Godzilla (waralaba)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Godzilla
Diciptakan oleh
Karya asliGodzilla (1954)[4]
PemilikToho Co., Ltd.[5]
Tahun1954–sekarang
Publikasi tercetak
Buku
KomikDaftar lengkap
Film dan televisi
Film
Seri televisiDaftar lengkap
Permainan
Permainan videoDaftar lengkap
Audio
Lagu temaGodzilla: Final Wars (2004)
Godzilla (2014)
Godzilla: King of the Monsters (2019)
Godzilla vs. Kong (2021)
Lainnya
Serial AmerikaMonsterVerse

Waralaba Godzilla (Jepang: ゴジラ, Hepburn: Gojira) adalah waralaba media, monster Jepang, atau kaiju, yang terdiri dari film, serial televisi, novel, buku komik, permainan video, dan barang dagangan lainnya. Waralaba ini berpusat pada kaiju fiksi Godzilla, monster reptil prasejarah yang terbangun dan ditenagai oleh radiasi nuklir. Waralaba ini diakui oleh Guinness World Records sebagai "waralaba film terpanjang yang terus berjalan", telah diproduksi sejak 1954, dengan beberapa masa kekosongan dengan panjang yang bervariasi.[7] Waralaba film ini terdiri dari 38 film; 33 film Jepang diproduksi dan didistribusikan oleh Toho Co., Ltd. dan lima film Amerika: satu film diproduksi oleh TriStar Pictures dan empat film diproduksi oleh Legendary Pictures.

Film aslinya, Godzilla, disutradarai dan ditulis bersama oleh Ishirō Honda dan dirilis oleh Toho pada 1954.[8] Hal itu menjadi genre klasik yang berpengaruh. Hal itu menampilkan nada politik dan sosial yang relevan dengan Jepang pada saat itu. Karya asli memperkenalkan skor musik oleh Akira Ifukube yang diakui, digunakan kembali di banyak film selanjutnya. Film 1954 dan sutradara efek khususnya Eiji Tsuburaya terutama dikreditkan karena membuat templat untuk tokusatsu, teknik pembuatan film efek khusus praktis yang menjadi penting dalam industri film Jepang sejak perilisan Godzilla (1954).[9] Untuk perilisannya di Amerika Utara, film itu dilokalkan pada 1956 sebagai Godzilla, King of the Monsters!. Film ini menampilkan potongan baru dengan Raymond Burr disunting bersama dengan potongan asli Jepang.

Popularitas film menyebabkan waralaba tersebut berkembang ke media lain, seperti televisi, musik, sastra dan permainan video. Godzilla telah menjadi salah satu simbol yang paling dikenal dalam budaya populer Jepang di seluruh dunia dan tetap menjadi aspek terkenal dari film Jepang serta merupakan salah satu contoh pertama dari popularitas kaiju dan subgenre tokusatsu dalam hiburan Jepang.

Nada dan tema bervariasi tiap film. Beberapa film memiliki tema politik, film lainnya memiliki nada gelap, mitologi internal yang kompleks, atau film aksi sederhana yang menampilkan alien atau monster lain, sementara film lain memiliki tema sederhana yang dapat diakses oleh anak-anak.[10] Peran Godzilla bervariasi dari murni kekuatan penghancur hingga sekutu manusia, atau pelindung nilai-nilai Jepang, atau pahlawan bagi anak-anak. Nama Godzilla merupakan romanisasi dari nama asli Jepangnya Gojira (ゴジラ)—yang merupakan gabungan dari dua kata bahasa Jepang: gorira (ゴリラ), "gorila", dan kujira (クジラ), "paus". Kata tersebut menyinggung ukuran, kekuatan, dan asal perairan Godzilla. Seperti yang dikembangkan oleh Toho, monster tersebut adalah cabang dari kombinasi radioaktivitas dan makhluk kuno mirip dinosaurus, tidak dapat dihancurkan dan memiliki kekuatan khusus (lihat Godzilla).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Serial film Godzilla dibagi menjadi beberapa zaman (berbeda) mencerminkan gaya karakteristik dan bersesuaian dengan zaman yang sama telah digunakan untuk mengklasifikasikan semua kaiju eiga (film monster) di Jepang. Zaman pertama, kedua, dan keempat mengacu pada Kaisar Jepang selama produksi: zaman Shōwa, zaman Heisei, dan zaman Reiwa. Zaman ketiga disebut zaman Milenium, karena kaisarnya (Heisei) sama, tetapi film-film ini dianggap memiliki gaya dan alur cerita yang berbeda dari zaman Heisei.

Sepanjang sejarah serial ini, film-film tersebut telah mencerminkan iklim sosial dan politik di Jepang.[11] Dalam film aslinya, Godzilla adalah sebuah alegori untuk dampak bom hidrogen, dan konsekuensi yang mungkin ditimbulkan oleh senjata semacam itu di Bumi.[12][13][14][15] Kontaminasi radioaktif kapal penangkap ikan Jepang Lucky Dragon No. 5 melalui uji perangkat termonuklir Castle Bravo Amerika Serikat di Bikini Atoll pada 1 Maret 1954, menyebabkan banyak liputan pers di Jepang sebelum rilis film pertama pada tahun 1954.[16] Serial Heisei dan Milenium sebagian besar melanjutkan konsep ini. Toho terinspirasi untuk membuat film Godzilla asli setelah kesuksesan komersial rilis ulang tahun 1952 dari King Kong dan kesuksesan dari The Beast from 20,000 Fathoms (1953), film peran hidup pertama yang menampilkan monster raksasa terbangun setelah ledakan bom atom.[17] Kesuksesan waralaba Godzilla itu sendiri terus menginspirasi film monster raksasa lainnya di seluruh dunia.

Zaman Shōwa (1954–1975)[sunting | sunting sumber]

Seri awal film ini diberi nama sesuai dengan zaman Shōwa (karena semua film ini diproduksi pada masa pemerintahan Kaisar Shōwa).[18][19] Garis waktu Shōwa ini dimulai dari tahun 1954, dengan Godzilla, hingga tahun 1975, dengan Terror of Mechagodzilla. Dimulai dengan Ghidorah, the Three-Headed Monster, Godzilla mulai berkembang menjadi antipahlawan yang lebih bersahabat dan menyenangkan (transisi ini diselesaikan oleh Son of Godzilla, dengan Godzilla digambarkan sebagai karakter yang lebih berbudi luhur) dan, seiring berlalunya waktu, Godzilla berevolusi menjadi pahlawan super antropomorfik. Ghidorah the Three-Headed Monster juga penting untuk memperkenalkan musuh bebuyutan Godzilla dan antagonis utama dari serial film, King Ghidorah.

Son of Godzilla dan All Monsters Attack ditujukan untuk penonton muda, menampilkan penampilan putra Godzilla, Minilla. Godzilla vs. Mechagodzilla terkenal karena memperkenalkan duplikat robot Godzilla dan antagonis sekunder dari serial film, Mechagodzilla. Zaman Shōwa secara longgar terkait sejumlah film yang diproduksi Toho dengan Godzilla sendiri tidak muncul dan akibatnya melihat penambahan banyak monster ke dalam kontinuitas Godzilla, tiga monster di antaranya (Rodan, Varan, dan Mothra) berasal dari film solo mereka sendiri dan lima monster lainnya (Anguirus, Manda, Baragon, Gorosaurus dan Kumonga) muncul di film pertama mereka sebagai antagonis sekunder atau kaiju sekunder.

Haruo Nakajima terutama memerankan Godzilla sejak tahun 1954 hingga pensiun pada tahun 1972. Namun, pemeran pengganti lainnya telah memerankan karakter tersebut ketika ia tidak ada, seperti Katsumi Tezuka, Yū Sekida, Ryosaku Takasugi, Seiji Onaka, Shinji Takagi, Isao Zushi, dan Toru Kawai.[20][21] Eiji Tsuburaya mengarahkan efek khusus untuk enam film pertama dari serial tersebut. Anak didiknya Sadamasa Arikawa mengambil alih pekerjaan efek untuk tiga film berikutnya (dengan pengawasan Tsuburaya), sementara Teruyoshi Nakano mengarahkan efek khusus untuk enam film terakhir dari seri tersebut. The Criterion Collection merilis film zaman Shōwa sebagai bagian dari set kotak Blu-ray di Amerika Serikat dan Kanada pada 29 Oktober 2019.[22]

Zaman Heisei (1984–1995)[sunting | sunting sumber]

Toho me-reboot serial tersebut pada tahun 1984 dengan The Return of Godzilla, memulai zaman kedua film Godzilla, yang dikenal sebagai serial Heisei.[23] The Return of Godzilla berfungsi sebagai sekuel langsung dari film asli tahun 1954 dan mengabaikan peristiwa selanjutnya dalam zaman Shōwa. The Return of Godzilla dirilis pada tahun 1984, lima tahun sebelum Kaisar baru, tetapi dianggap sebagai bagian dari zaman ini, karena merupakan pendahulu langsung dari Godzilla vs. Biollante (1989), yang keluar pada tahun pertama pemerintahan Kaisar yang baru.[24]

Film-film Heisei diatur dalam satu garis waktu, dengan setiap film menyediakan kesinambungan dengan film-film lainnya, dan membawa kembali Godzilla sebagai kekuatan perusak alam yang ditakuti oleh manusia.[23] Sifat biologis dan ilmiah di balik Godzilla menjadi isu yang lebih banyak dibahas dalam film, menunjukkan peningkatan fokus pada aspek moral genetika. Godzilla vs. King Ghidorah memberikan kisah kelahiran konkret pertama Godzilla, menampilkan dinosaurus bernama Godzillasaurus yang bermutasi oleh radiasi nuklir menjadi Godzilla. Godzilla diperankan oleh Kenpachiro Satsuma untuk film Heisei sedangkan efek khusus disutradarai oleh Koichi Kawakita, dengan pengecualian The Return of Godzilla, yang efeknya disutradarai oleh Teruyoshi Nakano.

Zaman Milenium (1999–2004)[sunting | sunting sumber]

Toho me-reboot waralaba untuk kedua kalinya dengan film tahun 1999 yaitu Godzilla 2000: Millennium memulai zaman ketiga film Godzilla, yang dikenal sebagai seri Milenium.[25][26] Seri Milenium diperlakukan mirip dengan seri antologi yaitu setiap film adalah cerita yang berdiri sendiri, dengan film tahun 1954 hanya berfungsi sebagai referensi sebelumnya. Godzilla Against Mechagodzilla dan Godzilla: Tokyo S.O.S. adalah satu-satunya film dalam serial ini yang berbagi kesinambungan satu sama lain dan juga terhubung dengan Mothra.

Setelah rilisan tahun 2004 yaitu Godzilla: Final Wars, menandai peringatan 50 tahun waralaba film Godzilla, Toho memutuskan untuk menghentikan serial tersebut selama 10 tahun lagi. Toho juga menghancurkan panggung air yang banyak digunakan dalam sejumlah film Godzilla, kaiju, dan tokusatsu.[27] Yoshimitsu Banno, yang menyutradarai Godzilla vs. Hedorah tahun 1971, mendapatkan hak dari Toho untuk membuat produksi film pendek IMAX 3D, berdasarkan cerita yang mirip dengan film Hedorah miliknya. Proyek ini akhirnya mengarah pada pengembangan Godzilla dari Legendary. Tsutomu Kitagawa memerankan Godzilla untuk sebagian besar film Milenium, kecuali Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack, dengan Godzilla diperankan oleh Mizuho Yoshida. Berbeda dengan film Shōwa dan kemudian Heisei, efek khusus untuk film Milenium diarahkan oleh beberapa sutradara efek seperti Kenji Suzuki (Godzilla 2000, Godzilla vs. Megaguirus), Makoto Kamiya (Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack), Yuichi Kikuchi (Godzilla Against Mechagodzilla), dan Eiichi Asada (Godzilla: Tokyo S.O.S., Godzilla: Final Wars).

Zaman Reiwa (2016–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2014, Toho mengumumkan rencana film Godzilla baru mereka sendiri untuk rilis tahun 2016.[28] Film ini adalah reboot Toho dari waralaba Godzilla, setelah reboot dari Legendary Pictures pada tahun 2014; film ini disutradarai bersama oleh Hideaki Anno dan Shinji Higuchi (keduanya berkolaborasi dalam anime Neon Genesis Evangelion), dengan skenario oleh Anno dan efek visual yang disutradarai oleh Higuchi.[29][30][31] Fotografi utama dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Oktober dengan pekerjaan efek khusus menyusul pada bulan November tahun itu.[32][33] Shin Godzilla dirilis di Jepang pada 29 Juli 2016, di IMAX, 4DX, dan MX4D dengan ulasan positif dan sukses di box office.[34]

Pada Agustus 2016, Toho mengumumkan rencana trilogi film anime Godzilla dengan Polygon Pictures menganimasikan film dan Netflix mendistribusikan triloginya ke seluruh dunia, kecuali di Jepang dengan setiap film akan mendapat rilisan teater oleh Toho.[35][36] Film pertama, berjudul Godzilla: Planet of the Monsters, dirilis pada 17 November 2017.[37] Film kedua berjudul Godzilla: City on the Edge of Battle, dirilis pada 18 Mei 2018.[38] Film ketiga dan terakhir dalam trilogi, berjudul Godzilla: The Planet Eater, dirilis pada 9 November 2018.[39]

Pada Januari 2018, Toho mengumumkan rencananya untuk menginvestasikan ¥15 miliar (US$135 juta) selama tiga tahun ke depan mulai tahun 2019 untuk memproduksi konten bersama dengan studio Hollywood dan Tiongkok yang telah melisensikan properti Toho, seperti Godzilla, Your Name dan Pokémon. Toho menginvestasikan 25% untuk biaya produksi dan mendapatkan bagian pendapatan yang lebih tinggi serta mengelola hak pencipta, sehingga masukan kreatif mereka akan tercermin dalam setiap karya.[40] Pada Mei 2018, Kepala Pejabat Godzilla Toho Keiji Ota mengungkapkan bahwa sekuel Shin Godzilla tidak akan terjadi, tetapi mengungkapkan rencana untuk "Dunia Godzilla", alam semesta sinematik bersama antara Godzilla dan monster Toho lainnya setelah tahun 2021. Ota mengutip Marvel Cinematic Universe sebagai pengaruh, dengan rencana untuk merilis film baru setiap satu atau dua tahun. Ota menyatakan:

"Setelah tahun 2021, kami sedang memikirkan strategi potensial untuk [merilis] film Godzilla tanpa gangguan setiap dua tahun, meskipun terdapat preferensi untuk laju tahunan juga. Masa depan serial ini dan perkembangan penerusannya sangat sadar akan metode "alam semesta bersama". Godzilla, Mothra, King Ghidorah, dan sebagainya semuanya dapat berbagi sebuah pandangan dunia seperti film Marvel dengan Iron Man dan Hulk dapat saling bersilangan. Dikatakan bahwa setiap film akan dapat kemungkinan produksi film dengan salah satu dari mereka dapat memimpin film mereka sendiri sebagai karakter utama." – Keiji Ota, diterjemahkan dari Nikkei style.[41]

