Kamen Rider

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Serial Kamen Rider)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kamen Rider Series
Kamen rider eurodata.png
Sebuah Patung Kamen Rider 1 di halaman depan Gedung Kantor Bandai di Taitō, Tokyo
Diciptakan olehShotaro Ishinomori
Ishimori Productions
Toei Company
Karya asliKamen Rider
PemilikIshimori Productions
TV Asahi (1971–1975, Era Shōwa, hingga penanyangan Amazon, 2000-sekarang, Era Heisei)
MBS/TBS (1975-1989, Era Shōwa, dari penanyangan Stronger hingga penanyangan Black RX)
ADK (2000-sekarang)
Toei Company
Toei Advertising (1979–sekarang)
Film dan televisi
FilmSee below
Serial televisiSee below
Permainan
TradisionalRangers Strike
Permainan videoKamen Rider Battle: Ganbaride
Kamen Rider: Climax Heroes
All Kamen Rider: Rider Generation
Kamen Rider: Battride War
Audio
Musik asliRider Chips
Kamen Rider Girls
Dan lain-lain
MainanSuper Imaginative Chogokin
Souchaku Henshin
S.H. Figuarts
Mainly sponsored byBandai
McDonald's
Seiban Ltd. (Untuk merek Tas Seiban)
Otsuka Pharmaceutical Company (untuk Oronamin C)
Shogakukan
Kodansha
Situs resmi
www.kamen-rider-official.com

Serial Kamen Rider atau dalam bahasa Jepang aslinya Kamen Rider Series (仮面ライダーシリーズ, Kamen Raidā Shirīzu, terjemahan resmi: Masked Rider Series)—sempat diterjemahkan menjadi "Ksatria Baja" ketika ditayangkan di Indonesia— adalah sebuah Waralaba media untuk Manga dan program Televisi dan filmtokusatsu, yang di ciptakan oleh Seorang Artis Manga, Shotaro Ishinomori. Kamen Rider adalah serial yang bertemakan Pahlawan super yang selalu mengendarai Sepeda motor dan bermotif Serangga melawan organisasi Penjahat super, yang dikenal sebagai kaijin (怪人). Waralaba ini pertama kali menanyangkan serial televisi Kamen Rider di tahun 1971, dimana seorang mahasiswa yang bernama Takeshi Hongo dan usahanya untuk mengalahkan organisasi penakluk dunia, Shocker. Popularitasnya berkembang; serial asli melanjutkan sekuel televisi dan film dan meluncurkan Ledakan Kaiju Kedua (juga dikenal sebagai Boom Henshin) di televisi Jepang selama awal 1970-an, yang berdampak pada superhero dan genre aksi-petualangan lainnya di Jepang.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Era Showa[sunting | sunting sumber]

Di Produseri oleh Toru Hirayama (平山 亨, Hirayama Tōru) dan di dirancang oleh Shotaro Ishinomori (kreator waralaba Cyborg 009),, Kamen Rider pertama kali tayang pada tanggal 03 April 1971, awalnya dimaksudkan sebagai adaptasi dari Manga Ishinomori Skull Man. Dia dan Hirayama mendesain ulang karakter utama agar menyerupai seekor Belalang. Sang pahlawan Takeshi Hongo, yang diperankan oleh Aktor dan Stuntman Hiroshi Fujioka digambarkan sebagai manusia bisa berubah menjadi transformed human (改造人間, kaizō ningen) (cyborg). Selama pembuatan film episode 10, Fujioka mengalami kecelakaan yang menyebabkan dia terlempar dari motornya selama syuting dan melukai kedua kakinya. Karakternya di ganti sampai diperkenalkannya karakter lain, Hayato Ichimonji (diperankan oleh Takeshi Sasaki pada episode 14. Kembalinya Fujioka sebagai Takeshi Hongo di episode 53 menyatukan dua aktor dan Kamen Rider 1 dan 2 muncul di setiap pertunjukan paruh pertama seri pada era Shōwa. Serial ini tayang dari April 1971 hingga Januari 1976 (Kamen Rider, V3, X, Amazon, Stronger) termasuk karakter mentornya, Tobei Tachibana.

Setelah empat tahun hiatus setelah berakhirnya tayang serial Kamen Rider Stronger, waralaba tersebut kembali ke siaran televisi pada Oktober 1979 selama dua tahun bersama serial The New Kamen Rider dan Kamen Rider Super-1. Dalam pertunjukkan ini, Tachibana digantikan oleh karakter yang serupa bernama Genjiro Tani (谷 源次郎, Tani Genjirō). Serial terbaru tahunan berakhir hiatus selama tahun 1980-an, diselingi oleh Kamen Rider ZX pada acara special Kelahiran ke-10! Semua Kamen Rider Bersama-sama!!. (Proyek terakhir Hirayama untuk waralaba ini).

Serial Ksatria Baja Hitam tayang perdana pada tahun 1987, serial ini tidak melibatkan hubungan dengan para Ksatria pendahulunya. Ksatria Baja Hitam adalah waralaba pertama yang memiliki sekuel serial: Ksatria Baja Hitam RX, yang menjadi dasar cerita dari Adaptasi Amerika Masked Rider. Pada episode terakhir KBH RX, sepuluh Ksatria kembali untuk membantu Baja Hitam RX untuk mengalahkan Crisis Empire. Ksatria Baja Hitam RX adalah pertunjukan terakhir yang diproduksi selama era Shōwa, dengan waralaba yang melanjutkan produksi pada akhir abad ke-20. Ksatria Baja Hitam telah dibuatkan dalam bentuk Novel dan digambarkan ulang dari kelanjutan serial Ksatria Baja Hitam RX. Absen dari televisi selama tahun 90-an, waralaba tersebut tetap hidup melalui pertunjukan panggung, CD musikal, dan film Shin, ZO, dan J.

