Naruto (musim 4)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Naruto
Musim 4
4thstagenaruto.jpg
Gambar sampul musim 4
Negara asalJepang
Jumlah episode42
Rilis
Saluran asliTV Tokyo
Tayang perdana6 Juli 2005 (2005-7-6) –
3 Mei 2006 (2006-5-3)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 3
Selanjutnya →
Musim 5
Daftar episode Naruto

Musim keempat dari seri anime Naruto, bertajuk "4th Stage" di Jepang, disutradarai oleh Hayato Date dan diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo.[1] Musim ini didasarkan dari seri manga karya Masashi Kishimoto, dan mengisahkan Naruto dan teman-temannya menjalankan berbagai misi pendek, setelah Sasuke Uchiha bergabung dengan Orochimaru.

Musim ini ditayangkan di Jepang sejak tanggal 6 Juli 2005 hingga 3 Mei 2006 pada saluran TV Tokyo.[2] Di Amerika Serikat, versi sulih suara bahasa Inggris dari musim ini ditayangkan sejak bulan Februari hingga Juli 2008. Musim ini ditayangkan pada blok pemrograman Toonami milik Cartoon Network serta blok pemrograman Bionix milik YTV,[3][4] Sony Pictures Entertainment merilis episode-episode dalam musim ini menjadi dua belas volume DVD secara total—masing-masing terdiri dari empat episode—antara tanggal 1 Januari hingga 6 Desember 2006.[5] Hanya tiga episode pertama yang dirilis oleh Viz Media dalam format volume DVD, sementara episode-episode yang tersisa dirilis dalam bentuk boks DVD.[6][7]

Tujuh lagu tema digunakan pada musim ini, terdiri dari tiga lagu tema pembuka dan empat lagu tema penutup. Lagu-lagu tema pembukanya adalah "No Boy No Cry" (ノーボーイ·ノークライ, Nō Bōi Nō Kurai) yang dibawakan oleh Stance Punks (digunakan hingga episode 151), "Namikaze Satellite" (波風サテライト, lit. "Discord Sateraito") yang dibawakan oleh Snowkel (digunakan untuk episode 152 hingga 177), dan "Re:member" yang dibawakan oleh Flow (untuk episode yang tersisa). Lagu-lagu tema penutupnya adalah "Speed" yang dibawakan oleh Analog Fish (digunakan hingga episode 151), "Soba ni Iru Kara" (そばにいるから, lit. "I'm Always by Your Side") yang dibawakan oleh Amadori (digunakan untuk episode 152 hingga 167), "Parade" (パレード, Parēdo) yang dibawakan oleh Chaba (digunakan untuk episode 168 hingga 177), dan "Yellow Moon" yang dinyanyikan oleh Akeboshi (untuk episode yang tersisa). Versi sulih suara bahasa Inggris menggantikan lagu-lagu tema penutup tersebut dengan versi instrumental dari lagu "Rise" yang dibawakan oleh Jeremy Sweet dan Ian Nickus.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal tayang asli Tanggal tayang bahasa Inggris
142"The Three Villains from the Maximum Security Prison"
"Genkai shisetsu no san akunin" (Jepang: 厳戒施設の三悪人)
6 Juli 200523 Februari 2008
Setelah berbagai peristiwa yang terjadi di Negeri Sawah, semua orang memulai pelatihan mereka. Namun, ancaman baru segera muncul. Mizuki sudah kembali, dan dia berencana untuk keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Konoha bersama dengan Fujin dan Raijin, duo Saudara Bodoh yang Legendaris. Orochimaru diduga menjadi orang yang mengatur semuanya di balik layar. Asuma dan Kurenai dikirim untuk menginterogasi Mizuki, tetapi mereka berdua dikalahkan. Naruto tiba dan menemukan keduanya dalam keadaan terluka.
143"Tonton! I'm Counting on You!"
"Hashire Tonton! Omae no hana ga tayori dattebayo" (Jepang: 走れトントン!お前の鼻が頼りだってばよ)
13 Juli 200523 Februari 2008
Shizune dan kelompoknya berpapasan dengan Mizuki, tetapi mereka semua dikalahkan. Ketika Tonton kembali untuk memperingatkan Tsunade, Naruto berinisiatif untuk menemukan Shizune dengan bantuan Tonton. Kakashi tiba dan mempelajari situasinya. Sayangnya, dia punya misi lain. Jadi, dia memanggil Pakkun untuk memandu Iruka menuju ke Naruto. Iruka akhirnya menyusul Naruto dan Pakkun menyuruh Tonton untuk kembali ke desa. Pakkun menuntun keduanya dan akhirnya menemukan Shizune. Mereka mengejar Mizuki, tetapi mereka jatuh ke dalam jebakannya. Iruka mengungkapkan bahwa Shizune yang mereka temui tadi bukanlah Shizune, melainkan sosok Mizuki yang sebenarnya. Mizuki menyerang Iruka sementara Naruto berurusan dengan Fujin dan Raijin. Naruto kemudian menyadari bahwa serangannya tidak efektif.
144"A New Squad! Two People and a Dog?!"
"Shin'sei surīman seru futari to ippiki" (Jepang: 新生三人一組 二人と一匹!)
20 Juli 20051 Maret 2008
Naruto dilanda masalah saat menghadapi Fujin dan Raijin, sementara Iruka mengalami kesulitan melawan Mizuki. Iruka berusaha keras untuk mengembalikan sosok Mizuki yang dulu, tetapi Mizuki menjelaskan satu-satunya alasan dirinya baik terhadap Iruka adalah karena dia juga ingin menjadi orang favorit Hokage. Ia menginginkan agar Iruka hidup sengsara, dan berusaha untuk membuat orang lain berlaku tidak baik pada Iruka. Iruka dan Mizuki kemudian bersiap untuk bertarung lagi. Sementara itu, setelah mengeluarkan serangan klon bayangan yang begitu banyak, Naruto akhirnya memiliki kesempatan untuk menggunakan Rasengan. Fuji dan Raijin tidak sengaja menginjak bekal makan siang mereka dan membuat serangan Naruto mengenai klon bayangannya sendiri. Ketika mereka bersiap untuk membunuhnya, Shikamaru, Choji, dan Ino datang untuk menyelamatkan Naruto.
