Indonesian Television Awards 2017

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Indonesian Television Awards 2017
ITA logo.png
Logo Indonesian Television Awards
Tanggal 20 September 2017 (2017-09-20)
Lokasi Studio 14 RCTI Jakarta
Negara  Indonesia
Dipandu oleh Daniel Mananta
Indy Barends
Pemandu pra-acara Boy William
Gracia Indri
Penampilan Choi Min-ho
Foxes
Bunga Citra Lestari
Armand Maulana
Rizky Febian
Inul Daratista
Iis Dahlia
Ayu Ting Ting
Ikhtisar
Primetime Drama Dunia Terbalik
Primetime Nondrama Ini Talkshow
Pembawa Acara Raffi Ahmad
Situs web resmi www.indonesiantvawards.com
Siaran televisi/radio
Saluran RCTI
MNCTV
Waktu tayang 240 menit

Indonesian Television Awards 2017 adalah penghargaan Indonesian Television Awards kedua yang dianugerahkan oleh stasiun televisi RCTI dan MNCTV. Penghargaan ini diberikan pada tanggal 20 September 2017.[1] Sebanyak 13 kategori dianugerahkan pada penghargaan kali ini, bertambah satu dari penghargaan tahun lalu.[2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

MNC Group sebagai pengusung Indonesian Television Awards kembali menggelar penghargaan pertelevisian ini setelah digelar pada tahun lalu. Masih mengusung tujuan mewujudkan dukungan terhadap kreativitas dan perkembangan industri pertelevisian tanah air, penghargaan ini digelar sebagai apresiasi karya maupun kerja keras pekerja televisi yang diterima oleh masyarakat luas.[1] Beberapa petinggi direksi RCTI didapuk sebagai aktor penting dalam penghargaan tahun ini, di antaranya Dini Aryanti Putri sebagai Project Leader, dan Kantini Mirdiati sebagai Project Director penghargaan.[3]

Nominasi dan pemenang[sunting | sunting sumber]

Ada 13 kategori yang dianugerahkan pada penghargaan tahun ini, naik dari sebanyak 12 kategori pada penghargaan tahun lalu. Kategori "Penyanyi Terpopuler" dan "Komedian Terpopuler" dihapus pada penghargaan tahun ini, dan digantikan serta ditambah yakni kategori "Program Asing Terpopuler", "Program Ramadan Terpopuler", dan "Program Sport Match Terpopuler".[4] Nominasi dalam setiap kategori didapat berdasarkan hasil survei Roy Morgan Research pada 1800 responden di 22 kota Indonesia tentang program tertentu yang terlintas pertama kali di pikiran responden dalam rentang waktu periode tayang program televisi pada Agustus 2016Juli 2017.[5] Sementara itu, pemilihan murni berdasarkan jumlah suara melalui situs resmi ataupun media sosial terpilih.

Aturan pemilihan[sunting | sunting sumber]

Pemilihan pemenang di setiap kategori dilakukan berdasarkan jumlah suara di situs web atau media sosial terpilih. Konsultan Provetic Indonesia menjadi pihak yang membantu menganalisis setiap suara yang masuk dan menjaga suara dari kepentingan tertentu.

Aturan untuk memilih pemenang adalah sebagai berikut.[6]

  1. Satu akun media sosial hanya dapat memasukkan satu suara.
  2. Untuk pemilihan melalui Twitter, akun Twitter harus terdaftar sebelum tanggal 1 Agustus 2017 dan memiliki minimal 50 pengikut.
  3. Untuk pemilihan melalui Facebook, pemilik akun harus masuk ke laman resmi Indonesian TV Awards, berikan tanda "Suka" terlebih dahulu, setelah itu melakukan pemilihan dengan cara membubuhkan komentar di foto kategori yang terdapat di dinding setiap pos kategori.
  4. Untuk pemilihan melalui Instagram, pemilik akun harus masuk ke akun instagram @indonesiantvawards, pilih foto kumpulan nominator di setiap kategori untuk memberi suara dengan membubuhkan tanda hati, setelah itu berikan suara dengan menulis kata kunci "#voteITA2017 <spasi> kode nominasi" pada foto tersebut.
  5. Pemilihan dapat pula berlangsung melalui situs www.indonesiantvawards.com
  6. Pemilihan berlangsung mulai 18 Agustus 2017 dan selesai pada 17 September 2017 pukul 16:59 GMT.

Daftar nominasi dan pemenang[sunting | sunting sumber]

Pemenang ditulis pertama dan ditebalkan.[4]

Program Pagi Terpopuler
Program Siang Terpopuler
Program Primetime Nondrama Terpopuler
Program Primetime Drama Terpopuler
Program Inspiratif Terpopuler
Program Animasi Terpopuler
Program Asing Terpopuler
Program Ramadan Terpopuler
Program Sport Match Terpopuler
Pembawa Acara Terpopuler
Duet Pembawa Acara Terpopuler
Aktris Terpopuler
Aktor Terpopuler

Penghargaan lain:

Penghargaan Khusus: Choi Min-ho

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]