Ultraman Dyna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ultraman Dyna
Dyna logo.jpg
PembuatTsuburaya Productions
PemeranTakeshi Tsuruno
NaratorYūji Machi
Lagu pembuka"Ultraman Dyna" oleh Tatsuya Maeda
Lagu penutup"Kimi Dake Wo Mamori Tai" oleh Fumiaki Nakajima (1-26; 35; 50)
"Ultra High" oleh Lazy (27-34; 37-49; 51)
"Brave Love Tiga" (Instrumental) (36)
PenggubahTatsumi Yano
NegaraJepang
BahasaJepang
Jumlah episode51
Produksi
Durasi24 menit (per episode)
Rilis
Jaringan penyiarMBS, TBS
Tanggal rilis6 September 1997 –
29 Agustus 1998
Kronologi
Diawali olehUltraman Tiga
Dilanjutkan olehUltraman Gaia

Ultraman Dyna (ウルトラマンダイナ, Urutoraman Daina) adalah acara TV tokusatsu Jepang yang disiarkan antara 6 September 1997 sampai dengan 29 Agustus 1998. Serial ini adalah sekuel langsung ke seri Ultraman sebelumnya, Ultraman Tiga. Di Indonesia, ditayangkan di Indosiar Tahun 2001-2002, ditayangkan di RCTI sebelum tayang Garuda 19 dan ditayangkan di RTV sebelum tayang Tintin.

Alur[sunting | sunting sumber]

Di dalam tahun 2017 (9 tahun sesudah akhir cerita Ultraman Tiga)TPC telah maju di luar bumi,dan telah membangun pasukan baru ("Guts") yang diberi nama ("Super Guts").Manusia mulai memiliki ("Terra Pembentukan Mars")Dan di dalam planet lainnya itu diketahui dari ("umur perbatasan neo")Akan tetapi satu hari perbatasan neo diketahui terserang oleh alien dari("bola bola").Shin Asuka baru saja bergabung dengan Super Guts dan itu ditengah latihan maneuver di atas atmosfer Bumi ketika dia dan rekan rekannya tertembakper

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2017 ( 9 tahun setelah episode terakhir dari Ultraman Tiga ) , TPC telah maju luar bumi , dan telah menciptakan sebuah tim baru , "Super Guts" . Manusia telah mulai terra pembentuk Mars dan planet-planet lain dalam apa yang dikenal sebagai " Age of Neo Frontier " . Suatu hari , bagaimanapun, Neo Frontier diserang oleh ras alien yang dikenal sebagai Spheres . Shin Asuka baru saja bergabung super nyali dan di tengah-tengah manuver pelatihan di atas atmosfer bumi ketika ia dan rekan-rekannya diserang . Dia membuktikan dirinya dalam pertempuran , dan dapat memegang sendiri melawan ace percontohan ryoh .Namun, kapalnya rusak dan ia menyemburkan, setelah itu ia bertemu dengan cahaya bersinar. Hal ini kemudian bahwa raksasa baru cahaya menyatu dengan bingung Asuka, menyelamatkan nyawanya. Ketika Spheres memasuki atmosfer Mars 'dan bergabung dengan bebatuan Mars untuk membentuk monster, Asuka lagi berpartisipasi dalam pertempuran, kini dilengkapi dengan perangkat misterius yang dikenal sebagai "Reflasher". Setelah serangan baru Sphere ini, Asuka tiba-tiba berubah menjadi raksasa kolosal, dan berhasil melindungi Mars dari sekelompok monster yang dikirim oleh Spheres. Para anggota Super nyali cepat menangkap bahwa makhluk raksasa ini bukan Ultraman Tiga, tetapi raksasa baru cahaya, "Ultraman Dyna". Berbeda dengan nada serius Ultraman Tiga, Ultraman Dyna adalah hati acara yang jauh lebih ringan, menampilkan cerita lebih optimis dan kepribadian karakter lucu untuk cast.Busur cerita akhir agak muram, kontras dengan sisa seri. Dyna / Asuka tampaknya mengorbankan diri untuk menyelamatkan bumi dari Gran Sphere, bentuk ibu planet berukuran dari Spheres. Di akhir seri, kita bisa melihat bahwa Asuka bergabung kembali ayahnya karena mereka naik ke arah cahaya di dua pesawat ruang angkasa mereka, meskipun nasib Dyna / Asuka dan ayah Asuka masih belum diketahui. Sebelas tahun setelah akhir dari serial televisi, film mega Rakasa Battle: Ultra Galaxy dimaksudkan sebagai tindak lanjut langsung untuk Dyna / Asuka setelah peristiwa Dyna seri finale. Hal ini menunjukkan bahwa lubang cacing yang dihasilkan dari kehancuran Gran Sphere ini diangkut dia untuk alam semesta M78, di mana film berlangsung. Pada akhir film, seperti menampilkan anggota ZAP Spacy memerlukan bantuan kembali ke Bumi, Dyna / Asuka memutuskan untuk mengarahkan mereka pulang pribadi. Mereka ditampilkan menghilang ke lubang cacing buatan sendiri bersama-sama.

