sakura baru mengetahui bahwa Akio, adik laki-laki Todoroki, masih hidup, dan bahwa dia dan anak-anak yatim lainnya telah dirawat oleh Gantetsu yang berusaha untuk menebus kejahatannya. Naruto muncul untuk bertarung dan mengalahkan Monja, tetapi Akio diculik oleh Shura dan dibawa ke markas Shinobazu.
212"To Each His Own Path"
"Sorezore no michi" (Jepang: それぞれの道)
7 Desember 20068 November 2009
Naruto, Todoroki, dan Gantetsu memasuki markas Shinobzu, meninggalkan Sakura untuk merawat anak-anak dan Lee untuk melawan anggota Shinobazu lain di luar. Sementara Gantetsu dan Todoroki pergi untuk menyelamatkan Akio, Naruto bertarung dengan Shura dan berhasil mengalahkannya. Markas itu akhirnya terbakar akibat pertarungan, dan Gantetsu menyelamatkan Akio sebelum melarikan diri bersamanya dan Todoroki. Todoroki masih tidak dapat memaafkan Gantetsu, tetapi mengizinkannya untuk tetap tinggal bersama anak-anak lain dengan melaporkan bahwa dia telah mati dalam kebakaran.
213"Vanished Memories"
"Ushinawareta kioku" (Jepang: 失われた記憶)
14 Desember 20068 November 2009
Dalam perjalanan mengumpulkan rebung untuk ramen menma, Naruto menemukan seorang pria yang hanyut di tepi sungai dan menolongnya. Pria itu tidak dapat mengingat namanya sendiri, jadi Naruto memanggilnya "Menma". Ketika Naruto mencoba membantu Menma memulihkan ingatannya, dia menyadari bahwa Menma sangat baik hati dan suka membantu. Kemudian, seorang pria misterius menyerang mereka berdua. Menma menggunakan okarina untuk meningkatkan kemampuan Naruto, menyebabkan Naruto bertanya-tanya siapa dia sebenarnya.
214"Bringing Back Reality"
"Torimodoshita genjitsu" (Jepang: 取り戻した現実)
21 Desember 200615 November 2009
Naruto dan Menma dikirim dalam misi bersama Neji dan Tenten. Tsunade mulai curiga dan menduga bahwa Menma adalah ninja Otogakure karena kemampuannya. Neji mencurigai hal yang sama ketika Menma bergerak lebih cepat daripada dirinya. Kelompok tersebut memasuki desa yang sebagian besar telah dihancurkan oleh sekelompok bandit. Menma meyakinkan Naruto, Neji, dan Tenten untuk membantunya membangun tembok kayu untuk membuat desa itu dapat bertahan menghadapi serangan bandit berikutnya.
215"A Past to Be Erased"
"Keshi saritai kako" (Jepang: 消し去りたい過去)
21 Desember 200615 November 2009
Ketika Menma terluka akibat serangan pemimpin bandit, terungkap bahwa dia pernah menjadi bagian dari mereka, dan bahwa dia berada di desa tersebut selama kelompoknya menyerang. Meskipun demikian, Menma bersedia mengambil risiko untuk membantu melawan para bandit, dan memberitahukan tentang niat sang pemimpin bandit—yang berencana untuk membanjiri desa dengan cara merusak bendungan—kepada Naruto. Setelah mengungkapkan bahwa dia sebenarnya tidak pernah kehilangan ingatan, Menma mengorbankan nyawanya dengan cara meledakkan tambang, menyebabkan terjadinya longsoran batu yang menutup jalur bendungan untuk menyelamatkan desa. Naruto mengalahkan sang pemimpin bandit dan berduka karena kehilangan Menma.
216"The Targeted Shukaku"
"Kieta takumi - Nerawareta Shukaku" (Jepang: 消えた匠 狙われた守鶴)
11 Januari 200722 November 2009
Sekelompok ninja pengembara dari Desa Takumi yang disebut Shitenshonin, menyerbu Desa Suna dan menculik Matsuri, seorang siswa Akademi Ninja di bawah didikan Gaara. Mereka mengincar kekuatan Gaara demi bisa menghidupkan kembali senjata pamungkas desa mereka. Gaara, Kankuro, dan Temari mengejar mereka tanpa bantuan lain dari Desa Suna. Sementara itu, Shikamaru mengumpulkan para anggota Konoha 11 (minus Tenten), dan membaginya menjadi dua tim - Shikamaru dan Ino, Naruto dan Lee, serta Kiba dan Choji. Setiap kelompok yang terdiri dari 2 orang tersebut akan membantu salah satu dari ninja Suna. Neji dan Hinata akan menghindari pertempuran dan melakukan pengintaian di depan, sementara Sakura dan Shino bertindak sebagai tenaga medis dan komando kontrol (menggunakan serangga milik Shino untuk memberikan informasi).