Era Heisei Fase Pertama[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 1999, Toei mengumumkan proyek terbaru Kamen Rider Kuuga.Kuuga adalah bagian dari kebangkitan Ishinomori pada tahun 1997 waralaba Kamen Rider dalam persiapan untuk peringatan 30 tahun, tetapi dia meninggal dunia sebelum pertunjukan itu terwujud. Selama musim panas 1999, Kuuga dipromosikan melalui iklan majalah dan iklan TV. Pada 30 Januari 2000, Kamen Rider Kuuga tampil perdana dengan dibintangi oleh pendatang baru Joe Odagiri.

Pada tahun 2005, film Kamen Rider The First dirilis. Di tulis oleh Toshiki Inoue, film ini menata kembali manga dan serial televisi asli dan karakter dari serial asli beserta diubah alur ceritanya agar sesuai dengan zaman berdasarkan waktu film. Diperankan oleh Masaya Kikawada sebagai Takeshi Hongo dan Hassei Takano (sebelumnya berperan sebagai Miyuki Tezuka/Kamen Rider Raia dalam serial Kamen Rider Ryuki) sebagai Hayato Ichimonji. Di lanjutkan dengan sekuelnya yang tayang pada 2007, Kamen Rider The Next yang mengambil adaptasi dari serial Kamen Rider V3, diperankan oleh Kazuki Kato (sebelumnya berperan sebagai Daisuke Kazama/Kamen Rider Drake dalam serial Kamen Rider Kabuto) sebagai Shiro Kazami dan dengan Kikawada dan Takano mengulangi kembali peran mereka.

Serial ke-delapan, Kamen Rider Den-O tayang di tahun 2007. Berbeda dari seri Kamen Rider sebelumnya, serial ini memperkenalkan seorang pengendara yang tidak yakin pada dirinya sendiri. Seri ini memiliki kendaraan besar, DenLiner: sebuah Kereta Peluru yang bisa menjelajahi waktu. Meskipun seri ini hanya memiliki dua ksatria (Den-O dan Zeronos), mereka memiliki beberapa bentuk yang mirip dengan kekuatan Ksatria Baja Hitam RX, Kuuga, dan Agito. Karena popularitas Den-O, gabungan film kedua dengan seri 2008 Kamen Rider Kiva dirilis pada 12 April 2008. Film ini berada di puncak pada saat pekan pembukaannya,[2] menghasilkan pendapatan 730 Juta Yen.[3] Sebagai tambahan, Animate memproduseri sebuah OVA, Imagin Anime dengan versi SD dari karakter Imagin. Film ketiganya Saraba Kamen Rider Den-O: Final Countdown (dengan dua ksatria barunya) adalah epliog untuk serial ini.[3] Menurut Takeru Satoh, yang menjadi Karakter utama dalam Serial dan film ini menyatakan bahwa kunci sukses dalam serial ini adalah Humor.[4]

Seri 2009, Kamen Rider Decade, diperingati sebagai ulang tahun ke 10 Waralaba serial yang tayang pada era Heisei. Serial ini menampilkan penyanyi jepang, Gackt yang menyanyikan lagu pembuka serial dengan judul "Journey Through the Decade" dan lagu tema film ("The Next Decade") dan bercanda untuk menyatakan minat bermain sebagai penjahat di acara itu.[5] Diumumkan juga pada tahun 2009 adalah film Keempat Den-O[6] (Kemudian terungkap sebagai awal dari seri film Cho-Den-O),[7] dimulai dari Cho Kamen Rider Den-O & Decade Neo Generations: The Onigashima Warship. Dalam majalah Kindai edisi Maret 2009, bintang dari Serial Kamen Rider Decade, Masahiro Inoue mengatakan serial tersebut dijadwalkan hanya memiliki 30 episode.

Era Heisei Fase Kedua[sunting | sunting sumber]

Iklan pada bulan Mei, Juni, dan Juli 2009 mempromosikan debut Kamen Rider W,[8] who first appeared at the 10th-anniversary Masked Rider Live event[9] yang pertama kali muncul di pertunjukan Masked Rider Live ke-10, dan muncul pada film Kamen Rider Decade: All Riders vs. Dai-Shocker. Staf W mengatakan bahwa mereka berencana untuk membuat 10 tahun lebih dari Kamen Rider, membedakan seri berikutnya dari Kuuga melalui periode Decade (termasuk penggantian jadwal siaran baru dari September satu tahun hingga sekitar Agustus berikutnya). Kamen Rider W adalah Kamen Rider pertama yang berubah dari dua orang menjadi satu tubuh[8] dan serial ini tayang perdana pada 6 September 2009.[10] Melanjutkan ke tahun 2010 dengan film Kamen Rider × Kamen Rider W & Decade: Movie War 2010 W tayang dari September 2009 hingga September 2010, bukan seperti serial sebelumnya dari Januari hingga Januari. Film saga dari seri Cho Den-O, yang dikenal dengan Kamen Rider × Kamen Rider × Kamen Rider The Movie: Cho-Den-O Trilogy dirilis pada tahun 2010.[11] Akhir tahun 2010, Kamen Rider OOO dirilis setelah serial Kamen Rider W tamat, dan di tahun 2011 diperingati 40 tahun dari waralaba tersebut. Perayaan tersebut memperkenalkan sebuah Idol Grup Kamen Rider Girls, Film OOO, Den-O, All Riders: Let's Go Kamen Riders (rilis tanggal 1 April) dan Suksesor Kamen Rider OOO, Kamen Rider Fourze, yang mereferensikan ksatria sebelumnya ke dalam nama karakter dan plotnya. Gabungan film, Kamen Rider × Super Sentai: Super Hero Taisen, yang dirilis pada tahun 2012 melibatkan semua Kamen Rider dan Super Sentai hingga saat ini.[12]