Pada tahun 2019, Toho menginvestasikan ¥15,4 miliar (US$140 juta) kepada anak perusahaan mereka yang berbasis di Los Angeles yaitu Toho International Inc. sebagai bagian dari "Strategi Manajemen Jangka Menengah Toho Vision 2021", sebuah strategi untuk meningkatkan konten, platform, real estat, melampaui keuntungan sebesar ¥50 miliar, dan meningkatkan bisnis karakter dalam kekayaan intelektual Toho seperti Godzilla. Hiroyasu Matsuoka ditunjuk sebagai direktur perwakilan proyek tersebut.[42] Pada tahun 2019, Toho meluncurkan situs web resmi bahasa Inggris pertama serta Twitter dan Instagram resmi bahasa Inggris pertama untuk waralaba tersebut.[43][44]

Pada Juni 2019, Toho mengungkapkan rencana untuk menghadirkan Toho Godzilla di San Diego Comic-Con untuk pertama kalinya dalam memperingati ulang tahun ke-65 waralaba tersebut, serta menjadi bagian dari rencana mereka untuk memperluas waralaba tersebut di Amerika Serikat.[45] Dalam San Diego Comic-Con, Akito Takahashi, manajer proyek Konferensi Strategis Godzilla Toho, mengungkapkan niat Toho untuk membuat film Godzilla dari Legendary dan Toho berkembang bersama. Ia juga mengungkapkan bahwa opsi untuk memperkenalkan kembali tema politik dan monster lama atau baru akan tersedia bagi pembuat film, jika mereka memilih untuk mengejarnya. Akito juga menyatakan minatnya untuk memperkenalkan kembali Mechagodzilla dan Jet Jaguar di masa mendatang.[46][47]

Pada Oktober 2020, Toho mengumumkan rencana untuk serial anime berjudul Godzilla Singular Point yang dirilis di Netflix pada tahun 2021, menampilkan karya seni untuk Godzilla dan karakter utamanya. Proyek ini disutradarai oleh Atsushi Takahashi, dengan musik oleh Kan Sawada, ditulis oleh Toh Enjoe, desain karakter oleh Kazue Kato, dan animasi oleh Eiji Yamamori. Serial ini diproduksi oleh Bones Inc. bermitra dengan Orange Co., Ltd., menampilkan animasi buatan tangan dan CG, dan tidak ada hubungannya dengan trilogi film anime dari Polygon.[48]

Pada 3 November 2022, selama ulang tahun ke-68 waralaba yang dikenal sebagai "Hari Godzilla", Toho mengumumkan rencana untuk merilis film Godzilla laga hidup baru pada 3 November 2023 untuk memperingati ulang tahun ke-69 waralaba. Toho juga mengumumkan bahwa Takashi Yamazaki sebagai sutradara, penulis, dan pengawas efek visual dan film tersebut telah memasuki pascaproduksi setelah syuting yang baru saja selesai.[49]

Film Amerika[sunting | sunting sumber]

Film 3D yang tidak diproduksi (1983)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983, sutradara Steve Miner menyampaikan idenya untuk produksi 3D Amerika dari Godzilla kepada Toho, dengan papan cerita oleh William Stout dan naskah yang ditulis oleh Fred Dekker, berjudul Godzilla: King of the Monsters in 3D, yang menampilkan Godzilla menghancurkan San Francisco dalam upaya menemukan keturunannya.[50] Berbagai studio dan produser menyatakan minatnya tetapi melewatkannya karena masalah anggaran yang tinggi.[51] Film ini akan menampilkan kepala Godzilla animatronik skala penuh yang dibuat oleh Rick Baker, animasi gerak henti yang dieksekusi oleh David W. Allen, sosok Godzilla gerak henti berartikulasi yang dibuat oleh Stephen Czerkas, dan papan cerita tambahan oleh Doug Wildey.[52][53] Desain produksi akan diawasi oleh William Stout.[54]

TriStar Pictures (1998–2000)[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 1992, TriStar Pictures memperoleh hak dari Toho dengan rencana untuk memproduksi sebuah trilogi.[55] Sutradara Jan de Bont dan para penulis Terry Rossio dan Ted Eliott mengembangkan naskah dengan membuat Godzilla melawan alien yang bisa berubah bentuk bernama "the Gryphon". De Bont kemudian meninggalkan proyek tersebut setelah ketidaksepakatan anggaran dengan studio.[56] Roland Emmerich dipekerjakan untuk menyutradarai dan menulis bersama naskah baru dengan produser Dean Devlin.

Produksi bersama antara Centropolis Entertainment, Fried Films, Independent Pictures, dan TriStar Pictures,[6] Godzilla dirilis secara teatrikal pada 20 Mei 1998 dengan ulasan negatif[57][58] dan meraup $379 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi antara $130–150 juta.[59][60] Meskipun meraup hampir tiga kali lipat anggarannya,[61] hal itu dianggap sebagai ketidakpuasan box office.[62][63] Dua sekuel yang direncanakan dibatalkan dan sebuah serial TV animasi diproduksi sebagai gantinya.[64] TriStar membiarkan lisensi berakhir pada tahun 2003. Pada tahun 2004, Toho mulai memberi merek dagang iterasi baru Godzilla TriStar sebagai "Zilla", dengan hanya inkarnasi dari film tahun 1998 dan serial TV animasi yang mempertahankan hak cipta/merek dagang Godzilla.[58][65]

Legendary Pictures (2014–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, sutradara Yoshimitsu Banno memperoleh izin dari Toho untuk memproduksi film pendek IMAX Godzilla. Pada tahun 2009, proyek tersebut diserahkan kepada Legendary Pictures untuk dikembangkan kembali sebagai film panjang.[66] Diumumkan pada Maret 2010, film tersebut diproduksi bersama dengan Warner Bros. Pictures dan disutradarai oleh Gareth Edwards.[67][68]

Godzilla dirilis secara teatrikal pada 16 Mei 2014, dengan ulasan positif[69][70] dan sukses di box office, meraup $529 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi sebesar $160 juta.[71] Kesuksesan film tersebut mendorong Toho untuk memproduksi reboot-nya sendiri dan Legendary untuk melanjutkan dengan sekuel dan waralaba sinematik bersama yang dijuluki MonsterVerse,[72] dengan Godzilla: King of the Monsters dirilis pada 31 Mei 2019,[73] dan Godzilla vs. Kong dirilis pada 24 Maret 2021.[74][75] Lisensi Legendary untuk Godzilla berakhir pada tahun 2020.[76] Namun, pada Januari 2022, Legendary mengumumkan bahwa Apple TV+ telah memesan seri MonsterVerse peran hidup yang menampilkan Godzilla dan Titan lainnya.[77] Film MonsterVerse kelima berjudul Godzilla x Kong: The New Empire dijadwalkan akan dirilis pada 15 Maret 2024.[78]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film Toho[sunting | sunting sumber]

# Judul Tahun Sutradara Sutradara efek Rekan monster Lisensi AS saat ini
Zaman Shōwa (1954–1975)
1

Godzilla

1954 Ishirō Honda Eiji Tsuburaya Tidak ada The Criterion Collection
2

Godzilla Raids Again

1955 Motoyoshi Oda Anguirus
3 King Kong vs. Godzilla 1962 Ishirō Honda King Kong, Oodako[b] Universal Pictures Home Entertainment
The Criterion Collection[22]
4

Mothra vs. Godzilla

1964 Mothra The Criterion Collection[22]
5

Ghidorah, the Three-Headed Monster

King Ghidorah, Rodan, Mothra
6

Invasion of Astro-Monster

1965 King Ghidorah, Rodan
7

Ebirah, Horror of the Deep

1966 Jun Fukuda Sadamasa Arikawa Ebirah, Mothra, Ookondoru[c]
8 Son of Godzilla 1967 Minilla, Kumonga, Kamacuras
9 Destroy All Monsters 1968 Ishirō Honda King Ghidorah, Rodan, Mothra, Anguirus, Minilla, Kumonga, Manda, Gorosaurus, Baragon, Varan
10

All Monsters Attack

1969 Ishirō Honda Gabara, Minilla, Kamacuras, Ebirah, Kumonga, the Ookondoru, Maneater, Anguirus, Gorosaurus, Manda
11

Godzilla vs. Hedorah

1971 Yoshimitsu Banno Teruyoshi Nakano Hedorah
12

Godzilla vs. Gigan

1972 Jun Fukuda Gigan, King Ghidorah, Anguirus, Rodan, Mothra, Gorosaurus, Minilla, Kamacuras, Kumonga
13 Godzilla vs. Megalon 1973 Megalon, Jet Jaguar, Gigan, Anguirus, Rodan
14

Godzilla vs. Mechagodzilla

1974 Mechagodzilla, King Caesar, Anguirus
15

Terror of Mechagodzilla

1975 Ishirō Honda Mechagodzilla 2, Titanosaurus
Zaman Heisei (1984–1995)
16

The Return of Godzilla

1984 Koji Hashimoto Teruyoshi Nakano Shockirus[d] (Giant Sea Lice)[83] Kraken Releasing
17 Godzilla vs. Biollante 1989 Kazuki Ōmori Koichi Kawakita Biollante Miramax
18 Godzilla vs. King Ghidorah 1991 King Ghidorah, Mecha-King Ghidorah, the Dorats, Godzillasaurus Sony Pictures Home Entertainment
19

Godzilla vs. Mothra

1992 Takao Okawara Mothra, Battra
20

Godzilla vs. Mechagodzilla II

1993 Mechagodzilla, Super Mechagodzilla, Rodan, Fire Rodan, Baby Godzilla
21 Godzilla vs. SpaceGodzilla 1994 Kensho Yamashita SpaceGodzilla, Moguera, Fairy Mothra, Little Godzilla
22

Godzilla vs. Destoroyah

1995 Takao Okawara Destoroyah, Godzilla Junior
Zaman Millennium (1999–2004)
23

Godzilla 2000: Millennium

1999 Takao Okawara Kenji Suzuki Orga, the Millennian Sony Pictures Home Entertainment
24

Godzilla vs. Megaguirus

2000 Masaaki Tezuka Megaguirus, Meganulon, Meganula
25

Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack

2001 Shusuke Kaneko Makoto Kamiya King Ghidorah, Mothra, Baragon
26

Godzilla Against Mechagodzilla

2002 Masaaki Tezuka Yûichi Kikuchi Mechagodzilla[e]
27

Godzilla: Tokyo S.O.S.

2003 Eiichi Asada Mechagodzilla,[f] Mothra, Kamoebas
28 Godzilla: Final Wars 2004 Ryuhei Kitamura Monster X, Keizer Ghidorah, Zilla, Rodan, Mothra, Gigan, King Caesar, Anguirus, Minilla, Kumonga, Kamacuras, Manda, Hedorah, Ebirah
Zaman Reiwa (2016–sekarang)[g]
29 Shin Godzilla 2016 Hideaki Anno
Shinji Higuchi
Shinji Higuchi Tidak ada Funimation[h]
30 Godzilla: Planet of the Monsters 2017 Kōbun Shizuno
Hiroyuki Seshita
N/A Servum, Dogora, Dagahra, Orga, Kamacuras, Anguirus, Rodan, Mechagodzilla Netflix
31 Godzilla: City on the Edge of Battle 2018 Mechagodzilla City, Servum, Vulture
32 Godzilla: The Planet Eater King Ghidorah, Mothra, Servum
33 Film Godzilla Toho tanpa judul 2023 Takashi Yamazaki Takashi Yamazaki TBA

Film Amerika[sunting | sunting sumber]

# Judul Tahun Sutradara Pengawas efek Rekan monster Lisensi AS saat ini
TriStar Pictures (1998)
1 Godzilla 1998 Roland Emmerich Volker Engel Baby Godzilla Sony Pictures Home Entertainment
Legendary Pictures / MonsterVerse (2014–sekarang)
2 Godzilla 2014 Gareth Edwards Jim Rygiel MUTO (laki-laki dan perempuan) Warner Bros. Home Entertainment
3 Godzilla: King of the Monsters 2019 Michael Dougherty Guillaume Rocheron King Ghidorah, Mothra, Rodan, Kong (cuplikan arsip), Queen MUTO, Behemoth, Methuselah, Scylla[88]
4 Godzilla vs. Kong 2021 Adam Wingard John "DJ" DesJardin Kong, Mechagodzilla,[89] Skullcrawler, Warbat,[90] Hell Hawk[91]
5 Godzilla x Kong: The New Empire 2024 Alessandro Ongaro[92] Kong

Penampilan tamu[sunting | sunting sumber]

Pada 2007, CGI Godzilla muncul di film slice of life Toho berjudul Always: Sunset on Third Street 2.[93] Dalam rangkaian imajiner, Godzilla menghancurkan sebagian Tokyo 1959, dengan salah satu protagonis utama marah karena Godzilla merusak ruang pamer mobilnya. Pembuatan rangkaiannya dirahasiakan. Godzilla direferensikan, dan muncul sebentar, di beberapa film lainnya.[94][95] Godzilla menjadi bintang tamu dalam acara Crayon Shin-chan sebagai antagonis.[96] Godzilla juga muncul dalam lukisan gua (bersama Rodan, Mothra dan King Ghidorah) pada adegan pasca-kredit dalam Kong: Skull Island. Pada 2019, Godzilla tampil dalam film anime Shinkansen Henkei Robo Shinkalion the Movie: Mirai Kara Kita Shinsoku no ALFA-X.[97]

Rilisan pelokalan[sunting | sunting sumber]

Pada 1956, Jewell Enterprises Inc., merilis Godzilla, King of the Monsters!, lokalisasi Amerika dari Godzilla (1954). Versi ini menghapus sebagian besar tema politik dan komentar sosial, menyebabkan rekaman 30 menit dari versi Jepang diganti dengan rekaman baru yang menampilkan Raymond Burr berinteraksi dengan aktor Jepang dan membuatnya tampak seperti Burr adalah bagian produksi asli Jepang. Selain itu, jalur suara dan efek suara sedikit diubah dan beberapa dialog disulihsuarakan ke dalam bahasa Inggris.[98] Rilisan ini disebut sebagai versi "Amerikanisasi" atau "Amerika" oleh beberapa sumber.[99][100][101] Pelokalan serupa (atau Amerikanisasi) terjadi untuk rilisan AS yaitu King Kong vs. Godzilla[102] dan The Return of Godzilla, dirilis di AS sebagai Godzilla 1985;[103] dengan film yang terakhir membuat Burr mengulangi peran Steve Martin dari Godzilla, King of the Monsters!.[104]

