Kamen Rider Fourze (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kamen Rider Fourze (仮面ライダーフォーゼ, Kamen Raidā Fōze) adalah protagonis utama dari serial TV Kamen Rider Fourze. Fourze memiliki bentuk seperti roket dan penampilan layaknya astronaut di mana corak ini adalah sebagai bentuk perayaan hari Penerbangan Luar Angkasa yang dimulai dengan penerbangan tahun 1961 yang menjadi penerbangan pertama kali oleh astronaut dari Rusia, Yuri Gagarin sekaligus peringatan 40 tahun dari Serial Kamen Rider. Wujud manusia dari Kamen Rider Fourze adalah Gentaro Kisaragi (diperankan oleh Sota Fukushi), seorang siswa pindahan dengan gaya bad boy yang bersekolah di Amanogawa High School (AGHS) yang bertujuan menjadikan semua orang di sekitarnya menjadi temannya. Gentaro berubah menjadi Kamen Rider Fourze untuk melawan monster bernama Zodiarts yang melakukan teror di sekolah barunya, di mana diketahui Zodiarts sebagian adalah siswa yang dijadikan sampel oleh organisasi yang bernama Horoscopes yang justru beroperasi di dalam sekolah tersebut. Untuk berubah menjadi Fourze, Gentaro menggunakan Fourze Driver yang dipasangkan empat panel khusus yang disebut "Astro Switch" yang berisi kekuatan dari alam semesta. Setelah 4 Astro Switch yang terpasang pada Driver diaktifkan, akan ada aba-aba hitung mundur dari 3 hingga 1 lalu tuas pada sebelah kanan Driver ditarik sehingga Gentaro dikelilingi sinar kosmik yang membuatnya berubah menjadi Kamen Rider Fourze.

Gentaro Kisaragi[sunting | sunting sumber]

Gentaro Kisaragi (如月 弦太朗, Kisaragi Gentarō), diperankan oleh Sota Fukushi,[1] adalah seorang siswa pindahan dengan gaya "bad boy" yang bersekolah di Amanogawa High School (AGHS) yang bertujuan menjadikan semua orang di sekitarnya menjadi temannya. Menjadi siswa pindahan untuk kelas 2 SMA, Gentaro memiliki penampilan unik yang membedakannya dengan siswa lain yang bersekolah di sana pada umumnya. Gentaro mengenakan jaket pendek hitam yang menutupi baju kaos yang ia pakai beserta celana longgar hitam, plus gaya rambutnya yang dibuat ala pompadour, bukan seragam sekolah resmi yang dipakai oleh siswa AGHS lainnya, sehingga ia dicap sebagai "bad boy". Namun di samping gayanya tersebut, ia adalah orang yang terbuka dan ingin berteman dengan siapa saja tanpa memperhatikan status mereka. Bahkan demi berteman dengan seseorang ia rela melakukan hal aneh sampai berbahaya untuk memperoleh simpati dan menjadikan orang tersebut temannya. Gentaro memiliki cara bersalaman yang unik dengan teman-temannya di mana gaya salaman ini sering ia pakai ketika memperoleh teman baru, yang menurutnya agar temannya ini bisa tersenyum yang ia anggap sebagai hal yang paling indah pada setiap orang. Ia aslinya sangat serius dan sangat keras kepala, serta kurang responsif dan terkadang, sebenarnya bisa sangat parah. Dia juga cenderung mengatakan hal-hal yang sulit dipahami orang lain, karena pandangannya yang unik dan aneh dalam hal-hal yang umum dialami orang lain. Kualitas unik ini dilihat oleh orang lain di sekitarnya sebagai kekurangan yang menyebalkan namun menjadi kelebihan yang tidak biasa bahkan luar biasa. Gentaro sendiri tinggal bersama kakeknya, Goro Kisaragi setelah kedua orang tuanya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas saat Gentaro masih duduk di kelas tiga SD. Orang tuanya memiliki pekerjaan yang (menurut Gentaro) melampaui pemikirannya dan kakeknya, tapi mereka selalu bangga saat anak mereka berteman. Ayahnya juga mengatakan kepadanya bahwa ia perlu menjaga teman-temannya karena pada akhirnya mereka akan membantunya dalam jangka panjang setiap dibutuhkan.