145"A New Formation: Ino-Shika-Cho!"
"Sakuretsu! Nyū fōmēshon Inoshikachō" (Jepang: 炸裂!ニューフォーメーションいのシカチョウ)
27 Juli 20051 Maret 2008
Tim 10 meyakinkan Naruto bahwa mereka yang akan mengurus Fujin dan Raijin, dan menggunakan teknik gabungan mereka untuk melumpuhkan kedua bersaudara tersebut. Naruto pergi untuk mengejar Iruka, yang melawan Mizuki di sebuah gedung yang digunakan untuk menguji para instruktur akademi. Terungkap bahwa Iruka dan Mizuki adalah teman masa kecil, meskipun Mizuki hanya berniat untuk dekat dengan Hokage. Mizuki mengungkapkan bahwa dirinya telah menjadi lebih kuat dan mempelajari teknik-teknik baru ketika berada di penjara, dan menghancurkan bangunan tempat mereka berada.
146"Orochimaru's Shadow"
"Nokosareta yabō Orochimaru no kage" (Jepang: 残された野望 大蛇丸の影)
10 Agustus 20058 Maret 2008
Naruto, Iruka, dan Pakkun berpapasan dengan Tsubaki—tunangan Mizuki, yang datang untuk menawarkan bantuan kepada ketiganya. Ia merasa bertanggung jawab karena sebelumnya gagal menghentikan Mizuki. Sementara itu, Shikamaru, Ino, dan Choji mengalami kesulitan menahan Fujin dan Raijin, dan mereka mengulur waktu karena sadar tidak dapat mengalahkan kedua bersaudara tersebut. Sementara itu, Tsunade menemukan rahasia yang mengejutkan tentang Mizuki dan Orochimaru, dan pergi untuk ikut campur. Naruto, Iruka, Pakkun, dan Tsubaki akhirnya menemukan Mizuki, tetapi sudah terlambat karena dia sudah menyelesaikan ramuan yang dibuatnya. Setelah dia meminumnya, Mizuki berubah bentuk menjadi sosok yang mengerikan. Naruto kemudian menyadari bahwa tranformasi Mizuki hampir identik dengan segel kutukan dari Orochimaru.
147"A Clash of Fate: You Can't Bring Me Down"
"Innen no taiketsu! Omae ni ore wa taosenee" (Jepang: 因縁の対決!オマエにオレは倒せねえ)
17 Agustus 20058 Maret 2008
Mizuki bertekad untuk membuat Naruto dan Iruka menderita, dan sepertinya dia berada di atas angin karena kekuatan dan kecepatannya telah ditingkatkan. Sementara itu, Ino, Choji, dan Shikamaru berada di batas mereka, dan akhirnya Fujin dan Raijin bebas. Keadaan tersebut berlangsung sampai Tsunade tiba dan mengalahkan mereka berdua dengan mudah. Fujin dan Raijin menyerah dan setuju untuk kembali dengan damai ke penjara. Mizuki telah mengubah semua kecepatannya menjadi kekuatan dan bersiap untuk menghabisi Naruto. Namun, Iruka memikirkan rencana dan menjebak Mizuki, memberi Naruto kesempatan untuk menggunakan Rasengan padanya. Mizuki kembali ke tubuh aslinya yang rusak parah. Tsunade muncul dan menjelaskan segala sesuatu tentang ramuan yang diambil Mizuki. Mizuki tidak akan lagi bisa bertarung sebagai seorang ninja. Iruka menawarkan untuk mentraktir semua orang di warung ramen. Ia juga memikirkan tentang bagaimana Naruto menyelamatkan hidupnya dengan cara yang sama seperti yang dulu dilakukannya untuk menyelamatkan Naruto.
148"Search for the Rare Bikochu Beetle"
"Chō-tsuibiryoku ni Akamaru mo shitto! Maboroshi no Bikōchū o sagase" (Jepang: 超追尾力に赤丸も嫉妬!幻の微香虫を探せ)
17 Agustus 200515 Maret 2008
Naruto dibuat frustrasi oleh ketidakmampuan Mizuki untuk menuntunnya ke tempat Sasuke atau Orochimaru, dan mulai mengganggu Tsunade untuk mengizinkannya mencari Sasuke. Hinata bersimpati dengan Naruto, dan menyarankan mencoba mencari cara untuk membantunya. Shino menyadari bahwa Bikochu—jenis serangga yang sangat langka—dapat melacak Sasuke jika mencium aroma tubuhnya. Ketika Kurenai dirawat di rumah sakit karena cedera yang dideritanya, Shino ditugaskan untuk memimpin Tim 8 dalam rangka menemukan Bikochu, dan Naruto turut bergabung sebagai anggota keempat. Terungkap bahwa Hinata sedang mempraktikkan teknik pertahanan baru, dan sudah hampir menguasainya.
149"What's the Difference? Don't All Insects Look Alike?"
"Doko ga chigau no sa!? Mushi tte onaji mienai ka" (Jepang: どこが違うのさ!? 虫って同じに見えないか)
24 Agustus 200515 Maret 2008
Shino, Kiba, dan Hinata menyadari bahwa mereka sedang diikuti oleh musuh pengguna serangga dari Klan Kamizuru, tetapi memutuskan untuk tidak melibatkan mereka atau memberitahukan tentang kehadiran musuh kepada Naruto, karena takut membahayakan kehadiran Bikochu. Hinata merasa khawatir bahwa dirinya menghalangi kelompoknya, tetapi akhirnya berhasil menemukan Bikochu menggunakan Byakugan, dan membuat Naruto berhasil menangkapnya. Sebelum Tim 8 dapat meninggalkan hutan, Hinata diserang dan diculik oleh para pengguna serangga, yang menuntut mereka menyerahkan Bikochu sebagai imbalan atas nyawanya.