Pada tahun 1957, Harry Rybnick mencoba memproduksi The Volcano Monsters, sebuah film yang akan melokalkan Godzilla Raids Again dengan menggunakan rekaman monsternya yang digabungkan dengan rekaman baru yang menampilkan efek tambahan dan aktor Amerika untuk membuat sebuah film baru; namun, pendanaan dari AB-PT Pictures gagal setelah perusahaan ditutup dan Godzilla Raids Again malah dipotong ulang, disulihsuarakan dalam bahasa Inggris, dan dirilis pada tahun 1959 oleh Warner Bros. sebagai Gigantis the Fire Monster.[105]

Pada tahun 1976, sutradara Italia Luigi Cozzi bermaksud untuk merilis ulang Godzilla di Italia. Menghadapi penolakan dari para peserta pameran untuk menayangkan film hitam-putih, Cozzi malah melisensikan film negatif Godzilla, King of the Monsters dari Toho dan membuat film baru berwarna, menambahkan banyak rekaman stok kehancuran dan kematian grafis dan adegan pendek dari cuplikan film berita dari Perang Dunia II, yang dirilis sebagai Godzilla pada tahun 1977. Film ini diwarnai menggunakan proses yang disebut Spectrorama 70, dengan gel warna diletakkan pada film hitam-putih asli, menjadi salah satu film hitam-putih pertama yang diwarnai. Dialog disulihsuarakan ke dalam bahasa Italia dan musik baru ditambahkan. Setelah tayangan awal di Italia, film negatif menjadi milik Toho dan cetakan hanya dipamerkan di Italia sejak saat itu dan seterusnya. Perusahaan Italia Yamato Video pada suatu waktu bermaksud untuk merilis versi berwarna pada DVD dua disk bersama dengan Godzilla aslinya.[106][107]

Tahun Judul Catatan Sutradara Lisensi AS saat ini
1956 Godzilla, King of the Monsters! Penyuntingan ulang versi A.S. dari Godzilla (1954) dengan rekaman tambahan Ishirō Honda
Terry O. Morse
The Criterion Collection
1963 King Kong vs. Godzilla Penyuntingan ulang versi A.S. dari film tahun 1962 dengan rekaman tambahan Ishirō Honda
Thomas Montgomery
Universal Pictures Home Entertainment
The Criterion Collection[22]
1977 Godzilla Penyuntingan ulang versi Italia dari Godzilla, King of the Monsters! (1956) Ishirō Honda
Luigi Cozzi
N/A
1985 Godzilla 1985 Penyuntingan ulang versi A.S. dari The Return of Godzilla (1984) dengan rekaman tambahan Koji Hashimoto
R.J. Kizer
N/A[i]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penampilan box office[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar jumlah tiket yang terjual untuk setiap film Godzilla di Jepang termasuk film impor Amerika, beserta pendapatan kotornya di Jepang dan luar Jepang. Film-film diurutkan dari yang paling banyak hingga yang paling sedikit ditonton. Hampir semua film tahun 1960-an diterbitkan ulang, sehingga jumlah yang tertera adalah jumlah tiket yang terjual seumur hidup sementara jumlah tiket rilisan awal disebutkan dalam catatan.

Pada tahun 1974, 13 film pertama telah meraup US$130 juta dalam pendapatan box office luar negeri di luar Jepang.[109][110][111] Pada tahun 1977, James Robert Parish dan Michael R. Pitts melaporkan bahwa 13 film pertama telah meraup lebih dari US$130 juta di luar Jepang dan memperkirakan bahwa film-film tersebut juga meraup lebih dari US$130 juta di Jepang.[112] Film Godzilla pada tahun 1970-an masing-masing menghabiskan biaya produksi sekitar US$1,2 juta dan masing-masing meraup sekitar US$20 juta di box office.[113][114] Travis Bean memperkirakan pada tahun 2016 bahwa 13 film pertama hingga tahun 1973 telah meraup US$163 juta di Jepang dan US$130,6 juta di luar negeri dengan total seluruh dunia sebesar US$293,6 juta.[115] Pada tahun 1986, film Godzilla telah meraup US$500 juta di seluruh dunia,[116] setara dengan antara US$15 miliar and US$47 miliar disesuaikan dengan inflasi.

Lima belas film Godzilla pertama terjual sekitar 65 juta tiket di Jepang hingga tahun 1984,[117] dan 21 film Godzilla pertama terjual 85 juta tiket di Jepang hingga tahun 1995.[118] Sebanyak 28 film Godzilla pertama Toho (tidak termasuk produksi Amerika) hingga Final Wars (2004) telah terjual lebih dari 99,29 juta tiket di Jepang.[119][120] Disesuaikan dengan inflasi, 99,29 juta penjualan tiket Jepang setara dengan pendapatan kotor sebesar US$1,8 miliar dengan rata-rata harga tiket Jepang pada tahun 2014.[121] Serial tersebut merupakan serial film berpenghasilan tertinggi di Jepang, hingga dilampaui oleh serial film anime Doraemon ketika melebihi 100 juta penjualan tiket pada tahun 2013.[122] Dengan dirilisnya Shin Godzilla (2016), serial film Godzilla Toho (tidak termasuk produksi Amerika) telah menjual lebih dari 100 juta tiket di box office Jepang.[119][120]

Total box office (per.)
Film Jepang Film Amerika Total box office
$808,394,314+ $1,762,907,162 US$2.571.301.476+

Produksi Toho[sunting | sunting sumber]

Film Tahun Penjualan tiket
(Jepang)
Pendapatan kotor box office (per.)
Jepang Wilayah lain Seluruh dunia
Godzilla 1954 9,610,000[123] ¥183,000,000R[98] US$132,638,492+[k] $500,000,000[116]
Godzilla, King of the Monsters! 1956 ? ?
Godzilla Raids Again 1955 8,340,000[123] ¥170,000,000R[127]
King Kong vs. Godzilla 1962 12,550,000[l] ¥430,000,000R[127]
Mothra vs. Godzilla 1964 7,220,000[m] ¥3,162,000,000[n]
Ghidorah, the Three-Headed Monster 1964 5,410,000[o] ¥390,000,000R[127]
Invasion of Astro-Monster 1965 5,130,000[p] ¥410,000,000R[127]
Ebirah, Horror of the Deep 1966 4,210,000[q] ¥330,000,000R[127]
Son of Godzilla 1967 3,090,000[r] ¥260,000,000R[127]
Destroy All Monsters 1968 2,580,000[123] ¥230,000,000R[127]
All Monsters Attack 1969 1,480,000[123] ¥260,000,000R[127]
Godzilla vs. Hedorah 1971 1,740,000[123] ¥300,000,000R[127]
Godzilla vs. Gigan 1972 1,800,000[130] ¥495,110,000R[131]
Godzilla vs. Megalon 1973 980,000[123] ¥220,000,000R[127]
Godzilla vs. Mechagodzilla 1974 1,330,000[123] ¥370,000,000R[127] $17,100,000[115]
Terror of Mechagodzilla 1975 970,000[123] ¥330,000,000R[127] ?
The Return of Godzilla 1984 3,200,000[123] ¥1,700,000,000R[127] ?
Godzilla 1985 1985 N/A N/A $4,116,710U[132]
Godzilla vs. Biollante 1989 2,000,000[123] ¥104,000,000R[127] ? $7,000,000JR[133]
Godzilla vs. King Ghidorah 1991 2,700,000[123] ¥1,450,000,000R[127] ? $11,000,000JR[134]
Godzilla vs. Mothra 1992 4,200,000[123] ¥2,220,000,000R[127] ? $20,000,000JR[135]
Godzilla vs. Mechagodzilla II 1993 3,800,000[123] ¥1,870,000,000R[127] ? $36,000,000[136]
Godzilla vs. SpaceGodzilla 1994 3,400,000[123] ¥1,650,000,000R[127] ? $20,000,000JR[137]
Godzilla vs. Destoroyah 1995 4,000,000[123] ¥3.500.000.000[138] ? $24,800,000J[138]
Godzilla 2000: Millennium 1999 2,000,000[139] ¥1,650,000,000[140] $12,924,063[141] $27,924,063[142]
Godzilla vs. Megaguirus 2000 1,350,000[139] ¥1,200,000,000[143] ? $10,000,000J[144]
Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack 2001 2,400,000[139] ¥2,710,000,000[145] ? $20,000,000J[146]
Godzilla Against Mechagodzilla 2002 1,700,000[139] ¥1,910,000,000[147] ? $16,000,000J[148]
Godzilla: Tokyo S.O.S. 2003 1,100,000[139] ¥1,300,000,000[149] ? $22,724,345[150]
Godzilla: Final Wars 2004 1,500,000[151] ¥1,260,000,000[152] $33,462[153] $9,167,302[153]
Shin Godzilla 2016 5,690,000[154] ¥8,250,000,000[155] $2,649,796[156] $78,053,145[156]
Godzilla: Planet of the Monsters 2017 260.000[157][129] ¥342,349,800[157] US$239.645[158] $3,285,291[159]
Godzilla: City on the Edge of Battle 2018 73,000[160] ¥150,000,000[127] ? US$892,000J
Godzilla: The Planet Eater 2018 130.000[161][129] ¥171,859,045[161] ? $1,523,168J[162]
Total 105,943,000+ ¥38,978,318,845+ $169,697,020+ $808,394,314+

R Pendapatan sewa distributor saja, bukan total pendapatan kotor box office.
J Pendapatan kotor Jepang saja
JR Pendapatan sewa distributor Jepang saja, bukan total pendapatan kotor box office
U Pendapatan kotor AS saja

Produksi Amerika[sunting | sunting sumber]

Film Tahun Pendapatan kotor box office Penjualan tiket box office (per.) Anggaran
Amerika Serikat dan Kanada Wilayah lain Seluruh dunia Ref Amerika Serikat dan Kanada Wilayah lain Seluruh dunia
Godzilla 1998 $136,314,861 $242,700,000 $379,014,861 [163] 29,762,000[164] 23,110,156[s] 57.199.826 $130–150 juta[163][60]
Godzilla 2014 $200,676,069 $328,400,000 $529,076,069 [172] 24,560,000[173] 29,031,198[t] 53.591.198 $160 juta[180]
Godzilla: King of the Monsters 2019 $110,500,138 $276,100,000 $386,600,138 [181] 12,264,200[182] 36,956,764[u] 49.220.964 $170–200 juta[v]
Godzilla vs. Kong 2021 $100,916,094 $369,150,920 $470,067,014 [195] 10,732,000[196] 47,462,541[w] 58.194.541 $155–200 juta[x]
Total US$548.407.162 US$1.216.350.920 US$1.764.758.082 77,318,200 136,560,659 218,206,529 $520–710 juta
  • TBA, Akan dipastikan.

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Film Rotten Tomatoes Metacritic
Godzilla (1954) &&&&&&&&&&&&&093.&&&&&093% (76 ulasan)[209] &&&&&&&&&&&&&078.&&&&&078% (20 ulasan)[210]
Godzilla, King of the Monsters! (1956) &&&&&&&&&&&&&083.&&&&&083% (24 ulasan)[211] &&&&&&&&&&&&&060.&&&&&060% (7 ulasan)[212]
Godzilla Raids Again &&&&&&&&&&&&&064.&&&&&064% (11 ulasan)[213]
King Kong vs. Godzilla &&&&&&&&&&&&&052.&&&&&052% (21 ulasan)[214]
Mothra vs. Godzilla &&&&&&&&&&&&&092.&&&&&092% (13 ulasan)[215]
Ghidorah, the Three-Headed Monster &&&&&&&&&&&&&077.&&&&&077% (13 ulasan)[216]
Invasion of Astro-Monster &&&&&&&&&&&&&057.&&&&&057% (7 ulasan)[217]
Ebirah, Horror of the Deep &&&&&&&&&&&&&057.&&&&&057% (7 ulasan)[218]
Son of Godzilla &&&&&&&&&&&&&060.&&&&&060% (15 ulasan)[219]
Destroy All Monsters &&&&&&&&&&&&&075.&&&&&075% (8 ulasan)[220]
All Monsters Attack &&&&&&&&&&&&&025.&&&&&025% (8 ulasan)[221]
Godzilla vs. Hedorah &&&&&&&&&&&&&062.&&&&&062% (13 ulasan)[222]
Godzilla vs. Gigan &&&&&&&&&&&&&067.&&&&&067% (6 ulasan)[223]
Godzilla vs. Megalon &&&&&&&&&&&&&038.&&&&&038% (8 ulasan)[224]
Godzilla vs. Mechagodzilla &&&&&&&&&&&&&086.&&&&&086% (7 ulasan)[225]
Terror of Mechagodzilla &&&&&&&&&&&&&043.&&&&&043% (7 ulasan)[226]
The Return of Godzilla/Godzilla 1985 &&&&&&&&&&&&&027.&&&&&027% (11 ulasan)[227]
Godzilla vs. Biollante &&&&&&&&&&&&&071.&&&&&071% (7 ulasan)[228]
Godzilla vs. King Ghidorah &&&&&&&&&&&&&056.&&&&&056% (9 ulasan)[229]
Godzilla vs. Mothra &&&&&&&&&&&&&078.&&&&&078% (9 ulasan)[230]
Godzilla vs. Mechagodzilla II &&&&&&&&&&&&&083.&&&&&083% (6 ulasan)[231]
Godzilla vs. SpaceGodzilla &&&&&&&&&&&&&057.&&&&&057% (7 ulasan)[232]
Godzilla vs. Destoroyah &&&&&&&&&&&&0100.&&&&&0100% (6 ulasan)[233]
Godzilla (1998) &&&&&&&&&&&&&019.&&&&&019% (147 ulasan)[234] &&&&&&&&&&&&&032.&&&&&032 (23 ulasan)[235]
Godzilla 2000: Millennium &&&&&&&&&&&&&057.&&&&&057% (69 ulasan)[236] &&&&&&&&&&&&&041.&&&&&041 (23 ulasan)[237]
Godzilla vs. Megaguirus &&&&&&&&&&&&&060.&&&&&060% (5 ulasan)[238]
Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack &&&&&&&&&&&&&063.&&&&&063% (16 ulasan)[239]
Godzilla Against Mechagodzilla N/A[240]
Godzilla: Tokyo S.O.S. &&&&&&&&&&&&&080.&&&&&080% (5 ulasan)[241]
Godzilla: Final Wars &&&&&&&&&&&&&050.&&&&&050% (12 ulasan)[242]
Godzilla (2014) &&&&&&&&&&&&&076.&&&&&076% (330 ulasan)[243] &&&&&&&&&&&&&062.&&&&&062 (48 ulasan)[244]
Shin Godzilla &&&&&&&&&&&&&086.&&&&&086% (73 ulasan)[245] &&&&&&&&&&&&&068.&&&&&068 (14 ulasan)[246]
Godzilla: Planet of the Monsters &&&&&&&&&&&&&071.&&&&&071% (7 ulasan)[247]
Godzilla: City on the Edge of Battle &&&&&&&&&&&&&060.&&&&&060% (5 ulasan)[248]
Godzilla: The Planet Eater &&&&&&&&&&&&&060.&&&&&060% (5 ulasan)[249]
Godzilla: King of the Monsters (2019) &&&&&&&&&&&&&042.&&&&&042% (352 ulasan)[250] &&&&&&&&&&&&&048.&&&&&048 (46 ulasan)[251]
Godzilla vs. Kong &&&&&&&&&&&&&075.&&&&&075% (389 ulasan)[252] &&&&&&&&&&&&&059.&&&&&059 (57 ulasan)[253]