Pertemuannya dengan Yuki Jojima yang merupakan temannya sejak kecil dan Kengo Utahoshi di kelas barunya, membawanya ke lingkungan baru yang belum pernah ia rasakan. Salah satunya ketika ia menyadari bahwa sekolah dalam bahaya saat monster yang disebut Zodiarts membuat gempar seisi sekolah. Gentaro yang kemudian diam-diam mengikuti Kengo dan Yuki masuk ke dalam Rabbit Hatch, ruangan rahasia yang diakses lewat kekuatan kosmik yang disebut Cosmic Energy yang terhubung dengan Bulan yang menjadi tempat merenung bagi Kengo setiap pulang sekolah (diketahui merupakan teknologi tempat ayah Kengo mengembangkan penemuan Astro Switch di Bulan), terpukau dengan apa yang ada di sana. Ketika keadaan sekolah makin parah, Kengo mencoba menggunakan Fourze Driver, teknologi yang dikembangkan oleh mendiang ayahnya sebagai opsi terakhir untuk melawan Zodiarts. Namun karena kondisi fisiknya yang mudah drop dan tidak mendukung untuk bisa bertarung, Driver tersebut berakhir diambil dan digunakan oleh Gentaro. Dengan dipandu oleh Yuki pertama kali, Gentaro akhirnya berhasil berubah menjadi Kamen Rider Fourze. Berkat upayanya untuk berteman dengan Kengo, atas izin dan kepercayaan Kengo lah yang membuat Gentaro akhirnya resmi sebagai pengguna Fourze Driver. Gentaro kemudian membentuk klub yang diberi nama "Kamen Rider Club" yang khusus untuk melindungi warga sekolah dari serangan Zodiarts. Beranggotakan awal dirinya lalu Yuki, Gentaro memperoleh anggota lainnya berkat upayanya yang tulus mencari pertemanan dalam setiap kasus serangan Zodiarts. Mereka diantaranya: Miu Kazeshiro, pemimpin cheerleader plus ratu sekolah yang kemudian menjadi ketua klub; JK, pemuda nyentrik yang senang membaur dengan banyak komunitas di sekolah yang membuatnya menjadi informan sekolah; Shun Daimonji, pemimpin tim American Football sekolah yang digelari raja sekolah dan sempat pacaran dengan Miu; dan Tomoko Nozama, gadis goth yang menyukai hal-hal gaib dan merupakan anak indigo. Kengo yang pada awalnya tidak menyetujui adanya Kamen Rider Club akhirnya bergabung dengan klub setelah diselamatkan oleh Gentaro saat ia terperangkap di bulan akibat loker yang menjadi pintu rahasia menuju Rabbit Hatch sempat disembunyikan oleh guru mereka, Chuta Ohsugi. Pada akhirnya, Ohsugi sendiri kemudian menjadi guru pembimbing dari klub. Selain melindungi sekolah dari Zodiarts dan mengembangkan Astro Switch, Kamen Rider Club juga mempelajari tentang Horoscopes, organisasi yang berisi para petinggi Zodiarts yang memiliki tujuan menguasai alam semesta dengan sekolah mereka sebagai pusatnya.

Gentaro bersama klub kemudian kedatangan siswa pertukaran studi AGHS yang satu kelas dengannya yaitu Ryusei Sakuta, yang dapat berubah menjadi Kamen Rider Meteor. Hubungan mereka awalnya cukup tegang karena Ryusei menganggap Fourze merepotkan tujuannya, meskipun kadang-kadang Meteor terkesan membantu. Hanya Gentaro lah yang menyadari sifat asli Ryusei secara perlahan, karena Ryusei yang bergabung dengan klub bersandiwara dengan menyembunyikan sifat aslinya dari para anggota klub yang lain. Namun karena misinya mencari Aries Zodiarts untuk mengembalikan sahabatnya yang koma dan sempat membuat perjanjian, tidak tanggung-tanggung Ryusei bahkan membunuh Gentaro dalam wujud Kamen Rider Meteor Storm yang membuat identitasnya ini rahasia pada awalnya terkuak di depan anggota Kamen Rider Club lainnya yang mencoba menghentikan pertikaian mereka berdua. Gentaro akhirnya selamat dari maut setelah mendapat energi kosmik dari Cosmic Switch yang juga membawa ikatan persahabatannya dengan para anggota Kamen Rider Club membawanya kembali ke kehidupan plus dapat mengakses wujud final Fourze yaitu Cosmic States. Meskipun akhirnya selamat dari maut, Gentaro akhirnya memaafkan Ryusei dan mulai saling bekerja sama dan membuat Ryusei benar-benar resmi bergabung dengan klub. Seiring berjalannya serial, Gentaro mulai dapat menyesuaikan diri dengan penggunaan Astro Switch saat bertarung dalam wujud Fourze dan tidak harus selalu diarahkan oleh Kengo. Perlahan lewat masalah yang dilewatinya bersama rekan-rekannya, Kamen Rider Club mulai menguak titik terang bahwa ternyata pendiri sekaligus kepala sekolah AGHS, Mitsuaki Gamou adalah orang di balik kemunculan serangan Zodiarts yang selalu merajalela di sekolah, di mana Gamou ternyata merupakan pemimpin Horoscopes dalam wujud Sagitarius Zodiarts. Begitu mengetahui Kengo ternyata adalah Anak Inti dari Bulan yang hidup lewat kekuatan Core Switch, Gentaro berupaya tetap menjaga persahabatannya dengan Kengo meskipun awalnya ia tidak begitu percaya. Di mana ketika Core Switch yang menjadi nyawa Kengo dihancurkan oleh Mitsuaki Gamou yang menggunakan wujud Supernova, Sagitarius Nova yang membuat Kengo menghilang selamanya, Gentaro pun bertarung habis-habisan dengan Sagitarius Nova dengan harapan menyadarkan kembali Gamou yang telah salah langkah hingga akhirnya Sagitarius Supernova berhasil dikalahkan. Pasca pertarungan berakhir, Kengo ternyata kembali dihidupkan karena Core Switch yang rusak tanpa sepengetahuan yang lain diperbaiki oleh Gamou sebelum ia benar-benar menghilang akibat kekalahannya dari Fourze dan efek samping penggunaan wujud Supernova. Di akhir seri, Gentaro kemudian mengganti nama klub menjadi "Space Kamen Rider Club" dan menyambut dua anggota barunya ke dalam klub, Ran Kuroki dan Haru Kusao.

