Gals!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gals!
Gambar sampul manga volume pertama, menampilkan tiga karakter utama - Ran Kotobuki, Miyu Yamazaki dan Aya Hoshino
ギャルズ!
(Gyaruzu!)
GenreKomedi[1]
Manga
PengarangMihona Fujii
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
CMX (2005-2010)
Penerbit bahasa IndonesiaM&C!
MajalahRibon
DemografiShōjo
Terbit29 Desember 19981 Mei 2002
Volume10 (Daftar volume)
Seri anime
Super GALS! Kotobuki Ran
SutradaraTsuneo Kobayashi
ProduserRyunosuke Tsuno
Tomoko Gushima
SkenarioMasashi Kubota
MusikMasumi Itō
StudioStudio Pierrot
Pelisensi
ADV Films (2003-2006, episode 1-26)
The Right Stuf International (2006-sekarang, semua episode.)
Saluran
asli
TV Tokyo
Saluran bahasa Inggris
Tayang 1 April 2001 31 Maret 2002
Episode52 (Daftar episode)
Permainan
Super GALS! Kotobuki Ran
PengembangKonami
PenerbitKonami
PlatformGame Boy Color
Rilis26 Juli 2001
Permainan
Super GALS! Kotobuki Ran 2 ~Miracle -> Getting~
PengembangKonami
PenerbitKonami
GenrePuzzle
PlatformGame Boy Color
Rilis7 Februari 2002
Permainan
Super GALS! Kotobuki Ran Special -> Coolmen Get you Gals Party ->
PengembangKonami
PenerbitKonami
PlatformPlayStation
Rilis8 Agustus 2002
 Portal anime dan manga

Gals! (Jepang: ギャルズ!, Hepburn: Gyaruzu!) adalah sebuah seri manga shōjo Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Mihona Fujii. Manga ini diterbitkan oleh Shueisha dan dimuat dalam majalah Ribon sejak tahun 1998 hingga 2002. Manga ini juga diterbitkan di Amerika Serikat oleh CMX.

Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Studio Pierrot berjudul Super Gals! Kotobuki Ran (超ギャルズ!寿蘭, Sūpā Gyaruzu! Kotobuki Ran) ditayangkan di Jepang pada saluran TV Tokyo sejak tanggal 1 April 2001 hingga 31 Maret 2002, dengan total 52 episode. 26 episode pertama telah dilisensi dan disulihsuarakan untuk didistribusikan di Amerika Utara oleh ADV Films dengan nama Super Gals! dan didistribusikan dalam bentuk DVD sejak tahun 2003 hingga 2004. Pada acara Anime Expo tahun 2006, The Right Stuf International mengumumkan bahwa mereka telah melisensi semua episode, termasuk episode 27 hingga 52[2] dan merilis bokset dengan subtitle yang berisi 26 episode sisanya pada tanggal 16 Januari 2007. Sebuah bokset yang berisi seluruh 52 episode juga dirilis pada tahun 2010.[3]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