Dengan tamatnya serial Fourze di tahun 2012, Kamen Rider Wizard pertama kali tayang dengan karakter utamanya mengunakan ilmu sihir.[13] Wizard pertama kali memperkenalkan karakter dan Pemeran Homoseksual yang diperankan oleh Kaba-chan.[14] Film Kamen Rider × Super Sentai × Uchuu Keiji: Super Hero Taisen Z adalah sekuel dari Super Hero Taisen dengan melibatkan karakter dari serial Metal Hero dari film Uchuu Keiji Gavan: The Movie dan karakter lain ciptaan Shotaro Ishinomori tampil pada Kamen Rider × Kamen Rider Wizard & Fourze: Movie War Ultimatum dirilis pada tahun 2013.

Pada 20 Mei 2013, Toei mengajukan beberapa merek dagang dengan judul Kamen Raidā Gaimu (仮面ライダー鎧武(ガイム)).[15] Kamen Rider Gaim ditampilkan pada tanggal 25 Juli 2013 mengungkapkan dengan tema Zaman Sengoku dan bermotif Buah-Buahan,dengan cerita para Kamen Rider bersaing satu sama lain dan Gen Urobuchi sebagai Penulis Utama dalam serial ini.[16][17] Film ketiga Super Hero Taisen, Heisei Rider vs. Showa Rider: Kamen Rider Taisen feat. Super Sentai, menandai ulang tahun ke-15 serial Kamen Rider era Heisei dengan melibatkan konfilk antara 15 Ksatria era Showa dan 15 Ksatria era Heisei dengan Kamen Rider Fifteen dan penampilan cameo oleh ToQgers dan Kyoryugers. Film ini juga menandai dimulainya Haruyasumi Gattai Supesharu (春休み合体スペシャル, Spring Break Combined Special) yang melibatkan setiap tahun Kamen Rider yang bekerja sama dengan tim Super Sentai saat ini dalam sebuah kisah yang berkaitan dengan entri tahun itu dalam seri film Super Hero Taisen. Setelah Gaim tamat di tahun 2014, diperkenalkannya serial Kamen Rider Drive yang mana Kamen Rider pertama sejak Ksatria Baja Hitam RX (yang juga menggunakan sepeda motor), menggunakan mobil daripada sepeda motor.[18][19][20][21][22][23][24][25][26] Film keempat seri Super Hero Taisen, Super Hero Taisen GP: Kamen Rider 3 memperkenalkan Kamen Rider 3 untuk pertama kalinya diadaptasikan ke dalam Live-Action dari manga Showa Kamen Rider. Kamen Rider Ghost diperkenalkan pada tahun 2015. Pada tahun 2016 seri Kamen Rider merayakan hari jadinya yang ke 45, dan Toei merilis film Kamen Rider 1 pada tanggal 26 Maret 2016.[27] Kamen Rider Ex-Aid diperkenalkan pada tahun 2016 dan pertama kali serial ini mempunyai karakter Kiriya Kujo yang bisa berubah menjadi motor utama Ksatria. Film Kamen Rider Heisei Generations: Dr. Pac-Man vs. Ex-Aid & Ghost with Legendary Rider diluncurkan pada tanggal 16 Desember 2016 dengan melibatkan karakter game Pac-Man, karakter asli ciptaan Namco yang merger dengan Bandai pada tahun 2006. Setelah Ex-Aid tamat, Kamen Rider Build tayang perdana pada 3 September 2017.[28] Seri kedua puluh dan terakhir dari era Heisei, Kamen Rider Zi-O yang memperingati 20 tahun era Heisei, ditayangkan perdana pada 2 September 2018. Pada tanggal 22 Desember 2018, sebuah film untuk memperingati semua Ksatria Era Heisei berjudul Kamen Rider Heisei Generations Forever ditayangkan perdana di bioskop Jepang.

Era Reiwa[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Mei 2019, Toei mengajukan merek dagang dengan nama Kamen Rider Zero-One (仮面ライダーゼロワン Kamen Raidā Zerowan).[29]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Urban train with a Kamen rider on the front
KeretaSeri 205 melewati Jalur Senseki dengan Kamen Rider karakter lain ciptaan Shotaro Ishinomori pada badan kereta. Jalur Senseki adalah terminal dari Kampung Ishinomori yang berada di Ishinomaki, Miyagi Prefecture.