Kamen Rider[sunting | sunting sumber]

Sistem Kamen Rider Fourze dikembangkan oleh Rokuro Utahoshi (ayah Kengo Utahoshi), yang merupakan bagian dari Over Space Technology Organization atau disingkat OSTO. OSTO mengembangkan teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk memanfaatkan bentuk energi misterius yang disebut Cosmic Energy. Rokuro terinspirasi oleh kunjungannya ke Kyoto dan menggunakan sistem hipotetis penghuninya yang digunakan pada zaman kuno untuk memodelkan sistem Kamen Rider Fourze dari Empat Simbol Mata Angin Pelindung Cina sebagaimana tercermin dalam simbol khusus pada anggota tubuh Kamen Rider: Byakko (白虎, Byakkko, Harimau Putih (Bulat)), Suzaku (朱雀, Suzaku, Burung Suzaku Merah (X)), Seiryu (青竜, Seiryū, Naga Biru (Segitiga)), dan Genbu (玄武, Genbu, Kura-Kura Hitam (Kotak)). Seperti yang diisyaratkan dari sebuah pesan oleh Rokuro, kekuatan pendorong di balik Sistem Fourze adalah ikatan persahabatan. Dengan demikian, Gentaro tidak hanya cocok untuk menjadi Kamen Rider Fourze karena cita-cita dan ikatannya, tapi juga teman-temannya yang berhasil ia jadikan teman dekat dalam menciptakan Kamen Rider Club memungkinkan Gentaro untuk membawa potensi sesungguhnya dari Kamen Rider Fourze.

Agar dapat berubah menjadi Kamen Rider Fourze, Gentaro memasang Fourze Driver pada pinggangnya lalu menyalakan 4 tuas yang sudah berisi 4 Astro Switch yang berbeda. Kemudian akan ada aba-aba hitung mundur seperti aba-aba peluncuran roket dari 3, 2, 1, Gentaro meneriakkan "Berubah!" (返信!, Henshin!) lalu menarik tuas di sisi kanan Fourze Driver, yang membuatnya dikelilingi sinar kosmik yang kemudian mengubahnya menjadi Kamen Rider Fourze. Gentaro pertama kali menggunakan Fourze Driver untuk menjadi Kamen Rider Fourze setelah mengambilnya dari Kengo, sesaat setelah ia mengikuti Kengo dan Yuki ke dalam Rabbit Hatch dan melihat kondisi fisik Kengo yang tidak memungkinkan untuk dapat bertarung. Setelah berubah menjadi Fourze, Gentaro selalu berteriak: "Saatnya Semesta!" (宇宙キター!, Uchū Kitā!) lalu sebelum bertarung Gentaro berkata: "Ayo kita selesaikan ini satu lawan satu!" (タイマン張らせてもらうぜ!, Taiman harasete morau ze!). Kamen Rider Fourze dalam bertarung menggunakan Astro Switch yaitu alat kecil berbentuk pemantik yang berisi Cosmic Energy dan menjadi sumber kekuatannya. Pada Fourze Driver, sudah ada 4 Astro Switch yang terpasang dan dapat diaktifkan dengan menyalakan katupnya untuk memunculkan senjata/ serangan. Total ada 40 Astro Switch yang digunakan oleh Fourze dalam bertarung, di mana Astro Switch yang bernomor setiap kelipatan 10 yaitu 10, 20, 30 (30 dan 31 menjadi Astro Switch berpasangan), dan 40, Fourze tidak hanya mengakses kekuatannya sebagai senjata namun juga dapat mengubah wujud Fourze berbasis kekuatan yang diberikan.