150"A Battle of Bugs: The Deceivers and the Deceived"
"Damashite bakashite damasarete! Sōzetsu mushimushi dai batoru" (Jepang: だまして化かしてだまされて! 壮絶ムシムシ大バトル)
31 Agustus 200522 Maret 2008
Terungkap bahwa para pengguna serangga yang menculik Hinata adalah bagian dari klan yang merupakan saingan lama Klan Aburame. Mereka berusaha untuk menemukan sebuah gulungan menggunakan Bikochu untuk mengembalikan kejayaan klan mereka seperti dulu. Shino, Kiba, dan Naruto menyembunyikan Bikochu dan berusaha menyelamatkan Hinata, tetapi mereka terpancing ke dalam perangkap. Hinata mencoba melarikan diri, tetapi tubuhnya terbawa arus sungai dalam keadaan terjebak dalam kepompong.
151"Blaze Away Byakugan: This Is My Ninja Way"
"Moe yo Byakugan! Kore ga watashi no nindō yo" (Jepang: 燃えよ白眼! これが私の忍道よ)
14 September 200522 Maret 2008
Shino, Kiba, dan Naruto tertangkap oleh Klan Kamizuru. Hinata berhasil lolos, dan menghancurkan semua lebah para pengguna serangga dengan teknik barunya dan memaksa mereka pergi, sekaligus menyelamatkan teman-temannya. Ketika mencoba untuk mengambil pelindung dahi Sasuke, Naruto secara tidak sengaja kentut pada Bikochu, menyebabkan Bikochu tersebut justru menghafal aromanya alih-alih Sasuke. Meskipun misi tersebut gagal menemukan cara untuk mencari Sasuke, Hinata tampak lebih percaya diri, dan ayahnya tampaknya lebih menghormatinya.
152"Funeral March for the Living"
"Sei aru mono e no sōsōkyoku" (Jepang: 生あるものへの葬送曲)
21 September 200529 Maret 2008
Naruto menyelamatkan tiga orang yang hanyut di sungai, dan dirinya diikutsertakan ke dalam misi baru. Sayangnya, tidak seperti dua misi sebelumnya, dia tidak ingin ikut dalam misi kali ini. Namun, ketika Might Guy memberitahukan informasi bahwa pemimpin Keluarga Kurosuki, Raiga, memiliki hubungan dengan Tujuh Pendekar Pedang Kirigakure, Naruto berubah pikiran karena Zabuza Momochi dan Kisame Hoshigaki dari Akatsuki merupakan bagian dari kelompok tersebut. Karena Kisame adalah rekan Itachi, Lee menyimpulkan bahwa menemukan Itachi dapat membawa mereka lebih dekat ke Sasuke. Bersama para anggota Tim Guy sebagai rekannya, Naruto pergi menjalankan misi.
153"A Lesson Learned: The Iron Fist of Love"
"Kokoro no todoke! Ai no Tekken" (Jepang: 心に届け!愛の鉄拳)
28 September 28, 200529 Maret 2008
Dalam rangka mencoba untuk menyelamatkan Rōkusuke, Naruto dan yang lainnya menyergap para anggota Keluarga Kurosuki dan menyelamatkan seorang lelaki tua. Mereka kemudian mendengar bel pemakaman dan pergi untuk menyelamatkan Rōkusuke. Namun, Rock Lee bertemu dengan Karashi—teman lamanya—di antara para anggota Keluarga Kurosuki. Lee harus meyakinkan Karashi untuk kembali ke kehidupannya yang dulu. Kebersamaan mereka tidak berlangsung lama, karena Raiga menyaksikan mereka dari atas jurang. Naruto dan Tim Guy mengejar Raiga dan dihalangi kabut tebal, dan menyadari bahwa Raiga mampu menyembunyikan keberadaannya—bahkan dari Byakugan milik Neji.
154"The Enemy of the Byakugan"
"Byakugan no tenteki" (Jepang: 白眼の天敵)
5 Oktober 20055 April 2008
Karena Neji tidak bisa melihat menembus kabut, kelompok mereka kehilangan keuntungan dari penglihatannya. Neji tertipu untuk berpikir bahwa benda acak di wilayah tersebut merupakan sosok orang yang nyata—yang disebabkan oleh jutsu misterius. Rock Lee berhasil mengimbangi Raiga dengan bertarung dalam keadaan tak sadarkan diri. Ketika sebuah tas misterius terlempar dari punggung Raiga, Raiga menjadi lebih lemah dan akhirnya dikalahkan oleh Naruto. Ketika mereka membuka tas tersebut, mereka menemukan seorang bocah lelaki bernama Ranmaru, yang menaiki punggung Raiga selama ini. Ranmaru mengungkapkan bahwa Raiga telah merawatnya, dan bahwa dirinya membantu Raiga bertarung dengan menjadi "mata"-nya.
155"The Dark Creeping Clouds"
"Shinobi yoru anun" (Jepang: 忍び寄る暗雲)
12 Oktober 20055 April 2008
Setelah Raiga kelihatannya sudah mati, Naruto dan yang lain kembali ke tempat Karashi menunggu mereka. Ternyata itu hanya jebakan karena Keluarga Kurosuki menyergap mereka. Untungnya, Naruto menipu mereka—tidak hanya sekali, tetapi dua kali—dengan klonnya. Setelah mengalahkan musuh, penduduk desa melampiaskan kemarahan mereka kepada Karashi. Rock Lee mencegat mereka dan mengatakan bahwa Karashi masih muda dan lemah, dan orang yang membuat Karashi bergabung dengan Keluarga Kurosuki—secara tidak langsung—adalah dirinya. Lee memohon mereka untuk membiarkan Karashi kembali ke ibunya, serta berjanji untuk menghukum Karashi sendiri jika dia kembali berbuat jahat. Penduduk desa setuju dan mereka kembali sambil membawa Ranmaru. Mereka kembali ke toko Kari Kehidupan untuk makan. Di sana, Naruto mencoba untuk mengorek informasi dari Ranmaru. Ranmaru meminta Karashi membawanya ke ngarai tempat Raiga jatuh, dan menggunakan chakra miliknya sendiri untuk menghidupkan Raiga lagi.