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

  • Kamen Rider (仮面ライダー, Kamen Raidā): serial pertama Kamen Rider, ditayangkan mulai tahun 1971 sampai dengan tahun 1973.
Nama pemeran: Takeshi Hongo (diperankan oleh Hiroshi Fujioka), Hayato Ichimonji (diperankan oleh Takeshi Sasaki)
Jumlah episode: 98
Masa tayang: 3 April 1971-10 Februari 1973
  • Kamen Rider V3 (仮面ライダーV3, Kamen Raidā Buisurī): serial kedua dan sekuel dari Kamen Rider, ditayangkan mulai tahun 1973 sampai dengan tahun 1974.
Nama pemeran: Shiro Kazami (diperankan oleh Hiroshi Miyauchi), Joji Yuki (diperankan oleh Takehisa Yamaguchi)
Jumlah episode: 52
Masa tayang: 17 Februari 1973-9 Februari 1974
  • Kamen Rider X (仮面ライダーX, Kamen Raidā Ekkusu): serial ketiga, ditayangkan pada tahun 1974.
Nama pemeran: Keisuke Jin (diperankan oleh Ryo Hayami)
Jumlah episode: 35
Masa tayang: 16 Februari 1974-12 Oktober 1974
Nama pemeran: Daisuke Yamamoto (diperankan oleh Toru Okazaki)
Jumlah episode: 24
Masa tayang: 19 Oktober 1974-29 Maret 1975
Nama pemeran: Shigeru Jo (diperankan oleh Shigeru Araki)
Jumlah episode: 39
Masa tayang: 5 April 1975-27 Desember 1975
  • Kamen Rider (Skyrider) (仮面ライダー(スカイライダー), Kamen Raidā (Sukairaidā)): serial ke-6 Kamen Rider, setelah 4 tahun dihentikan, merupakan produksi akhir dari Kamen Rider pada periode 1970-an, ditayangkan mulai tahun 1979 sampai dengan tahun 1980.
Nama pemeran: Hiroshi Tsukuba (diperankan oleh Hiroaki Murakami)
Jumlah episode: 54
Masa tayang: 5 Oktober 1979-10 Oktober 1980
  • Kamen Rider Super-1 (仮面ライダースーパー1, Kamen Raidā Sūpā Wan): produksi pertama Kamen Rider pada periode 1980-an, ditayangkan mulai tahun 1980 sampai dengan tahun 1981.
Nama pemeran: Kazuya Oki (diperankan oleh Shunsuke Takasugi)
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 17 Oktober 1980-3 Oktober 1981
Nama pemeran: Kotaro Minami (diperankan oleh Tetsuo Kurata), Nobuhiko Akizaki {diperankan oleh Takahito Horiuchi}
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 4 Oktober 1987-9 Oktober 1988
  • Kamen Rider BLACK RX (仮面ライダーBLACK RX, Kamen Raidā Burakku Aru Ekkusu): serial sekuel dari Kamen Rider BLACK, juga produksi akhir di Periode Shōwa dalam serial televisi.
Nama pemeran: Kotaro Minami (diperankan oleh Tetsuo Kurata)
Jumlah episode: 47
Masa tayang: 23 Oktober 1988-24 September 1989
  • Kamen Rider Kuuga (仮面ライダークウガ, Kamen Raidā Kūga): serial pertama Kamen Rider setelah 11 tahun dan pertama dalam periode Heisei, ditayangkan mulai tahun 2000 sampai dengan tahun 2001.
Nama pemeran: Yuusuke Godai (diperankan oleh Joe Odagiri)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 30 Januari 2000-21 Januari 2001
  • Kamen Rider Agito (仮面ライダーアギト, Kamen Raidā Agito): serial yang diisi 3 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Shoichi Tsugami (diperankan oleh Toshiki Kashu), Makoto Hikawa (diperankan oleh Jun Kaname), Ryo Ashihara (diperankan oleh Yusuke Tomoi)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 28 Januari 2001-27 Januari 2002
  • Kamen Rider Ryuki (仮面ライダー龍騎, Kamen Raidā Ryūki): serial yang diisi 13 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Shinji Kido (diperankan oleh Takamasa Suga), Ren Akiyama (diperankan oleh Satoshi Matsuda), Shuichi Kitaoka (diperankan oleh Ryohei), Takeshi Asakura (diperankan oleh Takashi Hagino), Masashi Sudo (diperankan oleh Takeshi Kimura), Miyuki Tezuka (diperankan oleh Hassei Takano), Jun Shibaura (diperankan oleh Satoshi Ichijo), Satoru Tojo (diperankan oleh Jun Takatsuki), Mitsuru Sano (diperankan oleh Takashi Hyuga), Kamen Rider Odin (pengisi suara oleh Tsuyoshi Koyama), Miho Kirishima (diperankan oleh Natsuki Kato), Mirror Image Shinji Kido (diperankan oleh Takamasa Suga), Itsuro Takamizawa (diperankan oleh Arthur Kuroda)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 3 Februari 2002-19 Januari 2003
  • Kamen Rider 555 (仮面ライダー555(ファイズ), Kamen Raidā Faizu): serial yang berisikan 3 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Takumi Inui (diperankan oleh Kento Handa), Masato Kusaka (diperankan oleh Kohei Murakami), Shuji Mihara (diperankan oleh Atsushi Harada)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 26 Januari 2003-18 Januari 2004
  • Kamen Rider Blade (仮面ライダー剣(ブレイド), Kamen Raidā Bureido): serial yang berisikan 4 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Kazuma Kenzaki (diperankan oleh Takayuki Tsubaki), Sakuya Tachibana (diperankan oleh Kosei Amano), Hajime Aikawa (diperankan oleh Ryoji Morimoto), Mutsuki Kamijo (diperankan oleh Takahiro Hojo)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 25 Januari 2004-23 Januari 2005
  • Kamen Rider Hibiki (仮面ライダー響鬼(ヒビキ), Kamen Raidā Hibiki): serial yang berisikan 7 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Hibiki (diperankan oleh Shigeki Hosokawa), Ibuki (diperankan oleh Joji Shibue), Todoroki (diperankan oleh Shingo Kawaguchi), Zanki (diperankan oleh Kenji Matsuda), Danki (diperankan oleh Makoto Ito), Shuki (diperankan oleh Reiko Kataoka), Kabuki (diperankan oleh Toshinobu Matsuo)