States[sunting | sunting sumber]

States (ステイツ, Suteitsu) adalah titel yang diberikan pada setiap wujud Kamen Rider Fourze. Pada punggungnya yang terdapat di setiap wujudnya adalah "hoverjet pack", yang bisa ia gunakan untuk membuatnya tetap seimbang atau melompat terbang. Dengan menyalakan Astro Switch pada Driver Fourze yang terpasang antara slot pertama hingga slot keempat, Fourze dapat melakukan "Limit Break" (リミットブレイク, Rimitto Bureiku) yaitu serangan khusus bahkan serangan akhir dari kombinasi Astro Switch yang digunakan. Berikut States utama dari Kamen Rider Fourze:

  • Base States (ベースステイツ, Bēsu Suteitsu): Merupakan wujud awal yang diakses langsung dari Fourze Driver, tanpa bantuan dari Astro Switch yang khusus dapat mengubah wujud. Dalam wujud ini, Fourze dapat melakukan serangan akhir Limit Break yaitu Rocket Drill Kick (ロケットドリルキック, Roketto Doriru Kikku), yang kemudian ia ganti namanya dengan Rider Rocket Drill Kick (ライダーロケットドリル宇宙キック, Roketto Doriru Uchū Kikku), di mana Fourze mengaktifkan Rocket Switch dan Drill Switch bersamaan lalu mengangkat musuh dan menjatuhkannya sembari meluncur cepat ke arah musuhnya dengan tendangan kaki kirinya yang terpasang Drill Module yang berputar kencang untuk langsung menghancurkan musuhnya.
  • Elek States (エレキステイツ, Ereki Suteitsu): Merupakan wujud Fourze berwarna emas ketika mengakses Elek Switch. Pada wujud ini, Fourze mampu mengendalikan kekuatan listrik dan dilengkapi Elek Module Billy The Rod (エレキモジュール ビリーザロッド, Ereki Mojūru Birī Za Roddo), senjata berbentuk stik baton yang memiliki kabel untuk dapat mengaktifkan tipe serangan listrik pada wujud ini. Terdapat tiga lubang soket pada gagangnya yang disebut United Taps (ユナイテッドタップ, Yunaiteddo Tappu) yang membentuk pola segitiga kemudian terdapat kabel yang disebut Ignition Plug (イグニッションプラグ, Igunisshon Puragu) yang apabila dicolokkan ke masing-masing lubang soket memiliki tipe serangan yang berbeda. Apabila Elek Switch dimasukkan ke dalam slot Switch pada Billy the Rod, Fourze dapat melakukan tiga serangan akhir antara lain: Rider 100 Billion Volt Break (ライダー100億ボルトブレイク, Raidā Hyaku Oku Boruto Bureiku) (soket kiri), Rider 100 Billion Volt Shoot (ライダー100億ボルトシュート, Raidā Hyaku Oku Boruto Shūto) (soket atas), dan Rider 100 Billion Volt Burst (ライダー100億ボルトバースト, Raidā Hyaku Oku Boruto Bāsuto) (soket kanan).
  • Fire States (ファイヤーステイツ, Faiyā Suteitsu): Merupakan wujud Fourze berwarna merah ketika mengakses Fire Switch. Pada wujud ini, Fourze mampu memadamkan api sekaligus menyerap dan mengendalikan kekuatan api serta dilengkapi Fire Module Hee-Hacked Gun (ファイヤーモジュール ヒーハックガン, Faiyā Mojūru Hīhakku Gan), senjata berupa senapan yang dapat diaktifkan dalam dua mode: Flame Mode (火炎モード, Kaen Mōdo) untuk menembakkan semburan api dan Fire Extinguisher Mode (消火モード, Shōka Mōdo) untuk menembakkan gas karbondioksida yang dapat memadamkan api. Apabila Fire Switch dimasukkan ke dalam slot Switch pada Hee-Hacked Gun serta dalam Flame Mode, Fourze dapat melakukan serangan akhir yaitu Rider Exploding Shoot (ライダー縛熱シュート, Raidā Bakunetsu Shūto) di mana Fourze menyerap energi panas sebanyak-banyaknya yang dipusatkan pada Hee-Hacked Gun lalu menembakkannya pada musuh.
  • Magnet States (マグネットステイツ, Magunetto Suteitsu): Merupakan wujud Fourze berwarna perak ketika mengakses NS MagPhone (NSマグフォン, Enu Esu Magufon) yang dipisah menjadi dua Astro Switch yaitu N Magnet Switch dan S Magnet Switch. Pada wujud ini, Fourze dapat mengendalikan medan magnet di sekitarnya serta dilengkapi N&S MagCannon (N&Sマグキャノン, Enu ando Esu Magu Kyanon), senjata berupa meriam yang membentuk magnet U ketika digabungkan. Fourze dapat melakukan serangan akhir Rider Super Electronic Bomber (ライダー超電磁ボンバー, Raidā Chō Denji Bonbā) serta Rider Super Electromagnetic Tackle (ライダー超電磁タックル, Raidā Chō Denji Takkuru) dengan bantuan Powerdizer.
  • Cosmic States (コズミックステイツ, Kozumikku Suteitsu): Merupakan wujud Fourze berwarna biru laut dan wujud final dari Fourze yang diakses dari Cosmic Switch yang juga menjadi Switch terakhir. Pada wujud ini, Fourze dapat mengakses kekuatan seluruh 40 Astro Switch dan dilengkapi Cosmic Module Barizun Sword (コズミックモジュールバリズンソード, Kozumikku Mojūru Barizun Sōdo), dan memiliki kemampuan kecepatan melebihi kecepatan cahaya. Fourze dalam wujud ini dapat melakukan serangan akhir Rider Super Galaxy Finish (ライダー超銀河フィニッシュ, Raidā Chō Ginga Finisshu).

