Tingkatan ninja (Naruto)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tingkatan ninja merupakan tingkatan-tingkatan yang dibagi berdasarkan kemampuan seorang ninja dalam melalui ujian yang diberikan para petinggi desa. Penduduk yang tinggal di desa Konoha, desa asal tokoh utama Naruto, harus melewati beberapa ujian sebelum ia bisa disebut ninja, dan mendapatkan tingkatan sesuai dengan kemampuannya. Tidak semua ninja di tingkatan yang sama memiliki kemampuan yang sama, begitu juga seorang ninja dengan tingkatan rendah mungkin memiliki kemampuan yang lebih besar daripada ninja di tingkatan atasnya.

Sebagai tambahan, terdapat beberapa tingkatan khusus dan gelar yang dapat diterima seorang ninja. Tingkatan dan gelar ini berbeda dengan tingkatan resmi.

Tingkatan resmi[sunting | sunting sumber]

Tingkatan dan misi yang ditugaskan kepada masing-masing ninja.

Murid akademi[sunting | sunting sumber]

Akademi adalah tempat calon-calon ninja memulai latihannya. Mereka belum bisa disebut sebagai ninja sebelum mereka lulus akademi. Murid-murid di akademi diberikan materi dan latihan-latihan beladiri ninja tingkat dasar, seperti jurus bunshin no jutsu, kawarimi no jutsu, dll.

Setelah menjalani ujian dan lulus dari akademi, murid-murid akan menerima sebuah ikat kepala dari kain dengan sebuah lapisan metal di tengahnya, dan di atas lapisan metal tersebut tercetak lambang desa. Ikat kepala ini sering juga disebut dengan nama "pelindung kepala". Di Kirigakure, ada tradisi setiap murid akademi harus menyerang sesama temannya agar lulus, tradisi ini akhirnya dihapus.

Genin[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari akademi, seorang alumnus akan diberi tingkatan Genin. Para Genin ini masih masuk ke dalam bimbingan seorang Jounin. Genin adalah ninja kelas rendah yang hanya menjalankan misi kelas D. Misi-misinya juga kadang-kadang sangat sepele. Seperti menangkap kucing yang kabur. Biasanya para Genin dibentuk ke dalam tim berjumlah 4 orang, dengan satu di antaranya adalah Jounin sebagai pembimbing. Tetapi Naruto pernah diberi misi level C untuk mengawal Tazuna, yang malah berubah menjadi misi level B karena adanya ninja pelarian yang menyerang.

Tim yang diisi Genin adalah tim yang sudah ditentukan sebelumnya dan sudah dibagi ketika melakukan ujian kelulusan. Kakashi melakukan ujian yang sulit. Setelah kiranya cukup mapan, para Genin akan direkomendasikan menjadi calon Chuunin di ujian Chuunin. Tidak semua Genin anak-anak, adapula yang sudah berusia setengah baya dikarenakan tidak pernah lulus ujian Chuunin.

Chuunin[sunting | sunting sumber]

Setelah para Genin lolos ujian Chuunin, mereka akan diangkat menjadi Chuunin oleh Hokage. Para Chuunin sudah setingkat kapten tim dalam tim 3 orang Genin. Terkadang Chuunin juga dipasangkan dengan Genin. Para Chuunin bisa mengambil misi tingkat B dan C. Misi yang dilakukan para Chuunin tidaklah terlalu sulit, tetapi tetap berisiko dan berbahaya dibandingkan Genin. Jumlah para Chuunin ini jauh lebih sedikit dibanding Genin yang ada di dunia Naruto.

Jounin[sunting | sunting sumber]

Jounin adalah tingkat tertinggi dalam tingkatan resmi ini. Para Jounin ini adalah kekuatan utama desa-desa tersembunyi. Para Jounin biasa diberi misi untuk menyerang daerah musuh, pembunuhan, sabotase, dan sebagainya. Misi yang mereka emban mengharuskan mereka untuk berpikir cepat dan tidak boleh sembarangan atau nyawa mereka akan melayang. Jounin bisa mengambil misi tingkat A dan tingkat S. Para Jounin ini sangatlah kuat dan melawan mereka tanpa persiapan matang adalah tindakan bunuh diri. Para Jounin juga ada yang ditugaskan sebagai pembimbing tim Genin Rookie. Mereka juga bertindak sebagai guru bagi para Genin tersebut. Perekrutan Jounin dapat melalui Tingkat Chuunin maupun Anbu.

Tensai Jounin[sunting | sunting sumber]

Tensai Jounin memiliki tugas khusus seperti mengajar, medis dan sebagainya. Para ninja medis adalah Jounin khusus yang tugasnya hanya mencari, mengobati atau memulangkan temannya yang terluka. Tsunade pernah masuk dalam tingkatan ini ketika masih satu tim dengan Jiraiya dan Orochimaru. Tapi, tidak semua ninja medis adalah Tensai Jounin. Seperti Sakura dan Shizune, Sakura masih termasuk dalam Tingkat Chuunin.