Media lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973, Godzilla ditampilkan dalam seri tokusatsu Toho berjudul Zone Fighter, yang juga menampilkan King Ghidorah dan Gigan dalam beberapa episode. Beberapa pembuat film yang pernah mengerjakan film Godzilla sebelumnya berpartisipasi dalam serial tersebut; Tomoyuki Tanaka memproduseri serial tersebut, sutradara Ishirō Honda dan Jun Fukuda menyutradarai beberapa episode – Fukuda juga menulis episode empat, sutradara efek Teruyoshi Nakano berkontribusi pada efek khusus, sementara Kōichi Kawakita (yang akan menyutradarai efek untuk film zaman Heisei Toho) berperan sebagai asisten sutradara efek.[254] Pada tahun 1992, Toho memproduksi film anak-anak serial animasi pendidikan berjudul Godzilland yang menampilkan segmen aksi langsung yang dicampur dengan animasi bergaya chibi.[255] Pada tahun 1997, Toho memproduksi serial anak-anak berjudul Godzilla Island, yang berpusat pada mainan Godzilla. Toho membuat serial tersebut tersedia di seluruh dunia di saluran YouTube resmi mereka pada November 2022.[256] Pada Oktober 2020, Toho mengumumkan Godzilla Singular Point; sebuah serial anime yang disutradarai oleh Atsushi Takahashi, ditulis oleh Toh EnJoe, dan dianimasikan oleh studio Jepang Bones dan Orange.[257] Godzilla Singular Point ditayangkan di televisi Jepang pada April 2021 dan dirilis di seluruh dunia di Netflix pada Juni 2021.[258] Chibi Godzilla Raids Again, serial anime pendek yang diproduksi oleh Toho dan Pie in the sky, ditayangkan pada tahun 2023.[259]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Godzilla dan sosok serupa telah muncul di berbagai media yang berhubungan dengan televisi, termasuk Robot Chicken, Roseanne, Animaniacs, South Park, Malcolm in the Middle, Chappelle's Show, Rugrats, komersial Nike dengan Charles Barkley melawan Godzilla, dan beberapa penampilan di The Simpsons, termasuk lelucon Halloween berjudul Homerzilla.[260][261]

Pada tahun 1978, Hanna-Barbera memproduksi serial animasi Godzilla dan ditayangkan selama dua musim di NBC.[262] Pada tahun 2022, Toho membuat seri lengkap Hanna-Barbera tersedia di seluruh dunia di saluran YouTube resmi mereka.[263] Pada tahun 1991, versi bahasa Inggris dari Ebirah, Horror of the Deep (sebagai Godzilla vs. the Sea Monster) dan Godzilla vs. Megalon mengulang pada Mystery Science Theater 3000.[264] Pada tahun 1998, Columbia TriStar Television memproduksi Godzilla: The Series; dikembangkan oleh Jeff Kline dan Richard Raynis, serial ini berfungsi sebagai sekuel dari film Godzilla tahun 1998 dan ditayangkan selama dua musim di Fox Kids.[265] Pada Januari 2022, Legendary Television mengumumkan bahwa Apple TV+ telah memesan serial laga hidup berlatar MonsterVerse berjudul Godzilla and the Titans.[77]

Tahun Judul Catatan Lisensi/Media
1973 Zone Fighter Serial ini menampilkan Godzilla dalam tujuh episode.[254] Toho Video
1978–1979 Godzilla Pada 2006, Classic Media merilis delapan episode pertama dalam dua volume DVD sebagai Godzilla: The Original Animated Series.[266] Pada 2022, Toho International Inc. merilis seri lengkapnya di saluran YouTube resmi mereka.[267] Classic Media
Toho International Inc.
1992 Godzilland Gakken Video
1993 Godzilland 2
1994-1996 Get Going! Godzilland
1997–1998 Godzilla Island Toho Video
1998–2000 Godzilla: The Series Mill Creek Entertainment
2021 Godzilla Singular Point Netflix
TBA Godzilla and the Titans Apple TV+

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan berjudul Gojira-kun (yang awalnya akan diberi judul Gojiraland)[268] dirilis untuk MSX pada tahun 1985. Pada tahun 1990, Gojira-kun: Kaijū Daikōshin dirilis untuk Game Boy. Pada tahun 1993, Super Godzilla dirilis untuk SNES.[269] Pada tahun 2007, Godzilla: Unleashed dirilis untuk Wii dan DS. Permainan video tahun 2014 berjudul Godzilla dirilis oleh Bandai Namco.[270] Pada September 2021, Stern merilis Godzilla.[271] Pada Mei 2022, Call of Duty: Warzone menampilkan acara persilangan untuk Godzilla vs. Kong.[272] Godzilla akan dikonfirmasi untuk dimaikan dalam permainan pertarungan Kaiju GigaBash sebagai karakter tamu.[273]

Sastra[sunting | sunting sumber]

Buku seri Godzilla diterbitkan oleh Random House selama akhir tahun 1990-an dan paruh pertama tahun 2000. Perusahaan membuat seri berbeda untuk kelompok usia berbeda, seri Scott Ciencin ditujukan untuk praremaja dan seri Marc Cerasini ditujukan untuk remaja dan dewasa muda. Beberapa manga berasal dari film Godzilla tertentu dan Marvel dan Dark Horse telah menerbitkan seri buku komik Godzilla (1977–1979 dan 1987–1999, masing-masing). Pada tahun 2011, IDW Publishing memulai seri baru, Godzilla: Kingdom of Monsters (diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul yang sama), me-reboot cerita Godzilla. Hal itu diikuti oleh dua seri sekuel, Godzilla (diterbitkan dalam bentuk buku sebagai Godzilla: History's Greatest Monster) dan Godzilla: Rulers of Earth (diterbitkan dalam bentuk buku sebagai Godzilla: Complete Rulers of Earth Volume 1 dan Godzilla: Complete Rulers of Earth Volume 2), serta tujuh miniseri lima edisi hingga saat ini.

Untuk tie-in dengan film tahun 2014, tiga buku diterbitkan. Titan Books menerbitkan novelisasi film tersebut pada Mei 2014, ditulis oleh Greg Cox. Novel grafis Godzilla: Awakening oleh Max Borenstein, Greg Borenstein dan Eric Battle berperan sebagai prekuel, dan Godzilla: The Art of Destruction oleh Mark Cotta menceritakan tentang pembuatan film tersebut. Godzilla telah direferensikan dalam komik The Simpsons pada tiga kesempatan terpisah. Karakter tersebut ditampilkan dalam Bart Simpson's Guide to Life dengan ia dan karakter kaiju lainnya seperti Minilla dan King Ghidorah dapat dilihat; hal itu ditampilkan dalam komik An Anime Among Us!" dan K-Bart. Godzilla juga ditampilkan dalam komik Bart Simpson's Treehouse of Horror 7 dengan ia dan kaiju lainnya dapat dilihat di sampul depan.

Musik[sunting | sunting sumber]

Godzilla: The Album, album soundtrack dari Godzilla (1998), terjual 2,5 juta salinan di seluruh dunia.[274] Singel utama album, "Come with Me" oleh Puff Daddy yang menampilkan Jimmy Page, terjual sebanyak 2,025 juta salinan di seluruh dunia.[275] Single eksklusif Jepangnya, "Lose Control" oleh band rok Jepang bernama L'Arc-en-Ciel, terjual 938.401 salinan di Jepang.[butuh rujukan] Shin Godzilla Ongakushuu, album soundtrack dari Shin Godzilla (2016), terjual 43.951 salinan di Jepang.[butuh rujukan] Mars (1991), sebuah album dari duo rock Jepang B'z menampilkan lagu bertema Godzilla, terjual 1.730.500 salinan di Jepang.[276]

Blue Öyster Cult merilis lagu "Godzilla" pada tahun 1977. Lagu itu adalah trek pertama, dan yang kedua dari empat singel, dari album studio kelima mereka Spectres (1977). Artis seperti Fu Manchu, Racer X dan Double Experience telah menyertakan versi cover dari lagu ini dalam album mereka. Musisi Amerika Michale Graves menulis lagu berjudul "Godzilla" untuk albumnya tahun 2005 Punk Rock Is Dead. Liriknya menyebutkan Godzilla dan beberapa musuh di layar kaca seperti Mothra, Hedorah, Destoroyah dan Gigan.[277] Band heavy metal Brasil bernama Sepultura memiliki lagu berjudul "Biotech is Godzilla" pada rilisan tahun 1993 Chaos A.D.[278]

Komposer Eric Whitacre menulis sebuah karya untuk ansambel tiup berjudul "Godzilla Eats Las Vegas!" Karya tersebut ditugaskan oleh Thomas Leslie dari Universitas Nevada, Las Vegas dan ditampilkan perdana pada tahun 1996 oleh band tiup universitas. Anotasi pada partitur menginstruksikan penampil untuk mengenakan kostum dan "naskah" disediakan untuk penonton. Sejak penampilan perdana karya tersebut, karya tersebut telah dibawakan oleh ansambel terkenal termasuk United States Marine Band dan Scottish National Wind Symphony.[279]

Band death metal Prancis Gojira menamai band ini dengan nama Godzilla dalam bahasa Jepang.[280] Lagu "Simon Says" oleh Pharoahe Monch adalah remix hip-hop dari lagu tema "Godzilla March". Versi instrumental dari lagu ini terutama digunakan dalam film tahun 2000 berjudul Charlie's Angels. Band Inggris Lostprophets merilis lagu berjudul "We Are Godzilla, You Are Japan" dalam album studio keduanya Start Something. Band punk Amerika Groovie Ghoulies merilis lagu berjudul "Hats off to You (Godzilla)" sebagai penghargaan untuk Godzilla. Lagu ini terdapat dalam EP Freaks on Parade yang dirilis pada tahun 2002.

Artis Amerika Doctor Steel merilis lagu berjudul 'Atomic Superstar' tentang Godzilla dalam albumnya People of Earth pada tahun 2002. Pada tahun 2003, penyanyi Inggris Siouxsie Sioux merilis album Hái! dengan bandnya The Creatures; album bertema Jepang dengan lagu yang didedikasikan untuk monster, yang hanya berjudul "Godzilla!". Label rekaman Shifty mengeluarkan album kompilasi Destroysall dengan 15 lagu dari 15 band, mulai dari hardcore punk hingga doom-laden death metal. Tidak semua lagu didedikasikan untuk Godzilla, tetapi semuanya tampak terhubung dengan monster dari Toho Studios. Tepatnya, disk tersebut dirilis pada 1 Agustus 2003, peringatan 35 tahun perilisan Destroy All Monsters di Jepang.

King Geedorah (a.k.a. MF DOOM) merilis Take Me to Your Leader, sebuah album hip-hop yang menampilkan bintang tamu dari grup Monsta Island Czars, grup hip-hop bertema Godzilla lainnya. Album ini menyertakan beberapa sampel Godzilla di sepanjang seri. Musisi elektronik Taiwan Amerika Mochipet merilis EP Godzilla Rehab Center pada 21 Agustus 2012, menampilkan lagu-lagu yang dinamai dengan nama monster dalam seri termasuk Gigan, King Ghidorah, Moguera dan Hedorah.

Pada tahun 2019, band rock Amerika bernama Think Sanity merilis album debut mereka yang menampilkan lagu-lagu berdasarkan Godzilla, Mothra, dan Hedorah. Lagu-lagu tersebut masing-masing berjudul "Sad Kaiju", "Mothra", dan "Sludge". Monster tersebut juga disebutkan namanya dalam lagu "News at Six" dengan hal itu dijelaskan secara lucu oleh penyiar Chip Bentley sebagai penghancur kota terdekat. Band ini menyebutkan dalam wawancara bahwa mereka juga menulis lagu berdasarkan Biollante, King Ghidorah, serta Rodan.

Fitur geografis[sunting | sunting sumber]

Megamullion terbesar, terletak 600 kilometer di tenggara Okinotorishima, pulau Jepang paling selatan, dinamai Megamullion Godzilla. Penjaga Pantai Jepang memainkan peran dalam nama, mencapai kesepakatan dengan Toho yang memiliki hak atas Godzilla. Kepala petugas Godzilla Toho Keiji Ota menyatakan bahwa "Saya benar-benar merasa terhormat bahwa (megamullion) menyandang nama Godzilla, monster terkuat di Bumi."[281]

Dampak budaya[sunting | sunting sumber]

Godzilla adalah salah satu simbol budaya populer Jepang yang paling dikenal di seluruh dunia dan merupakan aspek penting dari film Jepang, mewujudkan subset kaiju dari genre tokusatsu. Hal itu telah dianggap sebagai kiasan senjata nuklir. Film Godzilla sebelumnya, terutama Godzilla asli, menggambarkan Godzilla sebagai monster nuklir yang menakutkan. Godzilla mewakili ketakutan yang dimiliki banyak orang Jepang tentang serangan nuklir di Hiroshima dan Nagasaki dan kemungkinan terulangnya.[282]

Seiring perkembangan seri, begitu pula Godzilla, berubah menjadi karakter yang kurang merusak dan lebih heroik.[283][284] Ghidorah (1964) adalah titik balik dalam transformasi Godzilla dari musuh menjadi pahlawan, dengan mengadu dombanya dengan ancaman yang lebih besar terhadap umat manusia, King Ghidorah.[285] Godzilla sejak itu dipandang sebagai antipahlawan.[283] Roger Ebert mengutip Godzilla sebagai contoh penting dari musuh yang berubah menjadi pahlawan, bersama dengan King Kong, Jaws dari film James Bond, Terminator, dan Rambo.[286]

Di Amerika Serikat, film Godzilla dari Toho ditayangkan di televisi setiap minggu sejak tahun 1960 hingga 1990-an.[118]

Godzilla dianggap sebagai "pahlawan super radioaktif asli" karena cerita asal kecelakaan radioaktifnya mendahului Spider-Man (debut tahun 1962),[283] meskipun Godzilla tidak menjadi pahlawan sampai Ghidorah pada tahun 1964.[285] Pada tahun 1970-an, Godzilla dianggap sebagai pahlawan super, dengan majalah King of the Monsters pada tahun 1977 mendeskripsikan Godzilla sebagai "Pahlawan Super Tahun 70-an".[287] Pada tahun 1973, Godzilla terpilih sebagai monster film paling populer dalam jajak pendapat The Monster Times, mengalahkan Count Dracula, King Kong, Wolf Man, The Mummy, Creature From the Black Lagoon, dan Monster Frankenstein.[288] Pada tahun 1977, sebuah survei di Los Angeles menemukan bahwa 80% anak laki-laki berusia antara empat dan sembilan tahun adalah penggemar Godzilla.[114]

Pada tahun 2010, Sea Shepherd Conservation Society menamai kapal pengintai terbaru mereka dengan MV Gojira. Toho, yang bertanggung jawab atas waralaba Godzilla, memberi pemberitahuan kepada mereka untuk menghapus nama dan sebagai tanggapan, nama kapal diubah pada Mei 2011 menjadi MV Brigitte Bardot.[289]

Steven Spielberg mengutip Godzilla sebagai inspirasi untuk Jurassic Park (1993), khususnya Godzilla, King of the Monsters! (1956), yang ia tonton saat tumbuh besar.[290] Selama produksinya, Spielberg menjelaskan Godzilla sebagai "paling ahli dari semua film dinosaurus karena membuat Anda percaya hal itu benar-benar terjadi."[291] Godzilla juga mempengaruhi film Spielberg berjudul Jaws (1975).[292][293] Godzilla juga dikutip sebagai inspirasi oleh aktor Tim Allen dan pembuat film Martin Scorsese dan Tim Burton.[294]

Barang dagangan[sunting | sunting sumber]

Penjualan mainan Godzilla di Jepang menghasilkan royalti tahunan Toho sebesar US$4,5 juta selama akhir tahun 1970-an.[295] Merchandise berlisensi Godzilla menghasilkan US$33 juta dalam penjualan tahunan selama akhir tahun 1970-an,[296] bertambah sekitar US$165,000,000 ($768.000.000 tahun 2024) dari penjualan barang dagangan antara tahun 1975 dan 1979.