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 30 Januari 2005-22 Januari 2006
  • Kamen Rider Kabuto (仮面ライダーカブト, Kamen Raidā Kabuto): serial yang berisikan 7 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Souji Tendou (diperankan oleh Hiro Mizushima), Arata Kagami (diperankan oleh Yuki Sato), Sou Yaguruma (diperankan oleh Hidenori Tokuyama), Shun Kageyama (diperankan oleh Masato Uchiyama), Daisuke Kazama (diperankan oleh Kazuki Kato), Tsurugi Kamishiro (diperankan oleh Yusuke Yamamoto), Souji Kusakabe (diperankan oleh Hiro Mizushima)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 29 Januari 2006-21 Januari 2007
  • Kamen Rider Den-O (仮面ライダー電王, Kamen Raidā Den'ō): serial yang berisikan 2 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Ryotaro Nogami (diperankan oleh Takeru Sato), Yuto Sakurai (diperankan oleh Yuichi Nakamura)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 28 Januari 2007-20 Januari 2008
  • Kamen Rider Kiva (仮面ライダーキバ, Kamen Raidā Kiba): serial yang berisikan 4 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Wataru Kurenai (diperankan oleh Koji Seto), Keisuke Nago (diperankan oleh Keisuke Kato), Nobori Taiga {diperankan oleh Shouma Yamamoto}, Otoya Kurenai / Masao Kurenai {diperankan oleh Kouhei Takeda}
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 27 Januari 2008-18 Januari 2009
  • Kamen Rider Decade (仮面ライダーディケイド, Kamen Raidā Dikeido): serial yang berisikan 4 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Tsukasa Kadoya (diperankan oleh Masahiro Inoue), Daiki Kaito {diperankan oleh Kimito Totani}, Yuusuke Onodera (diperankan oleh Ryota Murai), Hikari Natsumi (diperankan oleh Kanna Mori)
Jumlah episode: 31
Masa tayang: 25 Januari 2009-30 Agustus 2009
  • Kamen Rider W (仮面ライダーW(ダブル), Kamen Raidā Daburu): serial yang berisikan 3 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Shotaro Hidari (diperankan oleh Renn Kiriyama), Phillip / Raito Sonozaki (diperankan oleh Masaki Suda), Ryu Terui (diperankan oleh Minehiro Kinomoto)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 6 September 2009-29 Agustus 2010
  • Kamen Rider OOO (Kamen Raidaa Ozu): serial yang berisikan 3 Rider sekaligus.
Nama pemeran: Eiji Hino (diperankan oleh Shu Watanabe), Akira Date (diperankan oleh Hiroaki Iwanaga), Shintaro Goto (dipernakan oleh Asaya Kimijima)
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 5 September 2010-28 Agustus 2011
Nama pemeran: Gentarou Kisaragi (diperankan oleh Sota Fukushi), Ryusei Sakuta (diperankan oleh Ryo Yoshizawa)
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 4 September 2011-26 Agustus 2012
Nama pemeran: Haruto Sohma (diperankan oleh Shunya Shiraishi), Kousuke Nitoh (diperankan oleh Tasuku Nagase)
Jumlah episode: 53
Masa tayang: 2 September 2012-29 September 2013
Nama pemeran: Kota Sakuraba (diperankan oleh Gaku Sano), Kaito Kumon (diperankan oleh Yutaka Kobayashi), Mitsuzane Kureshima (diperankan oleh Mahiro Takasugi), Takatora Kureshima (diperankan oleh Yuki Kubota), Zack (diperankan oleh Gaku Matsuda), Ryoji Hase (diperankan oleh Atsushi Shiramata), Hideyasu Jonouchi (diperankan oleh Ryo Matsuda), Ryoma Sengoku (diperankan oleh Tsunenori Aoki), Yoko Minato (diperankan oleh Minami Tsukui), Oren Pierre Alfonso (diperankan oleh Metal Yoshida, Sid (diperankan oleh Kazuki Namioka)
Jumlah episode: 47
Masa Tayang: 6 Oktober 2013-28 september 2014
Nama pemeran: Shinnosuke Tomari (diperankan oleh Ryoma Takeuchi), Go Shiima (diperankan oleh Yu Inaba), Chase atau Mashin Chaser (diperankan oleh Taiko Katono)
Jumlah episode: 48
Masa Tayang: 5 Oktober 2014-27 September 2015
Nama Pemeran: Takeru Tenkuji (diperankan oleh Shun Nishime), Makoto Fukami (diperankan oleh Ryosuke Yamamoto), Alain (diperankan oleh Hayato Isomura)
Jumlah episode: 50
Masa Tayang: 4 Oktober 2015-25 September 2016
Nama Pemeran: Emu Hojo (diperankan oleh Hiroki Ijima), Hiiro Kagami (diperankan oleh Toshiki Seto), Taiga Hanaya (diperankan oleh Ukyo Matsumoto), Kuroto Dan (diperankan oleh Tetsuya Iwanaga), Kiriya Kujo (diperankan oleh Hayato Onozuka), Asuna Korino (diperankan oleh Ruka Matsuda), Parado (diperankan oleh Shouma Kai), Masamune Dan (diperankan oleh Hiroyuki Takami
Jumlah episode: 45
Masa Tayang: 2 Oktober 2016-27 Agustus 2017
Nama Pemeran: Sento Kiryu (diperankan oleh Atsuhiro Inukai), Banjo Ryuga (diperankan oleh Eiji Akaso), Kazumi Sawatari (diperankan oleh Kouhei Takeda), Gentoku Himuro (diperankan oleh Kensei Mikami)
Jumlah episode: 49
Masa Tayang: 3 September 2017-26 Agustus 2018
Nama Pemeran: Sougo Tokiwa (diperankan oleh So Okuno), Geiz Myokoin (diperankan oleh Gaku Oshida), Woz (diperankan oleh Keisuke Watanabe)
Jumlah episode: masih tayang
Masa Tayang: 2 September 2018-sekarang