156"Raiga's Counterattack"
"Gyakushū no Raiga" (Jepang: 逆襲の雷牙)
19 Oktober 200512 April 2008
Raiga bangun dan menemukan Ranmaru dalam keadaan tidak sadarkan diri. Tenten tidak punya pilihan selain bertarung sendirian melawan Raiga, tetapi dia akhirnya dikalahkan. Raiga kemudian menuntut agar Karashi menyerahkan Lee, Neji dan Naruto kepadanya, mengancam akan membunuhnya dan ibunya. Karashi menipu Naruto dan yang lain untuk pergi ke tempat Raiga, dan mencoba melarikan diri bersama ibunya. Tenten kembali dengan Ranmaru, sambil menjelaskan kepada Ranmaru bahwa dia hidup karena itu adalah pilihan yang tidak dimiliki korban kejahatannya bersama Raiga. Tenten juga meminta Sanshō membuat Kari Kehidupan untuk Ranmaru. Di tempat lain, Naruto, Lee dan Neji kewalahan saat melawan Raiga, yang menggunakan badai petir untuk meningkatkan kekuatannya, tetapi Sanshō pergi sambil membawa kari untuk mereka.
157"Run! The Curry of Life"
"Hashire!!! Seimei no karē" (Jepang: 走れ!!!生命のカレー)
26 Oktober 200512 April 2008
Naruto Uzumaki, Rock Lee dan Neji Hyuga melanjutkan pertarungan mereka melawan Raiga Kurosuki. Raiga memanfaatkan badai petir di langit untuk memberinya sumber petir yang praktis dan tidak terbatas untuk digunakan. Raiga berhasil merobohkan mereka semua dengan petirnya, tetapi Sanshō, Tenten, Karashi dan Ranmaru memberi mereka Kari Kehidupan. Lee secara tidak sengaja menjadi mabuk setelah memakan kari tersebut. Ranmaru kembali ke tempat Raiga, menyatakan bahwa Naruto dan yang lain sudah mati. Ranmaru berusaha untuk memancing Raiga agar mereka berdua jatuh dari tebing. Usaha tersebut gagal ketika Lee yang mabuk menyerang Raiga. Ranmaru mencoba untuk membuat Raiga menghentikan pertarungan tersebut, tetapi Raiga menyerangnya sambil menuduhnya berkhianat. Naruto kembali dan mengalahkan Raiga dengan meninju tubuhnya jatuh dari tebing, dan Raiga akhirnya bunuh diri menggunakan petir untuk menghanguskan tubuhnya. Ranmaru mulai berlatih bersama Karashi sebagai murid di toko kari, sedangkan Naruto dan Tim Guy kembali ke Konoha.
158"Follow My Lead! The Great Survival Challenge"
"Minna ore ni tsuite koi! Ase to namida no takurami dai sabaibaru" (Jepang: みんなオレについて来い!汗と涙のタクラミ大サバイバル)
2 November 200519 April 2008
Setiap Genin Konoha ditugaskan untuk memimpin satu regu yang terdiri dari tiga siswa akademi dalam latihan bertahan hidup. Naruto Uzumaki dikelompokkan bersama Konohamaru dan dua temannya. Ketiganya kemudian menyadari bahwa kepemimpinan, navigasi, dan keterampilan mencari makan Naruto kurang bagus dan mereka akhirnya tersesat di pegunungan selama badai. Mereka belajar untuk bertahan hidup di pegunungan cukup lama sambil menunggu bantuan. Kemudian, mereka menyalahkan Naruto karena telah membawa mereka ke dalam bencana.
159"Bounty Hunter from the Wilderness"
"Teki ka mikata ka!? Kōya no shōkinkasegi" (Jepang: 敵か味方か!?荒野の賞金稼ぎ)
9 November 200519 April 2008
Naruto, Hinata dan Kiba menerima misi untuk menangkap pencuri bernama Gosunkugi. Mereka yakin bahwa itu merupakan misi yang mudah. Ketika tiba di lokasi yang terakhir diketahui dari pencuri tersebut, mereka mengetahui bahwa seorang pemburu hadiah bernama Sazanami juga mengejar pencuri itu. Mereka juga mendapatkan informasi bahwa Gosunkugi adalah seorang ninja yang terampil. Sazanami terluka dalam pertarungan melawan Gosunkugi, dan kelompok Naruto membawanya ke tempat yang aman. Di sana, mereka baru mengetahui bahwa Sazanami juga adalah seorang penjahat yang buron.
160"Hunt or Be Hunted?! Showdown at the O.K. Temple!"
"Eru ka erareru ka!? Okkē tera no kettō" (Jepang: 獲るか獲られるか!?オッケー寺の決斗)
16 November 200526 April 2008
Sazanami mengungkapkan bahwa dirinya dijebak atas tuduhan membunuh satu keluarga dan bahwa Gosunkugi yang diburunya—yang juga diincar kelompok Naruto—adalah pelaku kasus pembunuhan tersebut. Sazanami ingin menangkap Gosunkugi demi membersihkan namanya. Mereka berempat menemukan Gosunkugi di kota terdekat, yang sedang mencoba untuk mencuri bel berharga. Setelah Sazanami menangkap Gosunkugi, dirinya turut ditangkap tetapi terbukti tidak bersalah. Meskipun demikian, kelompok Naruto gagal dalam misi karena mereka tidak berhasil menangkap Gosunkugi.
161"The Appearance of Strange Visitors"
"Sankyaku kenzan Ao no Yajū? Mōjū?... Sanjū?" (Jepang: 珍客見参 碧の野獣?猛獣?...珍獣?)
23 November 200526 April 2008
Dua orang yang berasal dari luar Konoha, Mondai dan Potcha, datang untuk menyusup dan mencari tahu rahasia desa dengan menyamar sebagai Might Guy dan Rock Lee, sementara Guy dan Lee yang asli sedang menjalankan misi. Mereka tidak menyadari fakta bahwa penyamaran mereka tidak membodohi siapa pun, kecuali Naruto. Tsunade, Sakura, dan Tenten menjebak mereka dengan memberi keduanya misi yang keterlaluan, mencegah mereka mempelajari apa pun tentang Konoha. Lee dan Guy yang asli kembali dan menendang kedua penyamar tersebut ke kejauhan, dan menyadari bahwa Naruto tidak pernah menyadari hal yang sebenarnya.