The Return of Godzilla menghasilkan penjualan barang dagangan Jepang sebesar US$230,000,000 ($550.000.000 tahun 2024) pada tahun 1984,[297] penghasilan Toho lebih dari US$30 juta dalam hak dan royalti.[298] Pada tahun 1985, barang dagangan Godzilla terjual US$33,000,000 ($77.000.000 tahun 2024) di Jepang, dengan Doug Mason dari Chicago Tribune menyebut Godzilla sebagai "Mickey Mouse Jepang."[299] Godzilla vs. Mechagodzilla II menghasilkan US$158,000,000 ($274.000.000 tahun 2024) dari penjualan buku dan barang dagangan antara tahun 1993 dan 1994.[136]

Perusahaan mainan Amerika seperti Mattel dan Trendmasters menjual 3 juta mainan Godzilla setiap tahun di Amerika Serikat selama pertengahan 1990-an,[300]dengan Trendmasters menjual lebih dari 3 juta mainan Godzilla antara 1994 dan 1995.[301] United Productions of America (UPA), distributor Amerika untuk film Godzilla Toho pada 1990-an, menjual 3 juta mainan Godzilla dalam waktu sembilan bulan antara 1994 dan 1995.[118]

Godzilla (1998) menghasilkan lebih dari US$400,000,000 ($610.000.000 tahun 2024) dalam penjualan barang dagangan Amerika Utara.[302] Barang dagangan berlisensi Godzilla di Jepang terjual ¥1,93 miliar (US$2.402 juta) pada tahun 2005,[303] ¥7 miliar (US$64 juta) pada tahun 2016,[304] dan ¥15 miliar (US$134 juta) pada tahun 2017.[305] Digabungkan, Godzilla menghasilkan setidaknya lebih dari US$1,202 miliar dalam pendapatan penjualan barang dagangan yang diketahui hingga 2017 (setara dengan setidaknya lebih dari US$2,6 disesuaikan dengan inflasi tahun 2021).

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Penghargaan Asosiasi Film Jepang 1954 – Efek Khusus (Godzilla (1954))[306]
  • Penghargaan Akademi Jepang 1965 – Skor Terbaik (Mothra vs. Godzilla)
  • Penghargaan Akademi Jepang 1966 – Efek Khusus (Invasion of Astro-Monster)
  • Penghargaan Akademi Jepang 1986 – Efek Khusus dan Pendatang Baru Tahun Ini (The Return of Godzilla)
  • Penghargaan Razzie 1986 – Aktor Pendukung Terburuk dan Bintang Baru Terburuk (“The Return of Godzilla)
  • Penghargaan Akademi Jepang 1992 – Efek Khusus (Godzilla vs. King Ghidorah)
  • Penghargaan Film Olahraga Tokyo 1993 – Aktor Pemeran Utama Terbaik (Godzilla vs. Mothra)
  • Penghargaan Film Terlaris Terbaik 1993 – Penghargaan Emas dan Penghargaan Bintang Penghasil Uang (Godzilla vs. Mothra)
  • Penghargaan Akademi Jepang 1993 – Skor Terbaik (Godzilla vs. Mothra)
  • Penghargaan Akademi Jepang 1994 – Skor Terbaik (Godzilla vs. Mechagodzilla II)
  • Penghargaan Film Terlaris Terbaik 1995 – Penghargaan Perak (Godzilla vs. SpaceGodzilla)
  • Penghargaan Film Terlaris Terbaik 1996 – Penghargaan Emas (Godzilla vs. Destoroyah)
  • Penghargaan Akademi Jepang 1996 – Efek Khusus (Godzilla vs. Destoroyah)
  • MTV Movie Awards 1996 – Prestasi Seumur Hidup*
  • Penghargaan Golden Raspberry 1998 – Aktris Pendukung Terburuk dan Remake atau Sekuel Terburuk (Godzilla (1998))
  • Penghargaan Saturnus 1999 – Efek Khusus Terbaik (Godzilla (1998))
  • Penghargaan Saturnus 2001 – Rilisan Video Rumahan Terbaik (Godzilla 2000)
  • Penghargaan Film Terlaris Terbaik 2002 – Penghargaan Perak (Godzilla, Mothra dan King Ghidorah: Monster Raksasa All-Out Attack)
  • Hollywood Walk of Fame 2004[307] – (Godzilla: Final Wars)
  • Saturn Awards 2007 – Rilisan Film Klasik DVD Terbaik (Godzilla (1954))
  • Annual Japan Cool Content Contribution Award ke-22 2014 (Godzilla (2014))[308]
  • Japan Academy Prize ke-40 2017 – Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi, Pengarahan Pencahayaan, Pengarahan Seni, Rekaman Suara, Penyuntingan Film (Shin Godzilla)[309]

(*) Pada tahun 1996 Godzilla menerima penghargaan untuk Lifetime Achievement di MTV Movie Awards. Pencipta dan produser Shōgo Tomiyama menerimanya sebagai perwakilan melalui satelit dan ditemani oleh "Godzilla" sendiri.

Penggunaan nama[sunting | sunting sumber]