217"Sand Alliance With The Leaf Shinobi"
"Suna no dōmeikoku - Konoha no shinobi" (Jepang: 砂の同盟国 木ノ葉の忍)
18 Januari 200722 November 2009
Para Shitenshonin terus berlari, sementara Gaara, Temari, dan Kankuro mengejar mereka. Pada saat yang sama, Shino, Hinata, dan Neji menggunakan kemampuan mereka untuk menemukan lokasi Shitenshonin. Temari bertemu anggota Shitenshonin pertama (seorang wanita yang menggunakan pedang untuk menghasilkan angin) dan menyuruh Gaara dan Kankuro untuk mengejar tiga anggota lainnya. Tidak lama kemudian, Kankuro bertemu dengan ninja lain yang menggunakan pedang berbilah 3 yang dapat terpisah tetapi masih dihubungkan oleh kawat. Gaara pergi untuk mengejar dua anggota lainnya. Gaara akhirnya bertarung dengan seorang pria besar dan kuat yang memiliki cambuk berduri. Shitenshonin bersiap untuk membunuh Temari dan Kankuro, tetapi Shikamaru menyelamatkan Temari dengan Kagemane no Jutsu miliknya, sementara Kiba menyelamatkan Kankuro.
218"The Counterattack!"
"Fūjiwareta suna, Suiko no hangeki" (Jepang: 封じられた砂 水虎の反撃)
25 Januari 200729 November 2009
Para anggota Shitenshonin membuat formasi segitiga, menggunakan saluran air untuk menghentikan Gaara menggunakan kekuatan pasirnya. Sementara itu, Shikamaru dan Kiba kesulitan dalam membantu Temari dan Kankurou. Sebelum anggota ketiga Shitenshonin dapat membunuh Gaara, Lee dan Naruto tiba untuk menyelamatkannya. Di sisi lain, tugas Sakura adalah berkeliling untuk menyembuhkan mereka yang terluka. Shikamaru dan Temari menggunakan teknik kombinasi untuk melenyapkan musuh mereka, dan Akamaru menarik potongan-potongan boneka Kankurou yang rusak untuk mengejutkan dan mengalahkan musuh. Terakhir, Gaara menggunakan tombak untuk mengalahkan anggota ketiga dan mengejar pemimpin mereka agar bisa menyelamatkan Matsuri.
219"The Ultimate Weapon Reborn"
"Yomigaetta kyūkyoku heiki" (Jepang: よみがえった究極兵器)
1 Februari 200729 November 2009
Meskipun rekan-rekannya dikalahkan, Hoki menjalankan rencana terakhirnya dengan menggunakan Gaara untuk menghidupkan kembali Seimei. Untuk melakukan hal tersebut, dia menjebak Gaara di dalam kurungan logam yang mulai menguras chakra-nya. Gaara mulai berubah sebagian menjadi Shukaku Ichibi - yang selama ini diinginkan Hoki. Hoki kemudian melakukan ritual dan mengorbankan tubuhnya sendiri untuk mayat Seimei, yang memungkinkan Seimei untuk bereinkarnasi. Seimei kemudian mengambil senjata milik para Shitenshonin, membuat dirinya menjadi "senjata pamungkas" dari Desa Takumi. Naruto bertarung melawan Seimei sampai Gaara menghancurkan kurungan logam yang mengurungnya, dan keluar dalam wujud berubah sebagian menjadi Shukaku Ichibi.
220"Departure"
"Tabidachi" (Jepang: 旅立ち)
8 Februari 20076 Desember 2009
Pertarungan berakhir setelah Gaara membunuh Seimei. Semua orang kembali ke Desa Konoha dan melanjutkan pelatihan mereka. Ino membuat permintaan untuk menjadi murid Tsunade, Tenten sangat marah dengan kenyataan bahwa dia ditinggalkan dalam misi. Semua orang mengucapkan selamat tinggal pada Naruto, yang akan berangkat dalam pelatihan selama dua setengah tahun dengan Jiraiya (yang kembali dengan informasi tentang rencana Akatsuki).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Naruto staff". TV Tokyo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 Juni 2009. 
  2. ^ "Naruto Filler to End". Anime News Network. 4 Desember 2006. Diakses tanggal 28 September 2007. 
  3. ^ "Naruto story". TV Tokyo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 5 Juni 2009. 
  4. ^ "5th Stage". TV Tokyo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 7 November 2011. 
  5. ^ "Naruto Uncut Season 4, Vol. 2 (DVD Box Set)". Viz Media. Diakses tanggal 7 November 2011. 
  6. ^ "Naruto Uncut Season 4, Vol. 1 (DVD Box Set)". Viz Media. Diakses tanggal 7 November 2011.