162"The Cursed Warrior"
"Shiroki noroi musha" (Jepang: 白き呪いの武者)
30 November 20053 Mei 2008
Naruto, Neji, dan Tenten dikirim oleh Tsunade ke Negeri Burung untuk menyelidiki laporan tentang kemunculan hantu berjuluk Noroimusha, yang meneror penduduk setempat. Setelah tiba, mereka mengetahui bahwa daimyō di negeri tersebut sudah mati. Putranya sekaligus penerus kekuasaannya—Sagi, tidak peduli dengan tugasnya sebagai daimyō karena kematian adik perempuannya—Toki—yang baru-baru ini terjadi. Malamnya, Naruto dan yang lain berpapasan dengan Noroimusha dan mengejar hantu tersebut. Namun, setelah menyudutkannya, kelompok Naruto menyadari bahwa baju besi yang dikenakan Noroimusha kosong setelah diperiksa oleh Byakugan milik Neji.
163"The Tactician's Intent"
"Sakushi - Kōmei no omowaku" (Jepang: 策士·紅明の思惑)
7 Desember 20053 Mei 2008
Kelompok Naruto berdiskusi dengan Mousou di rumahnya. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyimpulkan bahwa Koumei—ahli strategi negeri tersebut sekaligus saingan potensial Sagi untuk jabatan daimyō berikutnya—mungkin merupakan dalang di balik kejadian Noroimusha. Untuk membuktikan hal itu, mereka mencoba mengunjungi Sagi di sebuah danau. Di sana, Sagi menyimpan kenangan yang hilang bersama adik perempuannya, Toki. Kelompok Naruto melindungi Sagi dari upaya pembunuhan, dan mengejar sosok Noroimusha yang bertemu dengan Koumei. Setelah Naruto dan yang lain mengalahkannya, terungkap bahwa Noroimusha itu dan yang sebelumnya adalah dua sosok yang berbeda. Kelompok Naruto menemukan bukti yang menunjukkan bahwa Koumei mungkin berada di balik kemunculan Noroimusha yang kedua, dan Koumei akhirnya ditangkap.
164"Too Late for Help"
"Ososugita suketto" (Jepang: 遅すぎた助っ人)
14 Desember 200510 Mei 2008
Mousou menyatakan bahwa misi darinya telah berakhir. Naruto yang merasa skeptis, dan menyelidiki tempat di mana dia dan teman-temannya bertarung melawan Noroimusha. Ia menemukan lorong rahasia ke rumah Sagi, tetapi dirinya tertangkap oleh pengawal. Ketika Chishima pergi untuk memperingatkan Mousou tentang upaya penyelidikan Naruto, dia tidak sengaja melihat Mousou bertemu dengan beberapa ninja Watari (para ninja pengelana). Chishima mencoba melarikan diri untuk memberi tahu yang lain tentang kejadian tersebut, tetapi dia dikejar dan dilukai oleh para ninja Watari. Noroimusha tiba di sel tahanan Naruto, yang dijatuhi hukuman mati.
165"The Death of Naruto"
"Naruto shisu" (Jepang: ナルト死す)
21 Desember 21, 200510 Mei 2008
Neji, Tenten, dan Kakashi menatap kuburan. Ketika mereka kembali, mereka mengecoh seorang pengejar dengan tubuh pengganti, tetapi justru dibuntuti oleh pengejar yang lain. Koumei dipaksa untuk melakukan seppuku, tetapi Noroimusha muncul dan menyelamatkannya. Tak lama kemudian, terungkap bahwa Naruto menyamar sebagai Noroimusha. Kakashi bertarung melawan Nagare, yang menggunakan teknik dan jurus yang ditiru dari para ninja lain. Naruto, Neji dan Tenten menyadari bahwa identitas sebenarnya dari Noroimusha adalah Sagi, yang berusaha membunuh Mousou untuk membalas dendam ayahnya.
166"When Time Stands Still"
"Todomatta mama no jikan" (Jepang: 止まったままの時間)
4 Januari 200617 Mei 2008
Kilas balik mengungkapkan bahwa Sagi—bukannya Toki—meninggal, dan bahwa Toki mengambil identitas Sagi untuk membalas kematiannya. Toki menggunakan wujud Noroimusha, dan mencoba untuk menyerang Mousou, tetapi ditundukkan oleh ninjutsu tiruan milik Mousou. Para ninja Watari bawahan Mousou dan kelompok Naruto bergabung dalam pertarungan. Saat teman-temannya melawan para ninja Watari, Naruto mengejar Mousou dan terperangkap dalam genjutsu.
167"When Egrets Flap Their Wings"
"Shirasagi no habataku jikan" (Jepang: 白鷺のはばたく時間)
4 Januari 200617 Mei 2008
Mousou mengungkapkan dirinya sebagai Hoki sang ninja pengelana, yang berencana untuk bepergian dan mengumpulkan jutsu sebanyak mungkin. Ia menyerang Chishima dan menenggelamkan Naruto di bawah air. Naruto terbangun ketika arwah Sagi memintanya untuk menyelamatkan Toki dari keinginannya untuk membalas dendam dan mengalahkan Mousou. Naruto bangkit dan meninju Hoki, lalu memberi tahu Toki bahwa dirinya barusah melihat Sagi dalam mimpi. Naruto kemudian bertarung dan berhasil mengalahkan Hoki. Chishima rupanya selamat dari serangan Hoki. Toki meminta maaf kepada rakyatnya karena telah menipu mereka, tetapi meminta mereka untuk mengizinkannya tetap menjadi daimyō untuk memulihkan kehidupan di Negeri Burung. Setelah Naruto dan kelompoknya pergi, Neji memberi tahu Naruto bahwa Noroimusha pertama yang mereka temui adalah hantu nyata, dan membuat Naruto merasa ngeri.
168"Mix It, Stretch It, Boil It Up! Burn, Copper Pot, Burn!"
"Moero Zundō! Mazete nobashite yude agero!" (Jepang: 燃えろ寸胴!混ぜて伸ばして茹で上げろ!)