"-zilla" adalah sufiks slang yang terkenal, digunakan untuk menyiratkan suatu bentuk ekses pada seseorang, objek, atau tema;[310] beberapa contohnya adalah acara TV realitas berjudul Bridezillas dan browser web turunan Netscape bernama Mozilla Firefox.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Godzilla (1998) adalah produksi bersama antara Centropolis Entertainment, Fried Films, Independent Pictures, dan TriStar Pictures.[6]
  2. ^ "Oodako" secara harfiah berarti "gurita raksasa" dalam bahasa Jepang.[79][80]
  3. ^ "Ookondoru" secara harfiah berarti "kondor raksasa" dalam bahasa Jepang.[79][81]
  4. ^ Meskipun tidak disebutkan namanya dalam film, Kutu Laut Raksasa dipanggil ショッキラス ("Shokkirasu") dalam sumber resmi Jepang, dan "Shockirus" telah menjadi Romanisasi yang diterima dari nama tersebut.[82]
  5. ^ Disebut sebagai Kiryu.[84]
  6. ^ Disebut sebagai Kiryu.[84]
  7. ^ Zaman Reiwa di Jepang dimulai pada 1 Mei 2019;[85] however, Toho considers Shin Godzilla and the anime trilogy as part of the Reiwa era.[86]
  8. ^ Pada 31 Juli 2017, Sony Pictures Television mengumumkan akan membeli 95% saham pengendali di Funimation seharga $143.000.000, kesepakatan yang ditutup pada 27 Oktober 2017.[87]
  9. ^ Salah satu pendiri/direktur pelaksana Kraken Matt Greenfield menguraikan masalah hukum film tersebut, dengan menyatakan, "Di antara semua perubahan kepemilikan dan judul yang terjadi setelah New World merilis versinya, kenyataannya bahwa Anda berurusan dengan dua tim produksi yang sama sekali berbeda yang tergabung dalam serikat pekerja yang berbeda, dan kenyataannya bahwa musik dari film lain oleh komposer yang berbeda digunakan kembali dalam sulih suara NW [GODZILLA 1985 menggunakan musik dari Christopher Soundtrack Young untuk film New World Pictures berjudul Def-Con 4]."[108]
  10. ^ Lihat King Kong vs. Godzilla § Box office
  11. ^ Pada tahun 1974, 13 film pertama meraup keuntungan kotor sebesar US$130 juta dalam pendapatan box office luar negeri di luar Jepang.[109][110][111] King Kong vs. Godzilla (1962) meraup sekitar $1.667.650 dari perilisannya di Prancis pada tahun 1976.[j] Godzilla (1954) kemudian memperoleh $562.711 dari perilisan ulang terbatas di Amerika Utara pada tahun 2004 dan 2014.[124] Di Britania Raya, Godzilla (1954) menjual 3.643 tiket dari rilisan terbatas selama tahun 2005–2006 dan 2016–2017,[125] setara dengan perkiraan pendapatan kotor sekitar GB£19022[126] (US$24.387).
  12. ^ Untuk rilisan aslinya pada tahun 1962, film tersebut terjual 11.200.000 juta tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1970, terjual 870.000 tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1977, terjual 480.000 tiket.[123]
  13. ^ Untuk rilisan aslinya pada tahun 1964, film tersebut terjual 3.510.000 juta tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1970, terjual 730.000 tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1980, terjual 2.980.000 juta tiket.[123]
  14. ^ Pendapatan kotor Mothra vs. Godzilla di Jepang (per.)[128][129]
    • Rilisan 1964 – 3.51 juta tiket – ¥625 juta
    • Rilisan 1970 – 730,000 tiket – ¥237 juta
    • Rilisan 1980 – ¥2,33 miliar
  15. ^ Untuk rilisan aslinya tahun 1964, film tersebut terjual 4.320.000 tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1971, terjual 1.090.000 tiket.[123]
  16. ^ Untuk rilisan aslinya tahun 1965, film tersebut terjual 3.780.000 tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1971, terjual 1.350.000 tiket.[123]
  17. ^ Untuk rilisan aslinya tahun 1966, film tersebut terjual 3.450.000 tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1972, terjual 760.000 tiket.[123]
  18. ^ Untuk rilisan aslinya tahun 1967, film tersebut terjual 2.480.000 tiket. Untuk rilisan ulang tahun 1973, terjual 610.000 tiket.[123]
  19. ^ Penerimaan Godzilla (1998):
    • Jepang – 3.6 juta[165]
    • Eropa – 17,675,620
      • Prancis, Jerman, Italia, Spanyol – 9,946,810[166]
      • Negara Eropa lainnya – 7,728,810[167]
    • Meksiko – 4,327,670[168]
    • Brasil – 1,004,820[169]
    • Taiwan – 420,454[170]
    • Korea Selatan (Seoul City) – 409,262[171]
  20. ^ Penerimaan Godzilla (2014):
    • Jepang – 2.18 juta[165]
    • Tiongkok – 12.669.000[174]
    • Eropa – 10,124,979
      • Spanyol dan Italia – 1,235,029[175]
      • Rumania – 172,676[176]
      • Negara Eropa lainnya – 8,717,274[177]
    • Meksiko – 2,032,854[178]
    • Brasil – 1,314,631[179]
    • Korea Selatan – 709,734[171]
  21. ^ Penerimaan Godzilla: King of the Monsters (2019):
    • Jepang – 2.12 juta[183][129]
    • Tiongkok – 25,457,730[184]
    • Eropa – 4,887,602
      • Rusia – 1,112,404[185]
      • Prancis dan Spanyol – 916,716[186]
      • Negara Eropa lainnya – 2,858,482[187]
    • Meksiko – 3,600,000[188]
    • Brasil – 532,988[189]
    • Korea Selatan – 359,041[171]
  22. ^ Entertainment Weekly, Box Office Mojo, dan Deadline Hollywood melaporkan bahwa anggaran produksi film tersebut adalah $170 juta; namun, Deadline juga mencatat bahwa analis lain menetapkan anggaran sebesar $185 juta.[190][191][192] Pada Juli 2018, Hindustan Times melaporkan anggarannya menjadi $200 juta.[193] Angka ini kemudian dikonfirmasi dalam analisis oleh Variety yang diterbitkan pada Juni 2019.[194]
  23. ^ Penerimaan Godzilla vs. Kong (2021):
    • Tiongkok – 32,919,800[197]
    • Meksiko – 6,300,000[198]
    • Rusia – 3,187,085[199]
    • Eropa (tidak termasuk Rusia) – 2,330,527[200]
    • Jepang – 1,270,000[201]
    • Brasil – 751,644[202]
    • Korea Selatan – 703,485[171]
  24. ^ The Numbers melaporkan anggaran produksi menjadi $155 juta.[203] Pada Desember 2020, Variety melaporkan anggaran menjadi $160 juta,[204] sementara TheWrap melaporkan anggarannya menjadi $165 juta.[205] Pada bulan Januari 2021, baik The Hollywood Reporter dan Deadline Hollywood menyatakan anggaran menjadi $200 juta.[206][207] Pada Februari 2021, Comingsoon.net juga mencatat anggaran film tersebut menjadi $200 juta.[208]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ragone 2007, hlm. 34.
  2. ^ Ryfle 1998, hlm. 24.
  3. ^ Doug, Bolton (July 7, 2015). "Godzilla creator Eiji Tsuburaya celebrated in Google Doodle". The Independent (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 30, 2022. Diakses tanggal July 25, 2021. 
  4. ^ Saperstein, Pat (May 6, 2014). "60 Years of Godzilla: Highlights From Monster's 29-Film Career". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 21, 2019. Diakses tanggal February 26, 2018. 
  5. ^ David Kravets (November 24, 2008). "Think Godzilla's Scary? Meet His Lawyers". Wired. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2020. Diakses tanggal January 25, 2020. 
  6. ^ a b Leydon, Joe (May 18, 1998). "Godzilla". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 31, 2022. Diakses tanggal December 31, 2022. 
  7. ^ "Jennifer Lawrence, Game of Thrones, Frozen among new entertainment record holders in Guinness World Records 2015 book". Guinness World Records. September 3, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 31, 2022. Diakses tanggal February 26, 2016. 
  8. ^ Williams, Owen (March 3, 2021). "An Essential Guide To All The Godzilla Movies". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 6, 2022. Diakses tanggal August 6, 2022. 
  9. ^ Kelts, Roland (June 12, 2013). "Preserving a classic Japanese art form: tokusatsu magic". The Japan Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 22, 2020. Diakses tanggal January 27, 2018. 
  10. ^ Kalat 1997, hlm. 1–5.
  11. ^ Kalat 1997, hlm. 240.
  12. ^ Ryfle, Steve. "Godzilla's Footprint". VQR Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-31. Diakses tanggal September 25, 2014. 
  13. ^ Hoberman, J. (January 24, 2012). "Godzilla: Poetry After the A-Bomb". Criterion. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-17. Diakses tanggal 2023-05-16. 
  14. ^ Godzilla 1954 Toho
  15. ^ The Return of Godzilla 1984 Toho
  16. ^ Kennedy, et al. 2019, hlm. 8.
  17. ^ Hendershot, Cyndy (July 1998). "Darwin and the Atom: Evolution/Devolution Fantasies in The Beast from 20,000 Fathoms, Them !, and The Incredible Shrinking Man". Science Fiction Studies. Greencastle (Indiana): SF-TH Inc: 320. 
  18. ^ Solomon 2017, hlm. 29.
  19. ^ England 2021, hlm. 77.
  20. ^ Takeo Murata (writer) and Ishirō Honda (writer/director) (2006). Godzilla (DVD). DreamWorks Classics. 
  21. ^ Al C. Ward (writer) and Ishirō Honda, Terry Morse (writers/directors) (2006). Godzilla, King of the Monsters! (DVD). DreamWorks Classics. 
  22. ^ a b c d Patches, Matt (July 25, 2019). "Criterion reveals the collection's 1000th disc: the ultimate Godzilla set". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 17, 2019. Diakses tanggal July 25, 2019. 
  23. ^ a b Solomon 2017, hlm. 145.
  24. ^ Lees & Cerasini 1998, hlm. 12.
  25. ^ Baker 2019, hlm. 92.
  26. ^ England 2021, hlm. 33.
  27. ^ "Bucket Hall of Fame: The Toho Big Pool". Diarsipkan dari versi asli tanggal December 29, 2010. Diakses tanggal February 16, 2011. 
  28. ^ Blair, Gavin (December 7, 2014). "Japan's Toho to Produce New 'Godzilla' for 2016, First in 12 Years". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2022. Diakses tanggal November 12, 2022. 
  29. ^ Frater, Patrick (March 31, 2015). "Hideaki Anno and Shinji Higuchi to Direct 'Godzilla 2016'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-24. Diakses tanggal March 31, 2015. 
  30. ^ Ragone, August (March 31, 2015). ""EVANGELION" CREATOR HELMS NEW "GODZILLA" Hideaki Anno & Shinji Higuchi Revive the King!". The Good, The Bad, and Godzilla. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-02. Diakses tanggal March 31, 2015. 
  31. ^ "Evangelion's Hideaki Anno Is New Japanese Godzilla Film's Chief Director, Writer". Anime News Network. March 31, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-29. Diakses tanggal March 31, 2015. 
  32. ^ Rigney, Todd (September 1, 2015). "New Japanese Godzilla Movie Filming This Weekend in Tokyo". Dread Central. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-24. Diakses tanggal September 2, 2015. 
  33. ^ "Shin-Godzilla Wraps Shooting, Begins FX Work". scified.com. November 1, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2015. Diakses tanggal November 2, 2015. 
  34. ^ Blair, Gavin J. (August 1, 2016). "Japan Box Office: Toho's 'Godzilla Resurgence' Opens With $6.1 Million". Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-11. Diakses tanggal August 1, 2016. 
  35. ^ "Godzilla Anime Is Film Trilogy Starring Mamoru Miyano". Anime News Network. March 21, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-11. Diakses tanggal March 27, 2017. 
  36. ^ "Godzilla Anime Film to Stream on Netflix Globally This Year". Anime News Network. March 13, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-12. Diakses tanggal March 13, 2017. 
  37. ^ "Godzilla: Planet of the Monsters Press Notes from Toho". SciFi Japan. July 30, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 30, 2019. Diakses tanggal July 30, 2017. 
  38. ^ "Godzilla: City on the Edge of Battle Press Notes From Toho". SciFi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2018. Diakses tanggal April 28, 2018. 
  39. ^ "Godzilla: The Planet Eater Press Notes, Trailer and Pics From Toho". SciFi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 31, 2019. Diakses tanggal October 12, 2018. 
  40. ^ "'Godzilla' studio Toho to co-produce content with foreign filmmakers". Nikkei Asia. January 13, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 3, 2021. Diakses tanggal December 31, 2021. 
  41. ^ Musnicky, Sarah (May 21, 2018). "Toho Planning Their Own Shared Universe For Future Godzilla Films". ComingSoon. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2022. Diakses tanggal May 21, 2018. 
  42. ^ Frater, Patrick (April 18, 2019). "'Godzilla' Owner Toho Poised for Expansion in Hollywood". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 18, 2019. Diakses tanggal April 18, 2019. 
  43. ^ Alvarez, Daniel (May 14, 2019). "Godzilla Site Launches With The Franchise's First Official Monsterpedia". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2019. Diakses tanggal July 22, 2019. 
  44. ^ Alvarez, Daniel (July 16, 2019). "Godzilla Joins Instagram & Twitter For The First Time". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2019. Diakses tanggal July 22, 2019. 
  45. ^ Anderton, Ethan (June 27, 2019). "Toho Studios is Giving 'Godzilla' an Entire Booth at San Diego Comic-Con". Slash Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2019. Diakses tanggal July 22, 2019. 
  46. ^ Zakarin, Jordan (July 19, 2019). "Toho's Godzilla hits Comic-Con with its first booth, part of a master plan". Syfy Wire. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2019. Diakses tanggal July 22, 2019. 
  47. ^ Kleinman, Jake (July 19, 2019). "Godzilla Creator Teases the Next Movie After 'Godzilla vs. King Kong'". Inverse. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2019. Diakses tanggal July 22, 2019. 
  48. ^ Otterson, Joe (October 6, 2020). "Godzilla Anime Series Set at Netflix". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 7, 2020. Diakses tanggal October 6, 2020. 
  49. ^ King, Aidan (November 3, 2022). "Toho Announces a New Godzilla Film Coming on Godzilla Day 2023". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2022. Diakses tanggal November 3, 2022. 
  50. ^ Cecchini, Mike (August 24, 2017). "The Godzilla Movie You Never Saw". Den of Geek. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 5, 2021. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  51. ^ Kalat 2010, hlm. 153.
  52. ^ Bussey, Ben (September 22, 2014). "Hollywood's First Go At Godzilla: Abandoned 1983 Film Revealed". Yahoo! Movies. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-29. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  53. ^ Struan, John (August 21, 2014). "Your Love Hate Relationship With Mondo Can Flourish At MondoCon". Kotaku. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  54. ^ Stout, William (April 28, 2014). "My Top Ten Dinosaur Films Part Two: Godzilla in 3D (1982–83)". William Stout.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-15. Diakses tanggal September 21, 2015. 
  55. ^ Frook, John Evan (October 29, 1992). "TriStar lands monster of deal with 'Godzilla'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2020. Diakses tanggal January 28, 2020. 
  56. ^ Abrams, Simon (May 15, 2014). "A History of the Disastrous Last Attempt to Make an American Godzilla". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-08. Diakses tanggal March 4, 2015. 
  57. ^ Breihan, Tom (May 12, 2014). "Worst Godzilla Ever: Why Japan Hated (And Murked) The '98 U.S. Remake". Concourse. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-19. Diakses tanggal June 22, 2015. 
  58. ^ a b Aiken, Keith (May 31, 2015). "Godzilla Unmade: The History of Jan De Bont's Unproduced TriStar Film – Part 4 of 4". Scifi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 12, 2018. Diakses tanggal March 8, 2016. 
  59. ^ "Godzilla (1998)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal November 24, 2021. 
  60. ^ a b Lichtenfeld 2007, hlm. 218.
  61. ^ Mendelson, Scott (May 20, 2013). "15 Years Ago, 'Godzilla' Was A Flop. By Today's Standards, It Would Be A Hit". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 27, 2021. Diakses tanggal April 1, 2021. 
  62. ^ Sterngold, James (May 26, 1998). "'Godzilla' Roars In But Fails To Devour". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 29, 2020. Diakses tanggal August 7, 2016. 
  63. ^ DeWolf, Rose (June 12, 1998). "It's Big, All Right - A Big Flop 'Godzilla' Takes A Stomping At The Box Office And In The Stores". The Philadelphia Inquirer. Diakses tanggal August 7, 2016. 
  64. ^ Keith Aiken (January 10, 2007). "Godzilla 2 Rumors Unfounded". SciFi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 29, 2020. Diakses tanggal April 14, 2021. 
  65. ^ Schaefer, Mark (November 2004). "Godzilla Stomps into Los Angeles". Penny Blood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 3, 2005. 
  66. ^ "Godzilla 2014: Brian Rogers (Producer) On Legendary Pictures Film Plans". Zennie62 Youtube channel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-22. Diakses tanggal July 20, 2015. 
  67. ^ McNary, Dave (March 29, 2010). "'Godzilla' stomps back to screen". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2011. Diakses tanggal January 28, 2020. 
  68. ^ Kit, Borys (January 4, 2011). "EXCLUSIVE: 'Monsters' Director Stomps to 'Godzilla'". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-24. Diakses tanggal February 9, 2011. 
  69. ^ Silman, Anna (May 16, 2014). "Review Roundup: One of the Scariest Things in Godzilla Is Bryan Cranston's Wig". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-03. Diakses tanggal February 26, 2016. 
  70. ^ Shaw-Williams, H. (May 2, 2014). "'Godzilla': First Audience Reactions Promise a Slow Reveal". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-03. Diakses tanggal February 26, 2016. 
  71. ^ "Godzilla". The Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-08. Diakses tanggal March 13, 2020. 
  72. ^ "Legendary and Warner Bros. Pictures Announce Cinematic Franchise Uniting Godzilla, King Kong and Other Iconic Giant Monsters" (Siaran pers). Legendary Pictures. October 14, 2015. Diakses tanggal October 14, 2015. 
  73. ^ "Warner Bros. Pictures' and Legendary Pictures' MonsterVerse Kicks Into Gear as the Next Godzilla Feature Gets Underway". Warner Bros. (Siaran pers). June 19, 2017. 
  74. ^ Ben Pearson (February 26, 2021). "'Godzilla vs. Kong' Clip: Whoever Wins, Boats Lose". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 3, 2021. Diakses tanggal March 2, 2021. 
  75. ^ "Godzilla vs. Kong Taiwan Theater Exclusives". SciFi Japan. March 10, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 11, 2021. Diakses tanggal March 10, 2021. 
  76. ^ Blair, Gavin J. (August 29, 2018). "Tokyo Fest Celebrates Godzilla's 64th Birthday, With No Retirement in Sight". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-23. Diakses tanggal August 29, 2021. 
  77. ^ a b Kroll, Justin (January 20, 2022). "Apple TV+ Lands Godzilla & Titans Series Based On Legendary's Monsterverse". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 20, 2022. Diakses tanggal January 20, 2022. 
  78. ^ D'Alessandro, Anthony (June 30, 2022). "'Dune: Part Two' Moves To Pre-Thanksgiving 2023; 'Godzilla-Kong' Event Sequel Dated For 2024". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal June 30, 2022. Diakses tanggal June 30, 2022. 
  79. ^ a b Lees & Cerasini 1998, hlm. 116.
  80. ^ "Giant Octopus". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-25. Diakses tanggal 23 August 2020. 
  81. ^ "Giant Condor". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-25. Diakses tanggal 23 August 2020. 
  82. ^ "Shockirus". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-18. Diakses tanggal 23 August 2020. 