Televisi spesial[sunting | sunting sumber]

Periode Shōwa
Periode Heisei

Film Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Periode Shōwa
Periode Heisei

Rilisan V-Cinema[sunting | sunting sumber]

Periode Heisei
  • 1992: Shin Kamen Rider: Prologue
  • 1993: Kamen Rider SD - adaptasi anime
  • 1993: Ultraman vs. Kamen Rider
  • 2011: Kamen Rider W Returns
    • Kamen Rider Accel Chapter
    • Kamen Rider Eternal Chapter
  • 2015: Kamen Rider Gaim Gaiden
    • First Part
      • Kamen Rider Zangetsu Chapter
      • Kamen Rider Baron Chapter
    • Second Part
      • Kamen Rider Duke Chapter
      • Kamen Rider Knuckle Chapter
  • 2017: Kamen Rider Ghost Re-Birth: Kamen Rider Specter
  • 2018: Kamen Rider Ex-Aid Trilogy: Another Ending
    • Brave & Snipe Chapter
    • Para-DX with Poppy Chapter
    • Genm vs. Lazer Chapter
  • 2019: Kamen Rider Build New World
    • First Part
      • Kamen Rider Cross-Z Chapter
    • Second Part
      • Kamen Rider Grease Chapter

Hyper Battle Videos[sunting | sunting sumber]

  • 2000: Kamen Rider Kuuga: Versus the Strong Monster Go-Jiino-Da
  • 2001: Kamen Rider Agito: Three rider TV-kun Special
  • 2002: Kamen Rider Ryuki Hyper Battle: Kamen Rider Ryuki Versus Kamen Rider Agito
  • 2003: Kamen Rider 555: The Musical
  • 2004: Kamen Rider Blade: Blade vs Blade
  • 2005: Kamen Rider Hibiki: Asumu Henshin: You can be an Oni too
  • 2006: Kamen Rider Kabuto: Birth! Gatack Hyper Form!
  • 2007: Kamen Rider Den-O: Singing, Dancing, Great Time!!
  • 2008: Kamen Rider Kiva: You Can Also be Kiva
  • 2009: Kamen Rider Decade: Protect! <The World of TV-Kun>
  • 2010: Kamen Rider Double: Donburi's α/Farewell Recipe of Love
  • 2011: Kamen Rider OOO: Quiz, Dance, and Takagaboora
  • 2012: Kamen Rider Fourze: Rocket Drill States of Friendship
  • 2013: Kamen Rider Wizard: Showtime with the Dance Ring
  • 2014: Kamen Rider Gaim: Fresh Orange Arms is Born!
  • 2015: Kamen Rider Drive Hyper Battle:
    • Type TV-KUN: Hunter & Monster! Chase the Mystery of the Super Thief!
    • Type High Speed! The True Power! Type High Speed is Born!
  • 2016: Kamen Rider Ghost Hyper Battle:
    • Ikkyu Eyecon Contention! Quick Wit Battle!!
    • Ikkyu Eyecon! Awaken, My Quick Wit Power!!
    • Truth! The Secret Of Heroes' Eyecons!
  • 2017: Kamen Rider Ex-Aid "Tricks"
    • Kamen Rider Lazer
    • Kamen Rider Para-DX
  • 2018: Kamen Rider Build
    • Birth! KumaTelevi!! VS Kamen Rider Grease!
    • Kamen Rider Prime Rogue

Eksklusif Web[sunting | sunting sumber]

  • 2015: D-Video Special: Kamen Rider 4
  • 2016: Kamen Rider Ghost: Legendary! Riders' Souls!
  • 2016–2017: Kamen Rider Amazons
  • 2017: Kamen Sentai Gorider
  • 2018: Kamen Rider Build: Raising the Hazard Level ~7 Best Matches~
  • 2019: Kamen Rider Zi-O Spin-off
    • Rider Time: Kamen Rider Shinobi
    • Rider Time: Kamen Rider Ryuki

Lain-Lain[sunting | sunting sumber]

  • 2016: The Legend of Hero Alain
  • 2017: Kamen Rider Snipe: Episode ZERO
  • 2018: ROGUE

Rilisan Hybrid[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Drive Saga dirilis pada tahun 2016 sebagai V-Cinema. Kemudian di tahun 2019, Kamen Rider Brain sebagai Saga terakhir dari Drive saga pada era Heisei dan hanya bisa ditonton melalui layanan streaming web.

