Kamen Rider Ex-Aid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kamen Rider Ex-Aid
Exaid.png
Logo serial Kamen Rider Ex-Aid
GenreTokusatsu
Fiksi Superhero
Drama Medis
Action
Fiksi Ilmiah
Fantasy
Comedy
PembuatShotaro Ishinomori
PengarangYuya Takahashi
SutradaraShojiro Nakazawa
Koichi Sakamoto
Kyohei Yamaguchi
Pemeran
Pengisi suaraHironobu Kageyama
NaratorJunichi Suwabe
Lagu pembuka"EXCITE!" oleh Daichi Miura
Komposerats-
Takehito Shimizu
Toru Watanabe
Negara asalJepang
Bahasa asliJepang
Jmlh. episode45 (daftar episode)
Produksi
ProduserMotoi Sasaki (TV Asahi)
Ayumi Kanno(Toei)
Takahito Omori(Toei)
Durasi24-25 menit (per episode)
Rumah produksiToei
DistributorToei
Rilis
Jaringan asliBendera JepangTV Asahi
Bendera Indonesia RTV
Format gambar1080i (HDTV)
Tanggal tayang asli02 Oktober 2016 (2016-10-02) –
27 Agustus 2017 (2017-08-27)
Kronologi
Didahului olehKamen Rider Ghost
Dilanjutkan olehKamen Rider Build
Pranala luar
Situs web
Situs web produksi

Kamen Rider Ex-Aid (仮面ライダーエグゼイド, Kamen Raidā Eguzeido) adalah drama Jepang Tokusatsu yang berfungsi sebagai seri ke-18 dari era Heisei Serial Kamen Rider, dan seri ke-27 jika dihitung keseluruhan.[1] Acara ini ditayangkan perdana pada TV Asahi dan afiliasi stasiun tv di seluruh Jepang pada tanggal 2 Oktober 2016, minggu berikutnya setelah final episode dari seri pendahulunya, Kamen Rider Ghost dan menggantikannya pada time-slotnya. Seri ini akan bergabung juga dengan Doubutsu Sentai Zyuohger, lalu diikuti Uchuu Sentai Kyuuranger di awal 2017 sebagai pengganti, di blok pemrograman anak Super Hero Time.[2] Tema latar di seri ini adalah dokter dan video game. Serial ini juga ditayangkan di Rajawali Televisi setiap hari jam 19:30 malam.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Emu Hōjō (diperankan oleh Hiroki Iijima) adalah seorang dokter magang atau Ko-As di Rumah Sakit Seito University dan seorang gamer jenius ketika bermain video game yang hanya dikenal melalui nama inisial "M". Emu terinspirasi untuk masuk ke dunia kedokteran setelah seorang dokter menyelamatkan hidupnya dari kecelakaan ketika ia masih kecil. Dokter tersebut juga memberinya konsol video game WonderSwan sebagai hadiah yang membuat Emu tertarik dan menjadi maniak dalam video game.

Baru-baru ini, sebuah perusahaan video game yang dikenal sebagai Genm Corporation, atau lebih singkatnya Genm Corp, menyadari akan keberadaan Bugster, jenis virus komputer yang terlahir dari bug software game ciptaan perusahaan mereka. Bugster menampakkan diri di dunia fisik dengan menginfeksi manusia yang bermain video game Genm Corp pada tingkat sel. Setelah Bugster memanifestasikan sepenuhnya, manusia yang terinfeksi secara bertahap akan memudar dan menghilang dari dunia (dalam hal ini meninggal) sebagai konsekuensi akibat stres yang dialami olehnya. Genm Corp menghadapi ancaman Bugster dengan mengembangkan sabuk yang disebut Gamer Driver dan serangkaian alat transformasi berupa kartu memori game yang disebut "Gashat", untuk pemain video game atau gamer yang ahli. Beberapa gamer ini adalah dokter, termasuk Emu sendiri, yang berubah menjadi Kamen Rider Ex-Aid untuk menyelamatkan pasiennya dari virus Bugster. Tapi Ex-Aid belajar dari Dokter lain yang juga merupakan Rider selain dirinya: Dokter bedah jenius Hiiro Kagami / Kamen Rider Brave (diperankan oleh Toshiki Seto), dokter tidak berlisensi yang dijuluki "Dokter Kegelapan", Taiga Hanaya / Kamen Rider Snipe (diperankan oleh Ukyo Matsumoto), pemeriksa medis yang dapat berubah menjadi Kamen Rider dalam wujud sebuah sepeda motor, Kiriya Kujō / Kamen Rider Lazer (diperankan oleh Hayato Onozuka).