Anbu[sunting | sunting sumber]

Anbu adalah pasukan elit pembunuh rahasia yang ditugasi untuk melakukan misi yang sangat berbahaya. Anbu adalah lakuran dari Ansatsu Senjutsu Tokushu Butai (secara harfiah berarti: Siasat Pembunuhan dari Pasukan Khusus). Ketika melakukan misi, mereka tidak memakai nama dan tidak boleh melepas topengnya. Para Anbu biasa bertindak sebagai mata-mata, Oinin (ninja pemburu), pemusnah mayat, pembunuh rahasia, intelijen desa, dan juga pengawal Hokage. Mereka juga kebagian tugas menghadapi ninja Kelas S yang kebanyakan ninja tidak ingin melawannya. Bahkan mereka pernah mendapatkan tugas untuk menjaga orang yang dianggap bisa menghancurkan desa. Contohnya saat 3 orang Anbu ditemani oleh 2 orang ninja medis menjaga Yakumo di rumah isolasinya. Itachi menjadi Anbu pada umur 11 tahun dan menjadi ketua Anbu di bawah kepemimpinan Danzo pada umur 13 tahun. Para Anbu bergerak secara misterius dan diam-diam. Para Anbu biasanya direkrut dari Chuunin melalui Hokage secara langsung. Tetapi tidak dengan Kakashi, sebelum Minato menjadi Hokage ke-4, Kakashi adalah seorang Jounin. Saat Minato menjabat sebagai Hokage ke-4, tingkatan Kakashi diturunkan menjadi Anbu, karena agar Hokage ke-4 dapat lebih mudah memantau kondisi psikologis Kakashi setelah kematian Rin di tangan Kakashi sendiri. Saat 10 tahun lamanya sebagai Anbu, pada pemerintahan Hokage ke-3 setelah kematian Hokage ke-4, Kakashi kembali menjadi Jounin, namun tugasnya berbeda dengan Jounin sebelumnya, Kakashi mengemban tugas menjadi Jounin pembimbing. Di Konoha, divisi Anbu ada 2. Pertama adalah Anbu yang dipimpin oleh Hokage. Kedua adalah Anbu yang tidak diketuai oleh Hokage, tetapi oleh Danzo. Anbu ini adalah Anbu yang sangat rahasia, bahkan Hokage tidak diizinkan untuk tahu rahasia mereka. Namanya adalah Anbu "Ne". Kinoe (sekarang Yamato) adalah dulunya anggota divisi ini, tapi Kinoe diambil alih oleh Hokage ke-3 setelah Kakashi melaporkan kejadiannya saat menjalankan misi bersama Kinoe. Mereka tidak punya nama, perasaan, rumah, dan keluarga. Mereka hanya punya misi, itulah moto dari "Ne". Namun setelah kejadian pembantaian klan Uchiha, Danzo dipecat dari jabatannya sebagai wakil Hokage oleh Hokage ke-3, menjadikan Anbu yang berada di bawah kepemimpinannya dibubarkan.

Tingkatan khusus[sunting | sunting sumber]

Nukenin[sunting | sunting sumber]

Nukenin adalah para shinobi yang melarikan diri dan mengkhianati desanya. Ninja-ninja yang hidup di desa asal mereka kemudian kabur hanya untuk menjalankan misi. Para Nukenin ini ada yang berkelompok dan ada pula yang perseorangan. Para Nukenin ini kebanyakan adalah kriminal di desa asal mereka. Ada pula Nukenin yang masuk ke desa lain dan menjadi anggota desa tersebut, contohnya adalah Sasuke sebelum digolongkan menjadi Kelas S.

Oinin Butai[sunting | sunting sumber]

Oinin Butai (追い忍部隊 secara harfiah berarti: Pasukan Ninja Pemburu?) adalah ninja pengejar yang misinya adalah mengejar dan menghancurkan sasaran. Ada pula Genin yang ditugasi mengejar ninja yang melarikan diri dari desa. Seperti tim Shikamaru yang ditugasi untuk mengejar Sasuke, atau ketika mengejar Hidan dan Kakuzu.

Kelas S[sunting | sunting sumber]

Shinobi kelas S adalah shinobi dengan tingkat tertinggi dalam dunia Naruto. Hampir semua ninja lebih memilih menghindar daripada menghadapi ninja Kelas S. Banyak dari ninja Kelas S adalah ninja pelarian dan kriminal. Sasuke dalam Naruto Shippuden dan semua anggota Akatsuki adalah golongan ninja ini.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Sannin[sunting | sunting sumber]

Sannin berarti 3 ninja. Sannin adalah julukan yang diberikan Hanzou kepada Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru pada saat akhir peperangan antara negeri Api dan negeri Hujan. Hanzou sangat terkesan dengan kemampuan mereka bertiga karena dapat bertahan dalam perang tersebut. Dan akhirnya ketiga ninja yang dulunya sahabat itu dikenal sebagai 3 ninja legendaris (Densetsu no Sannin). Kekuatan mereka yang tersohor dan sekelas Kage membuat kawan maupun lawan hormat pada mereka.