  • 2016: Kamen Rider Drive Saga
    • First Part
      • Kamen Rider Chaser Chapter
    • Second Part
      • Kamen Rider Heart Chapter
      • Kamen Rider Mach Chapter
    • Third Part
      • Kamen Rider Brain Chapter

Motif[sunting | sunting sumber]

Periode Shōwa
Periode Heisei

Adaptasi diluar Jepang[sunting | sunting sumber]

Taiwan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1975-1976, The Tungstar Company mengadaptasikan Super Rider berdasarkan versi jepangnya.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995, Saban memproduseri serial pertama Amerika Masked Rider setelah sukses mengadaptasikan Super Sentai menjadi Power Rangers dan serial Metal Hero (VR Troopers dan Beetleborgs).

Pada serial terbaru di tahun 2009, Kamen Rider: Dragon Knight diproduseri oleh Steve Wang, serial ini mengadaptasikan Kamen Rider Ryuki. Meskipun dibatalkan sebelum menyelesaikan tayangan sindikasi, serial tersebut memenangkan penghargaan dalam Nominasi Pertama Kordinasi Stunt Terbaik Penghargaan Emmy ke-37.[30][31]

Adaptasi tidak resmi Thailand[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1975, Chaiyo Productions; membuat film tidak resmi Kamen Rider yang berjudul Hanuman dan Five Riders, yang menggunakan cuplikan asli karakter Hanuman dari Chaiyo, diselingi dengan cuplikan dari film "Five Riders Vs. King Dark". Namun, Chaiyo melanjutkan produksi tanpa otorisasi setelah Toei menolak mereka untuk membuat film resmi dengan mereka, mempertanyakan legalitas film tersebut.

Penghormatan dan Parodi[sunting | sunting sumber]

Waralaba Kamen Rider telah diparodikan di dalam dan di luar Jepang. Salah satu parodi adalah pose henshin (berubah) Kamen Rider. Dalam video game, Skullomania (dari Street Fighter) dan May Lee (dari The King of Fighters) adalah contoh Parodi dari Kamen Rider. Sedangkan dari Anime, contohnya termasuk dari Fair, then Partly Piggy, My-HiME (beserta sekuelnya My Otome), Dragon Ball Z, Franken Fran sebagai Penghormatan atau Parodi. Dalam seri Crayon Shin-chan, beberapa karakter Kamen Rider dapat berinteraksi pada episode spesial serial tersebut. Detektif Conan memiliki serial TV berulang yang ingin ditonton anak-anak detektif, Kamen Yaiba. Dalam One Punch Man, C Class Hero Mumen Rider adalah parodi, menjadi manusia biasa di dunia manusia super, mengendarai sepeda daripada sepeda motor. Namun terlepas dari kelemahannya, dia sangat heroik dan tindakannya merupakan tandingan dari konsepsi karakter parodiknya.

Pada dunia nyata, Boyband SMAP memparodikan Kamen Rider Ryuki menjadi "Kamen Renaider" yang dimainkan oleh Takuya Kimura dan Shingo Katori; "Kamen Zaiber", memparodikan yang Kamen Rider; "Kamen Norida" oleh Grup Lawak Tunnels memparodikan yang Kamen Rider (seri TV 1971); "Kamen Rider HG" parodi asli dari Hard Gay untuk acara TV Jepang dan "Ridermen" (sandiwara pendek dengan seorang pria yang bernama Ridermen, sebuah parodi dari Riderman) di lokasi syuting Kamen Rider Kuuga.