Keempatnya juga menghadapi perlawanan dari Kamen Rider Genm, prototype dari Ex-Aid, yang sebenarnya adalah Kuroto Dan (diperankan oleh Tetsuya Iwanaga), CEO dari Genm Corp, yang bekerja dengan Bugster untuk menciptakan sebuah game terbaik dan terhebat yang pernah ada, yang diberi judul "Kamen Rider Chronicle" di mana pemainnya akan memperoleh kekuatan sebagai Kamen Rider dan bertarung dengan pertaruhan nyawa hingga tewas. Parad (diperankan oleh Shouma Kai), salah satu pemimpin Bugster yang misterius kemudian ikut bermain/ bertarung mencari lawan yang seimbang terutama Ex-Aid sebagai Kamen Rider Para-DX. Disusul kemudian oleh Asuna Karino/Poppy Pipopapo, perawat CR yang menjadi navigator para Rider dokter yang aslinya adalah Bugster dicuci otak dan dapat berubah menjadi Kamen Rider Poppy. Niko Saiba, rival Emu dalam bermain game yang berinisial "N", nantinya juga ikut bermain sebagai salah satu Ride Player.

Casting dan Produksi[sunting | sunting sumber]

Merek dagang Kamen Rider Ex-Aid didaftarkan oleh Toei pada 1 Juni 2016.[3]

Acara ini menampilkan penulis naskah utama Lupin the Third Part 4 Yuya Takahashi yang berperan sebagai penulis naskah utama pada seri Kamen Rider untuk pertama kalinya.[4] Produser TV Asahi Motoi Sasaki, yang telah memproduksi berbagai acara Kamen Rider sebagai co-produser dengan produser Toei di masa lalu menjabat sebagai produser utama untuk pertama kalinya. Takahito Ōmori, kepala produser di Zyuden Sentai Kyoryuger dan Kamen Rider Drive juga memproduksinya.[2] The story and cast of this series was unveiled on at Press Conference on August 30, 2016.[5]

Film[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Ex-Aid memulai debutnya di televisi lewat film Kamen Rider Ghost: The 100 Eyecons and Ghost's Fated Moment sebagai kameo.

Kamen Rider Heisei Generations[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Heisei Generations: Dr. Pac-Man vs. Ex-Aid & Ghost with Legend Rider (仮面ライダー平成ジェネレーションズ Dr.パックマン対エグゼイド&ゴーストwithレジェンドライダー, Kamen Raidā Heisei Jenerēshonzu Dokutā Pakkuman Tai Eguzeido Ando Gōsuto Wizu Rejendo Raidā) akan tayang pada tanggal 10 Desember 2016. Film ini bercerita tentang kolaborasi Kamen Rider Ex-Aid dengan para rider pendahulunya antara lain Kamen Rider Ghost, Kamen Rider Drive, Kamen Rider Gaim, dan Kamen Rider Wizard dalam menghadapi musuh yang merupakan virus yang terlahir dari video game terkenal ciptaan Bandai Namco Entertainment, yaitu Pac-Man[6][7] Atlet gulat profesional Jepang yaitu Hiroshi Tanahashi, telah diumumkan sebagai tokoh antagonis dalam film ini.[8] Selain itu, Shunya Shiraishi (Kamen Rider Wizard) dan Ryoma Takeuchi (Kamen Rider Drive) kembali mendapatkan dan mengulangi peran masing-masing di film ini.