18 Januari 200624 Mei 2008
Episode ini memberikan penghormatan kepada seri anime bertema memasak seperti Chūka Ichiban dan Yakitate!! Japan. Naruto, Chouji dan Sakura secara sukarela membantu Teuchi, setelah putrinya—Ayame—diculik oleh sekelompok ninja memasak. Untuk menyelamatkannya, mereka harus membuat resep ramen terbaik. Teuchi mencoba mengajari mereka cara memasak, dan ketiganya memanfaatkan teknik ninja mereka untuk membuat semangkuk ramen yang sempurna. Ketika mereka menyelamatkan Ayame, dia menjadi gemuk karena tidak bisa menolak makanan buatan para ninja memasak. Untuk membuat tubuhnya kembali seperti biasa, dia mencoba ramen khusus diet buatan Teuchi yang dirancang untuk membuat orang kehilangan berat badan akibat memakannya. Ramen diet tersebut menjadi populer di kalangan para ninja perempuan. Namun, Teuchi juga menjadi kurus akibat ikut memakan ramen diet tersebut.
169"Remembrance: The Lost Page"
"Kioku Ushinawareta peiji" (Jepang: 記憶 失われた頁)
25 Januari 200624 Mei 2008
Anko Mitarashi dikirim ke Negeri Laut bersama Naruto, Shino, dan Ino untuk menyelidiki sosok monster berjuluk "Kaima". Setelah tiba, Anko mengingat kenangannya bersama Orochimaru di daerah tersebut, dan segel kutukannya mulai beresonansi dan menimbulkan rasa sakit. Di dermaga, Naruto dan yang lain menyaksikan Yoroi Akado dan Misumi Tsurugi menganiaya seorang gadis muda. Naruto mengejar keduanya, tetapi dia tidak mengenali mereka. Ketika kelompok Naruto berangkat ke salah satu pulau, Yoroi dan Misumi muncul lagi dan menyerang mereka, dan Naruto hampir tenggelam sampai dia diselamatkan oleh gadis yang dia lihat sebelumnya.
170"The Closed Door"
"Shōgeki Tozasareta doa" (Jepang: 衝撃 閉ざされた扉)
1 Februari 200631 Mei 2008
Naruto terbangun di pondok gadis itu, yang memperkenalkan dirinya dengan nama Isaribi. Setelah berterima kasih padanya, Naruto menyadari bahwa Isaribi dikucilkan oleh penduduk desa setempat. Naruto dengan marah mengejar anak-anak yang datang untuk mengejeknya. Sementara itu, Orochimaru bertemu dengan Amachi, seorang ilmuwan yang melakukan eksperimen di bawah arahannya. Sasuke Uchiha juga hadir di situ. Anggota Tim Anko yang tersisa telah tiba di pulau itu, dan mereka diberi arahan tentang jadwal keberangkatan kapal yang harus mereka lindungi. Pada saat yang sama, mereka menemukan sang Kaima. Namun, Naruto tiba dan baru mengetahui bahwa sosok asli Kaima adalah Isaribi. Yoroi kemudian muncul dan berhasil membawa Isaribi untuk melarikan diri. Anko mencoba mengejar tetapi kesulitan akibat rasa sakit dari segel kutukannya, sebelum kemudian jatuh pingsan karena rasa sakit tersebut.
171"Infiltration: The Set-Up!"
"Sen'nyū Shikumareta torappu" (Jepang: 潜入 仕組まれた罠)
8 Februari 200631 Mei 2008
Tim Anko menuju ke Pulau Iblis dan berhadapan dengan musuh. Shino melawan Yoroi, sementara Ino, Naruto, dan Anko bertemu dengan Amachi dan Isaribi. Mereka berdua lari, menyisakan Misumi untuk menghadapi mereka. Yoroi mundur dari pertarungannya melawan Shino karena gua tempat mereka bertarung mulai runtuh. Amachi, Isaribi, dan Yoroi melarikan diri menggunakan kapal, sementara Tim Anko berusaha keluar dari gua tersebut.
172"Despair: A Fractured Heart"
"Zetsubō Hikisakareta hāto" (Jepang: 絶望 引き裂かれた心)
15 Februari 20067 Juni 2008
Anko menyelamatkan kelompoknya dengan memanggil ular raksasa, yang melahap mereka semua ke dalam mulutnya dan menerobos dinding. Tim Anko dengan cepat mengejar musuh. Setelah bertemu Amachi, Naruto terjebak dalam serangannya dan mampu menggunakan chakra Kyūbi untuk membebaskan dirinya.
173"The Battle at Sea: The Power Unleashed!"
"Kaisen Tokihanatareta pawā" (Jepang: 海戦 解き放たれた力)
22 Februari 20067 Juni 2008
Kyūbi dalam tubuh Naruto membantunya mengalahkan Amachi. Meskipun Amachi dapat dikalahkan dan ditangkap dengan mudah, Monster Laut menyerang Naruto. Naruto memanggil Gamabunta dan mengalahkan monster tersebut dengan menguapkan intinya. Gamabunta kemudian menghajar Naruto (Gamabunta adalah makhluk air tawar yang sangat tidak nyaman di tempat berair asin). Isaribi menyadari apa yang dikatakan Naruto benar dan bahwa dia memahami hal tersebut karena Naruto juga diperlakukan sebagai monster. Isaribi akhirnya mengatasi kemarahannya melalui bantuan Naruto. Setelah itu, Isaribi memutuskan untuk pergi ke Konoha dengan harapan bahwa Tsunade dapat menyembuhkannya.
174"Impossible! Celebrity Ninja Art - Money Style Jutsu!"
"Arienēttebayo! Serebu ninpō - Kinton no Jutsu" (Jepang: ありえねーってばよ! セレブ忍法·金遁の術)
1 Maret 200614 Juni 2008
Naruto diperintahkan oleh Tsunade untuk menunjukkan kehidupan sehari-hari seorang ninja terhadap seorang anak kaya yang manja bernama Kunihisa. Bocah itu memiliki kebiasaan menyebalkan yang terus memamerkan kekayaannya untuk mendapatkan apa pun yang diinginkannya. Masalah muncul ketika penculik berusaha untuk menculik anak itu demi tebusan. Karena kehabisan uang, Kunihisa tidak dapat memanggil para pengawalnya, yang telah dibayar oleh para penculik. Naruto membantunya melarikan diri, dan mengajarkan kepadanya bahwa ada hal-hal yang lebih penting dalam kehidupan daripada uang.
175"The Treasure Hunt is On!"