  • Kotobuki Ran
Tokoh utama. Siswi kelas 1 SMU Hounan. Dia terlahir dalam keluarga polisi. Ayah, ibu dan kakaknya(Yamato)adalah polisi. Adiknya(Sayo)juga bercita-cita menjadi polisi. Sebaliknya, dia malah menjadi gal terkuat di Shibuya yang selalu tak punya uang. Sewaktu kecil, Ran dididik Ayahnya untuk menjadi polisi, dan ia pun ingin menjadi polisi hebat. Namun keinginannya hilang begitu tahu kalau jadi polisi, ia tak bisa berdandan dan juga mencat rambut. Biarpun begitu, didikan Ayahnya membantunya memiliki karakter seperti sekarang, termasuk kekuatan fisik yang hebat.
Ran sangat menyukai Shibuya, dan ia dideklarasikan sebagai penguasa Shibuya secara tidak resmi. Ia ingin agar semua orang bisa senang di jalanan favoritnya itu. Ia memegang teguh prinsip hidupnya, untuk tetap hidup pada masa sekarang dan mencintai hidup. Biarpun urakan, Ran memiliki kekuatan untuk memberikan energi positif pada orang lain di sekelilingnya. Ia menolak ayahnya yang ngotot ingin menjadikannya polisi karena ia tak ingin hidupnya diatur, tetapi setelah sebuah kasus, ia memutuskan untuk menjadi polisi demi melindungi Shibuya yang sangat ia cintai.
Ia berkharisma, heboh, dan juga tangguh. Tapi dalam soal cinta, Ran cenderung bloon. Ia tak sadar bahwa Asou Yuuya memendam perasaan terhadapnya, meskipun hal itu jelas-jelas terlihat di mata orang lain. Meskipun pemberani, tetapi ia tak sanggup menelepon Kuroi Tatsuki, pacarnya, saat mereka bertengkar. Nama panggilannya, Ranpyon.
  • Yamazaki Miyu
Siswi kelas 1 SMU Hounan. Waktu SMP, dia sangat urakan, ia juga pemimpin geng, tetapi bisa berubah berkat kelembutan Yamato(kakak Ran) dan bersahabat dengan Ran. Setelah itu, ia berpacaran dengan Yamato dan karakternya berubah menjadi manis. Miyu berasal dari keluarga broken home, orang tuanya bercerai ketika ia masih di bangku sekolah dasar. Ibunya sibuk bermain dan berpacaran, dan akhirnya meninggalkan Miyu saat ia kelas dua SMU. Setelah itu, Miyu hidup mandiri. Pada awalnya, ia bermaksud bekerja setelah lulus SMU, tetapi semangat Yamato membuatnya meneruskan sekolah ke Akademi Tokusei. Di akhir cerita, ia dan Yamato menjadi pasangan yang paling pertama menikah.
Miyu pintar memasak; menurutnya, itu satu hal untuk menjadi istri yang baik. Ia sering terlihat membuatkan makanan untuk Ran dan teman-temannya, juga memberi instruksi saat membuat cokelat valentine. Ia juga menjadi orang yang sering memberikan nasihat tentang cinta pada teman-temannya. Ia juga dipanggil Miyurin oleh beberapa orang.
  • Hoshino Aya
Siswi kelas 1 SMU Hounan. Peringkat satu di kelas, si rajin yang pemalu dan pendiam. Ran memergokinya saat ia hendak kencan menemani oom-oom. Aya melakukan itu karena ia merasa terkekang oleh orang tuanya yang selalu menuntutnya untuk menjadi yang terbaik. Setelah itu, Aya pun bersahabat dengan Ran dan Miyu.
Otohata Rei adalah cinta pertamanya, dan ia sempat ditolak sekali oleh cowok itu. Mereka mulai berpacaran di volume 3. Namum, sifat Aya yang pemalu dan kurang percaya diri membuat hubungan mereka sedikit bermasalah. Ia meragukan perasaan Rei terhadapnya, dan berpikir bahwa Rei sebetulnya menyukai Ran. Hal ini dikonfirmasi oleh Rei, tetapi Rei mengatakan itu karena dipancing lebih dulu oleh Aya. Di tengah dinginnya hubungan mereka, Aya mulai dekat dengan Katase, teman sekelasnya. Setelah beberapa kejadian, barulah Aya menyadari Rei sangat memperhatikannya. Setelah itu, ia berusaha mengubah diri dan lebih percaya diri, membuat Rei membuka perasaannya perlahan-lahan.
Aya adalah gadis yang lembut dan baik hati. Ia pemikir dan satu sifat yang kentara darinya adalah cengeng. Ia menangis dalam berbagai kesempatan, baik yang bahagia ataupun yang menyedihkan. Ketika ia bersama Rei, selalu saja ada hal yang membuatnya menangis (hal yang bahagia juga), dan hal ini sering menjadi bahan godaan teman-temannya terhadap Rei. Aya juga memiliki sebuah leontin favorit Rei, yang diberikan Rei kepadanya ketika natal pertama mereka.
Meskipun sering main di Shibuya bersama Ran, Aya tidak melupakan pelajarannya dan tetap menjadi juara kelas. Ia juga sering membantu teman-temannya yang kesulitan dalam hal pelajaran.

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Otohata Rei
Siswa kelas 1 SMU Meishou. Ia adalah cowok idola para gal yang muncul di majalah sebagai juara 1 high school student grand prix. Banyak sekali cewek yang naksir padanya, tetapi ia cenderung cuek pada perempuan--bahkan ia bahkan pernah bilang dengan tegas bahwa dia membenci Gal. Ia memiliki banyak pekerjaan paruh waktu dan sering kali sibuk dengan pekerjaannya, di antaranya DJ, guru privat, dan lain-lain. Rei memiliki sepupu bernama Rui yang mirip sekali dengan dirinya. Ia bersahabat dekat dengan Asou Yuuya, dan selalu bersamanya di sekolah.

Pada awalnya, kelihatannya ia memiliki perasaan lebih pada Ran, yang disembunyikan dengan baik karena ia tahu Ran sama sekali tidak merasakan hal yang sama dengannya. Malahan, Ran memberitahunya mengenai perasaan Aya terhadapnya. Ia menolak Aya karena takut menyakiti gadis itu, tetapi mereka akhirnya berpacaran. Hubungan mereka sulit pada awalnya, karena Rei adalah orang yang kurang bisa berkomunikasi mengenai perasaannya, sedangkan Aya kurang percaya diri. Mereka bahkan sempat mengalami fase hubungan yang tidak jelas saat Rei mengaku bahwa dia 'suka' pada Ran, dan Aya beralih pada teman sekelasnya, Katase. Pada akhirnya, mereka bisa menerima karakter masing-masing dan kembali bersama. Di waktu kelulusan, Rei memberikan kancing keduanya pada Aya, dan juga menciumnya pada hari natal ketiga mereka bersama (sayangnya, terpotong oleh ulah Naoki) yang memperjelas hubungan mereka.