  83. ^ Lees & Cerasini 1998, hlm. 55.
  84. ^ a b Solomon 2017, hlm. 283.
  85. ^ Euan McKirdy; Junko Ogura; James Griffiths (April 1, 2019). "'Reiwa': Japan announces dawn of a new era". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 12, 2019. Diakses tanggal October 12, 2019. 
  86. ^ Jason Debord (July 23, 2019). "San Diego Comic-Con 2019: Godzilla Movie Props". Original Prop Blog. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 29, 2020. Diakses tanggal February 22, 2021. 
  87. ^ Eggerton, John (22 August 2017). "Feds OK Sony Purchase of Funimation". Multichannel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-23. Diakses tanggal 27 October 2017. 
  88. ^ Whalen, Andrew (May 31, 2019). "Godzilla: King of the Monsters Monster List: All 17 Titan Names Revealed". Newsweek. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 2, 2019. Diakses tanggal June 1, 2019. 
  89. ^ Josh Millican (March 20, 2021). "According to Godzilla vs. Kong Director Adam Wingard: Mechagodzilla is No Longer a Spoiler". Dread Central. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 20, 2021. Diakses tanggal March 20, 2021. 
  90. ^ Allie Gemmill (January 24, 2021). "'Godzilla vs. Kong' Trailer: Who Is Warbat the Kaiju & Why Is Kong Fighting It?". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 27, 2021. Diakses tanggal January 26, 2021. 
  91. ^ Rick Stevenson (January 28, 2021). "Godzilla vs. Kong Toy Reveals First Look At Hell Hawk". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 31, 2021. Diakses tanggal January 30, 2021. 
  92. ^ Parlevliet, Mirko (August 25, 2022). "Godzilla vs Kong Sequel Starts Filming". Vital Thrills. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-17. Diakses tanggal August 25, 2022. 
  93. ^ Godzilla Dictionary [New Edition]. Kasakura Publishing. August 7, 2014. hlm. 368. ISBN 9784773087253. 
  94. ^ "ALWAYS- SUNSET ON THIRD STREET- 2". SciFiJapan.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-26. Diakses tanggal May 16, 2011. 
  95. ^ "Star Wars Day And Godzilla 2012 At Comic Con?". The San Francisco Chronicle. May 4, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-16. Diakses tanggal May 16, 2011. 
  96. ^ "Godzilla Invades the Animated World of "Crayon Shin-Chan"". crunchyroll.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-27. Diakses tanggal 2023-05-27. 
  97. ^ Pineda, Rafael (January 17, 2020). "Shinkalion Anime Film's 1st 3 Minutes Streamed With Hatsune Miku vs. Godzilla Battle". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-24. Diakses tanggal August 28, 2020. 
  98. ^ a b Ryfle & Godziszewski 2017, hlm. 105.
  99. ^ "Classic Media Reissues the Original GODZILLA on DVD". Scifi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 3, 2019. Diakses tanggal September 1, 2014. 
  100. ^ Grebey, James (April 27, 2021). "65 Years Ago, Godzilla: King of the Monsters Did (Mostly) Right By the Japanese Original". Syfy Wire. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  101. ^ Brookins, Erin (March 8, 2022). "How the Americanized Version of the Original 'Godzilla' Film Missed the Whole Point". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  102. ^ Ryfle 1998, hlm. 87–91.
  103. ^ Ryfle 1998, hlm. 235–242.
  104. ^ Ryfle 1998, hlm. 237.
  105. ^ Kalat 2010, hlm. 37–40.
  106. ^ DeSentis, John (May 31, 2009). "Talking COZZILLA: An Interview with Italian GODZILLA Director Luigi Cozzi". SciFi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2019. Diakses tanggal November 7, 2019. 
  107. ^ Ryfle 1998, hlm. 207 & 208.
  108. ^ Aiken, Keith (May 19, 2016). "Exclusive: The Return of Godzilla Blu-ray & DVD Details from Kraken Releasing". Scifi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2016. Diakses tanggal May 19, 2016. 
  109. ^ a b "Godzilla Is A Hero In Japan". Valley Morning Star. June 13, 1974. hlm. 5. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-06. Diakses tanggal 22 May 2020. He is still going strong after starring in 13 movies that have brought his maker $130 million in foreign exchange. 
  110. ^ a b "Godzilla now does well by doing Japan good". La Crosse Tribune. June 14, 1974. hlm. 27. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-30. Diakses tanggal 22 May 2020. 
  111. ^ a b Tateishi, Kay (June 30, 1974). "Japan's Godzilla celebrates 20 years and $130 million". The San Bernardino County Sun. hlm. 52. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-02. Diakses tanggal 22 May 2020. 
  112. ^ Parish, James Robert; Pitts, Michael R. (1977). The Great Science Fiction Pictures. Scarecrow Press. hlm. 150 & 152. ISBN 9780810810297. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-05-30. Godzilla adalah monster layar terhebat dan terpopuler di Jepang: reptil prasejarah setinggi 400 kaki. Ia telah menjadi legenda pada masanya. Dalam tiga belas penampilan film hingga saat ini, ia telah meraup lebih dari US$130 juta di luar Jepang; pendapatan kotor domestik Jepang jauh lebih besar dari jumlah tersebut. [...] Penampilan layar terbaru binatang itu — kali ini dalam peran berbicara — terdapat dalam Godzilla vs. Megalon (1973) dengan ia dan robot buatan manusia mengalahkan Megalon dan sekutunya, Gigan. 
  113. ^ Edelson, Edward (1980). Great animals of the movies. Doubleday. hlm. 85. ISBN 9780385147286. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-05-30. Pada akhir 1970-an, film Godzilla menjadi formula yang nyaman. Toho membuat dua film setahun. Setiap film menghabiskan sekitar US$1,2 juta dan dapat dihitung untuk menghasilkan sekitar US$20 juta. 
  114. ^ a b Kwitny, Jonathan (26 July 1977). "Godzilla's fights were carefully choreographed"Perlu langganan berbayar. Des Moines Register. hlm. 5. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-29. Diakses tanggal 7 April 2022 – via NewspaperArchive. Agen Amerika Toho, Henry Saperstein (...) Film-film tersebut menghabiskan biaya pembuatan masing-masing sekitar US$1,2 juta, dan pendapatan kotor sekitar US$20 juta di seluruh dunia, katanya; sekitar $5 juta dari pendapatan itu kembali ke Toho, yang telah merilis dua film setahun baru-baru ini. (...) Marvel mengatakan buku komik Godzilla pertamanya terjual 200.000 eksemplar, dan pers bulanan di masa mendatang sedang ditingkatkan. Mattell mengatakan akan menampilkan mainan Godzilla Februari mendatang, didukung oleh survei baru-baru ini yang menunjukkan bahwa 80 persen populasi pria Los Angeles antara usia empat dan sembilan tahun adalah penggemar Godzilla. 
  115. ^ a b Travis Bean (June 4, 2019). "Where 'King Of The Monsters' Ranks In Godzilla's Box Office History". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2019. Diakses tanggal February 18, 2020. 
  116. ^ a b Schil, Charlie (7 May 1986). "Godzilla's back—older, fatter and still flaky"Perlu langganan berbayar. Pacific Stars and Stripes. hlm. 25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-08. Diakses tanggal 14 April 2022 – via NewspaperArchive. Dengan pengecualian makhluk Dr. Frankenstein dan King Kong, Godzilla mungkin adalah monster filmdom yang paling berahan lama dan menguntungkan. Ia muncul dalam setidaknya selusin film selama tiga dekade dan telah meraup setengah miliar dolar yang luar biasa. 
  117. ^ Jones, Terril (26 November 1984). "Yikes! After a nine-year rest, Godzilla's back – 99 feet taller, and much, MUCH meaner"Perlu langganan berbayar. Santa Ana Orange County Register. hlm. 36. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-30. Diakses tanggal 7 April 2022 – via NewspaperArchive. Menurut perusahaan film tersebut, sekitar 65 juta orang Jepang telah menonton 15 film Godzilla, termasuk Godzilla Strikes Back, Son of Godzilla, dan Godzilla vs. Megalo.  
  118. ^ a b c Sterngold, James (26 July 1995). "Godzilla Arises – One More Time"Perlu langganan berbayar. Santa Ana Orange County Register. hlm. 1–2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-30. Diakses tanggal 6 April 2022 – via NewspaperArchive. Toho Co. di Tokyo, yang membuat seluruh 21 film Godzilla dapat ditelusuri kembali pada klasik asli tahun 1954, Godzilla, King of the Monsters, mengumumkan minggu lalu bahwa mereka telah memutuskan untuk membuat sisa satu film terakhir (...) Henry J Saperstein, yang perusahaannya, UPA Productions of America, telah mendistribusikan film-film tersebut di Amerika Serikat (...) Toho mengatakan 85 juta orang Jepang telah menonton film-film tersebut. Saperstein mengatakan bahwa di Amerika Serikat, film Godzilla telah ditayangkan di beberapa stasiun televisi setiap minggu sejak tahun 1960. Dalam sembilan bulan terakhir saja, katanya, ia menjual 3 juta mainan Godzilla. 
  119. ^ a b "Toho's 29 Godzilla Films Have Sold Over 100 Million Tickets in Japan". Anime News Network. August 3, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-03. Diakses tanggal 2023-05-30. 
  120. ^ a b "「ゴジラ」シリーズ29作品、累計動員数が1億人を突破!". ITmedia (dalam bahasa Jepang). August 3, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-19. Diakses tanggal February 17, 2019. 
  121. ^ "Cinema ticket price". NationMaster. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-10. Diakses tanggal 20 June 2020. 
  122. ^ "Japan Box Office: 'Doraemon' Anime Still All-Conquering". The Hollywood Reporter. April 6, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-16. Diakses tanggal 2023-05-30. 
  123. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u Ryfle 1998, hlm. 310.
  124. ^ "Godzilla - Rialto Release". Box Office. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-25. Diakses tanggal February 14, 2019. 
  125. ^ "Film #24565: Gojira". Lumiere. European Audiovisual Observatory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-22. Diakses tanggal 20 June 2020. 
  126. ^ "Average ticket price". UK Cinema Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-01. Diakses tanggal 20 June 2020. 
  127. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s "歴代ゴジラ映画作品一覧/年代流行". Nendai Ryuukou. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 3, 2020. Diakses tanggal December 2, 2020. 
  128. ^ "Mothra vs. Godzilla". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-01. Diakses tanggal 27 May 2020. 
  129. ^ a b c d "Statistics of Film Industry in Japan (Year 1955 - 1999)". Eiren. Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-05-05. Diakses tanggal 17 February 2019. 
  130. ^ Kalat 2010, hlm. 127.
  131. ^ "Die größten japanischen Kassenerfolge der 1970er Jahre" [Biggest Japanese Box Office Hits of the 1970s]. Nippon-Kino (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-13. Diakses tanggal 19 March 2022. 
  132. ^ "Godzilla 1985". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-31. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  133. ^ "Godzilla vs. Biollante". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  134. ^ "Godzilla vs. King Ghidorah". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 23, 2021. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  135. ^ "Godzilla vs. Mothra". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  136. ^ a b "Godzilla about to return to old stomping grounds"Perlu langganan berbayar. Elyria Chronicle Telegram. 1994-07-29. hlm. 17. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-08. Diakses tanggal 2022-04-07 – via NewspaperArchive. Toho Co., produser film tersebut, mengatakan sebanyak 82 juta orang telah membeli tiket film Godzilla sejak mulai ditayangkan pada tahun 1954. Versi terbaru, menurut Toho, telah menjadi film non-animasi paling menguntungkan di Jepang. Godzilla vs. Mecha-Godzilla tahun lalu menghasilkan US$36 juta di box office dan menghasilkan US$158 juta lainnya dalam penjualan buku dan barang dagang terkait — angka yang sangat besar untuk industri hiburan Jepang. 
  137. ^ "Godzilla vs. SpaceGodzilla". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  138. ^ a b Ryfle 1998, hlm. 346.
  139. ^ a b c d e "ゴジラが皇居を襲わなかった本当の理由~何もわかっちゃいない産経コラム". GetNews (dalam bahasa Jepang). January 27, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal February 11, 2019. 
  140. ^ "2000年(平成12年)興収10億円以上番組" (PDF). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2012-05-13. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  141. ^ "Godzilla 2000". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-31. Diakses tanggal January 16, 2019. 
  142. ^ "Godzilla 2000". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-10. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  143. ^ "2001年(平成13年)興収10億円以上番組" (PDF). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2019-10-26. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  144. ^ "Godzilla vs. Megaguirus". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  145. ^ "2002年(平成14年)興収10億円以上番組" (PDF). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2019-10-26. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  146. ^ "Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-01. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  147. ^ "2003年(平成15年)興収10億円以上番組" (PDF). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  148. ^ "Godzilla against Mechagodzilla". Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-31. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  149. ^ "2004". Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-26. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  150. ^ "Godzilla: Tokyo S.O.S." Toho Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-01. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  151. ^ "東宝はなぜ「国産ゴジラ」を再び作るのか". Toyo Keizai (dalam bahasa Jepang). 21 December 2014. hlm. 2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-14. Diakses tanggal 9 January 2019. 
  152. ^ "2005". Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-22. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  153. ^ a b "Godzilla: Final Wars". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-31. Diakses tanggal Feb 25, 2020. 
  154. ^ "「お願い!ランキング」2017年11月9日(木)放送内容". Kakaku.com. TV Asahi. 9 November 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-04. Diakses tanggal 11 February 2019. 
  155. ^ "2016". Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-29. Diakses tanggal July 1, 2018. 
  156. ^ a b "Shin Godzilla". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-01. Diakses tanggal 22 May 2020. 
  157. ^ a b "Live-Action Fullmetal Alchemist Film Tops Japan's Box Office". Anime News Network. 2017-12-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-07. Diakses tanggal 11 February 2019. 
  158. ^ "哥斯拉:怪兽行星 (Godzilla: Monster Planet)". Maoyan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-05. Diakses tanggal 11 February 2019. 
  159. ^ "Godzilla: Planet of the Monsters". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-31. Diakses tanggal February 11, 2019. 
  160. ^ "【週末アニメ映画ランキング】「GODZILLA 星を喰う者」6位、「続・終物語」7位、「ANEMONE」10位スタート". Eiga (dalam bahasa Jepang). November 13, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-23. Diakses tanggal February 11, 2019. 
  161. ^ a b "Japan Box Office (November 17–18, 2018)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-13. Diakses tanggal 11 February 2019. 
  162. ^ "Godzilla: The Planet Eater". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal October 3, 2019. 
  163. ^ a b "Godzilla (1998)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-09. Diakses tanggal May 3, 2021. 
  164. ^ "Godzilla (1998) - United States". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  165. ^ a b "東宝はなぜ「国産ゴジラ」を再び作るのか | ゲーム・エンタメ". Toyo Keizai (dalam bahasa Jepang). 21 December 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-14. Diakses tanggal 9 January 2019. 
  166. ^ "Godzilla (1998)". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-17. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  167. ^ "Film #8006: Godzilla". Lumiere. European Audiovisual Observatory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-25. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  168. ^ "Top Ten Mexiko: II. Quartal 2014" [Top Ten Mexico: 2nd Quarter 2014]. Inside Kino (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  169. ^ "Годзилла (1998) — дата выхода в России и других странах" [Godzilla (1998) - Release dates in Russia and other countries]. KinoPoisk (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  170. ^ "1998 Taiwan Box Office". National Chengchi University (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 April 2001. Diakses tanggal 30 November 2018. 
  171. ^ a b c d "영화정보" [Movie Information]. KOFIC (dalam bahasa Korea). Korean Film Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-25. Diakses tanggal 26 August 2019. 
  172. ^ "Godzilla (2014)". The Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-08. Diakses tanggal March 13, 2020. 
  173. ^ "Godzilla (2014) - United States". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  174. ^ "年度票房" [Annual Box Office]. Endata (dalam bahasa Tionghoa). EntGroup. 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-09. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  175. ^ "Godzilla (2014)". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-20. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  176. ^ "Die erfolgreichsten Filme des Jahres 2014 in 43 Ländern" [The Most Successful Films of 2014 in 43 Countries]. Inside Kino (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  177. ^ "Film #46829: Godzilla". Lumiere. European Audiovisual Observatory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-18. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  178. ^ "Годзилла (2014) — дата выхода в России и других странах" [Godzilla (2014) - Release dates in Russia and other countries]. KinoPoisk (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  179. ^ "Godzilla (2014) - Brazil". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  180. ^ "Godzilla (2014)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-28. Diakses tanggal 2 May 2020. 
  181. ^ "Godzilla: King of the Monsters (2019)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-29. Diakses tanggal September 3, 2019. 
  182. ^ "Godzilla: King of the Monsters (2019) – Domestic Total Est. Tickets". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 3 September 2019. 
  183. ^ "Movies With Box Office Gross Receipts Exceeding 1 Billion Yen". Eiren. Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-07. Diakses tanggal 17 February 2019. 
  184. ^ "Top Ten CHINA 2019". Inside Kino (dalam bahasa Jerman). 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  185. ^ "Годзилла 2: Король монстров — дата выхода в России и других странах" [Godzilla: King of the Monsters - Release dates in Russia and other countries]. KinoPoisk (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  186. ^ "Godzilla: King of the Monsters (2019)". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  187. ^ "Godzilla: King of the Monsters". Lumiere. European Audiovisual Observatory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-19. Diakses tanggal 6 April 2022. 
