Kankuro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Karakter dalam seri Naruto
Kankurō
カンクロウ
Kankurō
Penampilan perdana
Manga Chapter 34
Anime Naruto Episode #20
Film Naruto the Movie 2: Legend of the Stone of Gelel
Permainan video Naruto: Clash of Ninja 2
OVA Hidden Leaf Village Grand Sports Festival!
Tampil di Anime, manga, film, OVA, dan permainan
Pengisi suara
Inggris Michael Lindsay
Jepang Yasuyuki Kase
Informasi karakter
Profil
Ulang tahun Taurus.svg 15 Mei
Jenis kelamin Symbol mars.svg Laki-laki
Usia Part I: 14-15
Part II: 17-18
Tinggi 167 cm (5 ft 6 in)  – (Part I)
175 cm (5 ft 9 in)  – (Part II)
Berat 60 kg (130 lb)  – (Part I)
612 kg (1.349 lb)  – (Part II)
Golongan darah B
Afiliasi  •  Sunagakure
Pekerjaan  • Penjaga Kazekage
 • Pemimpin Divisi Serangan Kejutan di Aliansi Sekutu Shinobi
Tim  • Tim Baki
 • Divisi Serangan Kejutan
Tingkatan
Tingkatan ninja Part I: Genin
Part II: Jonin
No. registrasi ninja 54-002
Usia lulus akademi 12
Usia lulus chūnin 16
Keluarga
Ayah Rasa
Ibu Karura
Kakak Temari
Adik Gaara
Paman Yashamaru

Kankurō (カンクロウ Kankurō?) adalah nama seorang tokoh fiksi dalam serial anime dan manga Naruto.

Nama "Kankurō" berasal dari nama seorang ninja terkenal yang sering digambarkan sedang bersama seekor gagak (Karasu) yang menjadi hewan peliharannya. "Kankuro" juga merupakan nama dari banyak aktor Kabuki terkenal yang biasanya mengecat wajahnya dan berbicara dengan gaya yang unik.

Kankuro adalah anak kedua dari Kazekage ke-4. Dia adalah kakak dari Gaara dan adik dari Temari. Kankuro diceritakan kurang menyukai anak-anak. Makanan favoritnya adalah hamburger sementara makanan yang tidak disukainya adalah bayam.

Kankuro menggunakan boneka sebagai senjatanya. Pada permunculan pertamanya, ia hanya membawa Karasu (烏, Karasu? "Crow"), sebuah boneka yang biasa dibawa di punggungnya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kankuro adalah seorang ninja Suna yang bertarung menggunakan Kugutsu/boneka. Dia, Temari dan Gaara adalah bersaudara. Ayah mereka adalah Kazekage ke-4. Dia selalu menggunakan riasan Kabuki di wajahnya. Setelah part II, dia membawa gulungan kertas di punggungnya, bukan Karasu seperti di part I. Dia sangat menyayangi Gaara. Bahkan,saat Akatsuki hendak menculik Gaara,Kankurou melawannya sampai cedera parah. Kemampuannya sebagai kugutsunya tidaklah mengecewakan, tetapi dengan telak dia kalah dari Sasori yang tak lain pembuat boneka yang digunakannya.

Bagian pertama[sunting | sunting sumber]

Ujian Chuunin[sunting | sunting sumber]

Kankuro muncul saat dia, Temari dan Gaara sedang berjalan-jalan di desa Konoha. Mereka bertemu Naruto dkk. Mereka hampir saja bertarung, tetapi Gaara berlalu begitu saja. Ujian dimulai, di ujian tertulis dia menggunakan boneka untuk mencontek jawaban dari peserta lain. Setelah lolos ujian tertulis, tim Suna memasuki ujian kedua. Ditengah perjalanan mereka dihadang tim lain. Tetapi dengan mudah dihabisi dengan kejam oleh Gaara tanpa terluka sedikitpun.

