Naruto the Movie: Ninja Clash in the Land of Snow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Naruto the Movie Ninja Clash in the Land of Snow.jpg
Poster film Jepang
Nama lain
Jepang劇場版 NARUTO 大活劇! 雪姫忍法帖だってばよ!!
HepburnGekijōban Naruto Daikatsugeki! Yukihime Ninpōchō dattebayo!!
SutradaraTensai Okamura
Didasarkan
dari
Naruto
oleh Masashi Kishimoto
Pemeran
Penata musikToshio Masuda
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 21 Agustus 2004 (2004-8-21)
Durasi104 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
¥1,37 miliar (US$11,1 juta)

Naruto the Movie: Ninja Clash in the Land of Snow (劇場版 NARUTO 大活劇! 雪姫忍法帖だってばよ!!, Gekijōban Naruto Daikatsugeki! Yukihime Ninpōchō dattebayo!!, terj. har. Great Action Scene! Snow Princess' Book of Ninja Arts) adalah sebuah film animasi Jepang tahun 2004 yang didasarkan dari seri manga dan anime Naruto karya Masashi Kishimoto. Film ini dirilis di Jepang pada tanggal 21 Maret 2004. Popularitas film ini menghasilkan beberapa sekuel, dimulai dari Naruto the Movie: Legend of the Stone of Gelel. Film ini berlatar setelah episode 101. Lagu tema penutup bertajuk Home Sweet Home dinyanyikan oleh Yuki. Versi sulih suara bahasa Inggris mengubah lagu tersebut menjadi lagu "Never Give Up" yang dinyanyikan oleh Jeremy Sweet, karena keterbatasan lisensi.

Sebuah animasi video orisinal berjudul Konoha Annual Sports Festival (木ノ葉運動会 Konoha Undōkai), disertakan dalam rilisan versi bahasa Jepang dari film ini. OVA berdurasi sepuluh menit tersebut memperlihatkan Naruto Uzumaki yang kesulitan mencari toilet saat sedang berpartisipasi dalam turnamen olahraga. OVA tersebut dikenal karena hampir semua karakter—hidup atau mati—di dunia Naruto muncul di dalamnya (sebagian besar dari mereka mengantri di depan toilet). Minato Namikaze muncul sebagai cameo dalam OVA tersebut.

Plot[sunting | sunting sumber]

Naruto Uzumaki, Sasuke Uchiha, dan Sakura Haruno menyaksikan film yang dibintangi Yukie Fujikaze di sebuah bioskop lokal. Kakashi Hatake menyuruh mereka untuk menontonnya sebagai persiapan untuk misi mereka yang berikutnya: untuk mencegah Yukie—yang memerankan Putri Gale pada film tersebut—agar tidak ditangkap selama produksi film terbarunya. Kemudian terungkap bahwa identitas Yukie yang sebenarnya adalah Koyuki Kazahana, seorang putri dari sebuah pulau yang dikenal sebagai Negeri Salju. Paman Koyuki yang bernama Doto Kazahana, bertanggung jawab atas pembunuhan ayah Koyuki—yang bernama Sosetsu—dalam sebuah kudeta. Selama proses syuting film, para anak buah Doto yang mengenakan baju chakra berusaha menangkap Koyuki, tetapi Tim 7 berhasil menghalau upaya mereka agar Koyuki tidak tertangkap. Doto akhirnya berhasil menangkap Koyuki dan membunuh pengawalnya, yang mengungkapkan diri mereka dalam upaya untuk melindungi dan mengembalikan tempat Koyuki yang semestinya sebagai penguasa Negeri Salju. Naruto menaiki pesawat udara untuk menyelamatkan sang putri, tetapi dia tertangkap dan dipaksa untuk memakai alat pengering chakra. Sebelum menahan Koyuki dan Naruto, Doto memaksa Koyuki untuk menyerahkan kalung kristal yang diberikan ayahnya ketika dia masih kecil, karena berpikir bahwa kalung tersebut merupakan kunci yang dapat membuka harta tersembunyi yang ditinggalkan Sosetsu.

Sasuke, Sakura dan Kakashi menyusup ke benteng sementara Naruto dan Koyuki melarikan diri dari penjara. Mereka menghadapi Doto tetapi dia berhasil merebut kalung kristal dan melarikan diri dengan Koyuki. Naruto mengikuti Doto sementara anggota Tim 7 yang tersisa menghadapi para anak buah Doto. Kakashi berhasil membalas dendam dengan mengalahkan antek Doto, Nadare Roga, sementara Sasuke dan Sakura mengalahkan dua antek lainnya, Fubuki Kakuyoku dan Mizore Fuyukuma. Sementara itu, Doto menemukan harta karun yang tersembunyi untuk mengubah pulau menjadi Negeri Musim Semi menggunakan generator panas. Naruto mulai bertarung dengannya Doto, tetapi dirinya dikalahkan sementara Sasuke menggunakan jurus Chidori (千鳥, terj. har. "Seribu Burung") miliknya untuk melemahkan baju perisai Doto. Segera setelah itu, Naruto melepaskan energinya dan menggunakan Rasengan Chakra Tujuh Warna barunya, membunuh Doto dan mengaktifkan cermin untuk mengubah negeri itu. Setelah kejadian itu, Koyuki memutuskan untuk mengambil kembali tempatnya yang layak sebagai penguasa negeri tersebut. Ia menyebutkan bahwa meski pun dia sekarang menjalani kehidupan ala penguasa, karier aktingnya tidak akan berakhir.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Peran Jepang Inggris
Naruto Uzumaki Junko Takeuchi Maile Flanagan
Sasuke Uchiha Noriaki Sugiyama Yuri Lowenthal
Sakura Haruno Chie Nakamura Kate Higgins
Kakashi Hatake Kazuhiko Inoue Dave Wittenberg
Sōsetsu Kazahana Hidehiko Ishizuka Cam Clarke
Yukie Fujikaze Yūko Kaida Kari Wahlgren
Nadare Rōga Hirotaka Suzuoki Liam O'Brien
Sandayū Asama Ikuo Nishikawa Daran Norris
Fubuki Kakuyoku Jun Karasawa Cindy Robinson
Mizore Fuyukuma Holly Kaneko Kyle Hebert
Dotō Kazahana Tsutomu Isobe Lex Lang
Sutradara Makino Chikao Ōtsuka Michael McConnohie
Asisten Sutradara Akimitsu Takase Sam Riegel
Kin/Buriken Yutaka Nakano Doug Stone
Hidero Kan Tanaka Jamieson Price