Sannin legendaris telah memilih murid tempat menurunkan kemampuan mereka.

Gama Sennin, Jiraiya telah memilih Naruto sebagai murid terakhir. Dan seperti yang diramalkan tetua katak bahwa murid terakhirnya itulah yang akan mengakhiri kekacauan di dunia. Sifat mereka pun tidak beda jauh. Naruto dan Jiraiya adalah sama-sama pecundang yang kemudian menjadi orang yang sangat disegani. From Zero to Hero!

Sang Hokage ke-5, Tsunade awalnya belum memilih siapa-siapa sebagai muridnya. Sampai suatu saat, Haruno Sakura, teman sekelompok Naruto yang merasa tidak berguna bagi tim 7. Karena itu, ia meminta Tsunade untuk menjadi gurunya. Dengan berbagai tes, Tsunade pun menerima Sakura sebagai muridnya. Dengan kecerdasan dan kesungguhannya, Sakura berhasil melalui tahap-tahap latihan yang berat dari Tsunade. Dan ia pun mempunyai potensi untuk melampaui kemampuan gurunya itu.

Orochimaru mengambil Sasuke sebagai muridnya. Sasuke yang haus akan balas dendam, memilih ikut dengan Orochimaru untuk belajar jurus baru. Dengan kecerdasannya dan tekadnya yang kuat, Sasuke dengan cepat melampaui Orochimaru.

Latar belakang Jiraiya, Tsunade dan Orochimaru mirip dengan Naruto, Sasuke, dan Sakura. Mereka adalah sahabat yang kemudian berpisah jalan karena ambisi masing-masing. Sehingga dapat dikatakan bahwa Naruto, Sasuke, dan Sakura adalah penerus Sannin legendaris.

Kage[sunting | sunting sumber]

Kage ( secara harfiah berarti: Bayangan?) adalah kepala negara yang memimpin suatu desa tersembunyi. Biasanya mereka memiliki kemampuan di atas rata-rata dan cukup disegani. Sejauh ini Hokage, Mizukage, Raikage, Tsuchikage, Kazekage sudah ditunjukkan rupa wajahnya. Gelar Kage hanya diberikan kepada pemimpin 5 negara ninja besar saja, sehingga mereka disebut sebagai Gokage (五影 secara harfiah berarti: 5 Bayangan?).

Hokage[sunting | sunting sumber]

Hokage (火影 secara harfiah berarti: Bayangan Api?) adalah Kage dari Konohagakure. Hokage yang masih menjabat adalah Naruto di manga, Tsunade di anime.

Daftar Hokage
No. Nama
1 Hashirama Senju
2 Tobirama Senju
3 Hiruzen Sarutobi
4 Minato Namikaze
5 Tsunade
6 Kakashi Hatake
7 Naruto Uzumaki

Kazekage[sunting | sunting sumber]

Kazekage (風影 secara harfiah berarti: Bayangan Angin?) adalah Kage dari Sunagakure. Kazekage yang masih menjabat adalah Gaara.

Daftar Kazekage
No. Nama
1 Kazekage pertama
2 Kazekage kedua
3 Kazekage ketiga
4 Rasa
5 Gaara

Mizukage[sunting | sunting sumber]

Mizukage (水影 secara harfiah berarti: Bayangan Air?) adalah Kage dari Kirigakure. Mizukage yang masih menjabat adalah Mei Terumi di anime, Chojuro di manga.

Daftar Mizukage
No. Nama
1 Mizukage pertama
2 Mizukage kedua
3 Mizukage ketiga
4 Yagura
5 Mei Terumi
6 Chojuro

Raikage[sunting | sunting sumber]

Raikage (雷影 secara harfiah berarti: Bayangan Petir?) adalah Kage dari Kumogakure. Raikage yang masih menjabat adalah A di anime, Darui di manga.

Daftar Raikage
No. Nama
1 Raikage pertama
2 Raikage kedua
3 Raikage ketiga
4 A
5 Darui

Tsuchikage[sunting | sunting sumber]

Tsuchikage (土影 secara harfiah berarti: Bayangan Tanah?) adalah Kage dari Iwagakure. Tsuchikage yang masih menjabat adalah Oonoki di anime, Kurotsuchi di manga.

Daftar Tsucgikage
No. Nama
1 Tsuchikage pertama
2 Muu
3 Oonoki
4 Kurotsuchi