Setelah kesimpulan dari Ultraman Saga, kontak Asuka SUPER Guts saat bepergian ke tujuan yang tidak diketahui. Dia meyakinkan mereka bahwa Taiga masih hidup dan sehat, sebagai Ryo menjawab bahwa mereka akan mengejar Asuka satu hari, Asuka tersenyum dan mengatakan bahwa dia akan menunggu mereka sebelum menghilang ke dalam cahaya sekali lagi.

Tidak jelas apakah Dyna yang berpartisipasi dalam Perang Spark gelap di Ultraman Ginga adalah sama Dyna dari Tiga Universe.

Anggota Super Guts[sunting | sunting sumber]

Super Guts cabang dari TPC (Terrestrial Peaceable Konsorsium) dan merupakan penerus langsung dari Guts.

  • Gousuke Hibiki (ヒ ビ キ · ゴ ウ ス ケ Hibiki Gosuke?): Kapten tim. Dia adalah keras dan ramai, sering bercanda dengan bawahannya dan perintah berteriak. Pada saat yang sama, bagaimanapun, dia adalah pemimpin yang peduli dengan hati yang baik dan niat baik untuk Super Guts.
  • Shin Asuka / Ultraman Dyna (ア ス カ · シ ン / ウ ル ト ラ マ ン ダ イ ナ Asuka Shin / Urutoraman Daina?): Host manusia Ultraman Dyna. Dia adalah cahaya-hati secara keseluruhan, dan merupakan salah satu host manusia Ultra langka yang juga berfungsi sebagai bantuan komik acara. Asuka sering merengek dan cemberut tidak dewasa, dan kadang-kadang berpura-pura bahwa ia tewas dalam pertempuran hanya untuk melihat rekan tim panik. Asuka tidak semua hanya menyenangkan dan permainan, meskipun. Dia juga bisa menjadi keras kepala dan terlalu berani. Mottonya terkenal adalah "Jangan pernah menyerah." Ayah Asuka menghilang tahun lalu ketika kapal ruang nya menghilang ke dalam cahaya misterius, yang Asuka sendiri masuk bersama ayahnya di episode terakhir. Pada akhirnya, Asuka akhirnya diangkut ke timeline Showa. Meskipun kepribadiannya, Asuka adalah seorang pejuang yang luar biasa, menangkis alien jauh lebih kuat daripada manusia normal dengan hanya tangan ke tangan keterampilan tempur.
  • Ryo Yumimura (ユ ミ ム ラ · リ ョ ウ Yumimura Ryo?): The tomboy ace percontohan Super nyali, yang memiliki temperamen pendek dan sering berteriak Asuka untuk nya kejenakaan bola menyia-nyiakan dan kenekatan. Mereka memiliki persaingan percontohan terjadi. Namun, jauh di dalam hati dia suka orang itu, mereka saling menyukai, yang menjadi cukup jelas menuju akhir. Dia juga memainkan peran besar kakak untuk yang kurang berpengalaman Mai. Ryoh sedikit juling, yang menambah pesona untuknya.
  • Toshiyuki Kohda (コ ウ ダ · ト シ ユ キ Koda Toshiyuki?): Orang potongan rambut keren dan licin yang akhirnya dipromosikan ke Dept Kapten.
  • Mai Midorikawa (ミ ド リ カ ワ · マ イ Midorikawa Mai?): A, ceria, tipe kadet keras lucu dengan sedikit pengalaman tempur. Dia kebanyakan berfungsi sebagai orang komunikasi, tetapi dia memiliki beberapa meremukkan (pemain bisbol, robot eksplorasi lucu, pembalap sepeda, dll), mendapat perhatian dengan mengatakan 'orang neh-neh-neh, dan memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembunyikan beberapa item di belakang punggungnya, hanya untuk cambuk mereka dalam suksesi cepat.
  • Tsutomu Nakajima (ナ カ ジ マ · ツ ト ム Nakajima Tsutomu?): Teknisi gemuk dan peneliti dari tim Super Guts, sering menjadi panik atau terlalu serius.
  • Kouhei Kariya (カ リ ヤ · コ ウ ヘ イ Kariya Kohei?): Seorang ahli dari penembakan Super Guts dan fasih dalam arkeologi.
  • Hanejiro (ハ ネ ジ ロ ー Hanejirō?): Sebuah alien aneh yang Asuka berteman pada misi ke planet misterius, pertama kali membantu Asuka (seperti Dyna) dengan menunjukkan lemahnya tempat rakasa selama pertempuran, dan karena dibuat super nyali '"maskot" dari macam. Tawaran perpisahan ke Super nyali di Episode 47, tetapi kembali dalam film Dyna "Return of Hanejiro".