Ultra Super Hero Taisen[sunting | sunting sumber]

True Ending[sunting | sunting sumber]

"Tricks"[sunting | sunting sumber]

"Tricks" ([裏技] Urawaza) adalah episode spesial dari serial Kamen Rider Ex-Aid.

  • "Tricks": Virtual Operations ([裏技]ヴァーチャルオペレーションズ, Urawaza Vācharu Operēshonzu), berisi tentang tutorial dan simulasi menjadi Kamen Rider serta promo menarik seputar Kamen Rider Ex-Aid. Video ini tayang menurut kronologi episode pada serial asli Kamen Rider Ex-Aid yang ditayangkan di televisi.
  1. Edisi Ex-Aid (エグゼイド編, Eguzeido Hen) kronologi terjadi antara episode 1 dan 2.
  2. Edisi Snipe (スナイプ編, Sunaipu Hen) kronologi terjadi antara episode 3 dan 4.
  3. Edisi Brave (ブレイブ編, Bureibu Hen) kronologi terjadi antara episode 4 dan 5.
  4. Edisi Lazer (レーザー編, Rēzā Hen) kronologi terjadi antara episode 5 dan 6.
  5. Edisi Genm (ゲンム編, Genmu Hen) kronologi terjadi antara episode 6 dan 7.
  • "Tricks": Kamen Rider Genm ([裏技]ヴァーチャルオペレーションズ, Urawaza Kamen Raidā Genmu) adalah serial web-eksklusif yang dirilis di saluran YouTube resmi Toei, tetapi episode terakhirnya eksklusif untuk DVD. Itu terjadi segera setelah film Heisei Generations, tetapi sebelum Episode 11.
  1. Legend Rider Stage (レジェンドライダー・ステージ, Rejendo Raidā Sutēji)
  2. Legend Gamer Stage (レジェンドゲーマー・ステージ, Rejendo Gēmā Sutēji)
  3. Final Legend Stage (ファイナルレジェンド・ステージ, Fainaru Rejendo Sutēji)
  • Kamen Rider Brave: Survive! The Revived Beast Rider Squad (仮面ライダーブレイブ ~Surviveせよ!復活のビーストライダー・スクワッド~, Kamen Raidā Bureibu Sabaibu Seyo! Fukkatsu no Bīsuto Raidā Sukuwaddo) adalah episode ekslusif web yang diluncurkan oleh Toei Tokusatsu Fans Club, di mana ceritanya lebih fokus pada karakter Hiiro Kagami/ Kamen Rider Brave. Takashi Hagino, salah satu aktor dalam serial Kamen Rider Ryuki, akan kembali mengulangi perannya sebagai Takeshi Asakura/Kamen Rider Ouja. Episode ini bercerita di mana Ex-Aid dan Brave harus menghadapi "Beast Rider Squad" yang terdiri atas Kamen Rider Ouja, Kamen Rider Tiger (juga dari serial Kamen Rider Ryuki), Kamen Rider Sasword (serial Kamen Rider Kabuto), Kamen Rider Dark Kiva (serial Kamen Rider Kiva), dan Kamen Rider Beast (serial Kamen Rider Wizard).
  • Kamen Rider Snipe: Episode Zero (仮面ライダースナイプ エピソードZERO, Kamen Raidā Sunaipu Episōdo Zero) adalah episode ekslusif yang merupakan bonus episode dari edisi Blu-Ray serial Kamen Rider Ex-Aid, di mana ceritanya lebih fokus kepada karakter Taiga Hanaya/ Kamen Rider Snipe. Episode ini bercerita mengenai kehidupan Taiga ketika masih berstatus sebagai radiolog di Rumah Sakit Seito University serta dokter anggota dari CR.
  1. Pelatuk Takdir (運命のtrigger, Unmei no Torigā)
  2. Barel untuk Sahabat (戦友にbarrel, Senyū ni Bareru)
  3. Keamanan Rusak (壊れたsafety, Kowareta Sefutī)
  • Kamen Rider Lazer (仮面ライダーレーザー Kamen Raidā Rēzā) adalah "Hyper Battle DVD" (超(ハイパー)バトルDVD Haipā Batoru Dī Bui Dī) milik Televi-Kun. Peristiwa episode spesial berlangsung antara Episode 32 dan 33.
  • Kamen Rider Para-DX (仮面ライダーパラドクス Kamen Raidā Paradokusu) adalah "Hyper Battle DVD" milik Televi-Kun, yang terhubung dengan Kamen Rider Ex-Aid Trilogy: Another Ending.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Emu Hōjō (宝生 永夢, Hōjō Emu): Hiroki Iijima (飯島 寛騎, Iijima Hiroki)
  • Hiiro Kagami (鏡 飛彩, Kagami Hiiro): Toshiki Seto (瀬戸 利樹, Seto Toshiki)
  • Taiga Hanaya (花家 大我, Hanaya Taiga): Ukyo Matsumoto (松本 享恭, Matsumoto Ukyō)
  • Kuroto Dan (檀 黎斗, Dan Kuroto): Tetsuya Iwanaga (岩永 徹也, Iwanaga Tetsuya)
  • Asuna Karino (仮野 明日那, Karino Asuna): Ruka Matsuda (松田 るか, Matsuda Ruka)
  • Kiriya Kujō (九条 貴利矢, Kujō Kiriya): Hayato Onozuka (小野塚 勇人, Onozuka Hayato)
  • Parad (パラド, Parado): Shouma Kai (甲斐 翔真, Kai Shōma)
  • Graphite (グラファイト, Gurafaito): Shouma Machii (町井 祥真, Machii Shōma)[9]
  • Niko Saiba (西馬 ニコ, Saiba Niko): Reina Kurosaki (黒崎 レイナ, Kurosaki Reina)
  • Tsukuru Koboshi (小星 作, Koboshi Tsukuru): Shohei Uno (宇野 祥平, Uno Shōhei)
  • Ren Amagasaki (天ヶ崎 恋, Amagasaki Ren): Shinya Kote (小手 伸也, Kote Shinya)
  • Masamune Dan (檀 正宗, Dan Masamune): Hiroyuki Takami (貴水 博之, Takami Hiroyuki)
  • Haima Kagami (鏡 灰馬, Kagami Haima): Hanamaru Hakata (博多 華丸, Hakata Hanamaru)
  • Kyotaro Hinata (日向 恭太郎, Hinata Kyōtarō): Hironobu Nomura (野村 宏伸, Nomura Hironobu)
  • Pengisi Suara Gashat: Hironobu Kageyama (影山 ヒロノブ, Kageyama Hironobu)
  • Narator: Junichi Suwabe (諏訪部 順一, Suwabe Jun'ichi)[10]

Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

  • Ryōko Kitami (北見 諒子, Kitami Ryōko, 3): Sanae Hitomi (人見 早苗, Hitomi Sanae)
  • Yoshitaka Nishiwaki (西脇 嘉高, Nishiwaki Yoshitaka, 4, 23): Takuya Negishi (根岸 拓哉, Negishi Takuya)
  • Riko Nishiwaki (西脇 莉子, Nishiwaki Riko, 4): Runa Natsui (夏居 瑠奈, Natsui Runa)
  • Koba (コバ, 8): Tomonori Okano (岡野 友紀, Okano Tomonori)
  • Minako Yamanaka (山中 美奈子, Yamanaka Minako, 11, 12): Hitomi Miwa (三輪 ひとみ, Miwa Hitomi)
  • Kazuki Shirakawa (白河 一樹, Shirakawa Kazuki, 13, 14): Kohki Okada (岡田 浩暉, Okada Kōki)
  • Heiji Uesugi (上杉 平次, Uesugi Heiji, 21): Taro Suwa (諏訪 太朗, Suwa Tarō)
  • Lucky (ラッキー, Rakkī, 24): Takumi Kizu (岐洲 匠, Kizu Takumi)
  • Sora Iwamoto (岩本 ソラ, Iwamoto Sora, 24): Miku Oono (大野 未来, Ōno Miku)

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ghost
Serial Kamen Rider
2016 – 2017
Diteruskan oleh:
Build