Dalam beberapa movie spesial di luar serial TV, Fourze memiliki States lain, yaitu:

  • Rocket States (ロケットステイツ, Roketto Suteitsu): Merupakan wujud Fourze berwarna orange ketika mengakses Rocket Switch Super-1, yang muncul pertama kali pada film Kamen Rider × Kamen Rider Fourze & OOO: Movie War Mega Max. Pada wujud ini, Fourze memperoleh dua Rocket Module pada kedua tangannya, berbeda saat mengakses Rocket Switch biasa di mana hanya tangan kanannya yang memperoleh Rocket Module. Wujud ini kemudian digunakan saat melawan Virgo Zodiarts untuk yang terakhir serta pertarungan terakhir dengan Sagitarius Nova. Wujud ini memiliki dua serangan akhir yaitu Rider Tailspin Crusher (ライダーきりもみ降下クラッシャー, Raidā Kirimomikōka Kurasshā) dan Rider Double Rocket Drill Kick (ライダーダブルロケットドリルキック, Raidā Daburu Roketto Doriru Kikku).
  • Rocket Drill States (ロケットドリルステイツ, Roketto Doriru Suteitsu): Merupakan wujud Fourze berwarna orange kedua ketika mengakses Clear Drill Switch, di mana ia dilengkapi Rocket Drill Module yang merupakan gabungan Rocket dan Drill Module yang terpasang di tangan kanan. Serangan akhirnya adalah Rider Rocket Drill Blast (ライダーロケットドリルブラス, Raidā Roketto Doriru Burasuto). Wujud ini ekslusif muncul pada film Kamen Rider Fourze Hyper Battle DVD: Rocket Drill States of Friendship, apabila memilih ending alternatif Fourze.
  • Meteor Fusion States (メテオフュージョンステイツ, Meteo Fyūjon Suteitsu): Merupakan wujud Fourze berwarna ungu ketika mengakses Fusion Switch, di mana sama dengan wujud Cosmic States tetapi ditambah dengan kekuatan dari Meteor Switch dari Kamen Rider Meteor. Sama seperti Cosmic States, Fourze menggunakan Barizun Sword sebagai senjata plus Meteor Galaxy milik Kamen Rider Meteor yang terpasang pada tangan kanan. Serangan akhirnya adalah Rider Fusion Drill Kick (ライダーフュージョンドリルキック, Raidā Fyūjon Doriru Kikku) apabila Drill Switch diaktifkan pada kaki kiri. Wujud ini ekslusif muncul pada film Kamen Rider Fourze the Movie: Everyone, Space is Here!.
  • Meteor Nadeshiko Fusion States (メテオなでしこフュージョンステイツ, Meteo Nadeshiko Fyūjon Suteitsu): Sama seperti Meteor Fusion States, namun kali ini Fourze juga diberikan akses menggunakan kekuatan dari Kamen Rider Nadeshiko. Dalam wujud ini, Fourze memperoleh dua Rocket Module besar berwarna perak pada kedua tangannya serta Hovering Lifter (ホバリングリフター, Hobaringu Rifutā) yaitu perangkat seperti papan ski yang terpasang pada kedua kakinya untuk dapat bergerak dengan cepat dengan kecepatan tinggi. Serangan akhir wujud ini ada dua yaitu Rider (Double) Rocket Missile (ライダー(ダブル)ロケットミサイル, Raidā (Daburu) Roketto Misairu) dan Rider Ultimate Crusher (ライダーアルティメットクラッシャー, Raidā Arutimetto Kurasshā). Wujud ini ekslusif muncul pada film Kamen Rider × Kamen Rider Wizard & Fourze: Movie War Ultimatum.