  188. ^ "Top Ten MEXIKO 2019". Inside Kino (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-05. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  189. ^ "Godzilla: King of the Monsters - Brazil". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  190. ^ Hibberd, James (August 14, 2019). "The 17 biggest summer box office winners and losers of 2019". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 14, 2019. Diakses tanggal August 14, 2019. 
  191. ^ "Godzilla: King of the Monsters". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal August 24, 2019. 
  192. ^ D'Alessandro, Anthony (June 1, 2019). "'Godzilla: King' Of The B.O. With $51M+, 'Rocketman' Still Standing With $23M+, 'Ma' At $18M+". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-31. Diakses tanggal June 1, 2019. 
  193. ^ "Godzilla King of the Monsters goofs up, forgets to remove cameraperson from first clip". Hindustan Times. July 20, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 18, 2019. Diakses tanggal December 28, 2018. 
  194. ^ Rubin, Rebecca (June 2, 2019). "'Godzilla: King of the Monsters': Inside a Fading Franchise". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 3, 2019. Diakses tanggal June 3, 2019. 
  195. ^ "Godzilla vs. Kong (2021)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal June 1, 2021. 
  196. ^ "Godzilla vs. Kong - United States". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  197. ^ "Godzilla vs Kong". Endata (dalam bahasa Tionghoa). EntGroup. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  198. ^ "Top Ten MEXIKO 2021". Inside Kino (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  199. ^ "Godzilla vs. Kong - Russia". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-01. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  200. ^ "Godzilla vs. Kong". Lumiere. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-24. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  201. ^ "Top Ten JAPAN 2021". Inside Kino (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-03. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  202. ^ "Godzilla vs. Kong - Brazil". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  203. ^ "Godzilla vs. Kong (2021)". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal June 1, 2021. 
  204. ^ Rubin, Rebecca; Lang, Brent (December 7, 2020). "'Dune' Producer Legendary Entertainment May Sue Warner Bros. Over HBO Max Deal". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 7, 2020. Diakses tanggal December 7, 2020. Legendary membiayai sebagian besar "Dune", yang menelan biaya sekitar $175 juta, dan "Godzilla vs. Kong", yang memiliki label harga sekitar $160 juta. 
  205. ^ Umberto Gonzalez (December 7, 2020). "'Dune' and 'Godzilla vs Kong' Producer Legendary Considers Lawsuit Against Warner Bros. Over HBO Max Deal". The Wrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 7, 2020. Diakses tanggal December 7, 2020. Warner percaya bahwa ia memiliki hak untuk beralih ke siaran alir di bawah perjanjian distribusi yang ada dengan Legendary, menurut salah satu orang dalam, tetapi sebagian besar risiko film "Godzilla" senilai $165 juta terletak pada produser, bukan studio. 
  206. ^ Masters, Kim; Kit, Borys (January 8, 2021). "Warner Bros., Legendary Nearing Deal to Resolve Clash Over 'Godzilla vs. Kong' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 9, 2021. Diakses tanggal January 8, 2021. 
  207. ^ D'Alessandro, Anthony (January 15, 2021). "'Godzilla Vs. Kong' Jumps Up To March In HBO Max & Theatrical Debut". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 16, 2021. Diakses tanggal January 19, 2021. 
  208. ^ Max Evry (February 22, 2021). "CS Visits the Australia Set of Godzilla vs. Kong!". Comingsoon.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 23, 2021. Diakses tanggal February 22, 2021. 
  209. ^ "Godzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-27. Diakses tanggal June 29, 2017. 
  210. ^ "Godzilla (1954) Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-15. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  211. ^ "Godzilla, King of the Monsters!". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-26. Diakses tanggal June 24, 2019. 
  212. ^ "Godzilla, King of the Monsters! (1956) Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-08. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  213. ^ "Godzilla Raids Again". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-02. Diakses tanggal 2023-06-02. 
  214. ^ "King Kong vs. Godzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-17. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  215. ^ "Mothra vs. Godzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-02. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  216. ^ "Ghidrah, The Three-Headed Monster". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-20. Diakses tanggal 15 July 2017. 
  217. ^ "Invasion of Astro-Monster". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-26. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  218. ^ "Ebirah, Horror of the Deep". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-02. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  219. ^ "Son of Godzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-13. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  220. ^ "Destroy All Monsters". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-26. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  221. ^ "Godzilla's Revenge". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-20. Diakses tanggal 26 June 2019. 
  222. ^ "Godzilla vs. Hedorah". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-24. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  223. ^ "Godzilla vs Gigan". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-01. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  224. ^ "Godzilla vs. Megalon". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-21. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  225. ^ "Godzilla vs Mechagodzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-21. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  226. ^ "Terror of Mechagodzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-11. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  227. ^ "Godzilla 1985". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  228. ^ "Godzilla vs Biollante". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-10. Diakses tanggal 6 July 2019. 
  229. ^ "Godzilla vs. King Ghidorah". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-21. Diakses tanggal 6 July 2019. 
  230. ^ "Godzilla vs Mothra". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-22. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  231. ^ "Godzilla vs. Mechagodzilla II". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-14. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  232. ^ "Godzilla vs. Space Godzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-20. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  233. ^ "Godzilla vs. Destoroyah". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-12. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  234. ^ "Godzilla 1998". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-13. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  235. ^ "Godzilla (1998)". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-08. Diakses tanggal 5 July 2019. 
  236. ^ "Godzilla 2000". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-21. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  237. ^ "Godzilla 2000". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-02. Diakses tanggal 5 July 2019. 
  238. ^ "Godzilla vs Megaguirus". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-20. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  239. ^ "Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-23. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  240. ^ "Godzilla Against Mechagodzilla". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-07. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  241. ^ "Godzilla: Tokyo S.O.S." Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-18. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  242. ^ "Godzilla: Final Wars". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-23. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  243. ^ "Godzilla (2014)". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-03. Diakses tanggal 4 April 2021. 
  244. ^ "Godzilla reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-02. Diakses tanggal May 12, 2014. 
  245. ^ "Shin Godzilla (2016)". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-19. Diakses tanggal 4 April 2021. 
  246. ^ "Shin Godzilla". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-23. Diakses tanggal July 5, 2019. 
  247. ^ "Godzilla: Planet of the Monsters". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-02. Diakses tanggal 5 May 2022. 
  248. ^ "Godzilla: City on the Edge of Battle". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-02. Diakses tanggal 5 May 2022. 
  249. ^ "Godzilla: The Planet Eater". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-02. Diakses tanggal 5 May 2022. 
  250. ^ "Godzilla: King of the Monsters (2019)". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-20. Diakses tanggal April 4, 2021. 
  251. ^ "Godzilla: King of the Monsters reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-28. Diakses tanggal May 28, 2019. 
  252. ^ "Godzilla vs. Kong". Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-18. Diakses tanggal May 12, 2023. 
  253. ^ "Godzilla vs. Kong". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-20. Diakses tanggal May 12, 2023. 
  254. ^ a b Ryfle 1998, hlm. 192 & 193.
  255. ^ Toole, Mike (June 2, 2021). "Mike Toole Presents: A Crash Course in Godzilla Cartoons". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  256. ^ Brzeski, Patrick (November 3, 2022). "New 'Godzilla' Movie Coming Next Year From Japan's Toho". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  257. ^ Del Rosario, Alexandria (October 6, 2020). "'Godzilla Singular Point': Netflix Announces New Original Godzilla Anime Series For 2021". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 6, 2020. Diakses tanggal October 7, 2020. 
  258. ^ Mateo, Alex (May 18, 2021). "Godzilla Singular Point Anime Debuts on Netflix Outside of Japan on June 24". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal May 18, 2021. 
  259. ^ Milligan, Mercedes (April 11, 2023). "Mini-Monster Mayhem Returns in 'Chibi Godzilla Raids Again'!". Animation Magazine. Diakses tanggal April 16, 2023. 
  260. ^ Plumb, Alastair (May 14, 2014). "From The Simpsons To Shrek 2: A History Of Godzilla In Pop Culture". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  261. ^ Loveridge, Lynzee (October 24, 2015). "Homer Spoofs Godzilla in Sunday's Simpsons Halloween Episode". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  262. ^ Ryfle 1998, hlm. 209.
  263. ^ Oddo, Marco Vito (June 2, 2022). "Classic 'Godzilla' Animated Series to be Re-Released For Free After 40 Years". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  264. ^ Jasper, Gavin (June 1, 2019). "MST3K: A Guide to the Giant Monster Movies of Mystery Science Theater 3000". Den of Geek. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  265. ^ "No Godzooky! Everything You Didn't Know About Godzilla: The Series". Syfy Wire. July 23, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  266. ^ Aiken, Keith (April 5, 2006). "Hanna-Barbera's Godzilla Comes to DVD". SciFi Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  267. ^ Oddo, Marco Vito (June 2, 2022). "Classic 'Godzilla' Animated Series to be Re-Released For Free After 40 Years". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2023. Diakses tanggal January 28, 2023. 
  268. ^ "Godzilla-kun – The Cutting Room Floor". tcrf.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-12. Diakses tanggal 2023-06-10. 
  269. ^ Bolt, Neil (May 22, 2019). "King of the Consoles: 7 of the Best 'Godzilla' Games". Bloody Disgusting. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2021. Diakses tanggal October 19, 2021. 
  270. ^ "Godzilla for PlayStation 4". Gamestop. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-17. Diakses tanggal May 30, 2015. 
  271. ^ "Godzilla". Stern. September 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2021. Diakses tanggal October 18, 2021. 
  272. ^ Leone, Matt (April 21, 2022). "Call of Duty: Warzone getting Godzilla and King Kong crossover". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2022. Diakses tanggal April 21, 2022. 
  273. ^ "GigaBash Godzilla Collaboration Teases the King of the Monsters". 15 September 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-08. Diakses tanggal 2023-06-10. 
  274. ^ "Dud 'Godzilla' Still Music To Sony's Ears". New York Daily News. July 22, 1998. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 22, 2015. Diakses tanggal September 22, 2015. 
  275. ^ Lihat Come with Me (lagu Puff Daddy) § Sertifikasi
  276. ^ "B'z、さらなる記録更新へ!ニューアルバムリリース決定!". Oricon News (dalam bahasa Jepang). Oricon. 2006-05-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  277. ^ Punk Rock Is Dead
  278. ^ "Biotech Is Godzilla Lyrics – Sepultura". lyricsfreak.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  279. ^ Whitacre, Eric. "Godzilla Eats Las Vegas!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-28. Diakses tanggal 2 November 2020. 
  280. ^ "Gojira: Biography". allmusic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-05. Diakses tanggal January 14, 2018. 
  281. ^ Isobe, Masanori (January 14, 2022). "Pacific undersea province given name 'Godzilla Megamullion'". The Asahi Shimbun. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 15, 2022. Diakses tanggal January 15, 2022. 
  282. ^ Terrence Rafferty (May 2, 2004). "The Monster That Morphed Into a Metaphor". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-13. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  283. ^ a b c Lankes, Kevin (June 22, 2014). "Godzilla's Secret History". Huffington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-17. Diakses tanggal March 19, 2018. 
  284. ^ Goldstein, Rich (May 18, 2014). "A Comprehensive History of Toho's Original Kaiju (and Atomic Allegory) Godzilla". Daily Beast. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-24. Diakses tanggal March 19, 2018. 
  285. ^ a b Grebey, James (28 May 2019). "The history of Ghidorah, Godzilla's rival for the title of King of the Monsters". Syfy Wire. NBCUniversal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-08. Diakses tanggal 27 May 2020. 
  286. ^ Ebert, Roger (2013). Ebert's Bigger Little Movie Glossary. Andrews McMeel Publishing. hlm. 22. ISBN 978-0-7407-9246-5. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  287. ^ Glut, Donald F. (2001). "Godzilla, Saurian Superhero". Jurassic Classics: A Collection of Saurian Essays and Mesozoic Musings. McFarland & Company. hlm. 225–229 (225). ISBN 978-0-7864-6246-9. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  288. ^ Kogan, Rick (September 15, 1985). "'It Was A Long Time Coming, But Godzilla, This Is Your Life". Chicago Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-05. Diakses tanggal 22 May 2020. 
  289. ^ "The Beast Transforms into a Beauty as Godzilla Becomes the Brigitte Bardot – Sea Shepherd Conservation Society". Seashepherd.org. 2011-05-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-03. Diakses tanggal 2013-10-16. 
  290. ^ Ryfle 1998, hlm. 15.
  291. ^ Ryfle 1998, hlm. 17.
  292. ^ Freer, Ian (2001). The Complete SpielbergPerlu mendaftar (gratis). Virgin Books. hlm. 48. ISBN 9780753505564. 
  293. ^ Derry, Charles (1977). Dark Dreams: A Psychological History of the Modern Horror FilmPerlu mendaftar (gratis). A. S. Barnes. hlm. 82. ISBN 9780498019159. 
  294. ^ Kalat, David (2017). A Critical History and Filmography of Toho's Godzilla Series, 2d ed. McFarland & Company. hlm. 318. ISBN 978-1-4766-3265-0. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-21. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  295. ^ Horvat, Andrew (31 August 1979). "Hero Of Nuclear Accident: Godzilla Will Make a Comeback". The Los Angeles Times. hlm. 132. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-04. Diakses tanggal 22 May 2020. 
  296. ^ Kalat, David (2017). A Critical History and Filmography of Toho's Godzilla Series, 2d ed. McFarland & Company. hlm. 257. ISBN 978-1-4766-3265-0. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. Kegagalan film-film akhir tahun tujuh puluhan merupakan batu sandungan yang perlu diatasi. Lisensi citra monster untuk barang dagang telah berubah menjadi industri US$33 juta-per tahun. 
  297. ^ "Godzilla Returns in New Movie". The Town Talk. November 29, 1984. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-27. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  298. ^ Tsutsui, William M. (2017). Godzilla on My Mind: Fifty Years of the King of Monsters. St. Martin's Publishing Group. hlm. 171. ISBN 978-1-137-05557-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  299. ^ Mason, Doug (November 12, 1986). "Godzilla? Yup". Chicago Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-21. Diakses tanggal 22 May 2020. 
  300. ^ Tsutsui, William M. (2017). Godzilla on My Mind: Fifty Years of the King of Monsters. St. Martin's Publishing Group. hlm. 153. ISBN 978-1-137-05557-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  301. ^ Ryfle, Steve (August 17, 1995). "Godzilla Lives!". Chicago Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-04. Diakses tanggal 22 May 2020. 
  302. ^ King, Geoff (2002). New Hollywood Cinema: An Introduction. I.B. Tauris. hlm. 72. ISBN 9781860647505. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  303. ^ "在日本,地位最高的动漫是哆啦a梦么?". Taojinjubao. Character Databank (CharaBiz). 2018-01-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-09. Diakses tanggal 2019-01-10. 
  304. ^ 『日経MJ』2017年11月24日付、3頁。
  305. ^ 『日経エンタテインメント!』2018年4月号、45頁。
  306. ^ Ryfle 1998, hlm. 47.
  307. ^ "Walk of Fame (2004)". imdb.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-26. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  308. ^ Siegemund-Broka, Austin (August 14, 2014). "Legendary's 'Godzilla' to Receive Japanese Governmental Award". Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-24. Diakses tanggal January 19, 2016. 
  309. ^ "日本アカデミー賞公式サイト". Japan Academy Prize. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-02. Diakses tanggal 2023-06-15. 
  310. ^ William Tsutsui (2004) "Godzilla on My Mind", p,8.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]