Babak pertarungan digelar setelah itu. Kankuro kebagian bertarung melawan anak buah Orochimaru. Orang itu masuk perangkap kugutsu miliknya. Ketika suasana bertambah rusuh, Kabuto menggunakan Genjutsu untuk menidurkan penonton di arena Ujian. Tim Suna membawa Gaara yang mengamuk untuk kabur. Kankuro dicegat di tengah jalan oleh Shino. Mereka bertarung dan dikalahkan karena benang chakranya dimakan oleh Shino.

Pengejaran Sasuke[sunting | sunting sumber]

Ketika Kiba terdesak dan hampir dibunuh, Kankuro datang dan membantunya. Kankuro langsung menyerangnya dengan Karasu, salah satu bonekanya. Ukon terluka parah dan masuk ke tubuh Sakon. Sakon menyerang, tetapi malah terjebak oleh Kuroari, bonekanya yang lain. Kankuro lalu menggunakan teknik rahasia hitam: mesin satu tembakan pada Sakon dan Ukon. Darah memancar ke mana-mana dari tubuh Kuroari yang berisi Sakon dan Ukon.

Bagian kedua[sunting | sunting sumber]

Penyelamatan Gaara[sunting | sunting sumber]

Kankuro muncul saat dia masuk dan mau mengunjungi kantornya Gaara. Tiba-tiba datanglah seorang jonin yang memberitahukan Gaara bertarung. Gaara berhasil ditangkap oleh Deidara. Kankuro menjadi geram lalu mengejar Garra.Kankuro dihalangi oleh Sasori. Tentu saja mereka pun melakukan pertarungan sengit. Kankuro sudah menggunakan ketiga bonekanya, yaitu Karasu, Kuroari, dan Sanshōuo tetapi berhasil dikalahkan dan terkena racun. Beruntung dia diselamatkan Sakura.

Pertemuan Kelima Kage[sunting | sunting sumber]

Gaara yang merupakan Kazekage kelima dari lima negara besar diundang mengikuti rapat kelima Kage. Kankuro dengan Temari menjadi Pengawal Gaara. Pada saat pertemuan semakin panas, Sasuke uchiha ketahuan menyusup ke gedung pertemuan. Akhirnya terjadilah pertarungan antara kelompok Raikage, kelompok Gaara, dan kelompok Sasuke. Pada pertarungan tersebut Kankuro memperlihatkan boneka barunya yang terbuat dari tubuh Sasori.

Perang Dunia Ninja Keempat

Dalam Perang Dunia Ninja Keempat,Kankuro ditugaskan untuk memimpin Divisi Penyergap dan Serangan Kejutan.Dalam perang ini,ia menggunakan seluruh bonekanya yakni Karasu,Kuroari,Sanshuou dan Sasori.Dalam perang itu.ia berhasil menangkap Deidara dan Sasori yang dibangkitkan dengan Edo Tensei.Setelah itu,divisinya sempat dihadang Chiyo Basama,Kimimaro Kaguya ,Jirobo dan Hanzo Si Salamander yang telah di-Edo Tensei oleh Kabuto.Sempat terkejar dan terdesak,akhirnya Divisi Penyergap tertolong oleh Divisi 5 Pasukan Khusus pimpinan Mifune(seorang pemimpin Negara Besi dan pejuang samurai).Sempat tertanggu dengan lepasnya Deidara,Divisi Penyergap berhasil menangkapnya kembali dengan bantuan Divisi 5 Mifune dan Kurotsuchi,seorang kunoichi dari Iwagakure dan anak dari Kitsuchi(pemimpin Divisi 2) sekaligus saudara dari Deidara.Setelah Edo Tensei dikalahkan dan dilepaskan jiwanya oleh Kabuto(kecuali Madara Uchiha ), Sasori dan Chiyo Basama mempercayakan teknik Kugutsu pada Kankuro.

Bangkitnya Juubi

Meski memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk ke lokasi Juubi,Kankuro dan Divisi pimpinannya ikut serta dalam pertarungan melawan Obito Uchiha yang telah berubah ke Mode Rikuudo Sennin.