Mechas[sunting | sunting sumber]

GUTS Eagle

Alpha Wing

Beta Wing

Gamma Wing

Alpha Superior

GUTS Eagle Superior

Connelly 07

GUTS Marine

GUTS Dig

Episode[sunting | sunting sumber]

  1. A New Light: Part 1 (新たなる光(前編) Aratanaru Hikari (Zenpen)?)
  2. A New Light: Part 2 (新たなる光(後編) Aratanaru Hikari (Kōhen)?)
  3. Awaken Asuka (目覚めよアスカ Mezame yo Asuka?)
  4. Battle! Underground City (決戦! 地中都市 Kessen! Chichū Toshi?)
  5. Winning Shot (ウイニングショット Uiningu Shotto?)
  6. The Land's Ultimate Monster (地上最大の怪獣 Chijō Saidai no Kaijū?)
  7. Friend Inside the Box (箱の中のともだち Hako no Naka no Tomodachi?)
  8. Bao-On from Afar (遥かなるバオーン Harukanaru Baōn?)
  9. 2000 Attacks (二千匹の襲撃 Nisenbiki no Shūgeki?)
  10. Forbidden Picture on the Ground (禁断の地上絵 Kindan no Chijōe?)
  11. The Phantom Shooting Star (幻の遊星 Maboroshi no Yūsei?)
  12. Mysterious Thief Himala (怪盗ヒマラ Kaitō Himara?)
  13. Monster Factory (怪獣工場 Kaijū Kōjō?)
  14. The Supreme Ruler Who Sleeps on the Moon (月に眠る覇王 Tsuki ni Nemuru Haō?)
  15. The Kind-Hearted Target (優しい標的 Yasashii Hyōteki?)
  16. Battle! Monster Island (激闘! 怪獣島 Gekitō! Kaijūtō?)
  17. The Ghost Space Ship (幽霊宇宙船 Yūrei Uchūsen?)
  18. The Girls Who Calls Up the Darkness (闇を呼ぶ少女たち Yami o Yobu Shōjo-tachi?)
  19. Bird of the Phantom Dream (夢幻の鳥 Mugen no Tori?)
  20. Alien Boy (少年宇宙人 Shōnen Uchūjin?)
  21. The 3000 Degree Heat Radiating Monster (発熱怪獣3000度 Hatsunetsu Kaijū Sanzendo?)
  22. Soldier of Tsukuyo (ツクヨの兵士 Tsukuyo no Heishi?)
  23. Dream Fortress (夢のとりで Yume no Toride?)
  24. Vampire of the Lake (湖の吸血鬼 Mizumi no Kyūketsuki?)
  25. The Kraakov Won't Surface! Part 1 (移動要塞(クラーコフ)浮上せず!(前編) Kurākofu Fujō Sezu! (Zenpen)?)
  26. The Kraakov Won't Surface! Part 2 (移動要塞(クラーコフ)浮上せず!(後編) Kurākofu Fujō Sezu! (Kōhen)?)
  27. Monster Game (怪獣ゲーム Kaijū Gēmu?)
  28. Simian Forest (猿人の森 Enjin no Mori?)
  29. In the Light of Destiny (運命の光の中で Unmei no Hikari no Naka de?)
  30. Scenario of Invasion (侵略の脚本(シナリオ) Shinryaku no Shinario?)
  31. Fight! Dyna vs. Dyna (死闘! ダイナVSダイナ Shitō! Daina Bui Esu Daina?)
  32. The Singing Investigation Robot (歌う探査ロボット Utau Tansa Robotto?)
  33. Star of Peace (平和の星 Heiwa no Hoshi?)
  34. The Time of Resolution (決断の時 Ketsudan no Toki?)
  35. The Smile of Destruction: Part 1 (滅びの微笑(前編) Horobi no Bishō (Zenpen)?)
  36. The Smile of Destruction: Part 2 (滅びの微笑(後編) Horobi no Bishō (Kōhen)?)
  37. Yumenokatamari (ユメノカタマリ Yumenokatamari?)
  38. Monster Drama (怪獣戯曲 Kaijū Gikyoku?)
  39. The Light and Shadow of the Youthful (青春の光と影 Seishun no Hikari to Kage?)
  40. The Tree of Jagira (ジャギラの樹 Jagira no Ki?)
  41. I want to See Our Earth (ぼくたちの地球が見たい Boku-tachi no Chikyū ga Mitai?)
  42. Ephemeral Dream (うたかたの空夢 Utakata no Sorayume?)
  43. Captain Long-Legs (あしなが隊長 Asinaga Taichō?)
  44. The Snow of Venus (金星の雪 Kinsei no Yuki?)
  45. Tear of Churasa (チュラサの涙 Churasa no Namida?)
  46. The Power of Thinking of You (君を想う力 Kimi o Omou Chikara?)
  47. Farewell Hanejiro (さらばハネジロー Saraba Hanejirō?)
  48. Ndamoshite X (ンダモシテX Endamoshite Ekkusu?)
  49. Final Chapter I: A New Shadow (最終章I 新たなる影 Saishūshō Wan Aratanaru Kage?)
  50. Final Chapter II: Solar System Annihilation (最終章II 太陽系消滅 Saishūshō Tsū Taiyōkei Shōmetsu?)
  51. Final Chapter III: Toward Tomorrow... (最終章III 明日へ・・・ Saishūshō Surī Asu e?)