"Koko hore wan wan! Maizōkin o sagase" (Jepang: ここ掘れワンワン! 埋蔵金を探せ)
8 Maret 200614 Juni 2008
Naruto, Hinata dan Kiba diberi misi untuk menemukan harta karun, dan diberi tahu bahwa jika mereka gagal menemukannya, mereka akan dikembalikan ke akademi. Ini karena kinerja buruk Naruto dalam misinya bersama dengan Kiba dan Hinata. Mereka berangkat untuk menemukan harta karun tersebut, tetapi argumen yang terjadi antara Naruto dan Kiba mencegah mereka untuk bekerja sama. Mereka disergap dan dijebak oleh tiga orang yang kemudian menyalin identitas, bau, dan pikiran mereka dan mengetahui bahwa orang yang meminta misi tersebut adalah pemimpin dari orang-orang tersebut.
176"Run, Dodge, Zigzag! Chase or Be Chased!"
"Shissō, Meisō, Jiguzagu sō! Otte owarete machigaete" (Jepang: 疾走, 迷走, ジグザグ走!追って追われて間違えて)
15 Maret 200621 Juni 2008
Dengan bekerja sama, Naruto, Kiba, dan Hinata berhasil melarikan diri dari gua sambil membawa harta yang mereka cari, tetapi menyadari bahwa kaki Hinata sedang terluka. Mendahului Hinata, Naruto dan Kiba pergi ke desa untuk menghentikan tiruan mereka. Kiba berhasil mengecoh dan mengalahkan tiruannya. Tiruan Naruto juga secara tidak sengaja menabrak Sakura, yang berjalan keluar dari perpustakaan dengan setumpuk buku. Sakura kemudian tidak sengaja meninju Naruto yang asli. Naruto menggunakan ribuan klon bayangannya untuk menemukan dan mengalahkan tiruannya. Kemudian, Naruto, Kiba, dan Hinata baru mengetahui bahwa misi itu adalah ujian untuk melihat apakah mereka dapat bekerja sama sebagai satu kelompok, dan mereka mampu melewatinya. Tsunade menjadi kesal ketika "harta" yang dibawa Naruto ternyata merupakan tagihan untuk biaya membantu misi yang diberikan.
177"Please, Mr. Postman!"
"OH!? Purīzu ♥ Misutā Posutoman" (Jepang: OH!?ぷりーず♥みすたーぽすとまん)
22 Maret 200621 Juni 2008
Naruto menemukan Jiraiya bersama dua wanita di sebuah kota kecil. Jiraiya menjelaskan bahwa dia menunda pelatihan Naruto demi bisa menulis naskah buku Icha Icha terbaru miliknya. Naruto akhirnya memutuskan untuk membantu menulis naskah tersebut, tanpa diketahui Jiraiya. Saat akan mengirimnya melalui jasa ninja kurir, Naruto tidak sengaja membuat manuskrip untuk Icha Icha Tactics tertukar dengan dokumen perjanjian damai antara Negeri Taring dan Negeri Cakar. Naruto dan Jiraiya harus mengejar ninja kurir tersebut sebelum dia memberikan paket yang salah dan menimbulkan perang. Sayangnya, sang kurir benar-benar berkomitmen untuk memenuhi tugasnya dan tidak akan berhenti untuk menyelesaikan pengirimannya, tidak peduli apa pun konsekuensinya. Paket yang salah itu akhirnya berhasil dikirim, tetapi perdamaian masih terjadi antara kedua negeri, karena penguasa Negeri Taring adalah penggemar seri Icha Icha dan—dengan senang hati—menafsirkan dokumen tersebut sebagai tawaran perdamaian dari Negeri Cakar.
178"Encounter! The Boy with a Star's Name"
"Deai "Hoshi" no na o motsu shōnen" (Jepang: 出会い 「星」の名を持つ少年)
29 Maret 200628 Juni 2008
Tenten, Neji, dan Rock Lee ditugaskan pada misi untuk melindungi bintang milik Desa Hoshigakure. Ketika Naruto mendengar bahwa bintang tersebut mampu meningkatkan chakra, dia memutuskan bahwa dirinya juga harus ikut serta—karena Naruto berasumsi bahwa Orochimaru mungkin terlibat. Naruto berhasil meyakinkan Tsunade untuk mengizinkannya bergabung dengan misi Tim Guy dengan cara menyuapnya menggunakan hadiah mahal. Naruto dan Tim Guy bertemu Sumaru dari Desa Hoshi, yang memandu mereka melewati gas beracun yang mengelilingi desa—setelah menunjukkan teknik dengan chakra ungu yang aneh. Naruto dan yang lain bertemu dengan pengganti Hoshikage, Akahoshi, yang menjelaskan keinginan Hoshi untuk menjadi salah satu dari Lima Desa Besar Tersembunyi. Sumaru mengungkapkan keinginannya untuk menjadi Hoshikage pertama dari Hoshi. Tindakan tersebut membangkitkan minat Naruto yang bergegas mengejar Sumaru ke tempat bintang desa itu berada. Naruto dan Sumaru melihat seseorang melarikan diri dari gedung yang berisi bintang dan Naruto lari mengejarnya. Sumaru baru mengetahui bahwa bintang desa mereka telah dicuri dan ikut mengejar pencurinya. Sang pencuri berhasil melarikan diri dari Naruto, dan terungkap bahwa dia menggunakan teknik eksklusif yang hanya bisa digunakan mereka yang telah melalui pelatihan bintang, yang berarti pencuri tersebut pernah tinggal di Desa Hoshi.
179"The Remembered Lullaby"
"Natsuhi Boshi, Omoide no Komori Uta" (Jepang: ナツヒボシ 思い出の子守唄)
5 April 200628 Juni 2008
Setelah bintang dicuri, kelompok Naruto tidak memiliki petunjuk tentang pencuri misterius—yang dapat menggunakan chakra untuk terbang—tersebut. Naruto mengetahui bahwa orang tua Sumaru meninggal karena melindungi bintang dari ninja desa lain. Tenten dan Lee berusaha melacak dua anak buah Akahoshi, tetapi mereka ketahuan dan tidak menemukan jawaban. Sumaru dan beberapa temannya menemukan seorang ninja bertopeng dan menahannya, tetapi dia membuat mereka pingsan dan menculik Sumaru.