Ia memiliki banyak nama panggilan, mulai dari Otohata, Rei, sampai Otocchi—panggilan yang membuatnya sebal. Di akhir cerita, ia dan Aya kuliah di kampus yang sama dan masih melanjutkan hubungan mereka.

  • Asou Yuuya

Siswa kelas 1 SMU Meishou. Peringkat 2 super high school student grandprix. Sahabat Rei. Cintanya bertepuk sebelah tangan pada Ran. Ran dan kawan-kawan memanggilnya "Nomor 2". Ia membenci Kuroi Tatsuki karena cowok itu bisa pacaran begitu saja dengan Ran tanpa usaha apa pun, tetapi akhirnya mereka juga bersahabat. Tatsuki memanggilnya "Bro". Karena suatu salah paham, ia jadi berpacaran dengan Honda Mami. Awalnya ia merasa terpaksa, tetapi ia jadi jatuh cinta pada Mami menjelang akhir cerita. Di akhir cerita, Yuuya melanjutkan kuliah di universitas yang ada di Ikebukuro, supaya dekat dengan Mami yang bekerja.

Yuuya sering terlihat mentraktir Ran dan teman-temannya. Ia juga menjadi orang yang memberi nasihat pada Rei mengenai hubungan cinta, meskipun lebih sering ditanggapi Rei secara cuek. Yuuya juga berteman baik dengan Aya, dan memberinya semangat saat hubungan Aya dengan Rei sedang sulit.

  • Kuroi Tatsuki

Cowok gaul dari Machida, wilayah pinggiran Tokyo. Dikenal sebagai "Black Machida" oleh orang-orang di sekitarnya. Seorang jagoan menari para-para. Kelakuan dan pribadinya mirip monyet, bahkan di beberapa episode saat ada seekor monyet yang kabur, ia bisa mengerti perkataan monyet tersebut. Dipanggil juga Tatsukichi. Hubungannya dengan Ran berjalan ceria dan mereka sering kali disebut "pasangan bodoh" karena keduanya sama-sama tidak peka. Orang tuanya memiliki usaha bakmi, tetapi Tatsuki tidak ingin mengikuti jejak orang tuanya. Ia juga gemar mencampurkan frasa bahasa Inggris ke dalam percakapannya.

Tatsuki sangat menyukai Ran, tetapi ia ragu apakah Ran juga menyukainya sama besar seperti ia menyukai Ran.

  • Honda Mami

Gal Ikebukuro. Saingan Ran. Dia jatuh cinta pada Yuuya. Diejek Ran "Mami Kue Dadar. "

  • Kudoh Harue

Sahabat Mami. Waktu SMP dia pernah masuk geng Shibuya, "eagle". Ada dendam pada Miyu?!Harue pernah memburukkan imej Miyu dengan mengirim Mail ke sekokah dan melaporkan kejelekan Miyu.

  • Iwai Masato

Pacar/partner Sayo.

  • Kuroi Naoki

Adik Tatsuki. Dia juga ikut menjadi inspektur junior bersama Sayo dan Masato. Gampang jatuh cinta dan suka mengejar-ngejar perempuan.

  • Iida Satsuki

Teman Ran dkk. Dia akrab dengan Rie

Keluarga Kotobuki[sunting | sunting sumber]

  • Kotobuki Yamato

Kakak Ran, lebih tua sebelas tahun dari Ran. Polisi yang bertugas di pos Shibuya. Ia berpacaran dengan Miyu setelah menyadarkan gadis itu dari kegiatannya sebagai anak geng. Seorang polisi yang berdedikasi dan bertanggung jawab. Sering direpotkan oleh ulah Ran dan teman-temannya. Di akhir cerita, ia menikah dengan Miyu.

  • Kotobuki Sayo

Adik Ran yang bercita-cita menjadi polisi. Kekanak-kanakan dan berpegang teguh pada keadilan. Sangar energik dan selalu semangat, sehingga sering membuatnya jatuh karena terlalu antusias. Bersama pacarnya, Masato, ia membentuk grup reserse cilik. Ia masuk Hounan mengikuti Ran, kakaknya, dan membuat grup inspektur polisi cilik Hounan bersama Kuroi Naoki, adik Kuroi Tatsuki. Panggilannya Sayoppe. Ia selalu memakai topi ke mana pun.

  • Kotobuki Taizou

Kepala polisi. Ayah Ran. Sangat ingin Ran masuk ke kepolisian.

  • Kotobuki Kiyoka

Ibu Ran. Polisi di Shibuya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Super Gals! - Shelf Life". Anime News Network. 26 September 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-30. Diakses tanggal 31 Mei 2018. 
  2. ^ "Right Stuff International licenses second series of Super Gals!". Super Gals Rightstuf Official website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-18. Diakses tanggal 10 Mei 2019. 
  3. ^ "Calling the Super GALS!". IGN. 23 Juni 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-13. Diakses tanggal 23 Januari 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]