Anandhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Anandhi
Balika Vadhu.png
Kartu judul Balika Vadhu
Nama lain Balika Vadhu — Kachchi Umar Ke Pakke Rishte
Genre Sinetron India
Drama
Hiburan
Pembuat Purnendu Shekhar
Penulis Purnendu Shekhar
Gajra Kottary
Rajesh Dubey
Usha Dixit
Raghuvir Shekhawat
Sutradara Sidharth Sengupta
Pradeep Yadav
Pemeran Toral Rasputra
Gracy Goswami
Viren Vazirani
Shakti Anand
Aasiya Kazi
Negara India
Bahasa Hindi
Jumlah musim 01
Jumlah episode 2245[1] (Daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif Zakir Shaikh
Sachin Chavan
Fuzel Khan
Produser Sunjoy Waddhwa
Comal Sunjoy W.
Penyunting Santosh Singh
Janak Chauhan
Lokasi Jaitsar
Udaipur
Sinematografi Sanjay K. Memane
Anil Katke
Kamera Multi-kamera
Durasi 20 menit
Rumah produksi Sphere Origins
Siaran
Stasiun televisi Colors TV
ANTV
Format gambar 576i (SDTV)
1080i (HDTV)
Siaran sejak Senin, 21 Juli 2008 (2008-7-21)  Minggu, 31 Juli Juli 2016 (2016-07-31)
Pranala luar
http://colors.in.com/mena/shows/balika-vadhu-kacchi-umar-ke-pakke-rishte-12.html

Anandhi atau Balika Vadhu — Kachchi Umar Ke Pakke Rishte (Indonesia: Mempelai Anak — Hubungan Kuat pada Usia Muda), yang umumnya disebut sebagai Balika Vadhu, adalah sebuah serial drama televisi India yang tayang perdana pada 21 Juli 2008 di Colors TV. Acara tersebut mengisahkan tentang Anandi dan Jagdish yang terkena dampak ritual pernikahan anak-anak. Serial tersebut merupakan acara yang paling lama ditayangkan menurut jumlah episodenya - tepatnya berjumlah 2500 episode (Season 2).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah Anandi dimulai dalam kehidupannya yang jauh dari sederhana di sebuah desa kecil di kawasan Rajastan. Ia tinggal bersama keluarga kecilnya. Tentu saja, kesempatan Anandhi untuk bersekolah tertutup rapat. Tidak ada kata lain selain menerima tawaran ini. Ia dipaksa menikah dengan Jagdish, anak dari Sumitra dan Bhairav. Bhairav adalah anak dari Kalyani Devi, seorang terpandang di kawasan tersebut. Karena itulah, Anandhi harus mau menjadi anggota keluarga tersebut, karena kedua orang tuanya tidak mampu lagi membiayai kebutuhan hidupnya dan adik-adiknya.

Pasca menikah, hidup Anandhi tidaklah mudah. Kendati memiliki suami yang menyayangi dan memberikan tanggung jawab penuh kepadanya, Anandhi mendapat banyak tekanan dari mertua dan Kalyani Devi. Apalagi saat Anandhi membutuhkan biaya tambahan untuk merawat kedua orang tuanya yang tengah membutuhkan biaya pengobatan. Karena Kalyani tak memberikannya pinjaman, terpaksa Anandhi memohon kepada tuan Mahavir Singh. Singh bukannya seorang konglomerat yang suka beramal. Tetapi, apapun yang diberikannya, harus mendapatkan imbalan yang ia inginkan.  Singh mengincar properti milik ayah dan ibu Anandhi, dan ia berharap bahwa kedua ortu Anandhi tidak dapat mengembalikan pinjaman untuk biaya pengobatan tersebut. Tetapi, Anandhi punya keinginan untuk membayar hutang-hutang tersebut dengan bekerja di rumah itu. Ternyata, keputusan Anandhi ini membuahkan konflik baru antara dirinya dan Kalyani. Adik Mahavir Singh adalah suami Kalyani, dan keduanya sempat menjalin hubungan gelap. Namun, hubungan ini berakhir dan menimbulkan perselisihan antara keduanya. Singh sendiri masih menyimpan dendam kesumat kepada Kalyani, dan terus membuat desa yang dipimpin Kalyani menjadi daerah kekuasaannya.

TIdak terlalu lama pemirsa menyaksikan Anandhi kecil, karena justru inti cerita ada pada perjuangan Anandhi remaja dan dewasa. Anandhi remaja terus belajar dan mengajak rekan-rekan sebayanya untuk tetap mengenyam pendidikan dasar, yang tidak sempat mereka nikmati saat baru saja menikah. Perjuangannya ini mendapatkan dukungan penuh dari suaminya, Jagdish. Keduanya tak lelah berjuang kendati mereka juga dirundung masalah hilangnya anak mereka, Nimboli yang diculik karena akan dinikahkan dalam usia dini pula.

Sama seperti drama-drama India lainnya, akhir dari "Anandhi" memang menyuguhkan kebahagiaan bagi semua peran protagonis, dan keterpurukan atau kematian bagi tokoh antagonis. Tetapi, Anda patut menyimak keseluruhan perjalanan Anandhi yang tidak biasa terjadi, dimana fenomena yang lazim terjadi di India ini hanya diperjuangkan oleh sedikit kaum wanita yang peduli dengan nasib anak dan cucu mereka. Selebihnya, banyak yang bersikap pasif dan melakukan pembiaran karena lingkaran kemiskinan yang sulit putus karena kurangnya pendidikan.Anandhi dijodohkan saat duduk di kelas 2 sekolah dasar.Anak perempuan yang dijodohkan tidak boleh bersekolah.Walaupun Anandhi tidak boleh sekolah tetapi,akhirnya Anandhi mendapat izin untuk mengikuti ujian saja.Sampai besar Anandhi tetap melawan perjodohan dini.Anandhi memiliki anak perempuan bernama nimboli.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama
Pemeran tambahan
Mantan pemeran

Penyiaran internasional[sunting | sunting sumber]

  • Bendera Kirgizstan Serial tersebut ditayangkan dengan judul Келин dan disiarkan di KTRK.
  • Bendera Kazakhstan Serial tersebut ditayangkan dengan judul Келін dan disiarkan di Kazakhstan.
  • Bendera Vietnam Di Vietnam, drama tersebut mulai ditayangkan dengan judul Cô Dâu 8 Tuổi di TodayTV pada 11 November 2014. Drama tersebut meraih ketenaran di Vietnam dan membuat aktris dari acara tersebut, Avika Gor meraih sebuah penghargaan dari kepala saluran TodayTV.[2] Gor juga mengunjungi Vietnam pada sebuah kunjungan selama dua hari ke negara tersebut karena keberhasilan acara tersebut, anggota pemeran lainnya yakni Avinash Mukherjee dan Smita Bansal juga mengunjungi negara tersebut.[3] Acara tersebut merupakan bahan paling dicari kesembilan pada 2015 di Vietnam di Google seperti yang dikonfirmasikan oleh laporan tahunan akhir tahun Google Trends.[4]
  • Bendera Indonesia Di Indonesia, serial tersebut disiarkan di ANTV dengan judul Anandhi mulai tanggal 15 Maret 2016 pukul 14.00 WIB.[5]

Spinoff animasi[sunting | sunting sumber]

Chhoti Anandi adalah sebuah serial animasi yang bertama kali ditayangkan di Colors TV pada 17 Januari 2016. Serial tersebut merupakan salah satu dari beberapa serial animasi India yang menampilkan protagonis perempuan.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]