Perlengkapan[sunting | sunting sumber]

Fourze Driver[sunting | sunting sumber]

Fourze Driver (フォーゼドライバー, Fōze Doraibā) adalah sabuk untuk bertransformasi yang digunakan untuk berubah menjadi Kamen Rider Fourze. Dikembangkan oleh Rokuro Utahoshi yang kemudian diwariskan kepada anaknya, Kengo Utahoshi setelah ia tewas saat misi di Bulan. Namun kemudian diberikan kepada Gentaro oleh Kengo karena keadaan fisiknya yang tidak memungkinkan untuk betarung. Untuk dapat berubah menjadi Fourze, Gentaro memasukkan 4 Astro Switch ke dalam 4 slot yang disebut Switch Sockets (スイッチソケット, Suitchi Soketto) apabila belum dimasukkan Astro Switch ke dalamnya mengingat agar Driver bisa digunakan, sudah terpasang 4 Astro Switch pada masing-masing slot. Kemudian Gentaro menyalakan tombol merah pada masing-masing Switch Socket yang disebut Transwitch (トランスイッチ, Toransuichi) untuk memperlihatkan Status Monitor (ステイタスモニター, Suteitasu Monitā) dari Fourze pada bagian tengah Driver. Akan ada aba-aba hitung mundur seperti aba-aba peluncuran roket dari 3, 2, 1, Gentaro meneriakkan "Berubah!" (返信!, Henshin!) lalu menarik tuas di sisi kanan Fourze Driver yang disebut Enter Lever (エンターレバー, Entā Rebā) sambil mengangkat tangan kanannya ke atas, yang membuatnya dikelilingi sinar kosmik yang kemudian mengubahnya menjadi Kamen Rider Fourze. Dengan menyalakan satu bahkan hingga empat Astro Switch kemudian menarik kembali Enter Lever pada Fourze Driver, Fourze dapat melakukan Limit Break (リミットブレイク, Rimitto Bureiku) yang merupakan serangan akhir yang dapat bervariasi sesuai Astro Switch yang dipakai. Namun apabila Limit Break dilakukan lebih dari satu kali, energi kosmik dalam Astro Switch yang digunakan untuk Limit Break akan habis sehingga tidak bisa dipakai dan butuh waktu untuk mengisi ulang kembali Astro Switch tersebut.

Astro Switch[sunting | sunting sumber]

Astro Switch (アストロスイッチ, Asutorosuitchi) adalah perangkat kecil misterius seperti kubus yang memiliki tuas berbagai corak di atasnya yang menjadi sumber kekuatan bagi Fourze. Tiap Astro Switch berisi energi kosmik yang memberikan persenjataan pada Fourze yang disebut Fourze Module (フォーゼモジュール, Fōze Mojūru). 10 Astro Switch dapat disimpan dalam Astro Switch Case. Astro Switch juga dapat mengaktifkan Foodroid sebagai perangkat pendukung bagi Kamen Rider Fourze. Total ada 40 Astro Switch di mana masing-masing 10 Astro Switch terpasang pada masing-masing anggota gerak tubuh Fourze, disebut dengan Module Basement (モジュールベイスメント, Mojūru Beisumento).

  • Circle Module Basement (サークルモジュールベイスメント, Sākuru Mojūru Beisumento): Tangan Kanan (O). Astro Switch dengan modul ini cenderung memberikan Fourze senjata untuk pertarungan jarak dekat. Serta membuat Fourze berubah wujud/ States jika menggunakan Astro Switch kelipatan 10 (10, 20, 30, 40).
  • Cross Module Basement (クロスモジュールベイスメント, Kurosu Mojūru Beisumento): Kaki Kanan (X). Astro Switch dengan modul ini cenderung memberikan Fourze senjata untuk pertarungan jarak menengah hingga jauh.
  • Triangle Module Basement (トライアングルモジュールベイスメント, Toraianguru Mojūru Beisumento): Kaki Kiri (Δ). Astro Switch dengan modul ini cenderung memberikan Fourze perangkat untuk pindah tempat/ transportasi.
  • Square Module Basement (スクエアモジュールベイスメント, Sukuea Mojūru Beisumento): Tangan Kiri (□). Astro Switch dengan modul ini cenderung memberikan Fourze perangkat pendukung pertarungan.