180"Hidden Jutsu: The Price of The Ninja Art: Kujaku"
"Hijutsu Kujaku Myōhō no Daishō" (Jepang: 秘術 孔雀妙法の代償)
12 April 20065 Juli 2008
Terungkap bahwa ninja bertopeng yang mencuri bintang adalah Natsuhi yang juga ibu Sumaru, sedangkan Akahoshi adalah orang yang menculik Sumaru. Kelompok Naruto baru mengetahui bahwa pelatihan bintang bisa berakibat fatal bagi para ninja yang mengikutinya. Meski demikian, mereka tetap bertekad untuk menemukan bintang itu. Tenten dan Lee menyusup ke kediaman Akahoshi dan menyelamatkan Sumaru. Sementara itu, Akahoshi mendekati Natsuhi dan memintanya mengembalikan bintang sebagai imbalan atas Sumaru, dan keduanya bertarung. Natsuhi menang, sementara Naruto dan Neji datang untuk membantu Akahoshi. Naruto berhasil memukul Natsuhi setelah mendekatinya dalam jarak dekat. Setelah itu, Akahoshi melancarkan serangan pada Naruto dan Natsuhi, menjatuhkan keduanya ke Lembah Kematian.
181"Hoshikage, The Buried Truth"
"Hoshikage Hōmurisarareta Shinjutsu" (Jepang: 星影 葬り去られた真実)
19 April 20065 Juli 2008
Akahoshi mengatakan bahwa misi untuk para ninja Konoha telah berakhir, tetapi Neji mengatakan bahwa karena mereka belum berhasil mendapatkan bintang, mereka akan terus menjalankan misi. Neji, Lee, dan Tenten mengungkapkan kebenaran tentang Akahoshi kepada para peserta pelatihan bintang. Di tempat lain, Naruto sadar dan mendengar cerita tentang Natsuhi dan suaminya yang menyaksikan dampak buruk dari pelatihan bintang. Mereka berdua kemudian mencoba untuk mencuri bintang. Setelah mereka ditangkap, Hoshikage Ketiga setuju untuk mengakhiri pelatihan bintang jika mereka meninggalkan desa dan memantaunya dari jauh untuk mencegah pelatihan tersebut dilanjutkan. Natsuhi dan suaminya menerima syarat tersebut, sekaligus meminta Hoshikage untuk memberi tahu Sumaru bahwa mereka telah mati. Akahoshi melacak keberadaan bintang yang disembunyikan Natsuhi, dan mengungkapkan bahwa dirinya membunuh Hoshikage untuk melanjutkan pelatihan bintang. Ia bertarung dengan Natsuhi dan menyerap chakra bawahannya untuk menjadi lebih kuat, tetapi Tim Guy dan peserta pelatihan bintang tiba di tempat itu.
182"Reunion, The Remaining time"
"Saikai Nokosareta jikan" (Jepang: 再会 残された時間)
26 April 200626 Juli 2008
Saat semua peserta pelatihan tiba bersama Tim Guy, Akahoshi menyandera Sumaru dan memaksa Natsuhi untuk menyerahkan bintang itu. Neji memeriksa kondisi Natsuhi dan mengungkapkan bahwa dia bisa mati jika dia menggunakan chakra jurus bintangnya lagi. Setelah Sumaru bangun, dia berbicara dengan ibunya. Sementara itu, Naruto dan Lee bersikeras mengejar Akahoshi, tetapi Neji menyatakan bahwa misi mereka sudah berakhir. Ia menilai bahwa sebagai ninja Konoha, mereka tidak boleh mengkhianati klien. Malam itu, Natsuhi pergi ke kuil bintang untuk mencuri bintang, tetapi dia dibunuh oleh Akahoshi dan anak buahnya. Sumaru yang mengikuti jejak ibunya bersama Naruto dan yang lain, menyadari bahwa ibunya telah meninggal dan terbang ke kuil. Akahoshi menyatakan dirinya sebagai Hoshikage Keempat dan memerintahkan para ninja Hoshi untuk membunuh ninja Konoha—beserta Sumaru dan Hokuto—jika mereka menginjakkan kaki di desa tersebut.
183"The Star's Radiance"
"Hoshi wa kagayaki o mashite" (Jepang: 星は輝きを増して)
3 Mei 200626 Juli 2008
Setelah Akahoshi mencoba mengeksekusi Sumaru, Hokuto dan anak-anak lainnya berdiri untuk melindungi desa mereka. Mizura mengungkapkan efek samping yang disebabkan oleh pelatihan bintang terhadap tubuhnya. Setelah mengetahui kebenaran yang sesungguhnya, para ninja dewasa Hoshi kemudian tidak berpihak lagi kepada Akahoshi. Menolak untuk dikalahkan, Akahoshi memadukan tubuhnya dengan bintang, menyebabkan chakra miliknya lepas kendali. Naruto yang dibimbing oleh roh Natsuhi, menghancurkan bintang tersebut dan mengalahkan Akahoshi. Kembali ke Desa Konoha, meskipun Tsunade awalnya tampak kesal karena Naruto gagal dalam misi, dia mengakui bahwa misi itu "tidak sah" karena diperintahkan oleh Akahoshi itu sendiri. Para ninja Hoshi akhirnya disembuhkan dari keracunan yang dialami tubuh mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Naruto staff". TV Tokyo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal June 8, 2009. 
  2. ^ "Naruto story" (dalam bahasa Jepang). TV Tokyo. Diakses tanggal 5 Juni 2009. 
  3. ^ "Viz to Stream Naruto on Naruto.com Within 1 Week of Japanese Airing (Updated)". Anime News Network. 17 November 2008. Diakses tanggal 8 Juni 2009. 
  4. ^ "Canada's YTV to Premiere Death Note Anime in September". Anime News Network. 19 Juli 2007. Diakses tanggal 8 Juni 2009. 
  5. ^ "3rd Stage". TV Tokyo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 6 November 2011. 
  6. ^ "Naruto, Vol. 32 (DVD)". Viz Media. Diakses tanggal 7 November 2011. 
  7. ^ "Naruto Uncut Season 3, Vol. 1 (DVD Box Set)". Viz Media. Diakses tanggal 7 November 2011.