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di Jepang pada tanggal 21 Agustus 2004. Film ini kemudian dirilis dalam format DVD pada tanggal 28 April 2005. Di Amerika Serikat, film ini dirilis di 160 bioskop selama satu hari pada tanggal 6 Juni 2007 atas nama Fathom Events.[1][2] Lima puluh bioskop di Kanada menayangkan film ini selama satu hari pada tanggal 23 Juni 2007.[3] Madman Entertainment mengadakan acara perilisan spesial selama satu hari di bioskop Australia pada tanggal 14 Oktober 2007.[4] Pada tahun 2007, film ini ditampilkan pada Fantasia Festival dan di British Museum.[5][6]

Versi DVD-nya menduduki peringkat ke-25 pada Nielsen Videoscan.[7]

Alih-alih memasukkan OVA sama seperti film versi Jepang-nya, film versi Amerika-nya memasukkan sebuah film pendek berjudul World of Naruto, begitu pula dengan adegan di balik layar bersama wawancara dengan para pengisi suara karakter utama dalam bahasa Inggris serta beberapa pengisi suara bahasa Jepang yang terpilih. Meski demikian, OVA tersebut akan dimasukkan dalam versi DVD untuk wilayah Amerika Utara. DVD tersebut dirilis pada tanggal 4 September 2007. Film ini ditayangkan perdana di Cartoon Network pada tanggal 8 September 2007. Film ini juga diputar di bioskop Cineplex Odeon dan Empire Theatres di Kanada, didistribusikan melalui Bell TV untuk memutar film ini di seluruh bioskop pada waktu yang bersamaan.

Pada tanggal 13 November 2007, film ini dirilis dalam bentuk tiga disc versi Deluxe Edition. Versi tersebut memiliki banyak adegan ekstra dan fitur yang tidak dimasukkan dalam DVD versi standar yang dirilis beberapa bulan sebelumnya. Versi tersebut berisi OVA "Konoha Annual Sports Festival" berdurasi sepuluh menit—yang sebenarnya turut ditampilkan pada penayangan film ini di Jepang, musik soundtrack yang komplet untuk film ini, klip dokumenter berupa proses penyulihan suara versi bahasa Inggris untuk film ini, kartu pos bergambar ilustrasi film, dan lainnya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Helen McCarthy dalam buku 500 Essential Anime Movies menyebut film ini sebagai "pengantar yang bagus untuk tema utama dari seri Naruto, dengan unsur-unsur kegigihan, tekad, percaya pada diri sendiri, dan pantang menyerah". Ia juga memuji tata cerita dan latar belakangnya, menyatakan "lanskap Utara yang beku kelihatan sangat bagus".[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Naruto Movie to Premiere in Theaters". Anime News Network. 21 Maret 2007. Diakses tanggal 26 Agustus 2013. 
  2. ^ "Naruto Movie Tickets, Theater List Now Open to Public". Anime News Network. 4 Mei 2007. Diakses tanggal 26 Agustus 2013. 
  3. ^ "First Naruto Movie Adds 17 More Theaters to Canada Run". Anime News Network. 30 Mei 2007. Diakses tanggal 26 Agustus 2013. 
  4. ^ "Madman Naruto Ninja". Anime News Network. 10 September 2007. Diakses tanggal 26 Agustus 2013. 
  5. ^ "Montreal Fest Shows Ghost in the Shell, Naruto, Tekkon". Anime News Network. 28 Juni 2007. Diakses tanggal 26 Agustus 2013. 
  6. ^ "British Museum Hosts Ghibli, Ghost in the Shell, More". Anime News Network. 6 Juli 2013. Diakses tanggal 26 Agustus 2013. 
  7. ^ "Naruto Movie Debuted at #25 on Nielsen's VideoScan 100". Anime News Network. 25 September 2007. Diakses tanggal 26 Agustus 2013. 
  8. ^ McCarthy, Helen. 500 Essential Anime Movies: The Ultimate Guide. — Harper Design, 2009. — P. 232. — 528 p. — ISBN 978-0061474507

Pranala luar[sunting | sunting sumber]