Berikut daftar 40 Astro Switch utama bagi Fourze, di mana tanda (+) merupakan tempat Module Basement dari Astro Switch yang bersangkutan terpasang pada Fourze:

Astro Switch Fourze
Nomor Astro Switch Tangan Kanan (O) Kaki Kanan (X) Kaki Kiri (Δ) Tangan Kiri (□) Ganti States
1 Rocket + - - - -
2 Launcher - + - - -
3 Drill - - + - -
4 Radar - - - + -
5 Magic Hand + - - - -
6 Camera - - - + -
7 Parachute - - - + -
8 Chainsaw - + - - -
9 Hopping - - + - -
10 Elek + - - - Elek States
11 Scissors - - - + -
12 Beat - + - - -
13 Chain Array + - - - -
14 Smoke - + - - -
15 Spike - - + - -
16 Winch - - - + -
17 Flash + - - - -
18 Shield - - - + -
19 Gatling - - + - -
20 Fire + - - - Fire States
21 Stealth - + - - -
22 Hammer - - - + -
23 Water - - + - -
24 Medical - - - + -
25 Pen - + - - -
26 Wheel - - + - -
27 Screw - - + - -
28 Hand - + - - -
29 Schop + - - - -
30 N Magnet + - - - Magnet States
31 S Magnet - - - + Magnet States
32 Freeze - + - - -
33 Claw + - - - -
34 Board - - + - -
35 Giant Foot - + - - -
36 Aero - - + - -
37 Gyro - - - + -
38 Net - + - - -
39 Stamper - - + - -
40 Cosmic + - - - Cosmic States

Selanjutnya berikut adalah Astro Switch yang digunakan Fourze yang muncul pada film di luar serial TV:

Astro Switch Fourze
Nomor Astro Switch Tangan Kanan (O) Kaki Kanan (X) Kaki Kiri (Δ) Tangan Kiri (□) Ganti States
S-1 Rocket Super-1 + - - - Rocket States
S-3 Drill Super-3 + - - - Rocket Drill States
& Fusion + - - - Meteor Fusion States
Meteor Nadeshiko Fusion States

Astro Switch Case[sunting | sunting sumber]

Astro Switch Case (アストロスイッチカバン, Asutorosuitchi Kaban) adalah koper kecil khusus yang selalu dibawa oleh Kengo Utahoshi yang fungsi utamanya adalah sebagai tempat penyimpanan Astro Switch. Astro Switch Case dapat menyimpan total 18 Astro Switch di dalamnya. Selain itu Astro Switch Case tidak hanya sebagai tempat menyimpan Astro Switch, tetapi juga memiliki fungsi lain seperti bertindak sebagai komputer untuk mengumpulkan data dari Foodroid (utamanya dari Burgermeal), melakukan analisis terhadap Zodiarts, dan berkomunikasi dengan Rabbit Hatch. Terdapat pula fitur alarm untuk memberikan tanda kemunculan Zodiarts di dalamnya. Astro Switch Case juga memiliki panel kontrol untuk mengendalikan Machine Massigler dan Powerdizer.

Foodroid[sunting | sunting sumber]

Foodroid (フードロイド, Fūdoroido) adalah perangkat pendukung robotik yang dibuat dengan corak antara hewan dan makanan (utamanya fast food/ makanan siap saji). Bentuk awal Foodroid adalah "Food Mode" (フードモード, Fūdo Mōdo) yang berbentuk sebuah makanan, kemudian dapat diubah ke bentuk "Roid Mode" (ロイドモード, Roido Mōdo) dengan memasukkan Astro Switch yang kompatibel. Setelah menjadi Roid Mode, Foodroid dapat dipantau lewat Astro Switch Case. Semua Foodroid ini diciptakan oleh Kengo Utahoshi, walaupun begitu Yuki Jojima ikut membuat desain dari beberapa Foodroid seperti misalnya Horuwankov. Berikut Foodroid yang dipakai dalam membantu Kamen Rider Club plus Fourze ketika bertarung:

  • Burgermeal (バガミール, Bagamīru): Burgermeal adalah Foodroid bercorak hamburger dan mouse komputer yang digunakan untuk mengintai dan merekam situasi yang diaktifkan dengan Camera Switch. Burgermeal dapat mengirimkan informasi holografik dan fotografi langsung ke Rabbit Hatch melalui internet secara real time.
  • Potechokin (ポテチョキン, Potechokin): Potechokin adalah Foodroid bercorak kotak berisi French Fries dan kepiting. Fungsinya adalah memotong segala macam benda, yang diaktifkan dengan Scissors Switch.
  • Flashake (フラシェキー, Furashekī): Flashake adalah Foodroid bercorak milkshake dan penguin. Fungsinya adalah menghasilkan cahaya dengan intensitas tinggi untuk menyulitkan pandangan musuh lewat matanya dalam Roid Mode, yang diaktifkan dengan Flash Switch.
  • Horuwankov (ホルワンコフ, Horuwankofu): Horuwankov adalah Foodroid bercorak hot dog dan anjing. Fungsinya adalah bertindak menjadi bulldozer mini untuk mengeruk dan menggali tanah, yang diaktifkan dengan Schop Switch.
  • Softonya (ソフトニャ, Sofutonya): Softonya adalah Foodroid bercorak kerucut es krim dan kipas angin. Fungsinya adalah menyemburkan uap dingin kepada musuh, yang diaktifkan dengan Freeze Switch. Karena kakinya yang pendek saat dalam Roid Mode, kecepatan geraknya terbatas namun dapat terbang dengan menggunakan baling-baling pada kepalanya.
  • Nuggegyroika (ナゲジャロイカ, Nagejaroika): Nuggegyroika adalah Foodroid bercorak kotak nugget dan siput. Fungsinya adalah membawa Switch cadangan, yang diaktifkan dengan Gyro Switch. Dalam bentuk Food Mode, Nuggegyroika menyimpan empat perangkat berbentuk chicken nugget yang disebut "Tsunugget" (ツナゲット, Tsunagetto) yang apabila telah diaktifkan oleh Gyro Switch dapat bertindak sebagai pengangkut dan juga dapat terbang. Setiap Tsunugget memiliki warna mata dan gaya emosional unik pada matanya. Masing-masing Tsunuggets juga dinamai, yang namanya diambil dari empat satelit alam/ bulan terbesar dari planet Jupiter (Europa, Io, Ganimede, dan Kalistro), yaitu Nuggeropa (ナゲロパ, Nageropa) yang matanya berwarna pink dengan ekspresi terkejut, Nuggeio (ナゲイオ, Nageio) yang matanya berwarna hijau dengan ekspresi sedih, Nuggemede (ナゲメデ, Nagemede) yang matanya berwarna kuning dengan ekspresi senang, dan Nuggesto (ナゲスト, Nagesuto) yang matanya berwarna merah dengan ekspresi marah.

Machine Massigler[sunting | sunting sumber]

Machine Massigler (マシンマッシグラー, Mashin Masshigurā) adalah sepeda motor pribadi bagi Kamen Rider Fourze. Diberikan oleh Kengo Utahoshi di mana nama Machine Massigler sendiri juga dinamai oleh Kengo. Machine Massigler menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar dan dengan demikian, tidak melepaskan emisi karbon dioksida. Dengan bantuan Powerdizer, Machine Massigler dapat meluncur layaknya roket menuju ruang angkasa, tapi tidak cukup untuk sampai ke bulan bahkan dengan upaya yang bisa Fourze lakukan sampai batas kemampuannya. Tipe Machine Massigler adalah Honda XR 230.

Powerdizer[sunting | sunting sumber]

Powerdizer (パワーダイザー, Pawādaizā) adalah robot pendukung pertempuran Fourze, yang berbentuk seperti robot "Bumblebee" pada The Transformers. Awalnya pilot dari Powerdizer adalah Kengo Utahoshi, tetapi karena fisiknya yang mudah drop dan kurang mendukung, Powerdizer akhirnya dikemudikan oleh Shun Daimonji yang lebih kuat dari rekan-rekan Kamen Rider Club lainnya karena tubuh atletisnya. Bagian dalam Powerdizer tampaknya menghasilkan panas dalam jumlah besar, cukup untuk membuat Miu sangat kelelahan saat dia mencoba menggunakannya. Karena ini plus sejumlah besar tenaga yang dibutuhkan untuk membuatnya bergerak, hanya Shun yang bisa memanfaatkan potensi penuhnya dalam pertempuran. Meskipun JK pernah menggunakannya bahkan lebih lincah, tetapi stamina JK lebih cepat terkuras dan tidak sebaik Shun. Setelah dimodifikasi ulang oleh Kengo dan Ryusei, kendala panas pada Powerdizer tidak lagi muncul sehingga bisa digunakan oleh orang lain. Powerdizer sendiri dapat dikendalikan melalui Astro Switch Case oleh Kengo serta memiliki dua mode: "Vehicle Mode" (ビークルモード, Bīkuru Mōdo) yang berbentuk Range Rover dan bertindak sebagai kendaraan, dan "Tower Mode" (タワーモード, Tawā Mōdo) yang bertindak sebagai peluncur roket untuk meluncurkan Machine Massigler ke ruang angkasa. Tower Mode juga memiliki baterai peluncur rudal yang terpasang di dalamnya untuk menembak lawan hingga terlempar ke udara, menuju jalur penerbangan Machine Massigler yang diluncurkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]