Akimasa Nakamura menamakan kedua Planet Minor atas penghargaan untuk serial tersebut: 12408 Fujioka untuk aktor Hiroshi Fujioka yang memerankan karakter utama Takeshi Hongo/Kamen Rider 1[32][33] dan 12796 Kamenrider untuk serial tersebut.[32][34]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Takeshobo, ed. (1995-11-30). "BonusColumn「変身ブーム到来!!」" [Bonus Column 'The Henshin Boom Arrives!']. 超人画報 国産架空ヒーロー四十年の歩み [The Super Heroes Chronicles: The History of Japanese Fantastic Televisions, Movies and Videos, 1957–1995] (dalam bahasa Jepang). Takeshobo. hlm. 85. ISBN 4-88475-874-9. C0076. 
  2. ^ "映画興行成績ランキング – goo 映画". Diakses tanggal 2008-04-15. 
  3. ^ a b "バラエティ・ジャパン | 佐藤健「電王」3度目映画化に「一番面白い」". Diakses tanggal 2008-09-26. 
  4. ^ "佐藤健、「仮面ライダー電王」人気の秘密は… - 芸能 - SANSPO.COM". Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2008. Diakses tanggal 2008-09-26. 
  5. ^ "Gackt、必殺技"投げキッス"で仮面ライダー出演を熱望 ニュース-ORICON STYLE-". Diakses tanggal 2008-12-12. 
  6. ^ "全国映画概況発表会見で、「仮面ライダー電王」新作発表?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-31. Diakses tanggal 2009-01-30. 
  7. ^ "仮面ライダー電王: 映画「超・電王」で復活 アッキーナ出演も佐藤健は… – 毎日jp(毎日新聞)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-10. Diakses tanggal 2009-02-10. 
  8. ^ a b Telebikun August 2009
  9. ^ "10th Anniversary ProjectMASKED RIDER LIVE & SHOW〜十年祭〜|テレビ朝日|仮面ライダーディケイド". Diakses tanggal 2009-06-10. 
  10. ^ Uchuusen No. 125
  11. ^ "「ライダー電王」映画第5弾は豪華3連発!(芸能) ― スポニチ Sponichi Annex ニュース". 2010-03-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-07. Diakses tanggal 2010-03-05. 
  12. ^ "ライダーと戦隊ものが初共演 ヒーロー240人大集結 ― スポニチ Sponichi Annex ニュース". 2011-12-04. Diakses tanggal 2011-12-04. 
  13. ^ "『仮面ライダー』最新作は初の"魔法使い" (白石隼也) ニュース-ORICON STYLE". Oricon.co.jp. 2012-06-27. Diakses tanggal 2013-06-13. 
  14. ^ "KABA.ちゃんが新ライダー援護!シリーズ初の"おネエキャラ":芸能:スポーツ報知". Hochi.yomiuri.co.jp. 2012-08-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-29. Diakses tanggal 2013-06-13. 
  15. ^ "商願2013-37690". Japan Patent Office. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-13. Diakses tanggal 2013-06-13. 
  16. ^ "新生『仮面ライダーガイム』はフルーツと戦国武将が合体 ジュノンボーイ佐野岳が初主演 ニュース-ORICON STYLE". Oricon.co.jp. 2013-07-25. Diakses tanggal 2013-07-25. 
  17. ^ "仮面ライダー:最新作「鎧武/ガイム」発表 モチーフは"武将とフルーツ" – MANTANWEB(まんたんウェブ)" (dalam bahasa Jepang). Mantan-web.jp. 2013-07-25. Diakses tanggal 2013-07-25. 
  18. ^ "「仮面ライダー」が"禁じ手" バイク捨て、車に乗る刑事ライダー登場 (内田理央) ニュース-ORICON STYLE-". 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  19. ^ ""新人俳優"竹内涼真、新仮面ライダーに抜てき「1年間、全力で」 – 映画・アニメニュース一覧 – オリコンスタイル – エンタメ – 47NEWS(よんななニュース)". 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  20. ^ "「仮面ライダー」が"禁じ手" バイク捨て、車に乗る刑事ライダー登場 – 映画・アニメニュース一覧 – オリコンスタイル – エンタメ – 47NEWS(よんななニュース)". 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  21. ^ "最新作『仮面ライダードライブ』は史上初・バイクに乗らず車に乗る刑事ライダー". マイナビニュース. 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  22. ^ "「仮面ライダードライブ」10月5日から バイクに乗らずに車に乗るライダー – ねとらぼ". 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  23. ^ "ねっと部:史上初、バイクに乗らない仮面ライダー「ドライブ」 初の刑事もの、「幅広い層が楽しめる作品に」 – ITmedia ニュース". 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  24. ^ "竹内涼真が新仮面ライダーに!ヒロイン役は内田理央「パンチラには細心の注意」!?『仮面ライダードライブ』制作発表 – Ameba News [アメーバニュース]". 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  25. ^ "〈速報〉新ライダー竹内「ズボンのおしり破れた」 – 日刊スポーツ芸能速報 – 朝日新聞デジタル&M". 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  26. ^ "竹内涼真 新ライダーはサッカー選手からの"変身"「おじが泣いて喜んだ」 ― スポニチ Sponichi Annex 芸能". Sports Nippon. 2014-08-28. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  27. ^ http://www.toei.co.jp/release/movie/1206733_979.html
  28. ^ "天才物理学者が変身 『仮面ライダービルド』9・3スタート". ORICON NEWS (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2017-09-21. 
  29. ^ https://twitter.com/trademark_bot/status/1127954256294662144.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  30. ^ "WINNERS: Daytime Entertainment Creative Arts Emmy Awards". June 26, 2010. Diakses tanggal 27 June 2010. 
  31. ^ "「KAMEN RIDER DRAGON KNIGHT」第37回デイタイム・エミー賞において最優秀スタントコーディネーション賞を受賞! | 東映[テレビ]". 2010-06-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-01. Diakses tanggal 2010-07-04. 
  32. ^ a b Schmadel, Lutz D. (2003). Dictionary of Minor Planet Names. Germany: Springer. hlm. 781, 788. ISBN 3-540-00238-3. 
  33. ^ "JPL Small-Body Database Browser - 12408 Fujioka (1995 SP2)". Diakses tanggal 2008-04-06. 
  34. ^ "JPL Small-Body Database Browser – 12796 Kamenrider (1995 WF)". Diakses tanggal 2008-04-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

TV Asahi[sunting | sunting sumber]

Toei[sunting | sunting sumber]

Lain[sunting | sunting sumber]