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Shin Asuka (アスカ・シン Asuka Shin?): Takeshi Tsuruno (つるの 剛士 Tsuruno Takeshi?)
  • Gousuke Hibiki (ヒビキ・ゴウスケ Hibiki Gōsuke?): Ryo Kinomoto (木之元 亮 Kinomoto Ryō?)
  • Toshiyuki Kouda (コウダ・トシユキ Kōda Toshiyuki?): Toshikazu Fukawa (布川 敏和 Fukawa Toshikazu?)
  • Ryo Yumimura (ユミムラ・リョウ Yumimura Ryō?): Risa Saito (斉藤 りさ Saitō Risa?)
  • Kouhei Kariya (カリヤ・コウヘイ Kariya Kōhei?): Takao Kase (加瀬 尊朗 Kase Takao?)
  • Tsutomu Nakajima (ナカジマ・ツトム Nakajima Tsutomu?): Joe Onodera (小野寺 丈 Onodera Jō?)
  • Mai Midorikawa (ミドリカワ・マイ Midorikawa Mai?): Mariya Yamada (山田 まりや Yamada Mariya?)
  • Kouki Fukami (フカミ・コウキ Fukami Kōki?): Toshiaki Amada (天田 俊明 Amada Toshiaki?)
  • Seiji Miyata (ミヤタ・セイジ Miyata Seiji?): Hiroshi Tsuburaya (円谷 浩 Tsuburaya Hiroshi?)
  • Kihachi Gondou (ゴンドウ・キハチ Gondō Kihachi?): Shinobu Kameyama (亀山 忍 Kameyama Shinobu?)
  • Saeko Shiina (シイナ・サエコ Shina Saeko?): Yasumi Maezawa (前沢 保美 Maezawa Yasumi?)
  • Kazuma Asuka (アスカ・カズマ Asuka Kazuma?): Daisuke Ryu (隆 大介 Ryū Daisuke?)
  • Narrator (ナレーター Narētā?): Yūji Machi (真地 勇志 Machi Yūji?)

Guest Stars[sunting | sunting sumber]

  • Trainée (1): Nomaru Abe
  • TPC Mars' Base Chief (1): Hiroshi Kuji
  • TPC Members (2): Tomoyuki Hotta, Tomohiro Mizuno
  • Announcer (2): Shigeru Chiba

Lagu[sunting | sunting sumber]

Opening theme
"Ultraman Dyna" by Tatsuya Maeda
Ending 1 theme
"Only You Do I Wish To Protect (君だけを守りたい Kimi dake o Mamoritai?)" by Fumiaki Nakajima
Ending 2 theme
"Ultra High" by Lazy

Pranala luar[sunting | sunting sumber]